Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4262
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Mon May 06, 2024 10:30

Preman&ormas aja dibeking polkis,mau jadi apa negara ini?
YANG kayak gini emang bagusnya kayak jaman si a di dki kasih mesin kasih gaji gede ud deh ramah2x tukang parkir malah saya pindah parkir suruh pake karcisnya buat tujukin ke tukang parkir laen jd bayar sekali bisa buat seharian :mky_07:

sekarang males banget musti siapin uang kertas buat bayar kang parkir kalo masih sama kek jaman si A kan saya tinggal isi flaz pake hp jd ud gak usah ke atm ambil cash :big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by ChZ »

darrelund wrote: Mon May 06, 2024 9:13 mana katanya EV kurangin polusi? pke insentif segala, kmrn jabodetabek pas lebaran sepi mobil AQI ttp merah :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Tangsel banyak ioniq5 dan airEV, ttp langit nya lbh item dari daerah industrial kampung ane yg truknya pada ngebul :big_weee:

Bkn ga percaya climate change atau blg gas buang gak bahaya, cuma kabut item dari coal power plant itu kan jg asalnya dari listrik rumah yg dipake charge EV :upss:

Selama ga ad upaya govt giring behavior shifting dari car centric ke mass transport ya polusinya akan nambah terus.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Mon May 06, 2024 8:55
100% setuju.
Ngambil shortcut uda paling enak, gawsa mikir. Kalo nanti ada problem baru dipikirin belakangan. Hasil dr manusia2 ga berkompeten menduduki jabatan ya kaya gitu. Gawsa jauh2 kemaren pilpres aja ga ada keliatan tuh bener2 pasangan yg keliatan visi misinya bisa memberikan sedikit harapan perubahan. Makanya mo siapapun yg kepilih sama aja rakyat mah jd boneka politik tiap 5 taon doang. Blm ngomongin pileg yg lebih mengenaskan lg, spanduk aja ga ada isinya yg visi misi kalo kepilih malah ajang popularitas doang nunjukin dia siapa bukan isi otaknya atau hasil kerjanya. Bahkan ada mantan koruptor dari satu daerah pindah daerah pemilihan laen, “pinternya” regulasi di wakanda masih aja bisa memperbolehkan mantan koruptor nyalon lg :big_biglaugh:

Sbenernya calon calonnya ok punya,

Tp liat cukong dan ketum yang support orang itu itu aja, makin gak napsu buat milih :big_bored:

Keliatan kan post pemilu wataknya kek gmn , langsung pada merapat ke pemenang kode kode minta jatah. Banteng pun katanya sakit ati tp cukong pendukungnya pada geser.

Kayak nonton teater 5 taunan, berantemnya kayak sandiwara.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4262
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

ChZ wrote: Mon May 06, 2024 11:03

Tangsel banyak ioniq5 dan airEV, ttp langit nya lbh item dari daerah industrial kampung ane yg truknya pada ngebul :big_weee:

Bkn ga percaya climate change atau blg gas buang gak bahaya, cuma kabut item dari coal power plant itu kan jg asalnya dari listrik rumah yg dipake charge EV :upss:

Selama ga ad upaya govt giring behavior shifting dari car centric ke mass transport ya polusinya akan nambah terus.
https://www.iqair.com/cuba/la-habana/havana

ya liat aja AQI kota yang paling banyak mobil bapuknya :mky_07:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2288
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by ilhami »

tangsel yang banyak pabrik sebelah mana?
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by mobilover »

Tangsel yg polusi kebanyakan dari yg suka bakar sampah sembarangan dan dari PLTU PLN. Mobil mah gak signifikan efeknya.

Solusi berbasis kendaraan umum yang terbaik ngatasin macet. Contohlah singapur kendaraan umumnya dibagusin dulu baru dorong masyarakatnya utk gak punya mobil (pajak tinggi gila, ERP, parkir mahal). Kalau di sini gak punya mobil susah mau kemana2. Gak connected antara rumah tinggal dan tempat tujuan entah kantor, sekolah, rumah sakit, dll
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1667
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by darrelund »

ChZ wrote: Mon May 06, 2024 11:03
Tangsel banyak ioniq5 dan airEV, ttp langit nya lbh item dari daerah industrial kampung ane yg truknya pada ngebul :big_weee:

Bkn ga percaya climate change atau blg gas buang gak bahaya, cuma kabut item dari coal power plant itu kan jg asalnya dari listrik rumah yg dipake charge EV :upss:

