Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by Turboman »

HAZARD wrote: Ada rekomendasi bengkel untuk ganti kaki-kaki tidak ya sekitar Jak Timur ? dan berapa kira2 harga longtierod dan balljoint ya ?
Ke Istana Per - A Kong - 0813 184 33678

Sebelah RS Yadika

Orangnya cengli.....kalo masih bisa pakai dia akan bilang, gak maen asal ganti

teman2 saya bahkan yg dari Karawang / Bandung kalo modif kaki2 juga pada ke dia

*bukan seles Istana per*
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by Turboman »

Utk oli ATF coba tanyakan ke pemilik pertama Ipah tsb, terakhir ganti tahun berapa

Kalau sudah lewat 2 tahun, segera diganti saja, daripada nanti matic kena dan harus OverHaul biayanya bisa jauh lebih mahal
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11092
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by marmut »

ganti oli mesin kan gampang, kenapa nggak kerjain aja sendiri dirumah?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26961
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by DOHC »

marmut wrote:ganti oli mesin kan gampang, kenapa nggak kerjain aja sendiri dirumah?
ngerjain nya gampang... niatnya yg susah om.... di pooling aj d forum ini, siapa yg ud perna ganti oli sendiri... tembus 10 orang aj ud bagus kl tuh... even the so called "automotive enthusiast".... :mky_01: :mky_01: :mky_01:

btw, ritual paling ribet ganti oli di ipah cuman di lepasin filter oli nya doank... musti pake model mangkok atau kunci filter yg 3 kaki... tp kencengin nya pake tangan aj... jgn pake alat... dan yg pasti, mobil musti di dongkrak dikit sisi kanan depan... kl ga serem euyy kena knalpot panas...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by Turboman »

DOHC wrote:[
ngerjain nya gampang... niatnya yg susah om.... di pooling aj d forum ini, siapa yg ud perna ganti oli sendiri... tembus 10 orang aj ud bagus kl tuh... even the so called "automotive enthusiast".... :mky_01: :mky_01: :mky_01:
Hehehehe

ga usah ganti oli sendiri, coba di survey siapa aja yg kalo bawa mobil ganti oli ke bengkel :
1. Tinggalin mobil & tunggu panggilan jika semua udah selesai
2. Ngeliatin proses ganti oli dan kadang ikut nuang oli

Kalo saya sih setiap ganti oli mobil2 yg saya pakai sendiri selalu saya tungguin & saya yg semprot degreaser utk bersihkan baut pembuangan sebelum dipasang kembali, kadang2 saya ikut tuang oli-nya

Kecuali kalo mobil2 operasional yg dipake staff ya staff yg bawa ke bengkel, saya nggak ikut, tapi udah saya kasih SOP

Kalo ganti oli sendiri di rumah yg ribet soal buang limbahnya, scr oli bekas adalah B3 yg berbahaya

Kecuali oli genset kecil saya ganti sendiri krn cuman 1 L, limbahnya masukkin botol plastik bekas dan buang ke tong sampah
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by Hansen »

DOHC wrote: btw, ritual paling ribet ganti oli di ipah cuman di lepasin filter oli nya doank... musti pake model mangkok atau kunci filter yg 3 kaki... tp kencengin nya pake tangan aj... jgn pake alat... dan yg pasti, mobil musti di dongkrak dikit sisi kanan depan... kl ga serem euyy kena knalpot panas...
i second that.. posisi filternya bikin geleng2 kepala :big_dunno:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11092
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by marmut »

kan oom Turbo udah pernah bikin polling kaya begitu....
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11092
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by marmut »

Turboman wrote: -cut-
Kalo ganti oli sendiri di rumah yg ribet soal buang limbahnya, scr oli bekas adalah B3 yg berbahaya

Kecuali oli genset kecil saya ganti sendiri krn cuman 1 L, limbahnya masukkin botol plastik bekas dan buang ke tong sampah

kalo saya ditampung dulu di kemasannya trus titip ke toko langganan yang punya drum tampungan oli bekas.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by amfibi »

Enak sih ganti oli sendiri, sebenernya bkn pekerjaan sulit juga, tp ane ga punya garasi ... Masa ganti di tengah parkiran/basement apato :ungg:
HAZARD
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Apr 17, 2015 17:12

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by HAZARD »

Greenhunter wrote:1. Kalau ke beres toyota selalu auto 2000 aja, lainnya gak jelas
2. Kok 1 galon + 1 liter ? Jadi 5 liter dong, gak kebanyakan tuh ?
Untuk harga kayaknya wajar aja. Shell helix lagi ngadain promo beli 3 liter gratis 1 liter.
3. Betul., long tie rod dan balljoint oblak membuat setir gak bisa diem.
Sebaiknya segera diganti sebelum jebol., juga karena pengaruh ke ban, kan sayang kalau ban masih tebel tapi botak sebelah.
L300 kantor pernah sampai jebol, itu roda amblas masuk ke kolong, jadinya mobil langsung miring gak bisa jalan, gak tau kalo innova bisa kayak gitu atau tidak, ada juga mobil lain yang udah jeobolpun bisa tetep jalan, cuma bunyi glodakan aja plus setir gak bisa lurus.
iya beroh 1 galon @ 300 rb + 1 liter @ 80 rb si pegawai langsung ganti tu oli tnpa ada komunikasi sm sekali
memang standartnya brp liter beroh utk innova ?
Disitu jg spooring & balancing 200 rb
:e-doh: bs mampus saya klo smpe jebol mala perjalanan tol terus lg hari2, jd takut knpa2 dijalan
Turboman wrote: Ke Istana Per - A Kong - 0813 184 33678
Sebelah RS Yadika
Orangnya cengli.....kalo masih bisa pakai dia akan bilang, gak maen asal ganti
teman2 saya bahkan yg dari Karawang / Bandung kalo modif kaki2 juga pada ke dia
Iya om rencana jumat/sabtu/minggu besok soalnya tgl merah
Dia buka dr jam brp smpe jam brp ya om, tgl merah/sabtu/ minggu tetap buka ga ?
Bole tau ga om klo utk balljoint dan longtired dikisaran harga brp ?
Dan merk ato atau apalah itu yg bagus :e-think:
HAZARD
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Apr 17, 2015 17:12

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by HAZARD »

Turboman wrote:Utk oli ATF coba tanyakan ke pemilik pertama Ipah tsb, terakhir ganti tahun berapa

Kalau sudah lewat 2 tahun, segera diganti saja, daripada nanti matic kena dan harus OverHaul biayanya bisa jauh lebih mahal
Pas ganti oli kemarin si kata si pegawai msh bs pakai jd saya tdk ganti sekalian
Mungkin nanti akan saya ganti berbarengan dgn balljoint dan longtired klo tidak wah sekali harganya :e-wall:
Saran si om Turbo ini kan : Elf T4/Eneos Multi/Kendall Versa Trans
Klo utk oli gardan ada saran ga merk/model apa ? Curiga jg saya soalnya dgn ini.
marmut wrote:ganti oli mesin kan gampang, kenapa nggak kerjain aja sendiri dirumah?
maklum beroh sdg proses belajar jd iseng sekalian liat2 caranya bijimana :e-whistle:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by Profith83 »

Turboman wrote:Utk oli ATF coba tanyakan ke pemilik pertama Ipah tsb, terakhir ganti tahun berapa

Kalau sudah lewat 2 tahun, segera diganti saja, daripada nanti matic kena dan harus OverHaul biayanya bisa jauh lebih mahal
Om Turbo, sekalian tanya di trit ini, mohon maaf sebelumnya.

Mobil ipah D4D AT saya beli Dec 2012. Kilometer 26,000
Ganti oli mesin tiap 5,000 KM.

Yang ingin saya tanyakan dibawah ini harusnya ganti olie kapan? ataukah sudah harus ganti olie ?
Ganti olie garden terakhir 2 Mar 2013
Ganti oli transmisi belum pernah
Ganti oile rem belum pernah
Ganti olie power steering belum pernah

Terima kasih om Turbo
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by Turboman »

HAZARD wrote: Iya om rencana jumat/sabtu/minggu besok soalnya tgl merah
Dia buka dr jam brp smpe jam brp ya om, tgl merah/sabtu/ minggu tetap buka ga ?
Bole tau ga om klo utk balljoint dan longtired dikisaran harga brp ?
Dan merk ato atau apalah itu yg bagus :e-think:
Si A Kong hari minggu buka

Dia sedia parts kaki2 buatan 555 dan juga ada merek alternative lainnya, kalau mau pakai yg ori juga bisa, jadi nanti dia orderin

Kalo utk shock absorber dia banyak stok merek Tokico

Harga jual parts dia sih saya lihat harganya bersahabat ya, krn saya belum lama ganti link stabilizer belakang CRV 2007 saya

si A Kong ini pemain lama di bidangnya & saya lihat orangnya cenglie......dia hanya rekomen ganti yang benar2 harus diganti, jadi dia akan periksa dulu dengan seksama

Telpon aja lgs ke nomor yg sy kasih

*bukan seles bengkel*
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by Turboman »

Profith83 wrote:
Yang ingin saya tanyakan dibawah ini harusnya ganti olie kapan? ataukah sudah harus ganti olie ?
Ganti olie garden terakhir 2 Mar 2013
Ganti oli transmisi belum pernah
Ganti oile rem belum pernah
Ganti olie power steering belum pernah

Terima kasih om Turbo
Per Liner

Ganti olie garden terakhir 2 Mar 2013
- Kalo yg dipake oli Full Synth API GL-5 bisa pake terus, lifetime-nya 2,5 - 3 tahun
- Kalo olinya mineral maka segera ganti !

Ganti oli transmisi belum pernah
- Ganti segera !
- Oli ATF kalo mineral umurnya Max 2 tahun, kalo Full Synth bisa 3 tahun

Ganti oile rem belum pernah
- Ganti segera !

Ganti olie power steering belum pernah
- Ganti segera, pasti sudah hitam
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by Turboman »

HAZARD wrote: Klo utk oli gardan ada saran ga merk/model apa ? Curiga jg saya soalnya dgn ini.
Merek bebas, yg penting API GL-5 dan SAE boleh 80W90 / 85W90 / 90

Kalau mau yg ekonomis kasih Pertamina Rored HD-A 90 aja, ganti 10 - 12 bulan sekali

Kalau mau yg bagusan pake Nippon Oil Eneos 85W90 GL-5

Tapi oli Gardan cuman 2,7 L ini

Kalo oli ATF nah tuh, jika mau ekonomis maka ganti ATF ala GerLong / semi manual flushing, habisnya cuman 6 L & dijamin bersih, kalo pake mesin ATF changer bisa habis 8,5 L

Ganti ala Gerlong bisa ke Steven - Karawaci
* Bukan ajakan Beli *
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26961
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: RE: Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by DOHC »

Turboman wrote:
DOHC wrote:[
ngerjain nya gampang... niatnya yg susah om.... di pooling aj d forum ini, siapa yg ud perna ganti oli sendiri... tembus 10 orang aj ud bagus kl tuh... even the so called "automotive enthusiast".... :mky_01: :mky_01: :mky_01:
Hehehehe

ga usah ganti oli sendiri, coba di survey siapa aja yg kalo bawa mobil ganti oli ke bengkel :
1. Tinggalin mobil & tunggu panggilan jika semua udah selesai
2. Ngeliatin proses ganti oli dan kadang ikut nuang oli

Kalo saya sih setiap ganti oli mobil2 yg saya pakai sendiri selalu saya tungguin & saya yg semprot degreaser utk bersihkan baut pembuangan sebelum dipasang kembali, kadang2 saya ikut tuang oli-nya

Kecuali kalo mobil2 operasional yg dipake staff ya staff yg bawa ke bengkel, saya nggak ikut, tapi udah saya kasih SOP

Kalo ganti oli sendiri di rumah yg ribet soal buang limbahnya, scr oli bekas adalah B3 yg berbahaya

Kecuali oli genset kecil saya ganti sendiri krn cuman 1 L, limbahnya masukkin botol plastik bekas dan buang ke tong sampah
Utk oli bekas.... biasa ane tampung dan ane bawa ke bengkel rumahan langganan ane... tinggal tuang ke drum oli bekas nya dia.... oli bekas biasanha ane ga buang ke got, tanaman atau tong sampah... takut di misuse... apalagi dimaen2in ama antek nya si mods whiskas...... #pengalaman ad meong mokat depan pagar gegara kayanya keminum minyak rem atau coolant ane

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by ginting »

oom Turbo, ganti oli ala Gerlong itu maksunya gimana sih ? mengandalkan gravitasi aja ya ?
no telp Steven di Karawaci minta dong, mayan nambah alternative.
Trimakasih sebelumnya.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Seriously ASK Masalah Pada Toyota Kijang Innova

Post by htannis »

saya mah kerjain mobil saya apa2 sendiri terus kecuali yg harus nge las2 alumunium dan kabel2 piggyback
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares