Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by axala »

imingwahyudi wrote:
axala wrote:Heater dari ac :big_chicken: :big_chicken: baru tahu ada yg begitu :big_slap:
Biasanya dimana emang vin? Mbolongi ddashboard pasang tungku? :big_weee:

Kalo beneran gitu...lebih 'hangat' pastinya :mky_03:
Ngomong2 tombolnya yg mana ya :mky_01:

nubie ini bingung lho :mky_03: :mky_03:

pasang tungku?......kaya s280nya Jclarkson di TG :upss:

Image

lengkap dengan cerobong asep :mky_03: :mky_03:
Pursuit of Perfection
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by imingwahyudi »

axala wrote:
imingwahyudi wrote: Biasanya dimana emang vin? Mbolongi ddashboard pasang tungku? :big_weee:

Kalo beneran gitu...lebih 'hangat' pastinya :mky_03:
Ngomong2 tombolnya yg mana ya :mky_01:

nubie ini bingung lho :mky_03: :mky_03:

pasang tungku?......kaya s280nya Jclarkson di TG :upss:

Image

lengkap dengan cerobong asep
:mky_01: yang kalo ke kiri dingin...ke kanan panas itu loh om...cari di njes sama wasir mah sama aja boong :big_weee: soalnya mereka ga ada...tepatnya Jazz setelah facelift norak elegannya dengan sangat terpaksa heaternya dicabut...demi menaikkan harga jualnya :mky_02:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12276
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by ricz »

amfibi wrote:
ricz wrote:
imingwahyudi wrote: Untung RM ga nyunat heater ac :mky_03:
RM ada heater? :big_think:
Emang ga ada ya? :ungg:
Bentar... Baca buku pemilik kendaraan dulu.... :ungg:

*keliatan kali ga pernah dibaca bukunya :big_slap:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12276
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by ricz »

axala wrote:
imingwahyudi wrote:
axala wrote:Heater dari ac :big_chicken: :big_chicken: baru tahu ada yg begitu :big_slap:
Biasanya dimana emang vin? Mbolongi ddashboard pasang tungku? :big_weee:

Kalo beneran gitu...lebih 'hangat' pastinya :mky_03:
Ngomong2 tombolnya yg mana ya :mky_01:

nubie ini bingung lho :mky_03: :mky_03:

pasang tungku?......kaya s280nya Jclarkson di TG :upss:

Image

lengkap dengan cerobong asep :mky_03: :mky_03:
Sekalian tarok arang & kayu bakar... :big_slap:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by ola_comoesta »

newbie mau nambahin aja, karena lupa sapa aja yg ngomong tadi siapa di page2 sebelumnya hehehe dan internet lagi error dirumah wkwkwkwkww, monggo dikoreksi kalo ada yg salah

ISTOP DAN IELOOP
di CX5 g ada i-eloop, jadi istop dia berdasarkan seperti yg dibilang om siapa itu ya, posisi piston berdiri standby untuk ignite. Bayangan ane itu seperti kayak pedal sepeda, pada posisi satu siap ditekan lsg muter lagi. Nah tpi gimana2 pasti nyangkut pula ke dinamo starter/kelistrikan karena sudah ane tes. Ketika lampu DRL menyala siang hari, terus mesin mati aka istop, ketika mesin nyala kembali, ada perubahan tegangan (tingkat keredupan lampu DRL-nya).

Untuk istop sendiri ane pernah sampai 1 menit-an rasanya, apalagi malam. Karena suhu malam yang semakin rendah, dan perbedaan suhu luar dan dalam tidak drastis, sehingga mobil mendetect hal tersebut still okey for living species inside. Salah satu karakter istop, selain syarat suhu ruangan, seatbelt driver harus nancap..dia terpogram sesuai kondisi driving, misal ketika berhenti pas di antrian u-turn, istop gak akan bekerja, karena dia detect posisi ban bukan lurus. Yang unik, pernah ane lagi buru2, jadi dari poin A ke poin B itu kenceng, gas rem, gas lagi...pokoknya rushing deh..itu tanda "istop" nya gak nyala, walaupun ane dah berhenti, terus jalan lagi...begitu ane ternyata batal acaranya jadinya nyetir pelan lagi barulah "istop"nya nyala lagi.. istop liat kondisi driving juga rasanya :mky_03: :mky_03:

Karena istop pengaruhnya ke kelistrikan juga, ane sempet takut juga. Itu kalau dibuka kap mesin, akinya bertuliskan "HIGH VOLTAGE..." dan khusus pula si aki ini./ (moga gak mahal kalau ganti...belum liat yang 2.0) dan mazda menurut ane pasti sudah siapin semacam volt stabilizer khusus, entah analog ato digital ato keduanya untuk istop ini wkwkwkkwkwkw

THROTTLE RESPONSE
Untuk cx5 2.0 dan 2.5 setuju sama mod stig. Dimana ada perbedaan koq 2.0 sama 2.5, seperti kayak diberi throttle controller tambahan. Dan untuk masalah respon katanya yg 2.0 ada lag, menurut ane lebih pada perubahan karakter transmisi juga, dimana 2.5 faster untuk kick down. Ane compared punya temen, dia juga bilang hal yg sama, dan mungkin juga efek torsi 2.5 yang udah kerasa duluan di rpm 3000-an. Kasarannya 2.5 torsinya 250 [email protected] paling rpm 2500-3000 sudah 200NM (setara 2.0 pas di RPM atas)

so far puas dengan nih mobil, sisa seperti LDWS dan HBC belum pernah berfungsi :mky_05:


sekian dari newbie :mky_01:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by AD74YA »

Thanks koreksinya pak ola...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3196
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by walid_007 »

pantesan

dan baru ke inget pas ane TD i stop nya ga mau jalan (nyala) udah ane pencet2 tu tombol, engaged to N smp P juga ga mau mati

ternyata gara2 ane ga pake SABUK..



* ga pernah pk sabuk pengaman hehehe
engine roaring!
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by axala »

walid_007 wrote:pantesan

dan baru ke inget pas ane TD i stop nya ga mau jalan (nyala) udah ane pencet2 tu tombol, engaged to N smp P juga ga mau mati

ternyata gara2 ane ga pake SABUK..



* ga pernah pk sabuk pengaman hehehe
Gamau nyala apa gamau mati om :ungg:
Pursuit of Perfection
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3196
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by walid_007 »

axala wrote:
walid_007 wrote:pantesan

dan baru ke inget pas ane TD i stop nya ga mau jalan (nyala) udah ane pencet2 tu tombol, engaged to N smp P juga ga mau mati

ternyata gara2 ane ga pake SABUK..



* ga pernah pk sabuk pengaman hehehe
Gamau nyala apa gamau mati om :ungg:
makstny ga mau nyala fitur nya... tp fiturnya buat mati in


jadi timbul 2 presepsi nih :big_peace:
engine roaring!
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by htannis »

untung jondut gak pernah sunat fitur avanza, innova, dan fortuner, soalnya emang gak pernah ada :big_weee: kan bikinan dan designer krawang :wkkk:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by hitutbaw »

Wah pak ola pakai yg 2.5 ya..
Beruntung pak, wkt itu kyknya byk yg keburu ambil 2.0..
Tp mgkn utk kons bbm yg 2.0 lebih hemat?
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by axala »

htannis wrote:untung jondut gak pernah sunat fitur avanza, innova, dan fortuner, soalnya emang gak pernah ada :big_weee: kan bikinan dan designer krawang :wkkk:
Fiturnya ada semua tapi di type v :big_weee:

Kecuali G,E,J,yg semuanya full sunat :big_grin:
Pursuit of Perfection
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by ola_comoesta »

hitutbaw wrote:Wah pak ola pakai yg 2.5 ya..
Beruntung pak, wkt itu kyknya byk yg keburu ambil 2.0..
Tp mgkn utk kons bbm yg 2.0 lebih hemat?
tergantung kaki rasanya...ini saya pakai 10.5km/l dalam kota, kmrn sempet boros 9.9km/l..itung manual ya :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by ChZ »

ola_comoesta wrote:
hitutbaw wrote:Wah pak ola pakai yg 2.5 ya..
Beruntung pak, wkt itu kyknya byk yg keburu ambil 2.0..
Tp mgkn utk kons bbm yg 2.0 lebih hemat?
tergantung kaki rasanya...ini saya pakai 10.5km/l dalam kota, kmrn sempet boros 9.9km/l..itung manual ya :mky_01:
rasanya kok gak akan jauh berbeda 2.5 ama 2.0.... :mky_01:

10,5km/l dalem kota :big_slap: asik bener :mky_02:

waktu TD ini bensin udah mau abis ane hajar aja.... full bejek terus tiap ketemu jalan kosong... dan bensinnya gak turun-turun :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by madcat015 »

Ane TD W212 FL kehabisan bensin... :big_smoking:

Diler mmg sotoy kok...
Obey the mahakitteh. :big_cat:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by Suryaputra »

Anyway.. klo lihat cara kerja i-stop ini dan AC msh nyala waktu mesin mati, berarti kompresor AC tidak terhubung scr langsung ke mesin
(Kompresor AC bekerja spt AC rumahan dan memiliki motor sendiri dengan bantuan tenaga Aki Hi-Voltage tsb. Fungsi mesin mobil hanya men-charge Aki tsb).

Apakah betul ?...

Jika betul.. Tenaga mesin gak dipakai untuk gerakin kompresor AC yg bikin power-torque drop.
Otomatis konsumsi BBM pun juga lbh efisien, dan performa lbh optimal + kompresor AC lbh awet krn tidak mengikuti putaran mesin.

Soalnya gak sedikit kasus kompresor AC jebol karena dipake kebut-kebutan, dan switch AC on.

Great Job buat Mazda jika betul, dan T - H - N makin ketinggalan _____________ :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by hitutbaw »

Tapi masih kalah sama yamaha om... Yamaha semakin di depan, yg lain makin ketinggalan...
User avatar
brokdj
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Mon Feb 03, 2014 9:30
Location: Bali

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by brokdj »

ternyata dalam nya, mantaf, :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:

masuk dalam list dah nie :mky_02:
injak pedal gas, injak pedal gas
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by ChZ »

Suryaputra wrote:Anyway.. klo lihat cara kerja i-stop ini dan AC msh nyala waktu mesin mati, berarti kompresor AC tidak terhubung scr langsung ke mesin
(Kompresor AC bekerja spt AC rumahan dan memiliki motor sendiri dengan bantuan tenaga Aki Hi-Voltage tsb. Fungsi mesin mobil hanya men-charge Aki tsb).

Apakah betul ?...

Jika betul.. Tenaga mesin gak dipakai untuk gerakin kompresor AC yg bikin power-torque drop.
Otomatis konsumsi BBM pun juga lbh efisien, dan performa lbh optimal + kompresor AC lbh awet krn tidak mengikuti putaran mesin.

Soalnya gak sedikit kasus kompresor AC jebol karena dipake kebut-kebutan, dan switch AC on.

Great Job buat Mazda jika betul, dan T - H - N makin ketinggalan _____________ :ngacir:
hmm... kurleb kaya gitu kayaknya pih... :upss:

krn waktu i-STOP engage, ane bener-bener ga nyadar kalo mesin mati, semua elektrikal berfungsi normal... makanya ane pertama kaget waktu ngelepas rem, kok nyentak :big_slap:

yep... yang lain makin ketinggalan :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
biiboid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue Apr 15, 2008 1:07

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by biiboid »

nubie mau ikutan nanya, nubie baru 2 minggu bawa cx5 touring nubie, kalo lagi berenti dan i-stop bekerja, ac nya cuma berasa keluar anginnya doank yah...kalo agak kelamaan berasa agak panas...bener seperti itu, atau unit nubie punya doank yah...

so far lagi seneng2nya bawa si cx5, konsumsi BBM kondisi jalanan banyak tersendat macet karena jalanan bolong, di MID masih sekitar 13 koma sekian liter / 100km...menurut nubie dapet angka segitu masih ok lah, rute pergi ke kantor sekitar 16 km, waktu tempuh sekitar 40 menit, rute pulang lebih pendek sekitar 14 km waktu tempuh bisa 2 jam an
BamTrans
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Mon Jan 27, 2014 13:39

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by BamTrans »

prasaan punya ane dingin deh .... ac aku setting di eco ... ga tau tuh bedanya ac biasa sama ac eco .... @bro chz domisili smrg ya bro ... hehe familiar sm dealernya di foto ... btw td ditemenibspg siapa .. mbak widya kah .. wkwkwk ... ane td sm cowo ... ambil waktu pameran di citraland ... wekekeken..
kuwepuk1s
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Dec 13, 2013 2:50

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by kuwepuk1s »

@biiboid : km nya sdh berapa ?
Saya dulu sebelum 1000 km juga masih boros. setelah > 1000 km, FC nya normal antara 10 - 11,3 L / 100 km.
Mungkin bener kata orang , kalo < 1000 km, biasanya mobil cenderung msh boros.
biiboid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue Apr 15, 2008 1:07

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by biiboid »

kuwepuk1s wrote:@biiboid : km nya sdh berapa ?
Saya dulu sebelum 1000 km juga masih boros. setelah > 1000 km, FC nya normal antara 10 - 11,3 L / 100 km.
Mungkin bener kata orang , kalo < 1000 km, biasanya mobil cenderung msh boros.
Baru 300an km Om kuwepuk..
BamTrans
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Mon Jan 27, 2014 13:39

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by BamTrans »

kalo 300 km mah ane jg 13 an / 100 km ....
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by ChZ »

BamTrans wrote:prasaan punya ane dingin deh .... ac aku setting di eco ... ga tau tuh bedanya ac biasa sama ac eco .... @bro chz domisili smrg ya bro ... hehe familiar sm dealernya di foto ... btw td ditemenibspg siapa .. mbak widya kah .. wkwkwk ... ane td sm cowo ... ambil waktu pameran di citraland ... wekekeken..
yep.. ane smg :mky_01:

TD ditemenin sama mbak ayu... :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7