Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Kapan teknologi pesawat dengan hyperdrive bakal ada ya?
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Pesawat tumpangannya R2D2 lewat.....
Zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz....zzzzziiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnngngngngngng.....
Another pic of deHavilland..
Enjoy..
At Sungai Besi / Simpang, Malaysia, 1963
Kabin:
Zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz....zzzzziiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnngngngngngng.....
Another pic of deHavilland..
Enjoy..
At Sungai Besi / Simpang, Malaysia, 1963
Kabin:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Ilyushin IL-62
atau
Vickers Armstrong VC-10?
atau
Vickers Armstrong VC-10?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2726
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
@om ekvan
mantap picnya om
mantap picnya om
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Sssstt, jangan2 ada yang mau TD A330 ya? Muatin aja di trid review. Tak tungguin nih.
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Sangkyu, Jambang-san...!Jambangan wrote:@om ekvan
mantap picnya om
Tunggu hasil TD nya bro harist pada pesawat unyuu..B1335AM wrote:Sssstt, jangan2 ada yang mau TD A330 ya? Muatin aja di trid review. Tak tungguin nih.
Last edited by VanzMatic on Wed Nov 20, 2013 13:48, edited 1 time in total.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
-
- SM Specialist
- Posts: 21987
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Google : Anti matter engineartoodetoo wrote:Kapan teknologi pesawat dengan hyperdrive bakal ada g]
Ini bukan impian krn riset ttg antimatter terus berlangsung di CERN
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Betul om... cuman masih belum feasible...Turboman wrote:Google : Anti matter engineartoodetoo wrote:Kapan teknologi pesawat dengan hyperdrive bakal ada g]
Ini bukan impian krn riset ttg antimatter terus berlangsung di CERN
Faktor penghalang terbesar utk produksi antimatter adalah ketersediaan antiproton. Sampai saat ini, antimatter belum ditemukan secara alami di alam semesta, jadi harus diciptakan.
Dengan mengasumsikan fasilitas CERN beroperasi penuh dan tingkat keberhasilan konversi selalu 100%, per menit dpt dihasilkan 10juta partikel antiproton.
Jadi...
Untuk menghasilkan 1 gram atau 1 mol antimatter dari atom helium, diperlukan 100 miliar tahun.
Kita butuh sesuatu yg lebih feasible dan tidak memakan banyak waktu...
Stephen Hawking pernah bilang "umat manusia harus bisa berkelana ke alam semesta utk menjamin kelangsungan spesies nya".
Errr... atau Carl Sagan ya?
Obey the mahakitteh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
siapa yang TD Airbus A330 ?? jangan TD dong..ane langsung kepengen nerbanginnya tiap minggu
ehm DC10..oke2..ane bahas deh..ntar ane dikejer gukguk gara2 nggak ngebahas DC10 kan gak lucu
hmm...DC10..dibenci dan juga dicintai..kok gw bisa bilang begitu ? oke, dia dibenci karena safety recordnya...rada kelam..dengan 32 airframe loss, di tahun 1970an..ini pesawat banyak bener insidennya, apalagi pas awal2 beroperasi di tahun 1970an, yang terkenal adalah Turkish Airlines 981 (dekompresi, cargo door lepas, ngerusak hidrolik hingga pesawat loss control) ama American Airlines 191 (mesin kiri copot pas take off)..di tahun 1989 United Airlines 232 mesinnya..bisa dibilang jebol/rusak hebat..ampe ngerusak hidrolik, pesawat yang tadinya loss flight control bisa diakalin ama crewnya dengan cara penggunaan throttle (increase power untuk hidung naik dan sebaliknya + adjust power di masing2 sisi pesawat untuk belok kiri kanan)..walaupun ujung2nya airframe loss..Garuda Indonesia juga kebagian apes, salah satu DC10 nya gagal lepas landas di Fukuoka hinga akhinya pesawat terbakar di ujung landasan..
trus kenapa dicintai ? testimoni flight crew yang pernah ane temui...handlingnya luar biasa mantap, salah satu pesawat paling stabil yang pernah mengudara..walaupun kalo ada system malfunction bisa like hell untuk menyelesaikan masalahnya..DC10 juga dicintai untuk angkut kargo, struktur lantainya dibuat sangat kuat setelah revisi desain gara2 kasus cargo door jebol. Bisa dibilang DC10 itu one of the most beautiful classic widebody airliner ever created..apalagi kalo pake baju Garuda (1980s, 1990s-2000s c/s),Lufthansa (current), JAL ( 1990s Crane), Northwest (last c/s), United (battleship grey), Continental, dan American (metallic)..DC10..one of my favorite aircraft, dulu pas DC10 Garuda masih bertebaran, ane paling seneng kalo kebagian naik DC10 dibanding A330..unik gitu ngeliatnya, center main landing gear, engine yang ada di atas, tarikan garis bodyline yang sangat cantik..dan raungan khas mesin GE CF6-50..melting ngeliatnya..
varian
- DC10-10: versi basic, nggak ada center main landing gear, jarak tempuh maks di kisaran 6000an KM, pesawat penumpang pertama yang pake mesin GE CF6
- DC10-15: versi khusus untuk airlines yang beroperasi di wilayah hot and high airport, hanya ada 7 yang dibuat, yang make cuma Mexicana dan Aeromexico, basisnya dari DC10-10 tapi dipakein mesin versi downgrade dari DC10-30, maks jarak tempu di kisaran 7000an KM
- DC10-30: versi long range dengan mesin GE CF6-50 dan paling populer di DC10 variant dengan jarak maksimum 10600an KM..sudah ada center main landing gear (center main landing gear bisa dimasukin kerumahnya, tapi ada pengurangan payload)
- DC10-40: versi long range yang pake mesin PW JT9D, jarak maks di angka 9000an KM..yang make cuma Northwest ama Japan Airlines..sudah ada center main landing gear (center main landing gear bisa dimasukin kerumahnya, tapi ada pengurangan payload)
- KC10: versi militer, stasiun bahan bakar di udara
yang paling populer dijadiin pesawat kargo adalah seri -10 dan seri -30
lalu ada versi modern DC10, upgrade gitu..namanya MD10, DC10 yang kokpitnya dikonversi pake MD11 punya..cuma ada versi kargo hingga saat ini, FedEx yang minta, biar menghemat pengeluaran training crew, jadi crew FedEx bisa nerbangin DC10 "upgrade" ama MD11..bahan bakarnya sedikiiiittt lebih hemat karena beban sedikit berkurang semenjak penggunaan glass cockpit MD11
noted: di foto ini, cockpitnya udah di upgrade dengan tambahan Flight Management Computer
KC10 lagi "nyusuin" B52
DC10
om kitty...animal loves US Airways Airbus A320 family...buktinya selain kucing...pernah ada kejadian lebah ngerubungin sayapnya A320 US Airways....
ehm DC10..oke2..ane bahas deh..ntar ane dikejer gukguk gara2 nggak ngebahas DC10 kan gak lucu
hmm...DC10..dibenci dan juga dicintai..kok gw bisa bilang begitu ? oke, dia dibenci karena safety recordnya...rada kelam..dengan 32 airframe loss, di tahun 1970an..ini pesawat banyak bener insidennya, apalagi pas awal2 beroperasi di tahun 1970an, yang terkenal adalah Turkish Airlines 981 (dekompresi, cargo door lepas, ngerusak hidrolik hingga pesawat loss control) ama American Airlines 191 (mesin kiri copot pas take off)..di tahun 1989 United Airlines 232 mesinnya..bisa dibilang jebol/rusak hebat..ampe ngerusak hidrolik, pesawat yang tadinya loss flight control bisa diakalin ama crewnya dengan cara penggunaan throttle (increase power untuk hidung naik dan sebaliknya + adjust power di masing2 sisi pesawat untuk belok kiri kanan)..walaupun ujung2nya airframe loss..Garuda Indonesia juga kebagian apes, salah satu DC10 nya gagal lepas landas di Fukuoka hinga akhinya pesawat terbakar di ujung landasan..
trus kenapa dicintai ? testimoni flight crew yang pernah ane temui...handlingnya luar biasa mantap, salah satu pesawat paling stabil yang pernah mengudara..walaupun kalo ada system malfunction bisa like hell untuk menyelesaikan masalahnya..DC10 juga dicintai untuk angkut kargo, struktur lantainya dibuat sangat kuat setelah revisi desain gara2 kasus cargo door jebol. Bisa dibilang DC10 itu one of the most beautiful classic widebody airliner ever created..apalagi kalo pake baju Garuda (1980s, 1990s-2000s c/s),Lufthansa (current), JAL ( 1990s Crane), Northwest (last c/s), United (battleship grey), Continental, dan American (metallic)..DC10..one of my favorite aircraft, dulu pas DC10 Garuda masih bertebaran, ane paling seneng kalo kebagian naik DC10 dibanding A330..unik gitu ngeliatnya, center main landing gear, engine yang ada di atas, tarikan garis bodyline yang sangat cantik..dan raungan khas mesin GE CF6-50..melting ngeliatnya..
varian
- DC10-10: versi basic, nggak ada center main landing gear, jarak tempuh maks di kisaran 6000an KM, pesawat penumpang pertama yang pake mesin GE CF6
- DC10-15: versi khusus untuk airlines yang beroperasi di wilayah hot and high airport, hanya ada 7 yang dibuat, yang make cuma Mexicana dan Aeromexico, basisnya dari DC10-10 tapi dipakein mesin versi downgrade dari DC10-30, maks jarak tempu di kisaran 7000an KM
- DC10-30: versi long range dengan mesin GE CF6-50 dan paling populer di DC10 variant dengan jarak maksimum 10600an KM..sudah ada center main landing gear (center main landing gear bisa dimasukin kerumahnya, tapi ada pengurangan payload)
- DC10-40: versi long range yang pake mesin PW JT9D, jarak maks di angka 9000an KM..yang make cuma Northwest ama Japan Airlines..sudah ada center main landing gear (center main landing gear bisa dimasukin kerumahnya, tapi ada pengurangan payload)
- KC10: versi militer, stasiun bahan bakar di udara
yang paling populer dijadiin pesawat kargo adalah seri -10 dan seri -30
lalu ada versi modern DC10, upgrade gitu..namanya MD10, DC10 yang kokpitnya dikonversi pake MD11 punya..cuma ada versi kargo hingga saat ini, FedEx yang minta, biar menghemat pengeluaran training crew, jadi crew FedEx bisa nerbangin DC10 "upgrade" ama MD11..bahan bakarnya sedikiiiittt lebih hemat karena beban sedikit berkurang semenjak penggunaan glass cockpit MD11
noted: di foto ini, cockpitnya udah di upgrade dengan tambahan Flight Management Computer
KC10 lagi "nyusuin" B52
DC10
om kitty...animal loves US Airways Airbus A320 family...buktinya selain kucing...pernah ada kejadian lebah ngerubungin sayapnya A320 US Airways....
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- SM Specialist
- Posts: 21987
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Dengar2 di daerah "Blackhole jet" ada kemungkinan byk tersedia partikel antimattermadcat015 wrote:Betul om... cuman masih belum feasible...Turboman wrote:Google : Anti matter engineartoodetoo wrote:Kapan teknologi pesawat dengan hyperdrive bakal ada g]
Ini bukan impian krn riset ttg antimatter terus berlangsung di CERN
Faktor penghalang terbesar utk produksi antimatter adalah ketersediaan antiproton. Sampai saat ini, antimatter belum ditemukan secara alami di alam semesta, jadi harus diciptakan.
Dengan mengasumsikan fasilitas CERN beroperasi penuh dan tingkat keberhasilan konversi selalu 100%, per menit dpt dihasilkan 10juta partikel antiproton.
Jadi...
Untuk menghasilkan 1 gram atau 1 mol antimatter dari atom helium, diperlukan 100 miliar tahun.
Kita butuh sesuatu yg lebih feasible dan tidak memakan banyak waktu...
Stephen Hawking pernah bilang "umat manusia harus bisa berkelana ke alam semesta utk menjamin kelangsungan spesies nya".
Errr... atau Carl Sagan ya?
Yah nanti kalo alat2 surveyor / teleskop makin cangih moga2 pencarian AM akan lebih mudah
Mungkin aja di sekitar bumi byk, cuman saat ini kita belom mampu mendeteksinya
"May the Warpdrive be with us"...........wuzzzh wuzz...wuzzhhh.......
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat May 11, 2013 2:07
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Master plan Soekarno-Hatta http://www.youtube.com/watch?v=0O4FEJTJg6Q
Sayangnya terminal 3 designnya gak nyambung dengan terminal 1/2 yg bener2 kental Indonesianya.
Terminal 3 kaya Changi aja designnya...modern dan gak ada ciri khas, could be airport dimana aja.
Sayangnya terminal 3 designnya gak nyambung dengan terminal 1/2 yg bener2 kental Indonesianya.
Terminal 3 kaya Changi aja designnya...modern dan gak ada ciri khas, could be airport dimana aja.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Iya om. Plain buat ane.dubz wrote:Master plan Soekarno-Hatta http://www.youtube.com/watch?v=0O4FEJTJg6Q
Sayangnya terminal 3 designnya gak nyambung dengan terminal 1/2 yg bener2 kental Indonesianya.
Terminal 3 kaya Changi aja designnya...modern dan gak ada ciri khas, could be airport dimana aja.
Salah satu kelemahan dasar desain terminal 1 dan 2 adalah konstruksinya yang "seperti dibuat rumit" sehingga untuk maintenance pembersihan debu aja udah ngga keuber kayaknya. Coba kalau kita pas di teras terminal sebelum masuk untuk check in. Longok ke atas. Banyaknya desain "tabung tabung" dan penyangga penyangga di atas yang menganut model ekspose, membuatnya mudah terlihat saat berdebu.
Tapi, kekhasan desain joglo itulah salah satu ciri khasnya Indonesia.
Mungkin dengan desain seperti rumah minimalis, bisa meminimalisir biaya pemeliharaan gedung, salah satunya adalah tenaganya.
IMHO, CMIIW...
@bro Harist, hatur nuhun kang,atas repiuw TD...eh.... selayang pandang DC10. DC10 dan A330 Garuda, adalah model yang dari keciil ane pengiiin banget ngerasain naik, tapi nda pernah kesampean sampai sekarang...
Pengen...
Eh...eh... jangan senang dulu, bahas juga dong itu deHavilland Comet. Semalem, ane begadang ampe jam 12 malem, belain kagak baca WA SM hanya demi nonton film film deHavilland, dan... Air Koryo..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
*mumpung lagi dapat akses ke PC...*Turboman wrote:Dengar2 di daerah "Blackhole jet" ada kemungkinan byk tersedia partikel antimattermadcat015 wrote:Betul om... cuman masih belum feasible...Turboman wrote:
Google : Anti matter engine
Ini bukan impian krn riset ttg antimatter terus berlangsung di CERN
Faktor penghalang terbesar utk produksi antimatter adalah ketersediaan antiproton. Sampai saat ini, antimatter belum ditemukan secara alami di alam semesta, jadi harus diciptakan.
Dengan mengasumsikan fasilitas CERN beroperasi penuh dan tingkat keberhasilan konversi selalu 100%, per menit dpt dihasilkan 10juta partikel antiproton.
Jadi...
Untuk menghasilkan 1 gram atau 1 mol antimatter dari atom helium, diperlukan 100 miliar tahun.
Kita butuh sesuatu yg lebih feasible dan tidak memakan banyak waktu...
Stephen Hawking pernah bilang "umat manusia harus bisa berkelana ke alam semesta utk menjamin kelangsungan spesies nya".
Errr... atau Carl Sagan ya?
Yah nanti kalo alat2 surveyor / teleskop makin cangih moga2 pencarian AM akan lebih mudah
Mungkin aja di sekitar bumi byk, cuman saat ini kita belom mampu mendeteksinya
"May the Warpdrive be with us"...........wuzzzh wuzz...wuzzhhh.......
Sebenarnya, antimatter tercipta saat Big Bang atau saat alam semesta tercipta. Pada akhirnya, semua reaksi penghancuran matter-antimatter berakhir dengan matter/materi yang berkuasa atas alam semesta.
Di saat sekarang, antimatter tercipta secara alami di inti bintang dan saat terciptanya supernova. Dibutuhkan energi yang sangat besar dan suhu sangat tinggi untuk menciptakan antimatter. Dan antimatter sendiri langsung bereaksi dengan matter.
CERN memang sedang menciptakan antimatter, tetapi seperti yang nubie post, limitasi teknologi, biaya, dan waktu yang masih menjadi halangan terbesar.
Dari sisi energi pendukung:
Reaktor fisi nuklir belum dapat menghasilkan energi secara efisien (max masih di angka 33% untuk LWR-Light Water Reactor sekarang dan 45% untuk SCWR-SuperCritical Water Reactor yang masih dalam proses riset untuk di tes taon 2030).
Reaktor fusi nuklir masih belum dapat diciptakan karena limitasi teknologi pembuatan reaktor, energi untuk ignition awal, dan biaya yang sangat mahal. Bagaimanapun juga, ITER reactor sedang dibangun dan akan menjadi reaktor Fusi pertama di dunia, ITER reactor ini menjanjikan efisiensi yang lebih baik dari inti matahari... Pada dasarnya kita akan memiliki matahari di bumi. Tapi masih harus menunggu hingga 2020. http://www.iter.org
Kenapa sisi energi pendukung menempati daftar pertama? jawaban terletak pada poin di bawah: containment.
Dari sisi containment:
Seperti namanya, antimatter: kontainer atau tempat apapun akan hancur dan bereaksi dengan antimatter menjadi energi murni. Karenanya dibutuhkan media penyimpanan dalam bentuk perisai magnetik/magnetic shield yang sampai sekarang masih menjadi techobable atau mitos. Energi untuk menciptakan magnetic shield dan mempertahankan nya sangat besar dengan sumber tenaga yang dimiliki sekarang, masih jauh dari ideal.
Dari sisi pengumpulan energi/harvesting:
Reaksi matter-antimatter menciptakan energi murni dalam bentuk neutrino, partikel kecil penuh energi dan nyari tidak memiliki massa. Teknologi sekarang belum memungkinan pengumpulan energi ini.
Dari sisi teknologi FTL/Faster-Than-Light travel:
Mesin antimatter masih menjadi konsep di atas kertas, alloy2 baru perlu ditemukan, pun berbagai teknologi untuk mengurangi dampak reaksi antimatter di ignition chamber mesin. Tetapi, akselerasi pesawat yang perlu dikurangi. Diperlukan gravitational damper untuk mengurangi efek G akibat akselerasi ke kecepatan cahaya. Dan kecepatan cahaya sendiri akan berbenturan dengan hukum yang telah dihasilkan Albert Einstein: "Tidak ada materi yang dapat melebihi kecepatan cahaya..."
CERN sendiri mengklaim telah menciptakan tachyon atau partikel dengan kecepatan lebih dari 1c atau 1x kecepatan cahaya (300,000km/detik).
Jadi ingat Sonic Barrier saat Chuck Yaeger berusaha menembus 1 mach. Dikatakan dan diperhitungkan pesawat akan hancur karena terbentur "dinding suara", ternyata dia bisa melewati dengan Bell X-1. Myth busted!
=============
Sekarang tinggal bijimane menciptakan pesawat antariksa dengan kecepatan FTL ataupun menggunakan worm hole buatan untuk menjelajah alam semesta.
=============
Mungkin kita disebut manusia karena kita bisa bermimpi dan berusaha mewujudkan mimpi itu dengan keteguhan dan pengorbanan. Semoga generasi2 berikutnya bisa "berjalan di antara bintang seperti dewa" *jadi ingat quote seseorang: "May human being walks amongst the stars like giants".
*maaf OOT...*
Obey the mahakitteh.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat May 11, 2013 2:07
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
The God particle
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Betul sekali om dubz... saking elusive dan eksotis nya neutrino...dubz wrote:The God particle
Tidak bs dilihat, ditangkap, dan nyaris tidak berbentuk... tapi energi nya dapat dideteksi...
Well said om dubz...
Obey the mahakitteh.
-
- SM Specialist
- Posts: 21987
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
dan nanti bila saatnya tiba
Siap berangkaatttssssss
Siap berangkaatttssssss
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Amazing painting on a Boeing...
And maybe Airbus
Crazy Koreans...
And maybe Airbus
Crazy Koreans...
Obey the mahakitteh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1550
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Bndara sokarno hatta mengapa gak semeriah changi , karna letak geografisnya yg kalah sama changi dan satu lagi yg paling penting , bandara cgk sangat tidak nyman di jadikan hub , karna kondisi bandara yg kurang nyaman , masih kurangnya sarana dan prasarana , kebersihan bandara yg masih kalah di banding changi dan klia , dan urusan imigrasi yg ribet , cmiiw yahtanis wrote:maksudnya indonesia agak payah gitu loh om, liat aja bandara soekarno hatta kok jauh banget sama changi, dan juga liat aja bandara kualanamu yg baru jg design kok biasa aja, gak bisa wah kayak changi
ini juga dapat ilmu dari member" if
pernah nonton di NGC kalo gak salah memang ada kesalahan desain , kan ngeri di langit tiba" semua bodi pesawat lepasVanzMatic wrote:Menyambung deHavilland Comet, berikut bbrp gambar investigasi.
Semoga bro master harist dan master turbo, master kucing gar...eh..kucing edan serta master master avionics SM bisa ikut menjelaskan dalam bahasa Indonesia yang baik dan mudah...
alumanium bodi nya di sentil" pake jari aja sebanyak 7 x langsung patah(berdasarkan yg ane lihat di film dokumentasinya)
satu lagi pesawat yg aneh , dassault mercury desain seperti b 737-200 , entah apa dalam kepala desainernya , range pesawat cuma seluas negara prancis , kalo gak salahharistk7 wrote:bukan masalah ama mesin...masalahnya jauh lebih serius..Comet itu pesawat bagus kok, Royal Air Force make Nimrod hingga tahun 2011 kemarin..
masalahnya ada di Metal/Structural Fatigue yang berlebihan di bagian kisi2 jendela pesawat pada saat Comet masih mengadopsi jendela berbentuk kotak..hingga akhirnya pabrikan meredasin ulang struktur dan mengadopsi bentuk jendela oval
*ngibrit lagi, soale masih ngutang bahas DC10*
tapi performa boleh di adu , dasault mercury kondisi full load vs boeing 737-200 tanpa passenger , untuk nanjak/climbing si boeing kalah , pdahal tanpa muatan
mungkin desainernya merasa sedang ngedesain pesawat tempur secara dassault produsenpesawat tempur
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3146
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1550
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
, mainan ane waktu sd dulu , buku cepat habis , atau gak buku kawan yg di embatwalid_007 wrote:
yang ane paham cuman ini
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Jadi keinget pesawat kertas kawan ane yg nyangkut & nancep di rambut bu gurugrandis_GT wrote:, mainan ane waktu sd dulu , buku cepat habis , atau gak buku kawan yg di embatwalid_007 wrote:
yang ane paham cuman ini
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
oow..special livery ya om medket..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Om RV, coba ente hitung berapa harga jual pesawat lama dibandingin sama harga waktu dia masih baru. Nilai RV-nya jeblok abis nggak tuh?
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Thu Sep 19, 2013 2:58