Mobil Perang - sangat minim perawatan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 533
- Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
- Location: lenteng agung jakarta
- Daily Vehicle: Trooper
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Untuk mobil baru, kok ndak ada yg menyarankan LC yak... Pasti badaknya kan
Atau panther lah. Murmer maintenance nya.
Klo pengalaman saya pemakai mobil jangka waktu lama. Fortuner diesel manual gen 1 sudah berumur 12th dan barusan servis rutin untuk 300.000km di plaza Toyota Citereup bengkel yang deket rumah.
Jalanan yg ditempuh sih kombinasi aspal dan tanah. Buat harian ngantor dan ke proyek. Seumur2 baru ganti shock di th ke 8 klo ndak salah 200.000an km lah. Itupun bukan masalah bocor tp kepingin ganti aja. Kuras tengki solar sekali, oya selalu bio solar ya dgn FC rata2 dalkot 1:12.
Rutin sih cuman ganti oli, filter2 ama pelumas gemuk kaki2. Filter solar aja cuman 60rb an murah kan ganti tiap 5000km lah. Ndak repotin nih mobil, cukup puas irit operasional dan perawatan. Pernah bocor air masuk dari kaca depan pas musim hujan mudik Jogja, masuk nasmoco dibenerin seal nya doang.
Beberapa kali tergoda ganti mobil tp ternyata susah berpaling. Memang capek kopling tp iritnya top. Asal AC dingin, setel musik dan ndak mogok an nyaman lah dijalan v
Bukan fanatik brand ya, tp udah nyaman aja ama yg satu ini
Atau panther lah. Murmer maintenance nya.
Klo pengalaman saya pemakai mobil jangka waktu lama. Fortuner diesel manual gen 1 sudah berumur 12th dan barusan servis rutin untuk 300.000km di plaza Toyota Citereup bengkel yang deket rumah.
Jalanan yg ditempuh sih kombinasi aspal dan tanah. Buat harian ngantor dan ke proyek. Seumur2 baru ganti shock di th ke 8 klo ndak salah 200.000an km lah. Itupun bukan masalah bocor tp kepingin ganti aja. Kuras tengki solar sekali, oya selalu bio solar ya dgn FC rata2 dalkot 1:12.
Rutin sih cuman ganti oli, filter2 ama pelumas gemuk kaki2. Filter solar aja cuman 60rb an murah kan ganti tiap 5000km lah. Ndak repotin nih mobil, cukup puas irit operasional dan perawatan. Pernah bocor air masuk dari kaca depan pas musim hujan mudik Jogja, masuk nasmoco dibenerin seal nya doang.
Beberapa kali tergoda ganti mobil tp ternyata susah berpaling. Memang capek kopling tp iritnya top. Asal AC dingin, setel musik dan ndak mogok an nyaman lah dijalan v
Bukan fanatik brand ya, tp udah nyaman aja ama yg satu ini
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Tue Jan 08, 2019 23:43
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Bisa pk mobil jamsn L300 solar dan jd mobil perang tiap hari terus ganti T120SS smp skr pk GNA yg paling kuat jelas L300 yg paling ga enak/nanggung ya T120SS menurut saya.
Sampai skr pk LMPV masih suka ngehayal seandainya ketebalan body nya setara dg BMW
Sampai skr pk LMPV masih suka ngehayal seandainya ketebalan body nya setara dg BMW
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Tue Feb 27, 2018 3:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: IsuzuPantherSmartTurbo
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Minim perawatan itu bebas jajan kaki kaki? Ya tinggal pilih suspensi per daun macem Jimny, Katana, Taft & Rocky. Tapi jangan berharap kenyamanan ya, tabu dengan pernyataan "minim perawatan". Tinggal sediakan aja koyo buat punggung dan spare uang buat pijet badan wkwk
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27206
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
jawapan nya jelas... ipah smua generasi, tapi yg bensin manual
terbukti sbagai mobil travel di kalimantan, sulawesi, papua.. dann mobil faforit nya pelat merah
terbukti sbagai mobil travel di kalimantan, sulawesi, papua.. dann mobil faforit nya pelat merah
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 587
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
sampe sekarang apa masih dipelihara om sientanya?marmut wrote: ↑Thu Sep 24, 2020 6:13 tunggu sebentar, ini tahun 2020 kan?
saya sudah pernah tulis di trit sienta kalau tidak salah, 2015-2016 lalu istri saya beli sienta brand new gres fresh from the oven. baru selesai serah terima dengan sales, saya bawa jalan itu ada suara klutuk-klutuk. plus konsumsi bahan bakar yang tidak normal sampai perlu penggantian 1 unit ECU.
jadi, nggak perlu nunggu 6 tahun buat gegantian ini itu.
kalau hidup di tahun 80 atau 90, mungkin saja beli mobil baru tanpa ada penggantian apapun. ini tahun 2020 bung, pabrik maunya kita ganti mobil setahun 2×.
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
‘01 B20B
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11470
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
punya mobil nggak pernah mogok itu nggak afdol.
ibarat menikah bertahun tahun tapi tidak pernah sekalipun adu mulut dengan istri. kalau grafik itu cuma garis lurus horisontal alias datar ngga ada dinamikanya naik turun. apa enaknya?
cobain lah sekali-kali mogok ditengah jalan atau ditengah hutan.... biar bisa nikmatin memiliki mobil.
seperti adu mulut dengan istri, pasti ujungnya akan berakhir dengan "adu mulut" juga.
masih.
berminat?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Maaf om, karena saya bekerja di bagian Akunting dan bukan seorang mekanic dan berhubung mobil cuma 1 doank biar tabungan terus bertambah jadi mobil satu satunya tsb harus ready for use every day and never break down. Me love ,if my car always opreational never broken.[emoji2]marmut wrote:
punya mobil nggak pernah mogok itu nggak afdol.
ibarat menikah bertahun tahun tapi tidak pernah sekalipun adu mulut dengan istri. kalau grafik itu cuma garis lurus horisontal alias datar ngga ada dinamikanya naik turun. apa enaknya?
cobain lah sekali-kali mogok ditengah jalan atau ditengah hutan.... biar bisa nikmatin memiliki mobil.
seperti adu mulut dengan istri, pasti ujungnya akan berakhir dengan "adu mulut" juga.
masih.
berminat?
HR15DE 2014
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4015
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Om perusahaannya udah apply psak updates belom tu?Herman7103 wrote: ↑Thu Sep 24, 2020 14:04Maaf om, karena saya bekerja di bagian Akunting dan bukan seorang mekanic dan berhubung mobil cuma 1 doank biar tabungan terus bertambah jadi mobil satu satunya tsb harus ready for use every day and never break down. Me love ,if my car always opreational never broken.[emoji2]marmut wrote:
punya mobil nggak pernah mogok itu nggak afdol.
ibarat menikah bertahun tahun tapi tidak pernah sekalipun adu mulut dengan istri. kalau grafik itu cuma garis lurus horisontal alias datar ngga ada dinamikanya naik turun. apa enaknya?
cobain lah sekali-kali mogok ditengah jalan atau ditengah hutan.... biar bisa nikmatin memiliki mobil.
seperti adu mulut dengan istri, pasti ujungnya akan berakhir dengan "adu mulut" juga.
masih.
berminat?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27206
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
yah jangan sampe rusak om, masi longggg way to go lohh ke 20 years owning experience milestone nya, baru jalan 6 taon iniHerman7103 wrote: ↑Thu Sep 24, 2020 14:04Maaf om, karena saya bekerja di bagian Akunting dan bukan seorang mekanic dan berhubung mobil cuma 1 doank biar tabungan terus bertambah jadi mobil satu satunya tsb harus ready for use every day and never break down. Me love ,if my car always opreational never broken.[emoji2]marmut wrote:
punya mobil nggak pernah mogok itu nggak afdol.
ibarat menikah bertahun tahun tapi tidak pernah sekalipun adu mulut dengan istri. kalau grafik itu cuma garis lurus horisontal alias datar ngga ada dinamikanya naik turun. apa enaknya?
cobain lah sekali-kali mogok ditengah jalan atau ditengah hutan.... biar bisa nikmatin memiliki mobil.
seperti adu mulut dengan istri, pasti ujungnya akan berakhir dengan "adu mulut" juga.
masih.
berminat?
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Perusahaan tempat saya kerja sudah apply update nya.yanuarra wrote:Om perusahaannya udah apply psak updates belom tu?Herman7103 wrote: ↑Thu Sep 24, 2020 14:04Maaf om, karena saya bekerja di bagian Akunting dan bukan seorang mekanic dan berhubung mobil cuma 1 doank biar tabungan terus bertambah jadi mobil satu satunya tsb harus ready for use every day and never break down. Me love ,if my car always opreational never broken.[emoji2]marmut wrote:
punya mobil nggak pernah mogok itu nggak afdol.
ibarat menikah bertahun tahun tapi tidak pernah sekalipun adu mulut dengan istri. kalau grafik itu cuma garis lurus horisontal alias datar ngga ada dinamikanya naik turun. apa enaknya?
cobain lah sekali-kali mogok ditengah jalan atau ditengah hutan.... biar bisa nikmatin memiliki mobil.
seperti adu mulut dengan istri, pasti ujungnya akan berakhir dengan "adu mulut" juga.
masih.
berminat?
HR15DE 2014
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Yup, masa runningnya baru dari mei 2014 sampai skrg sept 2020 and still go on. Will continue update in the future.DOHC wrote:yah jangan sampe rusak om, masi longggg way to go lohh ke 20 years owning experience milestone nya, baru jalan 6 taon iniHerman7103 wrote: ↑Thu Sep 24, 2020 14:04Maaf om, karena saya bekerja di bagian Akunting dan bukan seorang mekanic dan berhubung mobil cuma 1 doank biar tabungan terus bertambah jadi mobil satu satunya tsb harus ready for use every day and never break down. Me love ,if my car always opreational never broken.[emoji2]marmut wrote:
punya mobil nggak pernah mogok itu nggak afdol.
ibarat menikah bertahun tahun tapi tidak pernah sekalipun adu mulut dengan istri. kalau grafik itu cuma garis lurus horisontal alias datar ngga ada dinamikanya naik turun. apa enaknya?
cobain lah sekali-kali mogok ditengah jalan atau ditengah hutan.... biar bisa nikmatin memiliki mobil.
seperti adu mulut dengan istri, pasti ujungnya akan berakhir dengan "adu mulut" juga.
masih.
berminat?
HR15DE 2014
-
- SM Specialist
- Posts: 16307
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
marmut wrote: ↑Thu Sep 24, 2020 13:54
punya mobil nggak pernah mogok itu nggak afdol.
ibarat menikah bertahun tahun tapi tidak pernah sekalipun adu mulut dengan istri. kalau grafik itu cuma garis lurus horisontal alias datar ngga ada dinamikanya naik turun. apa enaknya?
cobain lah sekali-kali mogok ditengah jalan atau ditengah hutan.... biar bisa nikmatin memiliki mobil.
seperti adu mulut dengan istri, pasti ujungnya akan berakhir dengan "adu mulut" juga.
Pdhl mogok gegara accu ngambek jg udah biasa bgt tiba tiba ngambek aja gituuu pdhl dari rumah lancar jaya.
Macem bini yang bisa ngambek tanpa sebab...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 569
- Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
ane punya nih kalo minim perawatan alias orang ga suka ngebengkel semacem ane...
kendaraan perang ane ge8 & rm buat nembus ganjil genep ganti2 tiap hari, sekarang ga ada gage lebi enak pake ge8
profil :
1. ge8 -> umur 12 taon
2. rm -> umur 8 taon
Ge8 historicalnya cuman pernah ganti coil semuanya 4 biji di taon ke 10 sama electrical spion mati di taon ke 8...shockbreaker sama bubut discbrake di taon ke 7 sisanya ga pernah ngebengkel yang aneh2...oo iya walopun ini bukan part si, bridgestone standaran yang biasa dipake di ge8 bbrp kali benjol ganti merk dunlop sama hankook aman ga ngerti knp bridgestone begitu pernah ganti hampir 3 kali ttp aja benjol
RM electrical ga ada yang rusak sama sekali, cuman ac kemaren ganti bbrp part kondensor sama evap kena di taon ke 8 untuk ac bbrp kali emang kondensor kena ga tau knp katanya rm emang lemah di ac...engine mounting sama steering rack aman, blom perna ganti coil...shock ga tau rasanya si masi aman
Jamu cuman pake oil full synth sama premium/pertalite tergantung yang ada apa...(abis ini g dikatain beli mobil ga mampu beli bensin..LOL)
Sorry to say buat orang yang hobby ngebengkel saya sih ga suka...ampe saya bingung kadang2 ga pernah rusak ni mobil kalo usia part ya wajar lah... biaya ganti2 tadi kalo ditotal blom sampe 50jt utk seumur pemakaian
kendaraan perang ane ge8 & rm buat nembus ganjil genep ganti2 tiap hari, sekarang ga ada gage lebi enak pake ge8
profil :
1. ge8 -> umur 12 taon
2. rm -> umur 8 taon
Ge8 historicalnya cuman pernah ganti coil semuanya 4 biji di taon ke 10 sama electrical spion mati di taon ke 8...shockbreaker sama bubut discbrake di taon ke 7 sisanya ga pernah ngebengkel yang aneh2...oo iya walopun ini bukan part si, bridgestone standaran yang biasa dipake di ge8 bbrp kali benjol ganti merk dunlop sama hankook aman ga ngerti knp bridgestone begitu pernah ganti hampir 3 kali ttp aja benjol
RM electrical ga ada yang rusak sama sekali, cuman ac kemaren ganti bbrp part kondensor sama evap kena di taon ke 8 untuk ac bbrp kali emang kondensor kena ga tau knp katanya rm emang lemah di ac...engine mounting sama steering rack aman, blom perna ganti coil...shock ga tau rasanya si masi aman
Jamu cuman pake oil full synth sama premium/pertalite tergantung yang ada apa...(abis ini g dikatain beli mobil ga mampu beli bensin..LOL)
Sorry to say buat orang yang hobby ngebengkel saya sih ga suka...ampe saya bingung kadang2 ga pernah rusak ni mobil kalo usia part ya wajar lah... biaya ganti2 tadi kalo ditotal blom sampe 50jt utk seumur pemakaian
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 190
- Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Wah seru nih bahas mobil perang
Dari tahun 2013 udah 2x ganti mobil peranng..
2013-2016 apanjah matic...free pusing hanya perawatan biasa di beres..dijual di KM 150rb
2016-2019 mobilio cvt...ini free pusing juga cuma paling banyak pergantian claim garansi..dari kaki2 depan sampai CVTnya...dijual di kM 150ribuan juga
2019-now calya matic...sudah 30rb KM..masih blm kenapa2.
Dari tahun 2013 udah 2x ganti mobil peranng..
2013-2016 apanjah matic...free pusing hanya perawatan biasa di beres..dijual di KM 150rb
2016-2019 mobilio cvt...ini free pusing juga cuma paling banyak pergantian claim garansi..dari kaki2 depan sampai CVTnya...dijual di kM 150ribuan juga
2019-now calya matic...sudah 30rb KM..masih blm kenapa2.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 14, 2013 8:56
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
rusuh 2012---> km 100.000 on going, baru ganti ban(bs dueler ht) sama kampas rem
agay 2015---> km 98.000 on going, ganti ban(bs turanza) kampas rem sm engine mounting(klaim 2x toyota-gratis)
sx4 2008 ----> km 54.000 on going, ganti ban(bs turanza) sm bersihin piston rem belakang
kendaraan standar cuman upgrade audio aja
masuk minim perawatan ga tuh?
note : servis pas gratisan dari delaer aja, sekarang ganti2 fluid, kampas rem diy aja
agay 2015---> km 98.000 on going, ganti ban(bs turanza) kampas rem sm engine mounting(klaim 2x toyota-gratis)
sx4 2008 ----> km 54.000 on going, ganti ban(bs turanza) sm bersihin piston rem belakang
kendaraan standar cuman upgrade audio aja
masuk minim perawatan ga tuh?
note : servis pas gratisan dari delaer aja, sekarang ganti2 fluid, kampas rem diy aja
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4619
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Saya juga tidak fanatik ke brand. Buat apa fanatik kalau memang mobil tersebut problem ....ngalih wrote: ↑Thu Sep 24, 2020 13:04 Untuk mobil baru, kok ndak ada yg menyarankan LC yak... Pasti badaknya kan
Atau panther lah. Murmer maintenance nya.
Klo pengalaman saya pemakai mobil jangka waktu lama. Fortuner diesel manual gen 1 sudah berumur 12th dan barusan servis rutin untuk 300.000km di plaza Toyota Citereup bengkel yang deket rumah.
Jalanan yg ditempuh sih kombinasi aspal dan tanah. Buat harian ngantor dan ke proyek. Seumur2 baru ganti shock di th ke 8 klo ndak salah 200.000an km lah. Itupun bukan masalah bocor tp kepingin ganti aja. Kuras tengki solar sekali, oya selalu bio solar ya dgn FC rata2 dalkot 1:12.
Rutin sih cuman ganti oli, filter2 ama pelumas gemuk kaki2. Filter solar aja cuman 60rb an murah kan ganti tiap 5000km lah. Ndak repotin nih mobil, cukup puas irit operasional dan perawatan. Pernah bocor air masuk dari kaca depan pas musim hujan mudik Jogja, masuk nasmoco dibenerin seal nya doang.
Beberapa kali tergoda ganti mobil tp ternyata susah berpaling. Memang capek kopling tp iritnya top. Asal AC dingin, setel musik dan ndak mogok an nyaman lah dijalan v
Bukan fanatik brand ya, tp udah nyaman aja ama yg satu ini
Percuma fanatik kalau DUIT dan WAKTU kita habis ngurusin mobil. benar gak om?
Bagi sebagian orang OK. Bagi saya waktunya lebih baik buat refreshing dan keluarga
Ipah saya setuju, malah enak Dieselnya terutama 2 KD. Saya punya tahun 2012 wow tokcer sampai sekarang
Down Pipe dari pabrik tanpa Catalytic Converter (gak bingung mampet)
EGR dari pabrik ... tidak saya tutup EGR.
Tidak pakai OCT
Intinya semua standard pabrik ... mesin sampai sekarang 80rb KM masih mantap. Tanjakan manapun diisi 8 orang joss masih naik
Last edited by Profith83 on Fri Sep 25, 2020 2:51, edited 1 time in total.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 190
- Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Agree om.....Profith83 wrote:Saya juga tidak fanatik ke brand. Buat apa fanatik kalau memang mobil tersebut problem ....ngalih wrote: ↑Thu Sep 24, 2020 13:04 Untuk mobil baru, kok ndak ada yg menyarankan LC yak... Pasti badaknya kan
Atau panther lah. Murmer maintenance nya.
Klo pengalaman saya pemakai mobil jangka waktu lama. Fortuner diesel manual gen 1 sudah berumur 12th dan barusan servis rutin untuk 300.000km di plaza Toyota Citereup bengkel yang deket rumah.
Jalanan yg ditempuh sih kombinasi aspal dan tanah. Buat harian ngantor dan ke proyek. Seumur2 baru ganti shock di th ke 8 klo ndak salah 200.000an km lah. Itupun bukan masalah bocor tp kepingin ganti aja. Kuras tengki solar sekali, oya selalu bio solar ya dgn FC rata2 dalkot 1:12.
Rutin sih cuman ganti oli, filter2 ama pelumas gemuk kaki2. Filter solar aja cuman 60rb an murah kan ganti tiap 5000km lah. Ndak repotin nih mobil, cukup puas irit operasional dan perawatan. Pernah bocor air masuk dari kaca depan pas musim hujan mudik Jogja, masuk nasmoco dibenerin seal nya doang.
Beberapa kali tergoda ganti mobil tp ternyata susah berpaling. Memang capek kopling tp iritnya top. Asal AC dingin, setel musik dan ndak mogok an nyaman lah dijalan v
Bukan fanatik brand ya, tp udah nyaman aja ama yg satu ini
Percuma fanatik kalau DUIT dan WAKTU kita habis ngurusin mobil. benar gak om?
Bagi sebagian orang OK. Bagi saya waktunya lebih baik buat refreshing dan keluarga
Skrg lebih baik dipisah..mobil perang cari duit...mbl keluarga..atau mobil hobi..
udah kapok kasian ajak keluarga naik mobil dikit2 trouble dijalan...kalo kita sendiri sih terserag...hehheheh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4015
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Keren dong om..brti perusahaannya concern sm pembukuannyaHerman7103 wrote: ↑Thu Sep 24, 2020 23:23Perusahaan tempat saya kerja sudah apply update nya.yanuarra wrote:Om perusahaannya udah apply psak updates belom tu?Herman7103 wrote: ↑Thu Sep 24, 2020 14:04 Maaf om, karena saya bekerja di bagian Akunting dan bukan seorang mekanic dan berhubung mobil cuma 1 doank biar tabungan terus bertambah jadi mobil satu satunya tsb harus ready for use every day and never break down. Me love ,if my car always opreational never broken.[emoji2]
Ada impact nggk tu om?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4619
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Innova pun yang Reborn jauh lebih bandel drpd yang All New Kijang Innova. Saya punya ke 2 nya.epevert wrote: ↑Fri Sep 25, 2020 2:50Agree om.....Profith83 wrote:Saya juga tidak fanatik ke brand. Buat apa fanatik kalau memang mobil tersebut problem ....ngalih wrote: ↑Thu Sep 24, 2020 13:04 Untuk mobil baru, kok ndak ada yg menyarankan LC yak... Pasti badaknya kan
Atau panther lah. Murmer maintenance nya.
Klo pengalaman saya pemakai mobil jangka waktu lama. Fortuner diesel manual gen 1 sudah berumur 12th dan barusan servis rutin untuk 300.000km di plaza Toyota Citereup bengkel yang deket rumah.
Jalanan yg ditempuh sih kombinasi aspal dan tanah. Buat harian ngantor dan ke proyek. Seumur2 baru ganti shock di th ke 8 klo ndak salah 200.000an km lah. Itupun bukan masalah bocor tp kepingin ganti aja. Kuras tengki solar sekali, oya selalu bio solar ya dgn FC rata2 dalkot 1:12.
Rutin sih cuman ganti oli, filter2 ama pelumas gemuk kaki2. Filter solar aja cuman 60rb an murah kan ganti tiap 5000km lah. Ndak repotin nih mobil, cukup puas irit operasional dan perawatan. Pernah bocor air masuk dari kaca depan pas musim hujan mudik Jogja, masuk nasmoco dibenerin seal nya doang.
Beberapa kali tergoda ganti mobil tp ternyata susah berpaling. Memang capek kopling tp iritnya top. Asal AC dingin, setel musik dan ndak mogok an nyaman lah dijalan v
Bukan fanatik brand ya, tp udah nyaman aja ama yg satu ini
Percuma fanatik kalau DUIT dan WAKTU kita habis ngurusin mobil. benar gak om?
Bagi sebagian orang OK. Bagi saya waktunya lebih baik buat refreshing dan keluarga
Skrg lebih baik dipisah..mobil perang cari duit...mbl keluarga..atau mobil hobi..
udah kapok kasian ajak keluarga naik mobil dikit2 trouble dijalan...kalo kita sendiri sih terserag...hehheheh
Yang All New Kijang Innova punya saya ini list problemnya: (saya tidak bilang terkena semua yah)
1. Turbo pernah TWC, gantinya Turbo ada bunyi putus tipis sekali. > rata rata bisa dibilang 50% bunyi, ada yang tipis ada yang keras. Sampai sekarang tetap tipis bunyinya tidak bertambah. Mobil baru di show room dari 4 mobil yang ada, hanya 1 saja yang bunyi turbonya samar, yang lain langsung terdengar. Sebenarnya bunyi Turbo didengar waktu mesin panas.
2. Piringan rem cakram pernah peyang dan claim garansi 1x. Sampai sekarang belum peyang lagi
3. Yolk steer claim garansi 1x karena semua kontur jalan terasa di setir.
Itulah pengalaman saya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1298
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Jazz i-DSI 2005 sdh 15 tahun , dengan pemakaian 235.[cencored] Km
Hampir semua parts kaki-kaki sudah diganti, engine sdh porting-polish & ring piston masih original.
List pengantian spareparts selama 15 taon pemakaian sbb :
- Magnet clutch, Kompressor 1 set , motor fan
- Rack steer (service)
- Kampas kopling (full set)
- Engine mounting, shock-breaker, karet support, lower swing arm, tierod/long tierod
- Bearing roda depan/belakang,
- Piring rem (disc-brake), master rem
- Fuel pump assy
- Extra fan radiator
- Sensor O2
- Koil
Mostly, pengantian parts tersebut di sektor kaki-kaki.
Untuk spareparts jazz relatif murah meriah dan banyak produk OEM / KW jadi wajarlah kalau sekitar 2-3 taon ganti
Ini mobil kalau dirawat enak buat mobil perang dalkot, lebih sering dipakai dibanding Innova & CRV RM ane yang jadi garage queen di garasi.
Hampir semua parts kaki-kaki sudah diganti, engine sdh porting-polish & ring piston masih original.
List pengantian spareparts selama 15 taon pemakaian sbb :
- Magnet clutch, Kompressor 1 set , motor fan
- Rack steer (service)
- Kampas kopling (full set)
- Engine mounting, shock-breaker, karet support, lower swing arm, tierod/long tierod
- Bearing roda depan/belakang,
- Piring rem (disc-brake), master rem
- Fuel pump assy
- Extra fan radiator
- Sensor O2
- Koil
Mostly, pengantian parts tersebut di sektor kaki-kaki.
Untuk spareparts jazz relatif murah meriah dan banyak produk OEM / KW jadi wajarlah kalau sekitar 2-3 taon ganti
Ini mobil kalau dirawat enak buat mobil perang dalkot, lebih sering dipakai dibanding Innova & CRV RM ane yang jadi garage queen di garasi.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 405
- Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Ada lagi selain fortie lama (ini dah terbukti bgt):
Navara d40, bokap pake dr 2008-2019 cuman benerin kompresor ac di 2018. Sisanya cuman fast moving parts n perawatan biasa.
Pasport gls 2010-2017 jg sama, ga ada jajan slow moving, makanya ganti ke anps dakkar
Rush s 2015, nasih dipake nyokap ampe sekarang. Jajanya jg yg fast moving aja.
Itu semua paling mahal jajan batre doank ama body repair klo keserempet
Navara d40, bokap pake dr 2008-2019 cuman benerin kompresor ac di 2018. Sisanya cuman fast moving parts n perawatan biasa.
Pasport gls 2010-2017 jg sama, ga ada jajan slow moving, makanya ganti ke anps dakkar
Rush s 2015, nasih dipake nyokap ampe sekarang. Jajanya jg yg fast moving aja.
Itu semua paling mahal jajan batre doank ama body repair klo keserempet
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Perusahaan memang concern sekali dengan pembukuan yang di selalu di audit oleh Ernst and Young (top Auditor firm in the world). So far so good dan next project mau beli software SAP (harganya top markotop) untuk gantikan software Microsoft Dynamic AX 2009.yanuarra wrote:Keren dong om..brti perusahaannya concern sm pembukuannyaHerman7103 wrote: ↑Thu Sep 24, 2020 23:23Perusahaan tempat saya kerja sudah apply update nya.yanuarra wrote: Om perusahaannya udah apply psak updates belom tu?
Ada impact nggk tu om?
HR15DE 2014
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4772
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
-Yaris bapkao s at , pake 4 tahun dari 2006-2010, cuma ganti oli dan servis rutin aja
-GE8 RS AT, pake 9 tahun, dari 2009-2018, cuma ganti kompresor ac sekali, shock sekali , sm engine mounting sekali + rattle di dasbor disisi sopir pas tahun ke 7 which is saya anggap wajar karena mobil udah berumur
- CX5 2.0 Touring, pake 6 tahun dari 2013-2019, cuma ganti shock sekali, engine mounting sekali, sisanya no complain
- Xpander ultimate AT 2017 , pake 2,5 tahunan (2018 - 2020) , mobilnya jg for sale, cuma kena idle up sekali ,sm ganti kompresor AC sekali doang
- CX5 2018, dipake sm ortu sampe sekarang, baru ganti aki istop sekali doang
- CRV gen 2 2.0 AT , pake 6 tahun , dari 2005 -2011, cuma ganti engine mounting sekali doang
- Yaris joker TRD CVT 2019, pakean saya sampe sekarang, cuma servis rutin dan ganti oli aja
-GE8 RS AT, pake 9 tahun, dari 2009-2018, cuma ganti kompresor ac sekali, shock sekali , sm engine mounting sekali + rattle di dasbor disisi sopir pas tahun ke 7 which is saya anggap wajar karena mobil udah berumur
- CX5 2.0 Touring, pake 6 tahun dari 2013-2019, cuma ganti shock sekali, engine mounting sekali, sisanya no complain
- Xpander ultimate AT 2017 , pake 2,5 tahunan (2018 - 2020) , mobilnya jg for sale, cuma kena idle up sekali ,sm ganti kompresor AC sekali doang
- CX5 2018, dipake sm ortu sampe sekarang, baru ganti aki istop sekali doang
- CRV gen 2 2.0 AT , pake 6 tahun , dari 2005 -2011, cuma ganti engine mounting sekali doang
- Yaris joker TRD CVT 2019, pakean saya sampe sekarang, cuma servis rutin dan ganti oli aja
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4015
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Partnernya siapa om? Brgkli saya kenalHerman7103 wrote: ↑Fri Sep 25, 2020 3:48Perusahaan memang concern sekali dengan pembukuan yang di selalu di audit oleh Ernst and Young (top Auditor firm in the world). So far so good dan next project mau beli software SAP (harganya top markotop) untuk gantikan software Microsoft Dynamic AX 2009.yanuarra wrote:Keren dong om..brti perusahaannya concern sm pembukuannya
Ada impact nggk tu om?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Maaf saya tidak bisa membocorkan nya. Peraturan internal yg ketat mengatur hal itu. Sorry.
HR15DE 2014