Share problem CRV Turbo

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
wisnutomo15
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 16 Dec 2018, 09:03
Location: Brunei
Daily Vehicle: FJ Cruiser

Share problem CRV Turbo

Post by wisnutomo15 »

Tanpa ada maksud lain, cuma sharing sesama pemilik mengenai problem yang pernah dialami dan antisipasi nya
Data mobil: CRV turbo prestige keluaran September 2017 dan km per Jan 2020 adalah 38K

Problem yang pernah dialami

1. Rem getar.
- Gejala: sewaktu ngerem dengan kecepatan sedang/tinggi, akan terasa getar di Dashboard dan area Dashboard.
- Solusi: setelah dicek, kampas rem tebal, baut baut seputar rem juga kencang tapi disk brake nya ngga rata. Kemudian oleh beres dilakukan penghalusan (pembubutan?) bagian luar dalam dan problem hilang.

2. Indicator menyala semua tiba tiba pada saat kick Down
- Gejala: pada saat kickdown untuk menambah kecepatan di tol, ada gejala hilang napas (nge lag yang lebih lama dari biasanya) dan tiba tiba semua indikator menyala (mesin, oli, hand brake, VSC). Mobil masih bisa melaju tapi ketika rpm mencapai sekitar 2200-2400, terdengar suara ngeses dari kap mesin.
- Solusi: awalnya sempat khawatir turbo jebol (sesuai dengan kabar yang beredar di internet). Setelah dicek beres, ternyata ada selang/klep engine yang berpindah posisi/lepas yang mengakibatkan pembacaan sensor bermasalah (Terus terang masih kurang jelas juga penjelasan dari Service supervisor karena ngga ada foto). Setelah posisi klep diubah dan dikencangkan, kembali normal semua. Turbo dicek ngga ada masalah. Sebetulnya masih ngga habis pikir kenapa posisi selang/klep bisa berubah padahal ngga pernah sama sekali buka buka mesin sendiri.

3. Masalah klasik noise di kabin
- Gejala: suara ban mengganggu terutama pada kecepatan 110 kpj ke atas. Mengganggu ini dalam arti, suara music ngga bisa dinikmati sama sekali dan ngobrol musti agak ngegas supaya bisa saling dengar.
- Solusi: belum dilakukan, tapi rencana bakal pasang peredam di spakbor dan lantai. Estimasi biaya dari bengkel modifikasi sekitar 10 juta.

Selain itu, so far aman dan ngga ada issue lain. Yang saya sangat suka dari CRV turbo ini adalah keseimbangan antara Handling dan kenyamanan suspensi untuk kelas medium SUV.

roadmap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: 04 Nov 2018, 11:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda

Re: Share problem CRV Turbo

Post by roadmap »

Thanks om sudah sharing.

Saya mengalami hal yg sama di no. 1 dan 3 yaitu rem dan noise.

Urusan rem, masalah sama disc gak rata dan terjadi di depan sebelah kiri, solusi dibubut/ganti.

Masalah kedua yg saya alami adalah noise di kabin, kalau ini untuk kami bukan masalah, karena sudah terbiasa. Keluarga tidak ada yg complaint krn memang sudah terbiasa. Kami pengguna honda sejak lahir. Hehehe..

Jadi kesimpulannya overall sudah puas dgn CRV TP selama hampir 3 tahun penggunaan. Rencana ganti bpkb masih dl 2-3 tahun ke depan (semoga rejeki lancar, amin) semoga awet dan nanti bisa menemukan SUV monocoque model lain selevel atau lebih tinggi dr brand yg sama atau brand lain, yg sesuai dgn selera dan kantong kami tentunya.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4562
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Share problem CRV Turbo

Post by Pboyz97 »

thanks for sharing om
salken juga sesama owner crv turbo prestige keluaran 2019 dengan odo 24k on going
saya mengalami no 3, yaitu road noise, no 1 jg saya mengalami, cuma bedanya rem tangannya bunyi NGIKKK keras gitu kalo ditarik + udh ada gejala dasbor geter dan rattle dari doortrim sebelah kiri, untungnya yg nomor 2 gak terjadi di mobil saya

kalo soal road noise di kabin memang kelemahan terbesar mobil ini dibanding rival sekelasnya, kalo di pake di tol dan diatas 80 kpj kabinnya berisik sekali, suara ban dan suara mesin masuk semua. dan audionya bapuk abis dan interfacenya gak ada elite2nya sama sekali buat mobil 500jt + interior qualitynya jg cheapo terutama bagian deket tuas transmisi dan di doortrim belakang, cuma plusnya dri mobil ini ada di row 2 dan row 3 nya yg lega, storage banyak, bantingan empuk, panoramic sunroof, cukup nyaman dan masih fun to drive + cukup irit bbm

selama 1 tahun lebih penggunaan ya agak kecewa ya to be honest, apalagi dirumah jg ada cx5 elite 2018 yg jauh bgt kualitasnya, langit bumi dibanding crv ini, pengen secepatnya ganti bpkb tapi apadaya lg kondisi begini jadi diputuskan untuk dikeep dulu minimal 1 tahun kedepan (yg udh kepikiran buat gantiin ini sih grand santa fe kalo baru atau w212 seken or xv50 fl seken yg v) hehehe cuma masih diangan angan yg gatau kapan kesampeannya wkwkkw
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4562
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Share problem CRV Turbo

Post by Pboyz97 »

roadmap wrote: 02 Feb 2021, 10:50 Thanks om sudah sharing.

Saya mengalami hal yg sama di no. 1 dan 3 yaitu rem dan noise.

Urusan rem, masalah sama disc gak rata dan terjadi di depan sebelah kiri, solusi dibubut/ganti.

Masalah kedua yg saya alami adalah noise di kabin, kalau ini untuk kami bukan masalah, karena sudah terbiasa. Keluarga tidak ada yg complaint krn memang sudah terbiasa. Kami pengguna honda sejak lahir. Hehehe..

Jadi kesimpulannya overall sudah puas dgn CRV TP selama hampir 3 tahun penggunaan. Rencana ganti bpkb masih dl 2-3 tahun ke depan (semoga rejeki lancar, amin) semoga awet dan nanti bisa menemukan SUV monocoque model lain selevel atau lebih tinggi dr brand yg sama atau brand lain, yg sesuai dgn selera dan kantong kami tentunya.
saya juga sama om, cuma apadaya budget blm masuk jadi dikeep dulu, wkwkwk. kalo menurut saya sih, grand santa fe masuk kriteria yg om sebutkan kok hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: 09 May 2017, 10:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas
Contact:

Re: Share problem CRV Turbo

Post by jessboy »

kayaknya masalah rem dan noise ini merupakan defect atau cacat produksi dari CRV turbo prestige
sedih dan prihatin ya mobil seharga 500jt ada masalah kayak gini
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4562
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Share problem CRV Turbo

Post by Pboyz97 »

jessboy wrote: 03 Feb 2021, 21:05 kayaknya masalah rem dan noise ini merupakan defect atau cacat produksi dari CRV turbo prestige
sedih dan prihatin ya mobil seharga 500jt ada masalah kayak gini
kalo rem kayanya gak semua. punya saya prestige jg tahun 2019 odo udh 24k on going , remnya masih baik2 aja wkwkkw. kalo noise sih, sepertinya jadi kekurangan di hampir semua lineup honda, dari bawah sampe trim atasnya wkwkkw, yaitu kurang kedap kabinnya wkkw. saya udh dari 1997 pake honda dari jaman civic ferio, crv gen 2, crv gen 3, terus jazz ge8 dan sekarang pake crv turbo dan hrv 2018, minusnya hampir semua sama kok, di road noise yg kurang kedap dibandingkan rival di masing2 kelasnya menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
inspiroo
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 13 Jun 2017, 05:49
Location: Bandar Lampung
Daily Vehicle: Mitsubishi

Re: Share problem CRV Turbo

Post by inspiroo »

Saya pakai mulai April 2020. Andai noise nya bisa diatasi ini mobil yang sangat menyenangkan di jalan raya. Saya sedang berpikir untuk memasang peredam di semua sisi, dari gugling2 akhirnya mengerucut ke merk Visel. Menurut logika saya merk ini paling menjanjikan karena dia bisa diaplikasikan melekat erat (menyatu) ke plat body. ini sebuah solusi masuk akal karena menurut saya selain karena jenis tapak ban, hal yang signifikan membuat kabin berisik adalah akibat resonansi plat body yang tipis. Bagaimana menurut teman2 SMers?
wisnutomo15
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 16 Dec 2018, 09:03
Location: Brunei
Daily Vehicle: FJ Cruiser

Re: Share problem CRV Turbo

Post by wisnutomo15 »

inspiroo wrote:Saya pakai mulai April 2020. Andai noise nya bisa diatasi ini mobil yang sangat menyenangkan di jalan raya. Saya sedang berpikir untuk memasang peredam di semua sisi, dari gugling2 akhirnya mengerucut ke merk Visel. Menurut logika saya merk ini paling menjanjikan karena dia bisa diaplikasikan melekat erat (menyatu) ke plat body. ini sebuah solusi masuk akal karena menurut saya selain karena jenis tapak ban, hal yang signifikan membuat kabin berisik adalah akibat resonansi plat body yang tipis. Bagaimana menurut teman2 SMers?
Marek visel Ini nambah berat berapa ya ? Dan pemasangan di bagian mana aja ?
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: 06 Dec 2018, 13:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: Share problem CRV Turbo

Post by anadzir »

inspiroo wrote: 05 Feb 2021, 11:40 Saya pakai mulai April 2020. Andai noise nya bisa diatasi ini mobil yang sangat menyenangkan di jalan raya. Saya sedang berpikir untuk memasang peredam di semua sisi, dari gugling2 akhirnya mengerucut ke merk Visel. Menurut logika saya merk ini paling menjanjikan karena dia bisa diaplikasikan melekat erat (menyatu) ke plat body. ini sebuah solusi masuk akal karena menurut saya selain karena jenis tapak ban, hal yang signifikan membuat kabin berisik adalah akibat resonansi plat body yang tipis. Bagaimana menurut teman2 SMers?
Jadi pasang visel om? Gimana kesannya? Kebetulan tertarik juga
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: 09 Feb 2017, 13:54

Re: Share problem CRV Turbo

Post by gwsecretc »

Nice share om :big_exellent:

Untungnya saya ga ngalamin rem getar sejauh ini, ni mobil ortu yang sering pake.

Tapi kalo problem no 2, kita juga ga ngalamin kalo sampai muncul error di spido, tapi heran kalo di kickdown di d atau s pas rpm 3ribuan pasti kayak ada bunyi ngelitik dan tenaga hilang sesaat, kalo pakai mode manual masih aman. Om juga ngalamin kayak gini gak ya?

Dan soal road noise, udah emang ciri khas honda berisik om, padahal menurut saya peredam di pintu sudah lebih baik dibanding gen sebelumnya, tapi untuk road noise kayaknya masi sama aja.
scorpionz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: 10 May 2017, 23:00

Re: Share problem CRV Turbo

Post by scorpionz »

jessboy wrote:kayaknya masalah rem dan noise ini merupakan defect atau cacat produksi dari CRV turbo prestige
sedih dan prihatin ya mobil seharga 500jt ada masalah kayak gini
Kalau soal noise memang udah jadi ciri khas nya Honda om. Dan hampir semua line up sampai yang mahal pun sama aja.

Interior qualitynya juga... [emoji849][emoji849][emoji849][emoji849]
Yakril
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 17 Feb 2020, 11:22

Re: Share problem CRV Turbo

Post by Yakril »

Kira2 ada yg bs kasih rekomendasi utk pasang peredam di toko mana ya?dan brand nya?soalnya ini pertama kali nya saya mau pasang peredam di mobil dr dulu ga pernah soalnya...oh iya sama pasangnya utk dibagian mana aja ya?pintu dan kap mesin aja?
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: Share problem CRV Turbo

Post by hackers11 »

Yakril wrote:Kira2 ada yg bs kasih rekomendasi utk pasang peredam di toko mana ya?dan brand nya?soalnya ini pertama kali nya saya mau pasang peredam di mobil dr dulu ga pernah soalnya...oh iya sama pasangnya utk dibagian mana aja ya?pintu dan kap mesin aja?
Bantu jawab karena baru masang peredam. Toko audio sih referensi paling pas. Saya pernah kontak sunda motor(cabang cukup banyak) dan arcsaudione. Pasang akhirnya di arcsaudione tangerang.
Biaya 3,1jtan.
Dipasang di pintu dan dek mobil(dari bawah jok depan sampe belakang, atap exclude mencegah plafon ga dipasang dgn benar. Pk merek smartplast.
Kalo ga puas bisa 2 layer, lebih berat tp lebih kedap. 1 layer full peredam smartplast katanya max 30kg add, saya pk 28 lmbr
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: Share problem CRV Turbo

Post by evolution21 »

Yakril wrote: 07 Apr 2021, 07:21 Kira2 ada yg bs kasih rekomendasi utk pasang peredam di toko mana ya?dan brand nya?soalnya ini pertama kali nya saya mau pasang peredam di mobil dr dulu ga pernah soalnya...oh iya sama pasangnya utk dibagian mana aja ya?pintu dan kap mesin aja?
cari titik terlemahnya bagian mana coba pasang bagian disitu terlebih dahulu
contoh dulu di cx5 1st gen dan grandis
roadnoise besar
saya pasang peredam lantai full rapat dari depan sampai belakang plus spakbor, efeknya sangat terasa

berikutnya saya tembah bagian samping, efeknya tidak sebesar saat pasang di lantai

saya lupa pakai merk apa, tp warnanya merah. beratnya cukup ringan. ga sampe terasa mobil tambah berat
pasangnya ke bengkel audio
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11245
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Share problem CRV Turbo

Post by Omnibus »

sy msh ingat waktu msh karyawan di merk N lihat mobil diproduksi baru rangka mau masuk tungku utk bakar cat (paint stoving) pakai conveyor. suhunya 160°C. dan sebelumnya ditaruh tuh lembaran2 sound proofing ikut distoving bareng.

ngeliat produksinya kaya begitu, merk lain jg pasti mirip2 lah. padahal kenapa ga minta tambahan biaya ke customer yg mau biar ditambahin lembaran sound proofingnya ya. drpd abis mobil jadi hrs dibongkar2 lagi pasang diluaran. memang sih kl yg di door trim yg bolong2an nya itu harus manual pasangnya, kecuali yg nempel ke plat pintu luarnya bisa ikut stoving.
wisnutomo15
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 16 Dec 2018, 09:03
Location: Brunei
Daily Vehicle: FJ Cruiser

Re: Share problem CRV Turbo

Post by wisnutomo15 »

wisnutomo15 wrote:Tanpa ada maksud lain, cuma sharing sesama pemilik mengenai problem yang pernah dialami dan antisipasi nya
Data mobil: CRV turbo prestige keluaran September 2017 dan km per Jan 2020 adalah 38K

Problem yang pernah dialami

1. Rem getar.
- Gejala: sewaktu ngerem dengan kecepatan sedang/tinggi, akan terasa getar di Dashboard dan area Dashboard.
- Solusi: setelah dicek, kampas rem tebal, baut baut seputar rem juga kencang tapi disk brake nya ngga rata. Kemudian oleh beres dilakukan penghalusan (pembubutan?) bagian luar dalam dan problem hilang.

2. Indicator menyala semua tiba tiba pada saat kick Down
- Gejala: pada saat kickdown untuk menambah kecepatan di tol, ada gejala hilang napas (nge lag yang lebih lama dari biasanya) dan tiba tiba semua indikator menyala (mesin, oli, hand brake, VSC). Mobil masih bisa melaju tapi ketika rpm mencapai sekitar 2200-2400, terdengar suara ngeses dari kap mesin.
- Solusi: awalnya sempat khawatir turbo jebol (sesuai dengan kabar yang beredar di internet). Setelah dicek beres, ternyata ada selang/klep engine yang berpindah posisi/lepas yang mengakibatkan pembacaan sensor bermasalah (Terus terang masih kurang jelas juga penjelasan dari Service supervisor karena ngga ada foto). Setelah posisi klep diubah dan dikencangkan, kembali normal semua. Turbo dicek ngga ada masalah. Sebetulnya masih ngga habis pikir kenapa posisi selang/klep bisa berubah padahal ngga pernah sama sekali buka buka mesin sendiri.

3. Masalah klasik noise di kabin
- Gejala: suara ban mengganggu terutama pada kecepatan 110 kpj ke atas. Mengganggu ini dalam arti, suara music ngga bisa dinikmati sama sekali dan ngobrol musti agak ngegas supaya bisa saling dengar.
- Solusi: belum dilakukan, tapi rencana bakal pasang peredam di spakbor dan lantai. Estimasi biaya dari bengkel modifikasi sekitar 10 juta.

Selain itu, so far aman dan ngga ada issue lain. Yang saya sangat suka dari CRV turbo ini adalah keseimbangan antara Handling dan kenyamanan suspensi untuk kelas medium SUV.
Update: kekuatan cat nya agak mengecewakan
User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 325
Joined: 06 Oct 2017, 11:05

Re: Share problem CRV Turbo

Post by adiputra4 »

wisnutomo15 wrote: 25 Apr 2021, 22:10
wisnutomo15 wrote:Tanpa ada maksud lain, cuma sharing sesama pemilik mengenai problem yang pernah dialami dan antisipasi nya
Data mobil: CRV turbo prestige keluaran September 2017 dan km per Jan 2020 adalah 38K

Problem yang pernah dialami

1. Rem getar.
- Gejala: sewaktu ngerem dengan kecepatan sedang/tinggi, akan terasa getar di Dashboard dan area Dashboard.
- Solusi: setelah dicek, kampas rem tebal, baut baut seputar rem juga kencang tapi disk brake nya ngga rata. Kemudian oleh beres dilakukan penghalusan (pembubutan?) bagian luar dalam dan problem hilang.

2. Indicator menyala semua tiba tiba pada saat kick Down
- Gejala: pada saat kickdown untuk menambah kecepatan di tol, ada gejala hilang napas (nge lag yang lebih lama dari biasanya) dan tiba tiba semua indikator menyala (mesin, oli, hand brake, VSC). Mobil masih bisa melaju tapi ketika rpm mencapai sekitar 2200-2400, terdengar suara ngeses dari kap mesin.
- Solusi: awalnya sempat khawatir turbo jebol (sesuai dengan kabar yang beredar di internet). Setelah dicek beres, ternyata ada selang/klep engine yang berpindah posisi/lepas yang mengakibatkan pembacaan sensor bermasalah (Terus terang masih kurang jelas juga penjelasan dari Service supervisor karena ngga ada foto). Setelah posisi klep diubah dan dikencangkan, kembali normal semua. Turbo dicek ngga ada masalah. Sebetulnya masih ngga habis pikir kenapa posisi selang/klep bisa berubah padahal ngga pernah sama sekali buka buka mesin sendiri.

3. Masalah klasik noise di kabin
- Gejala: suara ban mengganggu terutama pada kecepatan 110 kpj ke atas. Mengganggu ini dalam arti, suara music ngga bisa dinikmati sama sekali dan ngobrol musti agak ngegas supaya bisa saling dengar.
- Solusi: belum dilakukan, tapi rencana bakal pasang peredam di spakbor dan lantai. Estimasi biaya dari bengkel modifikasi sekitar 10 juta.

Selain itu, so far aman dan ngga ada issue lain. Yang saya sangat suka dari CRV turbo ini adalah keseimbangan antara Handling dan kenyamanan suspensi untuk kelas medium SUV.
Update: kekuatan cat nya agak mengecewakan
Mengecewakan kenapa om?
wisnutomo15
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 16 Dec 2018, 09:03
Location: Brunei
Daily Vehicle: FJ Cruiser

Re: Share problem CRV Turbo

Post by wisnutomo15 »

adiputra4 wrote:
wisnutomo15 wrote: 25 Apr 2021, 22:10
wisnutomo15 wrote:Tanpa ada maksud lain, cuma sharing sesama pemilik mengenai problem yang pernah dialami dan antisipasi nya
Data mobil: CRV turbo prestige keluaran September 2017 dan km per Jan 2020 adalah 38K

Problem yang pernah dialami

1. Rem getar.
- Gejala: sewaktu ngerem dengan kecepatan sedang/tinggi, akan terasa getar di Dashboard dan area Dashboard.
- Solusi: setelah dicek, kampas rem tebal, baut baut seputar rem juga kencang tapi disk brake nya ngga rata. Kemudian oleh beres dilakukan penghalusan (pembubutan?) bagian luar dalam dan problem hilang.

2. Indicator menyala semua tiba tiba pada saat kick Down
- Gejala: pada saat kickdown untuk menambah kecepatan di tol, ada gejala hilang napas (nge lag yang lebih lama dari biasanya) dan tiba tiba semua indikator menyala (mesin, oli, hand brake, VSC). Mobil masih bisa melaju tapi ketika rpm mencapai sekitar 2200-2400, terdengar suara ngeses dari kap mesin.
- Solusi: awalnya sempat khawatir turbo jebol (sesuai dengan kabar yang beredar di internet). Setelah dicek beres, ternyata ada selang/klep engine yang berpindah posisi/lepas yang mengakibatkan pembacaan sensor bermasalah (Terus terang masih kurang jelas juga penjelasan dari Service supervisor karena ngga ada foto). Setelah posisi klep diubah dan dikencangkan, kembali normal semua. Turbo dicek ngga ada masalah. Sebetulnya masih ngga habis pikir kenapa posisi selang/klep bisa berubah padahal ngga pernah sama sekali buka buka mesin sendiri.

3. Masalah klasik noise di kabin
- Gejala: suara ban mengganggu terutama pada kecepatan 110 kpj ke atas. Mengganggu ini dalam arti, suara music ngga bisa dinikmati sama sekali dan ngobrol musti agak ngegas supaya bisa saling dengar.
- Solusi: belum dilakukan, tapi rencana bakal pasang peredam di spakbor dan lantai. Estimasi biaya dari bengkel modifikasi sekitar 10 juta.

Selain itu, so far aman dan ngga ada issue lain. Yang saya sangat suka dari CRV turbo ini adalah keseimbangan antara Handling dan kenyamanan suspensi untuk kelas medium SUV.
Update: kekuatan cat nya agak mengecewakan
Mengecewakan kenapa om?
Gampang keangkat kalau pakai cairan wax (saya pakai turtle wax). Cairan yang sama saya aplikasikan ke mobil saya yang lain dengan metoda yang sama ngga ada efek merusak.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Share problem CRV Turbo

Post by benzz89 »

wisnutomo15 wrote:
adiputra4 wrote:
wisnutomo15 wrote: 25 Apr 2021, 22:10 Update: kekuatan cat nya agak mengecewakan
Mengecewakan kenapa om?
Gampang keangkat kalau pakai cairan wax (saya pakai turtle wax). Cairan yang sama saya aplikasikan ke mobil saya yang lain dengan metoda yang sama ngga ada efek merusak.
Wax malah menambah lapisan diatas clear coat cat, secara logika tidak akan mengikis clear coat + cat nya.

Kalau compound mungkin iya bisa mengikis clear coat, yang apabila diteruskan, juga akan mengikis cat nya. Compound ada yang hard & soft sebabnya & juga tergantung pengaplikasiannya.

Mobil2 jaman now sudah umum clear coat & cat nya tifis... buat cost reduction & cuan setinggi2nya. Yang penting keluar pabrik sudah ada warnanya, kecuali yang CBU & merek2 yang lebih premium mungkin masih lebih baik kualitas catnya. Imho
Yakril
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 17 Feb 2020, 11:22

Re: Share problem CRV Turbo

Post by Yakril »

Utk crv yg facelift gmn ya kira2 noise nya apa sudah berkurang?kalo perlu dipasang peredam lagi bisa di rekomen merk dan tmpt pasang nya dmn?nyari yg bagus dan ramah di kantong nih utk peredam
jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 394
Joined: 20 May 2014, 18:41

Re: Share problem CRV Turbo

Post by jakanjc »

Yakril wrote: 29 Apr 2021, 09:26 Utk crv yg facelift gmn ya kira2 noise nya apa sudah berkurang?kalo perlu dipasang peredam lagi bisa di rekomen merk dan tmpt pasang nya dmn?nyari yg bagus dan ramah di kantong nih utk peredam
Share dikit impresi crv prest facelift saya baru dikirim 5 hari yang lalu, sampai hari ini baru saya pakai sekitar 100 km rute deket2 rumah aja krn nopol&stnk baru keluar besok.
Sabtu siang mobil dateng, malemnya saya test drive langsung ke tol brigif-Antasari yang 90% jalannya cor2an. Sebelumnya pernah naik crv prest temen thn 2018, road noisenya mulai masuk di speed 65 kmh dan ketika macet2an kota jakarta suara dari sekitar mobil cukup masuk di rute yang sama.
Di crv facelift ini yang saya rasakan, ada improvement khususnya di peredam pintu. Asli ini sih berasa lebih kedap dibanding pre-facelift, pas nutup pintu juga berasa lebih dep mantep&berat. Nah buat road noise, ketika di tol tetep kecepatan diatas 90 kmh suara ban mulai masuk, saya sendiri baru coba top speed di 120 blm berani geber2. Untungnya kualitas suara audio di facelift ini improve jauh dibanding yang pre facelift, jadi yaa tertutupi dgn kualitas suara audio yang suaranya lebih ok.
Sisanya secara feel nyetir & bantingannya sama aja dgn yg pre-facelift.
Oh yaa saya udah nanya2 utk peredam harganya sgt bervariasi tergantung bahan peredam itu sendiri. Rencana saya mau pasang di sekitar spakbor roda saja, kemarin nanya di salah satu toko audio mgk kalo 1 layer kena 2600, 2 layer 5200 pake bahan khusus buat spakbor katanya bukan peredam aspal, kalo peredam aspal lebih murah tapi lebih berat.
Minusnya di crv facelift ini yaa tetep di build quality ahond kerawang sih sih🥲, so far interior aman gaada bunyi2 aneh atau cacat, mudah2an kedepannya juga sama.
Yang mengecewakan gap2 di antar panel body. Gap kap mesin antara fender kiri kanan ga presisi, terus pintu bagasi gap sebelah kiri lebih besar dibanding sebelah kanan(bisa dilihat difoto). Pas serah terima saya cmn sindir ke salesnya ‘ini kaya mobil bekas kecelakaan mas garis2 panel bodynya pada ga ketemu’😂. Berikut fotonya
Attachments
8C37978B-DD13-449F-B491-346C154B6D7C.jpeg
8C37978B-DD13-449F-B491-346C154B6D7C.jpeg (481.09 KiB) Viewed 6751 times
8D6D46C3-F156-43AA-AA23-248EA2EA6375.jpeg
8D6D46C3-F156-43AA-AA23-248EA2EA6375.jpeg (614.9 KiB) Viewed 6751 times
'You can go fast, But I can go anywhere'
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: 27 Sep 2012, 04:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Share problem CRV Turbo

Post by Leonhart »

jakanjc wrote: 29 Apr 2021, 10:33
Yakril wrote: 29 Apr 2021, 09:26 Utk crv yg facelift gmn ya kira2 noise nya apa sudah berkurang?kalo perlu dipasang peredam lagi bisa di rekomen merk dan tmpt pasang nya dmn?nyari yg bagus dan ramah di kantong nih utk peredam
Share dikit impresi crv prest facelift saya baru dikirim 5 hari yang lalu, sampai hari ini baru saya pakai sekitar 100 km rute deket2 rumah aja krn nopol&stnk baru keluar besok.
Sabtu siang mobil dateng, malemnya saya test drive langsung ke tol brigif-Antasari yang 90% jalannya cor2an. Sebelumnya pernah naik crv prest temen thn 2018, road noisenya mulai masuk di speed 65 kmh dan ketika macet2an kota jakarta suara dari sekitar mobil cukup masuk di rute yang sama.
Di crv facelift ini yang saya rasakan, ada improvement khususnya di peredam pintu. Asli ini sih berasa lebih kedap dibanding pre-facelift, pas nutup pintu juga berasa lebih dep mantep&berat. Nah buat road noise, ketika di tol tetep kecepatan diatas 90 kmh suara ban mulai masuk, saya sendiri baru coba top speed di 120 blm berani geber2. Untungnya kualitas suara audio di facelift ini improve jauh dibanding yang pre facelift, jadi yaa tertutupi dgn kualitas suara audio yang suaranya lebih ok.
Sisanya secara feel nyetir & bantingannya sama aja dgn yg pre-facelift.
Oh yaa saya udah nanya2 utk peredam harganya sgt bervariasi tergantung bahan peredam itu sendiri. Rencana saya mau pasang di sekitar spakbor roda saja, kemarin nanya di salah satu toko audio mgk kalo 1 layer kena 2600, 2 layer 5200 pake bahan khusus buat spakbor katanya bukan peredam aspal, kalo peredam aspal lebih murah tapi lebih berat.
Minusnya di crv facelift ini yaa tetep di build quality ahond kerawang sih sih🥲, so far interior aman gaada bunyi2 aneh atau cacat, mudah2an kedepannya juga sama.
Yang mengecewakan gap2 di antar panel body. Gap kap mesin antara fender kiri kanan ga presisi, terus pintu bagasi gap sebelah kiri lebih besar dibanding sebelah kanan(bisa dilihat difoto). Pas serah terima saya cmn sindir ke salesnya ‘ini kaya mobil bekas kecelakaan mas garis2 panel bodynya pada ga ketemu’😂. Berikut fotonya

Sorry om mgkin efek karet pintu blm gepeng aja
Jd serasa lbh kedap
Klo karet pintu masih bulet dan nutup pintu masih hrs agak dibanting itu emang kedap om

Lama2 berkurang kedapnya klo karet pintu udah gepeng
Dan pas nutup pintu pelan aja udah rapet nutupnya

Soal audio jg itu efek kedap td serasa lbh bgus
Sebenernya speaker pre fl dan post fl itu sama

Tapi processor di HU panasonic pre fl lebih nendang bassnya daripada yg facelift

Klo treble sich sama2 aja
Cuma klo fitur di HU facelift improve jauh
Trus intergrated sama settingan mobil

Jd gak bisa diganti, plgan nambah processor aja

Klo di bengkel audio hu yg pre fl masih cukup ngangkat processornya cukup tambah subwoofer
Ganti speaker
Sama pasang amplifier aja

Klo mau budget saving processor di HU panasonic msh cukup
Tp kualitas speakernya yg emang jelek bgt kt tuner audio

Klo yg fl kt tuner audio speaker sama aja
Tp processor di HU yg fl lbh kurang nendang daripada yg panasonic

Tp fitur lengkap sama settingan intergrated jd harus pasang processor gk bs diganti
Klo gk pasang processor gk maximal katanya


Jd ane simpulkan sendiri

hu panasonic pre fl fitur sangat kurang
Cenderung suka hang / error tp sound proceessor mendingan


Hu fl fitur cukup bagus dan settingan mobil intergrated ama HU
Lalu tidak suka Hang / Error
Tapi sound processor agak sedikit dibawah panasonic


Klo ane pribadi ttp milih yg fl sich
Downside HU nya mudah di obatin pake processor tambahan


Klo HU pre fl biarpun processor lbh bagus
Tp klo fitur minim ditambah suka hang ya buat apa ? Haha
doen
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 29 Apr 2021, 22:02
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Crv turbo 2018

Re: Share problem CRV Turbo

Post by doen »

om" semua saya rencana mau ganti ban, radiator, oli cvt, oli mesin karena sudah 40rb km. ada rekomendasi yang bagus. untuk ban yg lebih low noise. skrng ban bt dueler. mobil sy crv turbo 2018
User avatar
puck
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 02 Jul 2009, 13:08

Re: Share problem CRV Turbo

Post by puck »

salam kenal om, saya user crv turbo tahun 2018 skrg km 55ribu, mayan lah sering muter-muter. problem yang paling menggaggu kurlen sama yang kaya diatas :
1. rem geter --> udah pernah dibubut pas km 30rban juga tapi masih sering nongol, apalagi kalo braking lumayan kenceng di tol, mungkin mo dibubut lagi ntar

2. --> noise ban, udah dituker2 setiap service balancing ttp aja keluar, keliatannya makan separo bannya. akhirnya kmren ganti ban pake uc6 langsung senyap, buat jaga2 sekalian spooring dan finish balance. gw rasa sangat worth naikin ke uc6 pas ganti, walopun treadware mungkin gak seawet dueller hl33.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4562
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Share problem CRV Turbo

Post by Pboyz97 »

jakanjc wrote: 29 Apr 2021, 10:33
Yakril wrote: 29 Apr 2021, 09:26 Utk crv yg facelift gmn ya kira2 noise nya apa sudah berkurang?kalo perlu dipasang peredam lagi bisa di rekomen merk dan tmpt pasang nya dmn?nyari yg bagus dan ramah di kantong nih utk peredam
Share dikit impresi crv prest facelift saya baru dikirim 5 hari yang lalu, sampai hari ini baru saya pakai sekitar 100 km rute deket2 rumah aja krn nopol&stnk baru keluar besok.
Sabtu siang mobil dateng, malemnya saya test drive langsung ke tol brigif-Antasari yang 90% jalannya cor2an. Sebelumnya pernah naik crv prest temen thn 2018, road noisenya mulai masuk di speed 65 kmh dan ketika macet2an kota jakarta suara dari sekitar mobil cukup masuk di rute yang sama.
Di crv facelift ini yang saya rasakan, ada improvement khususnya di peredam pintu. Asli ini sih berasa lebih kedap dibanding pre-facelift, pas nutup pintu juga berasa lebih dep mantep&berat. Nah buat road noise, ketika di tol tetep kecepatan diatas 90 kmh suara ban mulai masuk, saya sendiri baru coba top speed di 120 blm berani geber2. Untungnya kualitas suara audio di facelift ini improve jauh dibanding yang pre facelift, jadi yaa tertutupi dgn kualitas suara audio yang suaranya lebih ok.
Sisanya secara feel nyetir & bantingannya sama aja dgn yg pre-facelift.
Oh yaa saya udah nanya2 utk peredam harganya sgt bervariasi tergantung bahan peredam itu sendiri. Rencana saya mau pasang di sekitar spakbor roda saja, kemarin nanya di salah satu toko audio mgk kalo 1 layer kena 2600, 2 layer 5200 pake bahan khusus buat spakbor katanya bukan peredam aspal, kalo peredam aspal lebih murah tapi lebih berat.
Minusnya di crv facelift ini yaa tetep di build quality ahond kerawang sih sih🥲, so far interior aman gaada bunyi2 aneh atau cacat, mudah2an kedepannya juga sama.
Yang mengecewakan gap2 di antar panel body. Gap kap mesin antara fender kiri kanan ga presisi, terus pintu bagasi gap sebelah kiri lebih besar dibanding sebelah kanan(bisa dilihat difoto). Pas serah terima saya cmn sindir ke salesnya ‘ini kaya mobil bekas kecelakaan mas garis2 panel bodynya pada ga ketemu’😂. Berikut fotonya
congrats om buat mobil barunya. kebetulan saya pengguna crv turbo prestige pfl 2019. kebetulan udh pernah liat langsung dan test drive (walaupun jarak pendek) yg fl nya. impresinya ya cukup improve dari segi road noise, kualitas audio dan fiturnya dibanding yg pfl. kalo yg audio mah gausah ditanya, punya saya mah kualitasnya bapuk abis, biarpun udh ditambahin procesor sm speaker venom :big_biglaugh: . pengen rasanya saya ganti itu HU bawaannya, cuma masih blm nemu waktu yg pas. dan saya setuju dengan yg saya bold. gap2nya gaada bedanya ya sama yg pfl. masih sama aja kualitasnya. punya saya juga gitu soalnya. panel gap2 di body ada beberapa yg ga presisi, terutama bagian pintu bagasinya. even sm xpander yg harganya lebih murah pun, panel gapnya lebih presisi di xpander menurut saya daripada crv turbo ini . karena kebetulan saya dulu pernah punya xpander 2017 wkkw
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post