[Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by g4ndalf »

daftar wrote:
aspsilver wrote:Ini yang membingungkan dari mobil Jepang, naiknya banyak bener.

Mercedes Benz C200 Classic W203 pada tahun 2001 harganya 525 juta
Saat ini C200 Avantgarde W205 719 off the road sekitar 790 juta otr.
Naik 2 generasi, jauh lebih mewah, power lebih besar, konsumsi BBM irit, naik gak sampe 2 kali lipat.

Mercedes Benz E250 Avantgarde 2010, 1.017M OFR
Hari ini E250 Avantgarde 1.049 M OFR.

Untuk kenaikan 30 juta, dapat model facelift, mesin naik 200cc, electric seat full, kerai di kaca belakang, velg naik 1", dari 17 ke 18.

Kijang th 2001, tipe LGX, harga 150 jutaan, dibanding dengan sekarang udah naik 2x lipat.

Avanza G manual th 2004, 99.5 juta, sekarang avanza g manual udah deket 200 juta. Naik 2x lipat lebih.

Honda Accord CP2 VTiL 2008, 420 juta,
New Accord 2016 650 juta.

Jadi gua mikir, mending beli Mercy aja deh
nah ini yg sy maksud. apakah memang kartel otomotif jepang itu bener adanya.
tahun lalu kalau gak salah ada berita terkuaknya kartel merk2 ban di indo
Ya bukan kartel, ini karena selera pasar Indo yg maunya jepang jepang dan jepang. Fanatik lah... Contoh aja ya, rata2 orang mikirnya klo merk eropa harga jual blukkk... padahal enggak juga, sama. Cuma harus sekelas, dan tidak semua eropa gitu. Kasih contoh accord sama f30 atau w204, kalau bener2 dihitung depresiasinya sama. Tapi orang awam mikirnya mercy bmw second itu murah... ya betul murah kalau sudah 10 tahun usianya dan spare part tambal sulam (bukan ori) - itu murah. Mayoritas gak mikir kalo honda sedan sekelas accord ya sama saja depresiasinya.

Spare part mobil jepang lebih murah ketimbang eropa / amerika, nggak juga, harga 11 12, tapi memang kalau kelas jerman lebih mahal, tapi worth lah, memang barangnya lain kok minta harganya sama? Sensor2 nya lain, mekanisme juga lain, masak harga spare part minta sama. Safety nggak dihitung, mobil eropa rata2 lebih safety drpd jepang, ini fakta bisa dilihat dari hasil ncap crash test. Nyawa mau dihargain brp? Jalan keluar kota, kalau saya nggak sudi adu nyawa naik mobil kaleng disetirin org lain, mending naik bus / travel / kereta. Lain kalo mobilnya eropa, lebih PD. Ini hal yg gak kelihatan, dan tidak dihargai oleh pasar.

Teman saya, udah umur 40an, pengusaha, taunya ya toyota honda toyota honda, gak pernah punya mobil lain. Liat c200 saya kepengen, iseng2 dia nyeletuk, dijual nggak? Udah murah kan sekarang. Ya memang, beli aja di showroom diler second, kalau punya saya, sorry gak jual murah. Spare part asli semua, servis selalu kalibrasi ulang, lubricants pake jerman punya. Kaki2 perfect. And most importantly, tuh mobil pernah nyelametin saya (dan nyelametin nyawa ibu2 bawa matic yg belok gak liat2). Which I'm sure, kalo naik sedan jepun, udah bubar tuh, jalan 150kmh di jalan antar propinsi, tiba2 ada ibu2 nyelonong motong jalan. Sedan jepang? Kecuali itu ft86 atau nissan gtr, udah pasti roll over, game over. Di kesempatan lain, teman saya, pake e46 lawas, bawa anak istrinya, kejadian bener, roll over... guling2 di jalan. Single accident. Semuanya selamet, cuma luka2 lecet. Itu e46 lho, safetynya kaya gitu.

Kalau bicara kartel, IMHO nggak ada, tapi kalau konsumen fanatik yg diperah duitnya, memang ada. Konsumen nggak pernah salah, itu fakta pasar nggak bisa dibantah, memang lebih suka jepun terutama toyota kedua honda ketiga toyota lagi keempat honda, baru yg lain2 nyusul di bawahnya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22036
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by Turboman »

Spare parts BMW dan MB byk yg affordable, asal beli yg merek pabrikan parts dan gak ada lambang merek mobilnya

BOSCH, Zf, Lemforder, Sachs, Boge, Ate, Lucas, Ferr, MAN filter, Bilstein, Conti dll

Rata2 ada agen resmi nya or bahkan reps office nya di Indo

Spare parts BMW dan MB bahkan lebih murah drpd mobil2 Jepun tertentu spt Nissan yg CBU misalnya

Bahkan produsen2 parts dr Eropa tsb sebagian juga develop utk mobil2 Jepun yg populer di sini
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by g4ndalf »

Turboman wrote:Spare parts BMW dan MB byk yg affordable, asal beli yg merek pabrikan parts dan gak ada lambang merek mobilnya

BOSCH, Zf, Lemforder, Sachs, Boge, Ate, Lucas, Ferr, MAN filter, Bilstein, Conti dll

Rata2 ada agen resmi nya or bahkan reps office nya di Indo

Spare parts BMW dan MB bahkan lebih murah drpd mobil2 Jepun tertentu spt Nissan yg CBU misalnya

Bahkan produsen2 parts dr Eropa tsb sebagian juga develop utk mobil2 Jepun yg populer di sini
Faktanya begitu, tapi susah ngomong sama org yg bukan enthusias otomotif. Imagenya spare part mahal, ribet (ya jelas elektrikal lebih kompleks drpd jepun kok, sensor2 lebih sensitif). Yg mereka beli lambangnya doank... gak ngerti apa keunggulan eropa yg bener2.

Dan ini gak cuma jepun vs eropa, ini juga terjadi jepun vs jepun. Alphard misalnya, jelas lebih enakan v6 awd drpd 2.4 fwd, tapi harga jual second nya dihargain sama? Terlepas dari power, awd jelas lebih unggul drpd fwd ke mana2. Mikirnya bukan ride quality, driving experience, tapi.... bbm nya lebih boros :big_dunno: ya kalau cari ngirit, ganti ipah diesel sekalian. Jadi maunya konsumen indo, yg penting wah nya dulu, mau v6 3500cc atau 2400cc i4 itu gak penting. Tapi ngirit BBM itu penting. Ketemunya ya di i4 2.4.

Back to topic, inopah all new, sudah di kepala 3 atas, bahkan q tembus kepala 4. Worth apa enggak? Hard to say, tergantung yg dicari apa... Yg jelas keputusan diskontinu j dan e, skrg lowest udah g, artinya TAM mau ngatrol image ipah, bukan mobil rakyat bantingan, tapi naik kelas, mobil mpv premium. Nah di sini ada gap, antara ipah g dan avanza tertinggi. Rumornya mau sienta masuk? Tapi kalau gak ati2 sienta bisa bikin amblas penjualan ipah bensin.

Tapi pandangan saya tetap, sebetulnya harga ipah nggak ketinggian, wajar lah mengingat upgrade2nya. Yg jadi masalah itu kondisi ekonomi kita yg gak bagus. Cari duit susah bener, jadi ketika ada produk baru pricelist naik langsung kerasa mahal.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by iamwewe »

g4ndalf wrote:
Turboman wrote:Spare parts BMW dan MB byk yg affordable, asal beli yg merek pabrikan parts dan gak ada lambang merek mobilnya

BOSCH, Zf, Lemforder, Sachs, Boge, Ate, Lucas, Ferr, MAN filter, Bilstein, Conti dll

Rata2 ada agen resmi nya or bahkan reps office nya di Indo

Spare parts BMW dan MB bahkan lebih murah drpd mobil2 Jepun tertentu spt Nissan yg CBU misalnya

Bahkan produsen2 parts dr Eropa tsb sebagian juga develop utk mobil2 Jepun yg populer di sini
Faktanya begitu, tapi susah ngomong sama org yg bukan enthusias otomotif. Imagenya spare part mahal, ribet (ya jelas elektrikal lebih kompleks drpd jepun kok, sensor2 lebih sensitif). Yg mereka beli lambangnya doank... gak ngerti apa keunggulan eropa yg bener2.

Dan ini gak cuma jepun vs eropa, ini juga terjadi jepun vs jepun. Alphard misalnya, jelas lebih enakan v6 awd drpd 2.4 fwd, tapi harga jual second nya dihargain sama? Terlepas dari power, awd jelas lebih unggul drpd fwd ke mana2. Mikirnya bukan ride quality, driving experience, tapi.... bbm nya lebih boros :big_dunno: ya kalau cari ngirit, ganti ipah diesel sekalian. Jadi maunya konsumen indo, yg penting wah nya dulu, mau v6 3500cc atau 2400cc i4 itu gak penting. Tapi ngirit BBM itu penting. Ketemunya ya di i4 2.4.

Back to topic, inopah all new, sudah di kepala 3 atas, bahkan q tembus kepala 4. Worth apa enggak? Hard to say, tergantung yg dicari apa... Yg jelas keputusan diskontinu j dan e, skrg lowest udah g, artinya TAM mau ngatrol image ipah, bukan mobil rakyat bantingan, tapi naik kelas, mobil mpv premium. Nah di sini ada gap, antara ipah g dan avanza tertinggi. Rumornya mau sienta masuk? Tapi kalau gak ati2 sienta bisa bikin amblas penjualan ipah bensin.

Tapi pandangan saya tetap, sebetulnya harga ipah nggak ketinggian, wajar lah mengingat upgrade2nya. Yg jadi masalah itu kondisi ekonomi kita yg gak bagus. Cari duit susah bener, jadi ketika ada produk baru pricelist naik langsung kerasa mahal.
saya setuju nih. kalo ngmg harga sih inova G matic diesel buat saya nggak kemahalan dibanding sama innova gen sebelumnya. cuma kalo ngmg tipe V ya udh keterlaluan. utk beda speedo, lampu ambience, ac auto, immob aja masa selisihnya 40an jt? kalo gk salah 331jt tipe G matic vs nya tipe V lupa brp pastinya.. sekarang udah 6speed tiptro dan GD engine yg menurut saya bagus sekali lompatannya dibanding previous gen.
alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

Re: RE: Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by alamsandiwijaya »

iamwewe wrote:
g4ndalf wrote:
Turboman wrote:Spare parts BMW dan MB byk yg affordable, asal beli yg merek pabrikan parts dan gak ada lambang merek mobilnya

BOSCH, Zf, Lemforder, Sachs, Boge, Ate, Lucas, Ferr, MAN filter, Bilstein, Conti dll

Rata2 ada agen resmi nya or bahkan reps office nya di Indo

Spare parts BMW dan MB bahkan lebih murah drpd mobil2 Jepun tertentu spt Nissan yg CBU misalnya

Bahkan produsen2 parts dr Eropa tsb sebagian juga develop utk mobil2 Jepun yg populer di sini
Faktanya begitu, tapi susah ngomong sama org yg bukan enthusias otomotif. Imagenya spare part mahal, ribet (ya jelas elektrikal lebih kompleks drpd jepun kok, sensor2 lebih sensitif). Yg mereka beli lambangnya doank... gak ngerti apa keunggulan eropa yg bener2.

Dan ini gak cuma jepun vs eropa, ini juga terjadi jepun vs jepun. Alphard misalnya, jelas lebih enakan v6 awd drpd 2.4 fwd, tapi harga jual second nya dihargain sama? Terlepas dari power, awd jelas lebih unggul drpd fwd ke mana2. Mikirnya bukan ride quality, driving experience, tapi.... bbm nya lebih boros :big_dunno: ya kalau cari ngirit, ganti ipah diesel sekalian. Jadi maunya konsumen indo, yg penting wah nya dulu, mau v6 3500cc atau 2400cc i4 itu gak penting. Tapi ngirit BBM itu penting. Ketemunya ya di i4 2.4.

Back to topic, inopah all new, sudah di kepala 3 atas, bahkan q tembus kepala 4. Worth apa enggak? Hard to say, tergantung yg dicari apa... Yg jelas keputusan diskontinu j dan e, skrg lowest udah g, artinya TAM mau ngatrol image ipah, bukan mobil rakyat bantingan, tapi naik kelas, mobil mpv premium. Nah di sini ada gap, antara ipah g dan avanza tertinggi. Rumornya mau sienta masuk? Tapi kalau gak ati2 sienta bisa bikin amblas penjualan ipah bensin.

Tapi pandangan saya tetap, sebetulnya harga ipah nggak ketinggian, wajar lah mengingat upgrade2nya. Yg jadi masalah itu kondisi ekonomi kita yg gak bagus. Cari duit susah bener, jadi ketika ada produk baru pricelist naik langsung kerasa mahal.
saya setuju nih. kalo ngmg harga sih inova G matic diesel buat saya nggak kemahalan dibanding sama innova gen sebelumnya. cuma kalo ngmg tipe V ya udh keterlaluan. utk beda speedo, lampu ambience, ac auto, immob aja masa selisihnya 40an jt? kalo gk salah 331jt tipe G matic vs nya tipe V lupa brp pastinya.. sekarang udah 6speed tiptro dan GD engine yg menurut saya bagus sekali lompatannya dibanding previous gen.
Tapi tetep aja Seri G jadi "trondolan",masa 300 jt an ac masih model kompor,gak immoblizer. Masa kalah sama wagon r yg pake immoblizer. Immoblizer sekarang penting. Tapi yang kelemahannya bisa ketutup sama abs+ebd,telescopic,airbag jadi 3. Dan ENGINE 2GD yang baru. Dan 2GD lagi buat modifannya
Intinya mau beli Fitur atau Mesin (ANKI 2.0 V atau ANKI 2.4 G)?

6 speed matic di ANKI bisa manual bisa matic kayak Wagor R yg AGS? Semua seri dapet model itu?

Juga Orang indo masih "sensitif" sama mesin diesel,why?
Kotor,bau,berisik,dan asap ngebul. Tapi bagi ane gak masalah,toh sekarang mesin diesel makin moderen kayak common rail,dkk. Bukan diesel jaman panther lagi. Yang penting irit bbm dan diesel lebih "ECO" drpada bensin.

Sent from my D5322 using Tapatalk
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by aspsilver »

alvin23 wrote:
aspsilver wrote:Ini yang membingungkan dari mobil Jepang, naiknya banyak bener.

Mercedes Benz C200 Classic W203 pada tahun 2001 harganya 525 juta
Saat ini C200 Avantgarde W205 719 off the road sekitar 790 juta otr.
Naik 2 generasi, jauh lebih mewah, power lebih besar, konsumsi BBM irit, naik gak sampe 2 kali lipat.

Mercedes Benz E250 Avantgarde 2010, 1.017M OFR
Hari ini E250 Avantgarde 1.049 M OFR.

Untuk kenaikan 30 juta, dapat model facelift, mesin naik 200cc, electric seat full, kerai di kaca belakang, velg naik 1", dari 17 ke 18.

Kijang th 2001, tipe LGX, harga 150 jutaan, dibanding dengan sekarang udah naik 2x lipat.

Avanza G manual th 2004, 99.5 juta, sekarang avanza g manual udah deket 200 juta. Naik 2x lipat lebih.

Honda Accord CP2 VTiL 2008, 420 juta,
New Accord 2016 650 juta.

Jadi gua mikir, mending beli Mercy aja deh
ini pendapat saya aja oom...
dari dulu mercy kan keluarin model standarnya dah tinggi..udah setaraa sama region dunia lainnya.
mercy tahun 2001 aja udah lengkap itu namanya airbag dll.
kijang dan mobil jepang lainnya tahun segitu? ya cuma besi berjalan. belum lagi comparing to other region,biasanya ketinggalan 1-2 generasi modelnya.

makanya dulu "gap" kelas antara mobil jepang sama mobil eropa sangat2 jauh.
sekarang.. mobil jepang minimal standarnya sama lah se asean, bukan model lokal yg 10 tahun lebih ganti casing doang.

jd menurut saya sih, ini gara2 standar mobil-mobil jepang yang dijual di pasaran gak kebangetan kayak dulu.

Ok memang standar mobil eropa lebih tinggi. Tapi jepang2 saat ini juga standarnya baik.

Toyota Camry 2014 ke 2016, ganti model dikit, udah baik harga mau 50 juta, nambah perlengkapannya gak banyak.

Sedangkan E250 2010 ke 2016, nambah perlengkapan banyak sekali, nambah harga segitu juga.
User avatar
v4ldi5
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by v4ldi5 »

Ikut nimbrung ah. Sebelum memutuskan ambil tipe g bensin seharga 295jt saya bandingkan dengan brv prestige 275jt. Nah sebagai orang kere yang pingin naik kelas dari avanza, rasanya kalau ganti ke brv kok kurang mantap gitu walau udah ada ac digital+nanoe, projector, vsc. Tetep aja mending ambil ANKI g bensin yg katanya kopongan. Kelengkapan fitur bukan menjadi pertimbangan saya pilih mobil. Kecuali yang berhubungan dengan keselamatan(airbag abs).
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22036
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by Turboman »

Cabin filter ANKI sama spt punya Alpard Transformer

Yg genuine versi karbon tebak harganya brp ?

1,5 jt !!

Untung ada versi Sakura nya baik yg std maupun karbon
* Bukan ajakan Beli *
alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

Re: RE: Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by alamsandiwijaya »

Turboman wrote:Cabin filter ANKI sama spt punya Alpard Transformer

Yg genuine versi karbon tebak harganya brp ?

1,5 jt !!

Untung ada versi Sakura nya baik yg std maupun karbon
Seri bensin/diesel untuk cabin filter?

Sent from my D5322 using Tapatalk
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22036
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by Turboman »

Cabin filter mah ga ada hub dgn jenis mesin lah
* Bukan ajakan Beli *
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by Michaelktp »

hattahr wrote:
g4ndalf wrote:Menurut saya harga All New Innova itu wajar2 saja. Serius, menurut saya nggak kemahalan, tapi daya beli masyarakat yang nggak ada. Coba dibandingin tipe V AT Diesel lux, 383jt skrg vs 220jt dulu thn 2004. Mahal, jelas iya kalau dicompare rupiah ke rupiah. Coba bandingin tahun 04 dulu berapa harga rumah dibanding sekarang? Harga makanan, dll. Inflasi segini tinggi, jadi harga segitu menurut saya bukan tidak wajar. Kerasa mahal karena ANKI launching di tengah masa kegalauan ekonomi.
Harganya juga mepet sma Fortuner baru om.
Tapi denger-denger Innova harus naik kelas biar Sienta bisa masuk

:big_childish: :big_childish:
All New Kijang Innova 2016 sudah terlalu mahal. Beberapa teman yang awalnya bersemangat beli dan sudah setor uang DP langsung mundur begitu melihat price listnya terutama Q type. Mau belu yang G yype terlalu trondol dan plain tampilan exteriornya.
Lha terus Toyota Sienta mau masuk dengan harga berapa? MPV mini dengan PSD gitu kayaknya tidak besar market sharenya. Driver kebanyakan ibu ibu muda untuk antar jemput anak sekolah. Juga shopping di Hypermarket karena trolley bisa masuk ke bagasi. Liat dari Honda Freed saja. Saudara saya sempat beli Freed second, tidak sampai 2 bulan sudah dijual. Katanya ini bukan mobil dan nyaris tidak ada power mesin sama sekali, sudah gitu boros BBM lagi.
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by touchme »

v m/t bensin 2005.. beli 205jt.
sampe taun segitu tam kayanya jarang kasi bonus aksesoris. bonusnya standar untuk kebanyakan lineup toyota waktu itu cuma kacafilm antigores,antikarat ama paint protection valugard. belum jamannya kijang dipasangin tanduk belakang, talang air, spoiler, ato lampu sign spion.

sekarang mulai terpikir untuk cari pengganti. setelah liat pilihan mobil lain dirange harga anki, balik lagi cuma kijang yang paling memenui ekspektasi saya sebagai mobil pekerja. dibilang bosen dan overprice sih iya...,banget nget ngett. apalagi saya ngincer yang Q bensin yang mana mekanikal nyaris sama dengan punya saya sekarang. tapi untuk sebuah workhorse yang bisa dipake >10th dijalanan indo+hundred thousand miles+sparepart murah+perawatan ala kadarnya+likuiditas saat dijual.. saya rasa saat ini anki masi pilian yang cukup logis.

berharap tam awal taun depan bisa kasi diskon gedean dari sekarang
User avatar
v4ldi5
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by v4ldi5 »

touchme wrote:v m/t bensin 2005.. beli 205jt.
sampe taun segitu tam kayanya jarang kasi bonus aksesoris. bonusnya standar untuk kebanyakan lineup toyota waktu itu cuma kacafilm antigores,antikarat ama paint protection valugard. belum jamannya kijang dipasangin tanduk belakang, talang air, spoiler, ato lampu sign spion.

sekarang mulai terpikir untuk cari pengganti. setelah liat pilihan mobil lain dirange harga anki, balik lagi cuma kijang yang paling memenui ekspektasi saya sebagai mobil pekerja. dibilang bosen dan overprice sih iya...,banget nget ngett. apalagi saya ngincer yang Q bensin yang mana mekanikal nyaris sama dengan punya saya sekarang. tapi untuk sebuah workhorse yang bisa dipake >10th dijalanan indo+hundred thousand miles+sparepart murah+perawatan ala kadarnya+likuiditas saat dijual.. saya rasa saat ini anki masi pilian yang cukup logis.

berharap tam awal taun depan bisa kasi diskon gedean dari sekarang
Ada kemungkinan diskon semakin membesar tapi ingat pricelist juga naik trus. Yang saya perhatikan tipe g bensin waktu launcing dijateng harga 289.900.000 belum diskon. E awal februari naik 5 jt menjadi 294.900.00 tapi diskon 5 jt. Jadi ya sama saja
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by touchme »

berharap tam awal taun depan bisa kasi diskon gedean dari sekarang[/quote]
Ada kemungkinan diskon semakin membesar tapi ingat pricelist juga naik trus. Yang saya perhatikan tipe g bensin waktu launcing dijateng harga 289.900.000 belum diskon. E awal februari naik 5 jt menjadi 294.900.00 tapi diskon 5 jt. Jadi ya sama saja[/quote]

tam oh tam :e-wall:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3156
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by walid_007 »

: Ada kemungkinan harga naik krn pajak yg ikut naik setiap tahun.
engine roaring!
journeytohell
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Mon Jan 05, 2009 13:43
Location: Jkt
Daily Vehicle: Anki Q_W221

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by journeytohell »

Dulu beli innova v manual bensin di oktober 2004 (batch awal2 banget) masih di bawah 200... 196 apa 197 jt gitu...

Pas 2013 ambil v matic diesel harganya tau2 udah pala 3... 325 an...(sebelum disc).. Disc sekitar 20 ya..
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7435
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by newrubble »

out of topic ... sy mau share price evolution CKD benz di indo (tadi sy buka buka file n baca baca sales receipt dari pt star motors indo (maaf kalo tdk berkenan)

1972.10 (cuma ada 1 type CKD) w115 ... 200 (with front triangular glass) rp. 2,600,000 (onroad) pt (persero).permorin (jakarta)

1975.08 w114/115 ...all.manual trx ...200 rp.10,500,000 ....280 ...rp. 11,500,000 (onroad) pt (persero) permorin (jakarta)

1978.03 w123 ...all manual trx ... 200 rp. 16,200,000 .... 240d rp 17,100,000 ... 280 rp.18,800,000 (onroad) nv mass (jakarta)

1983.06 w123 ...all.manual trx ... 200 rp.45,000,000 ...230 rp.47,500,000 ...280 rp.49,000,000 ....280e rp. 51,200,000 (offroad) pt permorin (jakarta)

1985.11 w123 ...200 rp.51,000,000 ... 280e manual rp.55,000,000 ...280e matic rp.56,000,000 (offroad)....w460 280ge swb 3door.manual rp.37,000,000....280ge lwb 3door manual rp.37,500,000 (onroad) pt kalimas arubu (jocja)

1986.09 w123 ...200 rp.72,000,000 ...280e manual rp.76,000,000 ...280e matic rp. 78,000,000 ... w460.280ge lwb 3 door manual rp. 45,000,000 (off road).pt istana mobil, menteng, jakarta

1986.12.w124 ...200 rp.89,000,000 ...300e.manual rp.98,000,000 (off road) pt permorin.(bandung)

1988.10.w124 ...230e manual rp.125,000,000 ...300e manual rp.143,000,000 ...300e matic rp. 148,000,000 (off road) ...w460.280ge lwb 5door manual rp.130,000,000 pt hartono raya motor (jakarta)

1994.09 w202 ...c180 esprit (matic) rp.125,000,000 (off road) pt bintang kosmos (medan)

1995.19 w124 ...e220.mp (manual) rp.175,000,000 ...e220.mp (matic).rp.180,000,000 ...e320 mp.(manual) rp.199,000,000 ...e320 mp.(matic) rp.208,000,000 ...w460/461 300ge (matic).rp.185,000,000 (on road) nv mass (jakarta)

1998 ...w460/461 300ge (matic) rp.280,000,000 (onroad).nv mass.(jakarta)

2006 ...w211 e200k matic rp.715,000,000 (onroad after discount).nv mass (jakarta)

itu sj yg sy punya ... trahir trahir sy tdk punya complete price n lineup krn benz tdk lg appreciated value saat resale
Haagendasz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Sat Aug 22, 2015 15:31

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by Haagendasz »

Dulu bokap beli ipah 04 G diesel M/T sekitar 140jt an klo ga salah. Trus ambil 08 G A/T diesel udah 200an yah ... Terakhir adik ambil 14 G A/T diesel 270an ...

Kijang LGX diesel 2000 beli dulu 120-130 jt klo ga salah ... Yg saya inget kijang krista diesel 2002 beli 2nd 110jt tahun 2007 saya jual tahun ini laku 100 jt.

Nyambung OOT om NR, berarti harga merc diatas bmw yah. Thn 89 bokap beli 520i kena 130jt an trus dijual setelah pakai 1,5 thn tinggal 90 jt

Tp E320 MP 1995 mt dijual tahun 2002an dapet 270-280jt klo ga salah


Sent from my iPad using Tapatalk
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7435
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by newrubble »

betul bmw dulu pasti lbh murah drpd benz

dulu benchmark bgini ....th 85-90 ... harga series 3 baru = harga honda accord latest model bekas pakai (itu biasa pedagang omong kalo jualan ... jimmy dr jimmy jaya motor cideng sering omong bgt ke sy ... krn dia bbrp x beli kalo alm ayah jual)

yg sy ingat (krn alm.ayah buka med.clinic di pt isc.CKD manufacturer bmw jaman itu) ...th 87 ahir harga e28 520i matic dgn us bumper itu rp.68juta ...th88 520is matic dgn euro bumper itu rp.73juta ...th95 320i e36 matic non-limited onroad rp.130juta ...e34 520i matic individual pack onroad rp.250juta ...e38 730iL (tdk ada yg manual smua matic) rp.400juta atau lbh murah rp.50juta dari w140 s320 matic CKD

jual lg kalo benz sampai th 2002 ya merem sj ... paling sial (bodoh skali) itu balik modal rupiah
Haagendasz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Sat Aug 22, 2015 15:31

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by Haagendasz »

paling konyol klo liat harga SLK bokap saya sekarang om ... dulu beli 1,1 M tahun 2012, disini liat cuma 35.000 euro tahun terbaru dengan option sama ...

oiya om, klo beli mobil 2nd hand di negara lain trus dibawa masuk ke sini bisa ya om ? misal di Jerman atau Estonia trus di register di sini ?
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7435
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by newrubble »

kalo urusan beli mobil bekas murah di EU , EEA ...

baltic zone beli di latvia (fmr.soviet republics mmg jauh lbh murah tapi disono byk barang curian ... taxi punya supir sy ilang di paris (dacia duster).ktmu 2015.12 di almaty, kazakhstan ....tapi sudah milik insurance ..dia cuma hrs tdtgn u acknowledgement sj

central europe beli di poland ... check sj traffic violation history di polisi dekat situ mrk online EU EEA-wide ... jgn sampai ada penalty overdue jauh lbh mahal drpd hrg mobil

sweden tempat termurah beli saab n volvo bekas ....roadworthy ... no oil leak

germany tempat yermurah di EU EEA beli classic porsche sedan bekas trutama front engined models

tapi kalo sy saran: drpd beli lbh baik ambil lease.....empat thn cukup.... murah ... tanpa DP ....apalagi hybrid itu full govt.subsidy ... mitsi outlander phev di uk cuma.£ 262 per month ... di sini cuma € 200 / mth ... nissan leaf cuma.€ 300 / mth ... tar ahir term jgn ambil purchase option .... balikin ke dealer n ambil brandnew under lease term juga
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by quyquy »

Pabrikan eropa, coba buat MPV 7 penumpang dng kriteria:
1. Seharga all new innova
2. Ground clearance minim 180mm
3. Dimensi se innova, gak lebih gede gak sekecil mobilio
4. Bikin gudang shop sparepart di semua provinsi indonesia

Dijamin, org pada berpaling ke merek eropa..
Haagendasz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Sat Aug 22, 2015 15:31

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by Haagendasz »

newrubble wrote:kalo urusan beli mobil bekas murah di EU , EEA ...

baltic zone beli di latvia (fmr.soviet republics mmg jauh lbh murah tapi disono byk barang curian ... taxi punya supir sy ilang di paris (dacia duster).ktmu 2015.12 di almaty, kazakhstan ....tapi sudah milik insurance ..dia cuma hrs tdtgn u acknowledgement sj

central europe beli di poland ... check sj traffic violation history di polisi dekat situ mrk online EU EEA-wide ... jgn sampai ada penalty overdue jauh lbh mahal drpd hrg mobil

sweden tempat termurah beli saab n volvo bekas ....roadworthy ... no oil leak

germany tempat yermurah di EU EEA beli classic porsche sedan bekas trutama front engined models

tapi kalo sy saran: drpd beli lbh baik ambil lease.....empat thn cukup.... murah ... tanpa DP ....apalagi hybrid itu full govt.subsidy ... mitsi outlander phev di uk cuma.£ 262 per month ... di sini cuma € 200 / mth ... nissan leaf cuma.€ 300 / mth ... tar ahir term jgn ambil purchase option .... balikin ke dealer n ambil brandnew under lease term juga
kepikiran hal ini karena liat di Norway ada Tesla murah, harga sampe separo di sini om ...

disini cukup banyak mobil dari Estonia & Russia kelilingan, baru kemaren liat SAAB plat Jerman disini ...

klo lease ini apakah sistemnya seperti rent dimana monthly installment yang kita bayarkan itu hangus ?

klo 2nd hand apa bisa di lease juga om ?
quyquy wrote:Pabrikan eropa, coba buat MPV 7 penumpang dng kriteria:
1. Seharga all new innova
2. Ground clearance minim 180mm
3. Dimensi se innova, gak lebih gede gak sekecil mobilio
4. Bikin gudang shop sparepart di semua provinsi indonesia

Dijamin, org pada berpaling ke merek eropa..
syarat utamanya perakitan harus ada di Indonesia sepertinya ... klo datang CBU kan pajaknya bisa bikin kita Pay 2 Get 1, mungkin bakal susah ngejar harga Innova ...

sebetulnya Merc & BMW itu spare part sudah tersebar di seluruh Indonesia klo saya pikir, kan toko spare part nya dimana2 ada ...
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7435
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by newrubble »

mobil mobil offline (no longer under factory warranty or ... sold by paralel importers) bisa lease (maksut sy long term rent) tapi lease price per month tdk beda jauh drpd mobil brandnew

tapi part n workshop risk ... masih ada resiko ganti parts n hunting bengkel

brandnew itu worry free ... EU EEA itu tempat manusia idup ... bukan manusia berjuang idup

yg repot disinikan resale ... krn umumnya org prefer brandnew ... jadi baiknya ambil mobil n ambil ownership yg tdk bikin pusing hrs jual jual kalo bosan ...
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7435
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: [Nostalgia] Berapa Harga Innova di Tahun 2004?

Post by newrubble »

EU brand masih fikir fikir CKD indo ... kec dia sdh invest dr jaman dulu

small market ... hrs modify krn low compliance sementara mrk sdh sibuk jualan besar u high compliance market

kurangi airbag set dari 6 jadi 2 itu xtra cost ... blm lagi hrs copot satnav juga another xtra

sementara mrk hrs bayar importduty.100% upfront

blm lg (ini yg costly juga) hrs set local vendoring network ....japs bikin bgini dg cara multi company takeover spy bisa full control on each vendor ... ga kena cara bgini u EU brands