Penggunaan Lampu Hazard
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Penggunaan Lampu Hazard
well, it's not hard to think and act logically than make the simple things complicated...
-poeticmind-
-poeticmind-
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
Re: Penggunaan Lampu Hazard
hehehhee intinya sih jangan terlalu percaya sama majalah2 begitu juga sama review2, lah yg minta di reviewnya ngebayar lebih itu reporter pasti tulisannya bagus2 lah.... sekarang kalo ngomongin FC aja cobain yg ditulis atau di claim di majalah2 automotif, mana ada yg bisa capai segitu??
emang soal hazard juga pernah di bahas di local automotif magazine?
emang soal hazard juga pernah di bahas di local automotif magazine?
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Fri Apr 27, 2007 4:52
- Location: Jatimulya Bekesong
Re: Penggunaan Lampu Hazard
Penggunaan Lampu Hazard di jalan tol pada saat hujan deras sebenarnya malah membahayakan pengguna jalan yang lain. Dengan menyalakan lampu hazard justru membingungkan pengendara dibelakang, karena isyarat kita untuk pindah jalur menjadi tidak ada. Jadi Cukuplah nyalakan lampu saja, itu udah keliatan koq dan jangan lupa kalau berpindah jalur gunakan lampu sign terlebih dahulu
peace
peace
[img][http://www.oregoncamshaft.com/trucks.gif]
Bekasi - Senen - Bekasi
Bekasi - Senen - Bekasi
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Penggunaan Lampu Hazard
situasi : di jalan tol, hujan deras, angin kencang dan berkabut ... di jalan tol jagorawi sering terjadi... lampu kota (believe me...) dari belakang tidak terlalu kelihatan...
dalam jarak 5-10meter sudah putih didepan... rasanya wiper pun berat...
jika tidak pakai hazard, apa yg dapat dilakukan?
tolong beri saya solusi...? saya masih sayang nyawa utk tidak ditabrak dari belakang...
dalam jarak 5-10meter sudah putih didepan... rasanya wiper pun berat...
jika tidak pakai hazard, apa yg dapat dilakukan?
tolong beri saya solusi...? saya masih sayang nyawa utk tidak ditabrak dari belakang...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
Re: Penggunaan Lampu Hazard
mungkin kaya di jerman, pemasangan lampu kabut belakang di haruskan, itu kayanya bisa menolong juga sih
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Penggunaan Lampu Hazard
wah bener tuh.. trend baru.. foglamp belakang...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
Re: Penggunaan Lampu Hazard
tapi kalo ga hujan atau jalan biasa asli silau banget juga tuh lampu2 kabut belakang
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Penggunaan Lampu Hazard
lampu kabut belakang ada ketentuannya sendiri... dari watt tidak boleh diatas 55watt, ukuran dibedakan dengan foglamp depan, dan arah lampu harus dibawah garis horisontal lampu headlamp depan. warna kuning semu.
utk beberapa daerah negara, dipasang sejajar dengan lampu mundur putih.
dan tidak boleh digunakan didalam kota.
utk beberapa daerah negara, dipasang sejajar dengan lampu mundur putih.
dan tidak boleh digunakan didalam kota.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1643
- Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15
Re: Penggunaan Lampu Hazard
Di luar negeri, kalo sdg hujan lebat / kabut / storm, disarankan utk menggunakan lampu hazard, krn lampu hazard ini TIDAK MEMBAHAYAKAN PENGEMUDI LAIN, melainkan berfungsi sebagai PEMANDU, guidance antara satu pengemudi dgn pengemudi yg lain. Kalo ga percaya, tanyakan ke teman you ato keluarga you yg tinggal di Europe ato Amrik. Mrk akan tertawa kalo you bilang lampu hazard berbahaya. Yg berbahaya itu bukan lampu hazardnya, melainkan cara org Indonesia yg menyetir, kalo mau zig zag selalu seenak jidatnya aja, tanpa lampu hazard pun mrk kalo mo nyalip asal nyalip aja, brp sering you liat org indo nyalip ga pake lampu sign? Masih mo nyalahin lampu hazard? Nyalahin tuh mental en disiplin rendah pengemudi Indonesia!! Itu lbh tepat, drpd nyalahin penggunaan lampu hazard!
Kalo mo ignorant, ga mo percaya dgn cara standard penggunaan lampu hazard menurut versi internasional, ya silakan aja pake cara sendiri, ga masalah, plg kalo you ngobrol dgn org luar negeri en bilang penggunaan lampu hazard berbahaya, you sendiri yg akan ditertawai, sama spt gw menertawai journalist autobild indonesia yg dungu itu.
Gw saranin kpd journalist autobild indonesia yg ngumpet di forum ini, sebelum you mo recommend tips utk berkendara yg aman, ada baiknya you ikut driving school di luar negeri dulu, biar you benar benar tau cara menyetir yg benar menurut STANDARD INTERNASIONAL, sehingga ga sembarang tulis di autobild, yg ujung ujungnya men mislead para pembaca indonesia yg kadang masih banyak yg naive.
Penggunaan lampu hazard berbahaya?
Makanya jd journalist itu jgn cm asal tulis en asal bunyi! Bikin malu aja!
Kalo mo ignorant, ga mo percaya dgn cara standard penggunaan lampu hazard menurut versi internasional, ya silakan aja pake cara sendiri, ga masalah, plg kalo you ngobrol dgn org luar negeri en bilang penggunaan lampu hazard berbahaya, you sendiri yg akan ditertawai, sama spt gw menertawai journalist autobild indonesia yg dungu itu.
Gw saranin kpd journalist autobild indonesia yg ngumpet di forum ini, sebelum you mo recommend tips utk berkendara yg aman, ada baiknya you ikut driving school di luar negeri dulu, biar you benar benar tau cara menyetir yg benar menurut STANDARD INTERNASIONAL, sehingga ga sembarang tulis di autobild, yg ujung ujungnya men mislead para pembaca indonesia yg kadang masih banyak yg naive.
Penggunaan lampu hazard berbahaya?
Makanya jd journalist itu jgn cm asal tulis en asal bunyi! Bikin malu aja!
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Penggunaan Lampu Hazard
di salah satu blog, ada kutipan...
Di Dunia internasional, menurut mantan pembalap nasional AswinBahar, menyalakan hazard kala mobil bergerak, apalagi ketika hujan, adalah PELANGGARAN BERAT ATAS ATURAN LALU LINTAS DARAT. “Kalau di negara lain pasti telah ditindak oleh petugas,†urai Aswin. Karena itu, pemegang sejumlah sertifikat sekolah mengemudi dari beberapa negara Eropa, Amerika Serikat,dan Jepang ini menyatakan, budaya menghidupkan hazard kala hujan harus segera dihentikan.
...... bla bla bla... dilanjutkan...
Jadi, ma’af saja kalau saya melihat ada mobil (bagus) berjalan lurus dipersimpangan menyalakan hazard lamp dan kemudian mematikan lagi setelah lewat persimpangan … norak lu …
____________________________________
sumber tidak gue sebut, maaf.
begitulah...
cheers!
poeticmind
-orang norak yg selalu menyalakan lampu hazard di persimpangan-
Di Dunia internasional, menurut mantan pembalap nasional AswinBahar, menyalakan hazard kala mobil bergerak, apalagi ketika hujan, adalah PELANGGARAN BERAT ATAS ATURAN LALU LINTAS DARAT. “Kalau di negara lain pasti telah ditindak oleh petugas,†urai Aswin. Karena itu, pemegang sejumlah sertifikat sekolah mengemudi dari beberapa negara Eropa, Amerika Serikat,dan Jepang ini menyatakan, budaya menghidupkan hazard kala hujan harus segera dihentikan.
...... bla bla bla... dilanjutkan...
Jadi, ma’af saja kalau saya melihat ada mobil (bagus) berjalan lurus dipersimpangan menyalakan hazard lamp dan kemudian mematikan lagi setelah lewat persimpangan … norak lu …
____________________________________
sumber tidak gue sebut, maaf.
begitulah...
cheers!
poeticmind
-orang norak yg selalu menyalakan lampu hazard di persimpangan-
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1643
- Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15
Re: Penggunaan Lampu Hazard
Gw sih ga surprise kalo ada ucapan yg kayak begitu dari aswin, lah sampe skrg aja masih ada mekanik bengkel yg suka bilang 'mobil matic ga bs didorong'. Mo dibilang apa lagi kalo udah begitu? Di Indo, konon yg the so called 'expert' aja suka mengumbar pernyataan yg ngawur. Udah jd budaya di Indonesia tuh, suka asal ngomong. Kata siapa di negara spt amrik, kalo hujan nyalain lampu hazard ditangkap polisi? Ngawur itu! Coba tanya aja langsung ke pihak DMV (Department of Motor Vehicles) amrik, gitu aja kok repot. Kan driver's manual yg di dlmnya ada tulisan penggunaan lampu hazard itu di issued olh pihak DMV, dan dijadikan panduan olh seluruh drivers di amrik.poeticmind wrote:di salah satu blog, ada kutipan...
Di Dunia internasional, menurut mantan pembalap nasional AswinBahar, menyalakan hazard kala mobil bergerak, apalagi ketika hujan, adalah PELANGGARAN BERAT ATAS ATURAN LALU LINTAS DARAT. “Kalau di negara lain pasti telah ditindak oleh petugas,†urai Aswin. Karena itu, pemegang sejumlah sertifikat sekolah mengemudi dari beberapa negara Eropa, Amerika Serikat,dan Jepang ini menyatakan, budaya menghidupkan hazard kala hujan harus segera dihentikan.
...... bla bla bla... dilanjutkan...
Jadi, ma’af saja kalau saya melihat ada mobil (bagus) berjalan lurus dipersimpangan menyalakan hazard lamp dan kemudian mematikan lagi setelah lewat persimpangan … norak lu …
____________________________________
sumber tidak gue sebut, maaf.
begitulah...
cheers!
poeticmind
-orang norak yg selalu menyalakan lampu hazard di persimpangan-
Cape mmg kadang kalo kita mo kasih tau sesuatu ke orang indo, dikasih tau yg benar, ga mo dengar, malah tetap keukuh, ngotot mengadopsi cara yg sdh jelas jelas salah, kayaknya sangat minim motivasi diri utk belajar cara yg benar / proper dlm mengerjakan sesuatu. Gimana mo maju kalo gitu? Pantesan di look down olh negara lain yg konon katanya masih 'serumpun'.
Next time bro, kalo ada yg bilang mobil matic ga bs didorong lagi, you tinggal bilang ke mereka.. 'iya betul, betul skali'.
Drpd nanti you cape sendiri argue dgn mrk, mendingan sudah lah, kalo mmg mrk prefer utk hidup dlm kebodohan, ya biarkan saja, didukung aja deh, di iya-in aja lah
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Penggunaan Lampu Hazard
Bro, maaf nih... yang dimaksud "mobil matic gak bisa didorong" itu yang mana nih :
1. Didorong untuk digeser saja (kalau sedang parkir) atau,
2. Didorong untuk dihidupkan mesinnya (pengganti start engine).. misalnya akinya lemah..
atau kedua-duanya....
Saya pernah mendorong mobil matic untuk digeser saja, tetapi belum pernah mendorong untuk menghidupkan mesin. Selalu pakai jumper.
1. Didorong untuk digeser saja (kalau sedang parkir) atau,
2. Didorong untuk dihidupkan mesinnya (pengganti start engine).. misalnya akinya lemah..
atau kedua-duanya....
Saya pernah mendorong mobil matic untuk digeser saja, tetapi belum pernah mendorong untuk menghidupkan mesin. Selalu pakai jumper.
Dari Solo ke Oslo
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 160
- Joined: Fri Nov 02, 2007 14:26
Re: Penggunaan Lampu Hazard
jgn pake lampu hazard dah, bikin silo
lampu cilik dah cukup, ga bakal ketubruk
ujan diindo kan beda dgn amrik/yurup
lampu cilik dah cukup, ga bakal ketubruk
ujan diindo kan beda dgn amrik/yurup
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
Re: Penggunaan Lampu Hazard
bro kalo ujan besar banget lampu kecil ga keliatan tuh... harus pake lampu kabut belakang minimal...author wrote:jgn pake lampu hazard dah, bikin silo
lampu cilik dah cukup, ga bakal ketubruk
ujan diindo kan beda dgn amrik/yurup
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Penggunaan Lampu Hazard
digeser saja om... kalo utk dihidupkan dengan didorong tidak bisa...€lj€p€ wrote:Bro, maaf nih... yang dimaksud "mobil matic gak bisa didorong" itu yang mana nih :
1. Didorong untuk digeser saja (kalau sedang parkir) atau,
2. Didorong untuk dihidupkan mesinnya (pengganti start engine).. misalnya akinya lemah..
atau kedua-duanya....
Saya pernah mendorong mobil matic untuk digeser saja, tetapi belum pernah mendorong untuk menghidupkan mesin. Selalu pakai jumper.
dan, jika harus ditarik utk dibawa... sebaiknya posisi kontak dalam keadaan on (kelistrikan hidup) dan posisi gear di N.
sejauh ini, matic jarang sekali mogok... kecuali terhadang banjir atau aki lemah... spt om bilang, dijumper dan selesai masalah, tinggal replace akinya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Penggunaan Lampu Hazard
jujur aja sih....gw juga selalu bilang ke orang lain bahwa salah satu kelemahan matik itu adalah "kalo mogok gak bisa didorong" yang maksudnya adalah gak bisa distart dorong (kalo aki lagi lemah) dan bukannya gak bisa didorong untuk digeser/dipindahin gitu.....dan gw pikir orang pasti ngerti lah apa maksudnya phrase "kalo mogok gak bisa didorong" tsb
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Penggunaan Lampu Hazard
hehehe sabar, om... soalnya mitos ini kan sudah dari jaman dulu... waktu tahun 87an saya punya accord matic saja sudah diwanti2 kalo matic tidak bisa didorong.TiongBahru_Ahbeng wrote: Next time bro, kalo ada yg bilang mobil matic ga bs didorong lagi, you tinggal bilang ke mereka.. 'iya betul, betul skali'.
Drpd nanti you cape sendiri argue dgn mrk, mendingan sudah lah, kalo mmg mrk prefer utk hidup dlm kebodohan, ya biarkan saja, didukung aja deh, di iya-in aja lah
back to topic, hazard... silahkan digunakan dengan kepercayaan masing2...
enuff said.
@risol : kalo org nya kreatif, didorong lah itu mobil buat distart paksa... N ke D.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
Re: Penggunaan Lampu Hazard
emang bisa dipaksa dari N ke D? wah belom pernah dicoba nih dan ga mau coba ah takut rontok maticnya hehehehe
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Penggunaan Lampu Hazard
Sekarang ini lampu belakang di XL_7 saya pakai standar Euro II. Standarnya, lampu belakang yang disebelah atas itu hanya untuk lampu mundur dan kabut... Lampu kabut juga hanya satu yang sebelah kanan. Untuk lampu rem dan lampu biasa (tail lights) terletak di bumper. Karena kedua lampu tersebut tidak boleh terhalangi pada waktu tail gate dibuka...
Karena saya tidak mau ganti bumper yang siap ada lampunya (seperti Escudo 2.0i/SQ420). Lampu Euro II itu saya modifikasi. Saya gunakan untuk lampu belakang, rem dan turn signal dengan lensa/reflektor warna putih dan bohlam putih. Lampu mundur saya gunakan foglamp putih dan terpisah disebelah tow bar. Yang saya perhatikan dari lampu Euro II itu.. sebelah kanan yang seharusnya untuk lampu kabut itu terlihat lebih terang... jadi memang lensa/reflektornya/biasnya pun berbeda dengan lampu merah/tail lights biasa. Kalau kebetulan dari belakang lihat XL_7 yang lampu belakangnya terang sebelah... itu adalah saya.....hehheheheheeee....
Kalau kebetulan lampu hazardnya menyala... saya mohon maaf sebesar-besarnya karena warna bohlam untuk turn signal yang saya gunakan masih putih.... bukan kuning/amber. Cari bohlam warna kuning/amber yang tidak sering putus... susah sekali.
Karena saya tidak mau ganti bumper yang siap ada lampunya (seperti Escudo 2.0i/SQ420). Lampu Euro II itu saya modifikasi. Saya gunakan untuk lampu belakang, rem dan turn signal dengan lensa/reflektor warna putih dan bohlam putih. Lampu mundur saya gunakan foglamp putih dan terpisah disebelah tow bar. Yang saya perhatikan dari lampu Euro II itu.. sebelah kanan yang seharusnya untuk lampu kabut itu terlihat lebih terang... jadi memang lensa/reflektornya/biasnya pun berbeda dengan lampu merah/tail lights biasa. Kalau kebetulan dari belakang lihat XL_7 yang lampu belakangnya terang sebelah... itu adalah saya.....hehheheheheeee....
Kalau kebetulan lampu hazardnya menyala... saya mohon maaf sebesar-besarnya karena warna bohlam untuk turn signal yang saya gunakan masih putih.... bukan kuning/amber. Cari bohlam warna kuning/amber yang tidak sering putus... susah sekali.
Dari Solo ke Oslo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
Re: Penggunaan Lampu Hazard
bisa liat picturenya bro? tolong potoin donk terus post disini
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Penggunaan Lampu Hazard
di forum member's lounge sudah ada kok.kutkuy wrote:bisa liat picturenya bro? tolong potoin donk terus post disini
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=500
Kalau yang sedang menyala ... besok ya...
Dari Solo ke Oslo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
Re: Penggunaan Lampu Hazard
ya ya mau yg nyala yah hehehehe...
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Penggunaan Lampu Hazard
Mobil kebetulan parkir didepan rumah tetangga. Kalau malam-2 begini...keluar rumah dan ambil foto gak enak sama tetangga. hehehheeee... nanti dikira mobilnya mau disita tukang kredit..... hehehheee
Dari Solo ke Oslo
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Penggunaan Lampu Hazard
bulb putih nya merek apa, om? kalo masih ada spare disemprot yellow-amber transparant saja...€lj€p€ wrote: Kalau kebetulan lampu hazardnya menyala... saya mohon maaf sebesar-besarnya karena warna bohlam untuk turn signal yang saya gunakan masih putih.... bukan kuning/amber. Cari bohlam warna kuning/amber yang tidak sering putus... susah sekali.
tapi rasanya kalo bulb-nya standar kaki 1, merek stanley lumayan lho om...
or, putih jadi keren? hahahaha!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1643
- Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15
Re: Penggunaan Lampu Hazard
Bro, di Indonesia ini berkembang suatu mitos yg konon mobil matic itu ga boleh didorong sama skali, jd walau pun mogok, para pengemudi matic di Indonesia ga boleh mendorong mobilnya, even kalo cuma ke bahu jalan, jd kalo mogok, dibiarin tergeletak begitu saja kayak tahi kuda raksasa di tengah jalan. Nah, ini yg hrs di ubah dr cara berpikir org Indonesia, krn kalo you bicara dgn org org indo, banyak skali yg masih berpikir bahwa mobil matic itu kalo mogok, bahkan hanya sekedar didorong utk digeser ke bahu jalan saja ga boleh sama skali krn dianggap bs merusak transmisinya. Ini sama skali ga benar. Rumour ini menurut gw terjadi krn gaptek aja, krn dulu kan teknologi matic masih new, en baru masuk ke Indonesia, sayangnya rumour ini masih saja dipercayai sampai skrg olh lumayan banyak org. Sama spt teknologi hybrid yg relatif masih baru di telinga org Indo, masih banyak org Indo yg mengira mobil prius itu hrs dicolokin ke listrik rumah dulu utk dicharge sebelum di pake.€lj€p€ wrote:Bro, maaf nih... yang dimaksud "mobil matic gak bisa didorong" itu yang mana nih :
1. Didorong untuk digeser saja (kalau sedang parkir) atau,
2. Didorong untuk dihidupkan mesinnya (pengganti start engine).. misalnya akinya lemah..
atau kedua-duanya....
Saya pernah mendorong mobil matic untuk digeser saja, tetapi belum pernah mendorong untuk menghidupkan mesin. Selalu pakai jumper.
Yg benar adalah:
Apabila mogok, mobil matic bisa en boleh didorong ke bahu jalan, mobil gw di luar negeri yg bertransmisi matic jg bbrapa kali mogok, en gw dorong ke bahu jalan sambil menunggu di derek Triple A, jg ga apa apa tuh.