Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1967
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by alvin23 »

Pasar kayak gini selain India dan Indonesia siapa sih yang mau? belum lagi budaya guyub / naik mobil rame2?

China dan Brazil saja best selling itu ya sedan-hatchback. Jalan udh banyak aspalnya.
Afrika? too advanced, mereka butuh hilux kuno xixi

ya gaheran memang mobil2 jenis gin localized di sini dan di india, karena kebutuhannya cukup spesifik
Rocky R ADS CVT 2021
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by ween »

kalo menurut ane, karena mpv tinggi yang dimaksud pada umumnya ladder frame.....hanya delica yang katanya pelopor mpv tinggi monokok.....
nah kalo udah ladder frame based, menurut ane sangat kagok/tanggung bagi para manufacturer membuat mpv tinggi ladder frame, mending sekalian dibikin suv 7 seater.....dan ini yang terjadi dengan ranger-everest; d-max-mu-x; hilux-fortuner; triton-pajero sport; navara-pathfinder
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7454
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by newrubble »

india

jauh lbh baik drpd.indo

punya.real middle class yg mostly.self employed.bukan majority.as employee

punya local brands n strong domestic market

punya tax structure yg logic.... bukan cuma asal collect n jadi uap

universities jadi industrial r-n-d partners in reciprocal way

mampu company acquisition mature n iconic foreign brands n including know how
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1967
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by alvin23 »

eeh maksudnya pasar buat MPV tingginya om NR hehe
Rocky R ADS CVT 2021
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7454
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by newrubble »

ya betul ... road conditions indo itu sama india

india punya 4.8juta km road network ... hanya 55% yg asphalted ... (vs china ... 4.5juta road length itu 3.5juta asphalted meski hanya 140,000 km met international construction std)

sampai skrg major roads di indian big cities bgt byk speedbumps ...

lobang jalanan masih ada yg besar n cukup u bathtub satu sapi besar ...

krn itu mrk bikin high gc.vans atau apapun sebutan yg layak u itu

tapi mmg steel ore disana jauh lbh murah drpd indo krn local production sanggup u supply domestic n global demand in commercially competitive way ...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by Turboman »

Om billy :
Yg anda sebut ya soal GC komponen terbawah chassis / suspensi / approach angle ya saya setuju juga bahwa hal tsb perlu dilihat

Saya menghormati opini anda

Kalo sy punya opini pribadi sedikit berbeda dibanding parameter2 yg anda sebut, emangnya saya salah ya ? Kan ane juga gak maksakan opini ane kepada anda

Setuju Ipah departure angle gak spt SUV, yach namanya juga MPV, kalo Ipah ane ya ngakalinnya ane buat tinggi dikit, kebetulan mangkok per depan bisa disetel en belakang ganti per lebih tinggi en yg lebih keras dikit.

Btw kalo mobil ceper pake snorkel, ya bisa aja nembus banjir tinggi tapi biasanya resiko air masuk kabin juga besar (pengalaman pribadi pake accord cielo nembus genangan agak tinggi en air sedikit masuk )

Dan kenapa anda spt nya sewot suru saya ganti judul ?

*bingung.com*
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by Turboman »

ween wrote:kalo menurut ane, karena mpv tinggi yang dimaksud pada umumnya ladder frame.....hanya delica yang katanya pelopor mpv tinggi monokok.....
nah kalo udah ladder frame based, menurut ane sangat kagok/tanggung bagi para manufacturer membuat mpv tinggi ladder frame, mending sekalian dibikin suv 7 seater.....dan ini yang terjadi dengan ranger-everest; d-max-mu-x; hilux-fortuner; triton-pajero sport; navara-pathfinder
Agree

Ane liat pabrik juga cenderung spt itu, lebih atraktif utk pemasaran dan profit lebih baik (maybe yah)
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by Turboman »

India mmg semangat entrepeneurship nya tinggi yah, self employed baik yg dagang, yg jadi konsultant, dll

Udah itu rata2 rajin-nya 2 jempol

Industri otomotif (merek lokal) dan ind komponen nya kuat, sektor Hulu nya sgt kuat, Baja sampe pigment utk bahan baku cat

Sorry OOT
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:Om billy :
Yg anda sebut ya soal GC komponen terbawah chassis / suspensi / approach angle ya saya setuju juga bahwa hal tsb perlu dilihat

Saya menghormati opini anda

Kalo sy punya opini pribadi sedikit berbeda dibanding parameter2 yg anda sebut, emangnya saya salah ya ? Kan ane juga gak maksakan opini ane kepada anda

Setuju Ipah departure angle gak spt SUV, yach namanya juga MPV, kalo Ipah ane ya ngakalinnya ane buat tinggi dikit, kebetulan mangkok per depan bisa disetel en belakang ganti per lebih tinggi en yg lebih keras dikit.

Btw kalo mobil ceper pake snorkel, ya bisa aja nembus banjir tinggi tapi biasanya resiko air masuk kabin juga besar (pengalaman pribadi pake accord cielo nembus genangan agak tinggi en air sedikit masuk )

Dan kenapa anda spt nya sewot suru saya ganti judul ?

*bingung.com*
Engga sewot om..... Sya kebingungan, soalnya dri awal di state

kenapa yah pabrikan mobil besar dunia jarang yg bikin MPV dgn ground Clearance tinggi

Yg bikin cuman :
- Toyota dgn Ipah
- Mitsu dgn Delica & Zinger (proyek Kuda malah dimatikan / Zinger idup segan - mati ogah)
- Isuzu dgn Panther (idup segan - mati ogah)"
Padahal gc ipah yg dijadikan contoh sama sekali ga tinggi, bertentangan dgn judul treat anda juga soal gc tinggi

Kalau pertanyaanya hanya ini, jawabanya hampir semua LMPV jg gcnya lebih dari ipah.
Ipah tidak bisa dipaksakan punya gc tinggi agar fit dgn judul

Kemudian
Anda bilang
Tapi GC spt itu biasanya belum tentu berkorelasi dgn jarak lantai dek ke aspal

Kalau wading depth biasanya ada berkorelasi dgn jarak lantai dek ke aspal
Bearti yg anda maksud bukan gc.. Tapi floor clearence berbeda dgn judul.dan hubunganya ke wading depth lebih baik

Bearti yg di bicarain bukan ground clearence, tp floor clearence utk wading depth baik.. Klw ini contoh nya pakai ipah masih bisa benar
*meski blm ada datanya dibanding yg lain*

Monggo terserah saja, saya yakin ilmu anda lebih dari saya dan sudah paham betul mengenai ini. sya hanya penggemar anda yg kebingungan dan brusaha mendapat pencerahan

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1301
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by mr_mytplx »

ha2x. iy baru sadar kl patokannya cm ground clearance ama MPV itu LMPV smua GC nya 180-200an dan bentuknya MPV.

yg non bonet ada APV ma luxio jg.

banyak jg ternyata.
Last edited by mr_mytplx on Sat Feb 20, 2016 1:36, edited 1 time in total.
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by daftar »

Kayaknya margin inopah emang tifis deh (dibanding SUV basis sama), makanya cuman yoyota yang sanggup., bs untung main volume penjualan. merk lain pikir2.
mitsu juga kabarnya mau main LMPV di bawah inopah
:ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by Turboman »

Floor clearance....thx utk pencerahannya :big_deal:

Any kind of MPV / LMPV sih wajar punya GC rata2 tinggi, mungkin utk antisipasi jika mobil dimuati orang banyak, saat agak turun setidaknya masih lumayan juga jaraknya

GC / FC (Fl clear) biasanya juga terkait wheelbase, mobil WB panjang jika ceper riskan nyangkut di undakan / jalan jelek

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
gazelink
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Sat Aug 04, 2012 15:16

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by gazelink »

Kalo delica gimana?
Kenapa delica ga dibuat dieselnya.
Kompetitornya semua bensin tampang modern,
Delica sorry to say kaku tapi maskulin, masih okelah.
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by PRBS »

daritadi ikut nyimak. tapi ada 1 hal yg bikin saya bingung..



MPV sama minibus itu sama ga sih? soalnya menurut saya MPV itu keluarga roti tawar. kek biante, delica, serena, alprat, caravelle.

kalo minibus itu : innova, panther, dkk. (ladderframe)


tapi ya kalau arti MPV dan minibus di indo sama. ya berarti saya salah. hehe. kalau pelopor MPV tinggi itu delica. dari jaman delica jadul, udah ada tuh di web sebelah (expeditionportal) dan banyak dibikin jd offroad serius. terus ada lagi vw caravelle dibikin mpv offroad use. dan dkk.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7454
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by newrubble »

MPV itu vehicle class reference in european n northamerican market ... tapi dipakai resmi sbg legal term oleh federal dot (us) 1985

minibus itu term yg pertama x dipakai mitsi (new marwa1970 motors) di indo thn 1970 u marketing delica L100 selanjutnya jadi automotive tax reference 1973 (gantikan istilah prahoto yg diambil dr vrachtautomobiel**) sampai skrg

vrachtautomobiel hrsnya adalah lorry dan bestelwagen adalah (delivery/panel) van

dulu sampai th80n awal org amerika bilang van u sekelas ford econoline dan stationwagon u sedanbased "combi" macam fordpinto

beda istilah sj
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by haristk7 »

gazelink wrote:Kalo delica gimana?
Kenapa delica ga dibuat dieselnya.
Kompetitornya semua bensin tampang modern,
Delica sorry to say kaku tapi maskulin, masih okelah.
di Jepang yang laku malah varian Diesel nya om..4wd pula. Saya disana cukup lama nemu Delica hampir selalu Diesel, di dealer mobil bekas juga banyakan yang Diesel, disini mah yang dimasukin cuma 2.0 bensin. Aslinya dia ada 2.0 bensin, 2.4 bensin, ama 2.2 Turbodiesel..dan opsional 4WD

sepupu ane yang kerjaannya suka bikin bolak-balik ke Tokyo juga cerita, kalo nemu Delica hampir selalu itu versi Diesel..

di Jepang juga ada varian "cepernya" Delica, namanya "Roadest"

Image
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by doge »

haristk7 wrote:
gazelink wrote:Kalo delica gimana?
Kenapa delica ga dibuat dieselnya.
Kompetitornya semua bensin tampang modern,
Delica sorry to say kaku tapi maskulin, masih okelah.
di Jepang yang laku malah varian Diesel nya om..4wd pula. Saya disana cukup lama nemu Delica hampir selalu Diesel, di dealer mobil bekas juga banyakan yang Diesel, disini mah yang dimasukin cuma 2.0 bensin. Aslinya dia ada 2.0 bensin, 2.4 bensin, ama 2.2 Turbodiesel..dan opsional 4WD

sepupu ane yang kerjaannya suka bikin bolak-balik ke Tokyo juga cerita, kalo nemu Delica hampir selalu itu versi Diesel..

di Jepang juga ada varian "cepernya" Delica, namanya "Roadest"

Image
Mm... delica yg disini ff ato fr?
:ngacir:
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by haristk7 »

doge wrote: Mm... delica yg disini ff ato fr?
depan doang om, 2000cc bensin dengan badan nyaris segede Alphard...
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3159
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by walid_007 »

Mungkin lebih tepatnya bilang posisi duduk... ato posisi mau duduk model manjat.. klo naik mobil mpv lain sort avanza biasanya bokong kita tinggal ndelosor aja.. ga perlu manjat

Nah tp klo aphard masuk tinggi dong.. tp ya sering gasruk.. ya bbrrt cukup rumit maksudnya-_-
engine roaring!
Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Wed Apr 22, 2015 1:54

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by Kaptenslow »

haristk7 wrote:
gazelink wrote:Kalo delica gimana?
Kenapa delica ga dibuat dieselnya.
Kompetitornya semua bensin tampang modern,
Delica sorry to say kaku tapi maskulin, masih okelah.
di Jepang yang laku malah varian Diesel nya om..4wd pula. Saya disana cukup lama nemu Delica hampir selalu Diesel, di dealer mobil bekas juga banyakan yang Diesel, disini mah yang dimasukin cuma 2.0 bensin. Aslinya dia ada 2.0 bensin, 2.4 bensin, ama 2.2 Turbodiesel..dan opsional 4WD

sepupu ane yang kerjaannya suka bikin bolak-balik ke Tokyo juga cerita, kalo nemu Delica hampir selalu itu versi Diesel..

di Jepang juga ada varian "cepernya" Delica, namanya "Roadest"

Image

Cakep juga yah delica kalo dimodelin seperti itu. Gak kelihatan kayak DELIvery CAr.... IMHO.. :mky_01:
:mky_08:
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by 3mul »

haristk7 wrote:
di Jepang yang laku malah varian Diesel nya om..4wd pula. Saya disana cukup lama nemu Delica hampir selalu Diesel, di dealer mobil bekas juga banyakan yang Diesel, disini mah yang dimasukin cuma 2.0 bensin. Aslinya dia ada 2.0 bensin, 2.4 bensin, ama 2.2 Turbodiesel..dan opsional 4WD
Mimpi saya: Delica 2.2 Turbodiesel 2WD aja cukup lah :big_love:
*pinginpunyamitsu
User avatar
the_officer
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Fri Dec 28, 2012 7:21

Re: RE: Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by the_officer »

haristk7 wrote:
gazelink wrote:Kalo delica gimana?
Kenapa delica ga dibuat dieselnya.
Kompetitornya semua bensin tampang modern,
Delica sorry to say kaku tapi maskulin, masih okelah.
di Jepang yang laku malah varian Diesel nya om..4wd pula. Saya disana cukup lama nemu Delica hampir selalu Diesel, di dealer mobil bekas juga banyakan yang Diesel, disini mah yang dimasukin cuma 2.0 bensin. Aslinya dia ada 2.0 bensin, 2.4 bensin, ama 2.2 Turbodiesel..dan opsional 4WD

sepupu ane yang kerjaannya suka bikin bolak-balik ke Tokyo juga cerita, kalo nemu Delica hampir selalu itu versi Diesel..

di Jepang juga ada varian "cepernya" Delica, namanya "Roadest"

Image
Aduuh itu delica jadi cakep yaa kalo tampangnya gitu

Keren euy

Sent from my Lenovo S660 using Tapatalk
Selalu ada alasan untuk tersenyum, Nikmatilah perjalanan kita
blibagus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Mon Jan 25, 2016 2:19

Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)

Post by blibagus »

Rakean wrote:Panther gosip2 nya bakal ada penggantinya RU30.. Ntah sampe sekarang ga ada kabarnya lagi...

Kalo panther versi india (chevy tavera) sekarang ini udah lebih update daripada di Indonesia dan Philippines.. Interior lebih fresh, hu double din

Iya nih, walolun ane kurang suka designnya, tp kan lumayan, daripada lumanyun ky di indo, g update.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.