NEW VELOZ 2022!!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: NEW VELOZ 2022!!
Entah apa yg ada di pemikiran toyota koq veloz dikasi ban profil 50... Jelas2 pemakai veloz sebagian besar itu y pembeli avanza generasi sblm nya yg akan ngarepin mobil yg tangguh. Kasih ban profil 50 jelas bkn utk mobil yg tangguh melainkan hanya utk gaya2an
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri May 28, 2021 16:02
Re: NEW VELOZ 2022!!
Asumsi saya: Toyota sudah lakukan survei atau riset dan ambil kesimpulan kalau pemilik Veloz “mayoritas” di daerah yg infrastruktur jalannya “lumayan” baik dan flatthe-mantal wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 6:05 Entah apa yg ada di pemikiran toyota koq veloz dikasi ban profil 50... Jelas2 pemakai veloz sebagian besar itu y pembeli avanza generasi sblm nya yg akan ngarepin mobil yg tangguh. Kasih ban profil 50 jelas bkn utk mobil yg tangguh melainkan hanya utk gaya2an
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sat Oct 15, 2022 0:54
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Veloz
Re: NEW VELOZ 2022!!
Apakah ada yg merasakan di veloz 2022 matic saat gas dilepas mobil seperti ngerem sendiri? Terasa seperti engine brake. Efeknya tidak selalu terjadi. Terasa paling mengganggu saat kecepatan rendah sekitar 10-20 kpj. Saat terjadi dan dibiarkan sehingga kecepatan makin menurun, efek engine brakenya bisa tiba2 hilang sendiri dan menyebabkan hentakan. Saya lihat di youtube ada yg merasakan efek ini juga di avanza matic.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 572
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: NEW VELOZ 2022!!
Karakter D-CVT bukannya memang gitu ya?
Di raize sepupu saya juga gitu sih, kayak ada efek engine brake yang rada berasa, kadang pas turun mulai melandai engine brake tau2 ilang,
Tapi belom taraf mengganggu sih (buat saya)
Di raize sepupu saya juga gitu sih, kayak ada efek engine brake yang rada berasa, kadang pas turun mulai melandai engine brake tau2 ilang,
Tapi belom taraf mengganggu sih (buat saya)
Present
R20A 5AT 08 / Shell Aspira SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Shell Aspira SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sat Oct 15, 2022 0:54
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Veloz
Re: NEW VELOZ 2022!!
Berarti memang normal ya om. Kalau menurut saya mengganggu karena ada hentakan yang terasa seperti saat pakai mobil manual dan nginjek kopling tidak pas waktunya. Kalau di manual kita bisa sesuaikan tapi ini matic ga ada koplingnya hehe.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2362
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: NEW VELOZ 2022!!
Berarti efeknya mirip dengan cvt di motor matic
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1067
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: NEW VELOZ 2022!!
bener banget..rocky juga gitu ,sama. apalagi kalo kecepetan rendah, lepas gas, berasa hentakannya. engine breaknya terlalu kasar.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: NEW VELOZ 2022!!
Ini efek engine cut off ya... Makanya tiap kali lepas gas berasa deselerasi nya kuat dan kl diperhatiin di current fuel consumption nya lsg mentok ke 99.9km/l. Nanti turun sampai kecepatan 20 atau dibawah nya agak terasa ndut2an pas perpindahan ke coasting dan current fuel consumption nya jadi 20-30 km/l aja.
Klo saya ngakali nya biasa saya gas lagi aja trus lepas nanti dia akan lsg ganti ke coasting. Cuman efeknya jd berasa nyetir agresif banget haha..
Yg saya jg ga suka dr dcvt / mesin nya itu klo rpm dibawah 1500 mesin terasa bergetar gitu. Jd saya kl mnyetir ga pernah dibawah 1500 rpm... Dan kesannya jd agresif banget krn nyetir 1500 rpm itu kecepatan naiknya cepet banget
Klo saya ngakali nya biasa saya gas lagi aja trus lepas nanti dia akan lsg ganti ke coasting. Cuman efeknya jd berasa nyetir agresif banget haha..
Yg saya jg ga suka dr dcvt / mesin nya itu klo rpm dibawah 1500 mesin terasa bergetar gitu. Jd saya kl mnyetir ga pernah dibawah 1500 rpm... Dan kesannya jd agresif banget krn nyetir 1500 rpm itu kecepatan naiknya cepet banget
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sat Oct 15, 2022 0:54
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Veloz
Re: NEW VELOZ 2022!!
Mungkin ada yg pernah coba Xpander facelift yg sudah CVT atau Stargazer. Apakah terasa hentakan juga di kecepatan rendah?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1345
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 240
- Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
- Location: Bandung
Re: NEW VELOZ 2022!!
Mungkin itu karena DCVT yg pake gear beneran untuk putaran bawah.antonwdj wrote:Mungkin ada yg pernah coba Xpander facelift yg sudah CVT atau Stargazer. Apakah terasa hentakan juga di kecepatan rendah?
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sat Oct 15, 2022 0:54
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Veloz
Re: NEW VELOZ 2022!!
DCVT Daihatsu beda dengan Direct Shift-CVT Toyota. DCVT Daihatsu pakai belt di kecepatan rendah dan mulai pakai gear di kecepatan menengah atas (>= 60 km/jam). Direct Shift-CVT Toyota pakai gear saat mobil mulai bergerak dari kondisi stop (launch gear) lalu beralih ke belt. Jadi bisa dibilang kebalikan.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sat Oct 15, 2022 0:54
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Veloz
Re: NEW VELOZ 2022!!
Berarti efek ini bukan hal yg sama utk semua CVTkrniawnhdr wrote: ↑Thu Oct 20, 2022 0:51Veloz aja mungkin om. stargazer nggak ada..transisinya paling smooth dirasa.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: NEW VELOZ 2022!!
kemarin baru coba transmisinya ditaruh di S jgn di D, lumayan lebih smooth banget krn mainnya di putaran 2000 rpm ke atas.
dicoba aja.
dicoba aja.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1703
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: NEW VELOZ 2022!!
apa berarti di xenia & avanza beda matiknya om?antonwdj wrote: ↑Thu Oct 20, 2022 3:35 DCVT Daihatsu beda dengan Direct Shift-CVT Toyota. DCVT Daihatsu pakai belt di kecepatan rendah dan mulai pakai gear di kecepatan menengah atas (>= 60 km/jam). Direct Shift-CVT Toyota pakai gear saat mobil mulai bergerak dari kondisi stop (launch gear) lalu beralih ke belt. Jadi bisa dibilang kebalikan.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 240
- Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
- Location: Bandung
Re: NEW VELOZ 2022!!
Oiya beda kepanjangan DCVT nya ternyata
Toyota - Direct Shift CVT
Daihatsu - Dual CVT
Kalau diatas 60km/h pindah dari belt ke planetary gear, berarti cruising 100km/h rpmnya ga serendah CVT biasa dong? CMIIW
Toyota - Direct Shift CVT
Daihatsu - Dual CVT
Kalau diatas 60km/h pindah dari belt ke planetary gear, berarti cruising 100km/h rpmnya ga serendah CVT biasa dong? CMIIW
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 240
- Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
- Location: Bandung
Re: NEW VELOZ 2022!!
Kayanya sama aja kalau kasus xenia dan avanza mah. Keduanya basis DNGA.MSU wrote:apa berarti di xenia & avanza beda matiknya om?antonwdj wrote: ↑Thu Oct 20, 2022 3:35 DCVT Daihatsu beda dengan Direct Shift-CVT Toyota. DCVT Daihatsu pakai belt di kecepatan rendah dan mulai pakai gear di kecepatan menengah atas (>= 60 km/jam). Direct Shift-CVT Toyota pakai gear saat mobil mulai bergerak dari kondisi stop (launch gear) lalu beralih ke belt. Jadi bisa dibilang kebalikan.
Yg beda DCVT nya voxy.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: NEW VELOZ 2022!!
lha lebih make-sense Direct Shift-CVT nya Toyota dong kalo gituantonwdj wrote: ↑Thu Oct 20, 2022 3:35 DCVT Daihatsu beda dengan Direct Shift-CVT Toyota. DCVT Daihatsu pakai belt di kecepatan rendah dan mulai pakai gear di kecepatan menengah atas (>= 60 km/jam). Direct Shift-CVT Toyota pakai gear saat mobil mulai bergerak dari kondisi stop (launch gear) lalu beralih ke belt. Jadi bisa dibilang kebalikan.
setelah googling mobil Toyota apa yg pake Direct Shift-CVT di Indonesia, ternyata Voxy ya ono rego ono rupo lah ya
ngarep avxenveloz pake Direct Shift-CVT mo jadi berapa harganya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11385
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: NEW VELOZ 2022!!
logically, direct shift CVT, girboksnya akan lbh awet yaa.AbdulHakim wrote: ↑Thu Oct 20, 2022 6:54lha lebih make-sense Direct Shift-CVT nya Toyota dong kalo gituantonwdj wrote: ↑Thu Oct 20, 2022 3:35 DCVT Daihatsu beda dengan Direct Shift-CVT Toyota. DCVT Daihatsu pakai belt di kecepatan rendah dan mulai pakai gear di kecepatan menengah atas (>= 60 km/jam). Direct Shift-CVT Toyota pakai gear saat mobil mulai bergerak dari kondisi stop (launch gear) lalu beralih ke belt. Jadi bisa dibilang kebalikan.
setelah googling mobil Toyota apa yg pake Direct Shift-CVT di Indonesia, ternyata Voxy ya ono rego ono rupo lah ya
ngarep avxenveloz pake Direct Shift-CVT mo jadi berapa harganya
karena beban pulley + belt lebih minimal / ketika mobil sudah berjalan.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 270
- Joined: Tue May 26, 2009 13:52
Re: NEW VELOZ 2022!!
Kalo berasa jedug sih krn matic sih gak.
tp emang ada suara2 kyk mendenggung gk jelas, kyk engine break pas kita di kecepatan rendah n lepas gas.
feels saya sih gk jeduk, tp memang agak ganggu aja feels nya.
kyk klo kita gigi mundur (with matic non CVT) kan klo di gas ada bunyi ngungggg.. nah kyk gt suara nya klo lepas gas.
yg lbh ganggu annoying itu sebenarnya RPM naik turun dangdut nya, itu lbh nyebelin menurut gw.
y tp di terima aja lah, toyota mesin <2.0cc emang gt karakter nya..
hahahaha.....
tp emang ada suara2 kyk mendenggung gk jelas, kyk engine break pas kita di kecepatan rendah n lepas gas.
feels saya sih gk jeduk, tp memang agak ganggu aja feels nya.
kyk klo kita gigi mundur (with matic non CVT) kan klo di gas ada bunyi ngungggg.. nah kyk gt suara nya klo lepas gas.
yg lbh ganggu annoying itu sebenarnya RPM naik turun dangdut nya, itu lbh nyebelin menurut gw.
y tp di terima aja lah, toyota mesin <2.0cc emang gt karakter nya..
hahahaha.....
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sat Oct 15, 2022 0:54
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Veloz
Re: NEW VELOZ 2022!!
Kalau di S terus kayaknya jadi lebih boros karena putaran mesin lebih tinggi. Begitu masuk S, lingkaran hijau di speedometer hilang. Selain itu di S ada sensasi pindah gigi (virtual) yang justru mestinya ga ada di CVT. Tapi beda orang akan beda2 pendapat tentunya.the-mantal wrote: ↑Thu Oct 20, 2022 3:58 kemarin baru coba transmisinya ditaruh di S jgn di D, lumayan lebih smooth banget krn mainnya di putaran 2000 rpm ke atas.
dicoba aja.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sat Oct 15, 2022 0:54
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Veloz
Re: NEW VELOZ 2022!!
Xenia, avanza, veloz pakai DCVT Daihatsu semuaMSU wrote: ↑Thu Oct 20, 2022 4:37apa berarti di xenia & avanza beda matiknya om?antonwdj wrote: ↑Thu Oct 20, 2022 3:35 DCVT Daihatsu beda dengan Direct Shift-CVT Toyota. DCVT Daihatsu pakai belt di kecepatan rendah dan mulai pakai gear di kecepatan menengah atas (>= 60 km/jam). Direct Shift-CVT Toyota pakai gear saat mobil mulai bergerak dari kondisi stop (launch gear) lalu beralih ke belt. Jadi bisa dibilang kebalikan.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sat Oct 15, 2022 0:54
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Veloz
Re: NEW VELOZ 2022!!
Saya sependapat. Tujuan launch gear di Direct Shift-CVT Toyota salah satunya mengatasi kekurangan CVT biasa yaitu ngeden saat mulai jalan.AbdulHakim wrote: ↑Thu Oct 20, 2022 6:54lha lebih make-sense Direct Shift-CVT nya Toyota dong kalo gituantonwdj wrote: ↑Thu Oct 20, 2022 3:35 DCVT Daihatsu beda dengan Direct Shift-CVT Toyota. DCVT Daihatsu pakai belt di kecepatan rendah dan mulai pakai gear di kecepatan menengah atas (>= 60 km/jam). Direct Shift-CVT Toyota pakai gear saat mobil mulai bergerak dari kondisi stop (launch gear) lalu beralih ke belt. Jadi bisa dibilang kebalikan.
setelah googling mobil Toyota apa yg pake Direct Shift-CVT di Indonesia, ternyata Voxy ya ono rego ono rupo lah ya
ngarep avxenveloz pake Direct Shift-CVT mo jadi berapa harganya
Iya betul Direct Shift-CVT tidak bisa dipakai di avanza/xenia/veloz karena lebih mahal. DCVT Daihatsu lebih murah.
Ekspektasi saya namanya CVT harusnya mulus ga ada hentakan. Stargazer sama2 Low MPV juga tapi CVTnya mulus (menurut reply di atas). Entah Xpander facelift yg CVT gimana. Kelebihan CVT saya baca katanya mulus tidak seperti AT konvensional tapi sebelumnya saya pakai Grand Livina 2012 yg masih AT konvensional malah mulus banget itu.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri May 28, 2021 16:02
Re: NEW VELOZ 2022!!
Saya kok merasa ground clearance Veloz itu ngga 205mm seperti yg ada di brosur. Barusan lihat Hyundai Creta, yang ground clearance versi brosurnya di angka 190mm. Kok kelihatan kalau si Hyundai Creta lebih tinggi ground clearance-nya dibandingkan dengan Veloz? Jadi terkesan lebih aman buat jalanan yg permukaanya amburadul. Minta tolong komentar men temen. Thanks.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: NEW VELOZ 2022!!
stargazer gigi startnya pake gear beneran. "Gear" selanjutnya baru pake cvt, makanya berasa smooth di kecepatan rendah.krniawnhdr wrote: ↑Thu Oct 20, 2022 0:51Veloz aja mungkin om. stargazer nggak ada..transisinya paling smooth dirasa.