Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Wed Aug 05, 2020 6:36
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
Permisi Om momod, dan warga serayamotor.
Ijinkan newbie meminta pendapat terkait All new Terios dan All New Ertiga.
Rencana mau ambil Boil baru untuk aktivitas daily pulang-pergi ke kantor, kalau weekend mungkin jalan bareng keluarga di sekitaran jabodetabek, sama 6 bulan sekali balik ke jawa timur dengan jarak tempuh sekitar 1100 KM (PP 2200-2500 KM). Kira-kira di antara pilihan diatas yang paling cocok dengan kebutuhan saya yang mana ya?
Kriteria Kebutuhan:
1. Daily activity kantor-rumah jarak PP 22 KM (kondisi jalan tidak macet)
2. Weekend jalan sekitaran Jabodetabek, sekali-sekali jalan ke bandung juga.
3. 6 bulan sekali balik ke jawa timur dengan jarak tempuh PP sekitar 2200 - 2500 KM, medan jalan kebanyakan lewat tol.
4. Mobil yang tangguh biar gak keluar masuk BeRes (mobil baru biasanya sih aman sampe 5 tahun kedepan) tapi saya cari yang paling tangguh di antara kedua pilihan diatas.
5. BBM yang irit (kurang lebih sama antara ANE dan ANT, mungkin lebih boros ANT dikit ya)
6. Manual Transmisi wajib (kebetulan saya belum pernah pakai Matic Om, hahahaha), perawatan manual transmisi juga lebih mudah menurut saya waluapun dipakai 5-10 tahun kedepan.
7. Driving yang nyaman kalau dibawa balik ke jawa timur.
8. Aman melibas banjir, daerah tempat tinggal saya kalau hujan berhari-hari air sering bajir ke jalan
9. Rencana diapakai selama 5 - 10 Tahun kedepan
10. Formasi keluarga suami, istri, 1 anak (secepatnya akan ditambah lagi).
Rencana sih mau ambil yang pas dikantong, serie yang rendah aja, ANT X Deluxe, atau ANE GL, (pengennya All New Rush hahahaa...) untuk harga OTR keduanya hampir sama (tp diskon ANE lebih besar dari ANT), untuk Gimmick atau fitur lainnya menurut saya nanti tinggal ditambahkan saja sambil berjalan.
Mohon Masukan dari Om-om semuanya.
Terima kasih.
Selama sehat serayamotor.
Ijinkan newbie meminta pendapat terkait All new Terios dan All New Ertiga.
Rencana mau ambil Boil baru untuk aktivitas daily pulang-pergi ke kantor, kalau weekend mungkin jalan bareng keluarga di sekitaran jabodetabek, sama 6 bulan sekali balik ke jawa timur dengan jarak tempuh sekitar 1100 KM (PP 2200-2500 KM). Kira-kira di antara pilihan diatas yang paling cocok dengan kebutuhan saya yang mana ya?
Kriteria Kebutuhan:
1. Daily activity kantor-rumah jarak PP 22 KM (kondisi jalan tidak macet)
2. Weekend jalan sekitaran Jabodetabek, sekali-sekali jalan ke bandung juga.
3. 6 bulan sekali balik ke jawa timur dengan jarak tempuh PP sekitar 2200 - 2500 KM, medan jalan kebanyakan lewat tol.
4. Mobil yang tangguh biar gak keluar masuk BeRes (mobil baru biasanya sih aman sampe 5 tahun kedepan) tapi saya cari yang paling tangguh di antara kedua pilihan diatas.
5. BBM yang irit (kurang lebih sama antara ANE dan ANT, mungkin lebih boros ANT dikit ya)
6. Manual Transmisi wajib (kebetulan saya belum pernah pakai Matic Om, hahahaha), perawatan manual transmisi juga lebih mudah menurut saya waluapun dipakai 5-10 tahun kedepan.
7. Driving yang nyaman kalau dibawa balik ke jawa timur.
8. Aman melibas banjir, daerah tempat tinggal saya kalau hujan berhari-hari air sering bajir ke jalan
9. Rencana diapakai selama 5 - 10 Tahun kedepan
10. Formasi keluarga suami, istri, 1 anak (secepatnya akan ditambah lagi).
Rencana sih mau ambil yang pas dikantong, serie yang rendah aja, ANT X Deluxe, atau ANE GL, (pengennya All New Rush hahahaa...) untuk harga OTR keduanya hampir sama (tp diskon ANE lebih besar dari ANT), untuk Gimmick atau fitur lainnya menurut saya nanti tinggal ditambahkan saja sambil berjalan.
Mohon Masukan dari Om-om semuanya.
Terima kasih.
Selama sehat serayamotor.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
Pengguna ANE dan adiknya Terios hadirrr. Kebetulan selain ANE, ane jg masih ada xenia gen 1, jadi setidaknya untuk pengalaman perawatan mirip2 lah ama teroris. Hehehe
Kalo ane pribadi sih jelas akan suggest ANE.
1. Nyaman jelas lebih nyaman ANE. Belum pernah nyobain ANT jarak jauh, tapi xenia gen 2 last facelift yang kata orang xenia paling enak dan bahkan lebih enak dari terios, ane udah pernah nyobain. Emang secara bantingan cukup baik dibanding xenia dan terios dahulu kala, tapi ya tetep kalah enak dengan ertiga.
2. Akomodasi jelas menang ANE. Pengalaman nyobain ANT, akomodasi paling agak legaan dikit dari xenia gen 1, tapi posisi duduk baris 3 masih tetep wae rada jongkok sama seperti xenia, yah walaupun jongkoknya masih cukup reasonable lah dibanding dengan mobil2 ladder frame. Tapi ANE baris 3 nya jelas no jongkok2 macam ANT, jadi juga lebih nyaman. Untuk luas kabin juga masih legaan ANE daripada ANT. Mungkin juga ketolong wheelbase ANE yang lebih panjang kali yah? Terus juga ANE untuk pembagian ruang baris 2 dan 3 jauh lebih fleksibel karena baris 2 bisa sliding sangata jauuuhh, dibandingkan ANT yang slidingnya sangat terbatas. Tapi di sini lah kelemahan ANE, gara2 mekanisme slidingnya itu untuk akses baris 3 bangku baris ke-2 gabisa dilipet ke depan macam ANT. Cuma bisa disliding mentok ke depan doang, yang artinya yah agak ribet untuk mengakses baris 3.
3. Powertrain, urusan tarikan belum pernah nyobain ANT. Tapi secara teori yah harusnya ANE vs ANT 11 12 lah ya. Wong dari tenaga torsi transmisi dan berat kosong mirip2. Paling konon katanya ANT sedikit lebih boros dari ANE, tapi kalau menurut ane gak gitu kerasa lah selisihnya. Pengalaman pakai ANE fuel cons dalam kota bisa sekitar 1:12-13 dengan kondisi jalanan macet ala jakarta dan kaki normal. Kalo macet parah sangat bisa sekitar 1:11, kalo kaki disekolahin ampe lulusan S3 Harvard bisa 1:14 lebih. Untuk rute tol, 1:16-20, tergantung rute dan kondisi lalin juga. Intinya BBM standard lah ala LMPV kebanyakan. (note : unit ane yg 4AT, mungkin pada kenyataannya akan berbeda kisah dengan yang 5MT)
4. Mobil yang tangguh? Di kelas ini semuanya pada tangguh dan gak nyusahin. Kalo ada yang bilang avxen rushter badakkk banget sampe gak bisa rusak (lebay mode on), mungkin ada benernya. Tapi masalahnya kompetitornya juga sama badaknya tuh. Untuk engine dan transmisi walaupun ANE ane masih belum lama2 amat, tapi kalau berkaca sama gen sebelumnya mah badak2 aja tuh, banyak taksol make ampe ratusan ribu km dan aman2 aja. Begitu juga dengan ANT, meski mostly yg gen ini masih cukup baru, gen sebelumnya juga dipake ratusan ribu km kebanyakan gak pernah jajan aneh2. Yah ANT dan ANE 11 12 lah. Paling ANT menang dalam urusan ketahanan kaki2 dibanding ANE. Seberapa jauh bedanya? Kalo menurut ane gak banyak2 amat. User ertiga kebanyakan ngeluh masalah kaki2 ketika odo menginjak sekitar 70-100k km. Untuk ANT, ane akan bandingkan dengan xenia ane karena kemungkinan juga mirip2. Xenia ane mulai terasa shocknya melemah dan butuh penggantian ketika odo menginjak 90k km. Dan saat ini di 120k km kaki2 depan dah mulai terdengar orkestra. Pemakaian normal gak geradakan. Jadi, bedanya banyak gak? Silakan om simpulkan sendiri.
5. Aman melibas banjir? Dua-duanya aman2 aja asal banjirnya masih cetek. Meski ground clearance ada selisih lumayan, tapi posisi air intake sepertinya sama2 tinggi. Kalo mau nerobos banjir yang dalem ato nerobos sungai, mending beli tank amphibi aja
Biaya perawatan dua duanya mirip sama2 terkenal murah. Ane servis ANE dan xenia di beres hampir gak pernah nyentuh angka 1 juta untuk odo kelipatan 10k dan 20k. Paling yang agak mahal kalo kelipatan 40k dan 80k. Kalo lihat rekomendasi servis 2 2 nya sama2 bisa nyentuh batas 1 juta untuk servis km segitu. Rekor servis rutin termahal xenia di 80k km, estimasi awal nyampe 3 juta. Setelah coret sana coret sini, jadi tinggal 2 juta saja
Fitur juga 11 12. Safety features sama2 2 balon abs ebd. Kunci masih sama2 kunci colok+immob. AC sama2 udah digital display tapi belon auto climate, yang beda paling ANE bisa diarahin ke kaki dan kaca, ANT ada memory nya. Sisanya mirip2 lah.
Pesan paling akhir : PILIHLAH YANG OOM PALING SUKA! Biar gak nyesel di kemudian hari.
Happy hunting oom.
Kalo ane pribadi sih jelas akan suggest ANE.
1. Nyaman jelas lebih nyaman ANE. Belum pernah nyobain ANT jarak jauh, tapi xenia gen 2 last facelift yang kata orang xenia paling enak dan bahkan lebih enak dari terios, ane udah pernah nyobain. Emang secara bantingan cukup baik dibanding xenia dan terios dahulu kala, tapi ya tetep kalah enak dengan ertiga.
2. Akomodasi jelas menang ANE. Pengalaman nyobain ANT, akomodasi paling agak legaan dikit dari xenia gen 1, tapi posisi duduk baris 3 masih tetep wae rada jongkok sama seperti xenia, yah walaupun jongkoknya masih cukup reasonable lah dibanding dengan mobil2 ladder frame. Tapi ANE baris 3 nya jelas no jongkok2 macam ANT, jadi juga lebih nyaman. Untuk luas kabin juga masih legaan ANE daripada ANT. Mungkin juga ketolong wheelbase ANE yang lebih panjang kali yah? Terus juga ANE untuk pembagian ruang baris 2 dan 3 jauh lebih fleksibel karena baris 2 bisa sliding sangata jauuuhh, dibandingkan ANT yang slidingnya sangat terbatas. Tapi di sini lah kelemahan ANE, gara2 mekanisme slidingnya itu untuk akses baris 3 bangku baris ke-2 gabisa dilipet ke depan macam ANT. Cuma bisa disliding mentok ke depan doang, yang artinya yah agak ribet untuk mengakses baris 3.
3. Powertrain, urusan tarikan belum pernah nyobain ANT. Tapi secara teori yah harusnya ANE vs ANT 11 12 lah ya. Wong dari tenaga torsi transmisi dan berat kosong mirip2. Paling konon katanya ANT sedikit lebih boros dari ANE, tapi kalau menurut ane gak gitu kerasa lah selisihnya. Pengalaman pakai ANE fuel cons dalam kota bisa sekitar 1:12-13 dengan kondisi jalanan macet ala jakarta dan kaki normal. Kalo macet parah sangat bisa sekitar 1:11, kalo kaki disekolahin ampe lulusan S3 Harvard bisa 1:14 lebih. Untuk rute tol, 1:16-20, tergantung rute dan kondisi lalin juga. Intinya BBM standard lah ala LMPV kebanyakan. (note : unit ane yg 4AT, mungkin pada kenyataannya akan berbeda kisah dengan yang 5MT)
4. Mobil yang tangguh? Di kelas ini semuanya pada tangguh dan gak nyusahin. Kalo ada yang bilang avxen rushter badakkk banget sampe gak bisa rusak (lebay mode on), mungkin ada benernya. Tapi masalahnya kompetitornya juga sama badaknya tuh. Untuk engine dan transmisi walaupun ANE ane masih belum lama2 amat, tapi kalau berkaca sama gen sebelumnya mah badak2 aja tuh, banyak taksol make ampe ratusan ribu km dan aman2 aja. Begitu juga dengan ANT, meski mostly yg gen ini masih cukup baru, gen sebelumnya juga dipake ratusan ribu km kebanyakan gak pernah jajan aneh2. Yah ANT dan ANE 11 12 lah. Paling ANT menang dalam urusan ketahanan kaki2 dibanding ANE. Seberapa jauh bedanya? Kalo menurut ane gak banyak2 amat. User ertiga kebanyakan ngeluh masalah kaki2 ketika odo menginjak sekitar 70-100k km. Untuk ANT, ane akan bandingkan dengan xenia ane karena kemungkinan juga mirip2. Xenia ane mulai terasa shocknya melemah dan butuh penggantian ketika odo menginjak 90k km. Dan saat ini di 120k km kaki2 depan dah mulai terdengar orkestra. Pemakaian normal gak geradakan. Jadi, bedanya banyak gak? Silakan om simpulkan sendiri.
5. Aman melibas banjir? Dua-duanya aman2 aja asal banjirnya masih cetek. Meski ground clearance ada selisih lumayan, tapi posisi air intake sepertinya sama2 tinggi. Kalo mau nerobos banjir yang dalem ato nerobos sungai, mending beli tank amphibi aja
Biaya perawatan dua duanya mirip sama2 terkenal murah. Ane servis ANE dan xenia di beres hampir gak pernah nyentuh angka 1 juta untuk odo kelipatan 10k dan 20k. Paling yang agak mahal kalo kelipatan 40k dan 80k. Kalo lihat rekomendasi servis 2 2 nya sama2 bisa nyentuh batas 1 juta untuk servis km segitu. Rekor servis rutin termahal xenia di 80k km, estimasi awal nyampe 3 juta. Setelah coret sana coret sini, jadi tinggal 2 juta saja
Fitur juga 11 12. Safety features sama2 2 balon abs ebd. Kunci masih sama2 kunci colok+immob. AC sama2 udah digital display tapi belon auto climate, yang beda paling ANE bisa diarahin ke kaki dan kaca, ANT ada memory nya. Sisanya mirip2 lah.
Pesan paling akhir : PILIHLAH YANG OOM PALING SUKA! Biar gak nyesel di kemudian hari.
Happy hunting oom.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
ertiga aja selama masih di jawa kyknya aman aman aja
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2111
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
vote untuk All New Ertiga.. menurut ane, desain interior juga bagusan Ertiga, lebih nyaman tentunya di dalam kabin.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4577
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
sata vote AN Eritga aja, karena lebih nyaman dan lebih empuk daripada ANT, dan termasuk badak juga buat ukuran LMPV , kalo servis mah 11 12 hehehe, sama2 terjangkau untuk kelasnya, tinggal test drive keduanya aja biar tau kelebihan dan kekurangan masing2 mobil
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Wed Aug 05, 2020 6:36
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
mantapppp, lengkap banget penjelasannya, jadi vote ke ANE ya Om, saya simpan masukannya, kemarin juga sempet lihat review temen-temen disini memang sepertinya lebih nyaman ANE ya, Terima kasih banyak untuk informasinya Omrakyatwkwkland wrote: ↑Mon Nov 23, 2020 5:54 Pengguna ANE dan adiknya Terios hadirrr. Kebetulan selain ANE, ane jg masih ada xenia gen 1, jadi setidaknya untuk pengalaman perawatan mirip2 lah ama teroris. Hehehe
Kalo ane pribadi sih jelas akan suggest ANE.
1. Nyaman jelas lebih nyaman ANE. Belum pernah nyobain ANT jarak jauh, tapi xenia gen 2 last facelift yang kata orang xenia paling enak dan bahkan lebih enak dari terios, ane udah pernah nyobain. Emang secara bantingan cukup baik dibanding xenia dan terios dahulu kala, tapi ya tetep kalah enak dengan ertiga.
2. Akomodasi jelas menang ANE. Pengalaman nyobain ANT, akomodasi paling agak legaan dikit dari xenia gen 1, tapi posisi duduk baris 3 masih tetep wae rada jongkok sama seperti xenia, yah walaupun jongkoknya masih cukup reasonable lah dibanding dengan mobil2 ladder frame. Tapi ANE baris 3 nya jelas no jongkok2 macam ANT, jadi juga lebih nyaman. Untuk luas kabin juga masih legaan ANE daripada ANT. Mungkin juga ketolong wheelbase ANE yang lebih panjang kali yah? Terus juga ANE untuk pembagian ruang baris 2 dan 3 jauh lebih fleksibel karena baris 2 bisa sliding sangata jauuuhh, dibandingkan ANT yang slidingnya sangat terbatas. Tapi di sini lah kelemahan ANE, gara2 mekanisme slidingnya itu untuk akses baris 3 bangku baris ke-2 gabisa dilipet ke depan macam ANT. Cuma bisa disliding mentok ke depan doang, yang artinya yah agak ribet untuk mengakses baris 3.
3. Powertrain, urusan tarikan belum pernah nyobain ANT. Tapi secara teori yah harusnya ANE vs ANT 11 12 lah ya. Wong dari tenaga torsi transmisi dan berat kosong mirip2. Paling konon katanya ANT sedikit lebih boros dari ANE, tapi kalau menurut ane gak gitu kerasa lah selisihnya. Pengalaman pakai ANE fuel cons dalam kota bisa sekitar 1:12-13 dengan kondisi jalanan macet ala jakarta dan kaki normal. Kalo macet parah sangat bisa sekitar 1:11, kalo kaki disekolahin ampe lulusan S3 Harvard bisa 1:14 lebih. Untuk rute tol, 1:16-20, tergantung rute dan kondisi lalin juga. Intinya BBM standard lah ala LMPV kebanyakan. (note : unit ane yg 4AT, mungkin pada kenyataannya akan berbeda kisah dengan yang 5MT)
4. Mobil yang tangguh? Di kelas ini semuanya pada tangguh dan gak nyusahin. Kalo ada yang bilang avxen rushter badakkk banget sampe gak bisa rusak (lebay mode on), mungkin ada benernya. Tapi masalahnya kompetitornya juga sama badaknya tuh. Untuk engine dan transmisi walaupun ANE ane masih belum lama2 amat, tapi kalau berkaca sama gen sebelumnya mah badak2 aja tuh, banyak taksol make ampe ratusan ribu km dan aman2 aja. Begitu juga dengan ANT, meski mostly yg gen ini masih cukup baru, gen sebelumnya juga dipake ratusan ribu km kebanyakan gak pernah jajan aneh2. Yah ANT dan ANE 11 12 lah. Paling ANT menang dalam urusan ketahanan kaki2 dibanding ANE. Seberapa jauh bedanya? Kalo menurut ane gak banyak2 amat. User ertiga kebanyakan ngeluh masalah kaki2 ketika odo menginjak sekitar 70-100k km. Untuk ANT, ane akan bandingkan dengan xenia ane karena kemungkinan juga mirip2. Xenia ane mulai terasa shocknya melemah dan butuh penggantian ketika odo menginjak 90k km. Dan saat ini di 120k km kaki2 depan dah mulai terdengar orkestra. Pemakaian normal gak geradakan. Jadi, bedanya banyak gak? Silakan om simpulkan sendiri.
5. Aman melibas banjir? Dua-duanya aman2 aja asal banjirnya masih cetek. Meski ground clearance ada selisih lumayan, tapi posisi air intake sepertinya sama2 tinggi. Kalo mau nerobos banjir yang dalem ato nerobos sungai, mending beli tank amphibi aja
Biaya perawatan dua duanya mirip sama2 terkenal murah. Ane servis ANE dan xenia di beres hampir gak pernah nyentuh angka 1 juta untuk odo kelipatan 10k dan 20k. Paling yang agak mahal kalo kelipatan 40k dan 80k. Kalo lihat rekomendasi servis 2 2 nya sama2 bisa nyentuh batas 1 juta untuk servis km segitu. Rekor servis rutin termahal xenia di 80k km, estimasi awal nyampe 3 juta. Setelah coret sana coret sini, jadi tinggal 2 juta saja
Fitur juga 11 12. Safety features sama2 2 balon abs ebd. Kunci masih sama2 kunci colok+immob. AC sama2 udah digital display tapi belon auto climate, yang beda paling ANE bisa diarahin ke kaki dan kaca, ANT ada memory nya. Sisanya mirip2 lah.
Pesan paling akhir : PILIHLAH YANG OOM PALING SUKA! Biar gak nyesel di kemudian hari.
Happy hunting oom.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Wed Aug 05, 2020 6:36
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: Honda CR-V
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Wed Aug 05, 2020 6:36
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: Honda CR-V
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Wed Aug 05, 2020 6:36
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
Oke Om, pasti nanti test drive dulu, mudah-mudahan nanti dapat yang terbaik buat saya.
Mulai kemarin-kemarin sales dari Daihatsu sama suzuki 3x sehari hubungi saya terus, hahaa....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5687
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
R3 sih sudah pasti lebih nyaman, soalnya pernah nyetir + naik Rush, keras naikannya.
Tapi emang Terios pasti lebih awet terus lebih berani kalau dibawa jalan rusak + banjir.
Tapi emang Terios pasti lebih awet terus lebih berani kalau dibawa jalan rusak + banjir.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Wed Aug 05, 2020 6:36
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
Kalau dari Tampilan memang lebih gagah ANT ya, karena LSUV sedangkan ANE LMPV.
Terima kasih masukan dari Om-om semua, sambil menunggu pendapat dari pengguna ANT.
Terima kasih masukan dari Om-om semua, sambil menunggu pendapat dari pengguna ANT.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Wed Feb 08, 2017 2:58
- Location: jogja
- Daily Vehicle: be er pe X be at
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
+1 buat terios hitam om...
ertiga imagenya terlalu taxol kalo buat saya IMHO.... hehehehe
dua2nya servis murah kok... cuman naikannya enakan ertiga
ertiga imagenya terlalu taxol kalo buat saya IMHO.... hehehehe
dua2nya servis murah kok... cuman naikannya enakan ertiga
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
kalau memang selama ini ga merasa cape dengan nyetir duo kaleng family ya ambil Terios, durabilitas ya jelas unggul mobil RWD. selebihnya unggul mutlak ertiga.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Mon Apr 13, 2020 10:16
- Location: Bali
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
klo pilihan antara ertiga vs terios. Jelas pilih ertiga, mobilnya nyaman dan lebih dewasa. Ertiga yang baru tarikan mantap, mensinnya sama dengan Jimny. Kalau boleh saran alternative lain, coba test drive XL7 deh oms. Wah itu mobil enak bener untuk rentang harga segitu. Fiturnya juga lebih lengkap. Joknya menurut saya jauh lebih enak dibanding ertiga.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Wed Aug 05, 2020 6:36
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
jadi lebih cenderung ke ANE atau ANT om?
Nah saya rencana memang mau ambil ANT hitam, kliatan gagah kalau dijalan.
Oke, terima kasih untuk masukannya Om, berarti untuk driving'nya lebih nyaman ANE ya.
Berarti untuk durability vote ke ANT ya om, untuk ke kenyamanan vote ANE ya, terima kasih untuk masukannya Om.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Wed Aug 05, 2020 6:36
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
Jadi vote ANE ya om dari 2 pilihan diatas, iya sempet juga kepikiran pilih XL7 mungkin nanti sekalian test drive juga deh, sapa tau dapat diskon gedhe juga, btw, thanks untuk masukannya Om.dudeck99 wrote: ↑Mon Nov 23, 2020 9:09 klo pilihan antara ertiga vs terios. Jelas pilih ertiga, mobilnya nyaman dan lebih dewasa. Ertiga yang baru tarikan mantap, mensinnya sama dengan Jimny. Kalau boleh saran alternative lain, coba test drive XL7 deh oms. Wah itu mobil enak bener untuk rentang harga segitu. Fiturnya juga lebih lengkap. Joknya menurut saya jauh lebih enak dibanding ertiga.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1055
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
Kalo dari 2 itu sy vote ertiga om
Terios menang durable sama ground clearance aja paling
Tp ertiga juga setau saya lumayan durable dan gak rendah rendah amat gcnya
Konsumsi bbm jelas ertiga krn fwd
Kenyamanan dll ertiga lebih unggul juga
Lebih pastinya test drive aja 2 2nya, mana yg lebih sreg
Oh ya kalo desain menurut saya lebih cakep terios (subyektif sih kl ini)
Terios menang durable sama ground clearance aja paling
Tp ertiga juga setau saya lumayan durable dan gak rendah rendah amat gcnya
Konsumsi bbm jelas ertiga krn fwd
Kenyamanan dll ertiga lebih unggul juga
Lebih pastinya test drive aja 2 2nya, mana yg lebih sreg
Oh ya kalo desain menurut saya lebih cakep terios (subyektif sih kl ini)
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1431
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
Kl buat kenyamanan jelas ANE ya om, kl gasalah beda gl dan gx cm 10jt mending sekalian aja, dan diskonnya jg gede.
Keunggulan ANT cuma less worry buat jalan hancur, namun kenyamanannya (masih lebih nyaman Xinia)
Keunggulan ANT cuma less worry buat jalan hancur, namun kenyamanannya (masih lebih nyaman Xinia)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Fri Nov 20, 2015 7:26
- Location: pekanbaru riau
- Daily Vehicle: Ertiga
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
Kalo tanya hati Om TS lebih pilih yang mana dari dua option itu..
Lebih srek yang mana..
Ada cerita..
Paklek Saya minta dicarikan mobil.
Pilihan ny waktu itu ada new RusTer, new R3, ama Xpander.
Saya saranin "karena tau dari Seraya" kalo lebih worth kalo gak Xpander ya R3 aja..
Setelah testdrive mobil yg Saya saranin.
Akhir ny malah beli Rush (padahal gak test drive "New Ruster" karena lagi anget anget ny bahkan ampe indent 3 bulan).
Pas ditanya kenapa milih Rush.
Jawaban ny karena udah srek aja..
Jadi apa pun pendapat Om Om di sini..
Final decision ny tetep ada di Om..
Mana yang paling srek di hati Om aja..
Soale yang make mobil kan tetep si Om nya..
Lebih srek yang mana..
Ada cerita..
Paklek Saya minta dicarikan mobil.
Pilihan ny waktu itu ada new RusTer, new R3, ama Xpander.
Saya saranin "karena tau dari Seraya" kalo lebih worth kalo gak Xpander ya R3 aja..
Setelah testdrive mobil yg Saya saranin.
Akhir ny malah beli Rush (padahal gak test drive "New Ruster" karena lagi anget anget ny bahkan ampe indent 3 bulan).
Pas ditanya kenapa milih Rush.
Jawaban ny karena udah srek aja..
Jadi apa pun pendapat Om Om di sini..
Final decision ny tetep ada di Om..
Mana yang paling srek di hati Om aja..
Soale yang make mobil kan tetep si Om nya..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue May 09, 2017 3:09
- Location: jabodetabek
- Daily Vehicle: mobil bekas
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
pengalaman sering naik taxol biasa dapet avanza xenia dan begitu dapet ertiga wah beda banget, jauh lebih nyaman ertiga dan minim getaran.
kalo mau yg model SUV sih emang boleh coba XL7 atau ANE Sport.
kalo mau yg model SUV sih emang boleh coba XL7 atau ANE Sport.
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
Kegalauan yg sama sekitar setahun yg lalu, ane pengen ANE GX, bini pangen ANR G..
Akhirnya test drive keduanya, yg bikin kaget ternyata naik ANR sama aja feel-nya dgn rush yg lama (kebetulan pernah pelihara 6th). Bantingan masih keras, cm ketolong ‘look’-nya yg gagah..
Badakan mana? Old erti ganti kopling set di th ke 6, kilometer 110rb-an.. old rush ganti di th ke 5 di km 100rb-an.. kaki2 keduanya aman jaya hingga th ke 4, th ke 5 uda mulai jajan keduanya.. tapi ertiga awal2 sempet klaim steering rack, tp ini banyaj yg kena jg.. generasi berikutnya sudah worry free untuk rack steer..
Service & aftersales?
11-12 sih kalau sama2 ngerawat di beres
Akhirnya setelah pelbagai pertimbangan, saya & bini ngambil ANE gx a/t.. krn yg dicari nyaman & nggak butuh GC yg terlalu tinggi mengingat jalan yg dilewati 90% mulus.. oiya 1 lagi, entah mengapa duduk di interior ANR itu rasanya sempit & jok pengemudi nggak bisa nyaman menopang badan..
Akhirnya test drive keduanya, yg bikin kaget ternyata naik ANR sama aja feel-nya dgn rush yg lama (kebetulan pernah pelihara 6th). Bantingan masih keras, cm ketolong ‘look’-nya yg gagah..
Badakan mana? Old erti ganti kopling set di th ke 6, kilometer 110rb-an.. old rush ganti di th ke 5 di km 100rb-an.. kaki2 keduanya aman jaya hingga th ke 4, th ke 5 uda mulai jajan keduanya.. tapi ertiga awal2 sempet klaim steering rack, tp ini banyaj yg kena jg.. generasi berikutnya sudah worry free untuk rack steer..
Service & aftersales?
11-12 sih kalau sama2 ngerawat di beres
Akhirnya setelah pelbagai pertimbangan, saya & bini ngambil ANE gx a/t.. krn yg dicari nyaman & nggak butuh GC yg terlalu tinggi mengingat jalan yg dilewati 90% mulus.. oiya 1 lagi, entah mengapa duduk di interior ANR itu rasanya sempit & jok pengemudi nggak bisa nyaman menopang badan..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 252
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
Kebetulan saya pakai dua2nya. ANT X MT Dlx dan ANE GX Matic tapi...
ANT sudah pakai 43.000 km, ANE 40.000 km, dua2nya dari tahun 2018.
Kenyamanan : ANE - Jok ANT kecil sekali, pundak tidak tersangga dengan baik, suspensi keras.
Tapi kalau lewat speed trap saya lebih nyaman di ANT.
Lega : ANE, tetapi ANT ada lebihnya; kalau jok ketiga sama2 ditegakkan, ANT masih bisa masuk koper besar di belakang jok ketiga.
Irit : kurleb. ANT @ 3000 rpm speed 100 kpj ; ANE @ 3000 rpm speed 120 kpj
Kestabilan : sama (sampai kecepatan 140 kpj, di tol trans jawa)
Durability : ANT (kaki-kaki belum bunyi, rasanya dari pertama kali serah terima mobil sampai sekarang masih sama seperti baru)
Kemampuan terjang banjir jelas menang ANT.
Bengkel Service : Astra (Daihatsu), service dan warranty lebih jelas aturannya
Lain-lain:
+ ANT ada auto-lock dan auto-unlock
+ ANE ada central-lock
+ Tampilan ANT lebih progressive (selera ya)
+ Steering ANT lebih ringan, lebih lincah di dalam kota, lebar mobil hanya selebar avanza sehingga lebih pede kalau masuk2 jalan sempit
+ ruang kepala ANE lebih lega; anak saya umur 4 tahun sering kejedug kepalanya kalau berdiri di dlm ANT
+ Head unit ANT sdh kenwood ddx717, lebih bagus suaranya. Meskipun sama-sama bawaannya 4 speaker, tetapi ANT sdh ada tempat dan dudukan untuk tweeter dan speaker ke 5-6. TInggal ditambahkan.
+ Tools bawaan ANT lebih bagus kualitasnya daripada ANE. Dongkrak ANE saya sekali pakai sdh bengkok... saya pakai di permukaan datar.
ANT sudah pakai 43.000 km, ANE 40.000 km, dua2nya dari tahun 2018.
Kenyamanan : ANE - Jok ANT kecil sekali, pundak tidak tersangga dengan baik, suspensi keras.
Tapi kalau lewat speed trap saya lebih nyaman di ANT.
Lega : ANE, tetapi ANT ada lebihnya; kalau jok ketiga sama2 ditegakkan, ANT masih bisa masuk koper besar di belakang jok ketiga.
Irit : kurleb. ANT @ 3000 rpm speed 100 kpj ; ANE @ 3000 rpm speed 120 kpj
Kestabilan : sama (sampai kecepatan 140 kpj, di tol trans jawa)
Durability : ANT (kaki-kaki belum bunyi, rasanya dari pertama kali serah terima mobil sampai sekarang masih sama seperti baru)
Kemampuan terjang banjir jelas menang ANT.
Bengkel Service : Astra (Daihatsu), service dan warranty lebih jelas aturannya
Lain-lain:
+ ANT ada auto-lock dan auto-unlock
+ ANE ada central-lock
+ Tampilan ANT lebih progressive (selera ya)
+ Steering ANT lebih ringan, lebih lincah di dalam kota, lebar mobil hanya selebar avanza sehingga lebih pede kalau masuk2 jalan sempit
+ ruang kepala ANE lebih lega; anak saya umur 4 tahun sering kejedug kepalanya kalau berdiri di dlm ANT
+ Head unit ANT sdh kenwood ddx717, lebih bagus suaranya. Meskipun sama-sama bawaannya 4 speaker, tetapi ANT sdh ada tempat dan dudukan untuk tweeter dan speaker ke 5-6. TInggal ditambahkan.
+ Tools bawaan ANT lebih bagus kualitasnya daripada ANE. Dongkrak ANE saya sekali pakai sdh bengkok... saya pakai di permukaan datar.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 430
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
Jabodetabek buat daily masih mau pake manual om? ya gak masalah sih kalo betisnya masih kuat, kalo saya pribadi sih udah enggak ya. Yang pasti perawatan matik gak seribet dan semahal yang dibayangkan kok, asal tau cara pakainya dengan benar.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 339
- Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
Saya pernah TD keduanya plus Toyota Rush. Kesimpulannya menurut pandangan saya : duo astra ganteng dan gagah. Tapi untuk dikendarai lebih enak ertiga. Bagasi juga menurut saya lebih luas ertiga, duo astra gabisa rata lantai baris ketiga nya.
Vote ertiga hehehe..
Vote ertiga hehehe..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3690
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Saran Mobil Baru [All New Terios vs All New Ertiga]
Coba test drive keduanya om kalo bisa
Atau coba lirik XL7 tipe Zeta
Atau coba lirik XL7 tipe Zeta
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement