u r welcome bro......endy_en wrote:thanks to all for the advice ...
FUSE RELAY HEADLAMP MUDAH PUTUS
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: FUSE RELAY HEADLAMP MUDAH PUTUS
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: FUSE RELAY HEADLAMP MUDAH PUTUS
mungkin oom momod sjamsul mau berbaik hati membagi pengetahuan cara membedakan relay asli dan palsu........ biar oom endy dan SMer yg laen tdk tertipu lain waktu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6015
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: FUSE RELAY HEADLAMP MUDAH PUTUS
Om sjam, kalo untuk colt diesel 24V mau pasang H4 140W apa juga perlu pasang relay?
Soalnya kabel relay set khan kebanyakan 12V? Apakah harus menggantinya dgn relay 24V?
Thx om..
Soalnya kabel relay set khan kebanyakan 12V? Apakah harus menggantinya dgn relay 24V?
Thx om..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: FUSE RELAY HEADLAMP MUDAH PUTUS
sebetulnya sih ga perlu dak, tp untuk memastikannya, nt liat dulu sikring buat lampunya itu berapa amper.....klo sikiring lampunya 15 amper ato lbh ga usah, tp klo mo dipakein juga ga masalah............BADAK wrote:Om sjam, kalo untuk colt diesel 24V mau pasang H4 140W apa juga perlu pasang relay?
Soalnya kabel relay set khan kebanyakan 12V? Apakah harus menggantinya dgn relay 24V?
Thx om..
coba nt perhatikan, klo 24 dikali 15 itu khan sama dengan 360.... jadi kabel bodinya buat lampu bisa tahan ampe 360 watt......sedangkan yg nt pasang 140 dikali 2 = 280 watt aja...........
klo mo dipakein relay, sebaiknya pesan dulu, krn kaki relaynya belon tentu sama dg yg 12 volt, kecuali nt ngarti merubahnya.........
mudah2an bermanfaat............ ..........
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6015
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: FUSE RELAY HEADLAMP MUDAH PUTUS
Hmmm..maksudnya gimana om? Saya koq kurang mengerti dgn asumsi kabel bodinya kuat sampe 360wattsjamsul wrote:sebetulnya sih ga perlu dak, tp untuk memastikannya, nt liat dulu sikring buat lampunya itu berapa amper.....klo sikiring lampunya 15 amper ato lbh ga usah, tp klo mo dipakein juga ga masalah............
coba nt perhatikan, klo 24 dikali 15 itu khan sama dengan 360.... jadi kabel bodinya buat lampu bisa tahan ampe 360 watt......sedangkan yg nt pasang 140 dikali 2 = 280 watt aja...........
klo mo dipakein relay, sebaiknya pesan dulu, krn kaki relaynya belon tentu sama dg yg 12 volt, kecuali nt ngarti merubahnya.........
mudah2an bermanfaat............ ..........
Jadi misal lampu depan (140W x 2=280Watt)+(lampu stop lamp 5W x 4pc=20W)+(lampu bak misal aja 5W x 8pc=40Watt) total = 340 watt, berarti sekring yg diperlukan adalah P=V.I, jadi I=340/24=14A. Jadi fuse yg dibutuhkan minimal adalah 20A.
Trz darimana kita bisa tau kalo kabel body nya mampu sampe 340Watt/20A om?
Saya rencana mau menggunakan kabel relay set yg aslinya 12V, trz saya ganti relay nya dgn yg 24V karena mau dipake di colt diesel yg tegangannya 24V. Kira2 menurut om sjam bisa gak?
Saya bingung juga waktu ada cust mau pake kabel relay set di colt diesel, soalnya blm pernah tau ada kabel relay set yg 24V
Tolong pencerahannya buat saya yg newbie...
Thx om..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: FUSE RELAY HEADLAMP MUDAH PUTUS
hmmm.... jangan dicampur aduk antara fuse head lamp ama yg lainnya. Khan yg ane bilang fuse buat lampunya itu berapa amper......BADAK wrote: Hmmm..maksudnya gimana om? Saya koq kurang mengerti dgn asumsi kabel bodinya kuat sampe 360watt
Jadi misal lampu depan (140W x 2=280Watt)+(lampu stop lamp 5W x 4pc=20W)+(lampu bak misal aja 5W x 8pc=40Watt) total = 340 watt, berarti sekring yg diperlukan adalah P=V.I, jadi I=340/24=14A. Jadi fuse yg dibutuhkan minimal adalah 20A.
Trz darimana kita bisa tau kalo kabel body nya mampu sampe 340Watt/20A om?
Saya rencana mau menggunakan kabel relay set yg aslinya 12V, trz saya ganti relay nya dgn yg 24V karena mau dipake di colt diesel yg tegangannya 24V. Kira2 menurut om sjam bisa gak?
Saya bingung juga waktu ada cust mau pake kabel relay set di colt diesel, soalnya blm pernah tau ada kabel relay set yg 24V
Tolong pencerahannya buat saya yg newbie...
Thx om..
coba simak tulisan ane lagi....... maksudnya nt liat dulu sikring originalnya berapa amper (yg buat head lamp)......
bisa ajah.....nt tinggal liat kaki relaynya, jadi antara kaki 86 n 30 nya sama apa kaga posisinya..... klo ga sama tinggal dipindahkan aja.... beres deh.............
smoga brrrrr manfaat............
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: FUSE RELAY HEADLAMP MUDAH PUTUS
hmmm..... bukannya ga mau doq, tp nulisnya panjang gituuuu................ so ............ klo ada ketemuan, nanti ane jelasin deh.....ok...doq wrote:mungkin oom momod sjamsul mau berbaik hati membagi pengetahuan cara membedakan relay asli dan palsu........ biar oom endy dan SMer yg laen tdk tertipu lain waktu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6015
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: FUSE RELAY HEADLAMP MUDAH PUTUS
Oh begitu ya om, coba ntar gw liat dulu sekring head lampnya..
Emang kalo tidak pake relay set itu yg rusak duluan biasa kabel nya dulu ato dimswitch nya om?
Emang kalo tidak pake relay set itu yg rusak duluan biasa kabel nya dulu ato dimswitch nya om?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: FUSE RELAY HEADLAMP MUDAH PUTUS
ok, ntar klo dah liat, kasih tau ya besarnya sikring.......BADAK wrote:Oh begitu ya om, coba ntar gw liat dulu sekring head lampnya..
Emang kalo tidak pake relay set itu yg rusak duluan biasa kabel nya dulu ato dimswitch nya om?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: FUSE RELAY HEADLAMP MUDAH PUTUS
lho? asli sama palsu kan bisa dibedain, koh? ga sama kok.. pasti keliatan.. hehesjamsul wrote:hmmm..... bukannya ga mau doq, tp nulisnya panjang gituuuu................ so ............ klo ada ketemuan, nanti ane jelasin deh.....ok...doq wrote:mungkin oom momod sjamsul mau berbaik hati membagi pengetahuan cara membedakan relay asli dan palsu........ biar oom endy dan SMer yg laen tdk tertipu lain waktu
tapi kalo saya bilang sih, pake yg palsu gapapa... soalnya kalo mau asli mesti ke koh sjamsul belinya... jauh...
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Thu Oct 04, 2012 15:56
Re: FUSE RELAY HEADLAMP MUDAH PUTUS
hai bung Syamsul, salam kenal.
saya punya daihatsu taft'95, alternator baru diganti yg baru minggu lalu,
accu juga ganti baru minggu lalu. masalahnya: lampu depan mati kena
tembakan terus nih. mula2 ganti riley3, pakai 1 jam malam2, lampu kena
tembak mati. besoknya ganti riley 2, tetap saja baru dipakai1/2 jam lampu
ketembak lagi putus, sudah 6-7 lampu diganti baru, kena tembakan terus.
kira2 yg pastinya dimana penyakitnya ya. Apa yg bermasalhnya RILEY nya
itu??
thanks ya bung Syamsul. nasihatnya ditunggu.
saya punya daihatsu taft'95, alternator baru diganti yg baru minggu lalu,
accu juga ganti baru minggu lalu. masalahnya: lampu depan mati kena
tembakan terus nih. mula2 ganti riley3, pakai 1 jam malam2, lampu kena
tembak mati. besoknya ganti riley 2, tetap saja baru dipakai1/2 jam lampu
ketembak lagi putus, sudah 6-7 lampu diganti baru, kena tembakan terus.
kira2 yg pastinya dimana penyakitnya ya. Apa yg bermasalhnya RILEY nya
itu??
thanks ya bung Syamsul. nasihatnya ditunggu.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57
Re: FUSE RELAY HEADLAMP MUDAH PUTUS
Lampu depan mudah putus itu penyebabnya adalah karena ada over voltage.
Alternator adalah dinamo / kumparan yang membangkitkan listrik. Alternator diputar oleh puley mesin melalui perantara V-belt.
Jadi putaran alternator berubah ubah sesuai dengan putaran mesin. minimal pada saat mesin stationair / iddle sekitar 800 rpm.
maksimal sampai batas red line berapa.
Jadi logikanya , arus listrik yang dihasilkan juga berubah ubah sesuai rpm mesin.
Makanya ada komponen bernama regulator / kiprok ( kalau istilah awam ), yang berguna untuk menstabilkan listrik yang dihasilkan oleh alternator sehingga tidak terlalu besar. Letak regulator tersebut ada yang didalam alternator , ada juga yang di luar.
Biasanya tegangan listrik yang terukur melalui regulator tersebut antara estimasi saya : 12 volt s/d 13,5 volt , tergantung setingan pabrikan.
Coba anda ukur berapa tegangan yang dihasilkan dengan menggunakan AVOmeter.
nih seperti ini alatnya :
kalau nggak punya , pinjem atau beli aja yang kecil. harga murah di kisaran 15 ribu s/d 30 ribu aja kok.
Putar panah ke DC 30 Volt. maksudnya maksimal arah jarum yang ditunjuk adalah 30 volt DC.
Sambungkan kutub merah di kutub positif aki. dan kutub hitam di kutub negatif aki. Aki nggak perlu dicopot.
Hidupkan mesin. dan gas. seiring dengan kenaikan rpm maka ada kenaikan tegangan. Kalau tegangannya terlalu berlebih , misal s/d 20 atau 30 volt, dipastikan regulator rusak.
Repair di tukang dinamo , atau beli regulator baru.
Selamat mencoba , dan jangan lupa sharing lagi hasilnya ya...
___________________-
www.hondaaccordmaestro.wordpress.com
Tidak korupsi??? kasian deh lu... mari kita budayakan lorupsi. karena korupsi adalah budaya indonesia....
Alternator adalah dinamo / kumparan yang membangkitkan listrik. Alternator diputar oleh puley mesin melalui perantara V-belt.
Jadi putaran alternator berubah ubah sesuai dengan putaran mesin. minimal pada saat mesin stationair / iddle sekitar 800 rpm.
maksimal sampai batas red line berapa.
Jadi logikanya , arus listrik yang dihasilkan juga berubah ubah sesuai rpm mesin.
Makanya ada komponen bernama regulator / kiprok ( kalau istilah awam ), yang berguna untuk menstabilkan listrik yang dihasilkan oleh alternator sehingga tidak terlalu besar. Letak regulator tersebut ada yang didalam alternator , ada juga yang di luar.
Biasanya tegangan listrik yang terukur melalui regulator tersebut antara estimasi saya : 12 volt s/d 13,5 volt , tergantung setingan pabrikan.
Coba anda ukur berapa tegangan yang dihasilkan dengan menggunakan AVOmeter.
nih seperti ini alatnya :
kalau nggak punya , pinjem atau beli aja yang kecil. harga murah di kisaran 15 ribu s/d 30 ribu aja kok.
Putar panah ke DC 30 Volt. maksudnya maksimal arah jarum yang ditunjuk adalah 30 volt DC.
Sambungkan kutub merah di kutub positif aki. dan kutub hitam di kutub negatif aki. Aki nggak perlu dicopot.
Hidupkan mesin. dan gas. seiring dengan kenaikan rpm maka ada kenaikan tegangan. Kalau tegangannya terlalu berlebih , misal s/d 20 atau 30 volt, dipastikan regulator rusak.
Repair di tukang dinamo , atau beli regulator baru.
Selamat mencoba , dan jangan lupa sharing lagi hasilnya ya...
___________________-
www.hondaaccordmaestro.wordpress.com
Tidak korupsi??? kasian deh lu... mari kita budayakan lorupsi. karena korupsi adalah budaya indonesia....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: FUSE RELAY HEADLAMP MUDAH PUTUS
sorry bro, sy baru liat pertanyaannya krn baru buka sm.....spt yg sdh dijelaskan bro dino_lowrider, masalahnya adalah over voltage....pada mesin diesel spt taft gt, voltage maksimal adalah 14,1 volt yg ane pernah ukur. Kalau voltagenya lbh besar dr itu misalkan sampai 17 volt, mk alternator atau voltage regulatornya yg kurang baik atau rusak. Jadi sebaiknya diperiksakan ulang aja ke tukang alternator. Dengan asumsi bohlam yg nt pake bukan yg abal2 yah....ronald_h wrote:hai bung Syamsul, salam kenal.
saya punya daihatsu taft'95, alternator baru diganti yg baru minggu lalu,
accu juga ganti baru minggu lalu. masalahnya: lampu depan mati kena
tembakan terus nih. mula2 ganti riley3, pakai 1 jam malam2, lampu kena
tembak mati. besoknya ganti riley 2, tetap saja baru dipakai1/2 jam lampu
ketembak lagi putus, sudah 6-7 lampu diganti baru, kena tembakan terus.
kira2 yg pastinya dimana penyakitnya ya. Apa yg bermasalhnya RILEY nya
itu??
thanks ya bung Syamsul. nasihatnya ditunggu.
Mengenai relay lampu, pada mbl taft pakai yg 2 relay, bukan yg 3 relay....
Smoga bermanfaat.....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6015
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: FUSE RELAY HEADLAMP MUDAH PUTUS
Om Sjam, TS mengatakan aki & altenator baru diganti. Jadi bukankah kecil kemungkinan voltage regulator nya yg bermasalah? CMIIWsjamsul wrote:sorry bro, sy baru liat pertanyaannya krn baru buka sm.....spt yg sdh dijelaskan bro dino_lowrider, masalahnya adalah over voltage....pada mesin diesel spt taft gt, voltage maksimal adalah 14,1 volt yg ane pernah ukur. Kalau voltagenya lbh besar dr itu misalkan sampai 17 volt, mk alternator atau voltage regulatornya yg kurang baik atau rusak. Jadi sebaiknya diperiksakan ulang aja ke tukang alternator. Dengan asumsi bohlam yg nt pake bukan yg abal2 yah....ronald_h wrote:hai bung Syamsul, salam kenal.
saya punya daihatsu taft'95, alternator baru diganti yg baru minggu lalu,
accu juga ganti baru minggu lalu. masalahnya: lampu depan mati kena
tembakan terus nih. mula2 ganti riley3, pakai 1 jam malam2, lampu kena
tembak mati. besoknya ganti riley 2, tetap saja baru dipakai1/2 jam lampu
ketembak lagi putus, sudah 6-7 lampu diganti baru, kena tembakan terus.
kira2 yg pastinya dimana penyakitnya ya. Apa yg bermasalhnya RILEY nya
itu??
thanks ya bung Syamsul. nasihatnya ditunggu.
Mengenai relay lampu, pada mbl taft pakai yg 2 relay, bukan yg 3 relay....
Smoga bermanfaat.....
ronald_h wrote:hai bung Syamsul, salam kenal.
saya punya daihatsu taft'95, alternator baru diganti yg baru minggu lalu,
accu juga ganti baru minggu lalu. masalahnya: lampu depan mati kena
tembakan terus nih. mula2 ganti riley3, pakai 1 jam malam2, lampu kena
tembak mati. besoknya ganti riley 2, tetap saja baru dipakai1/2 jam lampu
ketembak lagi putus, sudah 6-7 lampu diganti baru, kena tembakan terus.
kira2 yg pastinya dimana penyakitnya ya. Apa yg bermasalhnya RILEY nya
itu??
thanks ya bung Syamsul. nasihatnya ditunggu.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: FUSE RELAY HEADLAMP MUDAH PUTUS
Kalo posisi di Jkt bisa hubungi A Chien di 081905686669ronald_h wrote:hai bung Syamsul, salam kenal.
saya punya daihatsu taft'95, alternator baru diganti yg baru minggu lalu,
accu juga ganti baru minggu lalu. masalahnya: lampu depan mati kena
tembakan terus nih. mula2 ganti riley3, pakai 1 jam malam2, lampu kena
tembak mati. besoknya ganti riley 2, tetap saja baru dipakai1/2 jam lampu
ketembak lagi putus, sudah 6-7 lampu diganti baru, kena tembakan terus.
kira2 yg pastinya dimana penyakitnya ya. Apa yg bermasalhnya RILEY nya
itu??
thanks ya bung Syamsul. nasihatnya ditunggu.
Drpd buang waktu dirongrong mobil & kitanya gak bisa kerja, mobil drop aja di sana, nanti tinggal terima beres
*Bukan sales si A Chien*
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: FUSE RELAY HEADLAMP MUDAH PUTUS
ga ada salahnya diperiksa ulang dak....krn ada kemungkinan voltage regulator sdh kurang bagus kerjanya.....BADAK wrote: Om Sjam, TS mengatakan aki & altenator baru diganti. Jadi bukankah kecil kemungkinan voltage regulator nya yg bermasalah? CMIIW