Silahkan Om... Justru ogud makasih uda ngeramein Trit...paidjho wrote:Matur nuwun Om Marmut...marmut wrote:@ paidjho,
untuk petrol sekitar 10-12 bar.
Om TS, maaf udah nebeng di trit nya...
"Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin
Nah ini menarik... terima kasih banget Om... Barusan sourcing2, testimoninya sih menarik. Apakah Om sudah pernah nyobain di TUSS ini? hasilnya bagaimana kah? Atas masukannya terima kasih Om...lemonadelovers wrote:Klo mau simple knp ga coba TUSS d pr*vis aja liat2 testinya bagus2 tp saya blm pernah tau hasil dyno nya
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
-
- SM Specialist
- Posts: 22020
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin
Dalam modifikasi sebaiknya tentukan dulu apa yg hendak kita capai dan pahami dahulu apa sebab performa mesin gak sesuai dengan harapan kita
Utk mesin2 Gasoline closed loop sebabnya adalah ECU harus maintain AFR ideal, termasuk saat WOT
Juga modif bisa dimulai dari luar mesin dulu yang mana sifatnya nanti mesin bisa dikembalikan ke std nya lagi saat mobil akan dijual
Rekomendasi saya :
1. Piggyback yg bisa kontrol AFR & Timing api serta kembalikan mesin jadi open loop, spt Unichip atau yg advance = Greedy E Manage
2. Modif exhaust, aplikasi header & babat katalik
aplikasi no 1 & 2 pasti bedanya udah kerasa & mobil dapat dikembalikan ke std saat mau dijual nanti.
3. JIka dirasa masih kurang barulah poles Cyl head, sebaiknya jangan naikkan kompresi dulu karena naik kompresi itu sifatnya irreversible / one way ticket
Just IMHO
Utk mesin2 Gasoline closed loop sebabnya adalah ECU harus maintain AFR ideal, termasuk saat WOT
Juga modif bisa dimulai dari luar mesin dulu yang mana sifatnya nanti mesin bisa dikembalikan ke std nya lagi saat mobil akan dijual
Rekomendasi saya :
1. Piggyback yg bisa kontrol AFR & Timing api serta kembalikan mesin jadi open loop, spt Unichip atau yg advance = Greedy E Manage
2. Modif exhaust, aplikasi header & babat katalik
aplikasi no 1 & 2 pasti bedanya udah kerasa & mobil dapat dikembalikan ke std saat mau dijual nanti.
3. JIka dirasa masih kurang barulah poles Cyl head, sebaiknya jangan naikkan kompresi dulu karena naik kompresi itu sifatnya irreversible / one way ticket
Just IMHO
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26954
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin
huss... master opo tohh ane ini...cuman nubie yg perna disakiti oleh GL dan masi memendam rasa cinta hingga skrg... master GL tuh si master kodokpushup... konon kabar gosip yg beredar di jalanan, GL 6 speed nya doi muterin sentul 50 detik doank... atau master marmut yg diatas tuh, yg merem aj bsa bongkar mesin...Betty wrote:Wah Master GL uda bersabda *Menjura Hormat Dulu*DOHC wrote:kl HR15DE mahh ud ga usa pusing... tinggal buka website nismo nya malon... pesen supercharger kit nya impul.... tinggal plug and play ama HR15DE... tenaga jaminan naek...
atau kl mau pahe, pakein dastek aj... dl jaman OGL aj ud ad yg GL nya naek dastek... lmayan nambah 10an hp kira2..
atau port and polish head nya aj... sebenernya default pabrikan jg ud lumayan rapi bkinan nya(apalagi compared to buatan toyota lokal, jauhh banget), tp bagian intake nya masi agak kasar... coba di alusin dikit...
Nambah Dastek itu HP nambah... kalau "sekolahin kaki", FC bisa lebih baik daripada standar ga om? anggap situasi jalan raya normal dalam kota ya Om...
Port and Polish head itu berarti mesin langsung berubah jadi Ga standar ya? (Ini sama dengan mapas head gitu ga sih Om? CMIIW) Nah ngalusin bagian intake yang kasar itu ada bengkel recommended ga ya Om? Resiko terbesar Port and Polish head sama ngalusin intake itu apa ya kira2?
Nubitol mohon petunjuknya ya Om.... Sebelum dan Sesudahnya beribu terima kasih.
*menjura hormat*
by default, selama ga rubah injector, seharus nya sehh FCga memburuk, apalagi kl kaki kanan disekolahin.. krn fungsi si daster kan cuman manipulasi, tp debit udara, bensin, pengapian tetep ngandalin parts ori... cuman komposisi nya aj yg dimaenin.. cmiiw ahh...
yup, PnP pasti ga standar, tp ini beda ama papas head om... krn ruang kompresi tetep ga di utak atik... lagian kompresi GL ud 1:10.5, ud tinggi... kcuali kaya salah satu user di tret GL yg head nya melengkung, mau ga mau ya papas itu... btw, kl resiko sehh minim, malah resiko resiko papas head lebi gede lohh... PnP misalnya gagal, at least head masi bsa kepake... tp kl papas gagal, yah bubar, lembiru... bengkel banyak sehh, cari aj yg bonafid, si provis, autodyne, ams setau ane mreka nrima koq PnP...
numpang lewat aja....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin
*Catet..... Catet..... Catet..... *DOHC wrote:huss... master opo tohh ane ini...cuman nubie yg perna disakiti oleh GL dan masi memendam rasa cinta hingga skrg... master GL tuh si master kodokpushup... konon kabar gosip yg beredar di jalanan, GL 6 speed nya doi muterin sentul 50 detik doank... atau master marmut yg diatas tuh, yg merem aj bsa bongkar mesin...Betty wrote:Wah Master GL uda bersabda *Menjura Hormat Dulu*DOHC wrote:kl HR15DE mahh ud ga usa pusing... tinggal buka website nismo nya malon... pesen supercharger kit nya impul.... tinggal plug and play ama HR15DE... tenaga jaminan naek...
atau kl mau pahe, pakein dastek aj... dl jaman OGL aj ud ad yg GL nya naek dastek... lmayan nambah 10an hp kira2..
atau port and polish head nya aj... sebenernya default pabrikan jg ud lumayan rapi bkinan nya(apalagi compared to buatan toyota lokal, jauhh banget), tp bagian intake nya masi agak kasar... coba di alusin dikit...
Nambah Dastek itu HP nambah... kalau "sekolahin kaki", FC bisa lebih baik daripada standar ga om? anggap situasi jalan raya normal dalam kota ya Om...
Port and Polish head itu berarti mesin langsung berubah jadi Ga standar ya? (Ini sama dengan mapas head gitu ga sih Om? CMIIW) Nah ngalusin bagian intake yang kasar itu ada bengkel recommended ga ya Om? Resiko terbesar Port and Polish head sama ngalusin intake itu apa ya kira2?
Nubitol mohon petunjuknya ya Om.... Sebelum dan Sesudahnya beribu terima kasih.
*menjura hormat*
by default, selama ga rubah injector, seharus nya sehh FCga memburuk, apalagi kl kaki kanan disekolahin.. krn fungsi si daster kan cuman manipulasi, tp debit udara, bensin, pengapian tetep ngandalin parts ori... cuman komposisi nya aj yg dimaenin.. cmiiw ahh...
yup, PnP pasti ga standar, tp ini beda ama papas head om... krn ruang kompresi tetep ga di utak atik... lagian kompresi GL ud 1:10.5, ud tinggi... kcuali kaya salah satu user di tret GL yg head nya melengkung, mau ga mau ya papas itu... btw, kl resiko sehh minim, malah resiko resiko papas head lebi gede lohh... PnP misalnya gagal, at least head masi bsa kepake... tp kl papas gagal, yah bubar, lembiru... bengkel banyak sehh, cari aj yg bonafid, si provis, autodyne, ams setau ane mreka nrima koq PnP...
Berarti dengan kata lain Kompresi rasio justru harusnya jadi alternatif terakhir ya karena kompresi bawaan sudah cukup tinggi.... oke ... oke ...
Terima kasih banget Om DOHC... atas sharing dan pencerahannya....
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin
*Ketika Master sudah bersabda nubitol cuma bisa terkesima*Turboman wrote:Dalam modifikasi sebaiknya tentukan dulu apa yg hendak kita capai dan pahami dahulu apa sebab performa mesin gak sesuai dengan harapan kita
Utk mesin2 Gasoline closed loop sebabnya adalah ECU harus maintain AFR ideal, termasuk saat WOT
Juga modif bisa dimulai dari luar mesin dulu yang mana sifatnya nanti mesin bisa dikembalikan ke std nya lagi saat mobil akan dijual
Rekomendasi saya :
1. Piggyback yg bisa kontrol AFR & Timing api serta kembalikan mesin jadi open loop, spt Unichip atau yg advance = Greedy E Manage
2. Modif exhaust, aplikasi header & babat katalik
aplikasi no 1 & 2 pasti bedanya udah kerasa & mobil dapat dikembalikan ke std saat mau dijual nanti.
3. JIka dirasa masih kurang barulah poles Cyl head, sebaiknya jangan naikkan kompresi dulu karena naik kompresi itu sifatnya irreversible / one way ticket
Just IMHO
Errr... berarti Ngoprek Kompresi justru alternatif terakhir ya Om... Oke .... Oke ... Oke... * Catet *
Btw ogud mau nanya kalau di forum - forum otomotif WOT itu apa maksudnya ya Om? Soale kalau di forum2 sebelah WOT itu "Woman On....." Kalau AFR itu kan perbandingan bahan bakar dan udara ya kalau ga salah CMIIW.
Satu lagi om... Kalau mesin dari Close Loop diubah jadi Open Loop, bukannya lebih beresiko memperpendek umur mesin ya Om karena analoginya uda ga ada yang ngontrol sama sekali kebutuhan mesin tersebut.... CMIIW....
Sebelum dan sesudahnya terima kasih banget Om Turbo...
Setidaknya ogud tau... ngoprek Kompresi itu not recommended buat ogud yang "Casual user" .... hehehe...
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26954
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin
bertaon2 wara wiri di forum2 otomotif...
yg biasa ane tau WOT malah wide open throttle... ehh skrg malah ad women on top... oalahh...
*catet ahh..
yg biasa ane tau WOT malah wide open throttle... ehh skrg malah ad women on top... oalahh...
*catet ahh..
numpang lewat aja....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin
DOHC wrote:bertaon2 wara wiri di forum2 otomotif...
yg biasa ane tau WOT malah wide open throttle... ehh skrg malah ad women on top... oalahh...
*catet ahh..
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin
Women -> plural (more than 1)DOHC wrote:bertaon2 wara wiri di forum2 otomotif...
yg biasa ane tau WOT malah wide open throttle... ehh skrg malah ad women on top... oalahh...
*catet ahh..
Noted.
Btt btt
WOT-> wide open throttle... -> gaspol
-
- SM Specialist
- Posts: 15640
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin
Kalau standar sudah tinggi (di atas 10) rasanya papas head itu kurang diperlukan... Apalagi kalau street use only ya bukan buat racing. Cost dan benefitnya gak sebanding.
Mending optimalkan di sektor lain saja.
Mending optimalkan di sektor lain saja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin
Amen To That Bro....ChZ wrote:Kalau standar sudah tinggi (di atas 10) rasanya papas head itu kurang diperlukan... Apalagi kalau street use only ya bukan buat racing. Cost dan benefitnya gak sebanding.
Mending optimalkan di sektor lain saja.
Singkat Padat Jelas Bermutu...
Ban ... Ban ... Kamsia atas masukannya bro...
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
-
- SM Specialist
- Posts: 22020
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin
WOT = Wide Open ThrottleBetty wrote:
Errr... berarti Ngoprek Kompresi justru alternatif terakhir ya Om... Oke .... Oke ... Oke... * Catet *
Btw ogud mau nanya kalau di forum - forum otomotif WOT itu apa maksudnya ya Om? Soale kalau di forum2 sebelah WOT itu "Woman On....." Kalau AFR itu kan perbandingan bahan bakar dan udara ya kalau ga salah CMIIW.
Satu lagi om... Kalau mesin dari Close Loop diubah jadi Open Loop, bukannya lebih beresiko memperpendek umur mesin ya Om karena analoginya uda ga ada yang ngontrol sama sekali kebutuhan mesin tersebut.... CMIIW....
Sebelum dan sesudahnya terima kasih banget Om Turbo...
Setidaknya ogud tau... ngoprek Kompresi itu not recommended buat ogud yang "Casual user" .... hehehe...
Alias bejek dalem2 pedal gas
Mesin open loop justru sebetulnya lebih adem krn pada saat WOT itu bensin nyembur cukup banyak sampe AFR agak rich sesaat, nah yg penting setting timing pengapiannya walau maju tapi jangan sampe ngelitik.....kalo sampe ngelitik ya efeknya lama2 bisa merusak.
Mesin open loop bukan gak ada yg kontrol ya, tapi kontrol-nya gak seketat closed loop yg sgt memperhatikan emisi gas buang
Kenapa mobil2 modern settingan semua closed loop ? ini murni masalah kontrol emisi aja, walau dgn trade off = tarikan awal jadi lemot (krn AFR sgt dijaga / gak bisa rich sesaat maka pengapian juga gak bisa maju jauh2)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin
Kalau dikaitkan dengan FC.... Asumsi cara mengemudi sama ya Om... Close Loop VS Open Loop akan lebih baik mana FC nya? Tarikan awal jadi Lemot... YESSSSS!!!! itu dia problem utama HR15DE... Mesin sudah "dimanja" sesuai standar pabrik... jadi menurut judgement ogud, itu murni bawaan orok...Turboman wrote:WOT = Wide Open ThrottleBetty wrote:
Errr... berarti Ngoprek Kompresi justru alternatif terakhir ya Om... Oke .... Oke ... Oke... * Catet *
Btw ogud mau nanya kalau di forum - forum otomotif WOT itu apa maksudnya ya Om? Soale kalau di forum2 sebelah WOT itu "Woman On....." Kalau AFR itu kan perbandingan bahan bakar dan udara ya kalau ga salah CMIIW.
Satu lagi om... Kalau mesin dari Close Loop diubah jadi Open Loop, bukannya lebih beresiko memperpendek umur mesin ya Om karena analoginya uda ga ada yang ngontrol sama sekali kebutuhan mesin tersebut.... CMIIW....
Sebelum dan sesudahnya terima kasih banget Om Turbo...
Setidaknya ogud tau... ngoprek Kompresi itu not recommended buat ogud yang "Casual user" .... hehehe...
Alias bejek dalem2 pedal gas
Mesin open loop justru sebetulnya lebih adem krn pada saat WOT itu bensin nyembur cukup banyak sampe AFR agak rich sesaat, nah yg penting setting timing pengapiannya walau maju tapi jangan sampe ngelitik.....kalo sampe ngelitik ya efeknya lama2 bisa merusak.
Mesin open loop bukan gak ada yg kontrol ya, tapi kontrol-nya gak seketat closed loop yg sgt memperhatikan emisi gas buang
Kenapa mobil2 modern settingan semua closed loop ? ini murni masalah kontrol emisi aja, walau dgn trade off = tarikan awal jadi lemot (krn AFR sgt dijaga / gak bisa rich sesaat maka pengapian juga gak bisa maju jauh2)
Sebelum dan sesudahnya terima kasih Om Turbo...
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Tue May 05, 2015 9:19
Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin
ijin komen ya om..
pertama jangan samakan "ngoprek" (mesin) motor sama dengan mesin mobil. apalagi motor 2 tak 1 silinder dibanding mesin mobil 4tak (min 4 silinder), jumlah komponen nya sudah jauh berbeda. otomastis biaya pun beda.
kedua saran saya untuk modif kendaraan (oprek), sebisa mungkin bertahap. klo ditanya mbah gugel, istilahnya "stage 1, 2,3 dst".
dan ini pun sama seperti di motor maupun mobil, 2 tak atau 4 tak
stage 1
biasanya semua peningkatan perfromance yang "bolt on"/ "plug n play" atau tinggal pasang. dan pemasangannya bisa di undo/ dilepas dan dipasang kembali ori nya. seperti ganti exhaust/ knalpot (termasuk header nya), saringan udara, piggyback, setting karbu (jetting ulang) dsb.
stage 2
peningkatan dari stage 1, disini peningkatan performance yang mulai serius tapi masih bisa dipakai sehari2. ganti noken as (cam shaft), ganti karbu lebih besar. dsini masih bisa dikembalikan ke kondisi standar dengan memasang kembali komponen ori nya tapi dengan usaha sedikit lebih besar.
disini bisa mengganti seher/ piston dengan yang elbih jenong (dome) untuk meningkatkan kompresi. dan ini bisa dikembalikan ek standar. inti sampe stage 2 ini adalah, blok mesin masih standar. porting polish pun bisa kelompokkan di stage ini.
stage 3
ini sudah lebih dari stage 2, dan diperlukan keahlian yang lebih lagi. seperti oversize diameter seher/ piston, ganti crankshaft/ kruk as. disni sudah tidak disarankan untuk pemakaian sehari2. klo di luar negri dibilang stage 3 ini sudah tidak street legal.
disetiap bengkel/ speedshop punya aturan dan defisnisi masing2 untuk staging modifikasi. bahkan ada yang sampai stage 5 atau lebih dengan tujuan untuk diversifikasi budget.
dan seperti yang sudah disarankan oleh suhu2 disini, pemapasan cylinder head itu tidak disarankan. kecuali sudah melewati stage 2, dalam artian modifikasi stage 3.
tapi memang, pengalaman saya pemapasan kepala silinder paling gampang untuk peningkatan performance.
kompresi naik, tenaga yang dihasilkan pun naik, rpm puncak pun ikut makin tinggi sehingga kecepatan kendaraan makin tinggi.
tapi kompresi tinggi harus di imbangi oleh sistem pendinginan yang baik. apalagi ditambah lalu lintas yang macet. setting pengapian pun akan ikut berubah. pemilihan bahan bakar yang tahan kompresi tinggi, dsb.
apalagi klo pemapasan kepala silinder nya banyak, timing gear/ timing belt bisa kendor yang akhirnya klep bisa beradu.
sekian om sharing nya, semoga membantu.
kalo ada yang salah, mohon maaf karena itu keterbatasan pengetahuan saya dan mohon di koreksi.
pertama jangan samakan "ngoprek" (mesin) motor sama dengan mesin mobil. apalagi motor 2 tak 1 silinder dibanding mesin mobil 4tak (min 4 silinder), jumlah komponen nya sudah jauh berbeda. otomastis biaya pun beda.
kedua saran saya untuk modif kendaraan (oprek), sebisa mungkin bertahap. klo ditanya mbah gugel, istilahnya "stage 1, 2,3 dst".
dan ini pun sama seperti di motor maupun mobil, 2 tak atau 4 tak
stage 1
biasanya semua peningkatan perfromance yang "bolt on"/ "plug n play" atau tinggal pasang. dan pemasangannya bisa di undo/ dilepas dan dipasang kembali ori nya. seperti ganti exhaust/ knalpot (termasuk header nya), saringan udara, piggyback, setting karbu (jetting ulang) dsb.
stage 2
peningkatan dari stage 1, disini peningkatan performance yang mulai serius tapi masih bisa dipakai sehari2. ganti noken as (cam shaft), ganti karbu lebih besar. dsini masih bisa dikembalikan ke kondisi standar dengan memasang kembali komponen ori nya tapi dengan usaha sedikit lebih besar.
disini bisa mengganti seher/ piston dengan yang elbih jenong (dome) untuk meningkatkan kompresi. dan ini bisa dikembalikan ek standar. inti sampe stage 2 ini adalah, blok mesin masih standar. porting polish pun bisa kelompokkan di stage ini.
stage 3
ini sudah lebih dari stage 2, dan diperlukan keahlian yang lebih lagi. seperti oversize diameter seher/ piston, ganti crankshaft/ kruk as. disni sudah tidak disarankan untuk pemakaian sehari2. klo di luar negri dibilang stage 3 ini sudah tidak street legal.
disetiap bengkel/ speedshop punya aturan dan defisnisi masing2 untuk staging modifikasi. bahkan ada yang sampai stage 5 atau lebih dengan tujuan untuk diversifikasi budget.
dan seperti yang sudah disarankan oleh suhu2 disini, pemapasan cylinder head itu tidak disarankan. kecuali sudah melewati stage 2, dalam artian modifikasi stage 3.
tapi memang, pengalaman saya pemapasan kepala silinder paling gampang untuk peningkatan performance.
kompresi naik, tenaga yang dihasilkan pun naik, rpm puncak pun ikut makin tinggi sehingga kecepatan kendaraan makin tinggi.
tapi kompresi tinggi harus di imbangi oleh sistem pendinginan yang baik. apalagi ditambah lalu lintas yang macet. setting pengapian pun akan ikut berubah. pemilihan bahan bakar yang tahan kompresi tinggi, dsb.
apalagi klo pemapasan kepala silinder nya banyak, timing gear/ timing belt bisa kendor yang akhirnya klep bisa beradu.
sekian om sharing nya, semoga membantu.
kalo ada yang salah, mohon maaf karena itu keterbatasan pengetahuan saya dan mohon di koreksi.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Tue May 05, 2015 9:19
Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin
baidewei,
klo sudah modif/oprek mesin, jangan berharap FC rendah.
peningkatan performance berbanding lurus dengan konsumsi bahan bakar.
walaupun kaki kanan sudah lulus S3
CMIIW
klo sudah modif/oprek mesin, jangan berharap FC rendah.
peningkatan performance berbanding lurus dengan konsumsi bahan bakar.
walaupun kaki kanan sudah lulus S3
CMIIW
-
- SM Specialist
- Posts: 22020
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: "Mengoprek" Kompresi Rasio Mesin
@Beti :
Dgn piggyback dan mainkan AFR dan timing busi, efisiensi thermal bisa sedikit lebih baik krn timing busi bisa kita majukan lebih advance
Setting AFR lebih proporsional, dan timing lebih optimal
Jika jalan lancar bisa saja sedikit lebih baik FC nya
Nah ini tergantung kepiawaian tuner nya nanti dan tentu gaya nyetir harus pulse n glide
Dgn piggyback dan mainkan AFR dan timing busi, efisiensi thermal bisa sedikit lebih baik krn timing busi bisa kita majukan lebih advance
Setting AFR lebih proporsional, dan timing lebih optimal
Jika jalan lancar bisa saja sedikit lebih baik FC nya
Nah ini tergantung kepiawaian tuner nya nanti dan tentu gaya nyetir harus pulse n glide
* Bukan ajakan Beli *