Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Rasuano
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Jan 31, 2019 14:18
Location: Jkt

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by Rasuano »

Disaat netijen aliran 2 pedal ngeributin at tc/cvt/dsg kering basah dll, cvt ngantuk, dsg ga reliable, debat lampu merah di n/p/d injek rem, manasin mobil di n apa pga kelar2.... aliran 3 pedal ketawa2 aja dahh liatnya...

Mtf murah meriah, ganti kopling paling mahal juga 1,5-2 jeti. Durability gausah ditanya lagi. Resiko rusak/jebol sangat minim. Pegel? Tinggal mampir ke spa terdekat.. pegel hilang, mata kembali segar
Lajur paling kanan HANYA UNTUK MENDAHULUI
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by kompresorz »

diketawain nanti sama owner KIA seltos....

liat trit kirain isinya tentang modif...eh malah jd pusing...

ky gw buka forum cari modifan apa...oli kek..apa kek..gitu nek...


kadang teman saranin mobil a b c...

kalo gw gak suka gw cuma bilang gak suka....

kalo dibilang kencang...


gw jawab apa bisa lebih kencang n irit dr kijang ....

dakar lebih kencang dr vrz...

yuk sirkuit...

gw malas bahas panjang lebar mobil a b c....

klo gw gak punya malas bahasnya....
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by gadjahalphien »

Rasuano wrote: Wed Jan 22, 2020 3:47 Disaat netijen aliran 2 pedal ngeributin at tc/cvt/dsg kering basah dll, cvt ngantuk, dsg ga reliable, debat lampu merah di n/p/d injek rem, manasin mobil di n apa pga kelar2.... aliran 3 pedal ketawa2 aja dahh liatnya...

Mtf murah meriah, ganti kopling paling mahal juga 1,5-2 jeti. Durability gausah ditanya lagi. Resiko rusak/jebol sangat minim. Pegel? Tinggal mampir ke spa terdekat.. pegel hilang, mata kembali segar
Om
Ganti kopling audi MT mahal..
11an untuk part, belum jasa
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by rechtmasta »

ChZ wrote:
kunaskun wrote: Tue Jan 21, 2020 8:25
denger pertalite aja alergi gimana pertamax... :mky_07:


77 ribu km sebenernya sudah lumayan. sama kaya transmisi manual, kalau pakenya jorok/ala angkot bisa segituan juga kan. bedanya ya kalau transmisi manual, masuk bengkel mana aja bisalah diganti pake kw2.. = murah = auto laku :emo-big_love:

kayanya hyundai kia pake bikinan sendiri, Hyundai Dymos. karena memang ga banyak2 banget kan DCT manufacturer, yg gede banget paling borgwarner, terus ada getrag, luk, zf. lucunya si Getrag itu ternyata supply ke banyak merek, dan ini yang banyak masalah kalau dicek di wiki :mky_01:


negerinya netijen maha benar aliran julid lulusan jurusan mending ini mending itu :mky_07:
clutch pack udah ganti 2x.... mecha di 77k... mayan lah. kt bengkelnya tinggal pinter-pinter aja pakenya gimana biar clutchnya gak cepet ganti.

menarik... macem nissan ama jatco masih satu grup perusahaan.

getrag si yang dipake ford dan VW juga :mky_07:
PRBS wrote: Tue Jan 21, 2020 12:53 jadi inget sama netizen2 di instagram yg hobinya jelekin cvt, "ah mesin turbo tapi cvt" dkk.. giliran ditanya pernah punya mobil cvt? jawabnya "nggak punya.. cuma dengernya lemot parah".. wkwkw

saya jujur aja mending si kia ini pakai transmisi cvt, biar enak cruising dan smooth sailing.. pengalaman pakai dct dryclutch, ga enak ndut2an di stop n go.. kalau di toll enak sih sigap bgt.. untuk roobust? well, time will tell..
gak punya mobilnya, cuma denger opini youtuber otomotif baperan yang pengetahuan otomotifnya dangkal, main ngomong bagus/jelek dari suka/tidak suka mobilnya... lucunya yang gini dibilang "review jujur". meh. review kok baperan. nyetir cuma pernah nyetir mobil sendiri, megang mobil ber CVT aja hampir gak pernah. sekalinya nyoba jg cuma nyoba bentar gak ampe sehari udah bilang CVT lemot bla bla bla...

blm tau CVT jaman skrg kenceng-kenceng keluar gate toll aja bisa wheelspin... :big_weee: diasapin mobil ber CVT beneran juga mingkem.

bacotnya gede giliran beli juga paling belinya LMPV atau LCGC transmisi 4-speed... :mky_07:
Hahaha... Bener banget om. Saya udah ngerasain beberapa tipe Matic, konvensional di Hyundai Avega, CVT di Jazz, City sama Freed, AGS di Karimun sama Ignis... Sayangnya belum nyobain yg macem DCT gitu... Kesimpulan Saya, mau apapun transmisinya, selama driver nya bisa adaptasi dengan behaviour transmisi mobilnya, enak2 aja ko.
Jindanjun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Dec 13, 2016 5:41

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by Jindanjun »

Gelar tiker dulu ah mantau perdebatan netijen sambil nunggu cerita2 owner tentang dry clutch dct ini...yaa moga aja awet

Semoga.....hehehe
ap kt nt aj
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by martinnn »

jangan lupa debat cash vs kredit vs riba
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by maastricht889 »

Yg penting itu buat saya di case ini = gimana user bs TREATMENT transmisinya dg benar spy enak dipake dan less trouble kaya penggunaan ATF dan paham karakter transmisinya. Ini jg berlaku di manual, AMT, matic TC, CVT. Dr jenis transmisi itu sebenernya yaa cuma beda di waktu adaptasinya aja sih, manual sama matic biasa/cvt buat netijen "lebih oke" krn sdh pasaran di indo.

Sebenernya saya belum pernah coba dct sih, cuma pernah numpang fiesta 1.6. Walaupun nggak nyetir, cuma kerasa kl dct ini impression nya luar biasa buat nyalurin tenaga di mobil sekecil itu dg cc segitu
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3688
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by sandal »

martinnn wrote: Wed Jan 22, 2020 9:20 jangan lupa debat cash vs kredit vs riba
Ini never ending jg

Sama debat C***T
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by kompresorz »

sandal wrote: Wed Jan 22, 2020 10:34
martinnn wrote: Wed Jan 22, 2020 9:20 jangan lupa debat cash vs kredit vs riba
Ini never ending jg

Sama debat C***T
kelebihan energi....


1 pun gak ada owner seltos....
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by Tampanman »

ChZ wrote: Wed Jan 22, 2020 2:10
kunaskun wrote: Tue Jan 21, 2020 8:25
denger pertalite aja alergi gimana pertamax... :mky_07:


77 ribu km sebenernya sudah lumayan. sama kaya transmisi manual, kalau pakenya jorok/ala angkot bisa segituan juga kan. bedanya ya kalau transmisi manual, masuk bengkel mana aja bisalah diganti pake kw2.. = murah = auto laku :emo-big_love:

kayanya hyundai kia pake bikinan sendiri, Hyundai Dymos. karena memang ga banyak2 banget kan DCT manufacturer, yg gede banget paling borgwarner, terus ada getrag, luk, zf. lucunya si Getrag itu ternyata supply ke banyak merek, dan ini yang banyak masalah kalau dicek di wiki :mky_01:


negerinya netijen maha benar aliran julid lulusan jurusan mending ini mending itu :mky_07:
clutch pack udah ganti 2x.... mecha di 77k... mayan lah. kt bengkelnya tinggal pinter-pinter aja pakenya gimana biar clutchnya gak cepet ganti.

menarik... macem nissan ama jatco masih satu grup perusahaan.

getrag si yang dipake ford dan VW juga :mky_07:
PRBS wrote: Tue Jan 21, 2020 12:53 jadi inget sama netizen2 di instagram yg hobinya jelekin cvt, "ah mesin turbo tapi cvt" dkk.. giliran ditanya pernah punya mobil cvt? jawabnya "nggak punya.. cuma dengernya lemot parah".. wkwkw

saya jujur aja mending si kia ini pakai transmisi cvt, biar enak cruising dan smooth sailing.. pengalaman pakai dct dryclutch, ga enak ndut2an di stop n go.. kalau di toll enak sih sigap bgt.. untuk roobust? well, time will tell..
gak punya mobilnya, cuma denger opini youtuber otomotif baperan yang pengetahuan otomotifnya dangkal, main ngomong bagus/jelek dari suka/tidak suka mobilnya... lucunya yang gini dibilang "review jujur". meh. review kok baperan. nyetir cuma pernah nyetir mobil sendiri, megang mobil ber CVT aja hampir gak pernah. sekalinya nyoba jg cuma nyoba bentar gak ampe sehari udah bilang CVT lemot bla bla bla...

blm tau CVT jaman skrg kenceng-kenceng keluar gate toll aja bisa wheelspin... :big_weee: diasapin mobil ber CVT beneran juga mingkem.

bacotnya gede giliran beli juga paling belinya LMPV atau LCGC transmisi 4-speed... :mky_07:
Tul om gw juga ga tau kenapa untuk matic paling suka cvt, apa gw orangnya terlalu santuy?, kalau tau cara makenya tinggal diurut2 manja bisa greng tuh cvt nya
..
Dudd88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Fri Oct 26, 2018 3:08
Location: Samarinda
Daily Vehicle: Grand livina

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by Dudd88 »

OOT dikit, selain seltos kira kira KIA bakal masukin sorento nggak ya?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by DOHC »

kl liat sekilas koq mirip2 si wuling almas yah, palagi lampu depan nya, sipit2 gt..

btw ini lg pada latah tren lampu sipit kayanya, ga si seltos ga temen2 jepun nya.. ampe mesin nya jg ikut2an mesin imut2 kasi turbo
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Jan 08, 2017 4:00

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by biznatch »

Rasuano wrote: Wed Jan 22, 2020 3:47 Disaat netijen aliran 2 pedal ngeributin at tc/cvt/dsg kering basah dll, cvt ngantuk, dsg ga reliable, debat lampu merah di n/p/d injek rem, manasin mobil di n apa pga kelar2.... aliran 3 pedal ketawa2 aja dahh liatnya...

Mtf murah meriah, ganti kopling paling mahal juga 1,5-2 jeti. Durability gausah ditanya lagi. Resiko rusak/jebol sangat minim. Pegel? Tinggal mampir ke spa terdekat.. pegel hilang, mata kembali segar
Stiker "ReAl mEn Use 3 pEdaLs" nya udah ditempel om?
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by Bulgogi »

Dudd88 wrote:OOT dikit, selain seltos kira kira KIA bakal masukin sorento nggak ya?
Berdasarkan flowing shipping indomobil yg biasanya ambil barang dr india, paling mungkin sportage yg masuk.

Plant pabriknya cm produksi seltos, sportage & mobil2 kecil KIA yg sekelas wagon r. Sorento yg dijual India masih cbu (entah dr negara mana).
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by kompresorz »

DOHC wrote: Wed Jan 22, 2020 13:02 kl liat sekilas koq mirip2 si wuling almas yah, palagi lampu depan nya, sipit2 gt..

btw ini lg pada latah tren lampu sipit kayanya, ga si seltos ga temen2 jepun nya.. ampe mesin nya jg ikut2an mesin imut2 kasi turbo
skrg mercedes jg mesin dikecilin...

yang bikin gw heran harganya tambah meroket....apalg bikin gw kaget mesin 1.000 CC turbo 3 silinder....kaget beneran....
ktnya dulu mahal krn pajak mesin gede....

mknya klo masih ada atpm jual mesin CC gede turbo sikattt blehhh....


cobain aja rasain naik GD dan mesin imut....

potensi mesin gede lebih panjang...PIgibak


CC gak boong alias hokkzzz alias sugesti....

apalg DIESEL emennnn...jeroannnnya pake besi tempa.... setereonnnggggzzzz....

:big_smoking:
Jindanjun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Dec 13, 2016 5:41

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by Jindanjun »

Jadi inget kata om NR...mobil apapun reliable asal dirawatnya bener..

dan yg penting mnrt sy mindset ownernya bukan yg beli spare part di bengkel sembarangan

Setiap barang yg kita beli kan ada manfaat dan konsekuensinya
Menurut sy pribadi ya bole aja beli mobil apapun asaaal tau dan siap nanggung konsekuensi yg harus dibayar buat dpt manfaatnya

Mau mobil dsg buat dpt performa bagus? Ya bole aja asal siap ndut2an pas macet + ngerawatnya rajin dan siap dengan umur yg ga panjang kalo dipake tiap hari macet2an (misal dry clutch fiesta / golf tsi)

Mau mobil cvt yang haluuuuussss dan irit? Ya bole aja asal siap ngeden dikit kalo nyalip di tol + siap keluar duit ganti oli rajin dan siap kalo cvt nya udh umur pensiun

Mau mobil matik konvensional yang relatif lebih kuat? Ya bole aja asal siap dengan respon yg gak secepet dct dan lebih boros kalo cuma 4 speed (dibanding versi manual)

Jadi yah..balik ke kebutuhan masing2 aja, ga perlu mendewakan satu mobil / ga perlu dan menjelekkan mobil yg lain....
yah kalo emg orang itu sanggup buat ngerawat mobil canggih demi dpt performance + driving pleasure ya suka suka dia..mau diejek gmn toh kalo ketemu di tol pasti dia gampang bgt ngasepin kita
Kalo orang yg beli mobil gerobak buat lewat jalan jelek ya mau diejek gmn juga part kaki2nya nya dia lebih kuat drpd mobil yg so called canggih

Semua part namanya bikinan manusia ya pasti ada umurnya, mesti siap dgn maintenance
ap kt nt aj
fxt
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sat Jan 25, 2014 2:49

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by fxt »

yang bilang CVT lemot? apa pernah coba mobilnya.. saya pakai forester 2.0xt cvt kurang lebih 5 tahun, cvt nya enak banget tuh, mau santai bisa, mau tarik2an juga ga masalah. skrg pakai tiguan allspace, baru jalan 3000 km seh, jadi no comment kalo masalah reliability, semoga aja awet
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by adityabp »

IMHO, DSG/DCT ndut2xan pas macet mah emg dah kodrat. Kan konstruksi dasarnya sama persis ama MT. Sama2x pake kopling.
Lha, gue pake MT gak ndut2xan tuh pas macet2xan.
Yaaa, bisa aja cara gue mengendalikan kopling di kemacetan ditransformasikan jadi Artificial Inteliigent-nya DSG/DCT.
Tapi dgn konsekuensi kopling DSG/DCT cepet abis, dan/atau mekatroniknya cepet jebol.
:mky_01:
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by bensinsolar »

Menarik nih DSG & mini turbo bwt mbl low 300jt jd pembeda dgn rival brand China. Tergantung nanti service feenya brp aja, jgn sampe harga beli murah tp biaya service mahal, So far DFSK 580, biaya service ud termasuk oli 6 bulan sekitar 1.5jt. Warranty 5 years juga ud top, tp siapa yg mau bolak balik bengkel, apalagi jalanan Jkt macet.
Impresi DSG waktu di OZ nyetirin mobil temen Golf Mk6 TSI enak sih di open road (road trip) sigap bgt DSGnya. Gatau ya kalau stop & go.
CVT kalau dibilang lemot ga juga ya, di OS begitu bejek lgsg downhift 2x dengan paddle shiftnya itu sigap bgt (perasaan kap mesin sampe agak naik gitu kalau di low speed <60kmh, rada2 muscle car amrik) :mky_07:
The best AT yg pernah dicoba, ya 5AT Accord Euro, ini different species selain bener2 intelligent juga sigap. Bener2 in harmony with the engine & our foot. Selalu kepengen nyetir lagi ni mbl. Dibanding siblingnya yg asal Amrik & CRV ya jauh. :mky_03:
For Manual transmission, i love this kalo lagi have lots of energy, rasanya selalu mau bikin the wheels spin apalagi kalau mau cornering :emo-photo:
sm4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Thu Jan 21, 2016 13:57
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota F653RM

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by sm4 »

erwinign wrote: Wed Jan 22, 2020 10:32 Yg penting itu buat saya di case ini = gimana user bs TREATMENT transmisinya dg benar spy enak dipake dan less trouble kaya penggunaan ATF dan paham karakter transmisinya. Ini jg berlaku di manual, AMT, matic TC, CVT. Dr jenis transmisi itu sebenernya yaa cuma beda di waktu adaptasinya aja sih, manual sama matic biasa/cvt buat netijen "lebih oke" krn sdh pasaran di indo.

Sebenernya saya belum pernah coba dct sih, cuma pernah numpang fiesta 1.6. Walaupun nggak nyetir, cuma kerasa kl dct ini impression nya luar biasa buat nyalurin tenaga di mobil sekecil itu dg cc segitu
saya malah penasaran dengan AMT nya Ignis.

Menarik juga MT tapi ga pegel injak kopling dan asumsi saya harusnya mesin engga mati2/stall ya.


mau coba TD belum ada waktu.

denger2 BQ nya bagus dan kabin ndak gampang rattle2 juga
sm4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Thu Jan 21, 2016 13:57
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota F653RM

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by sm4 »

Jindanjun wrote: Thu Jan 23, 2020 1:20 Jadi inget kata om NR...mobil apapun reliable asal dirawatnya bener..

dan yg penting mnrt sy mindset ownernya bukan yg beli spare part di bengkel sembarangan
:big_exellent:

selalu rawat dan beli parts di authorized workshop saja. pasti aman. :big_smoking:

ada masalah juga pasti digaransi 15 hari / 1000km. lebih2 2-3 hari juga masi bisa klaim gratis kok, pengalaman saya :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by ChZ »

rechtmasta wrote: Wed Jan 22, 2020 6:28 Hahaha... Bener banget om. Saya udah ngerasain beberapa tipe Matic, konvensional di Hyundai Avega, CVT di Jazz, City sama Freed, AGS di Karimun sama Ignis... Sayangnya belum nyobain yg macem DCT gitu... Kesimpulan Saya, mau apapun transmisinya, selama driver nya bisa adaptasi dengan behaviour transmisi mobilnya, enak2 aja ko.
Tampanman wrote: Wed Jan 22, 2020 12:29
Tul om gw juga ga tau kenapa untuk matic paling suka cvt, apa gw orangnya terlalu santuy?, kalau tau cara makenya tinggal diurut2 manja bisa greng tuh cvt nya
..
fxt wrote: Thu Jan 23, 2020 2:06 yang bilang CVT lemot? apa pernah coba mobilnya.. saya pakai forester 2.0xt cvt kurang lebih 5 tahun, cvt nya enak banget tuh, mau santai bisa, mau tarik2an juga ga masalah. skrg pakai tiguan allspace, baru jalan 3000 km seh, jadi no comment kalo masalah reliability, semoga aja awet
dulu ane termasuk anti CVT.... sekarang karena udah ngerasain banyak CVT enak... malah lebih prefer CVT daripada AT... CVT sekarang enak-enak. kalo CVT transmisi jelek masa banyak yang pake... bahkan mbl yang kenceng-kenceng jg banyak pake CVT macem WRX...

AT kalo rasio final gearnya gak bagus dan percepatannya dikit antara jarak antar gear renggang-renggang jd drop power saat shiftingnya parah macem xpander, atau RPMnya teriak macem avanza...

CVT di mobil berpower gede itu justru enak... alusnya dpt butuh nyalip tinggal tambah gas gak pake acara gear hunting ala AT.

CVT digaspol ngeden? ah beberapa AT juga digaspol ngeden juga... sama aja lah semua balik ke setelannya :mky_01: lama lama kalo ud biasa juga ud tau gimana selahnya supaya gak ngeden-ngeden amat. kaki bakal menyesuaikan kok kalo udah pake mobilnya ...
sm4 wrote: Thu Jan 23, 2020 2:16
erwinign wrote: Wed Jan 22, 2020 10:32 Yg penting itu buat saya di case ini = gimana user bs TREATMENT transmisinya dg benar spy enak dipake dan less trouble kaya penggunaan ATF dan paham karakter transmisinya. Ini jg berlaku di manual, AMT, matic TC, CVT. Dr jenis transmisi itu sebenernya yaa cuma beda di waktu adaptasinya aja sih, manual sama matic biasa/cvt buat netijen "lebih oke" krn sdh pasaran di indo.

Sebenernya saya belum pernah coba dct sih, cuma pernah numpang fiesta 1.6. Walaupun nggak nyetir, cuma kerasa kl dct ini impression nya luar biasa buat nyalurin tenaga di mobil sekecil itu dg cc segitu
saya malah penasaran dengan AMT nya Ignis.

Menarik juga MT tapi ga pegel injak kopling dan asumsi saya harusnya mesin engga mati2/stall ya.


mau coba TD belum ada waktu.

denger2 BQ nya bagus dan kabin ndak gampang rattle2 juga
saya kapan lalu ada mau ambil ignis buat nyokap TD bentar... nyoba style nyetir ala ala orang gak pernah bawa AMT buat simulasi cara bawanya mak ane (injek gas teroosssss tanpa angkat gas) behavior transmisinya enak, gak sekasar AMT nya Woolenk. Shiftingnya tetep ada ndut-ndutan tapi ndut-ndutan khas AT jadul.

kalau dengan cara bawa yang lebih proper, bisa lebih enak lg... tinggal kaki membiasakan saja.

tapi gak jadi... jadinya ambil Splash seken... :mky_01:
Last edited by ChZ on Thu Jan 23, 2020 2:48, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
sm4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Thu Jan 21, 2016 13:57
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota F653RM

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by sm4 »

ChZ wrote: Thu Jan 23, 2020 2:36
saya kapan lalu ada mau ambil ignis buat nyokap TD bentar... nyoba style nyetir ala ala orang gak pernah bawa AMT (injek gas teroosssss tanpa angkat gas) behavior transmisinya enak, gak sekasar AMT nya Woolenk. Shiftingnya tetep ada ndut-ndutan tapi ndut-ndutan khas AT jadul.

kalau dengan cara bawa yang lebih proper, bisa lebih enak lg... tinggal kaki membiasakan saja.

tapi gak jadi... jadinya ambil Splash seken... :mky_01:
Lha ini. berati kalau bawa ala MT, pake gas diangkat dikit pas di RPM mau pindah gigi (bayangin aja mirip injek kopling tapi kopling ga ada), harusnya bisa lebih alus lagi..menarik ni..denger2 irit juga. 4 silinder.

Liat diskon 14jt..jadi 163juta..harga mirip agya G a/t .

mesin sama2 4 silinder dan 1.2. Agya menang merk saja sepertinya. :big_think:

dan bentuk kap mesin yang ngotak. enak buat liat ujung kap mesin. ndak usah majuin kepala buat liat di mana itu ujung kap. saya paling nda suka bentuk kap mesin membulat soalnya. macam altis jadul.. ga keliatan blas biar sudah nengok. repot kalau mau parkir mepet :big_dunno:
Last edited by sm4 on Thu Jan 23, 2020 2:52, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by ChZ »

sm4 wrote: Thu Jan 23, 2020 2:48
Lha ini. berati kalau bawa ala MT, pake gas diangkat dikit pas di RPM mau pindah gigi (bayangin aja mirip injek kopling tapi kopling ga ada), harusnya bisa lebih alus lagi..menarik ni..denger2 irit juga. 4 silinder.

Liat diskon 14jt..jadi 163juta..harga mirip agya G a/t .

mesin sama2 4 silinder dan 1.2. Agya menang merk saja sepertinya. :big_think:

dan bentuk kap mesin yang ngotak. enak buat liat ujung kap mesin. ndak usang majuin kepala buat liat di mana itu ujung kap
tul heheheh :mky_01: abis itu ane coba cara bawa spt itu halusss bener... disini beberapa user aktif ada yang pake Ignis AGS juga.

iya bener saya senengnya Ignis itu gampang banget dipake di kota, ukurannya mini, blindspotnya minim. rasanya kayak bawa badan sendiri saking kecilnya

Agya kelemahannya itu pedal remnya bikin pegel... tinggi bgt... lucunya Splash ane jg gitu, cm ketolong driv pos yang enak. Agya udah pedal remnya tinggi bgt, driv posnya jg aneh :mky_05:
Last edited by ChZ on Thu Jan 23, 2020 2:52, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
sm4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Thu Jan 21, 2016 13:57
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota F653RM

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by sm4 »

ChZ wrote: Thu Jan 23, 2020 2:51
sm4 wrote: Thu Jan 23, 2020 2:48
Lha ini. berati kalau bawa ala MT, pake gas diangkat dikit pas di RPM mau pindah gigi (bayangin aja mirip injek kopling tapi kopling ga ada), harusnya bisa lebih alus lagi..menarik ni..denger2 irit juga. 4 silinder.

Liat diskon 14jt..jadi 163juta..harga mirip agya G a/t .

mesin sama2 4 silinder dan 1.2. Agya menang merk saja sepertinya. :big_think:

dan bentuk kap mesin yang ngotak. enak buat liat ujung kap mesin. ndak usang majuin kepala buat liat di mana itu ujung kap
tul heheheh :mky_01: abis itu ane coba cara bawa spt itu halusss bener... disini beberapa user aktif ada yang pake Ignis AGS juga.

iya bener saya senengnya Ignis itu gampang banget dipake di kota, ukurannya mini, blindspotnya minim. rasanya kayak bawa badan sendiri saking kecilnya
:big_exellent: :big_exellent: :big_exellent: