Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22036
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by Turboman »

Steknika wrote: 1. Innova bensin masih lebih gampang jualnya dibanding diesel.

2. untuk operasional dalam kota mendingan pake bensin, untuk operasional ke luar kota sering2 mending pake diesel. Mesin diesel irit dan tahan banting. tapi mesin bensin, lebih asik buat trek2an, dalam kota yg stop and go lebih diperhitungkan mesin bensin. lagipula ipag G bensin M/T gw bisa 9,4km/l mmmhh irit juga ky avanza :p
1. Saya kok menemukan fenomena yg berbeda ya, sebab ada 1 hopeng lagi cari Ipah D4 D second susahnya 1/2 mati, sedang iklan 1TR-FE second itu se abreg2, tinggal pilih aja.

Dia survey kalo ada yg jual D4 D 2nd biasanya kondisi udah kurang bagus.


2. Nggak salah om ?

Utk Stop & Go / City driving bukannya mesin yg dapet Torsi besar di RPM rendah lebih unggul ?

Sedangkan utk luar kota malah 1TR-FE bisa cukup irit krn RPM main konstant di deket daerah peak Torque-nya dia, dan juga scr mekanisme ECU mesin bensin skg = saat mesin steady cruise / beban rendah dia bisa jalan dgn AFR yg lean.

Kalo buat akselerasi 0-100 km/jam memang rata2 gasoline lebih unggul.

Sedang utk middle acceleration @ Top Gear rata2 mesin dgn Torsi besar di RPM rendah - tengah akan lebih unggul.

Utk Daily driving, Torsi besar di RPM rendah s/d tengah inilah yg sgt berperan, ga heran ada pepatah "People buy horsepower but drive Torque"


Note : Soal Torsi besar di sini enggak harus TurboDiesel, krn mesin2 Gasoline Direct Injection Turbo saat inipun udah byk yg bisa pompa Torsi besar since 1500 RPM like Audi 1.8 TFSI :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22036
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by Turboman »

Steknika wrote: 1. Innova bensin masih lebih gampang jualnya dibanding diesel.

2. untuk operasional dalam kota mendingan pake bensin, untuk operasional ke luar kota sering2 mending pake diesel. Mesin diesel irit dan tahan banting. tapi mesin bensin, lebih asik buat trek2an, dalam kota yg stop and go lebih diperhitungkan mesin bensin. lagipula ipag G bensin M/T gw bisa 9,4km/l mmmhh irit juga ky avanza :p
1. Saya kok menemukan fenomena yg berbeda ya, sebab ada 1 hopeng lagi cari Ipah D4 D second susahnya 1/2 mati, sedang iklan 1TR-FE second itu se abreg2, tinggal pilih aja.

Dia survey kalo ada yg jual D4 D 2nd biasanya kondisi udah kurang bagus.

Minibus Diesel saat ini (termasuk Panther / Kijang kapsul Diesel) kalo kita mau lepas, real user ama pedagang adu cepat menyerbu. Yg saya dengar dr sumber yg sgt bisa dipercaya, salah 1 nya harga second Panther, kalo kita mau lepas Panther LS / Touring 2001 (misalnya), harga di tahun ini bisa lebih tinggi drpd tahun lalu.....believe it or not


2. Nggak salah om ?

Utk Stop & Go / City driving bukannya mesin yg dapet Torsi besar di RPM rendah lebih unggul ?

Sedangkan utk luar kota malah 1TR-FE bisa cukup irit krn RPM main konstant di deket daerah peak Torque-nya dia, dan juga scr mekanisme ECU mesin bensin skg = saat mesin steady cruise / beban rendah dia bisa jalan dgn AFR yg lean.

Kalo buat akselerasi 0-100 km/jam memang rata2 gasoline lebih unggul.

Sedang utk middle acceleration @ Top Gear rata2 mesin dgn Torsi besar di RPM rendah - tengah akan lebih unggul.

Utk Daily driving, Torsi besar di RPM rendah s/d tengah inilah yg sgt berperan, ga heran ada pepatah "People buy horsepower but drive Torque"


Note : Soal Torsi besar di sini enggak melulu TurboDiesel, krn mesin2 Gasoline Direct Injection Turbo saat inipun udah byk yg bisa pompa Torsi besar since 1500 RPM like Audi 1.8 TFSI :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
carnie
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Aug 31, 2008 2:02

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by carnie »

Turboman wrote:
Steknika wrote: 1. Innova bensin masih lebih gampang jualnya dibanding diesel.

2. untuk operasional dalam kota mendingan pake bensin, untuk operasional ke luar kota sering2 mending pake diesel. Mesin diesel irit dan tahan banting. tapi mesin bensin, lebih asik buat trek2an, dalam kota yg stop and go lebih diperhitungkan mesin bensin. lagipula ipag G bensin M/T gw bisa 9,4km/l mmmhh irit juga ky avanza :p
1. Saya kok menemukan fenomena yg berbeda ya, sebab ada 1 hopeng lagi cari Ipah D4 D second susahnya 1/2 mati, sedang iklan 1TR-FE second itu se abreg2, tinggal pilih aja.

Dia survey kalo ada yg jual D4 D 2nd biasanya kondisi udah kurang bagus.

Minibus Diesel saat ini (termasuk Panther / Kijang kapsul Diesel) kalo kita mau lepas, real user ama pedagang adu cepat menyerbu. Yg saya dengar dr sumber yg sgt bisa dipercaya, salah 1 nya harga second Panther, kalo kita mau lepas Panther LS / Touring 2001 (misalnya), harga di tahun ini bisa lebih tinggi drpd tahun lalu.....believe it or not


2. Nggak salah om ?

Utk Stop & Go / City driving bukannya mesin yg dapet Torsi besar di RPM rendah lebih unggul ?

Sedangkan utk luar kota malah 1TR-FE bisa cukup irit krn RPM main konstant di deket daerah peak Torque-nya dia, dan juga scr mekanisme ECU mesin bensin skg = saat mesin steady cruise / beban rendah dia bisa jalan dgn AFR yg lean.

Kalo buat akselerasi 0-100 km/jam memang rata2 gasoline lebih unggul.

Sedang utk middle acceleration @ Top Gear rata2 mesin dgn Torsi besar di RPM rendah - tengah akan lebih unggul.

Utk Daily driving, Torsi besar di RPM rendah s/d tengah inilah yg sgt berperan, ga heran ada pepatah "People buy horsepower but drive Torque"


Note : Soal Torsi besar di sini enggak melulu TurboDiesel, krn mesin2 Gasoline Direct Injection Turbo saat inipun udah byk yg bisa pompa Torsi besar since 1500 RPM like Audi 1.8 TFSI :mrgreen:
mobil dengan mesin diesel lagi tren untuk beli solar bersubsidi bro ............
usaha sampingan gitu lho, untung gede bro dari selisih solar non subsidi versus solar subsidi
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by Profith83 »

Bung TurboMan,

Tanya yah ? pernah pakai Panther yang type Turbo ?(mulai thn 2006 keatas, 2005 ada yang turbo ada yang belum)

Kemudian bagaimana torsi di putaran bawahnya dibanding Innova diesel ?
Atau mungkin lebih spesifik kondisi stop and go dalam kota lebih cepat mana yah ? anatar Inov diesel dengan Panther Turbo ?
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by BADAK »

Saya mau share pengalaman dikit neh..
Gw kpn hari jg nyari Innova Diesel MT susahnya setengah mati.
Tiap hari ngliatin koran & nanya sana sini adanya Innova bensin. kalopun ada D4D dijual harganya kuat bgt. Untuk tipe G kondisi bagus ditawarin 200jt (padahal harga baru dr dealer "cuman" 212jt).
Saran saya, kalo mau nyari 2nd cari aja yg tipe V selain warna silver & black biasanya harga lebih murah.
Tapi akhirnya gw mutusin beli baru aja dah, udah dapet diskon, mobil jg nyampe ditangan gak sampe 1 minggu (gak pake indent tuh).
Trus masalah Innova diesel gak laku, emg diliat dari mananya yah??
Setau saya, Innova diesel lebih banyak demand drpd suplly walopun beda hrg 2nd nya 20-30jt an..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by Profith83 »

Bro,
saya mau komentari .. soalnya gue bingung.. kok kayak gak konsisten, tulisan atas bilang beda 12 jt, dibawahnya beda 20-30 jt

kalopun ada D4D dijual harganya kuat bgt. Untuk tipe G kondisi bagus ditawarin 200jt (padahal harga baru dr dealer "cuman" 212jt). --> Beda 12 jt
Setau saya, Innova diesel lebih banyak demand drpd suplly walopun beda hrg 2nd nya 20-30jt an.. --> beda 20-30 jt

BADAK wrote:Saya mau share pengalaman dikit neh..
Gw kpn hari jg nyari Innova Diesel MT susahnya setengah mati.
Tiap hari ngliatin koran & nanya sana sini adanya Innova bensin. kalopun ada D4D dijual harganya kuat bgt. Untuk tipe G kondisi bagus ditawarin 200jt (padahal harga baru dr dealer "cuman" 212jt).
Saran saya, kalo mau nyari 2nd cari aja yg tipe V selain warna silver & black biasanya harga lebih murah.
Tapi akhirnya gw mutusin beli baru aja dah, udah dapet diskon, mobil jg nyampe ditangan gak sampe 1 minggu (gak pake indent tuh).
Trus masalah Innova diesel gak laku, emg diliat dari mananya yah??
Setau saya, Innova diesel lebih banyak demand drpd suplly walopun beda hrg 2nd nya 20-30jt an..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22036
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by Turboman »

Profith83 wrote: 1. Tanya yah ? pernah pakai Panther yang type Turbo ?(mulai thn 2006 keatas, 2005 ada yang turbo ada yang belum)

2. Kemudian bagaimana torsi di putaran bawahnya dibanding Innova diesel ?

3. Atau mungkin lebih spesifik kondisi stop and go dalam kota lebih cepat mana yah ? anatar Inov diesel dengan Panther Turbo ?
1. Utk model pra Euro II yg pake Turbo itu LS AT / Touring (all type) dan LS MT Turbo. Utk model euro II semua variant udah berturbo.

2. Angka Torsi maksimum memang lebih besar D4 D, tetapi kalau ane lihat hasil Dyno Test, Torsi 4JA1-L (Panther Turbo) memang puncaknya benar2 di 2000 RPM (plus minus dikit), sedang puncak Torsi 2KD-FTV (Ipah D4 D) dapetnya di atas 2500 RPM.

Kalau utk dibawa sih better anda test drive sendiri keduanya, yg jelas ane pindah dr LS AT yg mesinnya udah di modif ringan ke D4 D G A/T standard aja udah terasa bedanya.

3. Ini yg manual atau Automatic ?
* Bukan ajakan Beli *
carnie
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Aug 31, 2008 2:02

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by carnie »

beli solar bersubsidi yaaaa ?????
mesin diesel generasi ke 3 (tiga) ..........
pake solar bersubsidi
:
capede:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by BADAK »

Maksud gw beda 12jt itu untuk Innova Diesel 2nd dgn baru.
Kalo 20-30jt itu beda Innova bensin 2nd dengan Innova diesel 2nd juga.
Gitu bro...
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by BADAK »

Ada yg tau gak, knapa Panther koq udah lama gak ngeluarin model mesin baru yg lebih canggih kyk Innova (common rail)?
Emang udah nyerah ya dgn Kijang? hehehe.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22036
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by Turboman »

BADAK wrote:Ada yg tau gak, knapa Panther koq udah lama gak ngeluarin model mesin baru yg lebih canggih kyk Innova (common rail)?
Emang udah nyerah ya dgn Kijang? hehehe.
Nah itulah juga yg menjadi tanda tanya besar di milis panther-mania

baca di Otomotif konon di 2009 Panther model baru akan keluar, tapi tetap menggunakan chassis TBR541. CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by Profith83 »

Bung TurboMan,

1. lebih bagus mana pakai solar biasa atau bio solar ?
2. racun apa yang siap pakai yang ada di AceHardware dan Bung Turbo pernah pakai dan menurut Bung Turbo paling bagus untuk menjaga keawetan part yang dilewati olah solar. (seperti part injector dan bos pump ) --> tolong di ranking
Posisi saya di Surabaya jadi carinya agar mudah di acehardware

Terima kasih yah atas jawabannya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22036
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by Turboman »

Profith83 wrote: 1. lebih bagus mana pakai solar biasa atau bio solar ?
2. racun apa yang siap pakai yang ada di AceHardware dan Bung Turbo pernah pakai dan menurut Bung Turbo paling bagus untuk menjaga keawetan part yang dilewati olah solar. (seperti part injector dan bos pump ) --> tolong di ranking
Posisi saya di Surabaya jadi carinya agar mudah di acehardware
1. Biosolar yg skg kandungan BioDieselnya kalo ga salah juga tinggal 1%, jadi ya apa bedanya ama solar biasa...heheheheh

2. Di ACE Hard biasanya jual (yg rekomendid menurut ane) :
a. Redline 85+
b. Diesel Power - Cetane Boost (DPCB) dr Sta Bil
c. Marvel Mystery Oil / MMO (utk membantu pelumasan pompa injeksi)

Kalo merek lain mungkin bisa coba ke GUT atau Oops, yg boleh dicoba juga = Total Cetane Booster (TCB)

Either R 85+ / DPCB / TCB boleh pilih salah 1, dan utk membantu pelumasan pompa injeksi sesekali boleh tuang MMO (pelumasan lebih baik biasanya suara mesin juga akan lebih halus).
* Bukan ajakan Beli *
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by Profith83 »

Wah terima kasih banyak yah ...
Saya rencana beli D4D type yang baru, asalnya dari Panther Turbo 2005 moga moga tidak kecewa :)
Nanti setelah memakai saya akan post disini, bagaimana perbandingannya

Ada yang bilang Panther Turbo tarikan lebih cepat dari Innova
saya sendiri Pakai Panther merasa tidak kecewa, tetapi kecepatan 100Km/jam keatas kurang enak, ada yang bilang Innova diatas 100 lebih enak, sepertinya Innova kalau dalam kota kalah sama Panther Turbo yg thn 2005(belum ada catalytic nya)
Tetapi saya yakin diatas 100 pasti kalah tuh Panther

Tapi saya kan belum buktiin sendiri, nanti saya postingkan disini

BTW masa inreyen sebaiknya bagaimana yah ?
tiap gigi gak boleh lewat RPM berapa ya ?
dan top speed gak boleh lewat berapa ?

Terima kasih yah .. dan sorry banyak tanya
Turboman wrote:
1. Biosolar yg skg kandungan BioDieselnya kalo ga salah juga tinggal 1%, jadi ya apa bedanya ama solar biasa...heheheheh

2. Di ACE Hard biasanya jual (yg rekomendid menurut ane) :
a. Redline 85+
b. Diesel Power - Cetane Boost (DPCB) dr Sta Bil
c. Marvel Mystery Oil / MMO (utk membantu pelumasan pompa injeksi)

Kalo merek lain mungkin bisa coba ke GUT atau Oops, yg boleh dicoba juga = Total Cetane Booster (TCB)

Either R 85+ / DPCB / TCB boleh pilih salah 1, dan utk membantu pelumasan pompa injeksi sesekali boleh tuang MMO (pelumasan lebih baik biasanya suara mesin juga akan lebih halus).
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by BADAK »

Oiya, gw baru beli Innova Diesel.
Kira2 SMers ada yg tau apa saja pantangan waktu reyen?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by Profith83 »

Pak Badak,

pakai Innova diesel yang sudah type baru yah ?

Pernah pakai Panther turbo ?
Bagaimana pengalamannya, enak mana ?
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by Prive »

BADAK wrote:Oiya, gw baru beli Innova Diesel.
Kira2 SMers ada yg tau apa saja pantangan waktu reyen?
Pantangannya ada semua koq di buku manualnya. Utk inreyen s/d 1000 km, max 80kpj, tiap persneling dijaga max 2500rpm, dan jangan menarik beban dulu. Setelah 1000km disarankan ganti oli dan filter olinya (meskipun belum interval ganti oli), fungsinya utk membersihkan gram-gram kecil (serpihan mikro) yg sering terjadi saat gesekan awal mesin baru, selain itu oli bawaan pabrik kualitasnya juga sering pas-pasan.

Ganti pake oli mineral kisaran 10w-40 dgn API service yang bagus (kalo menurut manual book minimal CF-4, kalau bisa cari yang lebih bagus, CG, CI, CJ, dst). Setelah lewat 10rb km baru bisa coba oli semi synth atau full synth.

Perhatikan juga D4D ada turbo tapi belum turbo timer, jadi sebaiknya sebelum matikan mesin dibiarkan idle dulu beberapa saat utk menurunkan kecepatan putar bilah turbo. kalau cuma habis jalan pelan dalam kota idle sekitar 30 detik cukup, tapi kalo habis ngebut di tol atau habis ngeden di tanjakan sebaiknya idle sekitar 2 menit. Utk ukuran idle ini terkait kondisi rpm yg dipakai juga ada petunjuknya di manual book.

Mudah2an gak salah, kalo salah CMIIW.
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by BADAK »

Saya pengalaman pake Panther LS & Innova D4d 2008. Kalo Panther Turbo lom pernah, boss.
Tapi ini gw rencana mau cari Panther Touring. Ntar kalo udah dapet gw share deh pengalaman gw.
Cuman so far, dr Innova yg gw rasain mesinnya halus bgt dech hampir mendekati bensin. Mungkin ini karena teknologi common rail nya Toyota yah. Kalo dibanding Panther biasa ya jauh. Panther terasa banget getaran dan suaranya.
Oiya boss, gw pernah liat org yg pake Innova D4d 2008 juga dipasangin turbo timer. Apakah memang perlu, soalnya kata org yg pake itu kalo gak dipasangin bisa merusak Turbo nya.
Jadi dipasangain alat itu biar gak langsung mati kyk di Panther touring (katanya sech seharga 850rb). trus koq pas saya beli Innova sales nya gak bilang apa2 yah?
Mestinya kalo mmg mudah rusak gara2 tidak ada Turbo Timer nya ya diumumin donk.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
endy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Jan 20, 2007 19:39
Location: plg

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by endy »

Prive wrote:
BADAK wrote:Oiya, gw baru beli Innova Diesel.
Kira2 SMers ada yg tau apa saja pantangan waktu reyen?
Pantangannya ada semua koq di buku manualnya. Utk inreyen s/d 1000 km, max 80kpj, tiap persneling dijaga max 2500rpm, dan jangan menarik beban dulu. Setelah 1000km disarankan ganti oli dan filter olinya (meskipun belum interval ganti oli), fungsinya utk membersihkan gram-gram kecil (serpihan mikro) yg sering terjadi saat gesekan awal mesin baru, selain itu oli bawaan pabrik kualitasnya juga sering pas-pasan.

Ganti pake oli mineral kisaran 10w-40 dgn API service yang bagus (kalo menurut manual book minimal CF-4, kalau bisa cari yang lebih bagus, CG, CI, CJ, dst). Setelah lewat 10rb km baru bisa coba oli semi synth atau full synth.

Perhatikan juga D4D ada turbo tapi belum turbo timer, jadi sebaiknya sebelum matikan mesin dibiarkan idle dulu beberapa saat utk menurunkan kecepatan putar bilah turbo. kalau cuma habis jalan pelan dalam kota idle sekitar 30 detik cukup, tapi kalo habis ngebut di tol atau habis ngeden di tanjakan sebaiknya idle sekitar 2 menit. Utk ukuran idle ini terkait kondisi rpm yg dipakai juga ada petunjuknya di manual book.

Mudah2an gak salah, kalo salah CMIIW.

Numpang nanya ya bro, kalo pake mesin yang bensin, perlu idle brp lama utk jaga kondisi mesinnya?
Newbie neh.. Kaga ngerti permesinan.. Hehe
cvsmb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Mon Jun 25, 2007 15:03
Location: SURABAIA

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by cvsmb »

RedLine 85+ kayanya harganya uda 100rb+. Apa ini semua dicampur ke tangki? agak kemahalan.. kalo diesel power di ace banyak harga 25rb.

Kok bandingan antara panther ama innova.. ya lain donk. lebih enak innova donk naikkannya.. tapi kalo irit ya panther.. saya punya dua2nya.. kalo antar anak plg pergi sekolah, les n dsb pake panther lebih irit.. hehehe.
femi
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Wed Oct 15, 2008 4:02

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by femi »

endy wrote:
Prive wrote:
BADAK wrote:Oiya, gw baru beli Innova Diesel.
Kira2 SMers ada yg tau apa saja pantangan waktu reyen?
Pantangannya ada semua koq di buku manualnya. Utk inreyen s/d 1000 km, max 80kpj, tiap persneling dijaga max 2500rpm, dan jangan menarik beban dulu. Setelah 1000km disarankan ganti oli dan filter olinya (meskipun belum interval ganti oli), fungsinya utk membersihkan gram-gram kecil (serpihan mikro) yg sering terjadi saat gesekan awal mesin baru, selain itu oli bawaan pabrik kualitasnya juga sering pas-pasan.

Ganti pake oli mineral kisaran 10w-40 dgn API service yang bagus (kalo menurut manual book minimal CF-4, kalau bisa cari yang lebih bagus, CG, CI, CJ, dst). Setelah lewat 10rb km baru bisa coba oli semi synth atau full synth.

Perhatikan juga D4D ada turbo tapi belum turbo timer, jadi sebaiknya sebelum matikan mesin dibiarkan idle dulu beberapa saat utk menurunkan kecepatan putar bilah turbo. kalau cuma habis jalan pelan dalam kota idle sekitar 30 detik cukup, tapi kalo habis ngebut di tol atau habis ngeden di tanjakan sebaiknya idle sekitar 2 menit. Utk ukuran idle ini terkait kondisi rpm yg dipakai juga ada petunjuknya di manual book.

Mudah2an gak salah, kalo salah CMIIW.

Numpang nanya ya bro, kalo pake mesin yang bensin, perlu idle brp lama utk jaga kondisi mesinnya?
Newbie neh.. Kaga ngerti permesinan.. Hehe

Halo

sy juga mau tanya nih, baru aza sy dari auto 2000, kata staffnya suruh pasang turbo timer(harga 900rb), kalo ngga turbonya bisa cepet rusak nih. benar kah?
for info pny sy innova diesel G matic.

btw, innova 2008 bensin irit nih?
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by GTR »

kalo selama masa garansi(3thn) rusak yah klaim ke auto2k aja harusnya.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by Profith83 »

Update : Innova diesel sudah datang tinggal buat STNK :)
femi
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Wed Oct 15, 2008 4:02

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by femi »

GTR wrote:kalo selama masa garansi(3thn) rusak yah klaim ke auto2k aja harusnya.
Halo GTR and temen2 yg laen salam kenal.

jadi enaknya tambah turbo timer kaga? kalo tidak ditambah t timer ngga papa nih?

Halo Turboman :)
berhubung pakenya sama innova diesel matic mau tanya nih:
sy baru pertama kalinya setir mobil matic, kalo ditanjakan kayak ke mall2 itu perlu ganti ke 2 ato ke L? ato tetep aza pake D-3
kapan sih penggunaan L itu?

thanks for the info.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22036
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova Diesel kok susah cari...

Post by Turboman »

femi wrote: berhubung pakenya sama innova diesel matic mau tanya nih:
sy baru pertama kalinya setir mobil matic, kalo ditanjakan kayak ke mall2 itu perlu ganti ke 2 ato ke L? ato tetep aza pake D-3
L / 2 digunakan bila menghadapi tanjakan curam atau turunan curam (engine brake)

Sy sih jarang pake L, biasa kalo naek / turun di parkiran mall / gedung perkantoran pake 2 aja cukup.
* Bukan ajakan Beli *