1. Saya kok menemukan fenomena yg berbeda ya, sebab ada 1 hopeng lagi cari Ipah D4 D second susahnya 1/2 mati, sedang iklan 1TR-FE second itu se abreg2, tinggal pilih aja.Steknika wrote: 1. Innova bensin masih lebih gampang jualnya dibanding diesel.
2. untuk operasional dalam kota mendingan pake bensin, untuk operasional ke luar kota sering2 mending pake diesel. Mesin diesel irit dan tahan banting. tapi mesin bensin, lebih asik buat trek2an, dalam kota yg stop and go lebih diperhitungkan mesin bensin. lagipula ipag G bensin M/T gw bisa 9,4km/l mmmhh irit juga ky avanza :p
Dia survey kalo ada yg jual D4 D 2nd biasanya kondisi udah kurang bagus.
2. Nggak salah om ?
Utk Stop & Go / City driving bukannya mesin yg dapet Torsi besar di RPM rendah lebih unggul ?
Sedangkan utk luar kota malah 1TR-FE bisa cukup irit krn RPM main konstant di deket daerah peak Torque-nya dia, dan juga scr mekanisme ECU mesin bensin skg = saat mesin steady cruise / beban rendah dia bisa jalan dgn AFR yg lean.
Kalo buat akselerasi 0-100 km/jam memang rata2 gasoline lebih unggul.
Sedang utk middle acceleration @ Top Gear rata2 mesin dgn Torsi besar di RPM rendah - tengah akan lebih unggul.
Utk Daily driving, Torsi besar di RPM rendah s/d tengah inilah yg sgt berperan, ga heran ada pepatah "People buy horsepower but drive Torque"
Note : Soal Torsi besar di sini enggak harus TurboDiesel, krn mesin2 Gasoline Direct Injection Turbo saat inipun udah byk yg bisa pompa Torsi besar since 1500 RPM like Audi 1.8 TFSI