SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
ATF diatas bertujuan untuk meningkatkan LUBRICITY dalam sistem Saluran BBM ... dan tentunya juga akan masuk ke ruang bakar bersama dengan BBM ... cuman dalam jumlah sedikit dan akan terbakar habis dalam ruang bakar.uch wrote:Bos PPT, itu ATF buat apa ya..?
Gw jg periodically nyampur 1 liter. Tapi oli motor 2 Tak, bukan ATF. Kalo ATF emang bisa terbakar habis ya..??
Konon katenya oli 2T tsb bisa berfungsi kayak formalin, "Mengawetkan" motor pump...![]()
. Bisa nggak digantikan ATF..?
Wah kalau untuk campuran oli 2T ... secara objective memang gak bisa ... perlu R&D ... tapi bisa juga dilakukan percobaan sedikit demi sedikit. Itu Oli 2T berapa harganya ? ... kalau ATF yang paling murah 27rb/liter.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Sama tuh tujuannya. LUBRICITY. Kalo harga sih murahan oli 2T. Yg 15 ribu/liter jg ada. Ntar nyoba ATF ah. Pertama2 1/2 liter dulu. Takutnya berasap.PenyuTurbo wrote:ATF diatas bertujuan untuk meningkatkan LUBRICITY dalam sistem Saluran BBM ... dan tentunya juga akan masuk ke ruang bakar bersama dengan BBM ... cuman dalam jumlah sedikit dan akan terbakar habis dalam ruang bakar.uch wrote:Bos PPT, itu ATF buat apa ya..?
Gw jg periodically nyampur 1 liter. Tapi oli motor 2 Tak, bukan ATF. Kalo ATF emang bisa terbakar habis ya..??
Konon katenya oli 2T tsb bisa berfungsi kayak formalin, "Mengawetkan" motor pump...![]()
. Bisa nggak digantikan ATF..?
Kalo "aman" ntar baru 1 liter dan 1.5 liter. Kalo olie 2T, udah saya coba sampe 2 liter per 70 liter premium. Aman nggak ada asap

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Ada sedikit Perbedaan dengan ATF ini ... dimana ATF ditambahin FIRICTION MODIFIER (kalau gak ada additive ini transmisi MATIC ... selip MULU ... kagak pernah jalan) ... tapi gak ada salahnya dicoba ...uch wrote:Sama tuh tujuannya. LUBRICITY. Kalo harga sih murahan oli 2T. Yg 15 ribu/liter jg ada. Ntar nyoba ATF ah. Pertama2 1/2 liter dulu. Takutnya berasap.PenyuTurbo wrote:ATF diatas bertujuan untuk meningkatkan LUBRICITY dalam sistem Saluran BBM ... dan tentunya juga akan masuk ke ruang bakar bersama dengan BBM ... cuman dalam jumlah sedikit dan akan terbakar habis dalam ruang bakar.uch wrote:Bos PPT, itu ATF buat apa ya..?
Gw jg periodically nyampur 1 liter. Tapi oli motor 2 Tak, bukan ATF. Kalo ATF emang bisa terbakar habis ya..??
Konon katenya oli 2T tsb bisa berfungsi kayak formalin, "Mengawetkan" motor pump...![]()
. Bisa nggak digantikan ATF..?
Kalo "aman" ntar baru 1 liter dan 1.5 liter. Kalo olie 2T, udah saya coba sampe 2 liter per 70 liter premium. Aman nggak ada asap
Untuk Oli biasa Lubricity yang dimaksud adalah Lubricity Metal dengan Metal.
Sedang untuk ATF Lubricity yang dimaksud adalah Liquid dengan Metal.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41
Pak PPT,
Mau tanya ...
kalau mobil dengan anjuran RON 91 bisakah kita campur antara Premium 88 dengan Pertamax Plus 95,
Apakah dapat diasumsikan RON nya menjadi (88+95)/2 = 91.5
Apakah pencampuran tidak berdampak buruk bagi mesin untuk jangka waktu yang lama ..
Mending mana diberi campuran Pertamax Plus + Preimum atau hanya diberi premium saja
Mohon pencerhannya
Terima kasih Pak
Mau tanya ...

kalau mobil dengan anjuran RON 91 bisakah kita campur antara Premium 88 dengan Pertamax Plus 95,
Apakah dapat diasumsikan RON nya menjadi (88+95)/2 = 91.5
Apakah pencampuran tidak berdampak buruk bagi mesin untuk jangka waktu yang lama ..
Mending mana diberi campuran Pertamax Plus + Preimum atau hanya diberi premium saja
Mohon pencerhannya

Terima kasih Pak
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Bisa saja mencampur Bensin ... gak jadi masalah ... dan Nilai Oktan yang akan diperoleh bergantung kepada berapa liter masing-masing bbm itu dicampur, misalnya :BudiDarmawan wrote:Pak PPT,
Mau tanya ...
kalau mobil dengan anjuran RON 91 bisakah kita campur antara Premium 88 dengan Pertamax Plus 95,
Apakah dapat diasumsikan RON nya menjadi (88+95)/2 = 91.5
Apakah pencampuran tidak berdampak buruk bagi mesin untuk jangka waktu yang lama ..
Mending mana diberi campuran Pertamax Plus + Preimum atau hanya diberi premium saja
Mohon pencerhannya
Terima kasih Pak
1. X liter BBM1 dengan nilai RON1
2. Y liter BBM2 dengan nilai RON2
RON Campuran = (X * RON1 + Y*RON2)/(X+Y)
Contoh untuk Kapasitas Tangki 40 Liter
PREMIUM (RON88)..........PERTAMAX PLUS (RON95)..........RON Campuran
......10 Liter...............................30 Liter...............................93.25........
......15 Liter...............................25 Liter ..............................92.38........
......20 Liter...............................20 Liter ..............................91.50........
......25 Liter ..............................15 Liter ..............................90.63........
......30 Liter ..............................10 Liter ..............................89.75........
1. Check dulu dengan premium P88 ... puas gak dengan Drivability Mobil dan Fuel Consumption ? Kalau belum Puas.
2. Pakai Pertamax ... waktu isi full dengan Pertamax ... RESET terlebih dahulu ECU ... kemudian check Drivability dan FC nya.... lakukan sekurang-kurangnya dengan 3 kali berturut-turut tangki full berisi PP95. Kalau Ok TAPI dirasa Terlalu MAHAL ... Ya nyampur
3. Ambil salah satu kombinasi campuran yang dikehendaki (pilih salah satu diatas). Pada saat pertama kali nyampur ... RESET ECU Terlebih dahulu ... baru di check Drivability dan FC nya.
ATAU CARA LAIN ... TAMBAHKAN DENGAN TOLUENE
36 LITER PREMIUM P88 + 4 LITER TOLUENE ... akan diperoleh RON = 91.20.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
om PenyuTurbo, mungkin sedikit retorika.. tapi knp kiranya Toluene tidak dipromosikan sebagai 'Octane Booster' yg paling optimal?
*OOT dikit yaps..
*OOT dikit yaps..
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
JANGAN BELI PERTAMAX!!!
rugi lho om, mending campur aja. kalo harga nya masih kayak gini mah P+ campur Premium running cost lebih murah.. (berlaku bagi om2 yg butuh RON92)PenyuTurbo wrote: Bisa saja mencampur Bensin ... gak jadi masalah ... dan Nilai Oktan yang akan diperoleh bergantung kepada berapa liter masing-masing bbm itu dicampur, misalnya :
1. X liter BBM1 dengan nilai RON1
2. Y liter BBM2 dengan nilai RON2
RON Campuran = (X * RON1 + Y*RON2)/(X+Y)
Contoh untuk Kapasitas Tangki 40 Liter
PREMIUM (RON88)..........PERTAMAX PLUS (RON95)..........RON Campuran ---> Pertamax 40l = Rp. 250.000 (harga Jkt sampai dgn 12 Oct '07)
......10 Liter...............................30 Liter...............................93.25........ --------------------> = Rp. 237.000
......15 Liter...............................25 Liter ..............................92.38........ --------------------> = Rp. 227.500
......20 Liter...............................20 Liter ..............................91.50........ --------------------> = Rp. 218.000
......25 Liter ..............................15 Liter ..............................90.63........
......30 Liter ..............................10 Liter ..............................89.75........
1. Check dulu dengan premium P88 ... puas gak dengan Drivability Mobil dan Fuel Consumption ? Kalau belum Puas.
2. Pakai Pertamax ... waktu isi full dengan Pertamax ... RESET terlebih dahulu ECU ... kemudian check Drivability dan FC nya.... lakukan sekurang-kurangnya dengan 3 kali berturut-turut tangki full berisi PP95. Kalau Ok TAPI dirasa Terlalu MAHAL ... Ya nyampur
3. Ambil salah satu kombinasi campuran yang dikehendaki (pilih salah satu diatas). Pada saat pertama kali nyampur ... RESET ECU Terlebih dahulu ... baru di check Drivability dan FC nya.
ATAU CARA LAIN ... TAMBAHKAN DENGAN TOLUENE
36 LITER PREMIUM P88 + 4 LITER TOLUENE ... akan diperoleh RON = 91.20.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
kalo Toluene masih lebih mahal om PT..
running cost u/ 40 liter= Rp. 220.000
beda 2 ribu buat parkir, hehehe.
Tolene mah mantepnya campur sama P+/Super Extra.. biar makin ngacir, hehehe.
running cost u/ 40 liter= Rp. 220.000
beda 2 ribu buat parkir, hehehe.
Tolene mah mantepnya campur sama P+/Super Extra.. biar makin ngacir, hehehe.
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Ini pada bahas
Toluene, Xylene, Acetone, ATF lama2 bisa jadi WTF... He3...
Ada di modif jazz for performance, nyampur bensin, disini, disana...
Tolong dijadikan satu thread aja...
Jadi bingung nih gw.. Bacanya kesini kesana...
Oiya..
Toluene = Thinner 100%
Acetone = Pembersih kutek 99% btul?
Xylene apa?
Toluene, Xylene, Acetone, ATF lama2 bisa jadi WTF... He3...
Ada di modif jazz for performance, nyampur bensin, disini, disana...
Tolong dijadikan satu thread aja...
Jadi bingung nih gw.. Bacanya kesini kesana...
Oiya..
Toluene = Thinner 100%
Acetone = Pembersih kutek 99% btul?
Xylene apa?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Xylene ... sejenis toluene juga ... aromatic hydrocarbon cuman lebih berat ... rantai lingkar kabon nya (C) lebih banyak.
Xylene lebih banyak digunakan untuk naikin oktan AVGAS ... AViation GASoline ...contohnya 100LL ... RON100 Low Lead dan hanya sesuai untuk piston yang diameternya BESAR ... Applikasi untuk MOGAS ... MOtor GASoline persentasenya sedikit ... oleh karena THROTTLE RESPONSE nya kurang baik.
Xylene lebih banyak digunakan untuk naikin oktan AVGAS ... AViation GASoline ...contohnya 100LL ... RON100 Low Lead dan hanya sesuai untuk piston yang diameternya BESAR ... Applikasi untuk MOGAS ... MOtor GASoline persentasenya sedikit ... oleh karena THROTTLE RESPONSE nya kurang baik.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Ya mesti belinya TOLUENE dalam partai besar supaya murah (8000rb/liter) ... 1000 liter misalnya (5 drum) ... Internasional Market Price cuman 5000rb/liter. Oleh karena pemakaiannya untuk thinner ... jadi dibikin mahalan.alim ulama wrote:kalo Toluene masih lebih mahal om PT..
running cost u/ 40 liter= Rp. 220.000
beda 2 ribu buat parkir, hehehe.
Tolene mah mantepnya campur sama P+/Super Extra.. biar makin ngacir, hehehe.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Bung penyu.. Dulu ada gosip katanya kalo nambah kamper (pewangi) itu bisa naikkin oktan ato apa gitulah...
Bisa dikonfirm?
Apakah kamper itu juga termasuk hydrocarbon? Aromatic hydrocarbon?
Bisa dikonfirm?
Apakah kamper itu juga termasuk hydrocarbon? Aromatic hydrocarbon?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Benda ini larut dalam hydrocarbon ... hanya kalau banyak solid contaminant ... malah jadi bikin mampet filter dan injector.r1210g wrote:Bung penyu.. Dulu ada gosip katanya kalo nambah kamper (pewangi) itu bisa naikkin oktan ato apa gitulah...
Bisa dikonfirm?
Apakah kamper itu juga termasuk hydrocarbon? Aromatic hydrocarbon?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Jenis MTBE yang berbentuk KRISTAL ... MTBE Stands for Methyl Tertiary Butil Ether ... barang ini generasi pertama yang menggantikan TEL (Tetra Ethyl Lead - Timbal - aka BBM Bertimbal) menjadi BBM Tanpa Timbal. Hanya belakangan di BAN ... karena jika berekasi dengan ADDITIVE engine oil (ZDDP) - dalam ruang bakar - akan menghasilkan NERVE GASES ... yang biasa digunakan oleh para PIHAK MILITER untuk PERANG.r1210g wrote:kamper = kapur barus...![]()

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Bisa lihat postingan di atas ... bukan dari jenis Aromatik tapinya ALIPHATIC.Hansen wrote:kapur barus juga termasuk khan?r1210g wrote:Bung penyu.. Dulu ada gosip katanya kalo nambah kamper (pewangi) itu bisa naikkin oktan ato apa gitulah...
Bisa dikonfirm?
Apakah kamper itu juga termasuk hydrocarbon? Aromatic hydrocarbon?nah gimana tuh tentang kapur barus???

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 01, 2007 14:30
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Penderitaan jangka panjang ... kalau boil keburu dijual ... yang sakit yang beli ... kesihan jugak.eternorockstar wrote:beberapa taon yg lalu aku pernah baca tentang penambahan kamper,memang angka oktan naik,tp dikit bgt.dan g seimbang dengan "penderitaan" yg kita dapetin,selain buat mampet filter n injector,nambahin kamper ke bensin jg buat muffler cepet kotor

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
http://en.wikipedia.org/wiki/NaphthaPenyuTurbo wrote: Coba Check MSDS Racing Fuel ... mesti dasarnya Toluene, Xylene dan Naphtha.
beli nya dmn om PenyuTurbo? kok gak masuk rekomendasi campuran octane booster
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
oia, kalo G'Zox Engine Conditioner khan ada cara pakainya tu om PenyuTurbo.. semprot2nya via Throttle Body. Kalo DCS Engine Conditioner cara pake nya gmn om?
bahasa kanji semua sih..
thanks,
bahasa kanji semua sih..
thanks,
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit