VW TIGUAN

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: VW TIGUAN

Post by firawan6275 »

grandscenic wrote:Image

Banyak juga kejadian kayak gini ya,, para petinggi, atau test driver,, tewas dalam mobil yg di coba..



General Manager Shanghai Volkswagen Automotive, Liu Jian, tewas dalam kecelakaan.

Kejadian naas yang terjadi di Jiuquan, provinsi Gansu, pada 17 Juli 2010 juga menewaskan tiga penumpang lainnya. Mobil yang digunakan adalah kendaraan test drive VW Tiguan.
Kejadian ini juga menewaskan direktur public relations dan manager aftersales. Mereka sedang melakukan perjalanan menuju Jiuquan untuk dealer meeting. VW Tiguan yang digunakan sekaligus test drive.
Surat kabar lokal melaporkan kecelakaan terjadi dengan truk berat. Saat ini sedang dilakukan investigasi oleh polisi dan Shanghai Volkswagen Automotive. Dalam rilis-nya perusahaan tetap berjalan normal.
Shanghai Volkswagen Automotive merupakan perusahaan patungan antara VW Group dan SAIC Motors, masing-masing memiliki 50% saham. Dana USD 2 miliar disuntikkan oleh VW Group.
http://www.dapurpacu.com/boss-shanghai- ... am-tiguan/

ini Tiguan 2010 lho,,
Peleknya cakep juga dipakein ke Rushter...ukuran berapa ya?
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: VW TIGUAN

Post by diveblues »

claude_wallace wrote:tiguan CKD ini settingannya uda disesuaikan kok, jadi bisa menggunakan RON 92, tdk perlu RON 95.
info dari salesnya VW sih..
yup betul, bahkan premium pun bisa di tiguan untuk darurat.
Tapi tetap dianjurkan ron 95 artinya bahan bakar utama vw tiguan ini tetap bensin ron 95.

"Kita menganjurkan agar tetap menggunakan Pertamax Plus karena untuk performa dan esifiensi bahan bakar. Tapi jika terdesak karena tidak ada Pertamax maka masih bisa menggunakan Premium," beber Andrew

source : http://oto.detik.com/read/2013/02/27/15 ... um-premium
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: VW TIGUAN

Post by evolution21 »

kok rasanya itu pernyataan maksadotcom ya
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: VW TIGUAN

Post by claude_wallace »

kalau menggunakan premium sih memang maksa.
kalau yg RON 92 rasanya sih masuk akal ya..
M90
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed Mar 06, 2013 8:59

Re: VW TIGUAN

Post by M90 »

Resale Value wrote: dengan harga 400 juta awal, kayaknya cx-5 sudah ketemu saingan dimana fiturnya bisa jadi lebih banyak banding cx-5. dan saya yakin udah pasti insulator kap mesin udah ada, ngak mungkin di copot seperti crv (pernah lihat fortuner 2.7 orang lain yang udah ada umur juga hood insulator di copot juga, ngak tau versi sekarang, kayaknya ngak ada juga)

Oh....baru tau ane, insulator kap mesin.....merupakan fitur yg penting.... :mrgreen:
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: VW TIGUAN

Post by Tjiewei »

diveblues wrote:
evolution21 wrote:sakit ati banget ya rasanya orang yg dulu beli di harga 700jt
cuman teknologi mesinnya itu lho, walaupun dah lama, tp masih melampaui mobil2 jaman sekarang

transmisinya nih yg ane penasaran banget
secara user golf gti mk6 kan pasti mayan banyak, apa bener ga ada gejala geter / nge loss pas nanjak?
semua dsg tipikalnya pasti ada geter2nya. Mustahil dihilangkan, secara kopling manual dijalankan otomatis. Tapi mungkin dsg wet clutch (6 speed), geter2nya lebih minim, cmiiw.
gak gitu juga,golf geter banget,setelah diganti kopling,geternya hilang sama sekali,itu enaknya mobil eropa,mereka gak tinggal diam saat ada ketidak nyaman karna kesalahan manufaktur,
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: VW TIGUAN

Post by diveblues »

Tjiewei wrote: gak gitu juga,golf geter banget,setelah diganti kopling,geternya hilang sama sekali,itu enaknya mobil eropa,mereka gak tinggal diam saat ada ketidak nyaman karna kesalahan manufaktur,
sebenernya geternya gak hilang walaupun diganti kopling, terutama ditanjakan kalau idle tanpa injek gas. Geter2nya not noticeable dari yg sebelumnya.
Tapi mungkin tergantung sense tiap2 orang kali ya.
Sebenernya sih bukan kesalahan manufaktur, tapi kelemahan desain kopling dsg yg ada untuk daerah tropis. Apalagi dsg 7-speed menganut dry clutch dimana koplingnya lebih mudah aus dibandingkan dsg 6-speed yg wet clutch.
Last edited by diveblues on Mon Mar 11, 2013 19:13, edited 1 time in total.
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: VW TIGUAN

Post by diveblues »

claude_wallace wrote:kalau menggunakan premium sih memang maksa.
kalau yg RON 92 rasanya sih masuk akal ya..
iya, tapi penggunaan ron 92 untuk seterusnya juga masih not recomended sih. Performa mesin pasti gak optimal, apalagi mesin dengan induksi udara biasanya butuh minimal ron 95.
Ujung2nya, tenaga mesin jadi gak maksimal.
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2937
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: VW TIGUAN

Post by Salvanost »

kok belum ada yg post foto tiguannya ya?
mana nih? lom ada yg beli? :weekk:
kykyhalim4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Thu Jul 12, 2012 0:34

Re: VW TIGUAN

Post by kykyhalim4 »

diveblues wrote:
claude_wallace wrote:kalau menggunakan premium sih memang maksa.
kalau yg RON 92 rasanya sih masuk akal ya..
iya, tapi penggunaan ron 92 untuk seterusnya juga masih not recomended sih. Performa mesin pasti gak optimal, apalagi mesin dengan induksi udara biasanya butuh minimal ron 95.
Ujung2nya, tenaga mesin jadi gak maksimal.
Jangan percaya apa yang sales bilang ron 92 gapapa.. ya mungkin kalo sekali2 gpp klo benar2 terpaksa.. tapi itu juga gak bisa dibejek2 bawanya.. rpm max 2000 an aja klo engine mau aman..

Yg namanya sales ya biar jualannya makin laku.. dan kalau ada masalah di kemudian hari kan udah tanggung jawabnya bengkel resmi... itu sih yg saya lihat di vw indo... hehe..

Engine 1.4 tsi twincharger diseluruh dunia octane recommended nya 98 dan minimal adalah 95.. minimal adalah minimal.. ga ada toleransi lagi bila mobil memang digunakan secara maksimal dan ingin agar engine nya bisa long lasting.. dan ini jelas2 tertulis juga di balik pintu pengisian bensin..

Engine jenis ini sangat sensitif didalam penggunaan oktan.. saya pernah lihat simulasi pakai octane 92 dan engine mengalami detonasi yang lumayan pada saat rpm tinggi.. meskipun ada engine knock sensor, namun ecu tidak mampu melakukan timing retardation yg terlalu mundur bila knocking nya udah parah.. dan jangan berharap kita bisa dengar suara knocking dari mesin ini.. karena peredamannya bagus ya ga bakal kedengeran dari dalem.. cuma bisa diliat via vagcom aja..

Di forum luar udah ada beberapa yg mengalami piston retak dikarenakan detonasi yg gila-gilaan akibat penggunaan octane dibawah 95.. dan saya sendiri udah liat 1 touran dan 1 golf di bengkel resmi yg kedua nya lagi turun mesin dikarenakan piston retak dan kedua nya suka diisi premium dan pertamax biasa.. yg touran malah lebih parah diisi premium mulu kata SA nya.. hehe.. saat ini keduanya lg menunggu spare part engine dari jerman... kalau yg touran karena diisi premium mulu so vw jerman gak mau bertanggung jawab dan dana perbaikan semuanya dibebankan ke pengguna.. klo yg golf masih di cover warranty...

Saya sendiri gak tau gimana caranya tiguan atau touran pas iklan jaman dulu kan ceritanya bisa diisi premium terus ga ada masalah.. hebat bgt tuh.. tapi yg jelas bila ada yg memberikan "statement" tiguan or golf or touran di indonesia sudah di adjust agar bisa nerima octane lebih rendah dari 95.. saya adalah salah satu orang yg gak bakalan percaya haha..

Secara komponen mesin mulai dari hardware, sensor2 hingga software (ecu software dan mechatronic software) semua nya sama persis dan mengikuti update yg berasal dari jerman koq...
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: VW TIGUAN

Post by evolution21 »

saya jg salah satu orang yg ga percaya
malah golf udah ron 95 masih ane kasih redline
agar sedikit membantu kebutuhan octan 98
kykyhalim4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Thu Jul 12, 2012 0:34

Re: VW TIGUAN

Post by kykyhalim4 »

Hehe.. gmn bro golf nya? Udah diapain aja neh? Apa ada rencana tuker tiguan yaa??
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: VW TIGUAN

Post by evolution21 »

haha standart aja lha, toh segini jg udah kencengnya uedan

ngeri dimodif2. baca di forum sebelah ya...
kayanya nih...
kebanyakan yg kena macem2 problem kalo yg udah di chip up..

ga akan ane jual ni mobil sampe kalo ada muncul mesin ecoboostnya ford / mazda3 skyaktif :D

btw bro kykyhalim dah diapain aja golfnya :)
outlander
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 195
Joined: Tue Aug 07, 2012 12:25

Re: VW TIGUAN

Post by outlander »

skrg2 mobil2 ron 92 banyak sales yang pede bilang gapapa isi premium emang,saya pernah 2x sales outlander sama new sportage mereka bilang bisa pake premium..haha
kykyhalim4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Thu Jul 12, 2012 0:34

Re: VW TIGUAN

Post by kykyhalim4 »

Hehe.. saya paling upgrade audio aja bro buat temeni macet2an sama per ganti eibach and velg oem tapi yg 17"

Modif2 vw bikin sakit hati harganya.. dulu pernah pake jazz perasaan modifnya gak terlalu nguras kantong...

Klo untuk chip up sebaiknya memang dari awal pasang chip harus langsung dilakukan logging via vagcom.. dari situ bisa keliatan gejala2 aneh yg muncul seperti misfire, detonation dll.. (menurut bro reza - suhu nya tsi)

Anyway, saya jadi ngiri sama tiguan 1.4 tsi yg meskipun hp and tq nya sama atau dibawah golf tapi dapet 6 speed dsg yg merupakan pasangan nya golf gti.. karena walau bagaimanapun juga.. meskipun ada plus minus nya masing2.. tetep aja 6 speed dsg wet lebih reliable dan lebih bagus daripada 7 speed dsg dry.. hik hik...
Last edited by kykyhalim4 on Tue Mar 12, 2013 15:30, edited 1 time in total.
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: VW TIGUAN

Post by claude_wallace »

outlander wrote:skrg2 mobil2 ron 92 banyak sales yang pede bilang gapapa isi premium emang,saya pernah 2x sales outlander sama new sportage mereka bilang bisa pake premium..haha
OS tdk apa2 bro pakai premium memang, walaupun performa jadi turun..
sejauh ini saya pakai tdk ada masalah sih.
temen2 di sby jg diisi premium semua, salah satu alasan mreka beli OS sih, bisa premium.
kykyhalim4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Thu Jul 12, 2012 0:34

Re: VW TIGUAN

Post by kykyhalim4 »

outlander wrote:skrg2 mobil2 ron 92 banyak sales yang pede bilang gapapa isi premium emang,saya pernah 2x sales outlander sama new sportage mereka bilang bisa pake premium..haha
Iya sih bro.. tapi untuk mobil2 N/A tanpa injeksi langsung dengan cr 10:1, tingkat toleransi mereka saya rasa masih cukup besar.. kemungkinan memang tidak akan terjadi kerusakan fatal..

Tapi klo udah ngomongin tsi engine yg cr nya aja udah 10:1 trus ditambah boost dari sc dan tc nya yg standarnya boostnya up to 2 bar.. toleransi octanenya udah bener2 ga bisa ditawar2 lagi haha..
kykyhalim4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Thu Jul 12, 2012 0:34

Re: VW TIGUAN

Post by kykyhalim4 »

claude_wallace wrote:
outlander wrote:skrg2 mobil2 ron 92 banyak sales yang pede bilang gapapa isi premium emang,saya pernah 2x sales outlander sama new sportage mereka bilang bisa pake premium..haha
OS tdk apa2 bro pakai premium memang, walaupun performa jadi turun..
sejauh ini saya pakai tdk ada masalah sih.
temen2 di sby jg diisi premium semua, salah satu alasan mreka beli OS sih, bisa premium.
Betul bro.. sama saja dng misalnya civic crv even accord pun banyak yg masih pakai premium (padahal harusnya 92 octane) dan memang tidak ada problem fatal.. palingan saringan bensin aja jadi cepat kotor and internal engine jadi lebih cepat berkarbon.. gak akan ada problem besar hehe...
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: VW TIGUAN

Post by diveblues »

evolution21 wrote:saya jg salah satu orang yg ga percaya
malah golf udah ron 95 masih ane kasih redline
agar sedikit membantu kebutuhan octan 98
di reflash aja ecu-nya bro (bukan pakai tuning box). Soalnya reflash ecu rata2 untuk ron 95 dan memang tunernya udah menyesuaikan dengan bensin di indo.
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: VW TIGUAN

Post by Tjiewei »

diveblues wrote:
Tjiewei wrote: gak gitu juga,golf geter banget,setelah diganti kopling,geternya hilang sama sekali,itu enaknya mobil eropa,mereka gak tinggal diam saat ada ketidak nyaman karna kesalahan manufaktur,
sebenernya geternya gak hilang walaupun diganti kopling, terutama ditanjakan kalau idle tanpa injek gas. Geter2nya not noticeable dari yg sebelumnya.
Tapi mungkin tergantung sense tiap2 orang kali ya.
Sebenernya sih bukan kesalahan manufaktur, tapi kelemahan desain kopling dsg yg ada untuk daerah tropis. Apalagi dsg 7-speed menganut dry clutch dimana koplingnya lebih mudah aus dibandingkan dsg 6-speed yg wet clutch.
loh kata siapa pak geter gak hilang?apa punya anda?nerarti gak beres tuh gantiinya ,mgkn harus periksa ulang
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: VW TIGUAN

Post by diveblues »

Tjiewei wrote: loh kata siapa pak geter gak hilang?apa punya anda?nerarti gak beres tuh gantiinya ,mgkn harus periksa ulang
diveblues wrote: sebenernya geternya gak hilang walaupun diganti kopling, terutama ditanjakan kalau idle tanpa injek gas. Geter2nya not noticeable dari yg sebelumnya. Tapi mungkin tergantung sense tiap2 orang kali ya.
sudah dicermati kalimat ini blom ya?

Service Advisor VW pik pun bilang demikian, penggantian kopling hanya untuk mengurangi geter2 dari dsg, sampai tahap seminim mungkin. Sebab base dsg sebenernya kopling manual dibikin automatic. Apalagi tipikal dsg 7-speed yg dry clutch nggak se-smooth dsg 6-speed yg wet clutch.
Resale Value

Re: VW TIGUAN

Post by Resale Value »

ngak bisa pukul rata juga menurut saya. tergantung tipenya, mesinnya, ccnya, seirit, atau seboros apa, sedan atau suv ? penting juga pengaruhi RV.


saya sih setuju tiguan versi dulu yang barunya 700 juta lebih pasti habis resale valuenya untuk berapa tahun pertama, tapi yang ini lain ceritanya, fitur udah banyak, irit, tapi yang penting starting pricenya udah sangat masuk akal, cuman 400 jutaan doang.


ngak mungkin resale valuenya anjlok kemana mana. worse case 2 tahun pertama pasti masih sisa 300 jutaan. ngak mungkin jeblok ke 200 jutaan. lihat aja resale value golf, yang main di segment kalah attractive banding tiguan suv ini. toh resale value golf aja lumayan.


starting price saat barunya sangat penting untuk resale valuenya juga. jika startnya ngak masuk akal, pasti terpukul, tapi jika bagus, pasti OK, apalagi di dukung faktor suv + irit bbm + fitur banyak.


contoh mazda CX-5. mazda juga ada gosip resale value kurang, buktinya bagus RV cx-5. beres mazda juga ngak bilang banyak juga, tapi toh ngak masalah untuk pemilik mazda. kagak ada overcrowding di beres mazda (for now).


jangan lupa, ini tiguan mesin bensinnya tipe " diesel like " karakter torsinya, jadi udah pasti nanti seperti mercy c200 cgi, jago banget urusan irit bbm.


salah satu faktor kenapa resale value crv 2.4 / fortuner bensin babak belur jaman sekarang adalah fakta bahwa mesin bensin cc gede yang torsi maxnya conventional, yaitu cuman dapat di rpm 4000+ cenderung boros.


perhatiin deh di indonesia, mobil yang boros biasanya resale valuenya jeblok. sebaliknya yang terkenal irit, seperti captiva diesel, resale valuenya kuat banget. apalagi jika suv atau mpv. terutama suv.


mercy c200 cgi dalam kota 1:10. camry 2.4 bisa berapa ? 1:7 udah bagus. Beda jauh. pantesan resale valuenya juga beda jauh.


campoeran wrote:Ralat bung RV setau ane airbagnya cx5 juga 6 ya ?
Semua fitur di tiguan ada di cx5 kecuali auto stop dan auto dimming apa gitu namanya , cmiiw :) .

@evo : beneran yg disel cx5 masuk ? 2.5L FWD gak ada mmgnya ya ? dua2nya opsi bagus sih krn cx5 yg skrg rada lelet utk narik2.

Mengenai resale value , jangan mesti ambil merek mercedez krn itu merk eropa terkuat RVnya, ambil bmw yg acrut bener RVnya atau yg terparah audi :) . Tp bagi ane mobil ginian mmg ada gengsi dan feelnya lah , terbayarkan walaupun resale jeblok . org yg beli ini bukan tipe yg mikirin RV. kl masih mikirin RV masih ada crv,xtrail,captiva dan cx5
Resale Value

Re: VW TIGUAN

Post by Resale Value »

ah harga 400 jutaan untuk suv gini udah cengli banget. masih harap diskon berapa lagi ? susah menurut saya. mereka ngak bakal mau jual rugi dong ?


asal harganya udah cengli, dan seperti analisa saya, resale valuenya ngak bakal jeblok sampai kemana, jika sudah cocok, ambil aja.


justru dengar karena supplynya masih slow, demandnya lumayan banyak, sekarang pesan aja udah inden 2 bulanan. tinggal dikit stok warna silver katanya.


so jika serius, dan OK ama warna silver, cepat sikat tuh sisa stok silvernya. dari pada inden lama nanti.


while stocks last.


Salvanost wrote:fitur blue energy ya kalau ga salah
1. stop di lampu merah 3 detik, ntar mesin mati, cara nyalainnya tekan gas
ac tetap nyala

2. kata adik yg udah minat sama ini mobil
jok dan kursinya enak
apa benar enak?
tempat duduk baris kedua katanya juga sangat lega dan nyaman
tetapi bagasinya jadi dikorbankan

sisanya saya masih debat sama adik, tunggu ada diskon,
udah ada dari tahun lalu kok masih ga ada diskon, aneh...
Resale Value

Re: VW TIGUAN

Post by Resale Value »

ah harga 400 jutaan untuk suv gini udah cengli banget. masih harap diskon berapa lagi ? susah menurut saya. mereka ngak bakal mau jual rugi dong ?


asal harganya udah cengli, dan seperti analisa saya, resale valuenya ngak bakal jeblok sampai kemana, jika sudah cocok, ambil aja.


justru dengar karena supplynya masih slow, demandnya lumayan banyak, sekarang pesan aja udah inden 2 bulanan. tinggal dikit stok warna silver katanya.


so jika serius, dan OK ama warna silver, cepat sikat tuh sisa stok silvernya. dari pada inden lama nanti.


while stocks last.


ya jangan banding ama yang dulu. yang dulu kan full cbu 700 juta lebih, ada diskon dikit ya bisa jadi. namun yang sekarang harganya udah turun banyak ke 400 jutaan doang karena CKD, fitur malah masih banyak ngak di sunat habis, mau harap versi highline 300 jutaan mana dapat ?


itu fitur lane departure warning gituan aja udah berapa duit ? belum fitur lain seperti lampunya bisa ikuti arah beloknya mobil seperti mercy tipe high end juga udah berapa duit ?


belum ada lagi fitur tire pressure monitoring system, dan beda ama mercy c200 cgi, tiguan ini TIAP ban di ukur. jadi setiap saat tau tekanan tiap ban berapa. ngak perlu nebak ban mana yang kurang angin jika muncul notice " cek tire pressure ".


fitur ini juga ngak mungkin murah. karena ukur tekanan tiap ban, bukan cuman general warning.


justru saya aja kaget mereka bisa jual kepala 4. udah pasti profitnya tipis banget, demi mulai bangun merek vw di sini. ya better late than never. serius, jangan harap bisa ada diskon.


mau diskon gede, ya balik lagi ke crv gituan tuh, asal tau aja resale valuenya crv sekarang seperti apa, bbmnya borosnya seperti apa, fiturnya yang di sunat apa aja, yang ngak ada di crv apa aja. worth it ngak ?


jika sudah sadar, pasti sadar, itu harga tiguan sebenernya " murah "....ngak diskon 1 rupiah pun jika saya ada duit lagi saya pasti bungkus.


Salvanost wrote:fitur blue energy ya kalau ga salah
1. stop di lampu merah 3 detik, ntar mesin mati, cara nyalainnya tekan gas
ac tetap nyala

2. kata adik yg udah minat sama ini mobil
jok dan kursinya enak
apa benar enak?
tempat duduk baris kedua katanya juga sangat lega dan nyaman
tetapi bagasinya jadi dikorbankan

sisanya saya masih debat sama adik, tunggu ada diskon,
udah ada dari tahun lalu kok masih ga ada diskon, aneh...
Resale Value

Re: VW TIGUAN

Post by Resale Value »

yes and no menurut saya.


yes karena memang spbu ron95 lebih jarang.


no, karena jika misalnya mau dari jakarta ke jawa tengah. mulai start isi full tank tiguannya di jakarta, dan karena sangat irit, saya optimis luar kota bisa at least 1:17, 55 liter kan bisa jalan non-stop 935 km.


lihat aja contoh mazda cx-5nya yang juga irit karena skyactivnya, ke bali non-stop malah ada yang dapat. saya yakin tiguan ini bisa lebih irit banding cx-5, karena seingat saya, torsi max cx-5 kagak dapat di 1500 rpm.


ingat, tiguan ini nafas torsi maxnya dalam, dari 1500-4500 rpm. gila, sip banget mesin karakter gini.


nah, tinggal pikir, udah isi full tank jakarta, sampai ke misalnya bandung kan cuman 150 km. ada dong ron95 di bandung ? itupun sisa tangki tiguan masih banyak banget.


atau lewat cikampek, jalan terus ke cirebon. ada ngak ron95 di cirebon ? ngak ada pun, ngak masalah, kan tangkinya masih banyak, jalan lagi ke semarang. saya yakin semarang pasti ada ron95. dari jak ke semarang baru cuman 500-600 km kan ?


yang penting jangan mutar mutar terus di tempat seperti misalnya banyumas 500 km terus ya habis ron95nya nanti. tapi siapa sih yang mau mutar mutar ratusan km terus di desa gituan ? cari apa ?


juga kata vw, sekali kali bisa kok isi premium tiguan ini, karena mesinnya udah di tune untuk bisa minum bbm Indo yang belum euro6. cuman ya jangan terus menerus aja.


yang penting ni mobil sangat irit, keluar kota ngak takut. emang ron 95 selangka apa ? saya yakin minimal ada pasti di kota besar seperti bandung, semarang, jogja, surabaya. tiguan kan bisa loncat dari kota ke kota besar tanpa harus isi BBM.


namanya aja tiger + iguana = tiguan


kecuali macet 20 jam di patrol misalnya ya toh bisa tuh isi premium. kan ngak sering amat.


diveblues wrote:salah satu kelemahan mobil vw terbaru, bensinnya yg direkomendasikan ron 95 (pertamax +) dan bukan ron 92 (pertamax)
agak sulit kayaknya kalo dibawa keluar kota yg masih jarang bensin ron 95