weh saya nggak jago2 amat kok soal beginian, saya cuma nubie soal beginian..lisensi terbang ama mekanik pesawat aja nggak ada..pasti diantara member sini ada yang lebih paham dan jago soal pesawat
demen banget gw nih , Trit pesawat serasa baca indoflyer
salah satu pesawat yg saya suka adalah md-11 , threeholers paling elegan , syang garuda cuma punya sebentar , kalo masih ada smpai sekarang di fleet garuda , wuiihh mantap benar md-11 di tandem sama livery garuda
yg ane denger , md-11 gak survive di pasaran karna spek gak sesuai brosur dan janji boeing , mesin boros dan maintenance cost besar , apakah betul om haristk7 ??
bener om, seperti yang saya jelaskan di post pertama saya di trid ini (page 2 kalo nggak salah), Boieng udah mencoba "facelift" dengan menawarkan "Performance Improvement Package", tapi semua sudah terlambat karena Boeing 777 dan Airbus A340 udah keburu lahir, dan performa kedua pesawat ada di atas MD11
di Garuda sendiri...MD11 ibarat kata..."mau gw terbangin jarak deket, jarak jauh, ampe penumpang meluber ke atas sayap...tetep rugi masbro !"..yaa "Break Event Point" nggak bisa tercapai..ntah apa itu karena mismanagement atau hal lain..akhirnya MD11 resmi keluar dari Garuda sekitar tahun 1999
sekarang ane penasaran..bagaimana caranya KLM ngasilin duit dari MD11 selama 20 tahun..selain harga sewanya yang kelewat murah...pasti KLM ada resep tersembunyi biar si MD11 bisa menghasilkan duit..
sygnya, pagi ini dunia pernerbangan kita diwarnai bad news dr bandara El Tari Kupang.
Merpati's PK-MZO yg kecelakaan.
MA60 made in china tsb Crash Landing dan Undershoot.
mohon bro haris dkk menerangkan ke kita2, apa arti rinci dan tepatnya dari istilah2 tsb. apakah istilah yg digunakan tsb sudah benar. dan bagaimana kemungkinan2nya kenapa hal tsb bisa terjadi.
sori telat jawab, kalo siang sibuk banget sih, tapi udah dibantu jawab nih ama om madcat, mantap om
Nubie coba jawab...
Landing ada beberapa jenis...
- Crash landing: sesuai namanya... crash... Pesawat dipaksa mendarat karena situasi kritis yang mengharuskan pesawat kembali ke lanud terdekat. Biasanya, bahan bakar dan persenjataan bakal di jettison. Berjaga2 dari kebakaran dan ledakan.
- Ditching: Crash landing di air...
- Belly landing: Crash landing tanpa gear... menggunakan perut pesawat akibat malfungsi sistem gear.
- Gear up landing: Belly landing, tapi kali ini pilot lupa menurunkan dan mengunci landing gear.
- Dead stick landing: Pendaratan biasa, yang bikin ga biasa, semua tenaga pendorong pesawat (baca: mesin) mati... mirip kayak pesawat glider dari kayu, makanya ada istilah stick... tapi dikasi dead di depan...
- Touch and go landing: Pendaratan biasa, setelah semua ban menyentuh runway langsung full throttle lagi... Biasanya untuk pelatihan dan pendaratan di kapal induk.
- Hard landing: Jika sudut pendaratan terlalu tajam dan kecepatan vertikal terlalu besar dari parameter normal. Biasanya yang rusak adalah kaki2/gear, rem, dan ban.
Overshoot: apabila pesawat berhenti di luar batas aman runway... kadang nyangkut ke semak2.
Undershoot: apabila pesawat touch down sebelum batas aman runway...
Excursion: apabila pesawat mbleset dari runway saat landing...
hmm...gak bisa dibilang Undershoot juga sih..kalo Undershoot dia udah mendarat duluan sebelum nyentuh landasan..sedangkan di kasus ini dia udah nyentuh landasan..tapi berujung ke insiden badan patah..mungkin lebih ke arah hard landing. Hard landing sendiri itu bisa mengakibatkan kerusakan struktural fatal di bodi pesawat (bengkok, patah, retak, dsb)
hard landing bisa diakibatkan: (setau ane aja ya)
- kekurangan power dan kecepatan, bisa karena power yang di apply memang kurang dan menghasilkan kecepatan pesawat berkurang terlalu banyak, atau bisa juga karena nose pitch yang terlalu tajam sehingga "speed loss" lebih banyak..keduanya menghasilkan "Vertical Speed" yang terlalu besar dan bisa berakibat hard landing..atau lebih parah..stall
- hempasan angin (downdraft, windshear, dkk)
kita tunggu aja hasil investigasi KNKT untuk lebih jelasnya
Lebih milih MA60 yang macam pesawat antah berantah dibanding CN235 kita sendiri?
Ini hasilnya kalau pada mental makelaran...
Merujuk ke postingan bro momod ttg CN235 yang sulit spare part atau apa... IMHO, masih lebih baik CN235, dibanding sudah import, MA60 pula dari negeri seribu jiplakan... Masih mending CN235 yang sudah mengantongi ijin layak terbang dan proven.
Sampai sayapnya aja protol dari badannya? Ini pesawat kertas atau apaan sih?
CN235...it's much better aircraft, sudah FAA certified, digunakan banyak negara (lha AU Korsel ama penjaga pantai AS aja make pesawat ini)..gw lebih suka Merpati pake CN235 aja daripada MA60 yang nggak jelas ini..dari 14 unit (pagi ini)..kalo nggak salah cuma setengahnya aja yang terbang, sisanya buat "parts kanibal"...
MA-60 itu ibarat kata..pesawat yang udah di KW-in..malah makin di KW-in lagi..jadi kalo mau "digambarin" sih:
AN-24 (original model, 1st flight 1959) -- KW1 --> Xian Y-7 (1st flight, 1970) --KW2--> Xian MA60 (1st flight, 2000)
KW ke 2 sih udah dikasih avionik bagus dan mesin buatan Pratt Whitney..tapi tetep aja..kok agak serem ya..udah KW, di KW-in lagi..walaupun KW terakhir udah dicampur segala macem teknologi baru..
ibarat kata, kalo dianalogikan..kayak kepingan DVD aja, DVD asli sih pasti kuat dimainin berkali-kali walaupun udah rada baret2 halus..kalo DVD bajakan, yaa...kalo udah baret2..mulai rada macet deh..intinya, barang yang di KW kualitasnya nggak sebagus barang asli..sorry bukan nakut2in atau ngejelekin suatu pihak/barang, cuma mau ngasi sudut pandang ane aja kok dan bbrp fakta di lapangan..
saya kenal salah satu pemerhati penerbangan dari Indonesia, beliau sudah terkenal dmn2 karena ilmunya sangat tinggi sekali (mulai dari pilot, airlines, sampai pabrik pesawat) dan udah masuk National Geographic Channel pas kasus Adam Air..beliau bilang ke saya "saya nggak akan mau naik MA60 walaupun dibayar berapapun, accident/incident rate nya kelewat tinggi untuk populasi yang nggak banyak"
cheers