Kalau mobilnya gak dipake juga bakalan lama bangett keluar warning2 ini. Apalagi kalau mesin mati, dijamin aman dari warning. Hehehe..Suryaputra wrote:Wkwkwkwkwk makanya pakai DGO dongOmnibus wrote: ↑Fri Mar 18, 2022 16:48besok diganti pake q8 d1fe. tapi trus baru 4000km keluar lagi warning gitu. ngana yg dikejar2 suruh tanggung jawab.Suryaputra wrote: ↑Fri Mar 18, 2022 14:33 Klo mau puas, test lab aja mbah kang.
Apalagi itu klo pk oli bawaan beres, yg kualitasnya so so ajah.
Ya wajarnya emg 5rb Km ganti.
Krn mesin turbo tuh lbh panas, apalagi dihajar bbm pertamax yg msk kategori sulfur tinggi mnrt std oil-lab trakindo.
btw #wisatadubaigratis nya kapan mbah berangkatnya? sy mau jastip sm mbah, nitip beliin unta.
Gak bakal keluar warning2 gtu
Share problem CRV Turbo
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 293
- Joined: Sun Nov 04, 2018 4:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda
Re: Share problem CRV Turbo
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4619
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Share problem CRV Turbo
Benar. Harusnya dibedain harganya gapapa yah om.Omnibus wrote: ↑Wed Apr 07, 2021 10:14 sy msh ingat waktu msh karyawan di merk N lihat mobil diproduksi baru rangka mau masuk tungku utk bakar cat (paint stoving) pakai conveyor. suhunya 160°C. dan sebelumnya ditaruh tuh lembaran2 sound proofing ikut distoving bareng.
ngeliat produksinya kaya begitu, merk lain jg pasti mirip2 lah. padahal kenapa ga minta tambahan biaya ke customer yg mau biar ditambahin lembaran sound proofingnya ya. drpd abis mobil jadi hrs dibongkar2 lagi pasang diluaran. memang sih kl yg di door trim yg bolong2an nya itu harus manual pasangnya, kecuali yg nempel ke plat pintu luarnya bisa ikut stoving.
Paling 5 jt an
Cuma mungkin repot di jalur produksinya fan kayanya org Indo kok gak banyak yg mau tambah 5 jt untuk peredam.
Kalau saya mau, enak tenang di mobil
Untuk pembuktian di faktur akan terlihat type nya apa.
Jadi penandanya dari pabrik. Untuk menghindari hal2x yg tidak diinginkan pakai cara itu.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45
Re: Share problem CRV Turbo
Saya kirain knob transmisi copot hanya di Indonesia yang batch2 awal.
Ternyata di luar negeri juga sama ya. Menit 8:55.
Kok Bisa ya
Ternyata di luar negeri juga sama ya. Menit 8:55.
Kok Bisa ya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1363
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Share problem CRV Turbo
Udah jalan 3rb km masih ada sisa 4,1rb km lagi menurut indicator nya.
Tapi jujur emg jarang kena macet sih jadi oli life nya bisa lumayan distance nya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45
Re: Share problem CRV Turbo
Mau tanya terkait oil lifetime ini.
Jadi apakah saat warning itu muncul dan lifetime misal sudah mau habis :
1. Ganti oli walaupun secara kilometer atau periode bulanan belum tercapai?
2. Tambah oli kalau memang terlihat kurang?
3. Cuekin aja, reset, trus tunggu periode km / bulan ganti oli?
Jadi apakah saat warning itu muncul dan lifetime misal sudah mau habis :
1. Ganti oli walaupun secara kilometer atau periode bulanan belum tercapai?
2. Tambah oli kalau memang terlihat kurang?
3. Cuekin aja, reset, trus tunggu periode km / bulan ganti oli?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 293
- Joined: Sun Nov 04, 2018 4:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda
Re: Share problem CRV Turbo
Konsumsi bbm di mid berapa mbah? Penasaran. Saya dapet segituan ketika konsumsi bbm 1:11 - 1:12an.
Pengalaman saya, kl sering macet2an parah 1:9 an ini pastinya oil life 5rb aja minta ganti.
Pengalaman saya, kl sering macet2an parah 1:9 an ini pastinya oil life 5rb aja minta ganti.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 293
- Joined: Sun Nov 04, 2018 4:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda
Re: Share problem CRV Turbo
Kalau saya selalu ikut oil life, indikator biasanya nyala ketika oil life sisa 1,500km dan saya ganti ketika oil life sisa 200an, dan biasanya max di 6 bln sudah ganti. Gak mahal juga kok kalau hanya ganti oli aja.grimjow wrote:Mau tanya terkait oil lifetime ini.
Jadi apakah saat warning itu muncul dan lifetime misal sudah mau habis :
1. Ganti oli walaupun secara kilometer atau periode bulanan belum tercapai?
2. Tambah oli kalau memang terlihat kurang?
3. Cuekin aja, reset, trus tunggu periode km / bulan ganti oli?
Gak pernah tambah oli, krn kalau cek dipstick ya masih wajar/gak kekurangan oli.
3. Reset hanya setelah ganti oli.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11911
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Share problem CRV Turbo
good sign,roadmap wrote: ↑Sat Mar 19, 2022 5:08Kalau saya selalu ikut oil life, indikator biasanya nyala ketika oil life sisa 1,500km dan saya ganti ketika oil life sisa 200an, dan biasanya max di 6 bln sudah ganti. Gak mahal juga kok kalau hanya ganti oli aja.grimjow wrote:Mau tanya terkait oil lifetime ini.
Jadi apakah saat warning itu muncul dan lifetime misal sudah mau habis :
1. Ganti oli walaupun secara kilometer atau periode bulanan belum tercapai?
2. Tambah oli kalau memang terlihat kurang?
3. Cuekin aja, reset, trus tunggu periode km / bulan ganti oli?
Gak pernah tambah oli, krn kalau cek dipstick ya masih wajar/gak kekurangan oli.
3. Reset hanya setelah ganti oli.
sesuai lifetime indicator nya.
honda main aman, better safe than sorry
harga oli gak seberapa
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
- Location: Srengseng
- Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV
Re: Share problem CRV Turbo
rekomendasi oli dong buat crv turbo om.
kemaren dah nyobain oil keraton Amsoil SS 0-20.
kira2 ada oil apa lagi yg bisa dicobain.
kemaren dah nyobain oil keraton Amsoil SS 0-20.
kira2 ada oil apa lagi yg bisa dicobain.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11911
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Share problem CRV Turbo
Q8 formula d1 fe 0w20nicholasmun wrote: ↑Sat Mar 19, 2022 9:48 rekomendasi oli dong buat crv turbo om.
kemaren dah nyobain oil keraton Amsoil SS 0-20.
kira2 ada oil apa lagi yg bisa dicobain.
Nanti sharing2 impresinya mbah.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 283
- Joined: Fri Jul 26, 2019 7:06
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2012 CRV RE1
Re: Share problem CRV Turbo
Sebenernya kasus oil life CRV Turbo itu udah lama sekali tp sepertinya masih banyak yang kurang paham mengenai indikator oil life, dan akhirnya mengikuti saran BERES utk ganti oli kalau oil lifenya udah dikit, walaupun baru jalan krg dr 5000/10.000 KM.
Gini, oil life di CRV itu spt halnya Range BBM, makin sering kena macet pasti rangenya berkurang, dan kalau kita ajak jalan di tol yg notabene lancar pasti rangenya nambah. Oil life itu seperti range hitung2annya, tergantung kondisi jalanan. Skrg pertanyaannya gmn caranya cek kalau oil life hrs ganti atau tidak, simple, gunakan cara tradisional, CEK DIP STICK, kalau masih bagus ya gausah ganti cukup reset oil life indicatornya aja, kalau jelek ya ganti.
Mau secanggih apapun mobil, kita sbg pengguna mobil jg wajib tau cara2 “old” seperti ini, jgn sampai kita “dibodohi” oleh BERES, baru 3000 KM udah ganti, padahal oli masih bening.
Sy yakin bbrp pengguna CRV Turbo di sini sudah tau hal ini, dan sudah berkali2 menjelaskan sampai capek sendiri yakan krn masih byk ternyata yang kurang paham.
Sy ga punya CRV Turbo, tp prinsipnya sama di mobil2 lain utk baca indikator2 tsb, dan sekali lg cek dip sticknya, itu udah cara yang paling akurat krn mata kita sendiri yang bertindak sebagai sensor utk memutuskan perlu diganti atau tidak.
Intinya gini, pakai oli yang sesuai dan bagus, mau 5000 atau 10.000 KM tidak masalah, dan rutin ganti kalau sudah waktunya, 5000 KM utk 3 bulan, 10.000 utk 6 bulan, misal kdg tuh kita lewat tol terus, otomatis oil life bertambah, udh 3 bulan masih byk sisa oil life, cek dip stick jg masih bening, terus ganti ga ? Ya ganti krn sudah waktunya ganti.
CMIIW
Gini, oil life di CRV itu spt halnya Range BBM, makin sering kena macet pasti rangenya berkurang, dan kalau kita ajak jalan di tol yg notabene lancar pasti rangenya nambah. Oil life itu seperti range hitung2annya, tergantung kondisi jalanan. Skrg pertanyaannya gmn caranya cek kalau oil life hrs ganti atau tidak, simple, gunakan cara tradisional, CEK DIP STICK, kalau masih bagus ya gausah ganti cukup reset oil life indicatornya aja, kalau jelek ya ganti.
Mau secanggih apapun mobil, kita sbg pengguna mobil jg wajib tau cara2 “old” seperti ini, jgn sampai kita “dibodohi” oleh BERES, baru 3000 KM udah ganti, padahal oli masih bening.
Sy yakin bbrp pengguna CRV Turbo di sini sudah tau hal ini, dan sudah berkali2 menjelaskan sampai capek sendiri yakan krn masih byk ternyata yang kurang paham.
Sy ga punya CRV Turbo, tp prinsipnya sama di mobil2 lain utk baca indikator2 tsb, dan sekali lg cek dip sticknya, itu udah cara yang paling akurat krn mata kita sendiri yang bertindak sebagai sensor utk memutuskan perlu diganti atau tidak.
Intinya gini, pakai oli yang sesuai dan bagus, mau 5000 atau 10.000 KM tidak masalah, dan rutin ganti kalau sudah waktunya, 5000 KM utk 3 bulan, 10.000 utk 6 bulan, misal kdg tuh kita lewat tol terus, otomatis oil life bertambah, udh 3 bulan masih byk sisa oil life, cek dip stick jg masih bening, terus ganti ga ? Ya ganti krn sudah waktunya ganti.
CMIIW
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Sat Dec 28, 2013 23:45
Re: Share problem CRV Turbo
Cara akurat sebelum dan setelah pakai peredam pakai alat, kepastiannya jelas bukan cuma feeling pendengaran saja. Sepertinya ada yg sudah pernah cerita keluar uang utkProfith83 wrote: ↑Sat Mar 19, 2022 1:47Benar. Harusnya dibedain harganya gapapa yah om.
Paling 5 jt an
Cuma mungkin repot di jalur produksinya fan kayanya org Indo kok gak banyak yg mau tambah 5 jt untuk peredam.
Kalau saya mau, enak tenang di mobil
Untuk pembuktian di faktur akan terlihat type nya apa.
Jadi penandanya dari pabrik. Untuk menghindari hal2x yg tidak diinginkan pakai cara itu.
Peredam hasilnya ternyata tidak signifikan.....
Selama ini pake hrv trus pake crv turbo, ya itu bonus suara putaran ban seperti lepas landas pesawat take off........
Gedein volume radio aja atau kuping nya memang sudah terbiasa
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4619
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Share problem CRV Turbo
Yup ... ada alat desibel nya.halooo wrote: ↑Sun Mar 20, 2022 1:44Cara akurat sebelum dan setelah pakai peredam pakai alat, kepastiannya jelas bukan cuma feeling pendengaran saja. Sepertinya ada yg sudah pernah cerita keluar uang utkProfith83 wrote: ↑Sat Mar 19, 2022 1:47Benar. Harusnya dibedain harganya gapapa yah om.
Paling 5 jt an
Cuma mungkin repot di jalur produksinya fan kayanya org Indo kok gak banyak yg mau tambah 5 jt untuk peredam.
Kalau saya mau, enak tenang di mobil
Untuk pembuktian di faktur akan terlihat type nya apa.
Jadi penandanya dari pabrik. Untuk menghindari hal2x yg tidak diinginkan pakai cara itu.
Peredam hasilnya ternyata tidak signifikan.....
Selama ini pake hrv trus pake crv turbo, ya itu bonus suara putaran ban seperti lepas landas pesawat take off........
Gedein volume radio aja atau kuping nya memang sudah terbiasa
Saya pernah test drive mobilio sebelum beli baru di show room Honda, type eCVT wih parah itu suara motor di sebelah keras banget.
Coba test drive mobilio RS nah lumayan jauh bedanya.
Sepintas yang terlihat adalah karet balon di pintu dan dan body mobil untuk type RS, jadi lebih teredam.
Kalau dari pabrik pasti sudah ada alat ukurnya dengan penambahan peredam, pasti diukur sama pabriknya.
Gak sebodoh itu kalau pabrik menambah peredam tapi tidak beda.
Keluar duit lebih misal 5 sd 10 jt, mobil lebih berat, tarikan lebih berat dikit, BBM lebih boros tapi kalau tidak lebih kedap yah lama kelamaan gak laku
Rugi investasi misal dengan alat semprot cat karet di belakang pintu mobil, atau cat tertentu yang lebih kedap dst dst nya.
Kalau manual tambah ini dan itu yah susah karena suara itu ada lobang 1mm x 1mm di 2 titik kiri dan kanan depan driver sudah pasti akan berisik. Dalam contoh diatas apabila bukan karet balon.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Mon Jan 25, 2016 2:11
Re: Share problem CRV Turbo
Atau ada lab trakindo berikut analisnya didalam kap mesin hehebabehgue708 wrote: ↑Sat Mar 19, 2022 17:57 Sebenernya kasus oil life CRV Turbo itu udah lama sekali tp sepertinya masih banyak yang kurang paham mengenai indikator oil life, dan akhirnya mengikuti saran BERES utk ganti oli kalau oil lifenya udah dikit, walaupun baru jalan krg dr 5000/10.000 KM.
Gini, oil life di CRV itu spt halnya Range BBM, makin sering kena macet pasti rangenya berkurang, dan kalau kita ajak jalan di tol yg notabene lancar pasti rangenya nambah. Oil life itu seperti range hitung2annya, tergantung kondisi jalanan. Skrg pertanyaannya gmn caranya cek kalau oil life hrs ganti atau tidak, simple, gunakan cara tradisional, CEK DIP STICK, kalau masih bagus ya gausah ganti cukup reset oil life indicatornya aja, kalau jelek ya ganti.
Mau secanggih apapun mobil, kita sbg pengguna mobil jg wajib tau cara2 “old” seperti ini, jgn sampai kita “dibodohi” oleh BERES, baru 3000 KM udah ganti, padahal oli masih bening.
Sy yakin bbrp pengguna CRV Turbo di sini sudah tau hal ini, dan sudah berkali2 menjelaskan sampai capek sendiri yakan krn masih byk ternyata yang kurang paham.
Sy ga punya CRV Turbo, tp prinsipnya sama di mobil2 lain utk baca indikator2 tsb, dan sekali lg cek dip sticknya, itu udah cara yang paling akurat krn mata kita sendiri yang bertindak sebagai sensor utk memutuskan perlu diganti atau tidak.
Intinya gini, pakai oli yang sesuai dan bagus, mau 5000 atau 10.000 KM tidak masalah, dan rutin ganti kalau sudah waktunya, 5000 KM utk 3 bulan, 10.000 utk 6 bulan, misal kdg tuh kita lewat tol terus, otomatis oil life bertambah, udh 3 bulan masih byk sisa oil life, cek dip stick jg masih bening, terus ganti ga ? Ya ganti krn sudah waktunya ganti.
CMIIW
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Share problem CRV Turbo
Bbm FC dgn selang biru around 1:8-9 karena sering jadi genset, secara hitungan Km/L beda tipis sama Veloz CVT yg pake selang putih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- SM Specialist
- Posts: 16466
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Share problem CRV Turbo
kadang kadang tuh teknologi dibuat untuk memudahkan manusia, tapi kasusnya sama seperti smartphone, orangnya malah jadi dibegoin sama smartphone.babehgue708 wrote: ↑Sat Mar 19, 2022 17:57 Sebenernya kasus oil life CRV Turbo itu udah lama sekali tp sepertinya masih banyak yang kurang paham mengenai indikator oil life, dan akhirnya mengikuti saran BERES utk ganti oli kalau oil lifenya udah dikit, walaupun baru jalan krg dr 5000/10.000 KM.
Gini, oil life di CRV itu spt halnya Range BBM, makin sering kena macet pasti rangenya berkurang, dan kalau kita ajak jalan di tol yg notabene lancar pasti rangenya nambah. Oil life itu seperti range hitung2annya, tergantung kondisi jalanan. Skrg pertanyaannya gmn caranya cek kalau oil life hrs ganti atau tidak, simple, gunakan cara tradisional, CEK DIP STICK, kalau masih bagus ya gausah ganti cukup reset oil life indicatornya aja, kalau jelek ya ganti.
Mau secanggih apapun mobil, kita sbg pengguna mobil jg wajib tau cara2 “old” seperti ini, jgn sampai kita “dibodohi” oleh BERES, baru 3000 KM udah ganti, padahal oli masih bening.
Sy yakin bbrp pengguna CRV Turbo di sini sudah tau hal ini, dan sudah berkali2 menjelaskan sampai capek sendiri yakan krn masih byk ternyata yang kurang paham.
Sy ga punya CRV Turbo, tp prinsipnya sama di mobil2 lain utk baca indikator2 tsb, dan sekali lg cek dip sticknya, itu udah cara yang paling akurat krn mata kita sendiri yang bertindak sebagai sensor utk memutuskan perlu diganti atau tidak.
Intinya gini, pakai oli yang sesuai dan bagus, mau 5000 atau 10.000 KM tidak masalah, dan rutin ganti kalau sudah waktunya, 5000 KM utk 3 bulan, 10.000 utk 6 bulan, misal kdg tuh kita lewat tol terus, otomatis oil life bertambah, udh 3 bulan masih byk sisa oil life, cek dip stick jg masih bening, terus ganti ga ? Ya ganti krn sudah waktunya ganti.
CMIIW
padahal dipstick itu oldest trick in the book, puluhan taun punya mobil, dulu kita ngga perlu oil life oil life an buat inget kapan ganti oli. makanya dulu awal awal viral kasus ini (bahkan sampe influencer ikut ribut), gw jadi bingung, kenapa ngga coba cek hal paling basic dulu sebelum diviralin?
kesalahan beres tentu ada, ngga melakukan edukasi tentang oil life ini sebenernya barang apa dan kenapa "sebaiknya" dituruti dan kapan diabaikan (krn SA sendiri juga kadang gak paham paham amat). tapi ya percuma kite salahin bengkel resmi terus, mereka sndiri ngga mungkin bilang tuh oil life ngga akurat krn masa jelekin barang jualan sendiri.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4245
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Share problem CRV Turbo
bisa jadi ini adalah conspiracy global, the new world order, demi memperpanjang usaha perusahaan minyak dan gas, juga biar itu pabrikan dan tentu saja bengkel resmi tetep dapet duitChZ wrote: ↑Mon Mar 21, 2022 3:06 kesalahan beres tentu ada, ngga melakukan edukasi tentang oil life ini sebenernya barang apa dan kenapa "sebaiknya" dituruti dan kapan diabaikan (krn SA sendiri juga kadang gak paham paham amat). tapi ya percuma kite salahin bengkel resmi terus, mereka sndiri ngga mungkin bilang tuh oil life ngga akurat krn masa jelekin barang jualan sendiri.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11911
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Share problem CRV Turbo
Klo mau terukur dan valid, apakah jika follow oil-life indicator itu meleset jauh atau nggak.
Ya test lab aja.
Bayar cmn 190rb, botol dikasih gratis, prosedur valid dan terukur.
Bebas dr asumsi dan konspirasi apapun.
Ya test lab aja.
Bayar cmn 190rb, botol dikasih gratis, prosedur valid dan terukur.
Bebas dr asumsi dan konspirasi apapun.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 283
- Joined: Fri Jul 26, 2019 7:06
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2012 CRV RE1
Re: Share problem CRV Turbo
Nah itu mbah, ane sendiri ga paham juga sama orang2 yang suka viralin, ane aja yang ga jago2 amat ttg permobilan aja tau kok ngecek oli yang bener itu drmn, lagian cek dipstick itu kan bakal keliatan fisik olinya kayak apa, ga cuman angka doank di speedo.ChZ wrote: ↑Mon Mar 21, 2022 3:06kadang kadang tuh teknologi dibuat untuk memudahkan manusia, tapi kasusnya sama seperti smartphone, orangnya malah jadi dibegoin sama smartphone.babehgue708 wrote: ↑Sat Mar 19, 2022 17:57 Sebenernya kasus oil life CRV Turbo itu udah lama sekali tp sepertinya masih banyak yang kurang paham mengenai indikator oil life, dan akhirnya mengikuti saran BERES utk ganti oli kalau oil lifenya udah dikit, walaupun baru jalan krg dr 5000/10.000 KM.
Gini, oil life di CRV itu spt halnya Range BBM, makin sering kena macet pasti rangenya berkurang, dan kalau kita ajak jalan di tol yg notabene lancar pasti rangenya nambah. Oil life itu seperti range hitung2annya, tergantung kondisi jalanan. Skrg pertanyaannya gmn caranya cek kalau oil life hrs ganti atau tidak, simple, gunakan cara tradisional, CEK DIP STICK, kalau masih bagus ya gausah ganti cukup reset oil life indicatornya aja, kalau jelek ya ganti.
Mau secanggih apapun mobil, kita sbg pengguna mobil jg wajib tau cara2 “old” seperti ini, jgn sampai kita “dibodohi” oleh BERES, baru 3000 KM udah ganti, padahal oli masih bening.
Sy yakin bbrp pengguna CRV Turbo di sini sudah tau hal ini, dan sudah berkali2 menjelaskan sampai capek sendiri yakan krn masih byk ternyata yang kurang paham.
Sy ga punya CRV Turbo, tp prinsipnya sama di mobil2 lain utk baca indikator2 tsb, dan sekali lg cek dip sticknya, itu udah cara yang paling akurat krn mata kita sendiri yang bertindak sebagai sensor utk memutuskan perlu diganti atau tidak.
Intinya gini, pakai oli yang sesuai dan bagus, mau 5000 atau 10.000 KM tidak masalah, dan rutin ganti kalau sudah waktunya, 5000 KM utk 3 bulan, 10.000 utk 6 bulan, misal kdg tuh kita lewat tol terus, otomatis oil life bertambah, udh 3 bulan masih byk sisa oil life, cek dip stick jg masih bening, terus ganti ga ? Ya ganti krn sudah waktunya ganti.
CMIIW
padahal dipstick itu oldest trick in the book, puluhan taun punya mobil, dulu kita ngga perlu oil life oil life an buat inget kapan ganti oli. makanya dulu awal awal viral kasus ini (bahkan sampe influencer ikut ribut), gw jadi bingung, kenapa ngga coba cek hal paling basic dulu sebelum diviralin?
kesalahan beres tentu ada, ngga melakukan edukasi tentang oil life ini sebenernya barang apa dan kenapa "sebaiknya" dituruti dan kapan diabaikan (krn SA sendiri juga kadang gak paham paham amat). tapi ya percuma kite salahin bengkel resmi terus, mereka sndiri ngga mungkin bilang tuh oil life ngga akurat krn masa jelekin barang jualan sendiri.
Mungkin sensor & formula nya ga disesuaikan dgn kondisi jalanan indonesia kali mbah, makanya cepet bener itu umur oli abis. SA mah pasti udah ikutin SOP HPM deh, mungkin biar jualan olinya laku
Last edited by babehgue708 on Tue Mar 22, 2022 10:26, edited 1 time in total.
-
- SM Specialist
- Posts: 16466
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Share problem CRV Turbo
Yang sedih tu dulu yg viralin malah influenser yang gede. Pdhl dia punya mekanik jg kenapa gak coba dibahas ama mekaniknya yah.... Demi konten dan clickbait masa segitunya.babehgue708 wrote: ↑Tue Mar 22, 2022 9:54
Nah itu mbak, ane sendiri ga paham juga sama orang2 yang suka viralin, ane aja yang ga jago2 permobilan aja tau kok ngecek oli yang bener itu drmn, lagian cek dipstick itu kan bakal keliatan fisik olinya kayak apa, ga cuman angka doank di speedo.
Mungkin sensor & formula nya ga disesuaikan dgn kondisi jalanan indonesia kali mbah, makanya cepet bener itu umur oli abis. SA mah pasti udah ikutin SOP HPM deh, mungkin biar jualan olinya laku
Yup itu masalah kalibrasi aja kok. Yang sekarang2 uda gak ngalamin. Kalo ane sih skrg 2 mobil ya rata rata ganti di 5000-6000km yang sbenernya wajar bgt. Udah dibuktiin jg kalo luar kota lebih panjang umur olinya di indikator
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2301
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Share problem CRV Turbo
Q8 D1 FE 0W20 , ato kalo udah remap stage 2 better pake Q8 D1 5W30 (gen 2).nicholasmun wrote: ↑Sat Mar 19, 2022 9:48 rekomendasi oli dong buat crv turbo om.
kemaren dah nyobain oil keraton Amsoil SS 0-20.
kira2 ada oil apa lagi yg bisa dicobain.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
- Location: Srengseng
- Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV
Re: Share problem CRV Turbo
belum remap om.sahabatq8 wrote: ↑Tue Mar 22, 2022 10:25Q8 D1 FE 0W20 , ato kalo udah remap stage 2 better pake Q8 D1 5W30 (gen 2).nicholasmun wrote: ↑Sat Mar 19, 2022 9:48 rekomendasi oli dong buat crv turbo om.
kemaren dah nyobain oil keraton Amsoil SS 0-20.
kira2 ada oil apa lagi yg bisa dicobain.
kalo oli maticnya pake apa om?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2301
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Share problem CRV Turbo
Pake Q8 CVT EVO udah pasti cocok dan bagus.nicholasmun wrote: ↑Fri Mar 25, 2022 4:20belum remap om.sahabatq8 wrote: ↑Tue Mar 22, 2022 10:25Q8 D1 FE 0W20 , ato kalo udah remap stage 2 better pake Q8 D1 5W30 (gen 2).nicholasmun wrote: ↑Sat Mar 19, 2022 9:48 rekomendasi oli dong buat crv turbo om.
kemaren dah nyobain oil keraton Amsoil SS 0-20.
kira2 ada oil apa lagi yg bisa dicobain.
kalo oli maticnya pake apa om?
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
- Location: Srengseng
- Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV
Re: Share problem CRV Turbo
Kalo crv turbo itu oli mesin sekitar 4 liter kan ya. kalo oli cvt nya brp liter om?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2301
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Share problem CRV Turbo
Iya 4 liter kurang dikit, kalo cvtnya seperti biasa untuk flush 9-10 liternicholasmun wrote: ↑Fri Mar 25, 2022 5:21Kalo crv turbo itu oli mesin sekitar 4 liter kan ya. kalo oli cvt nya brp liter om?
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/