tekanan ban ideal

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

kikko
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue May 16, 2017 11:54
Location: java
Daily Vehicle: daihatsu

tekanan ban ideal

Post by kikko »

siang suhu semua,
sdh lama hal ini menggelitik dlm pikiran saya. skrg coba saya utarakan sekalian berbagi pikiran disini.
kalau saya perhatikan ban :
honda crv gen 3 : 225/65 r17 tekanan ban di manual book :30psi dlm keadaan dingin
sdgkan cx5 sama2 : 225/65 r17 panduannya pakai 33psi muatan sedikit, kl full penumpang : 38-41psi

kenapa ban sama tp rekomendasi tekanan nya berbeda. mungkin ada masukan suhu disini
trima kasih sebelumnya
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: tekanan ban ideal

Post by qushay20019 »

Bukan suhu, tapi coba jawab aja om.
Ada beberapa faktor yg bisa membedakan, misalnya:
- Bobot/ berat kendaraan
- Konstruksi/ komposisi ban dari merek & tipe yg berbeda kadang menentukan jenis & jumlah lapisan pada ban, jenis karet yg dipakai, dll
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: tekanan ban ideal

Post by aabx »

Coba bantu jawab dari sisi orang awam, pertanyaan yang menarik karena secara spek bobot (brosur) kedua mobil tersebut sangat mirip. Menurut saya selain bobot bisa juga dari konstruksi suspensi, sudut main ban, spring rate, damping shock, material bushing (yap, bushing karet itu ada spring rate nya).

Saya punya contoh lain, honda jazz GE8 vs jazz GK5, ukuran ban velg sama, bobot mirip, sudut2 suspensi mirip banget, di GE tekanan ideal F32 R30, di GK5 F32 R33. Dari tebakan sotoy saya, bisa aja di GK5 udah diimprove agar ada bobot yang agak ke belakang atau untuk akomodir spring rate dan keras empuknya shock. Kedua jazz ini emang beda banget karakter ngayunnya GE8 sangat sporty, GK5 menurut saya terlalu soft.

Banyak faktor lain yang menurut saya jadi perhitungan, chassis rigidity, camber gain, dll dsb dsb. Kalau saya percaya aja deh sama pabrikan, mereka yang paling tau soal mobil yang mereka bikin dan pasarin, risetnya gak main2. Ini berlaku juga buat kasus dari om TS dimana CRV gak cantumin tekanan untuk full load, kalau bawa beban masih sesuai batas aman pabrikan (kalau gak salah spek berat kotor) seharusnya gak ada masalah karena sudah diperhitungkan. Kalau masih ragu, saya juga pernah baca teori dimana kalau bawa beban full load, ban belakang boleh diisi sampai 90% dari tekanan maksimum yang tercantum di dinding ban. Misal max pressure tercantum 50psi, ban bisa diisi tekanan 45psi.

Disclaimer: saya cuma hobi mobil tapi gak punya background teknik. Jika ada yang salah dengan tebak2an sotoy saya, dengan senang hati saya minta koreksinya. :big_peace:

:off_bored: :off_bored:
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: tekanan ban ideal

Post by paidjho »

Nyubie ikut urun rembug...

Coba check load & speed rating ban di crv vs cx5, kemungkinan berbeda...

Secara umum pabrikan menentukan std tekanan ban di tire plackat di pintu:
1. Beban thd ban, beban dari kendaraan, penumpang, barang. Semakin berat, pressure bertambah.
2. Std kecepatan normal di jalan raya. Kecepatan semakin tinggi, tekanan bertambah dari batas kecepatan tertentu 1.5 psi setiap 10kpj

External Temperatur dilakukan adjustment lagi, akan tetapi tidak terlalu banyak.

Belum bicara towing, Mud, sand, snow yaa...

Contoh: speed rating V & load rating 100
Screenshot_20190413-005746~2.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
daretojazz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sat Jun 21, 2008 3:37

Re: tekanan ban ideal

Post by daretojazz »

Sekalian nanya pendapat temen 2 di sini. Tekanan angin ban yg tercantum di petunjuk kan asumsi nya pake angin biasa yg bakal mengembang (bertambah) saat temperatur ban meningkat.
Berarti kalo pake Nitrogen harus dilebihin donk? Kan Nitrogen tekanan nya ngak berubah.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: tekanan ban ideal

Post by qushay20019 »

daretojazz wrote: Fri Apr 12, 2019 20:07 Sekalian nanya pendapat temen 2 di sini. Tekanan angin ban yg tercantum di petunjuk kan asumsi nya pake angin biasa yg bakal mengembang (bertambah) saat temperatur ban meningkat.
Berarti kalo pake Nitrogen harus dilebihin donk? Kan Nitrogen tekanan nya ngak berubah.
Sama aja kok setau ane, soalnya kan “angin biasa” alias udara atmosfer alias udara yg kita hirup itu kandungan nitrogennya udah 78-79%. Jadi kalo soal tekanan pada ban kendaraan, gak perlu dibedain. KECUALI mungkin kalo om turun di ajang balap, nah itu lain soal
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: tekanan ban ideal

Post by Pugman »

kikko wrote: Fri Apr 12, 2019 7:49 siang suhu semua,
sdh lama hal ini menggelitik dlm pikiran saya. skrg coba saya utarakan sekalian berbagi pikiran disini.
kalau saya perhatikan ban :
honda crv gen 3 : 225/65 r17 tekanan ban di manual book :30psi dlm keadaan dingin
sdgkan cx5 sama2 : 225/65 r17 panduannya pakai 33psi muatan sedikit, kl full penumpang : 38-41psi

kenapa ban sama tp rekomendasi tekanan nya berbeda. mungkin ada masukan suhu disini
trima kasih sebelumnya
Nah itu sudah banyak dijawab oleh suhu-suhu di atas, saya hanya sedikit menambahkan. Umumnya maximum pressure Ban itu sekitar 50psi, perbedaan tekanan oleh pabrikan biasanya karena mencari titik optimal antara kenyamanan, handling dan maintenance cost.
Tekanan angin ini sepele tapi sebenarnya sudah melalui riset yang panjang terkait.
1. Bobot kendaraan
2. Konstruksi Suspensi
3. Ground Clearance
4. Max Payload
5. Vehicle speed rating
6. Downforce

Bahkan ada di Balapan Moto2, pembalap Fabio Quartararo ini sudah menang balap tapi harus di diskualifikasi gara-gara tekanan angin bannya kurang 0.3psi, Apa ga nyesek tuh?

Kalau dari pengalaman saya, dari mobil yang sehari-hari saya pakai 406 dan Mazda8, meski beda ukuran ban tapi beda setting tekanan ban terasa, di 406 saya isi 33psi sudah terasa keras dan biasanya saya isi 28-29psi, tapi di Mazda8 33psi masih biasa saja.
Kalau di motor matic saya isi ban depan 30psi dan belakang 33psi itu sudah terasa keras, tapi di MxKing yang ukuran ban lebih besar, saya isi sampai 35psi masih nyaman, tapi ban jadi sedikit terasa licin karena area kontak ke jalan jadi lebih sedikit, begitu juga kalau tekanannya kurang, selain jadi berat, juga terasa ga stabil kalau nikung karena dinding ban jadi meliuk ga kuat nahan beban
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: tekanan ban ideal

Post by Pugman »

daretojazz wrote: Fri Apr 12, 2019 20:07 Sekalian nanya pendapat temen 2 di sini. Tekanan angin ban yg tercantum di petunjuk kan asumsi nya pake angin biasa yg bakal mengembang (bertambah) saat temperatur ban meningkat.
Berarti kalo pake Nitrogen harus dilebihin donk? Kan Nitrogen tekanan nya ngak berubah.
qushay20019 wrote: Fri Apr 12, 2019 23:35
daretojazz wrote: Fri Apr 12, 2019 20:07 Sekalian nanya pendapat temen 2 di sini. Tekanan angin ban yg tercantum di petunjuk kan asumsi nya pake angin biasa yg bakal mengembang (bertambah) saat temperatur ban meningkat.
Berarti kalo pake Nitrogen harus dilebihin donk? Kan Nitrogen tekanan nya ngak berubah.
Sama aja kok setau ane, soalnya kan “angin biasa” alias udara atmosfer alias udara yg kita hirup itu kandungan nitrogennya udah 78-79%. Jadi kalo soal tekanan pada ban kendaraan, gak perlu dibedain. KECUALI mungkin kalo om turun di ajang balap, nah itu lain soal
Nah itu udah dijelaskan om qushay20019
Kandungan udara bebas
78% Nitrogen
20.9% Oksigen
0.9% Argon
0.04% CO2
Dan bahan lain hingga 100%

Kompresor udara tanpa purifier untuk gas tertentu dimanapun akan mengambil komposisi gas tersebut, yang membedakan kualitas udaranya adalah kandungan air. Karena saya jarang lihat kompresor angin buat ban yang pakai Dryer.
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: tekanan ban ideal

Post by Boeds »

Pugman wrote:
kikko wrote: Fri Apr 12, 2019 7:49 siang suhu semua,
sdh lama hal ini menggelitik dlm pikiran saya. skrg coba saya utarakan sekalian berbagi pikiran disini.
kalau saya perhatikan ban :
honda crv gen 3 : 225/65 r17 tekanan ban di manual book :30psi dlm keadaan dingin
sdgkan cx5 sama2 : 225/65 r17 panduannya pakai 33psi muatan sedikit, kl full penumpang : 38-41psi

kenapa ban sama tp rekomendasi tekanan nya berbeda. mungkin ada masukan suhu disini
trima kasih sebelumnya
Nah itu sudah banyak dijawab oleh suhu-suhu di atas, saya hanya sedikit menambahkan. Umumnya maximum pressure Ban itu sekitar 50psi, perbedaan tekanan oleh pabrikan biasanya karena mencari titik optimal antara kenyamanan, handling dan maintenance cost.
Tekanan angin ini sepele tapi sebenarnya sudah melalui riset yang panjang terkait.
1. Bobot kendaraan
2. Konstruksi Suspensi
3. Ground Clearance
4. Max Payload
5. Vehicle speed rating
6. Downforce

Bahkan ada di Balapan Moto2, pembalap Fabio Quartararo ini sudah menang balap tapi harus di diskualifikasi gara-gara tekanan angin bannya kurang 0.3psi, Apa ga nyesek tuh?

Kalau dari pengalaman saya, dari mobil yang sehari-hari saya pakai 406 dan Mazda8, meski beda ukuran ban tapi beda setting tekanan ban terasa, di 406 saya isi 33psi sudah terasa keras dan biasanya saya isi 28-29psi, tapi di Mazda8 33psi masih biasa saja.
Kalau di motor matic saya isi ban depan 30psi dan belakang 33psi itu sudah terasa keras, tapi di MxKing yang ukuran ban lebih besar, saya isi sampai 35psi masih nyaman, tapi ban jadi sedikit terasa licin karena area kontak ke jalan jadi lebih sedikit, begitu juga kalau tekanannya kurang, selain jadi berat, juga terasa ga stabil kalau nikung karena dinding ban jadi meliuk ga kuat nahan beban
Serius om karena 0.3 psi ? 0.3 psi itu sangat keci utk bisa berdampak. Kalo 0.3 bar lumayan.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: tekanan ban ideal

Post by Pugman »

Boeds wrote: Sat Apr 13, 2019 11:45
Pugman wrote:
kikko wrote: Fri Apr 12, 2019 7:49 siang suhu semua,
sdh lama hal ini menggelitik dlm pikiran saya. skrg coba saya utarakan sekalian berbagi pikiran disini.
kalau saya perhatikan ban :
honda crv gen 3 : 225/65 r17 tekanan ban di manual book :30psi dlm keadaan dingin
sdgkan cx5 sama2 : 225/65 r17 panduannya pakai 33psi muatan sedikit, kl full penumpang : 38-41psi

kenapa ban sama tp rekomendasi tekanan nya berbeda. mungkin ada masukan suhu disini
trima kasih sebelumnya
Nah itu sudah banyak dijawab oleh suhu-suhu di atas, saya hanya sedikit menambahkan. Umumnya maximum pressure Ban itu sekitar 50psi, perbedaan tekanan oleh pabrikan biasanya karena mencari titik optimal antara kenyamanan, handling dan maintenance cost.
Tekanan angin ini sepele tapi sebenarnya sudah melalui riset yang panjang terkait.
1. Bobot kendaraan
2. Konstruksi Suspensi
3. Ground Clearance
4. Max Payload
5. Vehicle speed rating
6. Downforce

Bahkan ada di Balapan Moto2, pembalap Fabio Quartararo ini sudah menang balap tapi harus di diskualifikasi gara-gara tekanan angin bannya kurang 0.3psi, Apa ga nyesek tuh?

Kalau dari pengalaman saya, dari mobil yang sehari-hari saya pakai 406 dan Mazda8, meski beda ukuran ban tapi beda setting tekanan ban terasa, di 406 saya isi 33psi sudah terasa keras dan biasanya saya isi 28-29psi, tapi di Mazda8 33psi masih biasa saja.
Kalau di motor matic saya isi ban depan 30psi dan belakang 33psi itu sudah terasa keras, tapi di MxKing yang ukuran ban lebih besar, saya isi sampai 35psi masih nyaman, tapi ban jadi sedikit terasa licin karena area kontak ke jalan jadi lebih sedikit, begitu juga kalau tekanannya kurang, selain jadi berat, juga terasa ga stabil kalau nikung karena dinding ban jadi meliuk ga kuat nahan beban
Serius om karena 0.3 psi ? 0.3 psi itu sangat keci utk bisa berdampak. Kalo 0.3 bar lumayan.
Yups bener Om, actually beritanya seh 0.02 bar saya konversi jadi 0.3psi karena yang umum dipakai orang disini. Karena yang pakai Satuan Bar biasanya orang pabrik Hehehe..

Ini pembahasannya:
https://tmcblog.com/2018/10/21/kenapa-t ... tegi-2018/

:mky_01:
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: tekanan ban ideal

Post by paidjho »

qushay20019 wrote:
daretojazz wrote: Fri Apr 12, 2019 20:07 Sekalian nanya pendapat temen 2 di sini. Tekanan angin ban yg tercantum di petunjuk kan asumsi nya pake angin biasa yg bakal mengembang (bertambah) saat temperatur ban meningkat.
Berarti kalo pake Nitrogen harus dilebihin donk? Kan Nitrogen tekanan nya ngak berubah.
Sama aja kok setau ane, soalnya kan “angin biasa” alias udara atmosfer alias udara yg kita hirup itu kandungan nitrogennya udah 78-79%. Jadi kalo soal tekanan pada ban kendaraan, gak perlu dibedain. KECUALI mungkin kalo om turun di ajang balap, nah itu lain soal
Sesuai rekomendasi pabrik aja dah cukup... Mau kenceng seberapa dan kita kan gak akan balapan.

Kalau di bawah 160 kpj ya sesuai rekomendasi, kalau diatas nya pun, pressure naik krn panas.

Pengalaman, pengamatan dari tpms, selama ini pake angin biasa, cruising di cipali siang2 panas terik, pressure naik 3-4 psi di jalan aspal, naik 4-5 psi di jalan cor.

Malam dalkot, naik 1 psi an.


Gak usah pusing Om, yg penting sering2 check pressure aja, minimum tiap bulan aja.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: tekanan ban ideal

Post by marmut »

ideal menurut sapa dulu? kalo saya selalu kasih tekanan maksimal yang tertera di ban, supaya bensin irit.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: tekanan ban ideal

Post by qushay20019 »

marmut wrote: Sat Apr 13, 2019 14:07 ideal menurut sapa dulu? kalo saya selalu kasih tekanan maksimal yang tertera di ban, supaya bensin irit.
apa gak kuatir ban jadi ketipisan di tengah om?
Soalnya ane pernah tambalin ban teman di parkiran kantor. Yang masuk itu baut 10 cm yang sama sekali gak tajem. Pas ngobrol2 ternyata beliau suka ngisi 45an psi, padahal standarnya 33 psi doang. Jadi ane curiga tuh baut super tumpul bisa masuk krn bannya udah makan tengah, padahal makenya dueler yg keras
User avatar
NewMarine
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Wed Aug 02, 2017 4:51
Location: Boyolali, Jawa Tengah
Daily Vehicle: ANPS Dakar 2017

Re: tekanan ban ideal

Post by NewMarine »

Pengalaman saya dulu punya Honda Freed selalu saya isi angin sesuai tekanan rekomendasi 30. Ban bawaan dunlop sejak baru. Tapi menginjak 3 tahun, ada 3 ban yg retak dindingnya (side wall). Dan musti ganti. Mobil selalu diisi 2 dewasa dan 2 anak. Jalan yg sering dilewati aspal mulus. Cuma sedikit aja yg jalan aspal keriting pas masuk gang sekolahan. Mobil digunakan utk antar jemput anak saya sekolah. Gaya menyetir istri selalu pelan dan halus. Ga pernah melibas lubang. Mobil kondisi standar pabrik.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: tekanan ban ideal

Post by Jambangan »

Sienta ane selalu ane isi sesuai rekomendasi pabrikan 36 psi
Tapi bantingan jadi keras bgt
Interior jadi ratling gara2 sering kena jalan rusak pake tekanan 36 psi
Mau ane turunin jadi 30 psi tapi ntar ban cepat rusak :big_think:
Profil ban tipis bgt sih 195/50R16 :big_dunno:
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: tekanan ban ideal

Post by supriyadi »

Lipina 2014 depan 33 belakang 35. Kalau full muatan depan 35 belakang 38. Pernah isi berdua sama istri depan 35 belakang 38, gedubrakan jadinya
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: tekanan ban ideal

Post by marmut »

qushay20019 wrote: Sat Apr 13, 2019 22:09
apa gak kuatir ban jadi ketipisan di tengah om?
Soalnya ane pernah tambalin ban teman di parkiran kantor. Yang masuk itu baut 10 cm yang sama sekali gak tajem. Pas ngobrol2 ternyata beliau suka ngisi 45an psi, padahal standarnya 33 psi doang. Jadi ane curiga tuh baut super tumpul bisa masuk krn bannya udah makan tengah, padahal makenya dueler yg keras

sejauh ini aman saja, seminggu 2x saya periksa tekanan angin dan permukaan telapaknya. ukuran ban 195/50-16 kepunyaan sienta.
memang untuk ban belakang 5 psi lebih rendah dari ban depan karena hampir nggak pernah bawa beban / muatan.
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: tekanan ban ideal

Post by ZEXELGRIFONE »

paidjho wrote: Sat Apr 13, 2019 13:00
qushay20019 wrote:
daretojazz wrote: Fri Apr 12, 2019 20:07 Sekalian nanya pendapat temen 2 di sini. Tekanan angin ban yg tercantum di petunjuk kan asumsi nya pake angin biasa yg bakal mengembang (bertambah) saat temperatur ban meningkat.
Berarti kalo pake Nitrogen harus dilebihin donk? Kan Nitrogen tekanan nya ngak berubah.
Sama aja kok setau ane, soalnya kan “angin biasa” alias udara atmosfer alias udara yg kita hirup itu kandungan nitrogennya udah 78-79%. Jadi kalo soal tekanan pada ban kendaraan, gak perlu dibedain. KECUALI mungkin kalo om turun di ajang balap, nah itu lain soal
Sesuai rekomendasi pabrik aja dah cukup... Mau kenceng seberapa dan kita kan gak akan balapan.

Kalau di bawah 160 kpj ya sesuai rekomendasi, kalau diatas nya pun, pressure naik krn panas.

Pengalaman, pengamatan dari tpms, selama ini pake angin biasa, cruising di cipali siang2 panas terik, pressure naik 3-4 psi di jalan aspal, naik 4-5 psi di jalan cor.

Malam dalkot, naik 1 psi an.


Gak usah pusing Om, yg penting sering2 check pressure aja, minimum tiap bulan aja.
Pengalaman yg sama..
Saya pake TPMS beli di toko onlen, pasang sendiri..

Ban pake angin biasa. Pas awal berangkat tekanan ban stabil di 31-32 psi. Setelah lama berkendara (cruising 100-120kmh) dan masuk cipali (diatas jam 10 pagi), tekanan ban naik tertinggi di 35 psi dengan suhu kisaran 43 drajat C.
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: tekanan ban ideal

Post by paidjho »

Jambangan wrote:Sienta ane selalu ane isi sesuai rekomendasi pabrikan 36 psi
Tapi bantingan jadi keras bgt
Interior jadi ratling gara2 sering kena jalan rusak pake tekanan 36 psi
Mau ane turunin jadi 30 psi tapi ntar ban cepat rusak :big_think:
Profil ban tipis bgt sih 195/50R16 :big_dunno:
supriyadi wrote:Lipina 2014 depan 33 belakang 35. Kalau full muatan depan 35 belakang 38. Pernah isi berdua sama istri depan 35 belakang 38, gedubrakan jadinya
Saran sih, jgn diturunin, kalau kena lubang resiko meletus besar. Karena ban dihantam bibir velg.

Konsekuensi ban profil tipis, pressure nya nambah.

Kadang suka heran aja, ganti velg & ukuran ban lebih tipis biar steer feeling lebih direct, padahal gak terlalu significant. Steering system & suspensi yg bikin steer feeling direct.
Kalau permukaan jalan disalurkan ke steer lebih direct sih iya.
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: tekanan ban ideal

Post by Salvanost »

qushay20019 wrote: Sat Apr 13, 2019 22:09
marmut wrote: Sat Apr 13, 2019 14:07 ideal menurut sapa dulu? kalo saya selalu kasih tekanan maksimal yang tertera di ban, supaya bensin irit.
apa gak kuatir ban jadi ketipisan di tengah om?
Soalnya ane pernah tambalin ban teman di parkiran kantor. Yang masuk itu baut 10 cm yang sama sekali gak tajem. Pas ngobrol2 ternyata beliau suka ngisi 45an psi, padahal standarnya 33 psi doang. Jadi ane curiga tuh baut super tumpul bisa masuk krn bannya udah makan tengah, padahal makenya dueler yg keras
Saya pake ban dueller juga om.
Pernah masuk baut gede juga
Posisi juga pas ditengah ban
Bannya juga masih tebal

Mungkin ga ada hubungan sama tekanan angin ban
Soalnya saya kalau isi angin antara 30-33

Habis itu saya jadiin ban cadangan aja :ngacir:
Bautnya gede nambalnya pake cara biasa takut kenapa napa
Kejadiannya tahun ke dua kalau ga salah

Tapi tahun ke 4 saya pake setahun ga ada masalah
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: tekanan ban ideal

Post by geofreyap »

:big_cry: Kalo oe nambah 3psi dari anjuran di pintu.
Soalnya kalo oe perhatiin, pas kita set sesuai di pintu, trus kita iseng colok lagi itu pentil, pasti turun, padahal barusan colok.
Konon katanya sih karena masih ada angin yg "ketinggalan" di selang pompanya.
:mky_01:

Btw karena oe bukan orang yg nyiptain itu mobil, jadi ikutin aja dah aturan yg di pintu. Hahaha..
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: tekanan ban ideal

Post by osbertc0ol »

oe sih mobil dirumah pasang 35 rata, mobil MPV dan suv.
Itung2 toh mobil seringnya lupa tekanan jarang di cek biar kurangnya nggak sampe <30, ngeri pecah ban hehe.

Berapa kali setelah 1,5 bulanan dari 35 psi pasti sisa 31-32 psi tuh.

Oh ya, pastikan kalo isi angin sebisa mungkin di toko ban ya, kalo di pinggir jalan seringnya ngaco itu meteran, pernah isi 33 ternyata masuknya 40 wkwk.

*all in psi
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: tekanan ban ideal

Post by Jambangan »

paidjho wrote: Sun Apr 14, 2019 6:26
Jambangan wrote:Sienta ane selalu ane isi sesuai rekomendasi pabrikan 36 psi
Tapi bantingan jadi keras bgt
Interior jadi ratling gara2 sering kena jalan rusak pake tekanan 36 psi
Mau ane turunin jadi 30 psi tapi ntar ban cepat rusak :big_think:
Profil ban tipis bgt sih 195/50R16 :big_dunno:
supriyadi wrote:Lipina 2014 depan 33 belakang 35. Kalau full muatan depan 35 belakang 38. Pernah isi berdua sama istri depan 35 belakang 38, gedubrakan jadinya
Saran sih, jgn diturunin, kalau kena lubang resiko meletus besar. Karena ban dihantam bibir velg.

Konsekuensi ban profil tipis, pressure nya nambah.

Kadang suka heran aja, ganti velg & ukuran ban lebih tipis biar steer feeling lebih direct, padahal gak terlalu significant. Steering system & suspensi yg bikin steer feeling direct.
Kalau permukaan jalan disalurkan ke steer lebih direct sih iya.
Siap om :frm_salut:
Ane selalu ikutin standar pabrik 36 psi
Tadi pagi agak kurang jadinya ane lebihin dikit jadi 38 psi
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: tekanan ban ideal

Post by evanbngdor »

Innova pake ban ukuran 225/55/r17 sih saya selalu bikin tekanan angin 35 rata depan belakang.

Kalo lg mau ke luar kota&full load baru deh saya naikin depan 36 belakang 38.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: tekanan ban ideal

Post by supriyadi »

Salvanost wrote: Sun Apr 14, 2019 8:13
qushay20019 wrote: Sat Apr 13, 2019 22:09
marmut wrote: Sat Apr 13, 2019 14:07 ideal menurut sapa dulu? kalo saya selalu kasih tekanan maksimal yang tertera di ban, supaya bensin irit.
apa gak kuatir ban jadi ketipisan di tengah om?
Soalnya ane pernah tambalin ban teman di parkiran kantor. Yang masuk itu baut 10 cm yang sama sekali gak tajem. Pas ngobrol2 ternyata beliau suka ngisi 45an psi, padahal standarnya 33 psi doang. Jadi ane curiga tuh baut super tumpul bisa masuk krn bannya udah makan tengah, padahal makenya dueler yg keras
Saya pake ban dueller juga om.
Pernah masuk baut gede juga
Posisi juga pas ditengah ban
Bannya juga masih tebal

Mungkin ga ada hubungan sama tekanan angin ban
Soalnya saya kalau isi angin antara 30-33

Habis itu saya jadiin ban cadangan aja :ngacir:
Bautnya gede nambalnya pake cara biasa takut kenapa napa
Kejadiannya tahun ke dua kalau ga salah

Tapi tahun ke 4 saya pake setahun ga ada masalah
Ngomong2 tertusuk baut, saya pernah ngalamin. Ban BS AR20 baru 1 tahun pake, kwtusuk sama baut 12 pas ditengah. Tukang ban saja sampai geleng2 kepala. Tambal dalam/tiptop, sekarang pake didepan sudah 2 tahunan aman2 saja. Untuk tambal tubeless bagus tambal tiptop/tambal dalam, lebih mahal & ribet tapi lebih aman & awet. Saya pernah tambah model tusuk baru seminggu dah bocor tempat yang sama. Diakui BS memang kuat karet bannya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.