Peredam CRV Prestige

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Peredam CRV Prestige

Post by benzz89 »

Suryaputra wrote:
benzz89 wrote: 08 Dec 2020, 07:56
kunaskun wrote: karena definisi hening itu cenderung subyektif (walau sebenarnya bisa diukur secara pasti).
saya dulu sering lihat kok mobil "ajaib" pasang peredam di salah satu instaler terkemuka. salah satunya Tritala di Cideng.
Nah kalau tritala kan installer audio yang cukup punya nama juga, penasaran ane kalau dibandingkan dengan JK acoustic yang khusus hanya main peredam (setau ane kayanya gak main audio yah cmiiw) mana yang lebih baik.

Ane pernah pasang balon peredam full di seluruh pintu fortuner ane taon 2012 kalau tidak salah kena 1,2 juta, lumayan sih harganya menurut ane di taon segitu, ntah sekarang sudah berapa harganya.

Fortuner ane sudah full peredam seluruh bodi (termasuk kap mesin), firewall 2 lapis (dashboard full turun total) + 1 lapis lagi di tempel dibalik/belakang dashboard & konsul tengah. Keheningan maksimal yang ane rasakan adalah pada saat mobil sudah jalan, suara mesin diesel sudah mirip ama mobil bensin & sudah hampir tidak kedengaran. Suara masih terdengar saat idle & akselerasi saja.

Memang benar definisi hening itu subjective, tapi mobil setelah pasang full peredam itu bodynya secara keseluruhan lebih "solid" rada sulit ane jelasinnya.. hahahah. Berasa lebih premium, contohnya bantingan yang lebih mantap kalau jalan jelek, mungkin suara kaki2 sudah teredam & pelat body yang sudah "mati".

Heningnya beda kalau dibandingkan dengan camry ane yang menurut ane sudah lebih hening jauh tentunya banding diesel, bedanya pakai fortuner kalau lagi jalan itu seperti ada perasaan "terisolasi" dari dunia luar. Jadi mobil2 macam mercy E class atau mobil2 ajaib lainnya kalau masih mau tambah peredam lagi sih menurut ane tidak aneh yah, bagi mereka2 yang kupingnya sensitif & sudah pernah merasakan mobilnya pakai tambahan peredam lagi full body, sepertinya mau merasakan sensasi mobil premium yang "lebih premium" lagi.

Mungkin hanya kaca2 mobil yang tidak bisa diakalin pakai peredam, contoh ane dengerin suara mesin 2KD dibawah dashboard lebih teredam banding diatas dashboard, ya kaca depannya masih tembus suara, demikian juga dengan kaca sekeliling body, ini yang mungkin membedakan dengan S Class, 7 series atau mobil2 premium lainnya, beda kacanya antara mobil rakyat jelata dengan kelas keraton ningrat. Cmiiw
emg om klo kaca mbl 7 series dsb
apalagi kelas RR itu pasti special glass dan lbh tebal kaca nya.

biasanya pakai double glass.
Ya itu Om minim double glass lah, mirip2 ama kaca jendela di pesawat terbang yang tengahnya hampa udara, bahkan S class & 7 series juga ada yang kacanya anti peluru.

Nah kalau RR ane juga bingung deh apakah masih ada yang perlu ditambahkan lagi peredaman mobilnya, secara ban nya aja sebiji 155 jeti ane cek di permaisuri ban sebelum di diskon 60% jadi 63,2 jeti. Ganti 4 ban 620 jeti aja hahahah... ini sih kelasnya memang sudah diatas bintang & baling2 lah yah.

Mungkin itu ban sudah kelamaan juga gak laku2 & sudah mau expired jadi di diskon gila begitu... ntah terbuat dari karet apa itu bannya sampe dihargain 150 jeti sebiji. Ya kan keterlaluan kalau masih berisik juga itu bannya [emoji1787]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15461
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Peredam CRV Prestige

Post by ChZ »

roadmap wrote: 07 Dec 2020, 18:55 Saya jg pengguna crv turbo, dan juga mobil Honda ke-4 yg saya miliki (termasuk fanboy gak ya?). Hehhee..

Sudah terbiasa dengan berisiknya honda, kalau saya pribadi sih om drpd keluar 15jt, lebih baik beli HU aftermarket yg bisa apple car play dan speaker yg bagus, setel musik yg kenceng sambil nyanyi2 selama berkendara sehingga lupa dgn bunyi2 itu. Hehehee..
nahh ini bisa jd solusi sehh sbenernya brisiknya CRV ntu bkn berisik kaleng rombeng cem LCGC yang doortrim ampe sebodi geter smua kencengin audio malah bikin kuping makin sakit.

cm suara roda aja. ntah kenapa. pdhl peredam pintu dll nya lumayan oke. dalam kotaan aspal mulus sehh ga bakal brasa ntu CRV suara bannya nggilani. jalan beton baru dah.

ane bbrp kali ke luar kota modal kencengin suara audio lumayan keredam lari 120-130... klo di atas itu ya ud kalah. pdhl speaker masih bawaan. tinggal upgrade sehh jamin udah bodoamat ama suara luar :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9385
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Peredam CRV Prestige

Post by Suryaputra »

benzz89 wrote: 08 Dec 2020, 09:23
Suryaputra wrote:
benzz89 wrote: 08 Dec 2020, 07:56

Nah kalau tritala kan installer audio yang cukup punya nama juga, penasaran ane kalau dibandingkan dengan JK acoustic yang khusus hanya main peredam (setau ane kayanya gak main audio yah cmiiw) mana yang lebih baik.

Ane pernah pasang balon peredam full di seluruh pintu fortuner ane taon 2012 kalau tidak salah kena 1,2 juta, lumayan sih harganya menurut ane di taon segitu, ntah sekarang sudah berapa harganya.

Fortuner ane sudah full peredam seluruh bodi (termasuk kap mesin), firewall 2 lapis (dashboard full turun total) + 1 lapis lagi di tempel dibalik/belakang dashboard & konsul tengah. Keheningan maksimal yang ane rasakan adalah pada saat mobil sudah jalan, suara mesin diesel sudah mirip ama mobil bensin & sudah hampir tidak kedengaran. Suara masih terdengar saat idle & akselerasi saja.

Memang benar definisi hening itu subjective, tapi mobil setelah pasang full peredam itu bodynya secara keseluruhan lebih "solid" rada sulit ane jelasinnya.. hahahah. Berasa lebih premium, contohnya bantingan yang lebih mantap kalau jalan jelek, mungkin suara kaki2 sudah teredam & pelat body yang sudah "mati".

Heningnya beda kalau dibandingkan dengan camry ane yang menurut ane sudah lebih hening jauh tentunya banding diesel, bedanya pakai fortuner kalau lagi jalan itu seperti ada perasaan "terisolasi" dari dunia luar. Jadi mobil2 macam mercy E class atau mobil2 ajaib lainnya kalau masih mau tambah peredam lagi sih menurut ane tidak aneh yah, bagi mereka2 yang kupingnya sensitif & sudah pernah merasakan mobilnya pakai tambahan peredam lagi full body, sepertinya mau merasakan sensasi mobil premium yang "lebih premium" lagi.

Mungkin hanya kaca2 mobil yang tidak bisa diakalin pakai peredam, contoh ane dengerin suara mesin 2KD dibawah dashboard lebih teredam banding diatas dashboard, ya kaca depannya masih tembus suara, demikian juga dengan kaca sekeliling body, ini yang mungkin membedakan dengan S Class, 7 series atau mobil2 premium lainnya, beda kacanya antara mobil rakyat jelata dengan kelas keraton ningrat. Cmiiw
emg om klo kaca mbl 7 series dsb
apalagi kelas RR itu pasti special glass dan lbh tebal kaca nya.

biasanya pakai double glass.
Ya itu Om minim double glass lah, mirip2 ama kaca jendela di pesawat terbang yang tengahnya hampa udara, bahkan S class & 7 series juga ada yang kacanya anti peluru.

Nah kalau RR ane juga bingung deh apakah masih ada yang perlu ditambahkan lagi peredaman mobilnya, secara ban nya aja sebiji 155 jeti ane cek di permaisuri ban sebelum di diskon 60% jadi 63,2 jeti. Ganti 4 ban 620 jeti aja hahahah... ini sih kelasnya memang sudah diatas bintang & baling2 lah yah.

Mungkin itu ban sudah kelamaan juga gak laku2 & sudah mau expired jadi di diskon gila begitu... ntah terbuat dari karet apa itu bannya sampe dihargain 150 jeti sebiji. Ya kan keterlaluan kalau masih berisik juga itu bannya [emoji1787]
4 biji ban RR setelah diskon, dapat 1 lmpv :upss:

RR peredam bawaan nya dah ngeri, designed by RR engineer :big_peace:

https://www.suara.com/otomotif/2020/09/ ... oyce-ghost
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
mattsebastian7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: 15 May 2016, 12:22

Re: Peredam CRV Prestige

Post by mattsebastian7 »

ChZ wrote: 08 Dec 2020, 11:07
roadmap wrote: 07 Dec 2020, 18:55 Saya jg pengguna crv turbo, dan juga mobil Honda ke-4 yg saya miliki (termasuk fanboy gak ya?). Hehhee..

Sudah terbiasa dengan berisiknya honda, kalau saya pribadi sih om drpd keluar 15jt, lebih baik beli HU aftermarket yg bisa apple car play dan speaker yg bagus, setel musik yg kenceng sambil nyanyi2 selama berkendara sehingga lupa dgn bunyi2 itu. Hehehee..
nahh ini bisa jd solusi sehh sbenernya brisiknya CRV ntu bkn berisik kaleng rombeng cem LCGC yang doortrim ampe sebodi geter smua kencengin audio malah bikin kuping makin sakit.

cm suara roda aja. ntah kenapa. pdhl peredam pintu dll nya lumayan oke. dalam kotaan aspal mulus sehh ga bakal brasa ntu CRV suara bannya nggilani. jalan beton baru dah.

ane bbrp kali ke luar kota modal kencengin suara audio lumayan keredam lari 120-130... klo di atas itu ya ud kalah. pdhl speaker masih bawaan. tinggal upgrade sehh jamin udah bodoamat ama suara luar :mky_01:
Hahaha bener bro honda sama peredam itu emang gak pernah bagus2 banget dari dulu

Dulu pernah punya accord s86 pun pas jalan di tol 100km/h mah suara ban masuk semua. Kalah sama toyota ist di rumah :big_slap: cuma kalo peredam pintu sih bener masih oke ya, kolong ban aja yang kerasa banget
JB424
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 01 Jul 2013, 09:18

Re: Peredam CRV Prestige

Post by JB424 »

piggypig77 wrote: 06 Dec 2020, 17:11
JB424 wrote: 06 Dec 2020, 15:19
piggypig77 wrote: 06 Dec 2020, 13:18

Di jk acoustic pake peredam apa aja sih om? Sama dg toko audio/peredam lainnya ato ada treatment/bahan yg beda?
Kalau spesifikasi bahan yg dipake sih ga terlalu paham om, tp yg paling beda di situ teknik pemasangan nya, detailed (sampe laci2 dikasih lapisan karpet), dan tingkat kerapihan nya top.

Pernah pasang di vnt, dibanding peredam lain beda tingkat db nya bisa sampe 13-15% lebih kedap (padahal peredam sebelumnya biayanya >8jt) 😁
Oh jadi beda dg pasang peredam di bengkel audio ya berarti, btw ada ngaruh ke wind noise ga om? Kan fortuner lama sama anki speed di atas 100 kerasa wind noisenya
Yup, beda, krn peredam sblmnya pasang di instalatur audio daerah jaksel, dan hasilnya mayan signifikan beda nya.

Wind noise berkurang kok, sampe di atas 120 jg kedap2 aja, dibanding sama X3 f25 mirip2 (di sekitar 61 db)
JB424
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 01 Jul 2013, 09:18

Re: Peredam CRV Prestige

Post by JB424 »

KielConstantine wrote: 06 Dec 2020, 20:34
JB424 wrote: 06 Dec 2020, 15:19
piggypig77 wrote: 06 Dec 2020, 13:18

Di jk acoustic pake peredam apa aja sih om? Sama dg toko audio/peredam lainnya ato ada treatment/bahan yg beda?
Kalau spesifikasi bahan yg dipake sih ga terlalu paham om, tp yg paling beda di situ teknik pemasangan nya, detailed (sampe laci2 dikasih lapisan karpet), dan tingkat kerapihan nya top.

Pernah pasang di vnt, dibanding peredam lain beda tingkat db nya bisa sampe 13-15% lebih kedap (padahal peredam sebelumnya biayanya >8jt) 😁
Denger2 DC nya bisa abis sekitar Rp 15jt ya psang full body peredam di jk acoustic.

Mobil pasti harus diinepin ya om ?

Semisal seekor VNT (diesel). Hasilnya jadi sekedap mercedes GLE (diesel) boleh jg sih....
Soal DC, klo seukuran vnt, 6 th yg lalu segitu om, klo ada request2 tambahan bisa lebih.
Pengerjaan 6 hari, ga tau klo gle diesel, klo dibanding x3 f25, vnt nya jadi lebih kedap di rpm2 tertentu, even waktu idle (around 47 db) (perbandingan di lokasi dan background sound yg sama).
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15461
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Peredam CRV Prestige

Post by ChZ »

mattsebastian7 wrote: 08 Dec 2020, 11:53
Hahaha bener bro honda sama peredam itu emang gak pernah bagus2 banget dari dulu

Dulu pernah punya accord s86 pun pas jalan di tol 100km/h mah suara ban masuk semua. Kalah sama toyota ist di rumah :big_slap: cuma kalo peredam pintu sih bener masih oke ya, kolong ban aja yang kerasa banget
pdhl honda accord ya di zaman itu... hahahahha... accord flagship biasanya paling kedap bahkan lebih kedap drpd lower class yang beda zaman. pernah naik cielo temen juga lebih kedap dr civic FD...

sekarangpun gitu.

accord turbo senyap dan kedap abis... ke CRV berasa miris... ya beda harga 200 juta juga sih :big_biglaugh:

di accord gen 10 combo michelin primacy4 + active noise cancellationnya ampuh bgt.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: 11 Feb 2014, 20:33
Location: Jakarta

Re: Peredam CRV Prestige

Post by piggypig77 »

JB424 wrote: 08 Dec 2020, 13:28
piggypig77 wrote: 06 Dec 2020, 17:11
JB424 wrote: 06 Dec 2020, 15:19
Kalau spesifikasi bahan yg dipake sih ga terlalu paham om, tp yg paling beda di situ teknik pemasangan nya, detailed (sampe laci2 dikasih lapisan karpet), dan tingkat kerapihan nya top.

Pernah pasang di vnt, dibanding peredam lain beda tingkat db nya bisa sampe 13-15% lebih kedap (padahal peredam sebelumnya biayanya >8jt) 😁
Oh jadi beda dg pasang peredam di bengkel audio ya berarti, btw ada ngaruh ke wind noise ga om? Kan fortuner lama sama anki speed di atas 100 kerasa wind noisenya
Yup, beda, krn peredam sblmnya pasang di instalatur audio daerah jaksel, dan hasilnya mayan signifikan beda nya.

Wind noise berkurang kok, sampe di atas 120 jg kedap2 aja, dibanding sama X3 f25 mirip2 (di sekitar 61 db)
Kalo gtu gajadi pasang karet o deh, mending pas ada duitnya langsung ke jk aja :mky_01:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Peredam CRV Prestige

Post by kunaskun »

benzz89 wrote: 08 Dec 2020, 07:56 Nah kalau tritala kan installer audio yang cukup punya nama juga, penasaran ane kalau dibandingkan dengan JK acoustic yang khusus hanya main peredam (setau ane kayanya gak main audio yah cmiiw) mana yang lebih baik.
mungkin teorinya spesialis gitu lebih bagus ya. tapi ga tau juga karena ga sanggup juga suruh masang di kedua tempat itu. :big_biglaugh:
Ane pernah pasang balon peredam full di seluruh pintu fortuner ane taon 2012 kalau tidak salah kena 1,2 juta, lumayan sih harganya menurut ane di taon segitu, ntah sekarang sudah berapa harganya.

Fortuner ane sudah full peredam seluruh bodi (termasuk kap mesin), firewall 2 lapis (dashboard full turun total) + 1 lapis lagi di tempel dibalik/belakang dashboard & konsul tengah. Keheningan maksimal yang ane rasakan adalah pada saat mobil sudah jalan, suara mesin diesel sudah mirip ama mobil bensin & sudah hampir tidak kedengaran. Suara masih terdengar saat idle & akselerasi saja.

Memang benar definisi hening itu subjective, tapi mobil setelah pasang full peredam itu bodynya secara keseluruhan lebih "solid" rada sulit ane jelasinnya.. hahahah. Berasa lebih premium, contohnya bantingan yang lebih mantap kalau jalan jelek, mungkin suara kaki2 sudah teredam & pelat body yang sudah "mati".


Heningnya beda kalau dibandingkan dengan camry ane yang menurut ane sudah lebih hening jauh tentunya banding diesel, bedanya pakai fortuner kalau lagi jalan itu seperti ada perasaan "terisolasi" dari dunia luar. Jadi mobil2 macam mercy E class atau mobil2 ajaib lainnya kalau masih mau tambah peredam lagi sih menurut ane tidak aneh yah, bagi mereka2 yang kupingnya sensitif & sudah pernah merasakan mobilnya pakai tambahan peredam lagi full body, sepertinya mau merasakan sensasi mobil premium yang "lebih premium" lagi.
nah bener ya, karena udah pernah udah tahu jadi ya memang pasang peredam lagi ga aneh.
Mungkin hanya kaca2 mobil yang tidak bisa diakalin pakai peredam, contoh ane dengerin suara mesin 2KD dibawah dashboard lebih teredam banding diatas dashboard, ya kaca depannya masih tembus suara, demikian juga dengan kaca sekeliling body, ini yang mungkin membedakan dengan S Class, 7 series atau mobil2 premium lainnya, beda kacanya antara mobil rakyat jelata dengan kelas keraton ningrat. Cmiiw
kaca mobil2 baru ada yang memang sudah kategori acoustic glass. laminated dengan bahan khusus. mobil termurah yg saya pernah lihat pake kaca jenis itu Sienta type V. ada logonya di kacanya.

kalau mobil premium gitu pasti lebih canggih lagi engineering untuk peredaman suaranya.
1203L
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: 14 Mar 2018, 11:43
Location: Semarang
Daily Vehicle: Honda Beat

Re: Peredam CRV Prestige

Post by 1203L »

sori ya om-om klo oot pengen nimbrung,jujur ane lom prnah ngerasain jd sopir ato penumpang crv turbo tp ane bbrp kali ngerasain jd penumpang depan sblh sopir di crv rm3 2014 warna putih yg prestige milik temen ane. impresi yang ane rasakan saat dikendarai dalam kota dg kecepatan rata2 60kpj adalah tmpat duduk nyaman, AC jg dingin, bantingan ato suspensi klo lewat jalan kasar misalnya di boulevard barat kp gading msh acceptable, hanya suara kolong bawah msh mengintrusi kabin ya..mnrt ane kekedapan crv rm ga bs dibandingin dg mbil ane jazz ge8 mt 2013 yg udah ane jual yg suara kolong bawah dr roda cukup berisik jg windnoise dan suara dr luar spt suara motor ato truk. klo CRV turbo prestige no comment krn hanya liat di pameran di mal ato di galeri mobkas wtc mangdu, sy pegang pintu depannya aja berat banget bahkan lebih berat dibanding crv rm shg scr teori hrsnya lebih senyap dan populasinya dominan kan di jalan padahal harga jg ga murah, bahkan di lingkungan kemenkeu lapangan banteng aja sampe dipake buat kendaraan dinas pelat merah :big_peace:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post