[SM Modification] Ganti velg

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by sintoni »

Nightster Guy wrote:
sintoni wrote:
-

Kalo udah masuk toko pasti udah di up banyak harganya. Kalo toko rekomendasi sih ga ada, tapi boleh cek ke RPM di klampis. Hehe.
Koh hong cai yg dulu pake SL320 almandine red? He's truly a good person.. :)
Ya om enji, tempat e ko hong cai ini. Hehe.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: 23 Jan 2013, 17:18
Location: Indonesia

[SM Modification] Ganti velg

Post by ricz »

Permisi...nubietol mau nanya...

Gw lg berpikir mau tukar tambah velg OEM ipah G gw jadi velg OEM harrier yg R18...

Pertanyaannya:

1. Apakah hal ini berpengaruh ke putaran stir (jadi lebih berat) dan konsumsi bbm (jd lebi boros)?

2. Bgmn melihat velg copotan yg udh direparasi krn peyang / retak?

Thanks...


Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
2021 Fortuner VRZ
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ChZ »

ricz wrote:Permisi...nubietol mau nanya...

Gw lg berpikir mau tukar tambah velg OEM ipah G gw jadi velg OEM harrier yg R18...

Pertanyaannya:

1. Apakah hal ini berpengaruh ke putaran stir (jadi lebih berat) dan konsumsi bbm (jd lebi boros)?

2. Bgmn melihat velg copotan yg udh direparasi krn peyang / retak?

Thanks...


Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
cuma bisa jawab nomor 1.... putaran setir lebih berat, yes. konsumsi bbm lebih boros, kalo logikanya dari OEM ipah R15 ke R18, konsumsi BBM bisa naik cukup signifikan.

tapi dari pengalaman sierpi naik dari R17 ke R20 sih FCnya cuma memburuk 1 km/l. :mrgreen: itu padahal velg TW 20inch yang lebih berat dari velg OEM pastinya

kalo nomer 2, jujur aja kurang tau, kasat mata emang susah sih, tapi biasanya namanya reparasi nggak akan bisa serapih aslinya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by sintoni »

ricz wrote:Permisi...nubietol mau nanya...

Gw lg berpikir mau tukar tambah velg OEM ipah G gw jadi velg OEM harrier yg R18...

Pertanyaannya:

1. Apakah hal ini berpengaruh ke putaran stir (jadi lebih berat) dan konsumsi bbm (jd lebi boros)?

2. Bgmn melihat velg copotan yg udh direparasi krn peyang / retak?

Thanks...


Sent from Nokia 7650 using Tapatalk

Bantu jawab mod, masi nubitol jg, jadi kalo salah jangan dicerca. :mky_01:

1. Pasti putaran setir tambah berat, secara semakin besar ring, biasanya tapaknya semakin lebar, jadi permukaan ban yg bergesek/nempel di aspal semakin luas permukaanya. Boros jg saya rasa pasti mod, secara tapak semakin lebar dan roda menjadi lebih berat, pasti perlu energi lebih besar untuk gelundungin.

2. Kalo retak ane rasa bisa diliat pas velgnya dicopot yah soalnya velg retak ga bisa diapa2in lg, bisa diliat dari kasat mata. Kalo peang ane rasa ga bisa dibedain kalo udah di repair, tapi denger2 biar udah di repair, kalo di balance ga bisa 100%.

CMIIW, maklum masi nubie. :mky_01:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: 23 Jan 2013, 17:18
Location: Indonesia

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ricz »

Thanks berat masukannya.... :mky_02:

Ini jg bokap tiba" kesambet mau langsung upgred penampilan soalnya ban depan udh macam ban semi slick :big_biglaugh: tp masi bimbang krn 2 faktor diatas... :mky_01:


Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
2021 Fortuner VRZ
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by imsus2c »

sintoni wrote:
ricz wrote:Permisi...nubietol mau nanya...

Gw lg berpikir mau tukar tambah velg OEM ipah G gw jadi velg OEM harrier yg R18...

Pertanyaannya:

1. Apakah hal ini berpengaruh ke putaran stir (jadi lebih berat) dan konsumsi bbm (jd lebi boros)?

2. Bgmn melihat velg copotan yg udh direparasi krn peyang / retak?

Thanks...


Sent from Nokia 7650 using Tapatalk

Bantu jawab mod, masi nubitol jg, jadi kalo salah jangan dicerca. :mky_01:

1. Pasti putaran setir tambah berat, secara semakin besar ring, biasanya tapaknya semakin lebar, jadi permukaan ban yg bergesek/nempel di aspal semakin luas permukaanya. Boros jg saya rasa pasti mod, secara tapak semakin lebar dan roda menjadi lebih berat, pasti perlu energi lebih besar untuk gelundungin.

2. Kalo retak ane rasa bisa diliat pas velgnya dicopot yah soalnya velg retak ga bisa diapa2in lg, bisa diliat dari kasat mata. Kalo peang ane rasa ga bisa dibedain kalo udah di repair, tapi denger2 biar udah di repair, kalo di balance ga bisa 100%.

CMIIW, maklum masi nubie. :mky_01:
Ganti roda/velg jadi lebih besar diameter dan tapaknya, buat saya yg perlu dikhawatirkan bukan dari berat-ringan nya putaran setir. Tapi di daya tahan komponen onderstel depan. Di arm, bushing, tie-rod, dsb... Terlebih kalau mobilnya penggerak depan, komponennya lebih banyak (cv joint, dsb)

Bagi yg terbiasa urusan logam, barang yg udah retak atau masih ungkul, suara dengungannya beda kalau diketuk.
Keretakan bisa di las dan dibubut/finishing ulang, jadi ngga ketauan.
Sedapat mungkin kalau misalnya cari velg second, jangan ambil yg udah di-reproduksi, misalnya di cat ulang, di polished, di brushed atau lainnya, karena ini bisa menyamarkan proses reparasi.
Untuk peyang, selama bengkel/tukangnya hebat, bisa kok

Saya pengalaman ngetok velg peugeot MI-16 ukuran R16, peyang parah tapi masih intact (ngga retak)
Hbs di beneri, bawa ke GBT buat di test balance tanpa roda, hasilnya 99.9% balance
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by sintoni »

imsus2c wrote:
sintoni wrote:
ricz wrote:Permisi...nubietol mau nanya...

Gw lg berpikir mau tukar tambah velg OEM ipah G gw jadi velg OEM harrier yg R18...

Pertanyaannya:

1. Apakah hal ini berpengaruh ke putaran stir (jadi lebih berat) dan konsumsi bbm (jd lebi boros)?

2. Bgmn melihat velg copotan yg udh direparasi krn peyang / retak?

Thanks...


Sent from Nokia 7650 using Tapatalk

Bantu jawab mod, masi nubitol jg, jadi kalo salah jangan dicerca. :mky_01:

1. Pasti putaran setir tambah berat, secara semakin besar ring, biasanya tapaknya semakin lebar, jadi permukaan ban yg bergesek/nempel di aspal semakin luas permukaanya. Boros jg saya rasa pasti mod, secara tapak semakin lebar dan roda menjadi lebih berat, pasti perlu energi lebih besar untuk gelundungin.

2. Kalo retak ane rasa bisa diliat pas velgnya dicopot yah soalnya velg retak ga bisa diapa2in lg, bisa diliat dari kasat mata. Kalo peang ane rasa ga bisa dibedain kalo udah di repair, tapi denger2 biar udah di repair, kalo di balance ga bisa 100%.

CMIIW, maklum masi nubie. :mky_01:
Ganti roda/velg jadi lebih besar diameter dan tapaknya, buat saya yg perlu dikhawatirkan bukan dari berat-ringan nya putaran setir. Tapi di daya tahan komponen onderstel depan. Di arm, bushing, tie-rod, dsb... Terlebih kalau mobilnya penggerak depan, komponennya lebih banyak (cv joint, dsb)

Bagi yg terbiasa urusan logam, barang yg udah retak atau masih ungkul, suara dengungannya beda kalau diketuk.
Keretakan bisa di las dan dibubut/finishing ulang, jadi ngga ketauan.
Sedapat mungkin kalau misalnya cari velg second, jangan ambil yg udah di-reproduksi, misalnya di cat ulang, di polished, di brushed atau lainnya, karena ini bisa menyamarkan proses reparasi.
Untuk peyang, selama bengkel/tukangnya hebat, bisa kok

Saya pengalaman ngetok velg peugeot MI-16 ukuran R16, peyang parah tapi masih intact (ngga retak)
Hbs di beneri, bawa ke GBT buat di test balance tanpa roda, hasilnya 99.9% balance
Bener om, secara roda lebih berat, pasti berpengaruh ke bagian kaki2. Terus jg secara velg lebih besar, ban lebih tipis, benturan atau getaran pasti terasa lebih banyak ke kaki2. Kalau velg kecil ban tipis, secara getaran atau benturan masi bisa diredam oleh ban.

Cmiiw pak imsus.
Skymotor
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 07 Feb 2015, 18:35

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Skymotor »

ijin nubie curcol dikit...

nubitol bawa C200 standar 2012 facelift.. ukuran ban 205/55/16
sering liat di jalan banyak beredar c250 atau C200 dengan velg ring 17 kelihatan lebih segar dan ban nya jadi rata dengan body jika dilihat dari samping.. mumpung lagi ada rejeki, nubie pengen ganti ke ring 17 oem.. biar jadi ngga cupu2 amat..

Image

cuma setelah coba fitting.. kok berasa mobil nubie setelah di ganti ring 17 jadi lebih tinggi yaa.. padahal kalo liat di jalan yg standar kayanya looks biasa aja.. ngga ngangkang gitu mobilnya.. profil ban yg sempet dicoba pas fitting waktu itu 245/45/17 .. apakah ini masih ketebelan ban nya? nubie takut kalo diganti jadi 40 tebel ban nya, ntar bantingan nya jadi keras.. padahal liat std nya di ban2 lain juga 225/45/17.. tapi ngga keliatan ngangkang tuh mobil.. masa harus ganti per juga? padahal kan sama2 velg oem..

justru nubie emoh velg gede karena ribet bawa nya.. mentok fender lah ini itu.. apalagi nubie doyan ngebut.. males deh velg gede banyakan capek nya.. tapi aneh juga kan ya kalo naik 1 inci aja ke velg oem 17.. malah jadi ngangkang... kayak jarak dari ban paling atas ke fender jadi makin jauh gitu.. daripada pas pake 16"

mohon pencerahan suhu2 disini
thank you
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: 11 Apr 2008, 10:18
Location: jakarta

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by nescafe »

@skymotor: mungkin terlihat kurang sreg karena bannya terlalu lebar dan tebal oom, 245/45 lebih tebal dari 225/45 karena perhitungan tebalnya ban adalah 45% dari lebarnya. Jadi 45% dari 245 akan lebih tebal jika dibandingkan dengan 45% dari 225. menurut nubie dari size bannya sih, semoga membantu oom :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
goesman
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 04 Apr 2015, 12:54

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by goesman »

dr sby ,sy nubie ttg kaki", Om pakar" mau nanya nih.. 1.outlander kl diksh velg ring 20 part apa sj yg hrs diganti ? 2. yg tdk mengganggu kenyamanan ban make ukuran brp? 3. Jika mbl dipake luar kota sprt sby bali Ato sby bdg save tdk ..makasih bnyk
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: 29 Sep 2014, 02:04
Location: Surabaya

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by KodokPushUp »

goesman wrote:dr sby ,sy nubie ttg kaki", Om pakar" mau nanya nih.. 1.outlander kl diksh velg ring 20 part apa sj yg hrs diganti ? 2. yg tdk mengganggu kenyamanan ban make ukuran brp? 3. Jika mbl dipake luar kota sprt sby bali Ato sby bdg save tdk ..makasih bnyk
No. 1 : idealnya, kalo rasa berkendara pengen tetep seperti standard : velg lebih berat, sistem rem mesti ganti, engine di upgrade biar ga lelet, suspensi di upgrade biar ga terasa keras (karena velg gede ban tipis). Tapi kalo cuma buat penampilan, tinggal velg sama per aja diganti.

No. 2 : ga mau kenyamanan terganggu, cari tebel ban yg sama dengan standar nya, tapi jadi aneh, masa velg gede, tapi bannya tebel?

No. 3 : save atau ga tergantung part yg dipake, ada harga ada barang
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
goesman
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 04 Apr 2015, 12:54

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by goesman »

Om pushup.... kl ga pake utak atik mesin bs gak ya Soalnya mesin udah ok kok, jk sarannya bro..profile ban ukuran brp ya?..kl pcd 5x114.... velg sm per aja ya yg diganti, kl buat luar kota msh enak kan?

# msh blm bs gandeng"in msg
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by sintoni »

Velg itu lalau mau beli bukan cuma perlu tau ukurannya aja. Harus tau lebar sama offset nya. Nah kalo sudah tau itu, jadi sudah bisa dibandingin sama velg asli, kira2 cocok atau ga. baru mikir ukuran bannya jg, begitu.
Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 22 Apr 2015, 08:54

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Kaptenslow »

Maaf jadi menghidupkan trit jombi... saya lg mau upgrade velg dari 16" ke 18" dengan asumsi mau naikin GC. Apakah ada yg punya saran? Untuk mobil serena. Pikir saya sih mencari velg elgrand.. supaya bisa langsung pas dudukannya.. any idea?
:mky_08:
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: 29 Dec 2015, 01:55
Location: JakartaBarat

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by armann »

Kaptenslow wrote: 02 Feb 2017, 08:38 Maaf jadi menghidupkan trit jombi... saya lg mau upgrade velg dari 16" ke 18" dengan asumsi mau naikin GC. Apakah ada yg punya saran? Untuk mobil serena. Pikir saya sih mencari velg elgrand.. supaya bisa langsung pas dudukannya.. any idea?
serena c24 atau c26 om?
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ChZ »

Kaptenslow wrote: 02 Feb 2017, 08:38 Maaf jadi menghidupkan trit jombi... saya lg mau upgrade velg dari 16" ke 18" dengan asumsi mau naikin GC. Apakah ada yg punya saran? Untuk mobil serena. Pikir saya sih mencari velg elgrand.. supaya bisa langsung pas dudukannya.. any idea?
Mmmm kalo buat naikin GC mesti cari ban agak tebel... tapi harus diliat juga offset dan lebar velg Elgrand dan Serena bedanya berapa... Belom nanti kalo ban ruang rodanya kurang lebar mentok mangkok shock.

di bandingin dulu aja spesifikasinya... Offset velg standar biasanya gak beda jauh sih rata - rata... Dari pengalaman pasang velg aftermarket di HR-V offsetnya gak pas terus selalu keluar fender... Sekalinya pasang velg Accord pas nggak keluar fender.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 22 Apr 2015, 08:54

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Kaptenslow »

armann wrote: 02 Feb 2017, 09:51
Kaptenslow wrote: 02 Feb 2017, 08:38 Maaf jadi menghidupkan trit jombi... saya lg mau upgrade velg dari 16" ke 18" dengan asumsi mau naikin GC. Apakah ada yg punya saran? Untuk mobil serena. Pikir saya sih mencari velg elgrand.. supaya bisa langsung pas dudukannya.. any idea?
serena c24 atau c26 om?
C26 om armann
:mky_08:
Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 22 Apr 2015, 08:54

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Kaptenslow »

ChZ wrote: 02 Feb 2017, 10:32
Kaptenslow wrote: 02 Feb 2017, 08:38 Maaf jadi menghidupkan trit jombi... saya lg mau upgrade velg dari 16" ke 18" dengan asumsi mau naikin GC. Apakah ada yg punya saran? Untuk mobil serena. Pikir saya sih mencari velg elgrand.. supaya bisa langsung pas dudukannya.. any idea?
Mmmm kalo buat naikin GC mesti cari ban agak tebel... tapi harus diliat juga offset dan lebar velg Elgrand dan Serena bedanya berapa... Belom nanti kalo ban ruang rodanya kurang lebar mentok mangkok shock.

di bandingin dulu aja spesifikasinya... Offset velg standar biasanya gak beda jauh sih rata - rata... Dari pengalaman pasang velg aftermarket di HR-V offsetnya gak pas terus selalu keluar fender... Sekalinya pasang velg Accord pas nggak keluar fender.
Iya sih.. asumsi saya.. ban skrg kan 195/60/r16. seandainya diganti dgn r18/55, mungkin bisa dapat nambah 4cm. CMIIW.
offset dan lebar velg saya liat dimana mod? Diintip atau cari di web?
Wah kalo mentok mangkok shock repot juga nih...

Tadi siang ada dapat masukan juga, kalo nambah tinggi GC... Pengaruh gak sama keseimbangan/stability mobil pas lagi di tol? Misalnya kalo dilewatin bus, goyangan angin jadi lebih berasa?
:mky_08:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ChZ »

Kaptenslow wrote: 03 Feb 2017, 00:09
Iya sih.. asumsi saya.. ban skrg kan 195/60/r16. seandainya diganti dgn r18/55, mungkin bisa dapat nambah 4cm. CMIIW.
offset dan lebar velg saya liat dimana mod? Diintip atau cari di web?
Wah kalo mentok mangkok shock repot juga nih...

Tadi siang ada dapat masukan juga, kalo nambah tinggi GC... Pengaruh gak sama keseimbangan/stability mobil pas lagi di tol? Misalnya kalo dilewatin bus, goyangan angin jadi lebih berasa?
R18 aspect ratio 55 di Serena gak ketebelan om? Asumsi saya 225/55 atau 235/55... kalo 215/55/18 ane rasa sulit... krn ban Serena biasanya speknya mirip-mirip sedan kalo velg 18inch biasa profile 50 atau 45. Jadi 225/45 atau 215/50. Coba di tyre calculator dulu aja hehe.

Offset bisa diintip di spek roda biasanya ada dengan kode ET.... Makin kecil angkanya dia kalo dipasang makin keluar... Velg OEM pabrikan biasa jarang yang offsetnya agresif, most likely Serena dan Elgrand speknya ET nya mirip... Kalo ragu coba di fitting aja dulu rata fender atau agak keluar. Patokan angka doang susah sih oom kalau velg.

Pengalaman kalo cuma naik 2 inch gak terlalu pengaruh ke handling... Dulu CR-V saya malah naik 3inch gak berasa sama sekali limbungnya. Ban asli 225/65/17 jadi 255/45/20.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: 29 Dec 2015, 01:55
Location: JakartaBarat

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by armann »

Kaptenslow wrote: 03 Feb 2017, 00:03
armann wrote: 02 Feb 2017, 09:51
Kaptenslow wrote: 02 Feb 2017, 08:38 Maaf jadi menghidupkan trit jombi... saya lg mau upgrade velg dari 16" ke 18" dengan asumsi mau naikin GC. Apakah ada yg punya saran? Untuk mobil serena. Pikir saya sih mencari velg elgrand.. supaya bisa langsung pas dudukannya.. any idea?
serena c24 atau c26 om?
C26 om armann
ohhh kasih ban toyo tranpath aja yg 235 50 R 18, jamin gk jadi keras, pas buat mpv
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 22 Apr 2015, 08:54

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Kaptenslow »

ChZ wrote: 03 Feb 2017, 00:32
Kaptenslow wrote: 03 Feb 2017, 00:09
Iya sih.. asumsi saya.. ban skrg kan 195/60/r16. seandainya diganti dgn r18/55, mungkin bisa dapat nambah 4cm. CMIIW.
offset dan lebar velg saya liat dimana mod? Diintip atau cari di web?
Wah kalo mentok mangkok shock repot juga nih...

Tadi siang ada dapat masukan juga, kalo nambah tinggi GC... Pengaruh gak sama keseimbangan/stability mobil pas lagi di tol? Misalnya kalo dilewatin bus, goyangan angin jadi lebih berasa?
R18 aspect ratio 55 di Serena gak ketebelan om? Asumsi saya 225/55 atau 235/55... kalo 215/55/18 ane rasa sulit... krn ban Serena biasanya speknya mirip-mirip sedan kalo velg 18inch biasa profile 50 atau 45. Jadi 225/45 atau 215/50. Coba di tyre calculator dulu aja hehe.

Offset bisa diintip di spek roda biasanya ada dengan kode ET.... Makin kecil angkanya dia kalo dipasang makin keluar... Velg OEM pabrikan biasa jarang yang offsetnya agresif, most likely Serena dan Elgrand speknya ET nya mirip... Kalo ragu coba di fitting aja dulu rata fender atau agak keluar. Patokan angka doang susah sih oom kalau velg.

Pengalaman kalo cuma naik 2 inch gak terlalu pengaruh ke handling... Dulu CR-V saya malah naik 3inch gak berasa sama sekali limbungnya. Ban asli 225/65/17 jadi 255/45/20.
Siap mod. Nanti coba diintip. Kalo misalkan R18 dgn aspect ratio 45 atau 50. Menurut saya penambahan tingginya menjadi sekitar 3,5cm - 4cm.

Pertanyaan baru mod.. seandainya kita ganti dgn velg R17, kira2 aspect ratio kejar di 60 masih kena gak? Atau harus turun? Karena kalo pakai di 60, kenaikan GC kayaknya dapet 2,5cm.

Sebetulnya naiknya GC sebanyak 2,5 atau 3,5 atau 4cm itu signifikan gak sih buat menghindari jeduk bawah? Atau percuma?

Miris soalnya mod tiap kali denger kolongnya kayak diiris besi.

Kecurigaan saya penyebab rendahnya GC di serena ini juga karena ban cadangannya ditaro di kolong penumpang depan. Jadinya mengurangi ketinggian GC dari lantai.
:mky_08:
Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 22 Apr 2015, 08:54

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Kaptenslow »

armann wrote: 03 Feb 2017, 12:00
Kaptenslow wrote: 03 Feb 2017, 00:03
armann wrote: 02 Feb 2017, 09:51

serena c24 atau c26 om?
C26 om armann
ohhh kasih ban toyo tranpath aja yg 235 50 R 18, jamin gk jadi keras, pas buat mpv
Wah makasih om.. saya jg memang lg mikir kira2 nanti kalo jadi ganti velg ban nya kudu pake yg apa.

Ban yg skrg dipake masih terasa berisik. Apalagi pas tekanan anginnya dikasi 45 sama diler.. bunyinya mirip bola basket yg diredam.

Setelah ubah tekanan ke 38, udah berasa agak empuk dikit. Bantingan jg gak terlalu nyaring.

Waktu itu browse di SM, antara toyo transpath dan michelin premacy, secara durability, value to money, kira2 mana yg lebih worthed om?
:mky_08:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: RE: Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by marmut »


Kaptenslow wrote: -
Sebetulnya naiknya GC sebanyak 2,5 atau 3,5 atau 4cm itu signifikan gak sih buat menghindari jeduk bawah? Atau percuma?

Miris soalnya mod tiap kali denger kolongnya kayak diiris besi.

Kecurigaan saya penyebab rendahnya GC di serena ini juga karena ban cadangannya ditaro di kolong penumpang depan. Jadinya mengurangi ketinggian GC dari lantai.
naik 1 sampai 2 inchi kalo untuk perjalanan dalam kota sih sangat relatif ya... tapi kalo bicara cruising diatas 80kmh dengan penambahan GC segitu sangat terasa.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ChZ »

Kaptenslow wrote: 03 Feb 2017, 13:54
Siap mod. Nanti coba diintip. Kalo misalkan R18 dgn aspect ratio 45 atau 50. Menurut saya penambahan tingginya menjadi sekitar 3,5cm - 4cm.

Pertanyaan baru mod.. seandainya kita ganti dgn velg R17, kira2 aspect ratio kejar di 60 masih kena gak? Atau harus turun? Karena kalo pakai di 60, kenaikan GC kayaknya dapet 2,5cm.

Sebetulnya naiknya GC sebanyak 2,5 atau 3,5 atau 4cm itu signifikan gak sih buat menghindari jeduk bawah? Atau percuma?

Miris soalnya mod tiap kali denger kolongnya kayak diiris besi.

Kecurigaan saya penyebab rendahnya GC di serena ini juga karena ban cadangannya ditaro di kolong penumpang depan. Jadinya mengurangi ketinggian GC dari lantai.
Dikejar ketebalan pakai 60% seharusnya masih bisa... lihat spek bannya juga... mungkin pakai tapak lebih lebar 205/60/17 atau 215/60/17... Tapi rasanya spek ban kayak gini cukup langka...

Ganti velg buat naikin GC sih membantu dikit... tapi justru kalo pake ban tebel resikonya malah ngeri atasnya (natap fender / gesrot kalo diisi penuh)... Dulu di FD1 ane pernah naik dari 16 ke 18 malah pake 18 gesrot fender melulu kalo full, pake suspensi standar loh. Tapi ya setau saya kalo mobil yang travelnya panjang kayak Serena masih relatif aman dibanding FD1 yang memang bawaan travelnya pendek. Klw masih kepentok mungkin ngakalinnya pasang spring buffer... MPV roti tawar ane gak tau seberapa lebar itu ruang fender sih... pernahnya SUV sama Sedan soalnya ane...

Bwat naikin GC si paling bener ganti pernya dan shock nya... Tapi akan berpengaruh ke keawetan komponen lain seperti as roda...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: 29 Dec 2015, 01:55
Location: JakartaBarat

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by armann »

Kaptenslow wrote: 03 Feb 2017, 13:59
armann wrote: 03 Feb 2017, 12:00
Kaptenslow wrote: 03 Feb 2017, 00:03

C26 om armann
ohhh kasih ban toyo tranpath aja yg 235 50 R 18, jamin gk jadi keras, pas buat mpv
Wah makasih om.. saya jg memang lg mikir kira2 nanti kalo jadi ganti velg ban nya kudu pake yg apa.

Ban yg skrg dipake masih terasa berisik. Apalagi pas tekanan anginnya dikasi 45 sama diler.. bunyinya mirip bola basket yg diredam.

Setelah ubah tekanan ke 38, udah berasa agak empuk dikit. Bantingan jg gak terlalu nyaring.

Waktu itu browse di SM, antara toyo transpath dan michelin premacy, secara durability, value to money, kira2 mana yg lebih worthed om?
kalo toyo tranpath sih halus suaranya, yg pasti gk berisik, cmn takutnya itu ban mepet bner dipakein ke serena c26, tanya2 dulu aja om biar jelas, apalagi kalo sering pergi rame2 & suspensi std, takut sisa dikit, bahaya tuh
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post