VW TIGUAN

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Resale Value

Re: VW TIGUAN

Post by Resale Value »

kenapa tidak ? sering lagi atpm di indonesia lakukan setting ulang mesin karena tau sendiri bbm di indonesia seperti apa.


cuman ya akibatnya konsumsi bbm dan emisinya ngak bakal sehebat di eropa misalnya.


malah jangan bilang premium, pertamax aja udah mulai banyak kok. jadi tiguannya kalau keluar kota, ngak ketemu ron95, isi aja ron92, lebih ok lagi banding isi premium.


kan tiguan ngak cuman di jual di eropa, banyak juga yang di jual di negara lain, yang ngak mungkin bbmnya bagus semua.


evolution21 wrote:kok rasanya itu pernyataan maksadotcom ya
Resale Value

Re: VW TIGUAN

Post by Resale Value »

jika bicara mobil macam nissan evalia, ertiga, avanza, ya memang tidak penting. ngak harap malah. apalagi atpm yang hobby spekdown. ya setidaknya di segment 150 juta mau ngomong apa ?


tapi jika bicara mobil yang udah minta 400 juta dari kantong lo, menurut lo penting ngak fitur basic ginian seperti engine hood insulator ?


imo, malah seharusnya wajib ada. 400 juta itu American dollars 40,000 lebih ! forty thousand us dollars. bukan fourteen thousand yah ?


hitung sendiri. dan yang ngeri adalah, fitur lain yang ngak kasat mata yang ikut di spekdown juga, misalnya, PEREDAM.


waktu itu dengar ada orang pakai crv bilang waktu hujan kok bunyinya agak keras di atapnya ? nah itu dia, takutnya selain insulator, peredam juga di tipisin, karena ngak kasat mata. dan memang ngak melanggar undang undang.


no big deal ? menurut saya, udah minta 400 juta lebih, its a deal breaker.


M90 wrote:
Resale Value wrote: dengan harga 400 juta awal, kayaknya cx-5 sudah ketemu saingan dimana fiturnya bisa jadi lebih banyak banding cx-5. dan saya yakin udah pasti insulator kap mesin udah ada, ngak mungkin di copot seperti crv (pernah lihat fortuner 2.7 orang lain yang udah ada umur juga hood insulator di copot juga, ngak tau versi sekarang, kayaknya ngak ada juga)

Oh....baru tau ane, insulator kap mesin.....merupakan fitur yg penting.... :mrgreen:
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: VW TIGUAN

Post by Tjiewei »

diveblues wrote:
Tjiewei wrote: loh kata siapa pak geter gak hilang?apa punya anda?nerarti gak beres tuh gantiinya ,mgkn harus periksa ulang
diveblues wrote: sebenernya geternya gak hilang walaupun diganti kopling, terutama ditanjakan kalau idle tanpa injek gas. Geter2nya not noticeable dari yg sebelumnya. Tapi mungkin tergantung sense tiap2 orang kali ya.
sudah dicermati kalimat ini blom ya?

Service Advisor VW pik pun bilang demikian, penggantian kopling hanya untuk mengurangi geter2 dari dsg, sampai tahap seminim mungkin. Sebab base dsg sebenernya kopling manual dibikin automatic. Apalagi tipikal dsg 7-speed yg dry clutch nggak se-smooth dsg 6-speed yg wet clutch.
kalo enggak smooth mmg benar tp getar hlg pak,soalnya saya sendiri yg merasakan,100 persen hlg.punya bpk sdh diganti belum. kalo cuman katanya ya jgn disimpulkan dulu sebelum mersakan sendiri gitu
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: VW TIGUAN

Post by Tjiewei »

Tjiewei wrote:
diveblues wrote:
Tjiewei wrote: loh kata siapa pak geter gak hilang?apa punya anda?nerarti gak beres tuh gantiinya ,mgkn harus periksa ulang
diveblues wrote: sebenernya geternya gak hilang walaupun diganti kopling, terutama ditanjakan kalau idle tanpa injek gas. Geter2nya not noticeable dari yg sebelumnya. Tapi mungkin tergantung sense tiap2 orang kali ya.
sudah dicermati kalimat ini blom ya?

Service Advisor VW pik pun bilang demikian, penggantian kopling hanya untuk mengurangi geter2 dari dsg, sampai tahap seminim mungkin. Sebab base dsg sebenernya kopling manual dibikin automatic. Apalagi tipikal dsg 7-speed yg dry clutch nggak se-smooth dsg 6-speed yg wet clutch.
kalo enggak smooth mmg benar tp getar hlg pak,soalnya saya sendiri yg merasakan,100 persen hlg.punya bpk sdh diganti belum. kalo cuman katanya ya jgn disimpulkan dulu sebelum mersakan sendiri gitu
makin saya cermati kog makin janggal kalimat anda,kata kalo ditanjakan gak diinjek gas getar?sebelum ganti kopling getar akan terasa kalo injek gas tanggung pak,bukan disaat idle,kalo disaat idle getar itudih mesinnya pincang kali :mky_01:
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: VW TIGUAN

Post by diveblues »

Tjiewei wrote:
diveblues wrote:
diveblues wrote: sebenernya geternya gak hilang walaupun diganti kopling, terutama ditanjakan kalau idle tanpa injek gas. Geter2nya not noticeable dari yg sebelumnya. Tapi mungkin tergantung sense tiap2 orang kali ya.
sudah dicermati kalimat ini blom ya?

Service Advisor VW pik pun bilang demikian, penggantian kopling hanya untuk mengurangi geter2 dari dsg, sampai tahap seminim mungkin. Sebab base dsg sebenernya kopling manual dibikin automatic. Apalagi tipikal dsg 7-speed yg dry clutch nggak se-smooth dsg 6-speed yg wet clutch.
kalo enggak smooth mmg benar tp getar hlg pak,soalnya saya sendiri yg merasakan,100 persen hlg.punya bpk sdh diganti belum. kalo cuman katanya ya jgn disimpulkan dulu sebelum mersakan sendiri gitu
hmm, ditanya lagi sudah merasakan apa belum
yo wes.. getar hilang blas semua :frm_bang_head:
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: VW TIGUAN

Post by diveblues »

Tjiewei wrote:
Tjiewei wrote:
diveblues wrote: sudah dicermati kalimat ini blom ya?

Service Advisor VW pik pun bilang demikian, penggantian kopling hanya untuk mengurangi geter2 dari dsg, sampai tahap seminim mungkin. Sebab base dsg sebenernya kopling manual dibikin automatic. Apalagi tipikal dsg 7-speed yg dry clutch nggak se-smooth dsg 6-speed yg wet clutch.
kalo enggak smooth mmg benar tp getar hlg pak,soalnya saya sendiri yg merasakan,100 persen hlg.punya bpk sdh diganti belum. kalo cuman katanya ya jgn disimpulkan dulu sebelum mersakan sendiri gitu
makin saya cermati kog makin janggal kalimat anda,kata kalo ditanjakan gak diinjek gas getar?sebelum ganti kopling getar akan terasa kalo injek gas tanggung pak,bukan disaat idle,kalo disaat idle getar itudih mesinnya pincang kali :mky_01:
ya ya ya :ngacir:
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: VW TIGUAN

Post by Tjiewei »

:big_peace: bro diveblues tp sy ngomong ap adanya,bkn promo bkn org vw
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: VW TIGUAN

Post by Salvanost »

emang harus nunggu banyak yg make nih...
kira2 nunggu berapa bulan baru ada diskon?
kykyhalim4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Thu Jul 12, 2012 0:34

Re: VW TIGUAN

Post by kykyhalim4 »

diveblues wrote:
evolution21 wrote:saya jg salah satu orang yg ga percaya
malah golf udah ron 95 masih ane kasih redline
agar sedikit membantu kebutuhan octan 98
di reflash aja ecu-nya bro (bukan pakai tuning box). Soalnya reflash ecu rata2 untuk ron 95 dan memang tunernya udah menyesuaikan dengan bensin di indo.
Bro diveblues ada rekomen remap ecu merk apa ya buat tsi ? Kebetulan lagi pengen remap tapi masi binun pakai apa nih bro? Hehe..
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: VW TIGUAN

Post by diveblues »

kykyhalim4 wrote:
diveblues wrote:
di reflash aja ecu-nya bro (bukan pakai tuning box). Soalnya reflash ecu rata2 untuk ron 95 dan memang tunernya udah menyesuaikan dengan bensin di indo.
Bro diveblues ada rekomen remap ecu merk apa ya buat tsi ? Kebetulan lagi pengen remap tapi masi binun pakai apa nih bro? Hehe..
pilihan remap ecu sih ada apr, revo, bluefin, unitronic sama giac.
bluefin katanya sih masih belom bisa crack ecu via obd, buat software ecu yg udah update versi 9.
yang saya tau pasti, apr dan revo punya tuning berdasarkan bensin di indonesia (dealer sini kirim bensin ke luar buat di test dan di tuning ulang). cmiiw

tapi kalau saya sih pake revo :roll:
ariefsinda
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sun Apr 06, 2008 0:37

Re: VW TIGUAN

Post by ariefsinda »

diveblues wrote:
pilihan remap ecu sih ada apr, revo, bluefin, unitronic sama giac.
bluefin katanya sih masih belom bisa crack ecu via obd, buat software ecu yg udah update versi 9.
yang saya tau pasti, apr dan revo punya tuning berdasarkan bensin di indonesia (dealer sini kirim bensin ke luar buat di test dan di tuning ulang). cmiiw

tapi kalau saya sih pake revo :roll:
pake revo selama ini aman2 aja kah bro? kata temen2 pake revo, akselerasi jadi 'ganas'...
ada yg bilang kl mau re-map yg kalem2 aja pake unitronic... bener?
kl sy terus terang blm brani re-map ecu, soalnya domisili di luar jkrta, takut ntar kl kenapa-napa bingung mau komplain kemana...lha wong dealer vw aja ga ada disini....
smntara dinikmati aja mesin stndar ama sprintbooster...
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: VW TIGUAN

Post by diveblues »

ariefsinda wrote: pake revo selama ini aman2 aja kah bro? kata temen2 pake revo, akselerasi jadi 'ganas'...
ada yg bilang kl mau re-map yg kalem2 aja pake unitronic... bener?
kl sy terus terang blm brani re-map ecu, soalnya domisili di luar jkrta, takut ntar kl kenapa-napa bingung mau komplain kemana...lha wong dealer vw aja ga ada disini....
smntara dinikmati aja mesin stndar ama sprintbooster...
aman2 aja kok. Sudah hampir setahun pake revo, gak ada masalah. Pemakai revo yg lain pun gak ada problem apa2.
Kurang tau juga soal unitronic, tapi selama tuner bisa memberikan garansi kalau mesin rusak, harusnya masih aman bro.
Setau saya setiap software remap ecu, sudah memperhitungkan modding yg paling safe untuk street performance.
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: VW TIGUAN

Post by Good_boy86 »

Tiguan minus paddle shift.. Padahal golf dan scirocco tsi sudah ada lohh...
kykyhalim4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Thu Jul 12, 2012 0:34

Re: VW TIGUAN

Post by kykyhalim4 »

Yoi bro.. tapi plus nya banyak bener dibanding golf rocco 1.4.. auto start stop.. electronic parking brake.. auto hold nya pake tombol.. rcd 510.. 6 speed dsg wet.. apalagi ya?
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: VW TIGUAN

Post by claude_wallace »

overall, worthed it ya berarti tiguan ini..
dgn DSG apakah paddleshift masih dibutuhkan?
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: VW TIGUAN

Post by evolution21 »

worthed banget? masih perlu dibuktikan lagi um
di golf emang fenomenal

tp tiguan blom tentu,

perlu test drive lebih lanjut, apalagi kalo bentar lg keluar saingannya macam, cx5 mesin besar n ford escape baru
ini 3 medium suv yg kaya2nya sih... enak banget...
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: VW TIGUAN

Post by claude_wallace »

bro evolution21, soal DSG, saya penasaran nih, apakah paddle shift masih dibutuhkan?

visi dari DSG ini kan matic yg akselerasinya seperti manual, apakah sudah memadai atau masih dibutuhkan paddleshift utk triptronic mode layaknya matic konvensional atau CVT.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: VW TIGUAN

Post by evolution21 »

sudah ga terlalu perlu si sebetulnya um, tp kalo extreme driving tetep perlu

ga terlalu perlu karena gini, kalo cuman mau kebut2an biasa di tol, cukup masuk mode S, maka perpindahan gigi akan selalu mencapai redline.
mau santai di D, setiap mau sentuh 2000rpm langsung pindah gigi.
sangat cepat dan pintar, lepas gas lagnsung ada engine brake, bejek gas langsung bisa sampe redline, pas nanjak lgs turun gigi, tenaga ga pernah terasa ngempos, transmisi paling pintar yg pernah ane coba

tp sangat bodoh utk kecepatan rendah(merayap), geter n ndut2an

perlu paddle shift kalau anda mau meliuk2 di banyak tikungan tajam, disini akan banyak maen gigi, utk engine brake lah (walaupun pas lepas gas jg dah ada engine brake, tp kurang utk extreme driving), atau persiapan mau akselerasi pas keluar tikungan misalnya, tetep perlu paddle shift.
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: VW TIGUAN

Post by campoeran »

Image

PPS + Tiguan . pameran di surabaya nih . Ntar ato bsk datang ah :) kok ya pas warna yg dipamerin warna yg pengen gue lihat.
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: VW TIGUAN

Post by Good_boy86 »

campoeran wrote:Image

PPS + Tiguan . pameran di surabaya nih . Ntar ato bsk datang ah :) kok ya pas warna yg dipamerin warna yg pengen gue lihat.
sekalian test drive aja om.. nanti kasi report disini :D
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: VW TIGUAN

Post by Good_boy86 »

kykyhalim4 wrote:Yoi bro.. tapi plus nya banyak bener dibanding golf rocco 1.4.. auto start stop.. electronic parking brake.. auto hold nya pake tombol.. rcd 510.. 6 speed dsg wet.. apalagi ya?
kemaren ga perhatiin kalo ternyata di golf rocco ga pake electronic parking brake.. kirain uda pake
yg menjengkelkan, AC golf tiguan dan rocco, kalah sama polo.. uda digital + auto
nn07
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Mar 15, 2013 5:11

Re: VW TIGUAN

Post by nn07 »

claude_wallace wrote:bro evolution21, soal DSG, saya penasaran nih, apakah paddle shift masih dibutuhkan?

visi dari DSG ini kan matic yg akselerasinya seperti manual, apakah sudah memadai atau masih dibutuhkan paddleshift utk triptronic mode layaknya matic konvensional atau CVT.
Numpang tanya sy member baru, selama ini cuma mantau aja.. Karena rada tertarik mobil ini jadi sy ikutan bikin id :mky_01:

Klo paddle shift itu sama fungsinya kaya triptronic kan? Soalnya sy liat pamerannya, bisa maenin mode manual + -, tapi ga tau berapa speed.

Yg sy perhatiin joknya bahan alcantara, gada kulit. Jadi klo buat keluarga muda yg anaknya masih kecil2 sepertinya rada gawat yah..

Barang katanya udah CKD, jadi harga bisa ditekan. Fitur2 yang ga penting juga dihilangkan kaya sunroof, cruise control. Tapi yang disayangkan kursi driver ga dikasih pengaturan electric, buat neken harga juga katanya. Alasannya sih klo cuma kita sendiri yang nyetir jarang banget dirubah2 posisi. Emang masuk akal sih, tapi kaya ada yg kurang aja gitu mobil mahal gini. Smart key juga belum, masih mode tojos lobang hehe..

Yang sy demen sistem kunci pintunya, gada tuasnya buat buka/tutupnya. Jadi klo udah ngunci dr luar ga bisa dibuka. Tp klo pintu dibuka dari dalem langsung kebuka. Kmrn baru dikasih tau cuma belom coba. Ga tau sistem ini bagus ato bahaya klo ada anak kecil.

Tinggal minggu depan mau janjian test drive. Kata salesnya crv 2400cc aja sih lewat sama 1400cc ini hehehe..
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: VW TIGUAN

Post by campoeran »

Wow blm smart start dan jok blm elektrik ? CUV loh bukan SUV badak ...... hais.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: VW TIGUAN

Post by evolution21 »

sebaliknya um campoeran, kalo liat pesaing yg ada... mesin cuman n/a.biasa? are gene blom pake turbo.... hehehe
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: VW TIGUAN

Post by claude_wallace »

tadi uda sempat liat di pameran grand city.
feel duduk di bangku driver sih biasa2 aja, bahan dashboard bagus, maybe better than 3 series or c class.
duduk di depan, belakang semuanya enak.
duduk belakang lebih lega dari cx5, setara dgn crv.
mgkn lebih enak dr crv krn jarak antara bangku dgn lantai lebih tinggi.
bagasi kecil ya, mgkn ini kompensasi karena bangku depan dan belakangnya enak.
ketebalan plat pintu, kap mesin, standar eropa. dijamin kedap deh naik ini mobil..
hahaha..