[NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by maastricht889 »

tesna wrote: Mon Oct 04, 2021 11:46 ni mazda emang lagi laku keras apa emang barangnya lagi langka sih? berasa beli hape xiaomi rasanya. Adik saya ga jadi minang cx5, udah bayar booking fee, 2 bulan lebih ga dapet kejelasan juga kapan mobilnya bisa dateng. Akhirnya duit bookingnya dibalikin dan ambil santa fe dia…

tp masa iya dapetin santa fe lebih mudah dari mazda cx5….
Saya diceritain itu stok 2021 kloter pertama cm sampe bulan april/mei om, habis itu tunggu kloter lagi ETA sktr juli 2021. Nah kayanya yg ETA juli 2021 ini ketahan deh, kelepas dr yg SPK banyak/dikit ya
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by KielConstantine »

marvelio wrote: Mon Oct 04, 2021 6:21 Saya pakai CX-3, unit diterima tanggal 10 April, hari ini saya ambil plat nomor sementara yang ke 6 kalinya om :big_biglaugh:

Ada isu Euro*ars threatened untuk kena boycott dari K*DIN dan Kemenperin karena sudah sangat banyak impor tanpa further investment plan di Indonesia, misal buka plant dll. Terhambatnya plat nomor dan dokumen lainnya adalah salah satu impact 'diganggunya' bisnis Eur*kars di Indonesia. Dampak lainnya, banyak yg sudah inden produk Mazda CX-5, CX-3 dll berbulan-bulan belum sampai unitnya. :big_bored:

Berita soal ini sempet tayang di Autonet*agz tapi ga nyampe 20 menit beritanya langsung ditakedown dari website. Ganggu bgt sih mau jalan jauh ga bisa..
Hadehh … berasa beli mobil via IU kalo gitu ceritanya.. ya memang hampir smua CBU japan sehh lineup mazda …
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by DrivingPotato »

erwinign wrote: Mon Oct 04, 2021 12:22
Saya diceritain itu stok 2021 kloter pertama cm sampe bulan april/mei om, habis itu tunggu kloter lagi ETA sktr juli 2021. Nah kayanya yg ETA juli 2021 ini ketahan deh, kelepas dr yg SPK banyak/dikit ya
Untung wkt itu SPK nya ga jadi nunda seminggu, selisih seminggu udh gak dapet barang sampe skrg :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Kabar burungnya EMI tuh skrg cuma dapet kuota impor 1/10 dari kuota biasanya. Masalah plat, sempet heran karena bbrp kali liat di jalan CX-3 baru platnya udah keluar. Waktu itu plat N & plat L.
KielConstantine wrote: Mon Oct 04, 2021 13:00
Hadehh … berasa beli mobil via IU kalo gitu ceritanya.. ya memang hampir smua CBU japan sehh lineup mazda …
Saya sebenernya asal surat jalan bisa dipake kemana aja gak bakalan masalah om Kiel.. Itung2 pake mobil gratis pajak hampir setahun.. :big_biglaugh: wong fakturnya sampe skrg belum bisa terbit, boro-boro STNK BPKB deh. Lha ini surat jalan cuma bisa dalam provinsi doank, bingung juga kalo mau pergi jauhan.

Padahal kalo dicek di web https://vta.dephub.go.id/cek-srut, nomer rangka & nomer mesin udah terdaftar.. di https://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_NJKB CX-3 1.5 juga udah masuk TPTnya, CX-5 juga ada.. Jadi harusnya bukan alesan TPT terhambat lagi sih :big_think:
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by Pboyz97 »

marvelio wrote: Mon Oct 04, 2021 6:21
guzh wrote: Tue Sep 21, 2021 17:33 Hi, disini ada yang baru adopt mobil Mazda dengan tahun 2021?
Proses STNK-nya gimana? udah pada dapet/keluar atau masih pakai surat jalan sementara yang diperpanjang terus setiap bulannya?

Saya sudah serah terima sejak akhir april 2021, tapi sampai sekarang STNK masih belum jadi dan gak ada kejelasan sama sekali.
Dan malam ini saya pas mendapat surat jalan yang ke-5... dan dapat sepasang pelat dengan nomor urut/bukan kembar depan belakang :big_biglaugh:

Image

I'm not sure gimana Mazda bisa proses STNK lebih cepet; complain sudah, sales-nya juga udah kasian nalangin terus surjal baru reimburse kantor, deal harga OTR cuman ya gak nyangka sih sampe selama gini proses-nya...

Sebagai adopter yang mencoba merk Mazda untuk pertama kalinya; memang mobilnya enak/fun to drive sih dipake... tapi kalau dibanding dengan semua drama dan proses dokumen kaya gini sih... mending mikir 2x dah.
Saya pakai CX-3, unit diterima tanggal 10 April, hari ini saya ambil plat nomor sementara yang ke 6 kalinya om :big_biglaugh:

Ada isu Euro*ars threatened untuk kena boycott dari K*DIN dan Kemenperin karena sudah sangat banyak impor tanpa further investment plan di Indonesia, misal buka plant dll. Terhambatnya plat nomor dan dokumen lainnya adalah salah satu impact 'diganggunya' bisnis Eur*kars di Indonesia. Dampak lainnya, banyak yg sudah inden produk Mazda CX-5, CX-3 dll berbulan-bulan belum sampai unitnya. :big_bored:

Berita soal ini sempet tayang di Autonet*agz tapi ga nyampe 20 menit beritanya langsung ditakedown dari website. Ganggu bgt sih mau jalan jauh ga bisa..
turut prihatin atas masalah yg om2 alami. saya dulu juga mengalami hal seperti itu 3 tahun yg lalu. saat itu saya SPK AN CX5 Elite 2018 pas GIIAS 2018 lalu. nah , mobil dateng kerumah saya pas bulan agustus apa september 2018 gitu . waktu itu, sama salesnya, plat asli dijanjikan bulan oktober/november sudah jadi. nah pas bulan oktober tiba. plat aslinya blm juga datang. sudah 3x plat sementaranya saya pakai, sempet deg2an juga, karena mobil hampir tiap hari dipakai daily sm bapak saya :big_biglaugh: . nah dari agustus - oktober plat sementara masih di deliver kerumah saya. nah pas bulan november. saya coba tanya ke salesnya, ternyata plat asli dan STNK saya masih blm jadi juga, alesannya masih proses terus :big_cry: .lebih parahnya lagi, pas bulan november, plat sementara saya telat dikirim. mesti dikomplen dulu baru dikirim plat sementaranya. akhirnya bapak saya dulu kena tilang di sudirman gara2 plat sementaranya yg bulan oktober udh expired , sementara, plat sementara yg baru yg bulan oktober belum tiba. sampai akhirnya, setelah melalui perjuangan yg tidak mudah dan panjang. akhirnya STNK dan plat asli mobil saya selesai pas januari 2019 lalu wkwk. dan ternyata sistem pengurusan surat2nya , masih blm berubah ya dari jaman 2018 lalu. memang saya akuin secara produk bagus, pelayanan beresnya juga lumayan oke, cuma kalo soal pengurusan surat2, sepertinya mazda masih belum sebaik merk jepang lainnya seperti H tegak, toyodai , atau Mitsu menurut saya (sepengalaman saya make merek H tegak, Mitsu, an atoyot, pengurussan STNK dan plat aslinya gak selama mazda menurut saya)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by Pboyz97 »

erwinign wrote: Mon Oct 04, 2021 11:08 Masalah plat nomer nggak keluar2 ini ya kasian sih mazda eurokars, produk bagus-value bagus-harga oke tapi side effectnya konsumen dirugikan ga bs mobile bebas ke mana aja yg nyebabin tingkat persepsi customer apalg 1st timer mazda owner udah excited jadi anjlok. Long term malah ga bs repeat order mazda lagi ke depannya. (selalu) banyak kepentingan buat brand yg lagi growth di sini
setuju win. mazda emg secara produk emg bagus, pelayanan beresnya juga oke menurut gue. cuma ya kalo soal pengurusan surat2 masih belum sebaik merek jepang lain kek toyodai, ahond or mitsu. belum lagi, merek mainstream kek T dan H tegak saat ini udh mulai all out soal fitur dan hadir dalam model + teknologi yg lebih fresh , ditambah lagi penjualan hyundai yang lagi bagus2nya buat ukuran merek nonmainstream saat ini wkwk. gue sendiri udh pake mazda dari 2013 dan produk + pelayanannya beresnya cukup memuaskan. cuma minusnya ya ada di masalah plat nomor yg ngga keluar2 ini. dulu pas pake CX5 gen 1 2013, plat sementara kagak dikasih, jadi mau ga mau kudu bikin plat sendiri. mobil dateng pas april 2013, plat sementara dijanjiin dateng pas bulan meinya. eh sampe plat asli dateng bulan juni 2013 lalu, plat sementaranya kaga dateng2, padahal udh sempet komplain ke salesnya juga. pas beli AN CX5 2018 juga mirip2 kasusnya. bedanya, kalo yg ini, plat sementara dikasih terus untungnya, kecuali yg bulan november agak molor sampe2 bokap gue ditilang dulu di sudirman gara2 plat sementara yg bulan oktobernya udh expired pas november 2018 lalu :big_biglaugh: . dijanjiin bulan oktober/ november kelar, akhirnya malah baru kelar pas januari 2019 lalu

kalo masih begini terus ya memang agak berat ya. gue sendiri juga mikir2 buat repeat order mazda kedepannya. emg produknya bagus gue akuin, cuma kalo masalah surat2nya masih begini juga ya gue juga mikir ulang, apalagi mobilnya bakal dipake daily tiap hari + suka keluar kota juga kadang2 :big_biglaugh: . karena tadinya udh mempertimbangkan pengen upgrade ke AN mazda 3 hatchback sebagai pengganti AN CX5 2018 yg gue pake sekarang, karena sebenernya gue pengen jual CRV, cuma apadaya, nyokap gue udh terlanjur suka sm kelegaan, keluasan bagasi + storagenya yg banyak, jadi mau ga mau, si CX5 ini yg dengan berat hati harus dilepas, walaupun sebenernya gue sendiri masih pengen miara mobil ini dalam jangka waktu lama (minimal 1-2 tahun kedepan). cuma karena emg udh saatnya buat milih salah satu (karena udh cukup gue punya 2 medium suv dan pengen pindah ke mobil jenis lain) + nyokap gue merasa agak sempit jg kalo pake CX5 karena mayoritas disopirin. maybe gue bakal tuker ke civic turbo FE aja deh kalo emg speknya bagus pas launching nanti di indo (kalo ga alphard transformer seken or 2GD baru sebagai kandidat alternatif penggantinya) wkwk
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by ctopher7 »

Pboyz97 wrote:
erwinign wrote: Mon Oct 04, 2021 11:08 Masalah plat nomer nggak keluar2 ini ya kasian sih mazda eurokars, produk bagus-value bagus-harga oke tapi side effectnya konsumen dirugikan ga bs mobile bebas ke mana aja yg nyebabin tingkat persepsi customer apalg 1st timer mazda owner udah excited jadi anjlok. Long term malah ga bs repeat order mazda lagi ke depannya. (selalu) banyak kepentingan buat brand yg lagi growth di sini
setuju win. mazda emg secara produk emg bagus, pelayanan beresnya juga oke menurut gue. cuma ya kalo soal pengurusan surat2 masih belum sebaik merek jepang lain kek toyodai, ahond or mitsu. belum lagi, merek mainstream kek T dan H tegak saat ini udh mulai all out soal fitur dan hadir dalam model + teknologi yg lebih fresh , ditambah lagi penjualan hyundai yang lagi bagus2nya buat ukuran merek nonmainstream saat ini wkwk. gue sendiri udh pake mazda dari 2013 dan produk + pelayanannya beresnya cukup memuaskan. cuma minusnya ya ada di masalah plat nomor yg ngga keluar2 ini. dulu pas pake CX5 gen 1 2013, plat sementara kagak dikasih, jadi mau ga mau kudu bikin plat sendiri. mobil dateng pas april 2013, plat sementara dijanjiin dateng pas bulan meinya. eh sampe plat asli dateng bulan juni 2013 lalu, plat sementaranya kaga dateng2, padahal udh sempet komplain ke salesnya juga. pas beli AN CX5 2018 juga mirip2 kasusnya. bedanya, kalo yg ini, plat sementara dikasih terus untungnya, kecuali yg bulan november agak molor sampe2 bokap gue ditilang dulu di sudirman gara2 plat sementara yg bulan oktobernya udh expired pas november 2018 lalu :big_biglaugh: . dijanjiin bulan oktober/ november kelar, akhirnya malah baru kelar pas januari 2019 lalu

kalo masih begini terus ya memang agak berat ya. gue sendiri juga mikir2 buat repeat order mazda kedepannya. emg produknya bagus gue akuin, cuma kalo masalah surat2nya masih begini juga ya gue juga mikir ulang, apalagi mobilnya bakal dipake daily tiap hari + suka keluar kota juga kadang2 :big_biglaugh: . karena tadinya udh mempertimbangkan pengen upgrade ke AN mazda 3 hatchback sebagai pengganti AN CX5 2018 yg gue pake sekarang, karena sebenernya gue pengen jual CRV, cuma apadaya, nyokap gue udh terlanjur suka sm kelegaan, keluasan bagasi + storagenya yg banyak, jadi mau ga mau, si CX5 ini yg dengan berat hati harus dilepas, walaupun sebenernya gue sendiri masih pengen miara mobil ini dalam jangka waktu lama (minimal 1-2 tahun kedepan). cuma karena emg udh saatnya buat milih salah satu (karena udh cukup gue punya 2 medium suv dan pengen pindah ke mobil jenis lain) + nyokap gue merasa agak sempit jg kalo pake CX5 karena mayoritas disopirin. maybe gue bakal tuker ke civic turbo FE aja deh kalo emg speknya bagus pas launching nanti di indo (kalo ga alphard transformer seken or 2GD baru sebagai kandidat alternatif penggantinya) wkwk
kalo uda kebiasa mobil monokok alus, menurut gw gabakal enak pake 2gd innova ataupun fortuner. kykny orang mayoritas nyari 2gd karna badak dan tarikan bawahnya enak (plus plus kuat minum solbus kalo buat gw). selebihnya duo ladder frame ini gaada enak enaknya kalo dibanding yang harganya sekelas wkwkwk (pengalaman pake anki bensin 2016 dan anf 2gd 2021).
pecinta bio solar
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by Pboyz97 »

ctopher7 wrote: Fri Nov 05, 2021 9:01
kalo uda kebiasa mobil monokok alus, menurut gw gabakal enak pake 2gd innova ataupun fortuner. kykny orang mayoritas nyari 2gd karna badak dan tarikan bawahnya enak (plus plus kuat minum solbus kalo buat gw). selebihnya duo ladder frame ini gaada enak enaknya kalo dibanding yang harganya sekelas wkwkwk (pengalaman pake anki bensin 2016 dan anf 2gd 2021).
iya sih. kalo biasa pake monokok pake suv ladder frame bakal ga begitu nyaman. dan memang orang mayoritas nyari 2gd karena lega, muat banyak, irit bbm, tarikan bawahnya enak, bisa minum bbm subsidi, partnya gampang, perawatan murah dan partnya ada dimana2 + rv nya ga jatoh2 amat hehehe. kalo ladder frame sih buat gw masih cukup enak disetir lah, cuma ya itu kalo duduk dibelakang bakal kerasa agak limbung dan gak begitu nyaman, apalagi biasa pake monokok hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
yue278
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Nov 19, 2015 8:25

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by yue278 »

Sepuh semua disini, ijin bertanya ya, gw abis minang cx5 type touring tahun 2014 masih 49k km karena enak banget ngendarainnya dan bini demen juga pakai mobil tinggi. Sebelumnya dari honda jazz.

1. Soal bensin, sebenernya minum pertamax/shell super rekomen ngga ya untuk jangka panjang? Atau dengan kompresi 13 gni udah harus ke pertamax turbo aja utk jangka panjang mesinnya?

2. Soal oli, boleh minta saran better pakai 0w20 atau 5w30. Di beres di rekomen 5w30 tp di buku manual 0w20. Bingung juga mau yang mana n merek apa ya better.

3. Ada yg tau cara ngecek, kilometer ini asli bukan puteran gmn ya? Sempet ragu ini puteran krna low km banget pdhl udah nyaris 8 tahun. Tp kondisi interior kulitnya masih bagus banget gk pecah, setir juga gk ada yg rusak.

Thanks ya sebelumnya
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by sintoni »

yue278 wrote: Thu Nov 11, 2021 11:24 Sepuh semua disini, ijin bertanya ya, gw abis minang cx5 type touring tahun 2014 masih 49k km karena enak banget ngendarainnya dan bini demen juga pakai mobil tinggi. Sebelumnya dari honda jazz.

1. Soal bensin, sebenernya minum pertamax/shell super rekomen ngga ya untuk jangka panjang? Atau dengan kompresi 13 gni udah harus ke pertamax turbo aja utk jangka panjang mesinnya?

2. Soal oli, boleh minta saran better pakai 0w20 atau 5w30. Di beres di rekomen 5w30 tp di buku manual 0w20. Bingung juga mau yang mana n merek apa ya better.

3. Ada yg tau cara ngecek, kilometer ini asli bukan puteran gmn ya? Sempet ragu ini puteran krna low km banget pdhl udah nyaris 8 tahun. Tp kondisi interior kulitnya masih bagus banget gk pecah, setir juga gk ada yg rusak.

Thanks ya sebelumnya
Bukan user CX5 tapi bantu jawab.

1. Di buku manual kalau ga salah minimal minta 90 kan? Harusnya sudah cukup lah ks Pertamax atau Shell Super secara sudah 92.

2. Kalau viskositas oli itu tergantunb pemilik kendaraan aja. Kalau suka rute jarang pendek ya pake 0W20, kalau misal suka rute jarak panjang atau tol ya pake 5W30.

3. Emang ga ada servis recordnya? Kalau dari fisik sih keliatan dari setir, jok kulit sama pedal gas rem. Kalau ane sih biasa suka liat ban, itu ban bawaan ga, kalau 49rb beneran ada kemungkinan ban bawaan atau baru aja diganti dalam waktu deket.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by Pboyz97 »

yue278 wrote: Thu Nov 11, 2021 11:24 Sepuh semua disini, ijin bertanya ya, gw abis minang cx5 type touring tahun 2014 masih 49k km karena enak banget ngendarainnya dan bini demen juga pakai mobil tinggi. Sebelumnya dari honda jazz.

1. Soal bensin, sebenernya minum pertamax/shell super rekomen ngga ya untuk jangka panjang? Atau dengan kompresi 13 gni udah harus ke pertamax turbo aja utk jangka panjang mesinnya?

2. Soal oli, boleh minta saran better pakai 0w20 atau 5w30. Di beres di rekomen 5w30 tp di buku manual 0w20. Bingung juga mau yang mana n merek apa ya better.

3. Ada yg tau cara ngecek, kilometer ini asli bukan puteran gmn ya? Sempet ragu ini puteran krna low km banget pdhl udah nyaris 8 tahun. Tp kondisi interior kulitnya masih bagus banget gk pecah, setir juga gk ada yg rusak.

Thanks ya sebelumnya
sebagai ex user CX5 Touring dari tahun 2013-2019 gue bantu jawab ya
1. rekomen kok, dulu punya gue pake pertamax sm shell super dari baru, sampe dijual tahun 2019 lalu di km 152 rb gaada masalah yg aneh2 di mesinnya, masih aman2 aja. kalo cx5 lama, setau gue, kalo make pertamax atau shell super masih aman kok , yg penting jangan diisi premium atau pertalite aja
2. kalo soal spek oli, gue kurang tau ya, cuma selama 6 tahun miara, gue biasanya pake oli mazda yg di beres, kalo diluar beres, gue biasa pake shell hx7, selama 6 tahun make gapernah trouble aneh2, walaupun km nya udh ratusan rb km. yg penting ganti olinya harus rutin dan jangan pernah telat ganti oli
3. ada service recordnya ga? sama pas dulu beli, buku manual sm buku servicenya ada gak ? minimal gantungan oli deh . cuma kalo dari kondisi fisik yg om jelasin, harusnya masih asli 49 rb ya ( kulitnya masih bagus dan gak pecah + setir jg masih bagus ), tapi gatau juga itu udh retriman atau masih bawaan pabriknya , soalnya cx5 lama kalo km nya udh tinggi kulitnya biasanya udh pada getas dan setirnya udh mulai grepes2 hehehe.
kalo mau cek fisik sih gampang
- cek setir. kalo km masih under 100rb, setirnya harus masih ori bawaan , blm pernah retriman apalagi grepes2, punya gue dulu km 152 rb udh grepes2 setirnya
- cek kondisi jok pengemudi, harusnya masih tebel , alias sama konturnya sama jok penumpang + kulitnya masih bawaan, bukan retriman . sebagai gambaran aja. cx5 gue tahun 2013 , pas dijual tahun 2019 lalu km nya udh 152 rb. kondisi jok pengemudinya udh mblesek parah karena sering didudukkin, terus udh sobek2 kulitnya sampe keliatan busa joknya
- cek kondisi pedal gas sm rem, kalo km rendah tapi umurnya udh diatas 5 tahun , pedal gas sm remnya harusnya masih bagus. punya gue dulu umur 6 tahun km 152 rb , pedal gas sm remnya udh aus hehehe

semoga bermanfaat. kalo kondisi sehat, mobilnya enak dikendarai kok , handling mantep, irit bbm dan tarikannya juga kenceng, ngisi di semua putaran . cuma ya minusnya cuma di akomodasi yg gak selega2 lawan2 dikelasnya kaya crv atau xtrail hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by ricz »

yue278 wrote: Thu Nov 11, 2021 11:24 Sepuh semua disini, ijin bertanya ya, gw abis minang cx5 type touring tahun 2014 masih 49k km karena enak banget ngendarainnya dan bini demen juga pakai mobil tinggi. Sebelumnya dari honda jazz.

1. Soal bensin, sebenernya minum pertamax/shell super rekomen ngga ya untuk jangka panjang? Atau dengan kompresi 13 gni udah harus ke pertamax turbo aja utk jangka panjang mesinnya?

2. Soal oli, boleh minta saran better pakai 0w20 atau 5w30. Di beres di rekomen 5w30 tp di buku manual 0w20. Bingung juga mau yang mana n merek apa ya better.

3. Ada yg tau cara ngecek, kilometer ini asli bukan puteran gmn ya? Sempet ragu ini puteran krna low km banget pdhl udah nyaris 8 tahun. Tp kondisi interior kulitnya masih bagus banget gk pecah, setir juga gk ada yg rusak.

Thanks ya sebelumnya
1. Rekomen, setau gw minimalnya pake RON 90 aka Pertalite, jadi kalo pake 92 sudah pasti ga ada masalah.

2. Pake 0W20 ama 5W30 ga jadi masalah, disesuaikan dgn budget perawatan aja. Yg penting jgn telat ganti oli

3. Cek di bengkel resmi service recordnya (jika ada) kalo engga ya cek interior aja, biasanya obvious bgt kalo mobil puteran mah.... Direstore juga akan keliatan wear n tearnya (biasa yg direstore cuma stir n jok, tp perintilan laen kaya shift knob, pedal rem n gas, trim" pintu sih obvious bgt kalo mbl capek vs mbl ga capek)
2021 Fortuner VRZ
yue278
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Nov 19, 2015 8:25

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by yue278 »

wah thanks banget pencerahan suhu2 dimarih semua.

1. kemarin awal2 gw make pertamax biru. terus gw ngisi ke turbo, lebih kedengeran alus gitu mesinnya. jadi ragu kemarin apa jangan2 ni mesin mesti pertamax turbo. tapi kalo biru aja aman, gw balik biru aja lagi kali ya. haha

2. oke 5w30 aman yah. kalo merek ngga ada rekomen tertentu lebih bagus dibanding yg lainnya ya.

3. servis record aman ada semua, n gak ada yang aneh juga sih. biasanya kalo kilometer resetan itu ke 0 kan ngga bisa di setting ke km tertentu kn? kalau iya, berati ini aman sih. semuanya dari fisik aman, kecuali ban dulu pernah di ganti katanya di 2016 tapi pas gw beli dari 2016 ampe skarang belom pernah diganti. tapi karena gak diganti2, keliatannya udah mulai getas, walau kembangannya masih bagus n ngga botak.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by maastricht889 »

yue278 wrote: Sat Nov 13, 2021 6:23 wah thanks banget pencerahan suhu2 dimarih semua.

1. kemarin awal2 gw make pertamax biru. terus gw ngisi ke turbo, lebih kedengeran alus gitu mesinnya. jadi ragu kemarin apa jangan2 ni mesin mesti pertamax turbo. tapi kalo biru aja aman, gw balik biru aja lagi kali ya. haha

2. oke 5w30 aman yah. kalo merek ngga ada rekomen tertentu lebih bagus dibanding yg lainnya ya.

3. servis record aman ada semua, n gak ada yang aneh juga sih. biasanya kalo kilometer resetan itu ke 0 kan ngga bisa di setting ke km tertentu kn? kalau iya, berati ini aman sih. semuanya dari fisik aman, kecuali ban dulu pernah di ganti katanya di 2016 tapi pas gw beli dari 2016 ampe skarang belom pernah diganti. tapi karena gak diganti2, keliatannya udah mulai getas, walau kembangannya masih bagus n ngga botak.
- No 1, banyak temen2 saya pake mazda sky terutama cx5, begitu pun unit tes dealer dan diisi pertamak biasa/setara ya aman2 aja kok om. Ngilu kadang bbrp kali pernah liat mazda sky isi pertalit, bahkan mazda 6 nagare PJR isi premium juga dulu dan mazda 6nya tetep kuat masih dipake

- Jawap no 2 om, rekomen saya unt mazda harus encer olinya. Pake 0W20 kaya Q8 D1 G2 aja, harga per lt kaya MGO idemitsu 0W20 tapi performance bumi langit. Saya ngerasain bedanya pake oli MGO sama amsoil itu, kl pake oli bagus di rpm tinggi masih halus-gelindingnya enak-power delivery di rpm tinggi enak. O ya jangan lupa jg krn umur dan misalnya belum kuras ATF sebaiknya cr bengkel/kontak bengkel resmi mazda buat kuras ATF ya om, spek ATFnya mazda sky 6sp itu ATF FZ. Bisa pake PTT LV1/Q8 auto MV. Mazda 2 saya begitu dapet 2th lalu langsung kuras pake ptt 1A (Spek ATF MV), gejala nahan2 pas oper dr ATF bawaan ilang 90% dan jd responsip.

Setau saya mazda anggep ATF mobil mazda sky itu lifetime yg buat saya ga percaya (saya masih pake mazda 2 lama 2013). Unt oli mesin saya udh bandingin di mazda 2 lama, itu pake PTT berat banget udah 2x baik yg 5W30 maupun 0W20 evotec. Pake amsoil SS 0W20 enak tp sekarang mahal, mknya saya rekomen Q8 D1 G2 0W20 itu yg performance sama bagusnya tp harga masih masuk (Q8 D1 G2 saya pake di ertiga lama enak banget)

Kl oli mesin sama oli ATF bagus di mazda = Enak buanget pasti.

- Jawap no 3, jaman sekarang udh canggih om, puteran odo begitu bs request mo angka ODOnya berapa. Selama record lengkap, dan tanggal bbrp kali servis terakir masuk akal ya odo asli. Ditambah kl dapet dr user langsung ya lebih terjamin keasliannya
yue278
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Nov 19, 2015 8:25

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by yue278 »

erwinign wrote: Sat Nov 13, 2021 7:04
yue278 wrote: Sat Nov 13, 2021 6:23 wah thanks banget pencerahan suhu2 dimarih semua.

1. kemarin awal2 gw make pertamax biru. terus gw ngisi ke turbo, lebih kedengeran alus gitu mesinnya. jadi ragu kemarin apa jangan2 ni mesin mesti pertamax turbo. tapi kalo biru aja aman, gw balik biru aja lagi kali ya. haha

2. oke 5w30 aman yah. kalo merek ngga ada rekomen tertentu lebih bagus dibanding yg lainnya ya.

3. servis record aman ada semua, n gak ada yang aneh juga sih. biasanya kalo kilometer resetan itu ke 0 kan ngga bisa di setting ke km tertentu kn? kalau iya, berati ini aman sih. semuanya dari fisik aman, kecuali ban dulu pernah di ganti katanya di 2016 tapi pas gw beli dari 2016 ampe skarang belom pernah diganti. tapi karena gak diganti2, keliatannya udah mulai getas, walau kembangannya masih bagus n ngga botak.
- No 1, banyak temen2 saya pake mazda sky terutama cx5, begitu pun unit tes dealer dan diisi pertamak biasa/setara ya aman2 aja kok om. Ngilu kadang bbrp kali pernah liat mazda sky isi pertalit, bahkan mazda 6 nagare PJR isi premium juga dulu dan mazda 6nya tetep kuat masih dipake

- Jawap no 2 om, rekomen saya unt mazda harus encer olinya. Pake 0W20 kaya Q8 D1 G2 aja, harga per lt kaya MGO idemitsu 0W20 tapi performance bumi langit. Saya ngerasain bedanya pake oli MGO sama amsoil itu, kl pake oli bagus di rpm tinggi masih halus-gelindingnya enak-power delivery di rpm tinggi enak. O ya jangan lupa jg krn umur dan misalnya belum kuras ATF sebaiknya cr bengkel/kontak bengkel resmi mazda buat kuras ATF ya om, spek ATFnya mazda sky 6sp itu ATF FZ. Bisa pake PTT LV1/Q8 auto MV. Mazda 2 saya begitu dapet 2th lalu langsung kuras pake ptt 1A (Spek ATF MV), gejala nahan2 pas oper dr ATF bawaan ilang 90% dan jd responsip.

Setau saya mazda anggep ATF mobil mazda sky itu lifetime yg buat saya ga percaya (saya masih pake mazda 2 lama 2013). Unt oli mesin saya udh bandingin di mazda 2 lama, itu pake PTT berat banget udah 2x baik yg 5W30 maupun 0W20 evotec. Pake amsoil SS 0W20 enak tp sekarang mahal, mknya saya rekomen Q8 D1 G2 0W20 itu yg performance sama bagusnya tp harga masih masuk (Q8 D1 G2 saya pake di ertiga lama enak banget)

Kl oli mesin sama oli ATF bagus di mazda = Enak buanget pasti.

- Jawap no 3, jaman sekarang udh canggih om, puteran odo begitu bs request mo angka ODOnya berapa. Selama record lengkap, dan tanggal bbrp kali servis terakir masuk akal ya odo asli. Ditambah kl dapet dr user langsung ya lebih terjamin keasliannya
1. kalo ampe pertalit sih keqnya kejem banget deh. haha gw prefer at least harus biru pertamax. siapp omm
2. kemarin pas dapet unit langsung kurang oli matic nya sih. n keqnya langsung di ganti juga pakai oli ATF nya bawaan mazda. kalo dari om erwin, transmisi matic nya si mazda cx5 gini better pake bawaan dari mazda aja ato dari luaran lebih bagus?
3. record ada om lengkap, cm gw gampang curigaan haha. interiornya mulus banget n masih 49k km aja, tapi mobil dari 2014. :D mungkin jarang dipakai aja kali yak.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by maastricht889 »

yue278 wrote: Sat Nov 13, 2021 7:11
erwinign wrote: Sat Nov 13, 2021 7:04
yue278 wrote: Sat Nov 13, 2021 6:23 wah thanks banget pencerahan suhu2 dimarih semua.

1. kemarin awal2 gw make pertamax biru. terus gw ngisi ke turbo, lebih kedengeran alus gitu mesinnya. jadi ragu kemarin apa jangan2 ni mesin mesti pertamax turbo. tapi kalo biru aja aman, gw balik biru aja lagi kali ya. haha

2. oke 5w30 aman yah. kalo merek ngga ada rekomen tertentu lebih bagus dibanding yg lainnya ya.

3. servis record aman ada semua, n gak ada yang aneh juga sih. biasanya kalo kilometer resetan itu ke 0 kan ngga bisa di setting ke km tertentu kn? kalau iya, berati ini aman sih. semuanya dari fisik aman, kecuali ban dulu pernah di ganti katanya di 2016 tapi pas gw beli dari 2016 ampe skarang belom pernah diganti. tapi karena gak diganti2, keliatannya udah mulai getas, walau kembangannya masih bagus n ngga botak.
- No 1, banyak temen2 saya pake mazda sky terutama cx5, begitu pun unit tes dealer dan diisi pertamak biasa/setara ya aman2 aja kok om. Ngilu kadang bbrp kali pernah liat mazda sky isi pertalit, bahkan mazda 6 nagare PJR isi premium juga dulu dan mazda 6nya tetep kuat masih dipake

- Jawap no 2 om, rekomen saya unt mazda harus encer olinya. Pake 0W20 kaya Q8 D1 G2 aja, harga per lt kaya MGO idemitsu 0W20 tapi performance bumi langit. Saya ngerasain bedanya pake oli MGO sama amsoil itu, kl pake oli bagus di rpm tinggi masih halus-gelindingnya enak-power delivery di rpm tinggi enak. O ya jangan lupa jg krn umur dan misalnya belum kuras ATF sebaiknya cr bengkel/kontak bengkel resmi mazda buat kuras ATF ya om, spek ATFnya mazda sky 6sp itu ATF FZ. Bisa pake PTT LV1/Q8 auto MV. Mazda 2 saya begitu dapet 2th lalu langsung kuras pake ptt 1A (Spek ATF MV), gejala nahan2 pas oper dr ATF bawaan ilang 90% dan jd responsip.

Setau saya mazda anggep ATF mobil mazda sky itu lifetime yg buat saya ga percaya (saya masih pake mazda 2 lama 2013). Unt oli mesin saya udh bandingin di mazda 2 lama, itu pake PTT berat banget udah 2x baik yg 5W30 maupun 0W20 evotec. Pake amsoil SS 0W20 enak tp sekarang mahal, mknya saya rekomen Q8 D1 G2 0W20 itu yg performance sama bagusnya tp harga masih masuk (Q8 D1 G2 saya pake di ertiga lama enak banget)

Kl oli mesin sama oli ATF bagus di mazda = Enak buanget pasti.

- Jawap no 3, jaman sekarang udh canggih om, puteran odo begitu bs request mo angka ODOnya berapa. Selama record lengkap, dan tanggal bbrp kali servis terakir masuk akal ya odo asli. Ditambah kl dapet dr user langsung ya lebih terjamin keasliannya
1. kalo ampe pertalit sih keqnya kejem banget deh. haha gw prefer at least harus biru pertamax. siapp omm
2. kemarin pas dapet unit langsung kurang oli matic nya sih. n keqnya langsung di ganti juga pakai oli ATF nya bawaan mazda. kalo dari om erwin, transmisi matic nya si mazda cx5 gini better pake bawaan dari mazda aja ato dari luaran lebih bagus?
3. record ada om lengkap, cm gw gampang curigaan haha. interiornya mulus banget n masih 49k km aja, tapi mobil dari 2014. :D mungkin jarang dipakai aja kali yak.
1. Krn memang di manual book bs RON90 om, walaupun saya ga tega. Tetangga ada pake mazda 2 sky ya pake pertalit ckckckckck, pdhl masih kotor itu bengsin
2. Gimana pun kl brand oli merk luaran grade bagus pasti lebih baik om. Brand yg saya maksud ya kaya Q8, PTT itu buat ATF udah baguss selama speknya bs ATF FZ no tawar2. PTT yg bs ATF FZ ya LV1, Q8 yg bs ATF FZ ya auto MV
3. Hahahaha selama recordnya make sense, buku komplit termasuk buku servis, ban ktnya dr 2016 itu si yaudah aja om berati asli. Dr sudut pandang ban, saya rasa kemungkinan jual ban bekas toyo proxesnya cx5 sih agak kecil krn mahal dan ring gede
yue278
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Nov 19, 2015 8:25

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by yue278 »

erwinign wrote: Sat Nov 13, 2021 7:36
yue278 wrote: Sat Nov 13, 2021 7:11
erwinign wrote: Sat Nov 13, 2021 7:04

- No 1, banyak temen2 saya pake mazda sky terutama cx5, begitu pun unit tes dealer dan diisi pertamak biasa/setara ya aman2 aja kok om. Ngilu kadang bbrp kali pernah liat mazda sky isi pertalit, bahkan mazda 6 nagare PJR isi premium juga dulu dan mazda 6nya tetep kuat masih dipake

- Jawap no 2 om, rekomen saya unt mazda harus encer olinya. Pake 0W20 kaya Q8 D1 G2 aja, harga per lt kaya MGO idemitsu 0W20 tapi performance bumi langit. Saya ngerasain bedanya pake oli MGO sama amsoil itu, kl pake oli bagus di rpm tinggi masih halus-gelindingnya enak-power delivery di rpm tinggi enak. O ya jangan lupa jg krn umur dan misalnya belum kuras ATF sebaiknya cr bengkel/kontak bengkel resmi mazda buat kuras ATF ya om, spek ATFnya mazda sky 6sp itu ATF FZ. Bisa pake PTT LV1/Q8 auto MV. Mazda 2 saya begitu dapet 2th lalu langsung kuras pake ptt 1A (Spek ATF MV), gejala nahan2 pas oper dr ATF bawaan ilang 90% dan jd responsip.

Setau saya mazda anggep ATF mobil mazda sky itu lifetime yg buat saya ga percaya (saya masih pake mazda 2 lama 2013). Unt oli mesin saya udh bandingin di mazda 2 lama, itu pake PTT berat banget udah 2x baik yg 5W30 maupun 0W20 evotec. Pake amsoil SS 0W20 enak tp sekarang mahal, mknya saya rekomen Q8 D1 G2 0W20 itu yg performance sama bagusnya tp harga masih masuk (Q8 D1 G2 saya pake di ertiga lama enak banget)

Kl oli mesin sama oli ATF bagus di mazda = Enak buanget pasti.

- Jawap no 3, jaman sekarang udh canggih om, puteran odo begitu bs request mo angka ODOnya berapa. Selama record lengkap, dan tanggal bbrp kali servis terakir masuk akal ya odo asli. Ditambah kl dapet dr user langsung ya lebih terjamin keasliannya
1. kalo ampe pertalit sih keqnya kejem banget deh. haha gw prefer at least harus biru pertamax. siapp omm
2. kemarin pas dapet unit langsung kurang oli matic nya sih. n keqnya langsung di ganti juga pakai oli ATF nya bawaan mazda. kalo dari om erwin, transmisi matic nya si mazda cx5 gini better pake bawaan dari mazda aja ato dari luaran lebih bagus?
3. record ada om lengkap, cm gw gampang curigaan haha. interiornya mulus banget n masih 49k km aja, tapi mobil dari 2014. :D mungkin jarang dipakai aja kali yak.
1. Krn memang di manual book bs RON90 om, walaupun saya ga tega. Tetangga ada pake mazda 2 sky ya pake pertalit ckckckckck, pdhl masih kotor itu bengsin
2. Gimana pun kl brand oli merk luaran grade bagus pasti lebih baik om. Brand yg saya maksud ya kaya Q8, PTT itu buat ATF udah baguss selama speknya bs ATF FZ no tawar2. PTT yg bs ATF FZ ya LV1, Q8 yg bs ATF FZ ya auto MV
3. Hahahaha selama recordnya make sense, buku komplit termasuk buku servis, ban ktnya dr 2016 itu si yaudah aja om berati asli. Dr sudut pandang ban, saya rasa kemungkinan jual ban bekas toyo proxesnya cx5 sih agak kecil krn mahal dan ring gede
1, wah belajar lagi nih ane. itu ada standar oli transmisi yang FZ ya, jadi gak mesti make brand asli mazda tapi brand laen pun boleh selama ada spek FZ nya dibelakang gitu ya? itu FZ stands for apa ya gan?
2. bro nanya lagi nih, ini bawaan asli cx5 2014 kan warnanya krem interior joknya. ini kulit asli ato sintetik y? ane pengen lapisin biar gak gampang kotor, tapi jgn ampe downgrade.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by maastricht889 »

yue278 wrote: Sat Nov 13, 2021 7:42
erwinign wrote: Sat Nov 13, 2021 7:36
yue278 wrote: Sat Nov 13, 2021 7:11

1. kalo ampe pertalit sih keqnya kejem banget deh. haha gw prefer at least harus biru pertamax. siapp omm
2. kemarin pas dapet unit langsung kurang oli matic nya sih. n keqnya langsung di ganti juga pakai oli ATF nya bawaan mazda. kalo dari om erwin, transmisi matic nya si mazda cx5 gini better pake bawaan dari mazda aja ato dari luaran lebih bagus?
3. record ada om lengkap, cm gw gampang curigaan haha. interiornya mulus banget n masih 49k km aja, tapi mobil dari 2014. :D mungkin jarang dipakai aja kali yak.
1. Krn memang di manual book bs RON90 om, walaupun saya ga tega. Tetangga ada pake mazda 2 sky ya pake pertalit ckckckckck, pdhl masih kotor itu bengsin
2. Gimana pun kl brand oli merk luaran grade bagus pasti lebih baik om. Brand yg saya maksud ya kaya Q8, PTT itu buat ATF udah baguss selama speknya bs ATF FZ no tawar2. PTT yg bs ATF FZ ya LV1, Q8 yg bs ATF FZ ya auto MV
3. Hahahaha selama recordnya make sense, buku komplit termasuk buku servis, ban ktnya dr 2016 itu si yaudah aja om berati asli. Dr sudut pandang ban, saya rasa kemungkinan jual ban bekas toyo proxesnya cx5 sih agak kecil krn mahal dan ring gede
1, wah belajar lagi nih ane. itu ada standar oli transmisi yang FZ ya, jadi gak mesti make brand asli mazda tapi brand laen pun boleh selama ada spek FZ nya dibelakang gitu ya? itu FZ stands for apa ya gan?
2. bro nanya lagi nih, ini bawaan asli cx5 2014 kan warnanya krem interior joknya. ini kulit asli ato sintetik y? ane pengen lapisin biar gak gampang kotor, tapi jgn ampe downgrade.
1. Iya om, spek ATFnya "ATF FZ". Di buku panduan ketulis kok. Lbh tepatnya boleh pake merk luar, selama compatible ke spek mazda ATF FZ no tawar2. Sejauh ini merk atf luar yg saya rasa bagus performance, harga oke, dan comply ke ATF FZ ya PTT LV1 sama Q8 auto MV om. Aisin AFW VI kurang tau, om josomba kl ngga salah udh pake di mazda 2 skynya. Krg tau om, singkatannya kaga pernah dibahas juga FZ stands buat apa. Ubek2 di thread "oli gardan dan transmisi" aja om. Krn baru flush ya nanti 40rb km lagi baru kuras jg ga masalah asal di nota/recordnya bener ketulis ATF FZ MGO aja.

2. Dulu saya pernah pencet2 leather beigenya cx5 ya genuine om, krn keliatan dr bau, tekstur sama kerutannya. Bahan leathernya yg beige ini mirip kaya CX5 GT 2021, saya suka. Antara kasi alas nobleman gitu kalo ga kudu telaten bersihin ya om saya rasa pake chemical kaya megs/astonish
yue278
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Nov 19, 2015 8:25

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by yue278 »

erwinign wrote: Sat Nov 13, 2021 7:51
yue278 wrote: Sat Nov 13, 2021 7:42
erwinign wrote: Sat Nov 13, 2021 7:36

1. Krn memang di manual book bs RON90 om, walaupun saya ga tega. Tetangga ada pake mazda 2 sky ya pake pertalit ckckckckck, pdhl masih kotor itu bengsin
2. Gimana pun kl brand oli merk luaran grade bagus pasti lebih baik om. Brand yg saya maksud ya kaya Q8, PTT itu buat ATF udah baguss selama speknya bs ATF FZ no tawar2. PTT yg bs ATF FZ ya LV1, Q8 yg bs ATF FZ ya auto MV
3. Hahahaha selama recordnya make sense, buku komplit termasuk buku servis, ban ktnya dr 2016 itu si yaudah aja om berati asli. Dr sudut pandang ban, saya rasa kemungkinan jual ban bekas toyo proxesnya cx5 sih agak kecil krn mahal dan ring gede
1, wah belajar lagi nih ane. itu ada standar oli transmisi yang FZ ya, jadi gak mesti make brand asli mazda tapi brand laen pun boleh selama ada spek FZ nya dibelakang gitu ya? itu FZ stands for apa ya gan?
2. bro nanya lagi nih, ini bawaan asli cx5 2014 kan warnanya krem interior joknya. ini kulit asli ato sintetik y? ane pengen lapisin biar gak gampang kotor, tapi jgn ampe downgrade.
1. Iya om, spek ATFnya "ATF FZ". Di buku panduan ketulis kok. Lbh tepatnya boleh pake merk luar, selama compatible ke spek mazda ATF FZ no tawar2. Sejauh ini merk atf luar yg saya rasa bagus performance, harga oke, dan comply ke ATF FZ ya PTT LV1 sama Q8 auto MV om. Aisin AFW VI kurang tau, om josomba kl ngga salah udh pake di mazda 2 skynya. Krg tau om, singkatannya kaga pernah dibahas juga FZ stands buat apa. Ubek2 di thread "oli gardan dan transmisi" aja om. Krn baru flush ya nanti 40rb km lagi baru kuras jg ga masalah asal di nota/recordnya bener ketulis ATF FZ MGO aja.

2. Dulu saya pernah pencet2 leather beigenya cx5 ya genuine om, krn keliatan dr bau, tekstur sama kerutannya. Bahan leathernya yg beige ini mirip kaya CX5 GT 2021, saya suka. Antara kasi alas nobleman gitu kalo ga kudu telaten bersihin ya om saya rasa pake chemical kaya megs/astonish
gan, kalo bersihinnya leather itu megs yang tipe yang mana ya yang buat leather yang bagus? kemaren beli yg chemical di promote di instagram all clean gitu gak bisa bersih2.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by kendibocor »

Malam, ada yg punya toko rekomendasi part2 mazda di sentra2 otomotif di jkt? Yg jual barang2 slow moving ataupun fast moving. Trims
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
yue278
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Nov 19, 2015 8:25

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by yue278 »

halo suhu2 semua dimari, balik, mau nanya lagi,
kalo soal air radiator gw ngeliat di cap nya pakai FL22 n itu ngga mungkin nyari di indo as search di tokped n beberapa market place dan nelpon beberapa bengkel selalu ngga ada dan bingung. mazda resmi pun ngga pakai yang FL22. kalau suhu2 semua dimari pada pakai coolant apa ya untuk CX5 nya?
dan apakah ketika ganti coolant, semuanya dikuras atau cm dicampur?
guzh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Thu Feb 06, 2020 9:54

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by guzh »

erwinign wrote: Sat Nov 13, 2021 7:36 1. Krn memang di manual book bs RON90 om, walaupun saya ga tega. Tetangga ada pake mazda 2 sky ya pake pertalit ckckckckck, pdhl masih kotor itu bengsin
2. Gimana pun kl brand oli merk luaran grade bagus pasti lebih baik om. Brand yg saya maksud ya kaya Q8, PTT itu buat ATF udah baguss selama speknya bs ATF FZ no tawar2. PTT yg bs ATF FZ ya LV1, Q8 yg bs ATF FZ ya auto MV
3. Hahahaha selama recordnya make sense, buku komplit termasuk buku servis, ban ktnya dr 2016 itu si yaudah aja om berati asli. Dr sudut pandang ban, saya rasa kemungkinan jual ban bekas toyo proxesnya cx5 sih agak kecil krn mahal dan ring gede
Om, ada tempat rekomen untuk cari oli Q8 D1 G2 sama Auto MV sekaligus tempat gantinya sekalian?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by maastricht889 »

guzh wrote: Sun Nov 28, 2021 7:05
erwinign wrote: Sat Nov 13, 2021 7:36 1. Krn memang di manual book bs RON90 om, walaupun saya ga tega. Tetangga ada pake mazda 2 sky ya pake pertalit ckckckckck, pdhl masih kotor itu bengsin
2. Gimana pun kl brand oli merk luaran grade bagus pasti lebih baik om. Brand yg saya maksud ya kaya Q8, PTT itu buat ATF udah baguss selama speknya bs ATF FZ no tawar2. PTT yg bs ATF FZ ya LV1, Q8 yg bs ATF FZ ya auto MV
3. Hahahaha selama recordnya make sense, buku komplit termasuk buku servis, ban ktnya dr 2016 itu si yaudah aja om berati asli. Dr sudut pandang ban, saya rasa kemungkinan jual ban bekas toyo proxesnya cx5 sih agak kecil krn mahal dan ring gede
Om, ada tempat rekomen untuk cari oli Q8 D1 G2 sama Auto MV sekaligus tempat gantinya sekalian?
https://tokopedia.link/A4COJsyYxlb yg q8 d1 g2 om, sy sdh beli dr sini. Dimessage sj.

Kl ganti saya biasa ke bengkel resmi kok om, ga tau kl masda mau apa enggak karena bagi mereka "lifetime" oli atfnya
guzh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Thu Feb 06, 2020 9:54

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by guzh »

erwinign wrote: Sun Nov 28, 2021 7:34 https://tokopedia.link/A4COJsyYxlb yg q8 d1 g2 om, sy sdh beli dr sini. Dimessage sj.

Kl ganti saya biasa ke bengkel resmi kok om, ga tau kl masda mau apa enggak karena bagi mereka "lifetime" oli atfnya
Thanks, Om. Appreciated.
Jadi ntar pas next km servis tinggal bawa Q8 5 liter cukup lah ya dan mereka mau2 aja kan ya?

Nah iya ini yang ATF suka reluctant takutnya, kalau ganti diluar ada tempat yang rekomen untuk ganti (yang sekalian jual Q8 auto MV)?
dan kalau kuras semua butuh 8L?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by maastricht889 »

guzh wrote: Sun Nov 28, 2021 7:47
erwinign wrote: Sun Nov 28, 2021 7:34 https://tokopedia.link/A4COJsyYxlb yg q8 d1 g2 om, sy sdh beli dr sini. Dimessage sj.

Kl ganti saya biasa ke bengkel resmi kok om, ga tau kl masda mau apa enggak karena bagi mereka "lifetime" oli atfnya
Thanks, Om. Appreciated.
Jadi ntar pas next km servis tinggal bawa Q8 5 liter cukup lah ya dan mereka mau2 aja kan ya?

Nah iya ini yang ATF suka reluctant takutnya, kalau ganti diluar ada tempat yang rekomen untuk ganti (yang sekalian jual Q8 auto MV)?
dan kalau kuras semua butuh 8L?
Kalo oli mesin iya om mereka mau, biar mantep ya telp mazda dulu tanya butuh brp liter. Sy pernah tanya kl cx5 2.5 ya 5lt itu. Filter oli beli di mereka aja.

Kalo atf saya biasa beli 10lt om, kl sisa saya simpen buat ngetap nantinya. Soal tmpt ganti hmmm, mazda cb tanyain dl aja deh karena dealer tertentu ada yg mau ada yg enggak. Tp kalo di jkt coba user2 cx5 di sini ada yg mau apa enggak, kl ngga ke mbah marmut/mbah b8099ok mgkn bisa. Buat kuras atf mazda sky, mic saya geser ke mbah josomba :big_smile]
guzh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Thu Feb 06, 2020 9:54

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 03

Post by guzh »

Pboyz97 wrote: Thu Oct 07, 2021 15:15 turut prihatin atas masalah yg om2 alami. saya dulu juga mengalami hal seperti itu 3 tahun yg lalu. saat itu saya SPK AN CX5 Elite 2018 pas GIIAS 2018 lalu. nah , mobil dateng kerumah saya pas bulan agustus apa september 2018 gitu . waktu itu, sama salesnya, plat asli dijanjikan bulan oktober/november sudah jadi. nah pas bulan oktober tiba. plat aslinya blm juga datang. sudah 3x plat sementaranya saya pakai, sempet deg2an juga, karena mobil hampir tiap hari dipakai daily sm bapak saya :big_biglaugh: . nah dari agustus - oktober plat sementara masih di deliver kerumah saya. nah pas bulan november. saya coba tanya ke salesnya, ternyata plat asli dan STNK saya masih blm jadi juga, alesannya masih proses terus :big_cry: .lebih parahnya lagi, pas bulan november, plat sementara saya telat dikirim. mesti dikomplen dulu baru dikirim plat sementaranya. akhirnya bapak saya dulu kena tilang di sudirman gara2 plat sementaranya yg bulan oktober udh expired , sementara, plat sementara yg baru yg bulan oktober belum tiba. sampai akhirnya, setelah melalui perjuangan yg tidak mudah dan panjang. akhirnya STNK dan plat asli mobil saya selesai pas januari 2019 lalu wkwk. dan ternyata sistem pengurusan surat2nya , masih blm berubah ya dari jaman 2018 lalu. memang saya akuin secara produk bagus, pelayanan beresnya juga lumayan oke, cuma kalo soal pengurusan surat2, sepertinya mazda masih belum sebaik merk jepang lainnya seperti H tegak, toyodai , atau Mitsu menurut saya (sepengalaman saya make merek H tegak, Mitsu, an atoyot, pengurussan STNK dan plat aslinya gak selama mazda menurut saya)
Akhirnya, per hari ini.. keluar dah STNK sama plat nomor!! :big_okay:
Jadi terhitung sejak akhir April sampai akhir November = 7 bulan dah; selesai juga drama tiap bulan bongkar pasang plat sementara + ongkos gojek dealer-rumah.

Dan pas ambil, dapet sekalian gift box isinya macem2 dah, dari tumbler, usb, dompet sampe e-money (ada isi tentunya lah).

Image

Sekarang tinggal kita lihat after sales service-nya dah, mau tau gimana beres handle customer-nya.
Long term review menyusul ya...