Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

dmgmac
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Nov 01, 2023 7:09

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by dmgmac »

Halo agan-agan,
Mau tanya, saya ada Mitsubishi ANPS 2021 50rb km+,
Ganti oli transmisi tiap brp km ya? karena saya tanya beres dan call center Mitsubishi katanya 100rb km baru ganti, tp agak sangsi sih
Emang oli transmisi bisa tahan sampai segitu lamanya kah?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9780
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

dmgmac wrote: Tue Apr 30, 2024 10:32 Halo agan-agan,
Mau tanya, saya ada Mitsubishi ANPS 2021 50rb km+,
Ganti oli transmisi tiap brp km ya? karena saya tanya beres dan call center Mitsubishi katanya 100rb km baru ganti, tp agak sangsi sih
Emang oli transmisi bisa tahan sampai segitu lamanya kah?
Lah ini pas skrg :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1854
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

dmgmac wrote: Tue Apr 30, 2024 10:32 Halo agan-agan,
Mau tanya, saya ada Mitsubishi ANPS 2021 50rb km+,
Ganti oli transmisi tiap brp km ya? karena saya tanya beres dan call center Mitsubishi katanya 100rb km baru ganti, tp agak sangsi sih
Emang oli transmisi bisa tahan sampai segitu lamanya kah?
Bagusnya pake 20-40rb/2 tahun tergantung kualitas oli yang dipake. Di 100rb km nanti sekalian overhaul transmisi kalo ikut ajaran sesat beres :big_weee:
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by kenop »

dmgmac wrote: Tue Apr 30, 2024 10:32 Halo agan-agan,
Mau tanya, saya ada Mitsubishi ANPS 2021 50rb km+,
Ganti oli transmisi tiap brp km ya? karena saya tanya beres dan call center Mitsubishi katanya 100rb km baru ganti, tp agak sangsi sih
Emang oli transmisi bisa tahan sampai segitu lamanya kah?
40rb lah ganti kl dr baru, sy kmrn ini ganti di 45rebuan itu oli uda item, uda ampir ngga ada warna merah nya, di beres jg sama blg nya 100rb nti di cek dl kl perlu ganti baru diganti :mky_01:
balonkuadalima
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Dec 03, 2015 6:42

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by balonkuadalima »

Halo om om semua. Ada yg punya info, di Jogja dimana yg jual Oli CVT semacam Q8 Auto CVT Evo, Amsoil, Aisin CFex, dll. Kebetulan mobil pakai HRV CVT, pngn ganti oli CVT selain Honda HCF2. Trims om semuanya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9780
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

balonkuadalima wrote: Sat May 04, 2024 6:28 Halo om om semua. Ada yg punya info, di Jogja dimana yg jual Oli CVT semacam Q8 Auto CVT Evo, Amsoil, Aisin CFex, dll. Kebetulan mobil pakai HRV CVT, pngn ganti oli CVT selain Honda HCF2. Trims om semuanya
Cek cek

https://tokopedia.link/7KiAfNuPjJb

Lokasi solo
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1854
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

balonkuadalima wrote: Sat May 04, 2024 6:28 Halo om om semua. Ada yg punya info, di Jogja dimana yg jual Oli CVT semacam Q8 Auto CVT Evo, Amsoil, Aisin CFex, dll. Kebetulan mobil pakai HRV CVT, pngn ganti oli CVT selain Honda HCF2. Trims om semuanya
Jogja Olie setau saya ada Q8 CVT EVO
balonkuadalima
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Dec 03, 2015 6:42

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by balonkuadalima »

sahabatq8 wrote: Sat May 04, 2024 9:00
balonkuadalima wrote: Sat May 04, 2024 6:28 Halo om om semua. Ada yg punya info, di Jogja dimana yg jual Oli CVT semacam Q8 Auto CVT Evo, Amsoil, Aisin CFex, dll. Kebetulan mobil pakai HRV CVT, pngn ganti oli CVT selain Honda HCF2. Trims om semuanya
Jogja Olie setau saya ada Q8 CVT EVO
Okee, jogja oli jalan magelang yaaa. Tenkyu om2 infonya
User avatar
Krigger
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Thu Jan 13, 2022 12:37
Daily Vehicle: L15zf - HRV E 2018

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Krigger »

Malam suhu mau tanya rekomen oli transmisi buat seltos 2021 dry dual clutch, tmn ane ke beres malah dikasi oli mtf 77 ktnya bs dipake buat mobilnya..makin bingung dia 😅
Susah liat teman senang, senang liat teman susah.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1854
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

Krigger wrote: Mon May 06, 2024 15:25 Malam suhu mau tanya rekomen oli transmisi buat seltos 2021 dry dual clutch, tmn ane ke beres malah dikasi oli mtf 77 ktnya bs dipake buat mobilnya..makin bingung dia 😅
Pake Q8 DCT EVO bisa, udah beberapa orang ganti.
Vaynard
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Sat Nov 11, 2023 1:49
Location: jakarta
Daily Vehicle: yamaha lexi

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Vaynard »

permisi om semua

saya baru punya mobil second 6 bulan lalu, servce record tetapi sepertinya tidak pernah ganti oli transmisi, oiya sekarang km 56rb
kemaren maen lah ke c*akra untuk ganti oli transmisi dan mesin sekalian walaupun baru umur 4rb km, seabis menjelah di SM banyak yang rekomendasi ini jadinya mau mencoba juga

pada saat dieksekusi ganti, saya tinggal karna bawa istri dan anak mau nyari sarapan dulu
balik dari sarapan ternyata udah selesai ganti olinya
ini prosesnya ganti aja tanpa flushing karna saya pikir toh oli mesin juga pada saat diganti juga engga 100% kebuang karna pasti masih ada sisanya didalam mesin
tetapi setelah diganti oli transmisinya kata mekaniknya olinya sudah hitam
setelah beberapa hari saya overthinking, apakah keputusan tidak flushing merupakan blunder? karena oli nya yang hitam menunjukan cukup lama oli itu tidak dikuras

mohon masukan dan ilmunya juga om om sekalian
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 528
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ariswp »

Vaynard wrote: Tue May 07, 2024 3:01 permisi om semua

saya baru punya mobil second 6 bulan lalu, servce record tetapi sepertinya tidak pernah ganti oli transmisi, oiya sekarang km 56rb
kemaren maen lah ke c*akra untuk ganti oli transmisi dan mesin sekalian walaupun baru umur 4rb km, seabis menjelah di SM banyak yang rekomendasi ini jadinya mau mencoba juga

pada saat dieksekusi ganti, saya tinggal karna bawa istri dan anak mau nyari sarapan dulu
balik dari sarapan ternyata udah selesai ganti olinya
ini prosesnya ganti aja tanpa flushing karna saya pikir toh oli mesin juga pada saat diganti juga engga 100% kebuang karna pasti masih ada sisanya didalam mesin
tetapi setelah diganti oli transmisinya kata mekaniknya olinya sudah hitam
setelah beberapa hari saya overthinking, apakah keputusan tidak flushing merupakan blunder? karena oli nya yang hitam menunjukan cukup lama oli itu tidak dikuras

mohon masukan dan ilmunya juga om om sekalian
Tidak perlu flushing, ini sudah ganti biasa (drain and fill) kan? Biar lebih bersih, seminggu lagi lakukan hal yang sama, lakukan 2x lagi
Mobilnya apa? Klo honda 5at sih 3x ganti atf secara manual sudah mengganti 70-80% kandungan atf lama di matic sih,
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Vaynard
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Sat Nov 11, 2023 1:49
Location: jakarta
Daily Vehicle: yamaha lexi

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Vaynard »

ariswp wrote: Tue May 07, 2024 3:16
Vaynard wrote: Tue May 07, 2024 3:01 permisi om semua

saya baru punya mobil second 6 bulan lalu, servce record tetapi sepertinya tidak pernah ganti oli transmisi, oiya sekarang km 56rb
kemaren maen lah ke c*akra untuk ganti oli transmisi dan mesin sekalian walaupun baru umur 4rb km, seabis menjelah di SM banyak yang rekomendasi ini jadinya mau mencoba juga

pada saat dieksekusi ganti, saya tinggal karna bawa istri dan anak mau nyari sarapan dulu
balik dari sarapan ternyata udah selesai ganti olinya
ini prosesnya ganti aja tanpa flushing karna saya pikir toh oli mesin juga pada saat diganti juga engga 100% kebuang karna pasti masih ada sisanya didalam mesin
tetapi setelah diganti oli transmisinya kata mekaniknya olinya sudah hitam
setelah beberapa hari saya overthinking, apakah keputusan tidak flushing merupakan blunder? karena oli nya yang hitam menunjukan cukup lama oli itu tidak dikuras

mohon masukan dan ilmunya juga om om sekalian
Tidak perlu flushing, ini sudah ganti biasa (drain and fill) kan? Biar lebih bersih, seminggu lagi lakukan hal yang sama, lakukan 2x lagi
Mobilnya apa? Klo honda 5at sih 3x ganti atf secara manual sudah mengganti 70-80% kandungan atf lama di matic sih,

Perlu diganti lagi kah om olinya?
oiya lupa mobilnya K15B 4AT hehehe
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9780
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

Vaynard wrote: Tue May 07, 2024 3:01 permisi om semua

saya baru punya mobil second 6 bulan lalu, servce record tetapi sepertinya tidak pernah ganti oli transmisi, oiya sekarang km 56rb
kemaren maen lah ke c*akra untuk ganti oli transmisi dan mesin sekalian walaupun baru umur 4rb km, seabis menjelah di SM banyak yang rekomendasi ini jadinya mau mencoba juga

pada saat dieksekusi ganti, saya tinggal karna bawa istri dan anak mau nyari sarapan dulu
balik dari sarapan ternyata udah selesai ganti olinya
ini prosesnya ganti aja tanpa flushing karna saya pikir toh oli mesin juga pada saat diganti juga engga 100% kebuang karna pasti masih ada sisanya didalam mesin
tetapi setelah diganti oli transmisinya kata mekaniknya olinya sudah hitam
setelah beberapa hari saya overthinking, apakah keputusan tidak flushing merupakan blunder? karena oli nya yang hitam menunjukan cukup lama oli itu tidak dikuras

mohon masukan dan ilmunya juga om om sekalian
Bisa 2 opsi:
- Drain and Refill 2-3x di waktu yg sama (jalan sekitar bengkel, maju dan mundur jarak pendek, terus buang dan ganti baru, diulangi 2-3x)
- Drain and Refill 2-3x di waktu yg berbeda dalam rentang 1 bulan (tiap minggu ke bengkel ganti ATF)
Last edited by Suryaputra on Tue May 07, 2024 4:28, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 534
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Chr1stm1 »

Suryaputra wrote: Tue May 07, 2024 4:25
Vaynard wrote: Tue May 07, 2024 3:01 permisi om semua

saya baru punya mobil second 6 bulan lalu, servce record tetapi sepertinya tidak pernah ganti oli transmisi, oiya sekarang km 56rb
kemaren maen lah ke c*akra untuk ganti oli transmisi dan mesin sekalian walaupun baru umur 4rb km, seabis menjelah di SM banyak yang rekomendasi ini jadinya mau mencoba juga

pada saat dieksekusi ganti, saya tinggal karna bawa istri dan anak mau nyari sarapan dulu
balik dari sarapan ternyata udah selesai ganti olinya
ini prosesnya ganti aja tanpa flushing karna saya pikir toh oli mesin juga pada saat diganti juga engga 100% kebuang karna pasti masih ada sisanya didalam mesin
tetapi setelah diganti oli transmisinya kata mekaniknya olinya sudah hitam
setelah beberapa hari saya overthinking, apakah keputusan tidak flushing merupakan blunder? karena oli nya yang hitam menunjukan cukup lama oli itu tidak dikuras

mohon masukan dan ilmunya juga om om sekalian
Bisa 2 opsi:
- Drain and Refill 2-3x di waktu yg sama (jalan sekitar bengkel maju dan mundur jarak pendek, terus buang dan ganti baru, diulangi 2-3x)
- Drain and Refill 2-3x di waktu yg berbeda dalam rentang 1 bulan (tiap minggu ke bengkel ganti ATF)
Mending opsi 2 aja itu, yang pertama cape ngantri bengkelnya lagi tuh, wahaha
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9780
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

Chr1stm1 wrote: Tue May 07, 2024 4:27
Suryaputra wrote: Tue May 07, 2024 4:25
Vaynard wrote: Tue May 07, 2024 3:01 permisi om semua

saya baru punya mobil second 6 bulan lalu, servce record tetapi sepertinya tidak pernah ganti oli transmisi, oiya sekarang km 56rb
kemaren maen lah ke c*akra untuk ganti oli transmisi dan mesin sekalian walaupun baru umur 4rb km, seabis menjelah di SM banyak yang rekomendasi ini jadinya mau mencoba juga

pada saat dieksekusi ganti, saya tinggal karna bawa istri dan anak mau nyari sarapan dulu
balik dari sarapan ternyata udah selesai ganti olinya
ini prosesnya ganti aja tanpa flushing karna saya pikir toh oli mesin juga pada saat diganti juga engga 100% kebuang karna pasti masih ada sisanya didalam mesin
tetapi setelah diganti oli transmisinya kata mekaniknya olinya sudah hitam
setelah beberapa hari saya overthinking, apakah keputusan tidak flushing merupakan blunder? karena oli nya yang hitam menunjukan cukup lama oli itu tidak dikuras

mohon masukan dan ilmunya juga om om sekalian
Bisa 2 opsi:
- Drain and Refill 2-3x di waktu yg sama (jalan sekitar bengkel maju dan mundur jarak pendek, terus buang dan ganti baru, diulangi 2-3x)
- Drain and Refill 2-3x di waktu yg berbeda dalam rentang 1 bulan (tiap minggu ke bengkel ganti ATF)
Mending opsi 2 aja itu, yang pertama cape ngantri bengkelnya lagi tuh, wahaha
dijagain mbah, titip sm owner bengkel :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Vaynard
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Sat Nov 11, 2023 1:49
Location: jakarta
Daily Vehicle: yamaha lexi

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Vaynard »

Suryaputra wrote: Tue May 07, 2024 4:25
Vaynard wrote: Tue May 07, 2024 3:01 permisi om semua

saya baru punya mobil second 6 bulan lalu, servce record tetapi sepertinya tidak pernah ganti oli transmisi, oiya sekarang km 56rb
kemaren maen lah ke c*akra untuk ganti oli transmisi dan mesin sekalian walaupun baru umur 4rb km, seabis menjelah di SM banyak yang rekomendasi ini jadinya mau mencoba juga

pada saat dieksekusi ganti, saya tinggal karna bawa istri dan anak mau nyari sarapan dulu
balik dari sarapan ternyata udah selesai ganti olinya
ini prosesnya ganti aja tanpa flushing karna saya pikir toh oli mesin juga pada saat diganti juga engga 100% kebuang karna pasti masih ada sisanya didalam mesin
tetapi setelah diganti oli transmisinya kata mekaniknya olinya sudah hitam
setelah beberapa hari saya overthinking, apakah keputusan tidak flushing merupakan blunder? karena oli nya yang hitam menunjukan cukup lama oli itu tidak dikuras

mohon masukan dan ilmunya juga om om sekalian
Bisa 2 opsi:
- Drain and Refill 2-3x di waktu yg sama (jalan sekitar bengkel, maju dan mundur jarak pendek, terus buang dan ganti baru, diulangi 2-3x)
- Drain and Refill 2-3x di waktu yg berbeda dalam rentang 1 bulan (tiap minggu ke bengkel ganti ATF)
waduh harus di treatment seperti itu yaa?
setelah ganti oli udah lewat 2 minggu ini :big_cry: wkwk mana longweekend besok mau dibawa ke luar kota
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9780
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

Vaynard wrote: Tue May 07, 2024 4:32
Suryaputra wrote: Tue May 07, 2024 4:25
Vaynard wrote: Tue May 07, 2024 3:01 permisi om semua

saya baru punya mobil second 6 bulan lalu, servce record tetapi sepertinya tidak pernah ganti oli transmisi, oiya sekarang km 56rb
kemaren maen lah ke c*akra untuk ganti oli transmisi dan mesin sekalian walaupun baru umur 4rb km, seabis menjelah di SM banyak yang rekomendasi ini jadinya mau mencoba juga

pada saat dieksekusi ganti, saya tinggal karna bawa istri dan anak mau nyari sarapan dulu
balik dari sarapan ternyata udah selesai ganti olinya
ini prosesnya ganti aja tanpa flushing karna saya pikir toh oli mesin juga pada saat diganti juga engga 100% kebuang karna pasti masih ada sisanya didalam mesin
tetapi setelah diganti oli transmisinya kata mekaniknya olinya sudah hitam
setelah beberapa hari saya overthinking, apakah keputusan tidak flushing merupakan blunder? karena oli nya yang hitam menunjukan cukup lama oli itu tidak dikuras

mohon masukan dan ilmunya juga om om sekalian
Bisa 2 opsi:
- Drain and Refill 2-3x di waktu yg sama (jalan sekitar bengkel, maju dan mundur jarak pendek, terus buang dan ganti baru, diulangi 2-3x)
- Drain and Refill 2-3x di waktu yg berbeda dalam rentang 1 bulan (tiap minggu ke bengkel ganti ATF)
waduh harus di treatment seperti itu yaa?
setelah ganti oli udah lewat 2 minggu ini :big_cry: wkwk mana longweekend besok mau dibawa ke luar kota
Ya udh pakai aja dulu.
Habis tu ganti lagi.

Jadi sirkulasi lama dan baru mixed, dibuang, ganti baru lg nanti.
Hihihi.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by kenop »

Vaynard wrote: Tue May 07, 2024 4:32
Suryaputra wrote: Tue May 07, 2024 4:25
Vaynard wrote: Tue May 07, 2024 3:01 permisi om semua

saya baru punya mobil second 6 bulan lalu, servce record tetapi sepertinya tidak pernah ganti oli transmisi, oiya sekarang km 56rb
kemaren maen lah ke c*akra untuk ganti oli transmisi dan mesin sekalian walaupun baru umur 4rb km, seabis menjelah di SM banyak yang rekomendasi ini jadinya mau mencoba juga

pada saat dieksekusi ganti, saya tinggal karna bawa istri dan anak mau nyari sarapan dulu
balik dari sarapan ternyata udah selesai ganti olinya
ini prosesnya ganti aja tanpa flushing karna saya pikir toh oli mesin juga pada saat diganti juga engga 100% kebuang karna pasti masih ada sisanya didalam mesin
tetapi setelah diganti oli transmisinya kata mekaniknya olinya sudah hitam
setelah beberapa hari saya overthinking, apakah keputusan tidak flushing merupakan blunder? karena oli nya yang hitam menunjukan cukup lama oli itu tidak dikuras

mohon masukan dan ilmunya juga om om sekalian
Bisa 2 opsi:
- Drain and Refill 2-3x di waktu yg sama (jalan sekitar bengkel, maju dan mundur jarak pendek, terus buang dan ganti baru, diulangi 2-3x)
- Drain and Refill 2-3x di waktu yg berbeda dalam rentang 1 bulan (tiap minggu ke bengkel ganti ATF)
waduh harus di treatment seperti itu yaa?
setelah ganti oli udah lewat 2 minggu ini :big_cry: wkwk mana longweekend besok mau dibawa ke luar kota
Pake dulu aja om, uda pernah diganti tetep lebih baik daripada blm pernah diganti sama sekali :big_peace:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1854
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

Vaynard wrote: Tue May 07, 2024 3:01 permisi om semua

saya baru punya mobil second 6 bulan lalu, servce record tetapi sepertinya tidak pernah ganti oli transmisi, oiya sekarang km 56rb
kemaren maen lah ke c*akra untuk ganti oli transmisi dan mesin sekalian walaupun baru umur 4rb km, seabis menjelah di SM banyak yang rekomendasi ini jadinya mau mencoba juga

pada saat dieksekusi ganti, saya tinggal karna bawa istri dan anak mau nyari sarapan dulu
balik dari sarapan ternyata udah selesai ganti olinya
ini prosesnya ganti aja tanpa flushing karna saya pikir toh oli mesin juga pada saat diganti juga engga 100% kebuang karna pasti masih ada sisanya didalam mesin
tetapi setelah diganti oli transmisinya kata mekaniknya olinya sudah hitam
setelah beberapa hari saya overthinking, apakah keputusan tidak flushing merupakan blunder? karena oli nya yang hitam menunjukan cukup lama oli itu tidak dikuras

mohon masukan dan ilmunya juga om om sekalian
Kalo oli recordnya jelas , gak telat ganti saya prefer flushing karena oli baru yang kecampur oli lama persentasenya lebih dikit daripada kalo drain and refill 2-3x, tapi flushing kalo udah kotor bgt beresiko kalo case ekstrim malah transmisi jadi rusak.
Kalo di case om, udah bener itu drain and refill aja.
Vaynard
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Sat Nov 11, 2023 1:49
Location: jakarta
Daily Vehicle: yamaha lexi

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Vaynard »

kenop wrote: Tue May 07, 2024 6:01
Vaynard wrote: Tue May 07, 2024 4:32
Suryaputra wrote: Tue May 07, 2024 4:25 Bisa 2 opsi:
- Drain and Refill 2-3x di waktu yg sama (jalan sekitar bengkel, maju dan mundur jarak pendek, terus buang dan ganti baru, diulangi 2-3x)
- Drain and Refill 2-3x di waktu yg berbeda dalam rentang 1 bulan (tiap minggu ke bengkel ganti ATF)
waduh harus di treatment seperti itu yaa?
setelah ganti oli udah lewat 2 minggu ini :big_cry: wkwk mana longweekend besok mau dibawa ke luar kota
Pake dulu aja om, uda pernah diganti tetep lebih baik daripada blm pernah diganti sama sekali :big_peace:
sahabatq8 wrote: Tue May 07, 2024 6:42
Vaynard wrote: Tue May 07, 2024 3:01 permisi om semua

saya baru punya mobil second 6 bulan lalu, servce record tetapi sepertinya tidak pernah ganti oli transmisi, oiya sekarang km 56rb
kemaren maen lah ke c*akra untuk ganti oli transmisi dan mesin sekalian walaupun baru umur 4rb km, seabis menjelah di SM banyak yang rekomendasi ini jadinya mau mencoba juga

pada saat dieksekusi ganti, saya tinggal karna bawa istri dan anak mau nyari sarapan dulu
balik dari sarapan ternyata udah selesai ganti olinya
ini prosesnya ganti aja tanpa flushing karna saya pikir toh oli mesin juga pada saat diganti juga engga 100% kebuang karna pasti masih ada sisanya didalam mesin
tetapi setelah diganti oli transmisinya kata mekaniknya olinya sudah hitam
setelah beberapa hari saya overthinking, apakah keputusan tidak flushing merupakan blunder? karena oli nya yang hitam menunjukan cukup lama oli itu tidak dikuras

mohon masukan dan ilmunya juga om om sekalian
Kalo oli recordnya jelas , gak telat ganti saya prefer flushing karena oli baru yang kecampur oli lama persentasenya lebih dikit daripada kalo drain and refill 2-3x, tapi flushing kalo udah kotor bgt beresiko kalo case ekstrim malah transmisi jadi rusak.
Kalo di case om, udah bener itu drain and refill aja.
Suryaputra wrote: Tue May 07, 2024 4:40
Vaynard wrote: Tue May 07, 2024 4:32
Suryaputra wrote: Tue May 07, 2024 4:25

Bisa 2 opsi:
- Drain and Refill 2-3x di waktu yg sama (jalan sekitar bengkel, maju dan mundur jarak pendek, terus buang dan ganti baru, diulangi 2-3x)
- Drain and Refill 2-3x di waktu yg berbeda dalam rentang 1 bulan (tiap minggu ke bengkel ganti ATF)
waduh harus di treatment seperti itu yaa?
setelah ganti oli udah lewat 2 minggu ini :big_cry: wkwk mana longweekend besok mau dibawa ke luar kota
Ya udh pakai aja dulu.
Habis tu ganti lagi.

Jadi sirkulasi lama dan baru mixed, dibuang, ganti baru lg nanti.
Hihihi.
Terima kasih untuk saran dan ilmunya sekalian om om semua

untuk drain dan refill akan saya lakukan sesuai dengan saran dari om, karna saya kepikiran juga khawatirnya dengan indikasi olinya yang menghitam kalo cuma drain doang, khawatirnya banyak scrab di transmisinya dan dengan banyaknya video transmisi yang jebol bahkan ancur jadi makin overthinking aja
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5725
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sintoni »

Krigger wrote: Mon May 06, 2024 15:25 Malam suhu mau tanya rekomen oli transmisi buat seltos 2021 dry dual clutch, tmn ane ke beres malah dikasi oli mtf 77 ktnya bs dipake buat mobilnya..makin bingung dia 😅
Speknya di buku apa?

Kemaren fiesta ane jg dry DCT memang pake MTF 77 sih.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9780
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

Vaynard wrote: Tue May 07, 2024 6:55
kenop wrote: Tue May 07, 2024 6:01
Vaynard wrote: Tue May 07, 2024 4:32

waduh harus di treatment seperti itu yaa?
setelah ganti oli udah lewat 2 minggu ini :big_cry: wkwk mana longweekend besok mau dibawa ke luar kota
Pake dulu aja om, uda pernah diganti tetep lebih baik daripada blm pernah diganti sama sekali :big_peace:
sahabatq8 wrote: Tue May 07, 2024 6:42
Vaynard wrote: Tue May 07, 2024 3:01 permisi om semua

saya baru punya mobil second 6 bulan lalu, servce record tetapi sepertinya tidak pernah ganti oli transmisi, oiya sekarang km 56rb
kemaren maen lah ke c*akra untuk ganti oli transmisi dan mesin sekalian walaupun baru umur 4rb km, seabis menjelah di SM banyak yang rekomendasi ini jadinya mau mencoba juga

pada saat dieksekusi ganti, saya tinggal karna bawa istri dan anak mau nyari sarapan dulu
balik dari sarapan ternyata udah selesai ganti olinya
ini prosesnya ganti aja tanpa flushing karna saya pikir toh oli mesin juga pada saat diganti juga engga 100% kebuang karna pasti masih ada sisanya didalam mesin
tetapi setelah diganti oli transmisinya kata mekaniknya olinya sudah hitam
setelah beberapa hari saya overthinking, apakah keputusan tidak flushing merupakan blunder? karena oli nya yang hitam menunjukan cukup lama oli itu tidak dikuras

mohon masukan dan ilmunya juga om om sekalian
Kalo oli recordnya jelas , gak telat ganti saya prefer flushing karena oli baru yang kecampur oli lama persentasenya lebih dikit daripada kalo drain and refill 2-3x, tapi flushing kalo udah kotor bgt beresiko kalo case ekstrim malah transmisi jadi rusak.
Kalo di case om, udah bener itu drain and refill aja.
Suryaputra wrote: Tue May 07, 2024 4:40
Vaynard wrote: Tue May 07, 2024 4:32

waduh harus di treatment seperti itu yaa?
setelah ganti oli udah lewat 2 minggu ini :big_cry: wkwk mana longweekend besok mau dibawa ke luar kota
Ya udh pakai aja dulu.
Habis tu ganti lagi.

Jadi sirkulasi lama dan baru mixed, dibuang, ganti baru lg nanti.
Hihihi.
Terima kasih untuk saran dan ilmunya sekalian om om semua

untuk drain dan refill akan saya lakukan sesuai dengan saran dari om, karna saya kepikiran juga khawatirnya dengan indikasi olinya yang menghitam kalo cuma drain doang, khawatirnya banyak scrab di transmisinya dan dengan banyaknya video transmisi yang jebol bahkan ancur jadi makin overthinking aja
Aman om.

Yg jebol itu karena, makai kasar, gak pernah ganti oli dan/atau modif mesin melebihi kemampuan transmisi aslinya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1854
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

sintoni wrote: Tue May 07, 2024 7:29
Krigger wrote: Mon May 06, 2024 15:25 Malam suhu mau tanya rekomen oli transmisi buat seltos 2021 dry dual clutch, tmn ane ke beres malah dikasi oli mtf 77 ktnya bs dipake buat mobilnya..makin bingung dia 😅
Speknya di buku apa?

Kemaren fiesta ane jg dry DCT memang pake MTF 77 sih.
Kalo fiesta punya memang mintanya motorcraft 75w80 , kalo Seltos 70w/75w, lebih enak pake DCT EVO (setara 75w) pake 75W80 lebih kentel.
Opeakkk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
Location: Bandung
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Opeakkk »

Suryaputra wrote: Sat Apr 27, 2024 15:23
Opeakkk wrote: Sat Apr 27, 2024 15:01 Mbah, sedang galau juga oli matic, 400KM lagi ganti.
Lebih oke Aisin AFW+ atau PTT Automat ATF-1A ?
Untuk Livina L10 (manual book bilang Nissan Matic D)

Terima kasih
Sikat yg paling encer dari 2 opsi tsb
Hatur tengkyu mbah selalu jawab pertanyaan2 :big_deal:
Drain & refill 2x cukup ga ya

:big_childish: