Pajero DID 2000, Matik or Manual??

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
tuqij4n
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Wed Apr 07, 2010 1:45

Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??

Post by tuqij4n »

sting wrote:
Salam kenal om,
KM pajero udah berapaan ?
Service record ada ngak ?
Pajero DiD minum solar busuk ngak masalah, jadi ngak harus pertadex ato shell. Coba buka saringan solar dan liat ada serbuk 2 gram yang nyangkut ngak ?
Pajero km sudah 110 ribu.. service record sih ada di mitsu saharjo (kata mekaniknya doi biasa mbengkel disitu).
Kemarin buka saringan solar, isinya kok banyak air ya sama kotoran2???.. apakah tanki solarnya perlu dikuras? atau perlu treatmen apa ya??

mungkin minggu2 ini kalau ada kesempatan, baru ke bengkel lagi ganti oli dll, ada sara2 apa yg perlu diganti/dicheck?
thanks sebelumnya...
User avatar
tuqij4n
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Wed Apr 07, 2010 1:45

Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??

Post by tuqij4n »

sting wrote:
maskopat wrote:boleh juga nih.... :mrgreen:
kapan nih rencananya? ane weekend ini dan depan kayaknya gak bisa.. kalo 2 weekend ke depan, masih bisa diatur... :mrgreen:
Hayo, tentatively 2 minggu lagi kopdar !
Om tuqijan ikutan dong !
Om Hendra, turun dong dgn Pajero GDI 3500 cc.
Rekan SMers welcome, refreshing lah
Wah... bagus tuh, rencananya kapan dimana??? kalau terjun ke lumpur mungkin belum berani... kalo nonton sih berani hehehe... maklum baru kali ini bawa mobil ginian... masih coba2 *heheh..malu
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??

Post by gmx »

tuqij4n wrote: Wah... bagus tuh, rencananya kapan dimana??? kalau terjun ke lumpur mungkin belum berani... kalo nonton sih berani hehehe... maklum baru kali ini bawa mobil ginian... masih coba2 *heheh..malu
jangan main lumpur pake pajero om, pertama -> karena sayang lah mobil bagus diceburin.. kedua -> pajero aslinya adalah mobil touring bukan mobil offroad, besarnya di rally Paris-Dakar bukan di camel trophy, independent suspensionnya kurang mendukung untuk dipakai di lumpur.. di SCOP Sentul nanti coba main di kontur2nya seperti tanjakan dan turunan, kalo mau lumpurnya nanti saya bawa land rover juga kalo landynya ngga mogok hahahaha
tuqij4n wrote: Pajero km sudah 110 ribu.. service record sih ada di mitsu saharjo (kata mekaniknya doi biasa mbengkel disitu).
Kemarin buka saringan solar, isinya kok banyak air ya sama kotoran2???.. apakah tanki solarnya perlu dikuras? atau perlu treatmen apa ya??

mungkin minggu2 ini kalau ada kesempatan, baru ke bengkel lagi ganti oli dll, ada sara2 apa yg perlu diganti/dicheck?
thanks sebelumnya...
sebaiknya tanki dikuras dan dikasih lapisan supaya ngga luruh oleh sulfur yang akhirnya akan merusak injector.. kalo sebelumnya di MTB sahardjo, mending diteruskan service berkala di sana, kali aja nanti bareng ketemu saya hehehe

saya qoute postinga dari Om mdid:
mdid wrote:hi All, aku memakai pajero did thn 2000 sejak thn 2004 sampai sekarang. Aku mau sharing mengenai injectors dan TDI pajero. Pajero did tidak rentan solar busuk seperti yang ditulis dan diketahui banyak orang, tapi yang menyebabkan injector rusak karena banyaknya kotoran dari pelapis tangki solar yang tidak tahan terhadap sulfur solar kita, kotoran yang berupa gram tsb lama lama lolos dari saringan solar dan masuk ke injector. Solusinya ada 2 cara . Cara sederhana adalah sering menganti filter solar, dulu aku menganti setiap 5000 km atau ganti oli, tapi waktu ganti cek filter solar yang diganti masih ngeri karena gram gram yang tertahan di filter cukup banyak.
Cara kedua adalah dengan memberi lapisan khusus kedalam tangki solar tersebut sehingga lapisan tangki tidak terkikis lagi. Cara ini cukup ampuh dan efektif berkat saran dari bengkel mitsubishi lautan berlian jl. panjang. Dan sampai sekarang tidak ada masalah dengan injector nya sama sekali.

Mesin pajero did 4M41 belum CRD tapi hanya Turbo (direct injection) diesel biasa, sedangkan mesin pajero diesel 2008 yang baru di eropa dan australia mengunakan mesin sama 4m41 + CRD low pressure untuk memenuhi regulasi emisi.

Ada yang perlu diketahui selama saya mengunakan mitsubishi pajero did ini, spare part tidak lah susah selama ini bisa di penuhi oleh bengkel resmi mitsbishi, paling ya indent beberapa minggu. Untuk beberapa fast moving past sama dengan mitsubish kuda diesel, atau mitsubishi L 300. Jadi saringan oli hanya Rp 71,000 dan saringan solar Rp 110,000 dan original lagi.

Saran saya, kalo cari unit seken lihat asap knalpot kalo ngebul hitam, putaran mesin pincang dan tenaga loyo bisa dipastikan sudah "telat' dan kena injectornya. Harga 60 jutaan itu harga bengkel resmi, tapi kalau cari di luar bengkel seperti untung diesel di sunter bisa separohnya.
Transmisi matic 5 speed + tiptronik, dan satu lagi, pindah kan handle 4x4 ke 4H, akselasi meningkat tajam dan lebih yakin ngebut di jalan licin kala hujan atau tanjakan/turunan tajam. komsumsi solar dalam kota 1 liter : 7 Km, luar kota sekitar 9/10
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??

Post by zweifellos »

@om gmx

thanks bgt om atas infonya. mengenai media online, bukan berupa liputan sih om. cuman sekadar foto-foto yang ada komentarnya. di detikfoto om. sori kalo memang acara yang berbeda.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??

Post by zweifellos »

gmx wrote:di acara gitu sebenernya gw ngarepin ada xtrail, cr-v, captiva, harrier atau sejenisnya, kalo ada sx4 atau livina x-gear hehehe..
bener juga om. lintasannya kan ga mesti mobil 4x4. sx4 pun mestinya bisa. jadinya bisa lebih dinikmati perjalanannya.

lintasannya ada yg sempit ga om? yang bisa bikin baret2 gitu (karena kiri kanan banyak ranting2 dari tanaman2 liar).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??

Post by zweifellos »

baru liat blog beserta foto² di blog itu, mantap bener keliatannya. kayanya nyaman dan seger bgt ke tempat kaya gitu.

saya forward ke sini foto2nya (sori sengaja BW killer, biar enak ngeliatnya :mrgreen: ).
sumber: http://taufiqdes.blogspot.com/2010/04/d ... limun.html

Image

Image

Image

Image

Image
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??

Post by gmx »

zweifellos wrote:
gmx wrote:di acara gitu sebenernya gw ngarepin ada xtrail, cr-v, captiva, harrier atau sejenisnya, kalo ada sx4 atau livina x-gear hehehe..
bener juga om. lintasannya kan ga mesti mobil 4x4. sx4 pun mestinya bisa. jadinya bisa lebih dinikmati perjalanannya.

lintasannya ada yg sempit ga om? yang bisa bikin baret2 gitu (karena kiri kanan banyak ranting2 dari tanaman2 liar).
kayaknya ngga bisa kalo ngga 4x4 dan tanpa low gear, kemarin sedikit gw coba pake 4H, wah jadi serem sendiri, kalo pake 4LLc asik santai pelan2 merayap tapi pasti, 4H mesti pake ancang2 main moment.. kalo pake 4x2 bisa2 cuma setengah tanjakan trus mati, melorot mundur bisa jadi terguling mobilnya.. jalannya batu2nya juga ngga rata, kalo mobil pendek seperti crosover pasti nyangkut2..

tapi heran, kira2 jarak 3 km dari jalan raya, track udah lumayan sulit, masih ada aja L300 pick up.. bener2 mobil paling sakti itu L300.. angkutan di sana rata2 pake Hiline pick up 4x4

lintasan sempit ada beberapa, tapi ngga sampe bikin baret2 kok
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??

Post by maskopat »

gmx wrote:
zweifellos wrote:
gmx wrote:di acara gitu sebenernya gw ngarepin ada xtrail, cr-v, captiva, harrier atau sejenisnya, kalo ada sx4 atau livina x-gear hehehe..
bener juga om. lintasannya kan ga mesti mobil 4x4. sx4 pun mestinya bisa. jadinya bisa lebih dinikmati perjalanannya.

lintasannya ada yg sempit ga om? yang bisa bikin baret2 gitu (karena kiri kanan banyak ranting2 dari tanaman2 liar).
kayaknya ngga bisa kalo ngga 4x4 dan tanpa low gear, kemarin sedikit gw coba pake 4H, wah jadi serem sendiri, kalo pake 4LLc asik santai pelan2 merayap tapi pasti, 4H mesti pake ancang2 main moment.. kalo pake 4x2 bisa2 cuma setengah tanjakan trus mati, melorot mundur bisa jadi terguling mobilnya.. jalannya batu2nya juga ngga rata, kalo mobil pendek seperti crosover pasti nyangkut2..

tapi heran, kira2 jarak 3 km dari jalan raya, track udah lumayan sulit, masih ada aja L300 pick up.. bener2 mobil paling sakti itu L300.. angkutan di sana rata2 pake Hiline pick up 4x4

lintasan sempit ada beberapa, tapi ngga sampe bikin baret2 kok
yang ane bold, kalo setiap ada foto2 perjalanan ke tempat sulit, off road.. selalu ada 2 kendaraan.. 1. L300.. 2. Colt diesel... :frm_bang_head:

jadi kesimpulannya, kalo mau off road.. pake L300... :frm_bang_head:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??

Post by zweifellos »

gmx wrote:
zweifellos wrote:
gmx wrote:di acara gitu sebenernya gw ngarepin ada xtrail, cr-v, captiva, harrier atau sejenisnya, kalo ada sx4 atau livina x-gear hehehe..
bener juga om. lintasannya kan ga mesti mobil 4x4. sx4 pun mestinya bisa. jadinya bisa lebih dinikmati perjalanannya.

lintasannya ada yg sempit ga om? yang bisa bikin baret2 gitu (karena kiri kanan banyak ranting2 dari tanaman2 liar).
kayaknya ngga bisa kalo ngga 4x4 dan tanpa low gear, kemarin sedikit gw coba pake 4H, wah jadi serem sendiri, kalo pake 4LLc asik santai pelan2 merayap tapi pasti, 4H mesti pake ancang2 main moment.. kalo pake 4x2 bisa2 cuma setengah tanjakan trus mati, melorot mundur bisa jadi terguling mobilnya.. jalannya batu2nya juga ngga rata, kalo mobil pendek seperti crosover pasti nyangkut2..

tapi heran, kira2 jarak 3 km dari jalan raya, track udah lumayan sulit, masih ada aja L300 pick up.. bener2 mobil paling sakti itu L300.. angkutan di sana rata2 pake Hiline pick up 4x4

lintasan sempit ada beberapa, tapi ngga sampe bikin baret2 kok
oo ada (banyak) tanjakan curam om? kirain jalannya datar2 aja ata sekadar naik turun biasa.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
DongkrakAntik
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Fri Mar 15, 2019 5:57
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: Mio Gt

Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??

Post by DongkrakAntik »

Agak sepi ya thread nya, padahal saya penggemar berat pajero did, dan berharap semoga suatu saat bisa puny 1 minimal, hehe...
Kalo pengen baca2 tentang pajero did ke mana ya om om senior semua?
Terima kasih
flame
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Fri Jan 23, 2009 11:21

Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??

Post by flame »

Up...
manatau ada cerita baru...