BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4254
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Thu Mar 07, 2024 15:53
b0ku wrote: Thu Mar 07, 2024 14:15
kendibocor wrote: Thu Mar 07, 2024 13:48
Iya aja deh gw drpd debat kusir pake data gamau.

Coba gw mo tau pendapat lu gmn ttg ini
https://www.jdpower.com/business/press- ... ship-study

:upss:
ITU kan jaman FOMO :upss:

INI donk :mky_03:

https://www.jdpower.com/business/press- ... ship-study

sesuai prediksi makin rame malah makin jelek studynya karena di awal biased semua nyaman charging gak ngantri karena masih sepi makin kesini makin banyak yang pake chargingnya gak akan bisa follow demand akhirnya rebutan alias ngantri itu jadi salah faktor jeleknya karena ud ngantri akan ngabisin waktu lagi 15menit-2jem buat charging tergantung chargernya :big_biglaugh:

lah emang gw bisa tau lakuan dm-i dari mana kalo gak baca data situ sendiri kasih saya artikel basi :mky_03:

mau saya buka om data jualan di china ud sering saya ngomong sampe nyerocos pokoknya 2-4 itu VW-TOYOTA-HONDA itu 4 merek jualan hybrid aja memble apalagi jualan EV :big_biglaugh:
Konsisten aja dulu jd menurut loe 2022 masih jaman fomo trus 2023 uda ga fomo nih berdasarkan link yg lu kasih?

Nih gw kasih data lg biar lu bs baca

https://asia.nikkei.com/Business/Automo ... on%20units.
China naek trus penjualan EV

https://theicct.org/us-ev-sales-soar-into-24-jan24/
Nih di us masih ngegas aja tuh jualan EV.
Jd 2023-2024 masi fomo gak? :big_biglaugh:

Biar lu ga bingung makanya tentuin dlu deh parameter yg lu blg fomo2an gmn. Jgn2 sampe 2030 andaikata masih naek trus penjualan EV lu masih ngotot fomo2an doang lg :big_biglaugh:

Btw link yg lu kasih coba dibaca bener2 jgn baca judul doang. Kasian yg buat susah2 :mky_03:
Disitu ga ada tuh kesimpulan orng makin ga puas sama EV. Masalah yg muncul iya ada tp by data ga semua orng makin ga puas ma EV. Average segment premium EV betul ada penurunan kepuasan tp yg mass production fine2 aja tuh malah customer satisfactorynya naek. Jd data mana yg bisa lu pake bwat ambil kesimpulan semua orng makin ga puas sama EV? Orng yg buat analisis aja ga berani nyimpulin :big_biglaugh:

Masalah public charging station bermasalah ya pasti karena makin banyak yg pake. Balik lg supply n demand, justru muncul masalah ginian karena EV naek penjualannya. Btw loe pernah jalan2 ke kalimantan? Pernah liat ga truck2 ngantri solar sampe berhari2. Kalo mo cherrypick sama aja kan tuh mobil ICE jg susah nyari bahan bakar. Tp kn ini simpel emang demand >> supply. Siapa tau spklu bisa nambah signifikan kalo emang pengguna EV banyak. Sebenernya emang ga feasible gw bandingin kaya ginian sama ngecharge ev, tp mo cherrypick problem ice jg bisa dicari2 :big_biglaugh:

Btw dm-i apaan seh? Kalo gw google PHEV ya? Kalo gw google kok overall taon lalu byd tetep lebih banyak jualan ev (1,6jt) vs phev (1,4jt) nya ya. Jd lakuan dm-i itu mana ya datanya?
BASI om saya ud ngomong dari kemaren2x
b0ku wrote: Thu Feb 29, 2024 11:01
Suryaputra wrote: Thu Feb 29, 2024 10:41 After 10 years of development, Apple abruptly cancels its electric car project
https://www.npr.org/2024/02/27/12343158 ... ectric-car


EVs won over early adopters, but mainstream buyers aren't along for the ride yet
https://www.npr.org/2024/02/07/12277073 ... sales-2024

Biasanya indonesia itu mengikuti trend di silicon valley.

Contoh:
- 10 tahun lalu terjadi startup bubble di indonesia
- di waktu yg bersamaan, di silicon valley, startup udh seleksi alam
- sekarang startup mulai seleksi alam di indonesia

Questions:
1. Apakah hal yg sama akan terjadi di Indonesia untuk EV battery powered?
2. Apakah powerbank berjalan itu hny FoMo (takut kehilangan trend)??...

Time will tell.

Today di US sono, sbg kiblatnya EV, kondisi Hybrid sales are going up

:big_grin:

Yota is undoubtedly "still" smiling :big_biglaugh:
https://www.nytimes.com/2024/01/17/busi ... icles.html
ev 2023 all time high tapi mereka produksi terlalu banyak dan jd stock mati yang laku ya cuma tesla, ini yang saya omong dari dulu terusin aja sampe tinggi banget jualannya ntar suatu hari bakalan jatoh nyungsep karena makin banyak pakai makin banyak tau kekurangannya dan mereka bakalan keabisan konsumen yang fomo ya sekarang ud mulai deh :big_bored:

lagian di awal kemunculan mobil ev itu ud sempet merajai market :big_biglaugh:
cuma emng saya lupa sebut satu lagi laku BYD :big_weee:

dari dulu saya bilang kalo mereka suksess pun pasarnya bisa boring kayak hp karena mobilnya kagak ada karakter semua akhirnya nyari aman beli tesla/byd kebukti kan kek model Y sekarang jadi best selling di seluruh dunia 2023 ud kek taro semua telor dalem satu keranjang alias kek iphone semua pake iphone liat aja grafik jualan model Y yang laen jauh ketinggalan karena ketika ada opsi murah dan tinggi orang cenderung lari ke situ tungguin aja tesla keluarin lagi model di bawahnya bakalan jadi paling laris :big_bored:

lah di artikel bukanya ditulis berapa persen bakalan pindah ke hybrid
Most BEV owners say they’ll consider a BEV again, but first-time BEV owners may be more fickle: First-time BEV owners say they are open to considering non-BEVs in the future. However, almost half (48%) say they will consider a plug-in hybrid vehicle (PHEV) and 39% say they are willing to consider hybrid or internal combustion engine (ICE) vehicles. Meanwhile, 38% of previous BEV owners say they are willing to consider a PHEV and only 19% would consider a hybrid or ICE vehicle for their next purchase.
mereka consider PHEV karena mereka mau EV tanpa range anxiety :big_biglaugh:

terus bawahnya lagi
PHEVs might not present a good alternative to BEVs: Recently, news reports have suggested that plug-in hybrid vehicles could solve many of the issues plaguing BEVs, such as range limitations and lack of public charging availability. However, this year’s study finds that owners of PHEVs are, on the whole, much less satisfied with their vehicle than are owners of BEVs. Overall satisfaction with PHEVs is 629, while mass market BEVs (718) and premium BEVs (750) score much higher. “Plug-in hybrids may not be the simple solution to solving early issues with full battery electric vehicles,” Gruber said. “Expected lower running costs is a top purchase reason for EVs but satisfaction with the cost of ownership is much lower for plug-in hybrids. Plug-in hybrids retain the costs of maintaining a traditional powertrain yet without the benefit of the extended electric driving range found in full battery electric vehicles.”
eh tapi yang pake PHEV ributnya males maintain mesin bensin tapi driving EV modenya gak sebanyak bev :big_bored:

lagian ya ini biased juga sih masa cost ownership bisa lower padahal insurancenya ratenya aja disana jauh lebih tinggi EV bisa 2x lipet :mky_03:

kemaren ada yang ngasih perbandingan corvette 2022 sama tesla 2021 aja mahalan tesla ampir 2x lipet :big_biglaugh:

kan saya bilang makin kesini makin turun studynya tuh liat aja makin banyak negativenya kan :mky_03:
Public charging isn’t just bad—it’s getting worse: The study finds that the public charging experience continues to be a major source of EV owner frustration. Further, non-Tesla owners indicate that the situation is deteriorating. Among mass market BEV owners, satisfaction with public charger availability is 32 points lower than a year ago. “The industry should view this lack of improvement as a critical issue that requires decisive action,” Gruber said.
ini om FOMO bukan ini first time dan gak satisfied :mky_03:
First-time BEV owners are less satisfied than BEV veterans: Buyers new to BEV ownership are less satisfied than those who have previously owned a BEV. This year, the satisfaction gap between the two groups is 28 points, whereas a year ago, the gap was 14 points. Overall satisfaction among first-time BEV owners has declined 16 points from 2023. Battery range and public charging availability are the two factors in which the gap between previous BEV owners and new owners is greatest.
kalo veteran biasanya ud kayak cult soalnya sering ketemu di fb :mky_07:

sampe ada yang ngomong gini :mky_07:



om liat liat aja di IG model terlaris itu QIN DM-I 327rb unit YANG evnya cuma 128rb anehnya qin kagak dijual dimana2x di china doank gitu pula song dmi 296.000 unit evnya 93.000 ya jelas lah lakuan EV karena line upnya banyak yang cuma EV doank :mky_03:

berarti di china sendiri banyak yang range axiety gitu di kasi opsi hybrid model sama yang laku malah hybridnya mereka beli EV karena beberapa model emang gak ada hybridnya contohnya atto 3 gak ada dolphin gak ada, seal tadiannya kagak ada :mky_03:

lucunya itu SEAL sept baru dikasih opsi DM-I sejak itu pula DM-Inya lebih laris di banding EVnya contoh aja des 2023 seal ev cuma 4000an DMI bisa 10.000 :big_bored:

di china emang EV lagi naek cuma kalo liat penjualan NO2-4 itu lebih lucuk lagi mereka kagak laku jualan hybrid ama EV tebak aja sendiri jualan apa :mky_07:

jd jualan EVnya cuma ngandelin tesla doank sama BYD :big_bored:
Last edited by b0ku on Thu Mar 07, 2024 23:48, edited 1 time in total.
linschneider
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Dec 08, 2022 8:18

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by linschneider »

eh video mbah khong lg siksa diri tayang :big_biglaugh:



kendibocor wrote: Thu Mar 07, 2024 15:53
Masalah public charging station bermasalah ya pasti karena makin banyak yg pake. Balik lg supply n demand, justru muncul masalah ginian karena EV naek penjualannya. Btw loe pernah jalan2 ke kalimantan? Pernah liat ga truck2 ngantri solar sampe berhari2. Kalo mo cherrypick sama aja kan tuh mobil ICE jg susah nyari bahan bakar. Tp kn ini simpel emang demand >> supply. Siapa tau spklu bisa nambah signifikan kalo emang pengguna EV banyak. Sebenernya emang ga feasible gw bandingin kaya ginian sama ngecharge ev, tp mo cherrypick problem ice jg bisa dicari2 :big_biglaugh:
ttg poin antri solar berhari2, utk ev sih masih ada opsi colok di rumah tinggal bobo pagi keisi.

secara teori bisa tapi tetangga2 ane kok rasanya ga ada yg nyimpen jerigen di rumah yah :big_think:
Achien wrote: Thu Mar 07, 2024 15:58 Untuk sekarang ini kalo sekitar saya banyakan indent atto3

https://www.google.com/amp/s/otomotif.t ... -indonesia

Bulan feb menurut link di atas, juga masih atto3
tapi ga tau udah basi blm ya data nya.

Penggunaan EV charging lama mengganggu ya mungkin buat yang jarak tempuhnya tinggi dalam 1hari.

Kalo keseharian warga kota Jakarta macet paling jauh berapa km,
Pulang pergi kerja masih cukup.

Bebas gage, pulang rumah tinggal colok, ga perlu buang waktu ke pom,dan pajak murah.
beda lifestyle om

klo kaum sm mobilnya hrs kuat tiap lampu merah launch, dalkot sat set jarum pentok kanan minim 160 sambil narik kontener 20 ft dgn jarak 500km dlm posisi nanjak konstan

klo ngga kuat ya siksa diri itu mah :big_dunno:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9746
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Thu Mar 07, 2024 23:40
Suryaputra wrote: Thu Mar 07, 2024 16:07 Berbobot neh trit :big_exellent:
jadi mending tomoro coffee / point coffee um?

:big_biglaugh:
Tomoro ada oatside latte nya.
Cobain deh! buat yg kolesterolnya agak tinggi mantep tuh :big_biglaugh:

Klo suka agak manis, minta less sugar juga ok.

Nikmat mbah, nyimak ni trit sambil nyeruput tomoro :mky_02:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Achien
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Feb 29, 2024 4:47
Location: KB

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Achien »

Kebutuhan, kondisi, dan kebijakan negara /kota kan beda2.
Untuk saat ini Jakarta ada kelebihan2 yang patut dipertimbangkan untuk menggunakan EV.

Kalo pandangan orang terhadap EV tidak suka itu gpp kok, nama nya orang beda2 kebutuhan, kondisi dan pertimbangan nya terhadap sebuah mobil.
Pertimbangan buat saya mobil kerja daily ya harus irit, ga terlalu besar, harga, dst.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3440
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by kendibocor »

b0ku wrote: Thu Mar 07, 2024 23:44

BASI om saya ud ngomong dari kemaren2x
Loh gw balesnya jg dr kemaren. Uda counternya gini aja? Jd gmn 2022 lu blg jaman fomo kok 2023 masih naek trus salesnya? Analisisnya apa? 2023 masi fomo apa gmn?
b0ku wrote: Thu Mar 07, 2024 23:44 lagian ya ini biased juga sih masa cost ownership bisa lower padahal insurancenya ratenya aja disana jauh lebih tinggi EV bisa 2x lipet :mky_03:

kemaren ada yang ngasih perbandingan corvette 2022 sama tesla 2021 aja mahalan tesla ampir 2x lipet :big_biglaugh:
Lha, loe bisa simpulin bias tuh dr mana? Asumption again? Pernah punya tesla or corvette? Atau punya data statistik perbandingan cost of ownership tesla vs corvette? Jgn kayak pemilu teriak2 curang tp ga punya bukti. Yg penting ngomong curaaaang doang.
b0ku wrote: Thu Mar 07, 2024 23:44
Public charging isn’t just bad—it’s getting worse: The study finds that the public charging experience continues to be a major source of EV owner frustration. Further, non-Tesla owners indicate that the situation is deteriorating. Among mass market BEV owners, satisfaction with public charger availability is 32 points lower than a year ago. “The industry should view this lack of improvement as a critical issue that requires decisive action,” Gruber said.
ini om FOMO bukan ini first time dan gak satisfied :mky_03:
Ini logical fallacy sih. Loe ngerti dulu fomo apaan. Nih gw kasih definisinya kalo loe ga bs nyari:
IMG_0353.jpeg
Ada kata “others”. Jd ada pengaruh external. Jd loe pikir orng beli mobil (in this case, EV) cuman gara2 takut ga ikutan trend gitu? Ga ada faktor pertimbangan internal kaya emang kebutuhan dia atau yg lain? Trus emang kalo orng nyoba n ga puas artinya fomo? :big_biglaugh: kalo gw liat warteg yg kayanya enak trus nyobain makan di trus ga puas karena ga enak berarti fomo yak?
b0ku wrote: Thu Mar 07, 2024 23:44
First-time BEV owners are less satisfied than BEV veterans: Buyers new to BEV ownership are less satisfied than those who have previously owned a BEV. This year, the satisfaction gap between the two groups is 28 points, whereas a year ago, the gap was 14 points. Overall satisfaction among first-time BEV owners has declined 16 points from 2023. Battery range and public charging availability are the two factors in which the gap between previous BEV owners and new owners is greatest.
kalo veteran biasanya ud kayak cult soalnya sering ketemu di fb :mky_07:

b0ku wrote: Thu Mar 07, 2024 23:44 sampe ada yang ngomong gini :mky_07:

Asumption….again. Btw bagus tuh kata2 dia yg terakhir. “If you are happy with your choice, dont act like you are any better…..” bisa diterapin nih sama orng2 yg ngata2in orng homo segala gara2 pake ev :big_biglaugh:
b0ku wrote: Thu Mar 07, 2024 23:44 om liat liat aja di IG model terlaris itu QIN DM-I 327rb unit YANG evnya cuma 128rb anehnya qin kagak dijual dimana2x di china doank gitu pula song dmi 296.000 unit evnya 93.000 ya jelas lah lakuan EV karena line upnya banyak yang cuma EV doank :mky_03:

berarti di china sendiri banyak yang range axiety gitu di kasi opsi hybrid model sama yang laku malah hybridnya mereka beli EV karena beberapa model emang gak ada hybridnya contohnya atto 3 gak ada dolphin gak ada, seal tadiannya kagak ada :mky_03:

lucunya itu SEAL sept baru dikasih opsi DM-I sejak itu pula DM-Inya lebih laris di banding EVnya contoh aja des 2023 seal ev cuma 4000an DMI bisa 10.000 :big_bored:

di china emang EV lagi naek cuma kalo liat penjualan NO2-4 itu lebih lucuk lagi mereka kagak laku jualan hybrid ama EV tebak aja sendiri jualan apa :mky_07:

jd jualan EVnya cuma ngandelin tesla doank sama BYD :big_bored:
Lu mo ngomong seal phev nya lebih laku bla bla bla terserah tp ngomongnya di 2025 kalo data penjualannya uda keluar semua dlm setaon. Kalo ngomong seal dikasi phev trus lebih laku tp baru dari bulan des ya susah. Banyak faktor laen karena memang trim baru keluar pasti lebih laku lah drpd trim lama. Sementara data 2023 tetep aja tuh EV penjualannya lebih gede drpd PHEVnya, nih beritanya

https://www.bbc.com/news/business-67860232.amp
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by kendibocor on Fri Mar 08, 2024 2:02, edited 6 times in total.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3440
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by kendibocor »

linschneider wrote: Thu Mar 07, 2024 23:45 eh video mbah khong lg siksa diri tayang :big_biglaugh:



kendibocor wrote: Thu Mar 07, 2024 15:53
Masalah public charging station bermasalah ya pasti karena makin banyak yg pake. Balik lg supply n demand, justru muncul masalah ginian karena EV naek penjualannya. Btw loe pernah jalan2 ke kalimantan? Pernah liat ga truck2 ngantri solar sampe berhari2. Kalo mo cherrypick sama aja kan tuh mobil ICE jg susah nyari bahan bakar. Tp kn ini simpel emang demand >> supply. Siapa tau spklu bisa nambah signifikan kalo emang pengguna EV banyak. Sebenernya emang ga feasible gw bandingin kaya ginian sama ngecharge ev, tp mo cherrypick problem ice jg bisa dicari2 :big_biglaugh:
ttg poin antri solar berhari2, utk ev sih masih ada opsi colok di rumah tinggal bobo pagi keisi.

secara teori bisa tapi tetangga2 ane kok rasanya ga ada yg nyimpen jerigen di rumah yah :big_think:
Sebenernya ga apple to apple sih om perbandingannya tp ya kan mo cherrypicking kekurangan ice :upss:
Asal diskusi ma om boku jd kaya pemuja EV ane :big_slap:
Suryaputra wrote: Fri Mar 08, 2024 0:07 Tomoro ada oatside latte nya.
Cobain deh! buat yg kolesterolnya agak tinggi mantep tuh :big_biglaugh:

Klo suka agak manis, minta less sugar juga ok.

Nikmat mbah, nyimak ni trit sambil nyeruput tomoro :mky_02:
Jadi haus nih om capek ngetik :upss:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4254
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Fri Mar 08, 2024 1:49
b0ku wrote: Thu Mar 07, 2024 23:44

BASI om saya ud ngomong dari kemaren2x
Loh gw balesnya jg dr kemaren. Uda counternya gini aja? Jd gmn 2022 lu blg jaman fomo kok 2023 masih naek trus salesnya? Analisisnya apa? 2023 masi fomo apa gmn?
b0ku wrote: Thu Mar 07, 2024 23:44 lagian ya ini biased juga sih masa cost ownership bisa lower padahal insurancenya ratenya aja disana jauh lebih tinggi EV bisa 2x lipet :mky_03:

kemaren ada yang ngasih perbandingan corvette 2022 sama tesla 2021 aja mahalan tesla ampir 2x lipet :big_biglaugh:
Lha, loe bisa simpulin bias tuh dr mana? Asumption again? Pernah punya tesla or corvette? Atau punya data statistik perbandingan cost of ownership tesla vs corvette? Jgn kayak pemilu teriak2 curang tp ga punya bukti. Yg penting ngomong curaaaang doang.
b0ku wrote: Thu Mar 07, 2024 23:44
Public charging isn’t just bad—it’s getting worse: The study finds that the public charging experience continues to be a major source of EV owner frustration. Further, non-Tesla owners indicate that the situation is deteriorating. Among mass market BEV owners, satisfaction with public charger availability is 32 points lower than a year ago. “The industry should view this lack of improvement as a critical issue that requires decisive action,” Gruber said.
ini om FOMO bukan ini first time dan gak satisfied :mky_03:
Ini logical fallacy sih. Loe ngerti dulu fomo apaan. Nih gw kasih definisinya kalo loe ga bs nyari:
IMG_0353.jpeg
Ada kata “others”. Jd ada pengaruh external. Jd loe pikir orng beli mobil (in this case, EV) cuman gara2 takut ga ikutan trend gitu? Ga ada faktor pertimbangan internal kaya emang kebutuhan dia atau yg lain? Trus emang kalo orng nyoba n ga puas artinya fomo? :big_biglaugh: kalo gw liat warteg yg kayanya enak trus nyobain makan di trus ga puas karena ga enak berarti fomo yak?
b0ku wrote: Thu Mar 07, 2024 23:44
First-time BEV owners are less satisfied than BEV veterans: Buyers new to BEV ownership are less satisfied than those who have previously owned a BEV. This year, the satisfaction gap between the two groups is 28 points, whereas a year ago, the gap was 14 points. Overall satisfaction among first-time BEV owners has declined 16 points from 2023. Battery range and public charging availability are the two factors in which the gap between previous BEV owners and new owners is greatest.
kalo veteran biasanya ud kayak cult soalnya sering ketemu di fb :mky_07:

b0ku wrote: Thu Mar 07, 2024 23:44 sampe ada yang ngomong gini :mky_07:

Asumption….again. Btw bagus tuh kata2 dia yg terakhir. “If you are happy with your choice, dont act like you are any better…..” bisa diterapin nih sama orng2 yg ngata2in orng homo segala gara2 pake ev :big_biglaugh:
b0ku wrote: Thu Mar 07, 2024 23:44 om liat liat aja di IG model terlaris itu QIN DM-I 327rb unit YANG evnya cuma 128rb anehnya qin kagak dijual dimana2x di china doank gitu pula song dmi 296.000 unit evnya 93.000 ya jelas lah lakuan EV karena line upnya banyak yang cuma EV doank :mky_03:

berarti di china sendiri banyak yang range axiety gitu di kasi opsi hybrid model sama yang laku malah hybridnya mereka beli EV karena beberapa model emang gak ada hybridnya contohnya atto 3 gak ada dolphin gak ada, seal tadiannya kagak ada :mky_03:

lucunya itu SEAL sept baru dikasih opsi DM-I sejak itu pula DM-Inya lebih laris di banding EVnya contoh aja des 2023 seal ev cuma 4000an DMI bisa 10.000 :big_bored:

di china emang EV lagi naek cuma kalo liat penjualan NO2-4 itu lebih lucuk lagi mereka kagak laku jualan hybrid ama EV tebak aja sendiri jualan apa :mky_07:

jd jualan EVnya cuma ngandelin tesla doank sama BYD :big_bored:
Lu mo ngomong seal phev nya lebih laku bla bla bla terserah tp ngomongnya di 2025 kalo data penjualannya uda keluar semua dlm setaon. Kalo ngomong seal dikasi phev trus lebih laku tp baru dari bulan des ya susah. Banyak faktor laen karena memang trim baru keluar pasti lebih laku lah drpd trim lama. Sementara data 2023 tetep aja tuh EV penjualannya lebih gede drpd PHEVnya, nih beritanya

https://www.bbc.com/news/business-67860232.amp
aduh om ud gw bilang loe gak pake datanya yang laen kek qin sama song itu yang laku hybrid semua dari jualan2x kemaren gerakannya kek gitu makanya kan 2023 song sama qin bettengger di no 2 -3 di charts jualan mobil china lebih dari 50% itu hybrid semua itu model :big_weee:

gw cuma kasih contoh bulan des biar loe tau gambarannya betapa jauhnya versi EV sama hybrid ampir tiap bulan jualannya kek gitu gak cuma seal di model laen pun gitu :big_bored:

atto3, dolphin seaguul gak ada pilihan hybrid belom model yang kita gak inget sebutin juga gak ada opsi hybrid juga ya gak heran banyakan EV :mky_03:

kan gw dah bilang barang baru naek mulu kan BYD kalo dari charts jualannya naek jomplang itu baru sejak 2021 2023 paling tinggi semua ev kek gitu emang ini masa2xnya lagi fomo karena di endorse dan di push gila2xan dan banyak negara masih status early adopter bahkan ausie aja masih status early adopter :big_weee:

iya iya nih copetnya

https://caredge.com/chevrolet/corvette

nih model snya

https://caredge.com/tesla/model-s

belom ngomongin kalo batre jebol ya :big_biglaugh:

Image

loooooooh :big_weee:










tenang om kalo menurut saya ini gara2x chinese new year jadi datanya mungkin gak bisa kasih petujuk real marketnya :big_weee:

tapi ini data ud dipake ala lectric viking ngomong katanya BYD lagi nyungsep gw ampe bilang ni orang lagi nyabu apa jan feb itu lagi liburan chinese new year jelas aja jeblok :mky_07:
Last edited by b0ku on Fri Mar 08, 2024 2:36, edited 1 time in total.
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1080
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Zaxis »

Pusat ekonomi dunia eu us au dah ketok palu 2035 cuma bole jualan ev dan hidrogen
Ente mau blg itu busuk kaya apa juga percuma
Pabrikan emang mau stop dagang?
Kecuali ente bisa jadi sekjen PBB trus kasih advis ke pemerintah sono jangan larang mobil bensin
Mending belajar fabrikasi jadi nanti bisa produksi spare part mobil antik
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4254
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

Zaxis wrote: Fri Mar 08, 2024 2:36 Pusat ekonomi dunia eu us au dah ketok palu 2035 cuma bole jualan ev dan hidrogen
Ente mau blg itu busuk kaya apa juga percuma
Pabrikan emang mau stop dagang?
Kecuali ente bisa jadi sekjen PBB trus kasih advis ke pemerintah sono jangan larang mobil bensin
Mending belajar fabrikasi jadi nanti bisa produksi spare part mobil antik
masalahnya mereka juga gak stop dagang tapi bangkrut EV nya kagak laku yang jualan cuma tesla sama BYD :drinking:

persaingannya kagak sehat yang barat mau bersih tapi suruh bikin ev cost tinggi, china mau ev tapi gak peduli hajar semua batubara nuklir bikin terus biar cost energynya rendah imbasnya ke harga evnya jadi murah belom birokrasinya di permudah coba di barat :mky_07:

gimane mau bersaing kalo mau semua EV ya kek china coal all time high tiap taon :mky_07:

Image
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1080
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Zaxis »

b0ku wrote: Fri Mar 08, 2024 2:36
Zaxis wrote: Fri Mar 08, 2024 2:36 Pusat ekonomi dunia eu us au dah ketok palu 2035 cuma bole jualan ev dan hidrogen
Ente mau blg itu busuk kaya apa juga percuma
Pabrikan emang mau stop dagang?
Kecuali ente bisa jadi sekjen PBB trus kasih advis ke pemerintah sono jangan larang mobil bensin
Mending belajar fabrikasi jadi nanti bisa produksi spare part mobil antik
masalahnya mereka juga gak stop dagang tapi bangkrut EV nya kagak laku yang jualan cuma tesla sama BYD :drinking:
Yah uda nasib itu mah kaya nokiyem dan beriberi
Telat ber-inovasi,salah sendiri kan

Pemerintah kan buat policy,produsen yah harus adaptasi bukan ngotot mau buat acara sendiri kalo mau survive
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9746
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Fri Mar 08, 2024 2:36
Zaxis wrote: Fri Mar 08, 2024 2:36 Pusat ekonomi dunia eu us au dah ketok palu 2035 cuma bole jualan ev dan hidrogen
Ente mau blg itu busuk kaya apa juga percuma
Pabrikan emang mau stop dagang?
Kecuali ente bisa jadi sekjen PBB trus kasih advis ke pemerintah sono jangan larang mobil bensin
Mending belajar fabrikasi jadi nanti bisa produksi spare part mobil antik
masalahnya mereka juga gak stop dagang tapi bangkrut EV nya kagak laku yang jualan cuma tesla sama BYD :drinking:

persaingannya kagak sehat yang barat mau bersih tapi suruh bikin ev cost tinggi, china mau ev tapi gak peduli hajar semua batubara nuklir bikin terus biar cost energynya rendah imbasnya ke harga evnya jadi murah belom birokrasinya di permudah coba di barat :mky_07:

gimane mau bersaing kalo mau semua EV ya kek china coal all time high tiap taon :mky_07:

Image
Bagus sebetulnya.

mungkin market EV, di masa depan, ngeliatnya brand ini aja:
- Tesla = like Apple
- BYD / Chery / antek cina car = like Samsung (disusul Oppo / Somay / dan antek cina lain)
- Powerbank H miring punya potensi di Asia terutama

:big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Achien
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Feb 29, 2024 4:47
Location: KB

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Achien »

itu tadi dibaca jelas ga ya, more than 50% of byd selling itu sudah EV di year 2023
bukan per 1tipe mobil.

barang baru naik mulu, kalo tidak bagus apa ia bisa naik sampai overlap tesla as most selling EV worldwide?

Aussie EV most selling, number 1 & 2 tesla, number 3 byd atto3, number 4 mg4ev
kalo bilang fomo segitu efeknya,
kenapa pada ga fomo sama mopang EV?
trus european EV brand ?

dan

MG sales in EU bagus, apakah itu fomo?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9746
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

kendibocor wrote: Fri Mar 08, 2024 1:53

Jadi haus nih om capek ngetik :upss:

sok, dicoba mbahh
mumpung lg bakar duit dia :mky_02:

https://www.tomoro-coffee.com/app/download

bukan ajakan beli :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3440
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by kendibocor »

b0ku wrote: Fri Mar 08, 2024 2:28 aduh om ud gw bilang loe gak pake datanya yang laen kek qin sama song itu yang laku hybrid semua dari jualan2x kemaren gerakannya kek gitu makanya kan 2023 song sama qin bettengger di no 2 -3 di charts jualan mobil china lebih dari 50% itu hybrid semua itu model :big_weee:

gw cuma kasih contoh bulan des biar loe tau gambarannya betapa jauhnya versi EV sama hybrid ampir tiap bulan jualannya kek gitu gak cuma seal di model laen pun gitu :big_bored:

atto3, dolphin seaguul gak ada pilihan hybrid belom model yang kita gak inget sebutin juga gak ada opsi hybrid juga ya gak heran banyakan EV :mky_03:

kan gw dah bilang barang baru naek mulu kan BYD kalo dari charts jualannya naek jomplang itu baru sejak 2021 2023 paling tinggi semua ev kek gitu emang ini masa2xnya lagi fomo karena di endorse dan di push gila2xan dan banyak negara masih status early adopter bahkan ausie aja masih status early adopter :big_weee:

iya iya nih copetnya

https://caredge.com/chevrolet/corvette

nih model snya

https://caredge.com/tesla/model-s

belom ngomongin kalo batre jebol ya :big_biglaugh:

Image

loooooooh :big_weee:










tenang om kalo menurut saya ini gara2x chinese new year jadi datanya mungkin gak bisa kasih petujuk real marketnya :big_weee:

tapi ini data ud dipake ala lectric viking ngomong katanya BYD lagi nyungsep gw ampe bilang ni orang lagi nyabu apa jan feb itu lagi liburan chinese new year jelas aja jeblok :mky_07:
Ini gw ngomong per saat ini ya. Kalo logika loe hybrid jauh lebih laku drpd EV dan sales number EV lebih gede gara2 alto dolphin segala ga ada hybrid. Pertanyaan simpel gua knp si byd ga bikin hybrid di alto, dolphin, dll? BYD song yg lu blg itu uda ada phevnya dari jaman 2019 (source google, CMIIW), alto baru launching 2021. Kalo phev lebih laku logikanya mending si byd bikin si alto phev dluan aja drpd ev? :big_chicken:
Jgn jawab fomo ev lg ya, sampe saat ini aja lu blm bs nentuin parameter yg lu blg fomo2 tuh gmn :big_think:

Btw, baca grafik or ngambil data jgn sepotong. Makin gede sample, makin lama waktu penelitian ya makin kuat.

Masalah corvette vs tesla cost ownershipnya oke gw terima data loe tp itu jg ada flawnya. Metodologinya cuman algorithm doang bukan beneran survey atau studi retrospektif ke owner langsung :big_grin:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9746
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

Achien wrote: Fri Mar 08, 2024 2:56 itu tadi dibaca jelas ga ya, more than 50% of byd selling itu sudah EV di year 2023
bukan per 1tipe mobil.

barang baru naik mulu, kalo tidak bagus apa ia bisa naik sampai overlap tesla as most selling EV worldwide?

Aussie EV most selling, number 1 & 2 tesla, number 3 byd atto3, number 4 mg4ev
kalo bilang fomo segitu efeknya,
kenapa pada ga fomo sama mopang EV?
trus european EV brand ?

dan

MG sales in EU bagus, apakah itu fomo?
Intinya...
Mayoritas akan china-car pada waktunya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15619
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by ChZ »

Bibieight wrote: Thu Mar 07, 2024 12:06 Nah, malah kalo buat saya room improvement-nya EV masih banyak. Contoh : Kalo ICE kan dah sejak awal 2000an mentok di resep overhead camshaft+4 valve+variable timing+direct injection+turbo apapun mereknya, mulai dari BMW sampe Rocky, transmisi tinggal 2 pilihan : CVT attau TQ (tinggal VAG yg ngeyel ama DCT). Dulu, OHV, OHC, 3 valve, karburator, injector, direct injector. Kalo otto vs atkinson sih cuma tweaking biasa kan...

EV : Ndak usah ngomong jauh2 vaporware-nya Toyota si solid state battery, dari sisi hardware, yang implementasi teknologi dah deket aja macam dasar arsitektur belum duduk antara 400V (rest of the world) atau 800V (cuma Hyundai & Taican). Motor controller masih ada MOSFET Si atau SiC, sama IGBT. Ini ngaruh ke RPM, buat chopper DC-AC, bisa handel frekuensi+volt tinggi (I5 RWD pake SiC), jadi kalo pake SiC mentok di 10.000RPM, pake IGBT bisa lebih. Cooling mau model serpentine (Tesla), pack cooling plate (I5 dkk), immersion (Rivian). Konstruksi motor antara AC induction (Tesla) ama permanent magnet (rest of the world), belum winding-nya, stranded, bar, braided.

Belum coding-an controller, buat saya ini nyawa-nya, salah kalo dibilang EV ndak ada nyawa. Mulai dari gaya santai si I5, sampe sprightly si Polestar 2. Tukang tuner masa depan ya 60-70% ada disini kerjanya.

Bakal seru kalo ada pabrikan bikin semi open source buat software controllernya, jangan2 sama2 dikasih stock, hasil di sirkuit bisa beda jauh, ndak jauh2 dr F1 & Formula E, https://www.goodwood.com/grr/race/moder ... -2024/amp/ F1 23 balapan cuma 2 juara, Formula E 16 balapan 6 juara....
masalahnya justru itu resep yang bikin ICE bisa tahan kan, krn struktur nya dari dulu ya begitu-begitu aja.

tantangannya EV itu kan kalau udah keluar yang baru yang lama akan langsung nggak kepake. ya buat industri ini enak sih tinggal main sistem jual beli / loan nya aja cuma kan akhirnya ya udah green economy itu omon omon doang wong lebih waste of resources itu EV yg udah kedaluarsa ya bakal jd sampah :big_bored:

mengenai soul, ya ini kayak electone vs piano klasik, gitar elektrik vs gitar akustik, drum elektrik vs drum analog, etc.

ada sesuatu yang ngga bisa disamain alat musik elektronik, misalnya : mechanical feedback. buat sebagian musisi purist, yang analog lebih enak krn ada bobotnya. suara yg dihasilkan lebih powerful dan natural. sementara electone ya udah paling variasi fiturnya aja kek EV. praktis sih kalo nggak main full band macem dangdutan kampung.

mengingat pabrikan pembikin alat musik jg berkecimpung di otomotif (yamaha) jd analoginya valid lah :big_biglaugh:
Last edited by ChZ on Fri Mar 08, 2024 3:49, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3440
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by kendibocor »

Zaxis wrote: Fri Mar 08, 2024 2:46
b0ku wrote: Fri Mar 08, 2024 2:36
Zaxis wrote: Fri Mar 08, 2024 2:36 Pusat ekonomi dunia eu us au dah ketok palu 2035 cuma bole jualan ev dan hidrogen
Ente mau blg itu busuk kaya apa juga percuma
Pabrikan emang mau stop dagang?
Kecuali ente bisa jadi sekjen PBB trus kasih advis ke pemerintah sono jangan larang mobil bensin
Mending belajar fabrikasi jadi nanti bisa produksi spare part mobil antik
masalahnya mereka juga gak stop dagang tapi bangkrut EV nya kagak laku yang jualan cuma tesla sama BYD :drinking:
Yah uda nasib itu mah kaya nokiyem dan beriberi
Telat ber-inovasi,salah sendiri kan

Pemerintah kan buat policy,produsen yah harus adaptasi bukan ngotot mau buat acara sendiri kalo mau survive
Kalo kata dia ga bakalan om kaya nokijem. Dlu nokijem lg jaya2nya jg mikir gitu kali ya. Woles ae, ga bakalan ada yg bisa nyaingin gua :big_smoking:

Btw gw ga pernah ada statement toyota bakalan kaya nokijem, tp dis blg gw halu ngmng gitu. Padahal statement paling awal gw cuman blg belajar dr pengalaman nokijem penguasa pasar tp gamau trus berkembang n mengikuti jaman ya bisa aja tumbang :big_weee:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15619
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by ChZ »

Achien wrote: Thu Mar 07, 2024 9:48
Dengan privileges:
Bebas ganjil genap
Pajak tahunan murah
Ga perlu antri spbu (di daerah rumah / tempat kerja saya selalu antri karena spbu nya kecil jadi akses masuk nya antri bareng semua)
Ditambah fitur2 dari mobilnya sendiri yang kalo di lihat dari price bracket nya, mopang terasa low value.
kalau perkara policy sih nanti akan berubah lah.

bebas GaGe iya krn populasinya nggak banyak, kalo banyak apa nggak akhirnya diberlakukan lagi? malah beats the purpose GaGe ngurangin macet, loh kok malah ada mobil bebas GaGe kan aneh. lagian GaGe itu kalo orang punya duit ya beli 2 mobil kan. jadi sebenernya ini kebijakan yang cukup aneh.

pajak tahunan murah apa iya bisa terus murah, kalo pemerintah boncos ya akan naik juga. sama dgn listrik murah. dgn kondisi keuangan negara dan ganti presiden, yakin pajaknya gak bakal dinaikin wong udah ada wacana mau naikin pajak waktu kampanye :mky_03: lagi bangun IKN terus mau bikin makan gratis, ya pasti wacana kenaikan pajak akan makin gila di sono :mky_03:

ga perlu antri spbu, selama ngga lobet waktu blackout pemadaman bergilir ya. kalo pengguna makin banyak yg pake EV ya otomatis ada potensi pemadaman bergilir. kek gak ngerti aja caurnya pemerintah wakanda soal ginian :mky_03:

circumstancesnya akan berubah ketika populasinya nambah.
Last edited by ChZ on Fri Mar 08, 2024 4:02, edited 5 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4254
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Fri Mar 08, 2024 3:14
Ini gw ngomong per saat ini ya. Kalo logika loe hybrid jauh lebih laku drpd EV dan sales number EV lebih gede gara2 alto dolphin segala ga ada hybrid. Pertanyaan simpel gua knp si byd ga bikin hybrid di alto, dolphin, dll? BYD song yg lu blg itu uda ada phevnya dari jaman 2019 (source google, CMIIW), alto baru launching 2021. Kalo phev lebih laku logikanya mending si byd bikin si alto phev dluan aja drpd ev? :big_chicken:
Jgn jawab fomo ev lg ya, sampe saat ini aja lu blm bs nentuin parameter yg lu blg fomo2 tuh gmn :big_think:

Btw, baca grafik or ngambil data jgn sepotong. Makin gede sample, makin lama waktu penelitian ya makin kuat.

Masalah corvette vs tesla cost ownershipnya oke gw terima data loe tp itu jg ada flawnya. Metodologinya cuman algorithm doang bukan beneran survey atau studi retrospektif ke owner langsung :big_grin:
bukanya semua pabrikan mau berlomba2x jadi 100% bev ya??? :big_think:

kan sesuai target mereka mau 100% jual EV cuma kadang market ngomongnya laen makanya banyak yang strugle :big_biglaugh:

ya saya sih gak tau
Btw dm-i apaan seh? Kalo gw google PHEV ya? Kalo gw google kok overall taon lalu byd tetep lebih banyak jualan ev (1,6jt) vs phev (1,4jt) nya ya. Jd lakuan dm-i itu mana ya datanya?
cuma dari data om sendiri bebicara banyak sih status penjual EV terbesar masih di pegang tesla karena YANG pure ev cuma 1,6jt padahal tesla taon kemaren jualan 1,8jt :mky_03:

byd jadi penjual mobil terbesar di china gara2x jualan hybrid juga itu 1,4jt si 40% ada berarti tanpa PHEV BYD bisa2x di bawah VW :mky_03:

itu kalo menurut data om sendiri ya saya males nyari2x lagi :mky_03:

NAH kalo yang saya omongin soal qin song dkk kadang orang beli mobil karena model kalo di saya sih jujur saya suka atto saya dolphin atto interior menarik banget dolphin overall package saya suka untung mesin sama chasis bukan h tegak :big_weee:

BYD memang menarik om satu2xnya mobil china yang saya suka liatnya apalagi dolphin, kalo seal malah jujur gak ada menarik2xnya :big_biglaugh:

bisa jadi ya om orang beli atto sama dolphin lebih ke model bukan karena EVnya mereka mau nikmatin fitur dan nuansanya byd, makannya kek seal gitu di kasih opsi hybrid lsg lari kesana semua mereka mau seal cuma karena EV mereka gak mau beli :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4254
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Fri Mar 08, 2024 3:48
Kalo kata dia ga bakalan om kaya nokijem. Dlu nokijem lg jaya2nya jg mikir gitu kali ya. Woles ae, ga bakalan ada yg bisa nyaingin gua :big_smoking:

Btw gw ga pernah ada statement toyota bakalan kaya nokijem, tp dis blg gw halu ngmng gitu. Padahal statement paling awal gw cuman blg belajar dr pengalaman nokijem penguasa pasar tp gamau trus berkembang n mengikuti jaman ya bisa aja tumbang :big_weee:
karena nokiyem gak ancur gara2x regulasi karena gak bisa ikutin market kalo toyota dipaksa ngejual barang yang regulator mau bedanya jauh sekali pasar maunya mobil kuli2xan yang asal gelinding terus disuruh ini itu banyak aturan makanya mobil bensin jadi mahal itu bukan karena costnya tapi regulasinya juga :big_bored:

ya J70 ud jadi bukti nyata barang yang pasar mau bahkan hilux pun di paksa jadi mobil cengeng sama regulator tungguin aja tanggal maennya cekek terus emisinya sampe ujung2xnya mobil bensin lebih ramah lingkungan dari EV :mky_07:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3440
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by kendibocor »

b0ku wrote: Fri Mar 08, 2024 3:53
kendibocor wrote: Fri Mar 08, 2024 3:14
Ini gw ngomong per saat ini ya. Kalo logika loe hybrid jauh lebih laku drpd EV dan sales number EV lebih gede gara2 alto dolphin segala ga ada hybrid. Pertanyaan simpel gua knp si byd ga bikin hybrid di alto, dolphin, dll? BYD song yg lu blg itu uda ada phevnya dari jaman 2019 (source google, CMIIW), alto baru launching 2021. Kalo phev lebih laku logikanya mending si byd bikin si alto phev dluan aja drpd ev? :big_chicken:
Jgn jawab fomo ev lg ya, sampe saat ini aja lu blm bs nentuin parameter yg lu blg fomo2 tuh gmn :big_think:

Btw, baca grafik or ngambil data jgn sepotong. Makin gede sample, makin lama waktu penelitian ya makin kuat.

Masalah corvette vs tesla cost ownershipnya oke gw terima data loe tp itu jg ada flawnya. Metodologinya cuman algorithm doang bukan beneran survey atau studi retrospektif ke owner langsung :big_grin:
bukanya semua pabrikan mau berlomba2x jadi 100% bev ya??? :big_think:

kan sesuai target mereka mau 100% jual EV cuma kadang market ngomongnya laen makanya banyak yang strugle :big_biglaugh:

ya saya sih gak tau
Btw dm-i apaan seh? Kalo gw google PHEV ya? Kalo gw google kok overall taon lalu byd tetep lebih banyak jualan ev (1,6jt) vs phev (1,4jt) nya ya. Jd lakuan dm-i itu mana ya datanya?
cuma dari data om sendiri bebicara banyak sih status penjual EV terbesar masih di pegang tesla karena YANG pure ev cuma 1,6jt padahal tesla taon kemaren jualan 1,8jt :mky_03:

byd jadi penjual mobil terbesar di china gara2x jualan hybrid juga itu 1,4jt si 40% ada berarti tanpa PHEV BYD bisa2x di bawah VW :mky_03:

itu kalo menurut data om sendiri ya saya males nyari2x lagi :mky_03:

NAH kalo yang saya omongin soal qin song dkk kadang orang beli mobil karena model kalo di saya sih jujur saya suka atto saya dolphin atto interior menarik banget dolphin overall package saya suka untung mesin sama chasis bukan h tegak :big_weee:

BYD memang menarik om satu2xnya mobil china yang saya suka liatnya apalagi dolphin, kalo seal malah jujur gak ada menarik2xnya :big_biglaugh:

bisa jadi ya om orang beli atto sama dolphin lebih ke model bukan karena EVnya mereka mau nikmatin fitur dan nuansanya byd, makannya kek seal gitu di kasih opsi hybrid lsg lari kesana semua mereka mau seal cuma karena EV mereka gak mau beli :big_biglaugh:
Aduh ada statement drmana lg SEMUA pabrikan mau 100% bev? Baling2 shir repair plesur aja baru ngmng model yg ditargetin jd full EV cuman mini, biemnya sendiri masih ngawang mereka blm kasih statement pasti bakalan full EV. Pabrikan jepang apalagi :big_bored:

Gawsa meleber2 bawa2 tesla vw segala om, dari awal kan fokus diskusinya loe blg orng beli EV fomo, nah gw kasih data tuh penjualan EV naek trus salesnya sampe 2023 (termasuk BYD) jd itu adalah fact, PHEV BYD laku ga bisa dijadiin dasar ngambil kesimpulan EVnya mulai downtrend, orng kenyataan masih naek kok salesnya. Kalo produk ada diversifikasi ya wajar pasti akan penyebar pola buyingnya. Kan ga ada tuh banding2in penjualan tesla vs byd. Loe dluan yg bawa2 byd seakan2 yg gara2 ada phevnya, evnya mulai letoy.

Masalah beli mobil mungkin karena model, dll bukan gara2 EVnya itu hipotesis. Kalo hipotesis buktiin dlu om, bisa salah bisa bener. Jd ga bs ngomong kalo Atto dll ada hybridnya bakalan kalah itu penjualan EV lawan PHEV.

b0ku wrote: Fri Mar 08, 2024 3:56
kendibocor wrote: Fri Mar 08, 2024 3:48
Kalo kata dia ga bakalan om kaya nokijem. Dlu nokijem lg jaya2nya jg mikir gitu kali ya. Woles ae, ga bakalan ada yg bisa nyaingin gua :big_smoking:

Btw gw ga pernah ada statement toyota bakalan kaya nokijem, tp dis blg gw halu ngmng gitu. Padahal statement paling awal gw cuman blg belajar dr pengalaman nokijem penguasa pasar tp gamau trus berkembang n mengikuti jaman ya bisa aja tumbang :big_weee:
karena nokiyem gak ancur gara2x regulasi karena gak bisa ikutin market kalo toyota dipaksa ngejual barang yang regulator mau bedanya jauh sekali pasar maunya mobil kuli2xan yang asal gelinding terus disuruh ini itu banyak aturan makanya mobil bensin jadi mahal itu bukan karena costnya tapi regulasinya juga :big_bored:

ya J70 ud jadi bukti nyata barang yang pasar mau bahkan hilux pun di paksa jadi mobil cengeng sama regulator tungguin aja tanggal maennya cekek terus emisinya sampe ujung2xnya mobil bensin lebih ramah lingkungan dari EV :mky_07:
Nah kan lu blg gw halu toyota bakalan jd nokijem. Nah gw tanya ma loe, loe yakin tuh 100% (entah kapan, mungkin 50-60thn lg) toyota or vw not gonna fall from the top? (Gw ga blg bangkrut yak) Even kemungkinannya cuman 0,00…1%. Seyakin itukah loe? :big_biglaugh:

Apapun alasannya yak, regulasi kek apa kek.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3440
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Fri Mar 08, 2024 3:53
Achien wrote: Thu Mar 07, 2024 9:48
Dengan privileges:
Bebas ganjil genap
Pajak tahunan murah
Ga perlu antri spbu (di daerah rumah / tempat kerja saya selalu antri karena spbu nya kecil jadi akses masuk nya antri bareng semua)
Ditambah fitur2 dari mobilnya sendiri yang kalo di lihat dari price bracket nya, mopang terasa low value.
kalau perkara policy sih nanti akan berubah lah.

bebas GaGe iya krn populasinya nggak banyak, kalo banyak apa nggak akhirnya diberlakukan lagi? malah beats the purpose GaGe ngurangin macet, loh kok malah ada mobil bebas GaGe kan aneh. lagian GaGe itu kalo orang punya duit ya beli 2 mobil kan. jadi sebenernya ini kebijakan yang cukup aneh.

pajak tahunan murah apa iya bisa terus murah, kalo pemerintah boncos ya akan naik juga. sama dgn listrik murah. dgn kondisi keuangan negara dan ganti presiden, yakin pajaknya gak bakal dinaikin wong udah ada wacana mau naikin pajak waktu kampanye :mky_03: lagi bangun IKN terus mau bikin makan gratis, ya pasti wacana kenaikan pajak akan makin gila di sono :mky_03:

ga perlu antri spbu, selama ngga lobet waktu blackout pemadaman bergilir ya. kalo pengguna makin banyak yg pake EV ya otomatis ada potensi pemadaman bergilir. kek gak ngerti aja caurnya pemerintah wakanda soal ginian :mky_03:

circumstancesnya akan berubah ketika populasinya nambah.
Ini wakanda kan mbah bukan indonesah? Indonesah mana ada pemadaman bergilir :big_smoking: :big_weee:

Setuju mbah, policy akan berubah2 sesuai kondisi ke depannya nanti gmn. Tp rasanya terlalu naif uda ngejudge EV will fail. Kita blm tau apakah 1 abad ke depan EV will prevail or ICE tetap jd power source yg paling relevant, atau malah coexist dua2nya. Menganalisis kecenderungan sangat boleh, tp jgn analisis sendiri dianggap paling bener dan analisis orng yg kontra pasti salah, apalagi kalo blm apa2 berani ngomong teknologi A, B, C mentok, ga bakalan improve lg. congkak sekali sih kalo ada yg berani ngomong gitu menurut ane :big_peace:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Achien
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Feb 29, 2024 4:47
Location: KB

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Achien »

ChZ wrote: Fri Mar 08, 2024 3:53
Achien wrote: Thu Mar 07, 2024 9:48
Dengan privileges:
Bebas ganjil genap
Pajak tahunan murah
Ga perlu antri spbu (di daerah rumah / tempat kerja saya selalu antri karena spbu nya kecil jadi akses masuk nya antri bareng semua)
Ditambah fitur2 dari mobilnya sendiri yang kalo di lihat dari price bracket nya, mopang terasa low value.
kalau perkara policy sih nanti akan berubah lah.

bebas GaGe iya krn populasinya nggak banyak, kalo banyak apa nggak akhirnya diberlakukan lagi? malah beats the purpose GaGe ngurangin macet, loh kok malah ada mobil bebas GaGe kan aneh. lagian GaGe itu kalo orang punya duit ya beli 2 mobil kan. jadi sebenernya ini kebijakan yang cukup aneh.

pajak tahunan murah apa iya bisa terus murah, kalo pemerintah boncos ya akan naik juga. sama dgn listrik murah. dgn kondisi keuangan negara dan ganti presiden, yakin pajaknya gak bakal dinaikin wong udah ada wacana mau naikin pajak waktu kampanye :mky_03: lagi bangun IKN terus mau bikin makan gratis, ya pasti wacana kenaikan pajak akan makin gila di sono :mky_03:

ga perlu antri spbu, selama ngga lobet waktu blackout pemadaman bergilir ya. kalo pengguna makin banyak yg pake EV ya otomatis ada potensi pemadaman bergilir. kek gak ngerti aja caurnya pemerintah wakanda soal ginian :mky_03:

circumstancesnya akan berubah ketika populasinya nambah.
Betul semua insentif itu ada batas waktu nya
Even saya ada mention di sebelum nya bahwa untuk Jakarta pada sadar gak yah, EV bebas gage itu diteken aturan nya cuman sampai dec 2024 (kemungkinan ya diperpanjang).

Memang juga EV anti gage dan pajak murah adalah sementara
Maka dari itu salah satu faktor dari pertimbangan orang2 yang beli dari awal EV ini. Bukan faktor fomo.

Kalo mobil 2 itu ga berlaku bagi kebanyakan orang, karena biaya akan besar: beli mobil lagi, langganan parkiran nya, maintenance, dll.
Its not a small amount of money buat kebanyakan yang memang akan purchase new car dan mempertimbangkan EV.

Ada banyak benefit dari EV untuk saat ini untuk daily car buat mobil kerja pp jabodetabek, cukup nyaman.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3440
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by kendibocor »

Achien wrote: Fri Mar 08, 2024 2:56 itu tadi dibaca jelas ga ya, more than 50% of byd selling itu sudah EV di year 2023
bukan per 1tipe mobil.

barang baru naik mulu, kalo tidak bagus apa ia bisa naik sampai overlap tesla as most selling EV worldwide?

Aussie EV most selling, number 1 & 2 tesla, number 3 byd atto3, number 4 mg4ev
kalo bilang fomo segitu efeknya,
kenapa pada ga fomo sama mopang EV?
trus european EV brand ?

dan

MG sales in EU bagus, apakah itu fomo?
Susahnya debat kalo gatau definisi trus berani menyimpulkan sesuatu om. Ditanyain bisa menyimpulkan orng beli EV itu gara2 fomo apa nggak, ga bs jawab. ya karena memang sejauh ini kayaknya ga ada study nya. Mana bisa dijadiin dasar fakta kalo ga ada surveynya dan asal tuduh doang. Ngegampangin early adopter = fomo, first time buyer = fomo, ga puas = fomo.

Kalo mo ambil kesimpulan ya mbok pake data: misalkan ada survey lah dari 1000 orng beli EV hasilnya 70% gara2 gamau ketinggalan trend, 30% emang butuh. Nah itu baru bisa bilang fomo :big_bored:

Sekali lg kalo memang cuman pendapat ya silahkan, tp jgn ngomong seakan2 itu fakta kalo blm ada bukti
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4254
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Fri Mar 08, 2024 4:13
Aduh ada statement drmana lg SEMUA pabrikan mau 100% bev? Baling2 shir repair plesur aja baru ngmng model yg ditargetin jd full EV cuman mini, biemnya sendiri masih ngawang mereka blm kasih statement pasti bakalan full EV. Pabrikan jepang apalagi :big_bored:

Gawsa meleber2 bawa2 tesla vw segala om, dari awal kan fokus diskusinya loe blg orng beli EV fomo, nah gw kasih data tuh penjualan EV naek trus salesnya sampe 2023 (termasuk BYD) jd itu adalah fact, PHEV BYD laku ga bisa dijadiin dasar ngambil kesimpulan EVnya mulai downtrend, orng kenyataan masih naek kok salesnya. Kalo produk ada diversifikasi ya wajar pasti akan penyebar pola buyingnya. Kan ga ada tuh banding2in penjualan tesla vs byd. Loe dluan yg bawa2 byd seakan2 yg gara2 ada phevnya, evnya mulai letoy.

Masalah beli mobil mungkin karena model, dll bukan gara2 EVnya itu hipotesis. Kalo hipotesis buktiin dlu om, bisa salah bisa bener. Jd ga bs ngomong kalo Atto dll ada hybridnya bakalan kalah itu penjualan EV lawan PHEV.
diatas ud ada contohnya gw dah kasih jelas2x namanya SEAL datanya ngomongnya gitu jualannya gak banyak di awal cuma ada versi ev sejak ada dmi naek 2x lipet dan dminya bisa lebih banyak 50% :big_biglaugh:

tahun ini seal EV cuma record 8000 unit di mei

sept dmi keluar ev 3400 dmi 3800
okt dmi 8000 ev 1600
nov dmi 10.000 ev 3000
des ev 4000 dmi 10.000

kalo qin sama song loe bisa liat kok di wikipedia gak usah halu2x lagi :mky_07:

hipotesis??? datanya aja ngomong gitu gitu disodorin hybrid larinya ke hybrid semua :mky_07:

kalo di amerika sejak tengah tahun emang penjualanya ev lagi turusn stock banyak mati di china alias byd emang lagi kenceng2xnya :big_bored:

gak ada yang bilang EVnya mulai letoy gw bilang kalo gak ada HYBRID mereka gak dapet predikat ini itu ngerti gak sih maksudnya ???? angka gede mereka disumbang hybrid 40%nya dan angka ini bikin mereka punya predikat prestasi yang bisa di gembar gemborin salah satunya lebih gede dari tesla lah padahal dari data u aja jualan pure evnya di bawah tesla :big_bored:


kendibocor wrote: Fri Mar 08, 2024 4:13
Nah kan lu blg gw halu toyota bakalan jd nokijem. Nah gw tanya ma loe, loe yakin tuh 100% (entah kapan, mungkin 50-60thn lg) toyota or vw not gonna fall from the top? (Gw ga blg bangkrut yak) Even kemungkinannya cuman 0,00…1%. Seyakin itukah loe? :big_biglaugh:

Apapun alasannya yak, regulasi kek apa kek.
ada beberapa perusahaan selalu di atas saking kuatnya sejauh ini si masih jauh dari jatoh kalo diliat dari produk2xnya toyota mungkin 50-100thn lagi kali itu juga kalo....... :ngacir:

sebenernya lebih menghawatirkan honda sih emang si sejauh ini mobil paling bisa saya enjoy honda cuma produk mereka menghawatirkan semua terlalu ngotot maen batre sama mesin kecil padahal pasarnya lebih ke mobil bensin pure di china si hybridnya gak gitu laku ramean yang bensinnya :big_bored:

itupun honda sekarang betengger di no3 terbesar dunia :ngacir:

kalo VW juga tuh ud bedarah2x terlebih gara2x ev juga tapi mereka juga masih betengger di no2 sih :mky_07:

oh iya bmw yang mau 100% ev itu saya pernah liat cuma belom nemu soalnya ud berapa tahun lalu ketika mereka awal2x maen listrik masih halu2xnya, kalo sekarang mereka revisi karena jualan evnya mencret akhirnya tetep tahan mesin bensinnya mini juga 100% ev baru2x ini doank gak yakin saya mereka berani ev, mini itu kan ada jcw bisa bubar kalo gak pake mesin bensin :mky_07:

vw ada nih

https://www.reuters.com/business/sustai ... 021-06-26/

nyatanya sih ya gini deh :big_bored:

https://thedriven.io/2023/07/06/custome ... th-market/

banyak kok belakangan pada pending2xin EVnya karena mereka gak bisa jual kalah sama tesla dan byd :big_bored: