INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by iwang »

jadi inget di india, kan pake inopa disel baru, manual, itu supir mau secepet2nya naek ke gigi lima, akhirnya rpm rendah bener, mobil bergetar2 ga keruan, karena mreka pikir bikin irit..tapi kepala pusing kan mesin getar2 gitu, blon lagi bantingannya keras..hehe
yang bener bawa mobil ya di powerbandnya, makanya kalo matic yang irit, cepet naek gigi kalo gasnya pelan, rasio lebih banyak biar pendek2 dan cepet naik gigi..
tapi saya pikir aneh ya, beli mobil ampir 200juta, tapi kudu pelan2, jaga2, ga boleh ngebut, perhatikan rpm, cape ati lah :D :D :D
User avatar
penyubali
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Fri Jun 20, 2008 11:24

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by penyubali »

Hehehehe...kalo sudah obsesi mau irit BBM ya harus begitulah bro Iwang. Btw di India juga lucu banget deh, setiap lampu merah atau berenti supir taksi disana langsung mati'in mesin. Jd mikir apa ga tambah boros ya mesinnya hidup mati terus2an hahaha..dan juga disana A/C adalah fasilitas optional yg harus dibayar extra... :e-doh:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by Turboman »

GoldIST wrote:innova D4D AT saya udah 30rb KM, tp di MID selalu 1:7.5 - 1:8 doank nih.. apa MID nya ngaco ya.. crv gen 3 2.0 aja segituan..
Ga ada salahnya utk cek posisi pompa injeksinya, ada bbrp D4 D yg baut pompa injeksinya "agak kendor" sejak dari baru, kalau timing injeksi bergeser maka akan mempengaruhi kons. BBM.

D4 D G A/T ane utk Dalkot gak pernah di bawah 1:10,3 dan kalau traffic cukup lancar biasanya dapet 1:11 - 11,3 (ban 215 / 65 R16 dari X-Trail punya)
* Bukan ajakan Beli *
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by GTR »

jadi beda mungkin karena D4D nya turboman udah "upgrade gado2" kali yah... pre&post CAI, dll gitu...
Turboman wrote:
GoldIST wrote:innova D4D AT saya udah 30rb KM, tp di MID selalu 1:7.5 - 1:8 doank nih.. apa MID nya ngaco ya.. crv gen 3 2.0 aja segituan..
Ga ada salahnya utk cek posisi pompa injeksinya, ada bbrp D4 D yg baut pompa injeksinya "agak kendor" sejak dari baru, kalau timing injeksi bergeser maka akan mempengaruhi kons. BBM.

D4 D G A/T ane utk Dalkot gak pernah di bawah 1:10,3 dan kalau traffic cukup lancar biasanya dapet 1:11 - 11,3 (ban 215 / 65 R16 dari X-Trail punya)
bunnyqqqqq
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Dec 16, 2008 10:46

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by bunnyqqqqq »

penyubali wrote:Kaki kanan maksudnya adalah driving habit, jgn pengennya neken pedal gas dalem2 terus bro..usahakan selalu spy cruising di rpm rendah. Cheers...
OKIE DOKIE, GOT IT, THX FYI. :frm_tumbleft:
bunnyqqqqq
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Dec 16, 2008 10:46

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by bunnyqqqqq »

Turboman wrote:
GoldIST wrote:innova D4D AT saya udah 30rb KM, tp di MID selalu 1:7.5 - 1:8 doank nih.. apa MID nya ngaco ya.. crv gen 3 2.0 aja segituan..
Ga ada salahnya utk cek posisi pompa injeksinya, ada bbrp D4 D yg baut pompa injeksinya "agak kendor" sejak dari baru, kalau timing injeksi bergeser maka akan mempengaruhi kons. BBM.

D4 D G A/T ane utk Dalkot gak pernah di bawah 1:10,3 dan kalau traffic cukup lancar biasanya dapet 1:11 - 11,3 (ban 215 / 65 R16 dari X-Trail punya)
Hi Mr Turboman, bisa sharing rumus iritnya, e.g. kalo pake "racun" mereknya apa, rationnya berapa:berapa, mereknya apa, belinya dimana, harganya sekitar berapa etc, thx alot. :frm_salut:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by Turboman »

bunnyqqqqq wrote: Hi Mr Turboman, bisa sharing rumus iritnya, e.g. kalo pake "racun" mereknya apa, rationnya berapa:berapa, mereknya apa, belinya dimana, harganya sekitar berapa etc, thx alot.
Rincian tuning utk memperbaiki efisiensi / teknik tuning yg mendukung gaya mengemudi "Eco driving" sedang ane susun di http://mesin-diesel.dinogroups.com/

Ipah D4 D standard bawaan pabrik memang kalo di bawah 1900 RPM lag-nya cukup terasa (ini yg versi sebelum facelift), pengemudi jadi cenderung utk ganti gigi di 1900 RPM or lebih.

Sedang D4 D ane sih nyantai dan enak aja utk ganti gigi di 1400 - 1600 RPM. Shifting lebih awal ini yg membantu memperbaiki efisiensi BBM, apalagi ditambah dgn pemakaian ban yg diameter luarnya lebih besar dr standard, scr Diesel Torsinya ngumpul di RPM rendah. :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
bunnyqqqqq
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Dec 16, 2008 10:46

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by bunnyqqqqq »

Turboman wrote:
bunnyqqqqq wrote: Hi Mr Turboman, bisa sharing rumus iritnya, e.g. kalo pake "racun" mereknya apa, rationnya berapa:berapa, mereknya apa, belinya dimana, harganya sekitar berapa etc, thx alot.
Rincian tuning utk memperbaiki efisiensi / teknik tuning yg mendukung gaya mengemudi "Eco driving" sedang ane susun di http://mesin-diesel.dinogroups.com/

Ipah D4 D standard bawaan pabrik memang kalo di bawah 1900 RPM lag-nya cukup terasa (ini yg versi sebelum facelift), pengemudi jadi cenderung utk ganti gigi di 1900 RPM or lebih.

Sedang D4 D ane sih nyantai dan enak aja utk ganti gigi di 1400 - 1600 RPM. Shifting lebih awal ini yg membantu memperbaiki efisiensi BBM, apalagi ditambah dgn pemakaian ban yg diameter luarnya lebih besar dr standard, scr Diesel Torsinya ngumpul di RPM rendah. :mrgreen:
GREAT MOVE Mr TURBOMAN, kita tunggu launching artikel "ECO DRIVING"nya :e-clap: :frm_tumbright: pasti bermanfaat bagi banyak teman2 juga. Thanks a lot. :beer:
bunnyqqqqq
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Dec 16, 2008 10:46

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by bunnyqqqqq »

bunnyqqqqq wrote:
Turboman wrote:
bunnyqqqqq wrote: Hi Mr Turboman, bisa sharing rumus iritnya, e.g. kalo pake "racun" mereknya apa, rationnya berapa:berapa, mereknya apa, belinya dimana, harganya sekitar berapa etc, thx alot.
Rincian tuning utk memperbaiki efisiensi / teknik tuning yg mendukung gaya mengemudi "Eco driving" sedang ane susun di http://mesin-diesel.dinogroups.com/

Ipah D4 D standard bawaan pabrik memang kalo di bawah 1900 RPM lag-nya cukup terasa (ini yg versi sebelum facelift), pengemudi jadi cenderung utk ganti gigi di 1900 RPM or lebih.

Sedang D4 D ane sih nyantai dan enak aja utk ganti gigi di 1400 - 1600 RPM. Shifting lebih awal ini yg membantu memperbaiki efisiensi BBM, apalagi ditambah dgn pemakaian ban yg diameter luarnya lebih besar dr standard, scr Diesel Torsinya ngumpul di RPM rendah. :mrgreen:
GREAT MOVE Mr TURBOMAN, kita tunggu launching artikel "ECO DRIVING"nya :e-clap:
:frm_tumbright: pasti bermanfaat bagi banyak teman2 juga. Thanks a lot. :beer:

HAPPY NEW YEAR 2009 EVERYBODY, SUCCESS FOR ALL OF YOU :off_team:
visitor
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sat Jul 05, 2008 5:49

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by visitor »

jakarta - Gosip miring yang menyebutkan bahwa Toyota Kijang Innova boros ternyata hanya sekadar isapan jempol. Johnny Darmawan, Presiden Director PT Toyota Astra Motor (TAM) menegaskan dari hasil survey di beberapa daerah, membuktikan bahwa Toyota Kijang Innova hemat BBM.

”Kita telah mensurvei para pemakai Kijang Innova di daerah Jawa Timur serta Jawa Barat. Mereka mengaku puas dengan konsumsi BBM-nya yang terbukti lebih irit,” tegas Johnny.

Dari rata-rata pemakaian konsumsi BBM-nya, per liternya bisa mencapai jarak antara 8-10 km/jam. ”Hasil itu bisa lebih lho, tergantung pemakaian dan kondisi jalannya. Jadi isu Kijang Innova boros itu merupakan black campaign,” terangnya.

Salah satu bukti lain yang sulit dipungkiri adalah trend kenaikkan penjualan Kijang Innova. Di kelas MPV medium, penjualan Kijang Innova sampai bulan Juli mencapai 32.741 unit. Artinya dengan semakin meningkatnya penjualan Kijang Innova, membuktikan bahwa kepuasan dan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap MPV keluarga ini masih sangat tinggi.

Mesin Diesel New Kijang Innova”Angka tersebut membuktikan Kijang Innova masih menjadi idola dan digemari para keluarga di Indonesia dan hingga kini selalu memimpin pasar. Pada 2008 market share-nya pun rata-rata 67,8%,” papar Jonny.

Sangat wajar jika peminat Kijang Innova semakin meningkat. Terlebih setelah diluncurkannya New Kijang Innova dijamin konsumsi BBM-nya akan lebih hemat karena mesinnya semakin disempurnakan.

New Kijang Innova memakai mesin dengan dua pilihan, yaitu bensin dan diesel. Mesin bensin berkapasitas 2.000 cc DOHC VVT-i, sedangkan diesel 2.500 cc telah menggunakan teknologi common rail yang terbukti lebih ramah lingkungan. (*)
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by roadtrain99 »

^
beritanya itu membicarakan yg bensin aja spt nya? yg gw alamin dgn 2.0ltr bensinnya memang agak2 boros..

di trit ini ipah diesel owner nya yg ngeluh, di lain hal tam nya bela diri dgn dalih black campaign..mana yg bener ya...

*oot mode on* gw br ngeh ada ipah diesel matic, kok 42ner dieselnya dibiarkan masih manual?mesinnya sama*oot mode off*
syisya354
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat May 09, 2009 12:39

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by syisya354 »

Bro & Sis lebih baik mana FCnya jika menggunakan solar yg dari Shell atau Total dibanding pertamina Dex.tks
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5489
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by nugroho bagor »

................... :ngacir:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by htannis »

Turboman wrote:
bunnyqqqqq wrote: Hi Mr Turboman, bisa sharing rumus iritnya, e.g. kalo pake "racun" mereknya apa, rationnya berapa:berapa, mereknya apa, belinya dimana, harganya sekitar berapa etc, thx alot.
Rincian tuning utk memperbaiki efisiensi / teknik tuning yg mendukung gaya mengemudi "Eco driving" sedang ane susun di http://mesin-diesel.dinogroups.com/

Ipah D4 D standard bawaan pabrik memang kalo di bawah 1900 RPM lag-nya cukup terasa (ini yg versi sebelum facelift), pengemudi jadi cenderung utk ganti gigi di 1900 RPM or lebih.

Sedang D4 D ane sih nyantai dan enak aja utk ganti gigi di 1400 - 1600 RPM. Shifting lebih awal ini yg membantu memperbaiki efisiensi BBM, apalagi ditambah dgn pemakaian ban yg diameter luarnya lebih besar dr standard, scr Diesel Torsinya ngumpul di RPM rendah. :mrgreen:
kenapa ane punya untuk dalkot juga 1:8 yah? tapi emang dipikirin, 205HP udah cukup fun to drive kok :big_peace:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5489
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by nugroho bagor »

htannis wrote:
Turboman wrote:
bunnyqqqqq wrote: Hi Mr Turboman, bisa sharing rumus iritnya, e.g. kalo pake "racun" mereknya apa, rationnya berapa:berapa, mereknya apa, belinya dimana, harganya sekitar berapa etc, thx alot.
Rincian tuning utk memperbaiki efisiensi / teknik tuning yg mendukung gaya mengemudi "Eco driving" sedang ane susun di http://mesin-diesel.dinogroups.com/

Ipah D4 D standard bawaan pabrik memang kalo di bawah 1900 RPM lag-nya cukup terasa (ini yg versi sebelum facelift), pengemudi jadi cenderung utk ganti gigi di 1900 RPM or lebih.

Sedang D4 D ane sih nyantai dan enak aja utk ganti gigi di 1400 - 1600 RPM. Shifting lebih awal ini yg membantu memperbaiki efisiensi BBM, apalagi ditambah dgn pemakaian ban yg diameter luarnya lebih besar dr standard, scr Diesel Torsinya ngumpul di RPM rendah. :mrgreen:
kenapa ane punya untuk dalkot juga 1:8 yah? tapi emang dipikirin, 205HP udah cukup fun to drive kok :big_peace:
Dalkot tapi mesin hidup plus AC,nungguin di posisi parkir,boros gak om
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by htannis »

iya harus itu, soalnya indonesia gak masuk dalam 5 besar rekor kemacetan di seluruh dunia
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5489
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by nugroho bagor »

htannis wrote:iya harus itu, soalnya indonesia gak masuk dalam 5 besar rekor kemacetan di seluruh dunia
:ungg: Kok Indonesia,Jakarte x om :big_weee:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by htannis »

yagapapa lah, sama aja :big_weee:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
bodrek
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sat Feb 16, 2013 9:10

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by bodrek »

Innova diesel G matic 2012 sy jg 1:7-8, sekarang udah km13,000 tapi kayanya dari baru rata2 fc jg segitu sih
bodrek
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sat Feb 16, 2013 9:10

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by bodrek »

Bisakah innova diesel G diesel matic ini disetel supaya pindahnya giginya di RPM lebih rendah biar lebih irit?
Lumayankan buat penghematan, saat banyak harga2 pada naek..heheee
AB1050
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1037
Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by AB1050 »

bodrek wrote:Innova diesel G matic 2012 sy jg 1:7-8, sekarang udah km13,000 tapi kayanya dari baru rata2 fc jg segitu sih
Kok seperti FC ipah bengsin yaa..
ane gen1 punya dalkot ± 1:10
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by ricz »

Tergantung driving style jg kali...

Mungkin bawaannya bejek gas mulu / sering kena macet jadi agak boros...
2021 Fortuner VRZ
User avatar
3xuo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sun May 06, 2007 9:00

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by 3xuo »

Untuk innova diesel yang standard konsumsi bbmnya berapa ya?

Apakah kalo mau irit harus ada beberapa modifikasi ringan?
AB1050
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1037
Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by AB1050 »

3xuo wrote:Untuk innova diesel yang standard konsumsi bbmnya berapa ya?

Apakah kalo mau irit harus ada beberapa modifikasi ringan?
Ipah diesel matic AFAIK dalkot 1:10..ane lukot dapet 1:13, kondisi std, minum biosolar..

Ada temen pake diesel manual lukot msh dapet 1:14-15, tapi udah pasang piggyback, ground cable, intercooler kit, dll..hahahaha

Sebenernya gak harus modif om..asal mesin sehat, trus cara mengemudi baik, bisa irit kok..
AB1050
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1037
Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?

Re: INNOVA DIESEL G MATIC BOROS

Post by AB1050 »

3xuo wrote:Untuk innova diesel yang standard konsumsi bbmnya berapa ya?

Apakah kalo mau irit harus ada beberapa modifikasi ringan?
Ipah diesel matic AFAIK dalkot 1:10..ane lukot dapet 1:13, kondisi std, minum biosolar..

Ada temen pake diesel manual lukot msh dapet 1:14-15, tapi udah pasang piggyback, ground cable, intercooler kit, dll..hahahaha

Sebenernya gak harus modif om..asal mesin sehat, trus cara mengemudi baik, bisa irit kok..