Santa Fe gen.3 user @SM

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by yohanesw »

ongisnade wrote: 24 Feb 2020, 17:44
yohanesw wrote: 24 Feb 2020, 00:09
ongisnade wrote: 10 Feb 2020, 18:39
Wah jauh om saya di jawa timur. Sebelum unit datang dulu juga berencana remap, ternyata mobilnya sdh kencang towel dikit dah ngacir. Eco mode pun juga kencang dan enak buat ngebut di tol. Gak perlu pake sport mode. Kalo anak sy yg bawa suka tarik2an sama ANPS/ANF tapi selalu pake eco mode. Katanya eco mode sdh bisa ngatasi ANPS/ANF standard, secara dia sering bawa anps dokar jadi sdh bs ukur kemampuannya.

Untuk sementara standard dulu. Kurangnya saat start awal mau jalan mesti rpm agak tinggi dulu setelah itu ngacir dg rpm rendah.
persis saya dulu mikirnya gini juga, tenaga uda joss kirain udah oke, tapi begitu turun tol berkali2 kasusnya mau nyalipin dadakan ambil momennya selalu telat gara2 delay turbonya rada lama, sekalinya uda keluar tenaga eh celahnya uda ketutup, jadinya rem dadakan melulu 🤦🏻‍♂️

jadilah akhirnya bela2in melipir ke mbah bebonk relain lembaran merah buat remap biar kaya bensin respon mesinnya 😁
CRDI yang 6 atau 8 speed om?. Kalau yg 8 speed ini transmisinya tergolong sigap,enak buat nyalip perasaan saya lebih sigap/enak dari CX5. Bahkan bisa dibilang lebih enak buat ngebut dari VNT saya yang 230 HP (terbantu transmisi 8 speed mungkin). Power terasa padet linear. Yang kurang enaknya hanya saat start aja yg mesti 2000 rpm baru nendang. CX5 dan VNT enak di rpm bawah, 1000 rpm dah terasa kuat buat stop n go.

Mungkin suatu saat nanti saya akan ke mbah bebong juga he...he...biar tambah gesit
ini kan grup gen3 om, semuanya ya 6 speed hehe, 8 speed yang gen4 baru.

yang saya maksud respon mesin dan throttlenya ga sigap kalo mau nyalip dadakan, pasti ada delay di turbo dan lagnya, bukan faktor gearnya
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by ongisnade »

yohanesw wrote: 24 Feb 2020, 21:02
ongisnade wrote: 24 Feb 2020, 17:44
yohanesw wrote: 24 Feb 2020, 00:09

persis saya dulu mikirnya gini juga, tenaga uda joss kirain udah oke, tapi begitu turun tol berkali2 kasusnya mau nyalipin dadakan ambil momennya selalu telat gara2 delay turbonya rada lama, sekalinya uda keluar tenaga eh celahnya uda ketutup, jadinya rem dadakan melulu 🤦🏻‍♂️

jadilah akhirnya bela2in melipir ke mbah bebonk relain lembaran merah buat remap biar kaya bensin respon mesinnya 😁
CRDI yang 6 atau 8 speed om?. Kalau yg 8 speed ini transmisinya tergolong sigap,enak buat nyalip perasaan saya lebih sigap/enak dari CX5. Bahkan bisa dibilang lebih enak buat ngebut dari VNT saya yang 230 HP (terbantu transmisi 8 speed mungkin). Power terasa padet linear. Yang kurang enaknya hanya saat start aja yg mesti 2000 rpm baru nendang. CX5 dan VNT enak di rpm bawah, 1000 rpm dah terasa kuat buat stop n go.

Mungkin suatu saat nanti saya akan ke mbah bebong juga he...he...biar tambah gesit
ini kan grup gen3 om, semuanya ya 6 speed hehe, 8 speed yang gen4 baru.

yang saya maksud respon mesin dan throttlenya ga sigap kalo mau nyalip dadakan, pasti ada delay di turbo dan lagnya, bukan faktor gearnya
O ya sorry om he...he...Ya memang yg 6 at musti agak dalam dan gearnya lebih lebar throttle delay nya pasti jg lebih terasa. Saya jg merasa delay di skyactive 6at lebih terasa dibanding 8at. Mesti diremove itu throttle delaynya biar seperti RX King he...he. Dulu di captiva sy pasang throttle controller buat ngagetin pak polisi di lampu merah ban spin berdecit, gak ada delaynya
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1236
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by sh00t »

ongisnade wrote: 24 Feb 2020, 20:41
sh00t wrote: 24 Feb 2020, 17:48
ongisnade wrote: 24 Feb 2020, 17:44
CRDI yang 6 atau 8 speed om?. Kalau yg 8 speed ini transmisinya tergolong sigap,enak buat nyalip perasaan saya lebih sigap/enak dari CX5. Bahkan bisa dibilang lebih enak buat ngebut dari VNT saya yang 230 HP (terbantu transmisi 8 speed mungkin). Power terasa padet linear. Yang kurang enaknya hanya saat start aja yg mesti 2000 rpm baru nendang. CX5 dan VNT enak di rpm bawah, 1000 rpm dah terasa kuat buat stop n go.

Mungkin suatu saat nanti saya akan ke mbah bebong juga he...he...biar tambah gesit
Kalo gak mau repot, tinggal copotin n kirim aja om.

Btw, mantap juga tuh om VNTnya sampe 230 HP. Standardnya berapa sih om?
Standard sekitar 145 hp. Saya pasang piggyback sdh jalan 7 tahun, 230 hp sih kecil tapi dah cukup buat harian. Sekarang remap saja bisa dpt 240-250 hp.

Saya dah tanya tuner drag di sby yg biasa pasang piggy/remap Innova,fortie,pjs tools nya gak bisa buat remap Santafe.
Bisa om kalo di mbah bebonk. Nih buktinya di instagramnya.





ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by ongisnade »

O ya om kalo mbah bebonk bisa cuma jauh di Jakarta, cari yg deket di Surabaya belum ada yang punya tool buat Santafe.
Dudd88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: 26 Oct 2018, 10:08
Location: Samarinda
Daily Vehicle: Grand livina

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Dudd88 »

Dudd88 wrote: 09 Feb 2020, 19:52 Om2 mau nanya, santafe saya kalau nyalain AC bunyi seperti ngorok dari kompresornya. Tapi ac tetep brasa dingin. Pernah sekali angin yg keluar kecil. Kira2 kenapa ya? Apakah kompresornya kena atau cukup tambah oli kompresor?
Mending dibawa ke beres atau bengkel AC?
Terimaksih atas masukannya.
Update troubleshooting sebelumnya. Setelah dicek ke bengkel AC ternyata kompresor gak ada masalah, tekanannnya stabil. Akhirnya ganti oli aja dan tambah freon, tapi suara kasar masih ada.
Kemudian cek ke beres, diagnosanya tensioner sudah lemah, akhirnya ganti tensioner. Setelah ganti, suara kasarnya hilang, tapi setelah dibawa jalan sekitar 200km an, suara nya muncul lagi walau gak sekeras sebelumnya. :big_think:

Setelah browsing2, ternyata salah satu penyebab getar pas AC nyala bisa karena idle up nya bermasalah. Coba cek pas AC off rpm idle sekitar 800 rpm, setelah AC on jarum rpm turun dikit, gak naik sama sekali.
Mohon infonya apakah ini normal? Brp harusnya rpm idle pas AC on di santi ini?
Tks atas masukannya
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by yohanesw »

@shoot
itu ya ecu saya punya 🙈

@Dudd88
sudah pernah ganti pulley damper om? sama tensioner itu memang kudu ganti kisaran 50-70k
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1236
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by sh00t »

yohanesw wrote: 02 Mar 2020, 14:35 @shoot
itu ya ecu saya punya 🙈

@Dudd88
sudah pernah ganti pulley damper om? sama tensioner itu memang kudu ganti kisaran 50-70k
Maaf yah om fotonya saya comot tanpa seijin om. :big_sorry:
Dudd88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: 26 Oct 2018, 10:08
Location: Samarinda
Daily Vehicle: Grand livina

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Dudd88 »

yohanesw wrote: 02 Mar 2020, 14:35 @shoot
itu ya ecu saya punya 🙈

@Dudd88
sudah pernah ganti pulley damper om? sama tensioner itu memang kudu ganti kisaran 50-70k
Pulley damper belum om, baru tensioner nya aja.
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by yohanesw »

sh00t wrote: 02 Mar 2020, 15:43
yohanesw wrote: 02 Mar 2020, 14:35 @shoot
itu ya ecu saya punya 🙈

@Dudd88
sudah pernah ganti pulley damper om? sama tensioner itu memang kudu ganti kisaran 50-70k
Maaf yah om fotonya saya comot tanpa seijin om. :big_sorry:
yang comot itu mah si mbah sat 🤣
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1236
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by sh00t »

yohanesw wrote: 04 Mar 2020, 18:58
sh00t wrote: 02 Mar 2020, 15:43
yohanesw wrote: 02 Mar 2020, 14:35 @shoot
itu ya ecu saya punya 🙈

@Dudd88
sudah pernah ganti pulley damper om? sama tensioner itu memang kudu ganti kisaran 50-70k
Maaf yah om fotonya saya comot tanpa seijin om. :big_sorry:
yang comot itu mah si mbah sat 🤣
Beleh FRD... :big_smoking:
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by yohanesw »

ada yang pernah ngalamin kalo jalan 70kpj ke atas mulai ada suara menggulung/gelundung?

kemarin lagi di tol koq mendadak sayup2 denger suara begini, apa iya bearingnya uda kena?

Bunyinya dari sekitar tengah atau kiri depan
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by b8099ok »

yohanesw wrote: 16 Mar 2020, 23:24 ada yang pernah ngalamin kalo jalan 70kpj ke atas mulai ada suara menggulung/gelundung?

kemarin lagi di tol koq mendadak sayup2 denger suara begini, apa iya bearingnya uda kena?

Bunyinya dari sekitar tengah atau kiri depan
Bearing,... Atau ban uda minta ganti ke slick compound,... :big_weee:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by yohanesw »

b8099ok wrote:
yohanesw wrote: 16 Mar 2020, 23:24 ada yang pernah ngalamin kalo jalan 70kpj ke atas mulai ada suara menggulung/gelundung?

kemarin lagi di tol koq mendadak sayup2 denger suara begini, apa iya bearingnya uda kena?

Bunyinya dari sekitar tengah atau kiri depan
Bearing,... Atau ban uda minta ganti ke slick compound,... :big_weee:
dikata mau drag race [emoji85][emoji85]
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
boris20
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 02 Sep 2020, 10:13
Location: Bandung

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by boris20 »

Halo SMers, boleh nimbrung disini. Saya baca2 disini lagi bahas santa fe. Jadi saya mungkin boleh minta Pencerahan mengenai si santi ini dari para suhu.
Saya ada pertanyaan mengenai santai dari segi harga. Untuk santi th. 2016, km.38+ harga di kisaran 365jt dan tahun santi th. 2017, Km 44+ harga di kisaran 375jt, kira2 masih worth ga untuk diangkut?
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 08 May 2013, 14:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by yohanesw »

boris20 wrote:Halo SMers, boleh nimbrung disini. Saya baca2 disini lagi bahas santa fe. Jadi saya mungkin boleh minta Pencerahan mengenai si santi ini dari para suhu.
Saya ada pertanyaan mengenai santai dari segi harga. Untuk santi th. 2016, km.38+ harga di kisaran 365jt dan tahun santi th. 2017, Km 44+ harga di kisaran 375jt, kira2 masih worth ga untuk diangkut?
mungkin masih bisa nego ke 335an 2016, dan 350an 2017 om
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
Dudd88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: 26 Oct 2018, 10:08
Location: Samarinda
Daily Vehicle: Grand livina

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Dudd88 »

Mohon infonya, lampu jauh bisa distel kanan kiri nggak ya? Di stelannya cuma ada atas bawah aja. Lampu jauh sebelah kiri terlalu ke kanan sorotannya, apa normal. Tks
boris20
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 02 Sep 2020, 10:13
Location: Bandung

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by boris20 »

Ikut nimbrung lagi, kmrn jadi angkut santa fe.. mau tanya ban yg cocok buat santa fe diesel apa ya selain kumho yg bawaan nya? Makasih banyak
Dudd88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: 26 Oct 2018, 10:08
Location: Samarinda
Daily Vehicle: Grand livina

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Dudd88 »

boris20 wrote: 20 Oct 2020, 10:01 Ikut nimbrung lagi, kmrn jadi angkut santa fe.. mau tanya ban yg cocok buat santa fe diesel apa ya selain kumho yg bawaan nya? Makasih banyak
Saya pakai yg murmer aja om, GT Radial Champiro HPY. Lumayan senyap & empuk.
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1236
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by sh00t »

boris20 wrote: 20 Oct 2020, 10:01 Ikut nimbrung lagi, kmrn jadi angkut santa fe.. mau tanya ban yg cocok buat santa fe diesel apa ya selain kumho yg bawaan nya? Makasih banyak
Ukuran berapa sih om? Tergantung budget sih om. Kalo OEMnya gen 4 Continental ContiSportContact 5.
boris20
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 02 Sep 2020, 10:13
Location: Bandung

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by boris20 »

sh00t wrote:
boris20 wrote: 20 Oct 2020, 10:01 Ikut nimbrung lagi, kmrn jadi angkut santa fe.. mau tanya ban yg cocok buat santa fe diesel apa ya selain kumho yg bawaan nya? Makasih banyak
Ukuran berapa sih om? Tergantung budget sih om. Kalo OEMnya gen 4 Continental ContiSportContact 5.
Ukuran 235/55/R19 klo ga salah
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1236
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by sh00t »

Sama om dengan gen 4. Kalo gak masalah dengan budget boleh dicoba OEMnya gen 4.
ank737
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 19 Dec 2020, 15:43
Location: JAKARTA TIMUR
Daily Vehicle: santa fe DM

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by ank737 »

nubie santi 2012 ni om, koq belum ada yg bahas masalah lampunya ya, soalnya saya dapet lampu senja headlight kiri mati, kata yg jual emang santi sering begini, dan tidak bisa di repair alias harus ganti headlight assy. tolong info dan solusi masalah headlight nya om, terutama lampu senjanya..
boris20
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 02 Sep 2020, 10:13
Location: Bandung

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by boris20 »

Mau nimbrung soalnya tampilan kamera 360 di head unit.. kmrn baru ngeh kalo tulisan nya seperti termirror.. apa itu normal atau perlu disetting di head unit nya?
alim ulama
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: 08 Oct 2007, 23:45

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by alim ulama »

Sundul dulu thread lama, mudah2an masih banyak suhu yg mau pantau...

Mohon masukannya buat pengguna Santa Fe 3rd gen, krn butuh SUV 7 seater utk ngangkut 3 balita dgn sasis monokok & mau ngerasain torsi CRDi, hasil riset 3 hari terakhir dari baca 1st page & browsing marketplace nampaknya ada 3 versi ya utk varian CRDi (diluar AWD yg menggiurkan dari sisi spec tapi rare item), please CMIIW:

1. CRDi 2013-2014
2. CRDi 2015 (special edition D Spec)
3. CRDi facelift 2016-2017

dari sisi budget masuknya yg CRDi 2015 dan ngincer yg D Spec, sepenglihatan nubie versi ini:
- dapet HU touch screen (asumsi aftermarket) dengan gimmick camera 360
- DRL di foglamp

untuk sisanya apakah 2015 D Spec ada perbedaan sama 2013-2014?
krn price gap nya yg 2015 D Spec mayan jauh dgn tahun sblmnya (mengingat mobil di atas 5 tahun kudu sedia cash utk peremajaan berbagai parts yg diasumsikan bisa abis 10-15 juta + racun remap)

dan menurut user disini, apakah price gap antara 2015 D Spec dengan facelift 2016 worth it dgn perubahannya?

browsing Youtube again sepenglihatan nubie yg beda ada di fascia depan & velg, selain itu apakah ada refinement technical lainnya?
(browsing forum, ada yg bilang testi pre-facelift bantingan keras, tapi ada yg yg komen juga bantingan facelift terlalu empuk) ~pendapat pribadi krn buat jalan2 sama anak bini maunya yg empuk.

dan terakhir hasil browsing NJKB utk tabel Jakarta
Screenshot 2021-04-19 170735.jpg
Screenshot 2021-04-19 170735.jpg (71.69 KiB) Viewed 652 times
2016 di Rp338 juta = PKB sekitar Rp6,67 juta
Screenshot 2021-04-19 170728.jpg
Screenshot 2021-04-19 170728.jpg (79.55 KiB) Viewed 652 times
2015 di Rp314 juta = PKB sekitar Rp6,3 juta

Apa iya realnya PKB Jakarta progresif pertama di angka2 tersebut kisarannya?

Terima kasih utk yg berkenan diskusi :ungg:
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1236
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by sh00t »

alim ulama wrote: 19 Apr 2021, 17:19 Sundul dulu thread lama, mudah2an masih banyak suhu yg mau pantau...

Mohon masukannya buat pengguna Santa Fe 3rd gen, krn butuh SUV 7 seater utk ngangkut 3 balita dgn sasis monokok & mau ngerasain torsi CRDi, hasil riset 3 hari terakhir dari baca 1st page & browsing marketplace nampaknya ada 3 versi ya utk varian CRDi (diluar AWD yg menggiurkan dari sisi spec tapi rare item), please CMIIW:

1. CRDi 2013-2014
2. CRDi 2015 (special edition D Spec)
3. CRDi facelift 2016-2017

dari sisi budget masuknya yg CRDi 2015 dan ngincer yg D Spec, sepenglihatan nubie versi ini:
- dapet HU touch screen (asumsi aftermarket) dengan gimmick camera 360
- DRL di foglamp

untuk sisanya apakah 2015 D Spec ada perbedaan sama 2013-2014?
krn price gap nya yg 2015 D Spec mayan jauh dgn tahun sblmnya (mengingat mobil di atas 5 tahun kudu sedia cash utk peremajaan berbagai parts yg diasumsikan bisa abis 10-15 juta + racun remap)

dan menurut user disini, apakah price gap antara 2015 D Spec dengan facelift 2016 worth it dgn perubahannya?

browsing Youtube again sepenglihatan nubie yg beda ada di fascia depan & velg, selain itu apakah ada refinement technical lainnya?
(browsing forum, ada yg bilang testi pre-facelift bantingan keras, tapi ada yg yg komen juga bantingan facelift terlalu empuk) ~pendapat pribadi krn buat jalan2 sama anak bini maunya yg empuk.

dan terakhir hasil browsing NJKB utk tabel Jakarta

Screenshot 2021-04-19 170735.jpg
2016 di Rp338 juta = PKB sekitar Rp6,67 juta

Screenshot 2021-04-19 170728.jpg
2015 di Rp314 juta = PKB sekitar Rp6,3 juta

Apa iya realnya PKB Jakarta progresif pertama di angka2 tersebut kisarannya?

Terima kasih utk yg berkenan diskusi :ungg:
Kalau kata om @gaspol sih lebih empukan yang 2016. Secara beliau pernah punya yang 2013/2014 dan diganti ke yang 2016. CMIIW.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post