IMHO :
Kalo yg ane lihat & perhatikan dari disain & positioning jenis2 Ipah baik dr seri E/G/V maupun dari jenis2 mesinnya, terlihat positioning yg disusun TAM itu cerdik, variant2 nya diupayakan jangan sampai ada yg membunuh satu sama lainnya.
Kalo membandingkan 1TR-FE dan 2KD-FTV, jika dilihat dari sisi FC saja memang bedanya ga seberapa, tapi sebetulnya memang positioning mesin 2KD-FTV ada di atas 1TR-FE, terutama yg A/T, secara Torsinya saja sudah jauh lebih besar & bahkan lebih besar drpd yg 2TR-FE (Kasta tertinggi utk mesin Ipah = 2 TR-FE).
D4 D G A/T ane kons BBM utk Dalkot saat ini selalu ada di kisaran 1:10,5 - 11 dgn rekor terbaik 1:11,4 (mobil full peredam). Luar kota terbaik pernah 1:15,3
Sementara D4 D V M/T punya temen utk Dalkot bisa 1:12 (jl. biasa & tol mix, trafic lancar) dan di tol bisa 1:16
Tapi ogut & temen ogut sepakat bahwa pertimbangan kita pilih D4 D yg utama bukan hanya FC yg lebih hemat, tapi Fun to drive factor yg lebih wokeh.......Torsi besar @ RPM rendah
Mengenai kons. BBM :
Hal yg paling berbengaruh adalah kaki kanan kita & cara ganti gigi, mobil gasoline juga bisa mencapai kons BBM yg efisien, tetapi bawanya harus lebih disiplin & lebih sabar drpd Diesel (strictly eco drive).
Ane pernah bawa CR V gen.3 2.0 A/T rute Grogol - Serpong - Grogol dapat 1:14,7 (Correction factor MID 3%), mobil juga udah full peredam, tapi kaki kanan musti benar2 dikontrol / mata ga lepas dr MID / lepas dr pintu tol akselerasi kayak kereta ninggalin stasiun.....heuheuheuheuheu
Penasaran neh ama tekniknya jagoan 1 di bawah ini :
http://www.motherjones.com/news/feature ... ilers.html
bawa Accord bisa dapet 1:24 ciinkk !!!
Wah dari Mks ji........kalo ke sana ogut paling suka ama ikan bakar CH......bener2 mak nyusssss