Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Elprimero
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Apr 13, 2020 13:34
Location: Bandung
Daily Vehicle: LC VX 200

Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by Elprimero »

Halo bos2 dan sesepuh SM

Newbie mau tanya info karena ada rencana mau ambil LC Prado yang 3000cc Diesel estimasi tahun 2006-2007.

Tolong dibantu informasi dari suhu2
1. Maintenance di bengkel resmi
2. Informasi bengkel spesialis LC di daerah Bandung/Jkt
3. Pilihan bahan bakar apakah harus Dex?
4. Ketersediaan sparepart
5. Hal2 yg perlu diperhatikan

Kurang lebih begitu dan sukur2 ada yg bisa sharing pengalaman owning selama beberapa tahun bisa bantu menjawab ^_^
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by agathos »

Elprimero wrote: Wed Apr 15, 2020 12:32 Halo bos2 dan sesepuh SM

Newbie mau tanya info karena ada rencana mau ambil LC Prado yang 3000cc Diesel estimasi tahun 2006-2007.

Tolong dibantu informasi dari suhu2
1. Maintenance di bengkel resmi
2. Informasi bengkel spesialis LC di daerah Bandung/Jkt
3. Pilihan bahan bakar apakah harus Dex?
4. Ketersediaan sparepart
5. Hal2 yg perlu diperhatikan

Kurang lebih begitu dan sukur2 ada yg bisa sharing pengalaman owning selama beberapa tahun bisa bantu menjawab ^_^
Coba bantu jawab yah om, kebetulan ada 1 prado diesel KDJ120 tahun 2004 saya di rumah:

1. maintenance di bengkel resmi A2K bisa, secara umum struktur mesin dia mirip sama fortuner VNT (turbo 1KD nya sudah VNT) hanya saja dia beberapa parts mesin lebih cangging (ada EGR elektronik).

2. kalau lokasi jakarta bisa service di autodyne ko iman juga, saya service di sana untuk semua LC saya. ko iman bisa service umum sampai rebuild - saya baru selesain 1 LC rebuild di dia kemaren.

3. karena dia sudah D4D dan kalau dapet tipe TZ yang japanese market mesinnya lumayan rewel soal jenis bahan bakar, jadi dex highly recommended. saya baru aja ganti pompa solar dan lagi proses ganti injector karena dulu nya sering di isi solar busuk sama pemilik sebelumnya.

4. spareparts fast moving lumayan banyak, yang non fast moving juga lumayan. saya baru overhaul mesin 1KD saya di ko iman kemarin, ganti ring piston, gasket2, pompa solar, dll semua nya ready gak ada yang inden lama (paling lama 3 hari).

5. saya coba list down yah

- Prado diesel penyakit nya banyak di EGR yang kesumbat, pompa solar dan injector yang disebabkan sama maintance yang buruk dan juga pemakaian bahan bakar yang gak sesuai. Ini parts paling mahal untuk di ganti dan lumayan ribed.

- turbo vnt nya juga harus di cek meler oli gak. jarang rusak tapi worth the check

- beberapa tipe prado diesel yang TZ pakai airsuspension di belakang dan ini biasa nya suka jebo karena umur - bisa di ganti pake per biasa dan disable airsus nya - ini gak repot

- CV boot depan sobek karena pemakaian - ini juga gak terlalu ribed dan parts nya ada yang asli atau thailand (pake punya hilux kalau gak salah);

- interior dashboard sama kayak camry dan harrier suka pecah-pecah ganti agak mahal sekitar 11-15jt tapi bisa di bungkus kulit, panel2 ac suka patah pelastik nya karena getas - parts juga available banyak

so far itu aja sih om. kebetulan saya prado ada 3 tipe di rumah RZJ120, GRJ120 dan KDJ120 dan uda piara lebih dari 5 tahun masing2 jadi lumayan familiar sama mobil nya hehehe

my 2 c :big_smile]
goodwill
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Wed Jan 14, 2009 8:34

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by goodwill »

nah ini dia suhu saya, om @agathos kalau orang lain koleksi jam, beliau koleksi prado dan landcruiser, uda bole beli hangar om :big_smoking:
Elprimero
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Apr 13, 2020 13:34
Location: Bandung
Daily Vehicle: LC VX 200

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by Elprimero »

agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 6:34
Elprimero wrote: Wed Apr 15, 2020 12:32 Halo bos2 dan sesepuh SM

Newbie mau tanya info karena ada rencana mau ambil LC Prado yang 3000cc Diesel estimasi tahun 2006-2007.

Tolong dibantu informasi dari suhu2
1. Maintenance di bengkel resmi
2. Informasi bengkel spesialis LC di daerah Bandung/Jkt
3. Pilihan bahan bakar apakah harus Dex?
4. Ketersediaan sparepart
5. Hal2 yg perlu diperhatikan

Kurang lebih begitu dan sukur2 ada yg bisa sharing pengalaman owning selama beberapa tahun bisa bantu menjawab ^_^
Coba bantu jawab yah om, kebetulan ada 1 prado diesel KDJ120 tahun 2004 saya di rumah:

1. maintenance di bengkel resmi A2K bisa, secara umum struktur mesin dia mirip sama fortuner VNT (turbo 1KD nya sudah VNT) hanya saja dia beberapa parts mesin lebih cangging (ada EGR elektronik).

2. kalau lokasi jakarta bisa service di autodyne ko iman juga, saya service di sana untuk semua LC saya. ko iman bisa service umum sampai rebuild - saya baru selesain 1 LC rebuild di dia kemaren.

3. karena dia sudah D4D dan kalau dapet tipe TZ yang japanese market mesinnya lumayan rewel soal jenis bahan bakar, jadi dex highly recommended. saya baru aja ganti pompa solar dan lagi proses ganti injector karena dulu nya sering di isi solar busuk sama pemilik sebelumnya.

4. spareparts fast moving lumayan banyak, yang non fast moving juga lumayan. saya baru overhaul mesin 1KD saya di ko iman kemarin, ganti ring piston, gasket2, pompa solar, dll semua nya ready gak ada yang inden lama (paling lama 3 hari).

5. saya coba list down yah

- Prado diesel penyakit nya banyak di EGR yang kesumbat, pompa solar dan injector yang disebabkan sama maintance yang buruk dan juga pemakaian bahan bakar yang gak sesuai. Ini parts paling mahal untuk di ganti dan lumayan ribed.

- turbo vnt nya juga harus di cek meler oli gak. jarang rusak tapi worth the check

- beberapa tipe prado diesel yang TZ pakai airsuspension di belakang dan ini biasa nya suka jebo karena umur - bisa di ganti pake per biasa dan disable airsus nya - ini gak repot

- CV boot depan sobek karena pemakaian - ini juga gak terlalu ribed dan parts nya ada yang asli atau thailand (pake punya hilux kalau gak salah);

- interior dashboard sama kayak camry dan harrier suka pecah-pecah ganti agak mahal sekitar 11-15jt tapi bisa di bungkus kulit, panel2 ac suka patah pelastik nya karena getas - parts juga available banyak

so far itu aja sih om. kebetulan saya prado ada 3 tipe di rumah RZJ120, GRJ120 dan KDJ120 dan uda piara lebih dari 5 tahun masing2 jadi lumayan familiar sama mobil nya hehehe

my 2 c :big_smile]
Wah gokil suhu LC keluar hehe, btw om untuk problem EGR apakah solusinya mirip sama LC VX200 yang UK Version? Dimana katalik DPF nya harus diganti nyesuain sama PertaDex?

Mesin 1KD Diesel d4d ini ada berapa versi ya emang nya?
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by agathos »

Elprimero wrote: Thu Apr 16, 2020 8:12
agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 6:34
Elprimero wrote: Wed Apr 15, 2020 12:32 Halo bos2 dan sesepuh SM

Newbie mau tanya info karena ada rencana mau ambil LC Prado yang 3000cc Diesel estimasi tahun 2006-2007.

Tolong dibantu informasi dari suhu2
1. Maintenance di bengkel resmi
2. Informasi bengkel spesialis LC di daerah Bandung/Jkt
3. Pilihan bahan bakar apakah harus Dex?
4. Ketersediaan sparepart
5. Hal2 yg perlu diperhatikan

Kurang lebih begitu dan sukur2 ada yg bisa sharing pengalaman owning selama beberapa tahun bisa bantu menjawab ^_^
Coba bantu jawab yah om, kebetulan ada 1 prado diesel KDJ120 tahun 2004 saya di rumah:

1. maintenance di bengkel resmi A2K bisa, secara umum struktur mesin dia mirip sama fortuner VNT (turbo 1KD nya sudah VNT) hanya saja dia beberapa parts mesin lebih cangging (ada EGR elektronik).

2. kalau lokasi jakarta bisa service di autodyne ko iman juga, saya service di sana untuk semua LC saya. ko iman bisa service umum sampai rebuild - saya baru selesain 1 LC rebuild di dia kemaren.

3. karena dia sudah D4D dan kalau dapet tipe TZ yang japanese market mesinnya lumayan rewel soal jenis bahan bakar, jadi dex highly recommended. saya baru aja ganti pompa solar dan lagi proses ganti injector karena dulu nya sering di isi solar busuk sama pemilik sebelumnya.

4. spareparts fast moving lumayan banyak, yang non fast moving juga lumayan. saya baru overhaul mesin 1KD saya di ko iman kemarin, ganti ring piston, gasket2, pompa solar, dll semua nya ready gak ada yang inden lama (paling lama 3 hari).

5. saya coba list down yah

- Prado diesel penyakit nya banyak di EGR yang kesumbat, pompa solar dan injector yang disebabkan sama maintance yang buruk dan juga pemakaian bahan bakar yang gak sesuai. Ini parts paling mahal untuk di ganti dan lumayan ribed.

- turbo vnt nya juga harus di cek meler oli gak. jarang rusak tapi worth the check

- beberapa tipe prado diesel yang TZ pakai airsuspension di belakang dan ini biasa nya suka jebo karena umur - bisa di ganti pake per biasa dan disable airsus nya - ini gak repot

- CV boot depan sobek karena pemakaian - ini juga gak terlalu ribed dan parts nya ada yang asli atau thailand (pake punya hilux kalau gak salah);

- interior dashboard sama kayak camry dan harrier suka pecah-pecah ganti agak mahal sekitar 11-15jt tapi bisa di bungkus kulit, panel2 ac suka patah pelastik nya karena getas - parts juga available banyak

so far itu aja sih om. kebetulan saya prado ada 3 tipe di rumah RZJ120, GRJ120 dan KDJ120 dan uda piara lebih dari 5 tahun masing2 jadi lumayan familiar sama mobil nya hehehe

my 2 c :big_smile]
Wah gokil suhu LC keluar hehe, btw om untuk problem EGR apakah solusinya mirip sama LC VX200 yang UK Version? Dimana katalik DPF nya harus diganti nyesuain sama PertaDex?

Mesin 1KD Diesel d4d ini ada berapa versi ya emang nya?
hahaha saya masih nubie juga om.

EGR bisa di blok dan sama seperti 1VD di uk version ECU nya harus di reprogram. ini karena EGR valve nya elektronik di control sama ECU. untung nya 1KD gak pake DPF jadi masih aman.

kalau versi kurang tau persis nya ada berapa om, tapi waktu itu pernah bandingin 1KD di hilux temen sama 1KD di prado saya, ada beberapa perbedaan seperti di EGR nya dan kayaknya ECU dan mapping nya juga beda.
Elprimero
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Apr 13, 2020 13:34
Location: Bandung
Daily Vehicle: LC VX 200

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by Elprimero »

agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 8:28
Elprimero wrote: Thu Apr 16, 2020 8:12
agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 6:34

Coba bantu jawab yah om, kebetulan ada 1 prado diesel KDJ120 tahun 2004 saya di rumah:

1. maintenance di bengkel resmi A2K bisa, secara umum struktur mesin dia mirip sama fortuner VNT (turbo 1KD nya sudah VNT) hanya saja dia beberapa parts mesin lebih cangging (ada EGR elektronik).

2. kalau lokasi jakarta bisa service di autodyne ko iman juga, saya service di sana untuk semua LC saya. ko iman bisa service umum sampai rebuild - saya baru selesain 1 LC rebuild di dia kemaren.

3. karena dia sudah D4D dan kalau dapet tipe TZ yang japanese market mesinnya lumayan rewel soal jenis bahan bakar, jadi dex highly recommended. saya baru aja ganti pompa solar dan lagi proses ganti injector karena dulu nya sering di isi solar busuk sama pemilik sebelumnya.

4. spareparts fast moving lumayan banyak, yang non fast moving juga lumayan. saya baru overhaul mesin 1KD saya di ko iman kemarin, ganti ring piston, gasket2, pompa solar, dll semua nya ready gak ada yang inden lama (paling lama 3 hari).

5. saya coba list down yah

- Prado diesel penyakit nya banyak di EGR yang kesumbat, pompa solar dan injector yang disebabkan sama maintance yang buruk dan juga pemakaian bahan bakar yang gak sesuai. Ini parts paling mahal untuk di ganti dan lumayan ribed.

- turbo vnt nya juga harus di cek meler oli gak. jarang rusak tapi worth the check

- beberapa tipe prado diesel yang TZ pakai airsuspension di belakang dan ini biasa nya suka jebo karena umur - bisa di ganti pake per biasa dan disable airsus nya - ini gak repot

- CV boot depan sobek karena pemakaian - ini juga gak terlalu ribed dan parts nya ada yang asli atau thailand (pake punya hilux kalau gak salah);

- interior dashboard sama kayak camry dan harrier suka pecah-pecah ganti agak mahal sekitar 11-15jt tapi bisa di bungkus kulit, panel2 ac suka patah pelastik nya karena getas - parts juga available banyak

so far itu aja sih om. kebetulan saya prado ada 3 tipe di rumah RZJ120, GRJ120 dan KDJ120 dan uda piara lebih dari 5 tahun masing2 jadi lumayan familiar sama mobil nya hehehe

my 2 c :big_smile]
Wah gokil suhu LC keluar hehe, btw om untuk problem EGR apakah solusinya mirip sama LC VX200 yang UK Version? Dimana katalik DPF nya harus diganti nyesuain sama PertaDex?

Mesin 1KD Diesel d4d ini ada berapa versi ya emang nya?
hahaha saya masih nubie juga om.

EGR bisa di blok dan sama seperti 1VD di uk version ECU nya harus di reprogram. ini karena EGR valve nya elektronik di control sama ECU. untung nya 1KD gak pake DPF jadi masih aman.

kalau versi kurang tau persis nya ada berapa om, tapi waktu itu pernah bandingin 1KD di hilux temen sama 1KD di prado saya, ada beberapa perbedaan seperti di EGR nya dan kayaknya ECU dan mapping nya juga beda.
Baik Om, jd ketika nanti jadi minang EGR nya sebaiknya langsung saja di blok dan di program ulang ya? Pengaruh ke performance kah? Dan pengerjaan itu bisa ya di Autodyne?

Jadi buat parts2 standard dan service berkala aman harusnya ya buat dipake 5 tahunan kedepan as daily driver hehe
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by agathos »

Elprimero wrote: Thu Apr 16, 2020 11:37
Baik Om, jd ketika nanti jadi minang EGR nya sebaiknya langsung saja di blok dan di program ulang ya? Pengaruh ke performance kah? Dan pengerjaan itu bisa ya di Autodyne?

Jadi buat parts2 standard dan service berkala aman harusnya ya buat dipake 5 tahunan kedepan as daily driver hehe
Siapp om, ko iman gak bisa remap dia, harus cari bengkel yang bisa remap om, kayak teddy rev atau carmen di Kemayoran. Kalau pengaruh ke performance sih nggak om.

Aman sih harus nya kalau dapet yang bagus om. prado 1kd saya di pake bokap 5 tahunan juga sebelum pindah ke cygnus dia.
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by F272 »

goodwill wrote: Thu Apr 16, 2020 7:17 nah ini dia suhu saya, om @agathos kalau orang lain koleksi jam, beliau koleksi prado dan landcruiser, uda bole beli hangar om :big_smoking:
Mantab emang om @agathos ... Seru baca nya...jadi ngiler Prado 3000cc nih
Kalo saya baru bisa koleksi foto dan majalah nya aja om...hahaha.. :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Sama video jalan2 jg :mky_02:
VoxPopuli
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Sun Aug 07, 2016 16:52
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: M264 - PY-VPTS

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by VoxPopuli »

agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 6:34 so far itu aja sih om. kebetulan saya prado ada 3 tipe di rumah RZJ120, GRJ120 dan KDJ120 dan uda piara lebih dari 5 tahun masing2 jadi lumayan familiar sama mobil nya hehehe
Om, Prado 1GR susah nggak barang nya di Indonesia?

Kayaknya nggak pernah lihat Prado 1GR di pasaran, kalau 1KD masih suka lihat, hehehe.

Pasaran berapa ya Om? Gearbox nya 5 speed sama nya sama apa ya?

Saya lagi demen banget sama LC, tapi kalau LC80 dan LC100 ketuaan, LC200 mahal.

Ditambah saya lihat travelogue nya Om F272, jadi pengen punya mobil 4x4.
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by agathos »

VoxPopuli wrote: Fri Apr 17, 2020 10:57
agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 6:34 so far itu aja sih om. kebetulan saya prado ada 3 tipe di rumah RZJ120, GRJ120 dan KDJ120 dan uda piara lebih dari 5 tahun masing2 jadi lumayan familiar sama mobil nya hehehe
Om, Prado 1GR susah nggak barang nya di Indonesia?

Kayaknya nggak pernah lihat Prado 1GR di pasaran, kalau 1KD masih suka lihat, hehehe.

Pasaran berapa ya Om? Gearbox nya 5 speed sama nya sama apa ya?

Saya lagi demen banget sama LC, tapi kalau LC80 dan LC100 ketuaan, LC200 mahal.

Ditambah saya lihat travelogue nya Om F272, jadi pengen punya mobil 4x4.
1GR Prado susah banget om, saya Hoki dl dapet di Burso Otomotif Sunter, begitu lihat langsung beli hahaha. dl dapet 285jt om, yang jual kayaknya gak ngerti barang - sempet lihat dl gak lama setalah saya beli ada yang jual 400jt an tapi gak lama iklan nya hilang.

1GR saya versi Australia VX Grande, jadi paling lengkap, ada dual tank 180L AC double blower dan triple zone, cooler box, ATRAC Offroad System, Air Suspension, adaptive shock (Toyota TEMS). Transmisi saya masih pake 4 Speed yang A343F sama kayak Prado 2.7L. overall happy sih sama mobil ini - so far cm service rutin aja. secara reliability jujur lebih reliable dari 1KD dan parts nya gak mahal. plus tanki gede nya enak buat jarak jauh. konsumsi dalkot 1:4.5 - 1:7 an kalau keluar kota bisa 1:9 - 1:10 tergantung cara bawa mobil.

LC80 dan LC100 enak dua2 nya dan diesel nya reliable - cm di 100 series banyak denger issue sama pompa solar aja kalau 80 jarang. Saya kemaren ambil cygnus buat bokap 4.7L agak boros tapi bisa pake pertalite jadi ke offset konsumsi bahan bakar nya dan so far bokap heppy banget pindah dari prado 1KD ke Cygnus.

hope this helps :big_peace:

iyaa saya ikutin insta nya om F272 bikin ngilerr kalau lihat lagi touring jadi pengen ikut hehehe
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by agathos »

F 272 wrote: Fri Apr 17, 2020 1:30
goodwill wrote: Thu Apr 16, 2020 7:17 nah ini dia suhu saya, om @agathos kalau orang lain koleksi jam, beliau koleksi prado dan landcruiser, uda bole beli hangar om :big_smoking:
Mantab emang om @agathos ... Seru baca nya...jadi ngiler Prado 3000cc nih
Kalo saya baru bisa koleksi foto dan majalah nya aja om...hahaha.. :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Sama video jalan2 jg :mky_02:
haha si om sih merendah, saya ikutin Insta nya om F272 kerennn bangetttttt travel dan touring nya :big_exellent:

kapan2 ikut dong om hehehe :big_grin:
Elprimero
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Apr 13, 2020 13:34
Location: Bandung
Daily Vehicle: LC VX 200

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by Elprimero »

agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 13:19
Elprimero wrote: Thu Apr 16, 2020 11:37
Baik Om, jd ketika nanti jadi minang EGR nya sebaiknya langsung saja di blok dan di program ulang ya? Pengaruh ke performance kah? Dan pengerjaan itu bisa ya di Autodyne?

Jadi buat parts2 standard dan service berkala aman harusnya ya buat dipake 5 tahunan kedepan as daily driver hehe
Siapp om, ko iman gak bisa remap dia, harus cari bengkel yang bisa remap om, kayak teddy rev atau carmen di Kemayoran. Kalau pengaruh ke performance sih nggak om.

Aman sih harus nya kalau dapet yang bagus om. prado 1kd saya di pake bokap 5 tahunan juga sebelum pindah ke cygnus dia.

Om, infonya mesin 1KD 3000cc ini gak bisa di remap ya? Kalo plus minus pasang piggyback ada pengalaman kah?

Rekomendasi Oli sm jeroan2 nya ya om hehe
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by agathos »

Elprimero wrote: Mon Apr 20, 2020 6:58
agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 13:19
Elprimero wrote: Thu Apr 16, 2020 11:37
Baik Om, jd ketika nanti jadi minang EGR nya sebaiknya langsung saja di blok dan di program ulang ya? Pengaruh ke performance kah? Dan pengerjaan itu bisa ya di Autodyne?

Jadi buat parts2 standard dan service berkala aman harusnya ya buat dipake 5 tahunan kedepan as daily driver hehe
Siapp om, ko iman gak bisa remap dia, harus cari bengkel yang bisa remap om, kayak teddy rev atau carmen di Kemayoran. Kalau pengaruh ke performance sih nggak om.

Aman sih harus nya kalau dapet yang bagus om. prado 1kd saya di pake bokap 5 tahunan juga sebelum pindah ke cygnus dia.

Om, infonya mesin 1KD 3000cc ini gak bisa di remap ya? Kalo plus minus pasang piggyback ada pengalaman kah?

Rekomendasi Oli sm jeroan2 nya ya om hehe
saya waktu itu coba ke 2 tunner di jakarta bilang pada gak bisa om karena mereka gak punya base map nya katanya - jadi sementara masih as is dan EGR masih 6 bulan sekali di bersihin (ini pake solar dex dan total udah)/

Piggyback ok sih ada unichip dan HKS F-Con ID atau MonMAx. kalau unichip setau saya gampang dan ada plug-and-play cable nya juga. Dl pernah pasang di prado 1KZ 90 series enak banget ngebut hahaha. hanya saja kalau piggy back cari tuner yang bagus dan familiar sama piggyback nya. beli piggyback bagus kalay tuner nya gak bagus akan lebih mengecewakan di banding piggyback biasa tapi tuner bagus.

Cm sekarang buat mobil diesel saya yang VRZ dan MUX saya pake nya race-chip om, enak plug and play dan bisa di copot kapan aja. kenaikan gak sebesar remap atau piggyback tapi buat jalan biasa cukup lah.

Oli saya pake Mobil dan total om di semua mobil diesel, cm grade nya lupa, saya serahin semua ke Ko iman pemilihan grade nya buat 1KD saya. jeroan yang lain sih saya masih STD semua mesin, bener2 masih std ting-ting hahaha.

:big_peace:
omduck66
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue May 12, 2020 5:20
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda New CRV

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by omduck66 »

Hallo Smers, salam kenal ... :big_deal:
Newcomer ijin bertanya, apakah memungkinkan Prado Bensin (2004-2008) swap engine 15BT (tetap pake transmisi matic yg lama + adaptor) atau lebih baik komplit sama transmisinya ? Transmisi 15BT apakah ada yg matic + 4x4 ? Bgmn sistem pembakaran 15BT, apakah pake ECU ? Mhn advis baiknya pakai mesin diesel apa utk engne swapnya, dengan pertimbangan semua type solar bisa pake ? Trims banyak sebelumnya om-om ...
Last edited by omduck66 on Wed May 13, 2020 0:10, edited 1 time in total.
Elprimero
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Apr 13, 2020 13:34
Location: Bandung
Daily Vehicle: LC VX 200

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by Elprimero »

Halo suhu2

Mohon info utk radiator prado diesel 3000cc F120 itu apakah beda dengan radiator prado mesin bensin?

Kemarin sempat telfon ke Autodyne tp barang nya kosong, utk onderdil2 adakah rekomendasi toko di area Bandung/Jakarta?

Big thanks
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by agathos »

Elprimero wrote: Thu Jun 11, 2020 2:31 Halo suhu2

Mohon info utk radiator prado diesel 3000cc F120 itu apakah beda dengan radiator prado mesin bensin?

Kemarin sempat telfon ke Autodyne tp barang nya kosong, utk onderdil2 adakah rekomendasi toko di area Bandung/Jakarta?

Big thanks
beda om prado 3000 sama 2.7L yang bensin. yang bensin tutup radiator kanan kalau diesel di kiri dan ukurannya juga kalau gak salah beda dan parts number beda.

diesel part number nya: 16400-30140 (11/2002 - 06/2003), 16400-30141 (07/2003 - 07/2004), dan 16400-30142 (08/2004 - 06/2007).

kalau saya belanja biasa nya di sinarjaya akian - di Pasar Mobil Kemayoran bisa inden juga. kalau mentok pesen ke luar negeri om, lewat Megazip.com
kevienwijaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Thu Sep 13, 2018 4:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by kevienwijaya »

agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 6:34
Elprimero wrote: Wed Apr 15, 2020 12:32 Halo bos2 dan sesepuh SM

Newbie mau tanya info karena ada rencana mau ambil LC Prado yang 3000cc Diesel estimasi tahun 2006-2007.

Tolong dibantu informasi dari suhu2
1. Maintenance di bengkel resmi
2. Informasi bengkel spesialis LC di daerah Bandung/Jkt
3. Pilihan bahan bakar apakah harus Dex?
4. Ketersediaan sparepart
5. Hal2 yg perlu diperhatikan

Kurang lebih begitu dan sukur2 ada yg bisa sharing pengalaman owning selama beberapa tahun bisa bantu menjawab ^_^
Coba bantu jawab yah om, kebetulan ada 1 prado diesel KDJ120 tahun 2004 saya di rumah:

1. maintenance di bengkel resmi A2K bisa, secara umum struktur mesin dia mirip sama fortuner VNT (turbo 1KD nya sudah VNT) hanya saja dia beberapa parts mesin lebih cangging (ada EGR elektronik).

2. kalau lokasi jakarta bisa service di autodyne ko iman juga, saya service di sana untuk semua LC saya. ko iman bisa service umum sampai rebuild - saya baru selesain 1 LC rebuild di dia kemaren.

3. karena dia sudah D4D dan kalau dapet tipe TZ yang japanese market mesinnya lumayan rewel soal jenis bahan bakar, jadi dex highly recommended. saya baru aja ganti pompa solar dan lagi proses ganti injector karena dulu nya sering di isi solar busuk sama pemilik sebelumnya.

4. spareparts fast moving lumayan banyak, yang non fast moving juga lumayan. saya baru overhaul mesin 1KD saya di ko iman kemarin, ganti ring piston, gasket2, pompa solar, dll semua nya ready gak ada yang inden lama (paling lama 3 hari).

5. saya coba list down yah

- Prado diesel penyakit nya banyak di EGR yang kesumbat, pompa solar dan injector yang disebabkan sama maintance yang buruk dan juga pemakaian bahan bakar yang gak sesuai. Ini parts paling mahal untuk di ganti dan lumayan ribed.

- turbo vnt nya juga harus di cek meler oli gak. jarang rusak tapi worth the check

- beberapa tipe prado diesel yang TZ pakai airsuspension di belakang dan ini biasa nya suka jebo karena umur - bisa di ganti pake per biasa dan disable airsus nya - ini gak repot

- CV boot depan sobek karena pemakaian - ini juga gak terlalu ribed dan parts nya ada yang asli atau thailand (pake punya hilux kalau gak salah);

- interior dashboard sama kayak camry dan harrier suka pecah-pecah ganti agak mahal sekitar 11-15jt tapi bisa di bungkus kulit, panel2 ac suka patah pelastik nya karena getas - parts juga available banyak

so far itu aja sih om. kebetulan saya prado ada 3 tipe di rumah RZJ120, GRJ120 dan KDJ120 dan uda piara lebih dari 5 tahun masing2 jadi lumayan familiar sama mobil nya hehehe

my 2 c :big_smile]
Hormat ama om agathos.. Sampe pnya 3 tipe.. Dulu sempat pnya prado thn 2005 tapi yang bensin,naikannya enak banget,suspensinya juga amazing.. Sayang dijual gara2 ga pernah dipake,check engine nyala,abis reset normal,di letakin digarasi lama nyala lagi..
Kalo pnya rejeki pengen prado yang diesel.. Btw om Prado yang diesel testimoninya gmna om? jadi penasaran.. Makasih om agathos
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by agathos »

kevienwijaya wrote: Fri Jun 12, 2020 6:19
agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 6:34
Elprimero wrote: Wed Apr 15, 2020 12:32 Halo bos2 dan sesepuh SM

Newbie mau tanya info karena ada rencana mau ambil LC Prado yang 3000cc Diesel estimasi tahun 2006-2007.

Tolong dibantu informasi dari suhu2
1. Maintenance di bengkel resmi
2. Informasi bengkel spesialis LC di daerah Bandung/Jkt
3. Pilihan bahan bakar apakah harus Dex?
4. Ketersediaan sparepart
5. Hal2 yg perlu diperhatikan

Kurang lebih begitu dan sukur2 ada yg bisa sharing pengalaman owning selama beberapa tahun bisa bantu menjawab ^_^
Coba bantu jawab yah om, kebetulan ada 1 prado diesel KDJ120 tahun 2004 saya di rumah:

1. maintenance di bengkel resmi A2K bisa, secara umum struktur mesin dia mirip sama fortuner VNT (turbo 1KD nya sudah VNT) hanya saja dia beberapa parts mesin lebih cangging (ada EGR elektronik).

2. kalau lokasi jakarta bisa service di autodyne ko iman juga, saya service di sana untuk semua LC saya. ko iman bisa service umum sampai rebuild - saya baru selesain 1 LC rebuild di dia kemaren.

3. karena dia sudah D4D dan kalau dapet tipe TZ yang japanese market mesinnya lumayan rewel soal jenis bahan bakar, jadi dex highly recommended. saya baru aja ganti pompa solar dan lagi proses ganti injector karena dulu nya sering di isi solar busuk sama pemilik sebelumnya.

4. spareparts fast moving lumayan banyak, yang non fast moving juga lumayan. saya baru overhaul mesin 1KD saya di ko iman kemarin, ganti ring piston, gasket2, pompa solar, dll semua nya ready gak ada yang inden lama (paling lama 3 hari).

5. saya coba list down yah

- Prado diesel penyakit nya banyak di EGR yang kesumbat, pompa solar dan injector yang disebabkan sama maintance yang buruk dan juga pemakaian bahan bakar yang gak sesuai. Ini parts paling mahal untuk di ganti dan lumayan ribed.

- turbo vnt nya juga harus di cek meler oli gak. jarang rusak tapi worth the check

- beberapa tipe prado diesel yang TZ pakai airsuspension di belakang dan ini biasa nya suka jebo karena umur - bisa di ganti pake per biasa dan disable airsus nya - ini gak repot

- CV boot depan sobek karena pemakaian - ini juga gak terlalu ribed dan parts nya ada yang asli atau thailand (pake punya hilux kalau gak salah);

- interior dashboard sama kayak camry dan harrier suka pecah-pecah ganti agak mahal sekitar 11-15jt tapi bisa di bungkus kulit, panel2 ac suka patah pelastik nya karena getas - parts juga available banyak

so far itu aja sih om. kebetulan saya prado ada 3 tipe di rumah RZJ120, GRJ120 dan KDJ120 dan uda piara lebih dari 5 tahun masing2 jadi lumayan familiar sama mobil nya hehehe

my 2 c :big_smile]
Hormat ama om agathos.. Sampe pnya 3 tipe.. Dulu sempat pnya prado thn 2005 tapi yang bensin,naikannya enak banget,suspensinya juga amazing.. Sayang dijual gara2 ga pernah dipake,check engine nyala,abis reset normal,di letakin digarasi lama nyala lagi..
Kalo pnya rejeki pengen prado yang diesel.. Btw om Prado yang diesel testimoninya gmna om? jadi penasaran.. Makasih om agathos
Siapp om.

Prado diesel sekarang lagi istirahat om Ada issue di injector solar nya, kemaren Juga abis Ganti pompa solar lumayan nyelekit hahahah.

Injector solar sempet coba service tapi payah gak bener. Jadi beli baru, lagi nunggu barang dateng Juga. So far sih irit Dan enak om torsi Prado diesel, nyaman sama persis dengan Bensin apalagi yang diesel rata2 uda pake TEMS kalau versi TZ jadi bisa set soft comfort atau sport suspension nya. Tapi sekali nya jajan bonyok Juga hahahaha
kevienwijaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Thu Sep 13, 2018 4:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by kevienwijaya »

agathos wrote: Fri Jun 12, 2020 13:21
kevienwijaya wrote: Fri Jun 12, 2020 6:19
agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 6:34

Coba bantu jawab yah om, kebetulan ada 1 prado diesel KDJ120 tahun 2004 saya di rumah:

1. maintenance di bengkel resmi A2K bisa, secara umum struktur mesin dia mirip sama fortuner VNT (turbo 1KD nya sudah VNT) hanya saja dia beberapa parts mesin lebih cangging (ada EGR elektronik).

2. kalau lokasi jakarta bisa service di autodyne ko iman juga, saya service di sana untuk semua LC saya. ko iman bisa service umum sampai rebuild - saya baru selesain 1 LC rebuild di dia kemaren.

3. karena dia sudah D4D dan kalau dapet tipe TZ yang japanese market mesinnya lumayan rewel soal jenis bahan bakar, jadi dex highly recommended. saya baru aja ganti pompa solar dan lagi proses ganti injector karena dulu nya sering di isi solar busuk sama pemilik sebelumnya.

4. spareparts fast moving lumayan banyak, yang non fast moving juga lumayan. saya baru overhaul mesin 1KD saya di ko iman kemarin, ganti ring piston, gasket2, pompa solar, dll semua nya ready gak ada yang inden lama (paling lama 3 hari).

5. saya coba list down yah

- Prado diesel penyakit nya banyak di EGR yang kesumbat, pompa solar dan injector yang disebabkan sama maintance yang buruk dan juga pemakaian bahan bakar yang gak sesuai. Ini parts paling mahal untuk di ganti dan lumayan ribed.

- turbo vnt nya juga harus di cek meler oli gak. jarang rusak tapi worth the check

- beberapa tipe prado diesel yang TZ pakai airsuspension di belakang dan ini biasa nya suka jebo karena umur - bisa di ganti pake per biasa dan disable airsus nya - ini gak repot

- CV boot depan sobek karena pemakaian - ini juga gak terlalu ribed dan parts nya ada yang asli atau thailand (pake punya hilux kalau gak salah);

- interior dashboard sama kayak camry dan harrier suka pecah-pecah ganti agak mahal sekitar 11-15jt tapi bisa di bungkus kulit, panel2 ac suka patah pelastik nya karena getas - parts juga available banyak

so far itu aja sih om. kebetulan saya prado ada 3 tipe di rumah RZJ120, GRJ120 dan KDJ120 dan uda piara lebih dari 5 tahun masing2 jadi lumayan familiar sama mobil nya hehehe

my 2 c :big_smile]
Hormat ama om agathos.. Sampe pnya 3 tipe.. Dulu sempat pnya prado thn 2005 tapi yang bensin,naikannya enak banget,suspensinya juga amazing.. Sayang dijual gara2 ga pernah dipake,check engine nyala,abis reset normal,di letakin digarasi lama nyala lagi..
Kalo pnya rejeki pengen prado yang diesel.. Btw om Prado yang diesel testimoninya gmna om? jadi penasaran.. Makasih om agathos
Siapp om.

Prado diesel sekarang lagi istirahat om Ada issue di injector solar nya, kemaren Juga abis Ganti pompa solar lumayan nyelekit hahahah.

Injector solar sempet coba service tapi payah gak bener. Jadi beli baru, lagi nunggu barang dateng Juga. So far sih irit Dan enak om torsi Prado diesel, nyaman sama persis dengan Bensin apalagi yang diesel rata2 uda pake TEMS kalau versi TZ jadi bisa set soft comfort atau sport suspension nya. Tapi sekali nya jajan bonyok Juga hahahaha
Injector nya gt kalo ganti brpan om? itu bbmnya sendiri pake apa om?
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by agathos »

kevienwijaya wrote: Sat Jun 13, 2020 0:40
agathos wrote: Fri Jun 12, 2020 13:21
kevienwijaya wrote: Fri Jun 12, 2020 6:19
Hormat ama om agathos.. Sampe pnya 3 tipe.. Dulu sempat pnya prado thn 2005 tapi yang bensin,naikannya enak banget,suspensinya juga amazing.. Sayang dijual gara2 ga pernah dipake,check engine nyala,abis reset normal,di letakin digarasi lama nyala lagi..
Kalo pnya rejeki pengen prado yang diesel.. Btw om Prado yang diesel testimoninya gmna om? jadi penasaran.. Makasih om agathos
Siapp om.

Prado diesel sekarang lagi istirahat om Ada issue di injector solar nya, kemaren Juga abis Ganti pompa solar lumayan nyelekit hahahah.

Injector solar sempet coba service tapi payah gak bener. Jadi beli baru, lagi nunggu barang dateng Juga. So far sih irit Dan enak om torsi Prado diesel, nyaman sama persis dengan Bensin apalagi yang diesel rata2 uda pake TEMS kalau versi TZ jadi bisa set soft comfort atau sport suspension nya. Tapi sekali nya jajan bonyok Juga hahahaha
Injector nya gt kalo ganti brpan om? itu bbmnya sendiri pake apa om?
Sekitar 6jt an om satu nya kemaren x4 haha lumayan nyelekit maka nya. Selamat di Saya selalu pakai dex sih. Cm di kehidupan sebelumnya pakai biosol kayaknya Dan damage is done. Di perparah kemaren bawa ke bengkel yang katanya Jago diesel buat benerin injector eh malah jebol sekarang :big_dunno:
kevienwijaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Thu Sep 13, 2018 4:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by kevienwijaya »

agathos wrote: Sat Jun 13, 2020 3:15
kevienwijaya wrote: Sat Jun 13, 2020 0:40
agathos wrote: Fri Jun 12, 2020 13:21

Siapp om.

Prado diesel sekarang lagi istirahat om Ada issue di injector solar nya, kemaren Juga abis Ganti pompa solar lumayan nyelekit hahahah.

Injector solar sempet coba service tapi payah gak bener. Jadi beli baru, lagi nunggu barang dateng Juga. So far sih irit Dan enak om torsi Prado diesel, nyaman sama persis dengan Bensin apalagi yang diesel rata2 uda pake TEMS kalau versi TZ jadi bisa set soft comfort atau sport suspension nya. Tapi sekali nya jajan bonyok Juga hahahaha
Injector nya gt kalo ganti brpan om? itu bbmnya sendiri pake apa om?
Sekitar 6jt an om satu nya kemaren x4 haha lumayan nyelekit maka nya. Selamat di Saya selalu pakai dex sih. Cm di kehidupan sebelumnya pakai biosol kayaknya Dan damage is done. Di perparah kemaren bawa ke bengkel yang katanya Jago diesel buat benerin injector eh malah jebol sekarang :big_dunno:
Wah sayang banget ya om,memang bengkel kalo sotoy malah rugi dikitanya sih om,ya setidaknya buat pengalaman om agathos dan om2 yang baca thread ini.. Hehehe
iya om harganya mahal bingitt wkakakakak,tp setidaknya skrg kalo pake puas ya om,drpd ga sempurna mesinnya kita mau pake juga ketar ketir dan jadinya malah agak males bawa,kalo skrg kan peace of mind om.. hahahaha
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by agathos »

kevienwijaya wrote: Sat Jun 13, 2020 3:27
agathos wrote: Sat Jun 13, 2020 3:15
kevienwijaya wrote: Sat Jun 13, 2020 0:40

Injector nya gt kalo ganti brpan om? itu bbmnya sendiri pake apa om?
Sekitar 6jt an om satu nya kemaren x4 haha lumayan nyelekit maka nya. Selamat di Saya selalu pakai dex sih. Cm di kehidupan sebelumnya pakai biosol kayaknya Dan damage is done. Di perparah kemaren bawa ke bengkel yang katanya Jago diesel buat benerin injector eh malah jebol sekarang :big_dunno:
Wah sayang banget ya om,memang bengkel kalo sotoy malah rugi dikitanya sih om,ya setidaknya buat pengalaman om agathos dan om2 yang baca thread ini.. Hehehe
iya om harganya mahal bingitt wkakakakak,tp setidaknya skrg kalo pake puas ya om,drpd ga sempurna mesinnya kita mau pake juga ketar ketir dan jadinya malah agak males bawa,kalo skrg kan peace of mind om.. hahahaha
Hahaha iya om. So far diesel pump dan injector D4D di indo belum pada jago service nya kayaknya mending beli baru.

Ini lagi proses restorasi sih KDJ120 rencana mau rapihin interior semua, refresh mesin dan transmisi terus kaki2 ganti lift kit shocks, ecu remap dll hehehe
kevienwijaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Thu Sep 13, 2018 4:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by kevienwijaya »

agathos wrote: Sat Jun 13, 2020 7:15
kevienwijaya wrote: Sat Jun 13, 2020 3:27
agathos wrote: Sat Jun 13, 2020 3:15

Sekitar 6jt an om satu nya kemaren x4 haha lumayan nyelekit maka nya. Selamat di Saya selalu pakai dex sih. Cm di kehidupan sebelumnya pakai biosol kayaknya Dan damage is done. Di perparah kemaren bawa ke bengkel yang katanya Jago diesel buat benerin injector eh malah jebol sekarang :big_dunno:
Wah sayang banget ya om,memang bengkel kalo sotoy malah rugi dikitanya sih om,ya setidaknya buat pengalaman om agathos dan om2 yang baca thread ini.. Hehehe
iya om harganya mahal bingitt wkakakakak,tp setidaknya skrg kalo pake puas ya om,drpd ga sempurna mesinnya kita mau pake juga ketar ketir dan jadinya malah agak males bawa,kalo skrg kan peace of mind om.. hahahaha
Hahaha iya om. So far diesel pump dan injector D4D di indo belum pada jago service nya kayaknya mending beli baru.

Ini lagi proses restorasi sih KDJ120 rencana mau rapihin interior semua, refresh mesin dan transmisi terus kaki2 ganti lift kit shocks, ecu remap dll hehehe
Wahh mantap bgt om.. Boleh di selipin fotonya om kalo udah jadi.. hehehe
Elprimero
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Apr 13, 2020 13:34
Location: Bandung
Daily Vehicle: LC VX 200

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by Elprimero »

Om Agathos, skrg proses restorasi prado diesel 1KD nya lg di bengkel mana?

Saya lg proses di auto2000 bandung kayaknya masih rada keder masalah fuel pump dan radiator..
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by agathos »

Elprimero wrote: Wed Jun 17, 2020 3:24 Om Agathos, skrg proses restorasi prado diesel 1KD nya lg di bengkel mana?

Saya lg proses di auto2000 bandung kayaknya masih rada keder masalah fuel pump dan radiator..
saya di Rudy Espel om, bengkel rekomendasi temen saya, kebetulan temen saya emang main mesin 1KD buat drag dan buat Hardtop Land Cruiser 40 series (engine swap), jadi saya lumayan dengerin rekomendasi dia.

senin kemarin masuk, uda di diagnosa dan uda ketemu beberapa permasalahan pokok nya di mesin.

kalau interior dan electrical saya restorasi sendiri (DIY), soalnya emang kebetulan hobby hahahaha :big_peace: