klo bisa nt masukin lagi gambar yg nt usulkan, krn ane agak sedikit binun neh mau mulai dari yg mana dulu tentang kabel.avansa wrote:wuih asek neh,,ada kelas sambung menyambung kabel...ane ikut aja,tapi belon nanya karena emang nggak tahu apa yang akan di tanyakan.
Siap Bro ..lanjut
Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Mon Apr 02, 2007 9:01
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
@sjamsul
ic-ic, btw kalau ke glodok ataw kota bisa kasih referensi nama tokonya nggak soalnya mau beli alat kek gitu tapi nggak tahu namanya. Bisa kasih tahu nggak namanya alat itu apa??
gimana kalau alat bro aja gw bayarin, hehehehe. soalnya tiap kali jepit kabel repot banget euiiii. musti pake:
~ tang ujung lancip
~ tang potong
~ tang biasa
~ tang kabel yang abal-abal
~ sisanya di solder + pake heat shrink
pake itu aja susah bener miripin, cuma 75% kadar kemiripannya.
thankss yachh
ic-ic, btw kalau ke glodok ataw kota bisa kasih referensi nama tokonya nggak soalnya mau beli alat kek gitu tapi nggak tahu namanya. Bisa kasih tahu nggak namanya alat itu apa??
gimana kalau alat bro aja gw bayarin, hehehehe. soalnya tiap kali jepit kabel repot banget euiiii. musti pake:
~ tang ujung lancip
~ tang potong
~ tang biasa
~ tang kabel yang abal-abal
~ sisanya di solder + pake heat shrink
pake itu aja susah bener miripin, cuma 75% kadar kemiripannya.
thankss yachh
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
sori... baru posting lagi disini. kemaren malem iseng2 bongkar kabel relay aslinya.. diurut dan ditiru saja... haha! memang berjam2 sih, but works well.. ditiru jalur dan panjangnya, kabel lebih bagus dan relay baru. done...!sjamsul wrote:sebetulnye sih gampang aja, tapi ane kaga bisa gambar di komputer (maklum masih nubie). Tapi klo gambarnye di secarik kertas sih ane bisa. So tolong nt jelaskan maunya sistim nyala yg spt apa neh?. Apakah saat lampu dekat nyala, foglampnya juga nyala, trus saat nyalain lampu jauh apakah foglampnya ikut mati ato idup terus neh. Tolong kasih masuka yg lbh spesifik, spy ane bisa gambarkan permintaan nt dg baik.poeticmind wrote:oh bukan mas... buat di colt. sistem relaynya kan 4lampu. jadi bukan pake sistem 2relayX2, tapi relaynya memang digabung utk 4lampu (2atas, 2bawah).
btw nanti gambarnye ane kirimkan via pos. ok.
thanks, mas...! kapan ke garasi? butuh masukan nih, lebih enak kalo ngobrol langsung ya? haaaa!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
OK prof benar ane siapkan bahan dulu,sya mao ambil sample kelistrikan mobil susuki carry,mobil yang di jamin setiap 10 menit lewat jalan di depan komplek Ane.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
Pak prof gambar yang ane kasih lingkaran itu man yang plus mana yang minus..dan terhubung kemana aja..?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
yang ini juga bro..mohon penjelasanya
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
wah iya tuh mas sjamsul... kemana tuh larinya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
sibuk holiday bro..soalnya hari ini libur.4 hari.besok hari kejepit..di liburkan juga,sabtu minggu libur..Weekend special for keluarga.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
@avansa:
sorry neh bro, ane bukannye kaga mau jawab, tapi ane cuma bisanya di rly lampu aja, klo kabel bodi n urut2anye ane kaga berani kasih jawaban, krn ane bukan ahli di bidang tsb. Cuma klo kabelnye aja ane sedikit tau, terutama cara itung kabelnye.
sorry neh bro, ane bukannye kaga mau jawab, tapi ane cuma bisanya di rly lampu aja, klo kabel bodi n urut2anye ane kaga berani kasih jawaban, krn ane bukan ahli di bidang tsb. Cuma klo kabelnye aja ane sedikit tau, terutama cara itung kabelnye.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
bukan sibuk liburan, tapi ngurusin anak yg lagi dirawat di rs. Jadi dlm beberapa hari ini ol nya kurang.avansa wrote:sibuk holiday bro..soalnya hari ini libur.4 hari.besok hari kejepit..di liburkan juga,sabtu minggu libur..Weekend special for keluarga.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
siippp, bearti ane kaga usah kirimin gambarnye yah.poeticmind wrote:sori... baru posting lagi disini. kemaren malem iseng2 bongkar kabel relay aslinya.. diurut dan ditiru saja... haha! memang berjam2 sih, but works well.. ditiru jalur dan panjangnya, kabel lebih bagus dan relay baru. done...!
thanks, mas...! kapan ke garasi? butuh masukan nih, lebih enak kalo ngobrol langsung ya? haaaa!
u r welcome. Ane kaga tau neh kapan bisa pergi ke garasi, tp klo nt kebetulan ada pergi ke jakarta, silahkan mampir ke tempat ane, nanti ane kasih tau yg ane tau neh. hehehe........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
nama tokonye "bimasakti", alat tsb biasanye disebut dg crimping tools, tapi yg perlu diperhatikan adalah yg pake rachet, jadi kekuatan jepitnya bisa sama tiap kali nt jepit terminal. Jika dibandingkan dg alat2 yg biasa nt pake mah jauh lbh efisien. Ane kasih tau neh, alat tsb relatip mahal (yg spt ane punya), oleh sebab itu nt bisa beli yg spt ane punya di toko tsb. Sebaiknya nt bawa contoh terminal yg akan dijepit, krn jenis alat ini cukup banyak (spy kaga salah beli).ok.macan_arena wrote:@sjamsul
ic-ic, btw kalau ke glodok ataw kota bisa kasih referensi nama tokonya nggak soalnya mau beli alat kek gitu tapi nggak tahu namanya. Bisa kasih tahu nggak namanya alat itu apa??
gimana kalau alat bro aja gw bayarin, hehehehe. soalnya tiap kali jepit kabel repot banget euiiii. musti pake:
~ tang ujung lancip
~ tang potong
~ tang biasa
~ tang kabel yang abal-abal
~ sisanya di solder + pake heat shrink
pake itu aja susah bener miripin, cuma 75% kadar kemiripannya.
thankss yachh
btw emang lokasi nt ada dimana n biasanye buat jepit terminal apaan neh (klo boleh tau)?.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
@avansa:
bro, tlg masukin gambar kabel yg nt posting waktu itu yah (yg dari forum sebelah sana).
Nanti ane coba bahas. tengkyu.
bro, tlg masukin gambar kabel yg nt posting waktu itu yah (yg dari forum sebelah sana).
Nanti ane coba bahas. tengkyu.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
Om sjamsul saran keponakan sebaiknya penjelasannya dilanjutkan saja sesuai dengan point2 yang sudah disebutkan.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Tue Dec 23, 2008 4:57
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
Gue Iseng2 bikin gambar Cara kerja/pemasangan Rellay. Siapa tahu berguna.
Sory gambarnya amburadul soalnya gue pake microsoft paint Bukan auto Cad. HIHI
Sory gambarnya amburadul soalnya gue pake microsoft paint Bukan auto Cad. HIHI
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
siaaaappppp............. bos eh keponakan..............esh wrote:Om sjamsul saran keponakan sebaiknya penjelasannya dilanjutkan saja sesuai dengan point2 yang sudah disebutkan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
gambarnya sih kaga jelek, cuma klo bisa dikasih nomornya, misalkan 85,86,30 n 87, biar bisa lbh berguna lagi neh.DeCrate wrote:Gue Iseng2 bikin gambar Cara kerja/pemasangan Rellay. Siapa tahu berguna.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
Ane coba mulai sedikit neh mengenai kabel. Ane ambil contoh aja dari kabel yg disebut dg 2 mili. Pada kabel bodi mbl terdapat beberapa jenis kabel dg ukuran tsb, misalkan AV 2, AVS 2, AVF 2, AVSS 2 (ini hanya contoh aja yah, sebenarnya masih banyak lagi). Dari contoh tsb menunjukkan klo ukuran kabel tsb adalah 2 m/m sq. Arti dari 2 m/m sq
(ada juga yg bilang 2 sq m/m) adalah luas penampang pada kabel tsb(isi tembaganye). Hal ini berbeda dg pengertian diameter luar dari kabel tsb. Klo diukur dari lingkaran luarnye, maka bisa ampe 3 m/m bahkan lebih tergantung dari jenis kabelnya.
Nah dari contoh yg ane dah tulis di atas itu, lingkaran luarnya itu kaga sama. Pada jenis AV lingkaran luarnya lbh besar dari tipe AVSS, padahal isi tembaganya sama. Akibat dari perbedaan ukuran lingkaran luarnya, orang awam bisa berpendapat klo yg lbh besar diameter luarnya adalah kabel yg bagus, padahal belum tentu. Bahkan saat ini spt yg ane dah pernah tulis (lupa dimana) banyak beredar kabel yg luarnya aja besar, tapi isinya sedikit krn nyolong ukuran ato disebut dg kabel banci. Selain itu yg lbh parahnya lagi adalah kabel tsb bukan terbuat dari tembaga, tapi dari alumunium yg dilapis menyerupai warna tembaga.
So berhati2lah dlm membeli kabel saat ini agar tidak merepotkan. Jangan tertipu oleh penampilan luarnya aja.
btw ane akan coba usahakan kasih contoh gambar, biar lbh jelas lagi. Tapi berhubung ane dah ngantuk, maka pembahasan ini akan dilanjutkan lain hari yah.
(ada juga yg bilang 2 sq m/m) adalah luas penampang pada kabel tsb(isi tembaganye). Hal ini berbeda dg pengertian diameter luar dari kabel tsb. Klo diukur dari lingkaran luarnye, maka bisa ampe 3 m/m bahkan lebih tergantung dari jenis kabelnya.
Nah dari contoh yg ane dah tulis di atas itu, lingkaran luarnya itu kaga sama. Pada jenis AV lingkaran luarnya lbh besar dari tipe AVSS, padahal isi tembaganya sama. Akibat dari perbedaan ukuran lingkaran luarnya, orang awam bisa berpendapat klo yg lbh besar diameter luarnya adalah kabel yg bagus, padahal belum tentu. Bahkan saat ini spt yg ane dah pernah tulis (lupa dimana) banyak beredar kabel yg luarnya aja besar, tapi isinya sedikit krn nyolong ukuran ato disebut dg kabel banci. Selain itu yg lbh parahnya lagi adalah kabel tsb bukan terbuat dari tembaga, tapi dari alumunium yg dilapis menyerupai warna tembaga.
So berhati2lah dlm membeli kabel saat ini agar tidak merepotkan. Jangan tertipu oleh penampilan luarnya aja.
btw ane akan coba usahakan kasih contoh gambar, biar lbh jelas lagi. Tapi berhubung ane dah ngantuk, maka pembahasan ini akan dilanjutkan lain hari yah.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Tue Dec 23, 2008 4:57
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
Kalo gue boleh beri jawaban sebagai berikut :avansa wrote:yang ini juga bro..mohon penjelasanya
Semua lampu. klakson atau peralatan lain membutuhkan listrik berkutub ( + ) dan ( - ).
Untuk kaki berkutub ( + ) biasanya mempunyai kabel panjang yang tersambung ke saklar atau ke kepala aki (+).
Sedangkan untuk kaki berkutub negatif ( - )tinggal sambungkan pada BODY MOBIL , karena body mobil adalah kutub ( - ) aki. Kutub ( - ) aki tersambung pada body mobil.
Jadi lebih simple khan. Tidak perlu bingung2 mencari kabel panjang untuk agar tersambung pada kutub ( - ) aki.
Mengenai GAMBAR DIATAS : ada kesalahan pada kutub aki. Kutub aki yang tertutup karet(kiri atas) Adalah kutub ( + ) bukan negatif. Tujuan ditutup adalah menghindari kemungkinan konsletting dgn body( - ).
Untuk gambar sebelumnya , untuk mencari kabel positif/ negatif lampu:
Simplenya sbb:
1. kable yang panjang atau tertutup karet/plastik adalah kutub ( + )
2. Kabel yang biasanya pendek dan telanjang , konektornya hanya berbentuk lingkaran/ ring adalah kutub ( - ) . Biasanya di mur pada body/ Ground.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Tue Dec 23, 2008 4:57
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
Gue Iseng Lagi Neh Bikin Gambar Cara Pemasangan Relay: Moga Berguna dan Berkenan. Sory Gambarnya Kayak ANAK TK. hihi
Ada 2 type pemasangan yaitu:
1. Type Saklar Postitf : Artinya Saklar menghubungkan Kutub (+) Accu.
2. Type Saklar Negatif ( Lebih Simple) :Saklar menghubungkan rellay pada Body Mobil/ Ground.
Terserah mau pilih pemasangan type mana. Kalau Untuk pasang baru( dlm arti saklar tambahan) , type saklar negatif lebih oke.
Kalo untuk type yang udah lama/Tersedia biasanya saklar Positif( contoh pemasangan relay pada lampu utama).
Tujuan pemasangan relay adalah agar:
1. Memperbaiki Kontak , sehingga cahaya lebih terang/aliran listrik lebih lancar.
2. Menjaga keawetan Saklar( misal tombol lampu utama di dasbor/kabin), karena perannya(yg beban berat/langsung menuju lampu utama) diambil alih oleh rellay.
Sedangkan beban saklar hanya menggerakkan relay(elektromagnet) , bukan menggerakkan lampu utama. Jadi beban saklar lebih ringan.
Untuk pemakaian lampu yang ber Watt besar tanpa menggunakan Rellay , bisa membuat saklar utama(dalam kabin) menjadi terbakar/leleh.
GAMBAR 1 adalah type saklar Positif
GAMBAR 2 adalah type saklar Negatif.
Gambar type , penggambaran simple utj saklar negatif
Untuk mengetahui kaki2 A B C D , bisa dilihat pada tutup Rellay ( Ada petunjuknya).
Arah Aliran pada kaki2 Rellay itu bisa 2 arah. Jadi simple nggak usah kuatir kebalik.
Sorry kalau misalnya ada yg OOT ya?MOGA Gak Bingung Yaa. Berhubung gambarnya kurang oke.
Ada 2 type pemasangan yaitu:
1. Type Saklar Postitf : Artinya Saklar menghubungkan Kutub (+) Accu.
2. Type Saklar Negatif ( Lebih Simple) :Saklar menghubungkan rellay pada Body Mobil/ Ground.
Terserah mau pilih pemasangan type mana. Kalau Untuk pasang baru( dlm arti saklar tambahan) , type saklar negatif lebih oke.
Kalo untuk type yang udah lama/Tersedia biasanya saklar Positif( contoh pemasangan relay pada lampu utama).
Tujuan pemasangan relay adalah agar:
1. Memperbaiki Kontak , sehingga cahaya lebih terang/aliran listrik lebih lancar.
2. Menjaga keawetan Saklar( misal tombol lampu utama di dasbor/kabin), karena perannya(yg beban berat/langsung menuju lampu utama) diambil alih oleh rellay.
Sedangkan beban saklar hanya menggerakkan relay(elektromagnet) , bukan menggerakkan lampu utama. Jadi beban saklar lebih ringan.
Untuk pemakaian lampu yang ber Watt besar tanpa menggunakan Rellay , bisa membuat saklar utama(dalam kabin) menjadi terbakar/leleh.
GAMBAR 1 adalah type saklar Positif
GAMBAR 2 adalah type saklar Negatif.
Gambar type , penggambaran simple utj saklar negatif
Untuk mengetahui kaki2 A B C D , bisa dilihat pada tutup Rellay ( Ada petunjuknya).
Arah Aliran pada kaki2 Rellay itu bisa 2 arah. Jadi simple nggak usah kuatir kebalik.
Sorry kalau misalnya ada yg OOT ya?MOGA Gak Bingung Yaa. Berhubung gambarnya kurang oke.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
ini lampiran gambarnya mungkin pak Prof..saya bawakansjamsul wrote:Ane coba mulai sedikit neh mengenai kabel. Ane ambil contoh aja dari kabel yg disebut dg 2 mili. Pada kabel bodi mbl terdapat beberapa jenis kabel dg ukuran tsb, misalkan AV 2, AVS 2, AVF 2, AVSS 2 (ini hanya contoh aja yah, sebenarnya masih banyak lagi). Dari contoh tsb menunjukkan klo ukuran kabel tsb adalah 2 m/m sq. Arti dari 2 m/m sq
(ada juga yg bilang 2 sq m/m) adalah luas penampang pada kabel tsb(isi tembaganye). Hal ini berbeda dg pengertian diameter luar dari kabel tsb. Klo diukur dari lingkaran luarnye, maka bisa ampe 3 m/m bahkan lebih tergantung dari jenis kabelnya.
Nah dari contoh yg ane dah tulis di atas itu, lingkaran luarnya itu kaga sama. Pada jenis AV lingkaran luarnya lbh besar dari tipe AVSS, padahal isi tembaganya sama. Akibat dari perbedaan ukuran lingkaran luarnya, orang awam bisa berpendapat klo yg lbh besar diameter luarnya adalah kabel yg bagus, padahal belum tentu. Bahkan saat ini spt yg ane dah pernah tulis (lupa dimana) banyak beredar kabel yg luarnya aja besar, tapi isinya sedikit krn nyolong ukuran ato disebut dg kabel banci. Selain itu yg lbh parahnya lagi adalah kabel tsb bukan terbuat dari tembaga, tapi dari alumunium yg dilapis menyerupai warna tembaga.
So berhati2lah dlm membeli kabel saat ini agar tidak merepotkan. Jangan tertipu oleh penampilan luarnya aja.
btw ane akan coba usahakan kasih contoh gambar, biar lbh jelas lagi. Tapi berhubung ane dah ngantuk, maka pembahasan ini akan dilanjutkan lain hari yah.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
wah asek neh yang privat ane bertambah halao Bro DEmo Crate...salam kenal weleh anak buahnya SBY yah..ke..ke..ke penjelasanya bagus tapi ada yang ketinggalan toh yang saya tulis warna merah belon di jelasin...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
Oh Lupa Bro SJam gemana si kecil,,udah baikan belon ..kenapa seh kok harus di rawat Di Rumah sakit,sayang ane jauh kalau dekat pasti ane tengok.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
yg satu (abangnya) dah boleh pulang, tapi adiknya msh harus dirawat beberapa hari lagi.avansa wrote:Oh Lupa Bro SJam gemana si kecil,,udah baikan belon ..kenapa seh kok harus di rawat Di Rumah sakit,sayang ane jauh kalau dekat pasti ane tengok.
Harus dirawat di rs, krn ane khawatir ama kondisinya yg dah mulai lemah, trus diperiksa darah n menunjukkan hasil trombositnya menurun, jadi untuk amannya (menurut dokter) sebaiknya dirawat. So ane sih turutin aja apa kata dokter n memang benar setelah dirawat kondisinya jadi lbh baik.
gpp kok bro avansa. thanks yah.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....
@avansa:
sebetulnya gambar yg ane harapkan kurang lengkap, so maksud ane adalah gambar yg ada tulisan lingkaran luarnya. Ingat apa kaga neh, terakhir yg nt tanya di thread yg lain, trus nt lampirkan gambar n ukuran kabelnya.
Maksud ane adalah spy ane bisa menjelaskan dg baik, spy jangan sampe ada salah pengertian mengenai ukuran kabel.
Ane tunggu yah. tengkyu.
sebetulnya gambar yg ane harapkan kurang lengkap, so maksud ane adalah gambar yg ada tulisan lingkaran luarnya. Ingat apa kaga neh, terakhir yg nt tanya di thread yg lain, trus nt lampirkan gambar n ukuran kabelnya.
Maksud ane adalah spy ane bisa menjelaskan dg baik, spy jangan sampe ada salah pengertian mengenai ukuran kabel.
Ane tunggu yah. tengkyu.