PUG 206 atau CHEVI AVEO

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
diez1231
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sat Feb 13, 2010 14:16

Re: PUG 206 atau CHEVI AVEO

Post by diez1231 »

ak4ng wrote:wkt kmaren fuel pump jebol ane habis ampe 3jt++
mobilnya apa tuh kang.. ampe segitu mahalnya??
User avatar
diez1231
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sat Feb 13, 2010 14:16

Re: PUG 206 atau CHEVI AVEO

Post by diez1231 »

espass gen akhir sebelum genmek skitar 50 jeti aja.....[/quote]


wah.. bukannya anti om, tapi msh nyari yg mungil2, plus yg nyamannya dah byk ceritanya.
bukan fanatik mobil eropa/amrik, tp dah terbukti harga murah, nyaman, klo katanya perawatan mahal yah relatif jg seh
glendotan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44

Re: PUG 206 atau CHEVI AVEO

Post by glendotan »

diez1231 wrote: kira2 mobil apalagi ya yg budgetnya 60-70an tp dpt diatas thn 2000??????
klo ga terpengaruh image taxi, mungkin toyota soluna bs dilirik.. bandel bgt mobilnya
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: PUG 206 atau CHEVI AVEO

Post by asudarsono »

y_anjasrana wrote:
ga salah tuh fuel pump sampe 1,5jt? trus waktu byk kasus fuel pump jebol gimana tuh? atoz saya aja sampe 2 kali ganti fuel pump. untung cuma 250-350ribu. yg terakhir justru pakai punya apanja.... :big_peace: sama persis, cuma beda di saringan teh celupnya doank....
Waduh, murah ya Atoz. Waktu premium bermasalah, di kalangan Peugeot tidak menjadi isu besar, soalnya rata2 langsung ganti ....... Ganti pakai sepeda motor.
Ready to Race
User avatar
kebolover
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Apr 18, 2010 11:17

Re: PUG 206 atau CHEVI AVEO

Post by kebolover »

Angkat lagi dong diskusi pug vs aveo ....!! lagi nyari info soal pug 206 nyasar ke sini.
Om diez jadi ngambil mana?
Pertimbangan utama pingin pug 206 karena bentuknya yang keren abis, keliatan aerodinamis banget plus konon katanya cukup nyaman.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: PUG 206 atau CHEVI AVEO

Post by y_anjasrana »

Waduh, murah ya Atoz. Waktu premium bermasalah, di kalangan Peugeot tidak menjadi isu besar, soalnya rata2 langsung ganti ....... Ganti pakai sepeda motor.
maka dari itu om, kyknya sayang bgt ngelepas atoz. sparepart murah, interior jg lumayan lega (kalu dipake sendirian :mky_03: ), bagasi gede, parkir gampang, bensin irit.... tinggal eksteriornya aja nih yg rada2 berantakan krn baret sana sini... :ungg:

btw di komplek ada 206 keren bgt. silver mulus.... plat nomernya 206 juga kalu ga salah....
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: PUG 206 atau CHEVI AVEO

Post by asudarsono »

Kalau sayang sama Atoznya, emang gak salah bro. Mobilnya asyik dipakai di perkotaan dan bensin irit banget.

ATOZ juga bisa dibikin plat nomor bagus A2Z atau AxxxxTOZ misalnya. Tapi buat apa, semua orang udah tahu kalau itu mobil Atoz.

Kalau Peugeot banyak yg plat nomornya mengikuti seri mobilnya, di komunitas lagi mode.
Ready to Race
User avatar
kebolover
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Apr 18, 2010 11:17

Re: PUG 206 atau CHEVI AVEO

Post by kebolover »

(copas dari milis pug 206)

Sejarah Pug 206
Peugeot 206
*th 2001-2002-> all CBU
terbagi non-sporty & sporty
non-sporty
- setir palang 2
- jok kain
- mid (multi information display) hanya tunjukin jam
- tombol klakson terletak ujung di tuas lampu&sein
- jendela belakang dibuka-tutup dengan engkol (bukan power window)
- spion masih engkol (non-elektrik)
- bukaan jok belakang tidak terbagi-bagi (satu bagian utuh senderan, satu bagian utuh dudukan)
- setrip bemper depan-belakang, body moulding (setrip body samping) kiri-kanan warna hitam plastik (tanpa dicat)
- ecu magneti marelli
- sistem elektrikal belum multiplex
- bentuk throttle body cenderung agak gepeng gak bulet
- oxygen sensor 'nangkring' di pipa exhaust (bukan di header-nya)
- di lubang ventilasi (yg keliatan di kap mesin), pengarah angin-nya ngikut di kap mesin
- torsion bar (salah satu bagian dari suspensi belakang) masih keras (besi-nya terlalu liat)
- lampu depan non crystal, pake dop h4
- lampu belakang clusternya lurus/menyabit, tidak membulat
- velg kaleng, plus wheeldop, ban michelin 185/65/14

sporty (mulai akhir 2001 - Q3 2002)
- setir palang 3
- jok kulit
- mid (multi information display) tunjukin jam, tanggal, dan status terbuka-tutupnya pintu
- tombol klakson terletak di setir
- jendela belakang dibuka-tutup dengan power window, tombolnya di panel pintu
- spion masih engkol (non-elektrik)
- bukaan jok belakang tidak terbagi-bagi (satu bagian utuh senderan, satu bagian utuh dudukan)
- setrip bemper depan-belakang, body moulding (setrip body samping) kiri-kanan warna sesuai bodi
- ecu sagem s2000 (kode k6c, k6d dsb)
- sistem elektrikal mulai semi multiplex (sekring-nya ada yg gede, ada yg kecil)
- bentuk throttle body cenderung membulat
- oxygen sensor 'nangkring' di header-nya (exhaust manifold)
- di lubang ventilasi (yg keliatan di kap mesin), tidak ada pengarah angin-nya, hanya ada mangkok pelapis nangkring di bodi (bukan kap mesin)
- torsion bar (salah satu bagian dari suspensi belakang) masih keras (besi-nya terlalu liat)
- lampu depan crystal, lampu besar&lampu dim sendiri2 pake dop h7 55w
- lampu belakang clusternya lurus/menyabit, tidak membulat
- headunit pake merk sanyo, bisa play kaset, cd audio, dan radio
- velg kaleng, plus wheeldop, ban michelin 185/65/14

*th 2002-2007->CKD (mulai Q4 2002)
ada jg yg sporty mulai 2003-an

- setir palang 3
- jok kain
- mid (multi information display) tunjukin jam, tanggal, dan status terbuka-tutupnya pintu, juga tampilkan status head unit
- tombol klakson terletak di setir
- ada airbag pengemudi di setir
- jendela belakang dibuka-tutup dengan power window, tombolnya di konsol tengah
- spion sudah elektrik
- bukaan jok belakang terbagi-bagi 1/3+2/3
- setrip bemper depan-belakang, body moulding (setrip body samping) kiri-kanan warna hitam plastik
- ecu sagem s2000 (kode kfx, kfw, dsb)
- sistem elektrikal sudah multiplex (sekring-nya kecil2)
- bentuk throttle body cenderung membulat
- oxygen sensor 'nangkring' di header-nya (exhaust manifold) & ada satu lagi di pipa exhaust (lupa dimana tepatnya)
- di lubang ventilasi (yg keliatan di kap mesin), tidak ada pengarah angin-nya, hanya ada mangkok pelapis nangkring di bodi (bukan kap mesin)
- torsion bar (salah satu bagian dari suspensi belakang) sudah lebih empuk
- lampu depan crystal, lampu besar&lampu dim sendiri2 pake dop h7 55w
- lampu belakang clusternya cenderung membulat
- list pintu belakang di atas plat nomor tidak ada logo singa, diganti logo singa yg besar di atas-nya (nempel di bodi pintu bagasi)
- velg racing, ban turanza 185/65/14
- ada tombol non-aktifkan power window
- ada tombol non-aktifkan airbag

Positif:
-. Nyaman, walau Peugeot 206 bantingannya masih agak keras (karena memang diperuntukkan utk rally). Dari yang ane pernah coba 307SW kabinnya luar biasa keren, kayak dalam kokpit pesawat, namun dari sisi kenyamanan 406 emang gak ada duanya…sangat-sangat nyaman.
-.Lincah untuk perkotaan
-. Untuk mobil dengan tahun yang sama, harga second-nya relative murah
-. Spare Parts sudah banyak yang KW (aftermarket), produksi Perancis, Thailand atau China.
-. Modelnya gak mudah usang
-. Coating Cat body sangat bagus sehingga gak mudah gores dan pudar.
-. Body dan kaca juga lebih tebal sehingga kabin kedap
-. Biarpun kecil lari 130Kpj-180Kpj masih sangat stabil.
-. Irit bbm walaupun minimum RON92. (ane punya 1:12 dalkot, ada yang pernah report sampai 1:15-1:18). Teman kantor ada yang pake Premium hanya masalah di performa mesin aja yang agak ngelitik.
-. System elektriknya dan kelengkapan cukup advance jika dilihat mobil sekelas dizamannya.
(Immobilizer, anti-reflection mirror, electric correction headlamp, Multi-Instrument Display, service, oil and dipstick error Indicator display, auto-headlight dan auto-wiper/intermittent---varian tertentu, Parking sensor---type sporty )
-. Safety di semua hal, mulai dari rapid exit door, seatbelt dengan pre-tensioner sampai masalah baut2 dan klip2 pengaman disetiap parts yang penting.
-. Manual Repair, Haynes book dan parts catalog banyak bertebaran di internet.

Negatif:
-. Kaki2nya merupakan Jiwa mobil2 produksi Peugeot, namun karena kenyamannya kadang yang bawa maen sikat aja klo ada lobang, jadinya balljoint dkk sering aus.
-. Kopling untuk M/T cukup keras, tapi bisa diganti dengan merk after market yang katannya bisa lebih lembut.
-. BBM minimal RON92
-. Susah cari aksesoris

Ringkasan:
Kata orang Peugeot 206 adalah Peugeot sejuta umat, karena semenjak menjadi jawara di ajang WRC penjualan Peugeot 206 bak kacang goreng.
Perawatan yang katanya sulit ternyata tidak juga semenjak era informasi khususnya internet dan khususnya lagi Kaskus.us membuat semua informasi soal mobil ini menjadi mudah. Web dan forum juga banyak bertebaran di dunia maya. Web khusus yang membahas 206 diluar Perancis sendiri cukup banyak sebut saja www.206info.co.uk dan www.206gti.net merupakan web yang sangat detil membahas masalah 206, dan tentunya tidak kalah hebatnya dengan KPUT http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=4288465

Pendapat pribadi (subjective):
Mobil impian yang emang sudah lama didambakan, beruntung karena harga second-nya yang relative murah.
Perawatan tidak sulit, bahkan dengan panduan dari Haynes book terkadang ane ngoprek sendiri. Untuk pemesanan spare part tinggal telp. ke Jakarta sebutin parts number (dari software parts Peugeot…yang sekarang juga udah ada yang on-line) 2 hari barang sampai Makassar.
Komunitasnya juga banyak dan aktif sehingga klo ada masalah pastinya nanya dulu ke para sesepuh Peugeot untuk mencari solusi yang lebih efektif dan efisien.
Peugeot 206 sempat digantikan oleh Peugeot 207, tapi kayaknya permintaan pasar maunya yang model 206 akhirnya di produksi kembali dengan nama Peugeot 206+ selain Peugeot 207 Facelift. (CMIIW)
User avatar
kebolover
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Apr 18, 2010 11:17

Re: PUG 206 atau CHEVI AVEO

Post by kebolover »

Kisaran harga Pug 206 (inpo dari bro google autocarprice.com)

Report Price List October 2012

206 A/T 2001 60.0
206 A/T 2002 65.0
206 A/T 2003 75.0
206 A/T 2004 85.0
206 A/T 2005 90.0
206 A/T 2006 100.0
206 M/T 2001 65.0
206 M/T 2002 70.0
206 M/T 2003 75.0
206 M/T 2004 80.0
206 M/T 2005 85.0
206 M/T 2006 95.0

sundulll sundulllll............... masih ada yang monitoorrr....~!! :e-think:
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: PUG 206 atau CHEVI AVEO

Post by Megalontong »

Perna nyetir dua2nya, 206 kemampuannya diatas Aveo jauh.
Chevrolet lebih susah cari partsnya dibanding Peugeot yg lumayan menjamur KW2nya.
Keduanya jelas "lebih mahal" rawatannya dari Atoz (beda kelas).
206 CKD suspensinya udah empuk dibanding CBU.

Vote 206CKD
User avatar
tebeer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Thu Feb 25, 2016 8:12

Re: PUG 206 atau CHEVI AVEO

Post by tebeer »

Galau juga nih
206 vs Aveo
Hehehehehe