tentang ML 270 CDI

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

mangkusut
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Oct 06, 2011 4:15

tentang ML 270 CDI

Post by mangkusut »

salam kenal om, nubie neeh. mau tanya tentang mercedez ML 270 cdi karena itu mobil impian waktu masih kuliah hehehe. sekarang mumpung ada rejeki sy mau beli yang tahun 2001. minta review nya dong om karena masih awam neeh. gimana untuk perawatannya sama sperpartnya. trus kalo di isi solar subsidi bisa gak ya? trus kalo 4x4 ini awd atau bisa H-L seperti jip umumnya.
terima kasih
Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49

Re: tentang ML 270 CDI

Post by Knalpot »

Ane kalau gak salah pernah dikasih tahu teknisi kalimas, katanya di type ini hampir semua part berbeda dari mercy yang lain. Misalnya baut2nya bukan metrik (mm) , jadi putarannya terbalik. jadi berbeda semua..
Teknisinya sendiri juga mengakui agak kesusahan...
Gak tahu kalau untuk ketersediaan partnya.. kalau cuma replace dgn yang baru sih gak masalah ya.. CMIIW
Sorry kalau kurang membantu.. :ngacir:
bushkntl
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34

Re: tentang ML 270 CDI

Post by bushkntl »

hmm mobil eropa umur 10tahun, pastiin aja record servicenya ada
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: tentang ML 270 CDI

Post by solar_kerosen »

ampun om , biasanya kalau mobil udah umur 10 tahun mana langka lagi , rusaknya aneh aneh anda bakalan kesulitan untuk sharing kerusakan tapi kalau anda punya hobi Ngebengkel saya sarankan beli saja :mrgreen:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
mangkusut
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Oct 06, 2011 4:15

Re: tentang ML 270 CDI

Post by mangkusut »

terima kasih infonya om... kalo buat mesin sama sperpart gimana ya ? maklum udah ngebet banget
shochu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 483
Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10

Re: tentang ML 270 CDI

Post by shochu »

banyak sekali yg fuel injector nya rusak gara2 sulfur solar yg ketinggian (solar subsidi)
kalo nggak salah ingat harganya sebiji 5jt an, tinggal dikali aja :)

di bengkel mercy langganan saya, biasa nggak mau terima client baru yg bawa 270cdi & vito
keculi customer lama, dia terpaksa karena ga enak aja katanya
mklasse
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Fri Oct 19, 2007 12:18

Re: tentang ML 270 CDI

Post by mklasse »

Kalau untuk mesin 270 CDI saya ga tau banyak, tapi untuk jenis mobilnya saya pernah menggunakan ML320 bensin, jadi mungkin bisa share sedikit tentang penyakit2 umum yg tidak menyangkut mesin:

1. Switch power window ada design flaw, dimana connector2nya bakalan bengkok dengan seringnya power window dipakai, dan pada akhirnya ga mau contact dengan switchnya sehingga jendela ga bisa dinaikan.
Kalau ganti di bengkel harga spare partnya aja sekitar 1,5jt (dulu thn 2007) dan itu 1 set dengan tombol untuk control spion.
Kalau bro mau repot sedikit, bisa juga dibenerin sendiri, kebanyakan bengkel ga mau benerin ntah ga ngerti apa mungkin jg repot harus bongkar2 dan ga dapat uang.. hehe. Sebenarnya mudah karena memang technically tidak rusak, cara2 bongkarnya semua ada di internet, tinggal google aja, dan setelah dibongkar connector2 yg sudah bengkok dilurusin lg dengan hati2. Waktu itu gw coba aja benerin sendiri, soalnya pikir kalaupun gagal toh ya emang harus ganti.
Untuk ML facelift thn 2002/3 keatas (yg beneran facelift dari pabrik ya, bukan yg facelift ganti lampu + bemper sendiri), tombol power windownya sudah dirubah sehingga tidak ada flaw ini lagi.

2. Indicator BBM tidak akurat, diisi full tank cuma terlihat 3/4 lebih sedikit. Ini adalah known issue untuk ML di luar negeri, untuk di indonesia banyak bengkel yg mungkin gak ngerti sehingga pasti bakalan disuruh fuel sendernya. Mungkin saja bisa terjadi fuel sendernya rusak, tetapi menurut forum luar itu chip untuk menstabilkan indikator bbm yg terletak di instrument panel kadang2 suka faulty. Kalau chipnya dicabut, indikator akan lebih akurat tetapi kadang suka fluktuasi naik turun sendiri. Untungnya indikator error ini menunjukan bensin di tank blm habis padahal blm, jadi aman2 aja kalau ga dibenerin jg. :big_peace:

3. Passenger seat detection sensor faulty. Gunanya sensor ini adalah untuk mendeteksi kalau di kursi penumpang depan itu occupied apa tidak, kalau occupied dan terjadi tabrakan frontal, maka airbag bakalan keluar. Kalau tidak occupied, maka pada saat terjadi tabrakan frontal airbag tidak akan keluar.
Menurut forum luar, ini juga termasuk penyakit yg sering terjadi, tetapi menurut bengkel disini dibilang jarang, apa mungkin dibilang jarang supaya tidak termasuk defect dan sehingga customer tidak menuntut untuk diganti secara cuma2. (mungkin lho yaa.. soalnya aneh, waktu indikator SRS nyala, dugaan pertama ya sensor kursi itu sebelum dicolokin ke Star Diagnosis computer, berarti kan mungkin udah sering kejadian tuh.. dan waktu dicolok ya confirmed) harga partnya aja 5jt, dan benerinnya rada repot soalnya harus bongkar kursi segala :ungg:
Kalau bengkel resmi bilang mending dibenerin, soalnya kan bahaya kalo pas ada penumpang depan dan tabrakan trus airbagnya ga keluar.
Kalau kata bengkel non resmi ga perlu dibenerin jg gak apa2, tapi ya resikonya kyk diatas, jd pilih aja :ungg:
Ada solusi lain, untuk di forum luar ada yg merekomendasikan pakai chip bypass, sehingga akan selalu terdeteksi kalau kursinya occupied, sehingga airbag akan tetap keluar walaupun kursi kosong pada saat tabrakan terjadi (yahh rugi airbag tapi lebih aman lah).. tapi ga tau disini ada yg jual ga chip itu.

4. Interior rattle. Ini sih relative yah, tergantung barang dan kondisi. Kebanyakan rattle dari kursi belakang dan beres jg mengakui dan tidak dapat memperbaiki. Untuk kursi belakang type baru yg ada sandaran tangannya (2001 keatas) sudah jauh lebih baik.

5. Brake switch faulty, ini sih ga terlalu malah partnya 150-200rb-an saja. Kalau udah minta diganti biasa lampu BAS/ESP nyala.

Nah, penyakit2nya sudah dibeberin, sekarang kelebihannya..

1. Kaki2 bandel, bengkel resmi maupun non resmi udah mengakui kalau kaki2 ML W163 itu bandel. Dulu waktu saya pakai sekitar 8thn gak pernah ganti yg namanya bearing, as, shockbreaker, bla bla bla. Dan waktu dijual, sama pembelinya dibawa ke bengkel resmi untuk general check up, kaki2 masih dinyatakan sehat. (waktu dijual umur mobilnya 9thn-an dengan odometer 50ribuan) :frm_tumbright:

2. Untuk mesin bensinnya terbilang bandel untuk ukuran mobil eropa. Gak pernah macem2 lah, maintenance aja yg rutin. Kalau untuk mesin diesel sih ga tau lagi, injektor mampet mungkin ya gara2 dulu blm ada Pertamina DEX waktu thn 2001-2002. Makanya dari MB Indonesia juga distop penjualan C270 CDI dan ML270 CDI. Kalau kerusakannya sudah diperbaiki semua sih mungkin ga akan bermasalah asal dikasih minum solar DEX ato sekelasnya.

3. Memang jarang dipake sih, tapi 4 wheel drivenya ML lama itu ada low rangenya. Pernah dibawa nanjak di jalan licin berguna juga (walaupun jarang banget sih).

Saran saya sih mungkin kalau mau beli type ini lebih aman ambil bensinnya. Selain spare part lebih mudah, juga udah pakai transmisi otomatis. Kalau ML270 CDI itu setau saya manual semua kalau keluaran ATPM, kecuali bisa dapat yg keluaran IU. Kecuali untuk yg type facelift thn 2003 keatas udah ada ML270 CDI.. katanyaaa.. tp sepertinya keluaran IU juga. Cuma dapetin ML270 CDI automatic itu susah banget, tiap liat iklan ML270 CDI selalu manual aja.
mangkusut
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Oct 06, 2011 4:15

Re: tentang ML 270 CDI

Post by mangkusut »

wow... kumplit banget infonya om mklasse.
terima kasih banyak
sekarang saya hunting yang bensin aja deh, hehe walaupun saya sebenernya pancinta solar
shochu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 483
Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10

Re: tentang ML 270 CDI

Post by shochu »

mangkusut wrote:wow... kumplit banget infonya om mklasse.
terima kasih banyak
sekarang saya hunting yang bensin aja deh, hehe walaupun saya sebenernya pancinta solar
iya mas..
mending 320 daripada 270
bellagio
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Wed Dec 22, 2010 13:43
Location: Jakarta - Bandung - Bogor

Re: tentang ML 270 CDI

Post by bellagio »

@ mangkusut

Sudah dapat w163 nya belum mas?

Mau share aja nih, kebetulan saya pemilik & pemakai w163 270 cdi.
Memang betul mobil tipe ini rentan sekali nozzle injector nya terkena masalah, dikarenakan kualitas solar di Indonesia yg sangat buruk.
Harga nozzle per akhir tahun 2011 kemarin yaitu 2,85 jt/biji. Tinggal dikalikan jumlah nozzle yg rusak. Kalau rusak semuanya, ya berarti tinggal dikalikan 5 :frm_bang_head:
Ciri2 nozzle injector sudah rusak yaitu:
- asap knalpot putih
- tenaga ga keluar maksimal

Saya pakai mobil ini sudah 12 tahun, pertama kali beli brand new thn 2000.
Dan selama ini tdk pernah mengalami problem berarti pada mesin, electrical, dan suspensinya.
Kaki2 baru saya ganti semuanya pd tahun 2010 kemarin. Itupun bukan karena sudah rusak/lemah, tapi memang keinginan dr saya untuk ganti komponen tersebut.
Selama tahun2 awal saya memiliki mobil ini dimana solar sekelas dex belum ada, saya selalu menyiasatinya dgn rajin mengganti filter solar.
Setiap ganti oli (5000 km) saya selalu ganti filter solar, filter udara, sekaligus tune up.
Alhamdulillah sampai saat ini nozzle injector mobil saya tetap sehat.

Untuk problem yg disebutkan oleh @mklasse di atas, saya sama sekali tidak mengalaminya di mobil saya ini, mungkin saja kalau itu terjadi di tipe 320.
Saat ini posisi saya di Samarinda, mobil pun saya bawa kesini. Berhubung tidak ada solar sekelas dex disini, selain rajin mengganti filter solar, saya pun memasang water separator + sedimen filter punyanya toyota dyna.
Nozzle injector mobil saya pun tetap sehat :big_peace:

Untuk kemampuan bermain-main tanah, saya cukup puas dgn mobil ini. Selain low gear, mobil ini pun dilengkapi dgn ETS (electronic traction support). Prinsi kerjanya yaitu ketika ada ban yg kehilangan traksi, maka ban tersebut akan direm secara otomatis agar berhenti, sehingga traksi yg hilang bisa disalurkan ke ban lainnya yg msh menginjak tanah.
Cuma satu saja kekurangan mobil ini, ground clearance nya tidak setinggi g-klasse :mky_04:

Mudah2an jelas dgn penjelasannya saya di atas :big_peace:
Stronger than Time
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: tentang ML 270 CDI

Post by evolution21 »

nozzlenya pernah kena brapa kali pak?
selain perawatan di filter2, bbmnya suka dikasi aditif jg ga?
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: tentang ML 270 CDI

Post by ak4ng »

bru tau ada mercy ML yg diesel... ane kira bensin semua... yg pernah ane cb ML320 taun 2002...
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
bellagio
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Wed Dec 22, 2010 13:43
Location: Jakarta - Bandung - Bogor

Re: tentang ML 270 CDI

Post by bellagio »

evolution21 wrote:nozzlenya pernah kena brapa kali pak?
selain perawatan di filter2, bbmnya suka dikasi aditif jg ga?

Selama pemakaian di Jkt, nozzle injector mobil saya sehat walafiat.
Begitu dibawa ke Samarinda dalam kurun waktu 1 tahun belakangan ini, sebetulnya ciri2 nozzle bermasalah belum tampak, tp memang dlm waktu dekat ini, saya berencana utk ganti ke-5 buah nozzle mobil saya, hitung2 setelah 12 tahun memang sdh saatnya ganti krn usia pakai.

Penambahan aditif seperti cetane booster kadang2 saja saya lakukan, jd tidak selalu.
Kalau saya ingat saja :big_peace:
Stronger than Time
bellagio
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Wed Dec 22, 2010 13:43
Location: Jakarta - Bandung - Bogor

Re: tentang ML 270 CDI

Post by bellagio »

ak4ng wrote:bru tau ada mercy ML yg diesel... ane kira bensin semua... yg pernah ane cb ML320 taun 2002...
Ada kang, performanya cukup memuaskan lho..
160 bhp & 400 Nm.
Torsi yg sangat besar :e-dance:

Kalau ml 320, 210 bhp & 310 Nm.

Tinggal skrg kembali lagi ke selera masing2, suka power besar atau torsi besar.
Kalau saya sih, karena pemakaian lebih sering ke lokasi tambang, jadi saya butuh torsi daripada power.
Pemakaian dlm kota pun, saya pikir torsi kebih dibutuhkan drpd power.

Horsepower sells cars, torque wins races :big_smoking:
Stronger than Time
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: tentang ML 270 CDI

Post by evolution21 »

wah kalo 12 taun ga pernah kena ya bisa dibilang awet jg ya,
atau lebih tepatnya lg memang mercy cdi bisa masuk kategori kuat solar subisidi..

bener2 ga nyangka lho mobil eropa bisa sebadak itu
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: tentang ML 270 CDI

Post by maskopat »

numpang mantau tret ini ah... oke juga ya 270Cdi... selama rajin ganti filter dan rutin purging kali ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
bellagio
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Wed Dec 22, 2010 13:43
Location: Jakarta - Bandung - Bogor

Re: tentang ML 270 CDI

Post by bellagio »

maskopat wrote:numpang mantau tret ini ah... oke juga ya 270Cdi... selama rajin ganti filter dan rutin purging kali ya?
evolution21 wrote:wah kalo 12 taun ga pernah kena ya bisa dibilang awet jg ya,
atau lebih tepatnya lg memang mercy cdi bisa masuk kategori kuat solar subisidi..

bener2 ga nyangka lho mobil eropa bisa sebadak itu
Iya betul sekali, asal kita rajin ganti filter solar & purging, dijamin mobil akan tetap sehat.
Apalagi kalau rajin ganti filter udara juga.
Dimulai dr perawatan hal2 kecil justru memberikan manfaat yg besar :frm_salut:
Stronger than Time
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: tentang ML 270 CDI

Post by asudarsono »

Banyak mobil Eropa yang "badak", banyak juga mobil Jepang yang "badak" misalnya

Landrover dan Landcruiser Hardtop
Peugeot 504 dan Corolla Corvet
Vespa dan C70 ( bukan mobil )
Dll
Ready to Race
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: tentang ML 270 CDI

Post by MitshuToyo »

Mantapp..
Merc ML ini termasuk keluarga Monochoque body atau ladder frame ya Om2 ?
Sorry nubi males googlings... :thanks: :ngacir:
Lagi nginjek rem..
Efrayim
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19

Re: tentang ML 270 CDI

Post by Efrayim »

Salam sejahtera buat semua rekan2 pencinta ML class.

Setuju dengan penilaian rekan2 di atas..
Memang ml adalah mobil badak di kaki2 nya.. :big_peace:
Salam sukses untuk pemakai ML class..

Omong2 apakah rekan2 pernah tau ada komunitas ML class di indonesia?

Terima kasih sebelumnya..
bellagio
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Wed Dec 22, 2010 13:43
Location: Jakarta - Bandung - Bogor

Re: tentang ML 270 CDI

Post by bellagio »

Efrayim wrote:Salam sejahtera buat semua rekan2 pencinta ML class.

Setuju dengan penilaian rekan2 di atas..
Memang ml adalah mobil badak di kaki2 nya.. :big_peace:
Salam sukses untuk pemakai ML class..

Omong2 apakah rekan2 pernah tau ada komunitas ML class di indonesia?

Terima kasih sebelumnya..
Pemakai ML juga pak?
Bisa share dong ke kita suka dukanya selama memakai ML.

Komunitas khusus utk ML belum ada di Indonesia.
Selama ini saya seringkali join ke MJI (Mercedes Jip Indonesia), meskipun kebetulan sayapun punya g-wagen. Tapi kalau saya lagi bawa ML pada saat di Jkt dahulu, saya suka ikutan kumpul2 MJI.
Di lain waktu, jika para ML enthusiast sudah cukup banyak, bisa kita ajukan pembetukan klubnya ke MB Indonesia.
Setau saya minimal ada 30 mobil baru bisa bentuk sebuah klub.

Thanks.
Stronger than Time
bellagio
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Wed Dec 22, 2010 13:43
Location: Jakarta - Bandung - Bogor

Re: tentang ML 270 CDI

Post by bellagio »

MitshuToyo wrote:Mantapp..
Merc ML ini termasuk keluarga Monochoque body atau ladder frame ya Om2 ?
Sorry nubi males googlings... :thanks: :ngacir:
ML itu konstruksinya body on frame.
Stronger than Time
Efrayim
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19

Re: tentang ML 270 CDI

Post by Efrayim »

bellagio wrote:
Efrayim wrote:Salam sejahtera buat semua rekan2 pencinta ML class.

Setuju dengan penilaian rekan2 di atas..
Memang ml adalah mobil badak di kaki2 nya.. :big_peace:
Salam sukses untuk pemakai ML class..

Omong2 apakah rekan2 pernah tau ada komunitas ML class di indonesia?

Terima kasih sebelumnya..
Pemakai ML juga pak?
Bisa share dong ke kita suka dukanya selama memakai ML.

Komunitas khusus utk ML belum ada di Indonesia.
Selama ini saya seringkali join ke MJI (Mercedes Jip Indonesia), meskipun kebetulan sayapun punya g-wagen. Tapi kalau saya lagi bawa ML pada saat di Jkt dahulu, saya suka ikutan kumpul2 MJI.
Di lain waktu, jika para ML enthusiast sudah cukup banyak, bisa kita ajukan pembetukan klubnya ke MB Indonesia.
Setau saya minimal ada 30 mobil baru bisa bentuk sebuah klub.

Thanks.
Iya pak, baru saja saya meminang ML 320 pak, suka duka nya yah belum terlalu banyak pak, karena sedang di rawat inap dulu pak karena ada bbrp sensor yang nyala, mudahan bbrp hari ini selesai semua..
Overall saya pake bbrp hari memang enak pake koq pak, tenaga padat, dan gagah.. :big_peace:
Iyah pak, mudahan yah ada komunitas nya, biar bisa sharing pengalaman dan berbuat lebih unt hal positif.. Salam kenal pak Bellagio.. :thanks:
bellagio
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Wed Dec 22, 2010 13:43
Location: Jakarta - Bandung - Bogor

Re: tentang ML 270 CDI

Post by bellagio »

Efrayim wrote:
Iya pak, baru saja saya meminang ML 320 pak, suka duka nya yah belum terlalu banyak pak, karena sedang di rawat inap dulu pak karena ada bbrp sensor yang nyala, mudahan bbrp hari ini selesai semua..
Overall saya pake bbrp hari memang enak pake koq pak, tenaga padat, dan gagah.. :big_peace:
Iyah pak, mudahan yah ada komunitas nya, biar bisa sharing pengalaman dan berbuat lebih unt hal positif.. Salam kenal pak Bellagio.. :thanks:
Salam kenal juga pak :frm_salut:
Ga salah pak anda memilih w163 dan mudah2an mobilnya cepet sembuh ya.
Share dong pak kalau berkenan fotonya.
Stronger than Time
Dedesby
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Apr 20, 2016 10:43

Re: tentang ML 270 CDI

Post by Dedesby »

Ijin gabung oom... Nubie lagi mau meminang ML 270 CDI 2001 nih... Tapi kokyah G liat ada tuas atau tombol pengaturan 4x4 nya yah??? Atau mungkin itu ML 250 CDI yahh??? Di bantu pencerahan doong oom...