Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by evolution21 »

krniawnhdr wrote: Tue Jan 21, 2020 2:09
evolution21 wrote: Mon Jan 20, 2020 15:59
mr_mytplx wrote: Mon Jan 20, 2020 14:03 sayang ya pakai DCT.

:big_dunno:
Justru enak dipakenya, drpd dikasi transmisi jadul atau boring cvt

Toh harga mobilnya dah murah
100juta lebih murah drpd cx3

Anggep aja dipake sampe 100.000 km
Kalopun sampe 2x ganti transmisi jg masi lebih murah kok :ngacir:
walau rasanya ngga mungkin sih transmisi ganti di km 50.000 :mky_02:
too soon to judge. kalau brand W masih wajar :mky_01:
Iya sebetulnya jg ga mungkin sih

Saya ngerasa org terlalu fokus khawatir berlebih sama dsg
Pdhl kalo sudah pernah pake sih enak sekali, yg hobby nyetir umumnya bakalan suka
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by ChZ »

kunaskun wrote: Mon Jan 20, 2020 14:10
turbo mana ngaruh mau diisi bbm apa. kalau kenapa2 ahond pasti uda di bashing sana sini. paling diisi pertalite kebawah jadi ga lari. tapi buyer mana peduli, ga rusak ya jalan aja :mky_07:
Tats wrote: Mon Jan 20, 2020 13:35 Ya sebenernya kalo wet clutch aman lah buat kondisi di indo
Yg heran makin kesini ko pabrikan2 malah pake dry clutch ya
Udah enak dulu tiguan terbukti robust dsg nya, malah skr pake 7 speed dry clutch lagi...
dry clutch ya ringkas housingnya, minim perawatan, belum lagi faktor minim slip = more eco.
jaman sdh fuel injection serba komputer gini ngakalin mesin spek tinggi bbm jelek sih gampang asal hardware nya memungkinkan (fuelpump, DPF, dll). retard timing sejauh-jauhnya dengan output yaaaa pastinya berkurang banyak, cm user mana peduli, penting bbm murah.

kebanyakan orang beli mobil ga penting performa maksimal atau kenikmatan kok, yang penting perawatan murmer tp bisa gaya.

wa abis ngisi 92 ke CRV karena emergency aja kapok larinya belet abis, gak kebayang yang pake 90 kek apa.

mgk bagi pabrikan... fokusnya ga utk high torque rasanya DSG Dry lebih efisien di rancang bangun dan perawatan...

makanya yang dikasih DSG wet di VW Tiguan (SUV/Crossover) dan GTI (hothatch)... krn emang untuk durability (walau realitanya ya tetep gak durable-durable amat)
mike22 wrote: Mon Jan 20, 2020 15:39
Koddy wrote: Mon Jan 20, 2020 13:29
mike22 wrote:
Interior produk2ny H emg mayoritas lega kok, sy blm nemu H mana yg sempit
CRV turbo (RW) sempit interiornya..... Apalagi dibanding generasi sebelumnya RE & RM
Soalnya dimensinya rw hampir sama ama rm, tp dibikin 3 baris
yang 2 baris lega, coba yang 2.0... lega bgt

g ada panoramic ama row 3... emang rel kursinya RW yang 3 row gak bisa mentok karena ada baris ketiga. di CarAdvice pernah bandingin tiap trim RW kebetulan di luar sono ada 1.5T yang 2 baris doang...

sayang di sini ga bisa request minta 1.5T 2 row...
evolution21 wrote: Tue Jan 21, 2020 3:23
krniawnhdr wrote: Tue Jan 21, 2020 2:09
walau rasanya ngga mungkin sih transmisi ganti di km 50.000 :mky_02:
too soon to judge. kalau brand W masih wajar :mky_01:
Iya sebetulnya jg ga mungkin sih

Saya ngerasa org terlalu fokus khawatir berlebih sama dsg
Pdhl kalo sudah pernah pake sih enak sekali, yg hobby nyetir umumnya bakalan suka
barusan kemarin cek record sebuah TSI MK6 2011 odo 100k... di recordnya sdh ganti clutch 2x... ganti mecha 1x di 77k KM...

klo kata bengkel VW... clutch itu sebenernya asal tau pakenya gmn ga bakal ganti se-sering itu...

cerita horror DSG VW sebenernya jg karena defect di mechatronic unitnya kan... gak tau apakah yang MK7 masih kena. kebetulan DSG yang kita kenal di indo (VW, Ford) itu emang dr brand-brand yang terkenal kurang robust... ntah kalo DCT punya Korea ini buatan mana.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by omenRoo »

DSG.. moh katanya mudah rusak
CVT.. moh katanya boring
Manual.. moh capek macet2an
ntar dikasih AT konvensional.. ujung2nya kagak dibeli juga.... overprice

selamat datang di negeriku
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by ChZ »

omenRoo wrote: Tue Jan 21, 2020 4:05 DSG.. moh katanya mudah rusak
CVT.. moh katanya boring
Manual.. moh capek macet2an
ntar dikasih AT konvensional.. ujung2nya kagak dibeli juga.... overprice

selamat datang di negeriku
jadi inget awal-awal Civic turbo CVT keluar... tetiba semua netijen indo berasa jadi lebih jenius daripada engineer Honda.

"loh mesin turbo pake CVT kok ga pake DCT aja, kan lebih cocok"

sekarang KIA Seltos keluarin DCT... ya pada berasa lebih bisa desain mobil daripada engineer KIA...

"loh kok DCT, gak cocok dengan indonesia kena macet"

halah halah karepmu lah :mky_05: akibat kebanyakan follow tukang review sotoy di jaman ini

itu kayaknya admin sosmed ATPM udah capek ngeliatin komentar maha benar model gini...

paling cuma dibatin "bacot gede, beli kagak"
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by evolution21 »

skarang cara berpikirnya saja yg dirubah kalo ada sesuatu carilah poin positifnya...
jangan terus menerus dicari negatifnya

cth
dct utk yg seneng driving cepat
cvt utk yg suka berkendara halus
konvensional utk yg hoby barang classic

:ngacir:
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by mr_mytplx »

evolution21 wrote: Tue Jan 21, 2020 7:50 skarang cara berpikirnya saja yg dirubah kalo ada sesuatu carilah poin positifnya...
jangan terus menerus dicari negatifnya

cth
dct utk yg seneng driving cepat
cvt utk yg suka berkendara halus
konvensional utk yg hoby barang classic

:ngacir:
Setuju om.

Tinggal disesuaikan kebutuhan dan selera yang pakai saja.

Semua ada plus minusnya.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Tue Jan 21, 2020 3:27 jaman sdh fuel injection serba komputer gini ngakalin mesin spek tinggi bbm jelek sih gampang asal hardware nya memungkinkan (fuelpump, DPF, dll). retard timing sejauh-jauhnya dengan output yaaaa pastinya berkurang banyak, cm user mana peduli, penting bbm murah.

kebanyakan orang beli mobil ga penting performa maksimal atau kenikmatan kok, yang penting perawatan murmer tp bisa gaya.

wa abis ngisi 92 ke CRV karena emergency aja kapok larinya belet abis, gak kebayang yang pake 90 kek apa.
denger pertalite aja alergi gimana pertamax... :mky_07:

barusan kemarin cek record sebuah TSI MK6 2011 odo 100k... di recordnya sdh ganti clutch 2x... ganti mecha 1x di 77k KM...

klo kata bengkel VW... clutch itu sebenernya asal tau pakenya gmn ga bakal ganti se-sering itu...

cerita horror DSG VW sebenernya jg karena defect di mechatronic unitnya kan... gak tau apakah yang MK7 masih kena. kebetulan DSG yang kita kenal di indo (VW, Ford) itu emang dr brand-brand yang terkenal kurang robust... ntah kalo DCT punya Korea ini buatan mana.
77 ribu km sebenernya sudah lumayan. sama kaya transmisi manual, kalau pakenya jorok/ala angkot bisa segituan juga kan. bedanya ya kalau transmisi manual, masuk bengkel mana aja bisalah diganti pake kw2.. = murah = auto laku :emo-big_love:

kayanya hyundai kia pake bikinan sendiri, Hyundai Dymos. karena memang ga banyak2 banget kan DCT manufacturer, yg gede banget paling borgwarner, terus ada getrag, luk, zf. lucunya si Getrag itu ternyata supply ke banyak merek, dan ini yang banyak masalah kalau dicek di wiki :mky_01:
omenRoo wrote: Tue Jan 21, 2020 4:05 DSG.. moh katanya mudah rusak
CVT.. moh katanya boring
Manual.. moh capek macet2an
ntar dikasih AT konvensional.. ujung2nya kagak dibeli juga.... overprice

selamat datang di negeriku
negerinya netijen maha benar aliran julid lulusan jurusan mending ini mending itu :mky_07:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by adityabp »

Jadi sebenernya apa sih yg dikhawatirkan dari DCTnya KIA ini?
Ketahanan kampas koplingnya atau mekatroniknya?

Gue 10thn pake MT, cuma sekali ganti kopling set. Ganti bukan krn kampas kopling dah abis, tapi karena kopling dah keras. Nginjek pedal kopling kayak nginjek bata.
[emo-yesno]
komedol
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Tue Aug 14, 2007 9:51

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by komedol »

Iseng2 googling, eh malah nemu trit ini, moga2 sih yg di Indonesia trouble free:
https://www.team-bhp.com/forum/technica ... dct-4.html
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by ak4ng »

REAL manual transmission walo rata2 80-100rb km minta ganti kopling, biayanya ga nyampe sejuta, sejuta lebih kalo bengkel resmi, yg ngerjainnya mekanik anak smk baru lulus juga bisa :big_biglaugh: malah kalo punya alat2nya bisa DIY sendiri d rmh :big_grin:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by DOHC »

ak4ng wrote: Tue Jan 21, 2020 11:08 REAL manual transmission walo rata2 80-100rb km minta ganti kopling, biayanya ga nyampe sejuta, sejuta lebih kalo bengkel resmi, yg ngerjainnya mekanik anak smk baru lulus juga bisa :big_biglaugh: malah kalo punya alat2nya bisa DIY sendiri d rmh :big_grin:
ganti kopling ga bsa sendiri kang, ntuh gearbox FWD buat kelas cc 1500 aj berat nya minta ampun, apalagi kelas apanja ipah.. ngangkat ama buat ngepasin nya aj perlu 2 orang
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by PRBS »

jadi inget sama netizen2 di instagram yg hobinya jelekin cvt, "ah mesin turbo tapi cvt" dkk.. giliran ditanya pernah punya mobil cvt? jawabnya "nggak punya.. cuma dengernya lemot parah".. wkwkw

saya jujur aja mending si kia ini pakai transmisi cvt, biar enak cruising dan smooth sailing.. pengalaman pakai dct dryclutch, ga enak ndut2an di stop n go.. kalau di toll enak sih sigap bgt.. untuk roobust? well, time will tell..
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by kunaskun »

adityabp wrote: Tue Jan 21, 2020 9:04 Jadi sebenernya apa sih yg dikhawatirkan dari DCTnya KIA ini?
Ketahanan kampas koplingnya atau mekatroniknya?
limp mode/safe mode engaged. sebabnya biasanya overheat maklum transmisi resing selalu masuk gigi kecuali di N/P (yg baru2 masih ada P kan ya). ada juga pernah baca merek apa gitu, lupa, problemnya malah di TCM.
PRBS wrote: Tue Jan 21, 2020 12:53 jadi inget sama netizen2 di instagram yg hobinya jelekin cvt, "ah mesin turbo tapi cvt" dkk.. giliran ditanya pernah punya mobil cvt? jawabnya "nggak punya.. cuma dengernya lemot parah".. wkwkw
berarti anda sudah tiba di negeri netijen maha benar :mky_07:
saya jujur aja mending si kia ini pakai transmisi cvt, biar enak cruising dan smooth sailing.. pengalaman pakai dct dryclutch, ga enak ndut2an di stop n go.. kalau di toll enak sih sigap bgt.. untuk roobust? well, time will tell..
sebenernya kalau di indo menurut saya si: geared AT > CVT > AMT > DCT.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by kompresorz »

ini tread rame...

baru launcing langsung laris......


:ngacir:
tonylomena
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Fri Aug 09, 2019 6:02
Daily Vehicle: Sirion 1NR VE - HRV L15ZF

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by tonylomena »

Maksudnya kia ngasi garansi 5 thn unlimited km itu apa ya?
Scope garansi nya mencakup apa?

Butuh pencerahan aja sih, saya tertarik bgt minang kia Rio / Seltos, cuma masih unclear mengenai warranty nya, di wesite nya sendiri pun ga diupdate.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by qushay20019 »

kunaskun wrote: Tue Jan 21, 2020 13:10
Yg TCM nya sering rusak prematur itu Ford, om, macem Fiesta gitu2
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by mike22 »

kompresorz wrote: Tue Jan 21, 2020 14:24 ini tread rame...

baru launcing langsung laris......


:ngacir:
Tiap ada mobil baru launching biasa aja sih dibikin threadnya, kebetulan aja harga sm isinya menarik dibahas
Itu kijang sampe ada macem2 threadnya juga biasa aja kok, malah yg lucu masih banyak bikin thread minta saran kijang vs pajero vs dll
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by kompresorz »

omenRoo wrote: Tue Jan 21, 2020 4:05 DSG.. moh katanya mudah rusak
CVT.. moh katanya boring
Manual.. moh capek macet2an
ntar dikasih AT konvensional.. ujung2nya kagak dibeli juga.... overprice

selamat datang di negeriku

yah kelebihan energi typo....

gak disalurin buat mainin mobilnya trs berbagi....


kadang ada yg lebih gilak lagi dibilang model lama lebih bagus dr model baru...krn insinyur terbaru kurang serius....


lu pikir bikin onde onde kurang gula....

:ngacir:
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by Koddy »

Sejelek-jelek nya yang ditakutkan dengan DSG oleh orang Indonesia, sebenarnya masih jauh lebih parah dan lebih jelek CVT.
Matic konvensional dengan TC pun, ga semua bagus.
Jelas² matic AC60E yang dipakai di ANKI/ANF parah kok.... Cuma ya berhubung brand awareness nya T cukup bagus, jadi ga bikin semua orang mundur.
Apalagi matic yang dipake all new Rush/Terios, itu juga amburadul. Ada saudara nyetirin mobil itu sekali, langsung dia bilang ini maticnya bener² bego kalau dibanding matic Ipah KD dia.

Tapi beginilah orang Indonesia.....
Dikasih barang teknologi bagus, seringkali dicela, apalagi kalau yang menggunakan bukan merk ternama.
Coba T pake DSG, pasti lebih dipuja-puja [emoji3]
Atau merk H si raja CVT semua ganti DSG, langsung dah itu kendaraan bakal jauh lebih enak dibandingkan si super slippery cvt [emoji847]
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by kompresorz »

Koddy wrote: Wed Jan 22, 2020 0:39 Sejelek-jelek nya yang ditakutkan dengan DSG oleh orang Indonesia, sebenarnya masih jauh lebih parah dan lebih jelek CVT.
Matic konvensional dengan TC pun, ga semua bagus.
Jelas² matic AC60E yang dipakai di ANKI/ANF parah kok.... Cuma ya berhubung brand awareness nya T cukup bagus, jadi ga bikin semua orang mundur.
Apalagi matic yang dipake all new Rush/Terios, itu juga amburadul. Ada saudara nyetirin mobil itu sekali, langsung dia bilang ini maticnya bener² bego kalau dibanding matic Ipah KD dia.

Tapi beginilah orang Indonesia.....
Dikasih barang teknologi bagus, seringkali dicela, apalagi kalau yang menggunakan bukan merk ternama.
Coba T pake DSG, pasti lebih dipuja-puja [emoji3]
Atau merk H si raja CVT semua ganti DSG, langsung dah itu kendaraan bakal jauh lebih enak dibandingkan si super slippery cvt [emoji847]
oiii

vrz gimana 0-100...udah bisa 7-8 detik....rpm idle...


udah biar aja mau DCT dsg..cvt...amt...manual kek...kerajinan ikut bahas...

suka beli..gak suka gak usah diurusin....


ky ababil aja..... :big_weee:


:ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by ChZ »

kunaskun wrote: Tue Jan 21, 2020 8:25
denger pertalite aja alergi gimana pertamax... :mky_07:


77 ribu km sebenernya sudah lumayan. sama kaya transmisi manual, kalau pakenya jorok/ala angkot bisa segituan juga kan. bedanya ya kalau transmisi manual, masuk bengkel mana aja bisalah diganti pake kw2.. = murah = auto laku :emo-big_love:

kayanya hyundai kia pake bikinan sendiri, Hyundai Dymos. karena memang ga banyak2 banget kan DCT manufacturer, yg gede banget paling borgwarner, terus ada getrag, luk, zf. lucunya si Getrag itu ternyata supply ke banyak merek, dan ini yang banyak masalah kalau dicek di wiki :mky_01:


negerinya netijen maha benar aliran julid lulusan jurusan mending ini mending itu :mky_07:
clutch pack udah ganti 2x.... mecha di 77k... mayan lah. kt bengkelnya tinggal pinter-pinter aja pakenya gimana biar clutchnya gak cepet ganti.

menarik... macem nissan ama jatco masih satu grup perusahaan.

getrag si yang dipake ford dan VW juga :mky_07:
PRBS wrote: Tue Jan 21, 2020 12:53 jadi inget sama netizen2 di instagram yg hobinya jelekin cvt, "ah mesin turbo tapi cvt" dkk.. giliran ditanya pernah punya mobil cvt? jawabnya "nggak punya.. cuma dengernya lemot parah".. wkwkw

saya jujur aja mending si kia ini pakai transmisi cvt, biar enak cruising dan smooth sailing.. pengalaman pakai dct dryclutch, ga enak ndut2an di stop n go.. kalau di toll enak sih sigap bgt.. untuk roobust? well, time will tell..
gak punya mobilnya, cuma denger opini youtuber otomotif baperan yang pengetahuan otomotifnya dangkal, main ngomong bagus/jelek dari suka/tidak suka mobilnya... lucunya yang gini dibilang "review jujur". meh. review kok baperan. nyetir cuma pernah nyetir mobil sendiri, megang mobil ber CVT aja hampir gak pernah. sekalinya nyoba jg cuma nyoba bentar gak ampe sehari udah bilang CVT lemot bla bla bla...

blm tau CVT jaman skrg kenceng-kenceng keluar gate toll aja bisa wheelspin... :big_weee: diasapin mobil ber CVT beneran juga mingkem.

bacotnya gede giliran beli juga paling belinya LMPV atau LCGC transmisi 4-speed... :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by hackers11 »

Bad mark bwt kia karena website mereka masi ga update. Seltos aja belum ditambahin di product list ckckckck
Padahal yg 295jt menarik bgt. Kayaknya minus cuma di head unit, sunroof kulit kulit ilang sama velg
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by evolution21 »

saya pernah pake dsg dry clutch vw golf mk6 dan nyobain bentar ford focus
kira2 perbandingannya gini
di vw kalo koplingnya masi baru rasanya mulus halus sekali no problem at all, kalo setelah lewat 3rb / 5rb km gejala geter2 muncul kira2 di manual transmisi feelnya seperti lg masuk gigi 2 tp jalan terlalu pelan dan anda gas terlalu dalam. caranya ya di manualkan pindha gigi 1 atau tetep di D tapi gasnya diurut.
penyebabnya ada yg bilang krn mesin tsi lawas pake supercharger dan turbocharger yg membuat tenaga di rpm bawah sangat kuat, kopling cepet abis, entah teori ini bener engga
untuk mechatronik rusak kayanya hanya menimpa sebagian kecil pemakai saja, tp ada update softwarenya yg di claim ini lah jalan keluarnya.
Di mk7 mesin berubah jd 1 turbocharger saja, saya blom pernah pake tp kl baca para reviewer katanya si membaik jauh ya.

utk WET dsg no problem, halus, ga ada ndut2an, geter2. Jarang sekali denger orang komplen, Saya sendiri pake udah jalan 16rb km masih bagus

kalo di focus agak terasa ndut2an di pemakaian kecepantan rendah - merayap, asal bisa ngatur injakan gasnya bisa di kurangi.

kalo udah jalan baik vw maupun ford ga ada masalah, tp yg saya rasakan di vw dsgnya lebih halus dan lebih cepat perpindahannya

Jangan sama ratakan DSG semua merk bakalan begitu

kayak transmisi konvensional dan cvt, beda pabrikan jg beda rasa.
cth cvt xtrail t31 halus sekali di bawah, cvt eclipse cross powernya bs lgs terasa sejak rpm rendah turbo lag pun minim
trnamisi konvensional jg beda2, ada yg lemot, ada yg perpindahan ga halus, tapi juga ada yg perpindahan bagus, responsif, halus, dsb
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by sintoni »

Ambil Trax aja kalau masih ada sisa stok.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kia Seltos Versi Indonesia Bermesin Bensin 1.400 cc Turbo, Transmisi 7DCT, Fitur Melimpah

Post by ChZ »

evolution21 wrote: Wed Jan 22, 2020 3:24 Jangan sama ratakan DSG semua merk bakalan begitu

kayak transmisi konvensional dan cvt, beda pabrikan jg beda rasa.
cth cvt xtrail t31 halus sekali di bawah, cvt eclipse cross powernya bs lgs terasa sejak rpm rendah turbo lag pun minim
trnamisi konvensional jg beda2, ada yg lemot, ada yg perpindahan ga halus, tapi juga ada yg perpindahan bagus, responsif, halus, dsb
setuju... bahkan transmisi yang dibuat di pabrik yang sama utk brand berbeda pun bisa beda karakternya.

cth
jatco CVT mitsu vs nissan
getrag DCT ford vs VW

DCT punya ford sepengalaman ane emang gak terlalu responsif malah kalah responsif ketimbang skyactiv mazda.

CVT di civic juga rasanya berbeda dengan CVT di CRV walau keluaran pabrikan yang sama, 1 platform... CRV cenderung dibuat lbh halus... Civic lockup nya cenderung dibuat cepet... accel enak Civic, keluar gerbang tol VSC nyala bisa wheelspin... tapi utk merayap di tanjakan enak CRV tranny nya bisa slippage....

yang 1 merk aja bisa beda... apalagi dibandingin CVT toyota, nissan, mitsu, dll...

yg paling rewel itu orang kan soal keawetan mana lbh awet... mslhnya makin kemari jg pastinya pabrikan sdh mikir gimana bikin tranny yang awet... bikin DCT yang awet, bikin CVT yang awet. nyatanya ya walau mitos horrornya CVT/DCT gak bakal survive, toh banyak jg yang survive pecah telor 100k...

aplg awet/gak awet kan variabelnya banyak... rute nya sering macet stop n go, usernya suka kasar apa enggak, kalo berenti dinetralin apa dibiarin lama di D, ganti oli metiknya rajin apa enggak.

manual aja bisa gak awet kalo usernya sentak sentak kopling terus.
Last edited by ChZ on Wed Jan 22, 2020 3:49, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7