newbie mau nambahin aja, karena lupa sapa aja yg ngomong tadi siapa di page2 sebelumnya hehehe dan internet lagi error dirumah wkwkwkwkww, monggo dikoreksi kalo ada yg salah
ISTOP DAN IELOOP
di CX5 g ada i-eloop, jadi istop dia berdasarkan seperti yg dibilang om siapa itu ya, posisi piston berdiri standby untuk ignite. Bayangan ane itu seperti kayak pedal sepeda, pada posisi satu siap ditekan lsg muter lagi. Nah tpi gimana2 pasti nyangkut pula ke dinamo starter/kelistrikan karena sudah ane tes. Ketika lampu DRL menyala siang hari, terus mesin mati aka istop, ketika mesin nyala kembali, ada perubahan tegangan (tingkat keredupan lampu DRL-nya).
Untuk istop sendiri ane pernah sampai 1 menit-an rasanya, apalagi malam. Karena suhu malam yang semakin rendah, dan perbedaan suhu luar dan dalam tidak drastis, sehingga mobil mendetect hal tersebut still okey for living species inside. Salah satu karakter istop, selain syarat suhu ruangan, seatbelt driver harus nancap..dia terpogram sesuai kondisi driving, misal ketika berhenti pas di antrian u-turn, istop gak akan bekerja, karena dia detect posisi ban bukan lurus. Yang unik, pernah ane lagi buru2, jadi dari poin A ke poin B itu kenceng, gas rem, gas lagi...pokoknya rushing deh..itu tanda "istop" nya gak nyala, walaupun ane dah berhenti, terus jalan lagi...begitu ane ternyata batal acaranya jadinya nyetir pelan lagi barulah "istop"nya nyala lagi.. istop liat kondisi driving juga rasanya
Karena istop pengaruhnya ke kelistrikan juga, ane sempet takut juga. Itu kalau dibuka kap mesin, akinya bertuliskan "HIGH VOLTAGE..." dan khusus pula si aki ini./ (moga gak mahal kalau ganti...belum liat yang 2.0) dan mazda menurut ane pasti sudah siapin semacam volt stabilizer khusus, entah analog ato digital ato keduanya untuk istop ini wkwkwkkwkwkw
THROTTLE RESPONSE
Untuk cx5 2.0 dan 2.5 setuju sama mod stig. Dimana ada perbedaan koq 2.0 sama 2.5, seperti kayak diberi throttle controller tambahan. Dan untuk masalah respon katanya yg 2.0 ada lag, menurut ane lebih pada perubahan karakter transmisi juga, dimana 2.5 faster untuk kick down. Ane compared punya temen, dia juga bilang hal yg sama, dan mungkin juga efek torsi 2.5 yang udah kerasa duluan di rpm 3000-an. Kasarannya 2.5 torsinya 250
[email protected] paling rpm 2500-3000 sudah 200NM (setara 2.0 pas di RPM atas)
so far puas dengan nih mobil, sisa seperti LDWS dan HBC belum pernah berfungsi
sekian dari newbie