Ya bukan kartel, ini karena selera pasar Indo yg maunya jepang jepang dan jepang. Fanatik lah... Contoh aja ya, rata2 orang mikirnya klo merk eropa harga jual blukkk... padahal enggak juga, sama. Cuma harus sekelas, dan tidak semua eropa gitu. Kasih contoh accord sama f30 atau w204, kalau bener2 dihitung depresiasinya sama. Tapi orang awam mikirnya mercy bmw second itu murah... ya betul murah kalau sudah 10 tahun usianya dan spare part tambal sulam (bukan ori) - itu murah. Mayoritas gak mikir kalo honda sedan sekelas accord ya sama saja depresiasinya.daftar wrote:nah ini yg sy maksud. apakah memang kartel otomotif jepang itu bener adanya.aspsilver wrote:Ini yang membingungkan dari mobil Jepang, naiknya banyak bener.
Mercedes Benz C200 Classic W203 pada tahun 2001 harganya 525 juta
Saat ini C200 Avantgarde W205 719 off the road sekitar 790 juta otr.
Naik 2 generasi, jauh lebih mewah, power lebih besar, konsumsi BBM irit, naik gak sampe 2 kali lipat.
Mercedes Benz E250 Avantgarde 2010, 1.017M OFR
Hari ini E250 Avantgarde 1.049 M OFR.
Untuk kenaikan 30 juta, dapat model facelift, mesin naik 200cc, electric seat full, kerai di kaca belakang, velg naik 1", dari 17 ke 18.
Kijang th 2001, tipe LGX, harga 150 jutaan, dibanding dengan sekarang udah naik 2x lipat.
Avanza G manual th 2004, 99.5 juta, sekarang avanza g manual udah deket 200 juta. Naik 2x lipat lebih.
Honda Accord CP2 VTiL 2008, 420 juta,
New Accord 2016 650 juta.
Jadi gua mikir, mending beli Mercy aja deh
tahun lalu kalau gak salah ada berita terkuaknya kartel merk2 ban di indo
Spare part mobil jepang lebih murah ketimbang eropa / amerika, nggak juga, harga 11 12, tapi memang kalau kelas jerman lebih mahal, tapi worth lah, memang barangnya lain kok minta harganya sama? Sensor2 nya lain, mekanisme juga lain, masak harga spare part minta sama. Safety nggak dihitung, mobil eropa rata2 lebih safety drpd jepang, ini fakta bisa dilihat dari hasil ncap crash test. Nyawa mau dihargain brp? Jalan keluar kota, kalau saya nggak sudi adu nyawa naik mobil kaleng disetirin org lain, mending naik bus / travel / kereta. Lain kalo mobilnya eropa, lebih PD. Ini hal yg gak kelihatan, dan tidak dihargai oleh pasar.
Teman saya, udah umur 40an, pengusaha, taunya ya toyota honda toyota honda, gak pernah punya mobil lain. Liat c200 saya kepengen, iseng2 dia nyeletuk, dijual nggak? Udah murah kan sekarang. Ya memang, beli aja di showroom diler second, kalau punya saya, sorry gak jual murah. Spare part asli semua, servis selalu kalibrasi ulang, lubricants pake jerman punya. Kaki2 perfect. And most importantly, tuh mobil pernah nyelametin saya (dan nyelametin nyawa ibu2 bawa matic yg belok gak liat2). Which I'm sure, kalo naik sedan jepun, udah bubar tuh, jalan 150kmh di jalan antar propinsi, tiba2 ada ibu2 nyelonong motong jalan. Sedan jepang? Kecuali itu ft86 atau nissan gtr, udah pasti roll over, game over. Di kesempatan lain, teman saya, pake e46 lawas, bawa anak istrinya, kejadian bener, roll over... guling2 di jalan. Single accident. Semuanya selamet, cuma luka2 lecet. Itu e46 lho, safetynya kaya gitu.
Kalau bicara kartel, IMHO nggak ada, tapi kalau konsumen fanatik yg diperah duitnya, memang ada. Konsumen nggak pernah salah, itu fakta pasar nggak bisa dibantah, memang lebih suka jepun terutama toyota kedua honda ketiga toyota lagi keempat honda, baru yg lain2 nyusul di bawahnya.