Selama ga ad upaya govt giring behavior shifting dari car centric ke mass transport ya polusinya akan nambah terus.
terlepas dari polusi

memang membingungkan cara rumusin solusi masalahnya :big_biglaugh:

ya imo klo dari pov perancang tata kota kykna bingung jg mau diapain, krn ud car centric bgt

kapan lalu iseng trip lewat transum dari rumah ke bund HI, jujur emg bingung um abis tu mau jalan dimana lagi krn trotoarnya ud abis, akirnya naik grab dah :big_biglaugh:

klo dari kota satelit ke pusat cara LRT yg lajurnya diatas masi bisa, klo ud di kota kykna mau gak mau harus bawah tanah supaya ga bikin bottleneck di jalan

meski mahal kykna bisa naikin positive sentiment masy ke pemerintah, itu klo mrk "mau" :big_biglaugh:

woosh yg kata banyak org useless itu sebenerna sedikit banyak ngurangin jumlah mobil yg commute bdg-jkt (dan sebaliknya)
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4262
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

darrelund wrote: Mon May 06, 2024 13:44
terlepas dari polusi

memang membingungkan cara rumusin solusi masalahnya :big_biglaugh:

ya imo klo dari pov perancang tata kota kykna bingung jg mau diapain, krn ud car centric bgt

kapan lalu iseng trip lewat transum dari rumah ke bund HI, jujur emg bingung um abis tu mau jalan dimana lagi krn trotoarnya ud abis, akirnya naik grab dah :big_biglaugh:

klo dari kota satelit ke pusat cara LRT yg lajurnya diatas masi bisa, klo ud di kota kykna mau gak mau harus bawah tanah supaya ga bikin bottleneck di jalan

meski mahal kykna bisa naikin positive sentiment masy ke pemerintah, itu klo mrk "mau" :big_biglaugh:

woosh yg kata banyak org useless itu sebenerna sedikit banyak ngurangin jumlah mobil yg commute bdg-jkt (dan sebaliknya)
ya di sini mall sinis2xan sih coba di singapore mall nyambung semua gw aja bisa keliling area lewatin mall to mall biasa gw turun bugis jalan dikit ke shaw tower ntar ada terowongan nyambung ke mall gede ujung2xnya bisa nyampe patung singa loe liat peta si jauh banget itu :big_biglaugh:

mustinya kek GI sama PI bikin underpas nyambung di underpasssnya juga ada tenant2x enak banget itu kayak CP sama soho ya susah takut customernya parkir di mall dia terus larinya ke saingan :mky_07:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2631
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by farizfsa »

b0ku wrote: Mon May 06, 2024 14:36
darrelund wrote: Mon May 06, 2024 13:44
terlepas dari polusi

memang membingungkan cara rumusin solusi masalahnya :big_biglaugh:

ya imo klo dari pov perancang tata kota kykna bingung jg mau diapain, krn ud car centric bgt

kapan lalu iseng trip lewat transum dari rumah ke bund HI, jujur emg bingung um abis tu mau jalan dimana lagi krn trotoarnya ud abis, akirnya naik grab dah :big_biglaugh:

klo dari kota satelit ke pusat cara LRT yg lajurnya diatas masi bisa, klo ud di kota kykna mau gak mau harus bawah tanah supaya ga bikin bottleneck di jalan

meski mahal kykna bisa naikin positive sentiment masy ke pemerintah, itu klo mrk "mau" :big_biglaugh:

woosh yg kata banyak org useless itu sebenerna sedikit banyak ngurangin jumlah mobil yg commute bdg-jkt (dan sebaliknya)
ya di sini mall sinis2xan sih coba di singapore mall nyambung semua gw aja bisa keliling area lewatin mall to mall biasa gw turun bugis jalan dikit ke shaw tower ntar ada terowongan nyambung ke mall gede ujung2xnya bisa nyampe patung singa loe liat peta si jauh banget itu :big_biglaugh:

mustinya kek GI sama PI bikin underpas nyambung di underpasssnya juga ada tenant2x enak banget itu kayak CP sama soho ya susah takut customernya parkir di mall dia terus larinya ke saingan :mky_07:
Mungkin akan terjadi GI PI tp gatau kapan wkwk

Di jakarta ini jg kita cari long term parking space di gedung for non tenant susah sekali. Di bangkok, KL, SG, HK gampang dan mereka ada platform nya.

Cb kalau ada banyak, warga bs sewa saja jd ga bikin susah warga lain
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4262
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

farizfsa wrote: Mon May 06, 2024 23:36 Mungkin akan terjadi GI PI tp gatau kapan wkwk

Di jakarta ini jg kita cari long term parking space di gedung for non tenant susah sekali. Di bangkok, KL, SG, HK gampang dan mereka ada platform nya.

Cb kalau ada banyak, warga bs sewa saja jd ga bikin susah warga lain
sebenernya kalo public transportnya memadai terutma LRT MRT orang bakalan males sendiri pake mobil apalagi pegawai2x yang kerjanya cuma di kantor seharian wong saya aj tuh hobby nyetir cuma males banget nyetir kalo buat hari2x soalnya ya gitu malah gak enjoy kena macet dll biarpun macet pun saya mah sante2x aja di mobil nikmatin mobilnya :mky_03:

kemaren istri saya lahiran pun 3 hari di RS saya bolak balik naek LRT kebtulan rumah depans stasiun RSnya pun lsg depan rs enak banget om dan lebih cepet dari bawa mobil kalo bawa mobil saya ud males sama macet depan lampu merahnya itu belom sampe RS nyari parkir lagi ini enak tinggal jalan ke kereta gak kena macet sampe rumah sakit tinggal masuk aja :mky_03:

terakhir aja saya kesana anak ud enak di gendong saya malah jalan naek kereta be3 cuma ya gitu deh kalo jalan sekeluarga lewatin mall ujung2xnya jadi buang duit deh sekalian jalan2x soalnya akses ke LRT dari rumah kalo mau adem ya lewatin mall :big_biglaugh:
riisesky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Thu Aug 06, 2015 6:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CM5

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by riisesky »

mobilover wrote: Mon May 06, 2024 13:28 Tangsel yg polusi kebanyakan dari yg suka bakar sampah sembarangan dan dari PLTU PLN. Mobil mah gak signifikan efeknya.

Solusi berbasis kendaraan umum yang terbaik ngatasin macet. Contohlah singapur kendaraan umumnya dibagusin dulu baru dorong masyarakatnya utk gak punya mobil (pajak tinggi gila, ERP, parkir mahal). Kalau di sini gak punya mobil susah mau kemana2. Gak connected antara rumah tinggal dan tempat tujuan entah kantor, sekolah, rumah sakit, dll
iyes sebenernya kan percuma pake EV kalo sumber listrik nya dari batu bara, inilah kalo semua kebijakan cuma mikirin yang diatas, warga biasanya mah terima aja gausah berisik ntar disuruh keluar dari indonesia sama yang (merasa paling) punya indonesah, :big_childish:
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by ChZ »

darrelund wrote: Mon May 06, 2024 13:44 terlepas dari polusi

memang membingungkan cara rumusin solusi masalahnya :big_biglaugh:

ya imo klo dari pov perancang tata kota kykna bingung jg mau diapain, krn ud car centric bgt

kapan lalu iseng trip lewat transum dari rumah ke bund HI, jujur emg bingung um abis tu mau jalan dimana lagi krn trotoarnya ud abis, akirnya naik grab dah :big_biglaugh:

klo dari kota satelit ke pusat cara LRT yg lajurnya diatas masi bisa, klo ud di kota kykna mau gak mau harus bawah tanah supaya ga bikin bottleneck di jalan

meski mahal kykna bisa naikin positive sentiment masy ke pemerintah, itu klo mrk "mau" :big_biglaugh:

woosh yg kata banyak org useless itu sebenerna sedikit banyak ngurangin jumlah mobil yg commute bdg-jkt (dan sebaliknya)
solusinya sebenernya pemerataan dulu di luar jakarta / luar jawa. biar labour cost juga pada naik trs kasih incentive buat orang yg mau pindah kerja di luar jakarta ntah keringanan pajak atau fasilitas/tunjangan yang lebih ok.

krn labour cost di luar jawa itu terlalu menyedihkan. labour cost di jakarta itu udah setara gaji karyawan manager / spv di jateng.

tp labour cost naik nanti orang luar pada ga mau investasi? ya di luaran labour cost tinggi juga pada mau. masalah negosiasi aja. kalo sektor lain efficient labour cost tuh gak berasa. kita kan udah gak efficient labour costnya tinggi, siapa yang mau. blm masih harus setor ke oknum.

jadi bisa gusur gedung2 ngga kepake atau bantaran kali tanpa bikin konflik horizontal. plus harga property bisa turun jg karna peminatnya sedikit. sulitnya jakarta itu kan penduduk sudah terlalu banyak jadi makin susah ngaturnya, sementara orang dr luar cari karir bagus cuma bisa di jakarta. di daerah lain mentok jadi kuli atau jadi spv/manager kalo orang di jabatan sblmnya udah resign baru diangkat.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by lexnic »

farizfsa wrote: Mon May 06, 2024 23:36 Mungkin akan terjadi GI PI tp gatau kapan wkwk

Di jakarta ini jg kita cari long term parking space di gedung for non tenant susah sekali. Di bangkok, KL, SG, HK gampang dan mereka ada platform nya.

Cb kalau ada banyak, warga bs sewa saja jd ga bikin susah warga lain
kadang berandai2, apa gk kepikiran buat bikin gedung parkir khusus yg dikelola pemda? hasilnya buat nambahin pemasukan daerah. skaligus ngatasin problem parkir liar yg malah nguntungin ormas ato preman setempat.
riisesky wrote: Tue May 07, 2024 1:26
mobilover wrote: Mon May 06, 2024 13:28 Tangsel yg polusi kebanyakan dari yg suka bakar sampah sembarangan dan dari PLTU PLN. Mobil mah gak signifikan efeknya.

Solusi berbasis kendaraan umum yang terbaik ngatasin macet. Contohlah singapur kendaraan umumnya dibagusin dulu baru dorong masyarakatnya utk gak punya mobil (pajak tinggi gila, ERP, parkir mahal). Kalau di sini gak punya mobil susah mau kemana2. Gak connected antara rumah tinggal dan tempat tujuan entah kantor, sekolah, rumah sakit, dll
iyes sebenernya kan percuma pake EV kalo sumber listrik nya dari batu bara, inilah kalo semua kebijakan cuma mikirin yang diatas, warga biasanya mah terima aja gausah berisik ntar disuruh keluar dari indonesia sama yang (merasa paling) punya indonesah, :big_childish:
ibarat cuma mindahin polusi dri jalan raya ke daerah sekitar pembangkit listrik. cuma mau gmana lg, udh telanjur jor2an promosiin EV & bikin kebijakan2 yg memudahkan EV, masa tiba2 distop? jilat ludah sndiri dong. udh bgtu pejabat2 dsini gengsinya tinggi2, mosok mau disuruh ngaku klo kebijakannya kurang tepat :big_biglaugh:
ChZ wrote: Tue May 07, 2024 2:33
darrelund wrote: Mon May 06, 2024 13:44 terlepas dari polusi

memang membingungkan cara rumusin solusi masalahnya :big_biglaugh:

ya imo klo dari pov perancang tata kota kykna bingung jg mau diapain, krn ud car centric bgt

kapan lalu iseng trip lewat transum dari rumah ke bund HI, jujur emg bingung um abis tu mau jalan dimana lagi krn trotoarnya ud abis, akirnya naik grab dah :big_biglaugh:

klo dari kota satelit ke pusat cara LRT yg lajurnya diatas masi bisa, klo ud di kota kykna mau gak mau harus bawah tanah supaya ga bikin bottleneck di jalan

meski mahal kykna bisa naikin positive sentiment masy ke pemerintah, itu klo mrk "mau" :big_biglaugh:

woosh yg kata banyak org useless itu sebenerna sedikit banyak ngurangin jumlah mobil yg commute bdg-jkt (dan sebaliknya)
solusinya sebenernya pemerataan dulu di luar jakarta / luar jawa. biar labour cost juga pada naik trs kasih incentive buat orang yg mau pindah kerja di luar jakarta ntah keringanan pajak atau fasilitas/tunjangan yang lebih ok.

krn labour cost di luar jawa itu terlalu menyedihkan. labour cost di jakarta itu udah setara gaji karyawan manager / spv di jateng.

tp labour cost naik nanti orang luar pada ga mau investasi? ya di luaran labour cost tinggi juga pada mau. masalah negosiasi aja. kalo sektor lain efficient labour cost tuh gak berasa. kita kan udah gak efficient labour costnya tinggi, siapa yang mau. blm masih harus setor ke oknum.

jadi bisa gusur gedung2 ngga kepake atau bantaran kali tanpa bikin konflik horizontal. plus harga property bisa turun jg karna peminatnya sedikit. sulitnya jakarta itu kan penduduk sudah terlalu banyak jadi makin susah ngaturnya, sementara orang dr luar cari karir bagus cuma bisa di jakarta. di daerah lain mentok jadi kuli atau jadi spv/manager kalo orang di jabatan sblmnya udah resign baru diangkat.
kadang niatnya udh bagus utk pemerataan pembangunan trutama di luar jawa. yg jdi mslh, pejabat2 setempat (blm lg modelan raja2 kecil di daerah) suka minta jatah. mngkin dikit, tapi klo yg minta banyak kan lama2 tilepannya jdi banyak om ahahaha. :big_biglaugh:

klo labour cost naik tapi kualitas SDM bagus mah gk mslh. syukur2 ilmunya bisa diserap trus bisa dipake buat bangun produk dalam negeri.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by ChZ »

lexnic wrote: Tue May 07, 2024 3:39 kadang niatnya udh bagus utk pemerataan pembangunan trutama di luar jawa. yg jdi mslh, pejabat2 setempat (blm lg modelan raja2 kecil di daerah) suka minta jatah. mngkin dikit, tapi klo yg minta banyak kan lama2 tilepannya jdi banyak om ahahaha. :big_biglaugh:

klo labour cost naik tapi kualitas SDM bagus mah gk mslh. syukur2 ilmunya bisa diserap trus bisa dipake buat bangun produk dalam negeri.
itulah pada akhirnya penghambat kemajuan itu ya orang orangnya sendiri :big_bored: masalahnya kadang pejabat daerah wakanda jg menjabat hasil dealing parpol bukan orang asli daerah (atau tinggal di daerah tsb cukup lama) jd gak ngerti jg masalahnya apa dan apa yg dibutuhin di daerah tsb, penting setoran aja :big_bored:

cuma buat lindungi konsesi punya pengusaha2 mamakota di daerah tsb biar gak diapa apain warganya.

labour cost sebenernya bakal naik kalo daerahnya berkembang om idealnya seiring dgn perputaran ekonomi daerah jg, dan aslinya gak perlu semua diarahin jadi kuli pabrik krn di sini mau maju dikit2 dibangunnya pabrik pdhl bisa kembangin sektor lain yg belum kesentuh. :big_bored:

kepalang tanggung kita ni mau ngejer jadi negara industrial udah gak kekejer, mau agraris juga banyak biodiversity jadi korban tambang ma sawit :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by lexnic »

ChZ wrote: Tue May 07, 2024 3:55
lexnic wrote: Tue May 07, 2024 3:39 kadang niatnya udh bagus utk pemerataan pembangunan trutama di luar jawa. yg jdi mslh, pejabat2 setempat (blm lg modelan raja2 kecil di daerah) suka minta jatah. mngkin dikit, tapi klo yg minta banyak kan lama2 tilepannya jdi banyak om ahahaha. :big_biglaugh:

klo labour cost naik tapi kualitas SDM bagus mah gk mslh. syukur2 ilmunya bisa diserap trus bisa dipake buat bangun produk dalam negeri.
....................................................

cuma buat lindungi konsesi punya pengusaha2 mamakota di daerah tsb biar gak diapa apain warganya.

labour cost sebenernya bakal naik kalo daerahnya berkembang om idealnya seiring dgn perputaran ekonomi daerah jg, dan aslinya gak perlu semua diarahin jadi kuli pabrik krn di sini mau maju dikit2 dibangunnya pabrik pdhl bisa kembangin sektor lain yg belum kesentuh. :big_bored:

kepalang tanggung kita ni mau ngejer jadi negara industrial udah gak kekejer, mau agraris juga banyak biodiversity jadi korban tambang ma sawit :big_bored:
pokok e perusahaan2 manufaktur di wakanda itu polanya mirip2. kantor pusat dibangun mentereng di tengah mamakota. pabriknya dibangun di daerah terpencil biar UMRnya bisa dapet yg rendah ahahahaha.

antara lucu & miris sih mslh buruh pabrik ini. dasarnya, semua orang gk ada yg mau jdi buruh pabrik. mslhnya kemampuan orangnya terbatas & kemauan utk belajar hal barunya kurang :big_bored: . jdi opsi pekerjaannya jga berkutat di kerjaan yg butuh tenaga kasar. lucunya, udh kerjaannya kyk bgtu kadang produktivitasnya jga jelek. blm lg yg udh gabung ke ormas, psti dimintain setoran sama ormasnya. :big_bored:

mau balik jdi negara agraris? lha skrg aja dipaksa maem nasi semua. di jawa mngkin beli beras msh gmpng, lha klo di daerah lain kyk nusa tenggara ato papua? tanahnya tandus bgtu mau ditanami padi, siap2 ongkos produksinya mihil.

IMO dgn berubah jdi DKJ, ini bisa jdi momentum utk perbaiki tata kelola kota. sayang kebijakan2nya cenderung asal ketok palu, short term solutions, dan gk betul2 dipikirin root cause nya. akhirnya cuma nyentuh permukaannya doang, akar masalahnya msh blm beres :mky_01:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9808
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by Suryaputra »

lexnic wrote: Tue May 07, 2024 4:24
ChZ wrote: Tue May 07, 2024 3:55
lexnic wrote: Tue May 07, 2024 3:39 kadang niatnya udh bagus utk pemerataan pembangunan trutama di luar jawa. yg jdi mslh, pejabat2 setempat (blm lg modelan raja2 kecil di daerah) suka minta jatah. mngkin dikit, tapi klo yg minta banyak kan lama2 tilepannya jdi banyak om ahahaha. :big_biglaugh:

klo labour cost naik tapi kualitas SDM bagus mah gk mslh. syukur2 ilmunya bisa diserap trus bisa dipake buat bangun produk dalam negeri.
....................................................

cuma buat lindungi konsesi punya pengusaha2 mamakota di daerah tsb biar gak diapa apain warganya.

labour cost sebenernya bakal naik kalo daerahnya berkembang om idealnya seiring dgn perputaran ekonomi daerah jg, dan aslinya gak perlu semua diarahin jadi kuli pabrik krn di sini mau maju dikit2 dibangunnya pabrik pdhl bisa kembangin sektor lain yg belum kesentuh. :big_bored:

kepalang tanggung kita ni mau ngejer jadi negara industrial udah gak kekejer, mau agraris juga banyak biodiversity jadi korban tambang ma sawit :big_bored:
pokok e perusahaan2 manufaktur di wakanda itu polanya mirip2. kantor pusat dibangun mentereng di tengah mamakota. pabriknya dibangun di daerah terpencil biar UMRnya bisa dapet yg rendah ahahahaha.

antara lucu & miris sih mslh buruh pabrik ini. dasarnya, semua orang gk ada yg mau jdi buruh pabrik. mslhnya kemampuan orangnya terbatas & kemauan utk belajar hal barunya kurang :big_bored: . jdi opsi pekerjaannya jga berkutat di kerjaan yg butuh tenaga kasar. lucunya, udh kerjaannya kyk bgtu kadang produktivitasnya jga jelek. blm lg yg udh gabung ke ormas, psti dimintain setoran sama ormasnya. :big_bored:

mau balik jdi negara agraris? lha skrg aja dipaksa maem nasi semua. di jawa mngkin beli beras msh gmpng, lha klo di daerah lain kyk nusa tenggara ato papua? tanahnya tandus bgtu mau ditanami padi, siap2 ongkos produksinya mihil.

IMO dgn berubah jdi DKJ, ini bisa jdi momentum utk perbaiki tata kelola kota. sayang kebijakan2nya cenderung asal ketok palu, short term solutions, dan gk betul2 dipikirin root cause nya. akhirnya cuma nyentuh permukaannya doang, akar masalahnya msh blm beres :mky_01:
Sulit mbah.
klo segala sesuatu sudah dibangun masif dan terstruktur.
mau diubah? ya complexitynya tinggi.

build from scratch lbh mudah.
that's why IKN dibangun untuk kepentingan rakyat menuju negara maju 2045 :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4262
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Tue May 07, 2024 4:44 Sulit mbah.
klo segala sesuatu sudah dibangun masif dan terstruktur.
mau diubah? ya complexitynya tinggi.

build from scratch lbh mudah.
that's why IKN dibangun untuk kepentingan rakyat menuju negara maju 2045 :mky_03:
menuju indonesia EMAS





























KURANG C CEMAS :glodak:

ya aturan gak jelas siapa yang berani ketok palu presiden sendiri keliatannya takut makannya lempar bola panas ke DKI 1, DKI 1 tinggal belaga bego

:big_biglaugh:

lempar isu sekarang biar pada panic buying beli mobil pelangi, sebut aja mobil pelangi karena sponsornya kaum pelangi di US :big_weee:

denger2x kemaren pameran mobil pelangi sepi banget pengunjung sama yang pameran banyakan yang pameran ya ??? :wkkk:

sekalian buat nutup2xin berita pameran sepi juga :big_biglaugh:
riisesky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Thu Aug 06, 2015 6:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CM5

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by riisesky »

lexnic wrote: Tue May 07, 2024 3:39
riisesky wrote: Tue May 07, 2024 1:26
mobilover wrote: Mon May 06, 2024 13:28 Tangsel yg polusi kebanyakan dari yg suka bakar sampah sembarangan dan dari PLTU PLN. Mobil mah gak signifikan efeknya.

Solusi berbasis kendaraan umum yang terbaik ngatasin macet. Contohlah singapur kendaraan umumnya dibagusin dulu baru dorong masyarakatnya utk gak punya mobil (pajak tinggi gila, ERP, parkir mahal). Kalau di sini gak punya mobil susah mau kemana2. Gak connected antara rumah tinggal dan tempat tujuan entah kantor, sekolah, rumah sakit, dll
iyes sebenernya kan percuma pake EV kalo sumber listrik nya dari batu bara, inilah kalo semua kebijakan cuma mikirin yang diatas, warga biasanya mah terima aja gausah berisik ntar disuruh keluar dari indonesia sama yang (merasa paling) punya indonesah, :big_childish:
ibarat cuma mindahin polusi dri jalan raya ke daerah sekitar pembangkit listrik. cuma mau gmana lg, udh telanjur jor2an promosiin EV & bikin kebijakan2 yg memudahkan EV, masa tiba2 distop? jilat ludah sndiri dong. udh bgtu pejabat2 dsini gengsinya tinggi2, mosok mau disuruh ngaku klo kebijakannya kurang tepat :big_biglaugh:

gengsi mah kaga, rasa malu aja dah pada kaga punya, lebih ke udah invest bikin usaha yang berhubungan sama mobilan setrum makanya ga mungkin backdown lagi lah, kaga cuan ntar :big_biglaugh:
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
riisesky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Thu Aug 06, 2015 6:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CM5

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by riisesky »

Suryaputra wrote: Tue May 07, 2024 4:44 Sulit mbah.
klo segala sesuatu sudah dibangun masif dan terstruktur.
mau diubah? ya complexitynya tinggi.

build from scratch lbh mudah.
that's why IKN dibangun untuk kepentingan rakyat menuju negara maju 2045 :mky_03:
postingan ini vibes nya sama kaya banjir dan macet konoha lebih mudah diatasi jika ybs jadi hokage

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4262
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

riisesky wrote: Tue May 07, 2024 5:17
postingan ini vibes nya sama kaya banjir dan macet konoha lebih mudah diatasi jika ybs jadi hokage

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
sebenernya ud ampir beres kalo gak plot twist si abah menang :big_dunno:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1084
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by Zaxis »

b0ku wrote: Mon May 06, 2024 7:47
Zaxis wrote: Mon May 06, 2024 6:55
Tambah lucu lagi usir orang ke Korut

Kan pemerintah bikin wacana larang mobil 10 taon keatas
Daripada dilarang mending dipajakin lebih gede aja
Jadi kan yg punya hobi juga tersalurkan
Kalo punya mobil ga turun ke jalan kan ga perlu bayar pajak,dipajang aja di rumah
Kalo turun ke jalan umum kan wajar lah diatur,yang bangun kan pemerintah

Mindset om mah cocok nya beli pulau trus tinggal sendiri disitu
Bebas tuh disono ga ada yg atur
loe ngerti gak si gw dari kemaren concernya apa itu mobil2x tua di pake orang buat ngehemat pengeluaran mereka makannya kalo debat tuh jangan cuma nyari bahan buat jatohin orang tapi fokus sama masalahnya loe naekin pajak mobil tua terus yang omongin concern dari kemaren kemane ajee :big_bored:
Yang bikin aturan kan pemerintah
Kita warga cuma kasih saran jalan tengah
Dari dulu debat ngalor ngidul kemana2 kan si om sendiri
Selalu ga nyambung,kalo dibalikin malah tantrum
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by ChZ »

lexnic wrote: Tue May 07, 2024 4:24 pokok e perusahaan2 manufaktur di wakanda itu polanya mirip2. kantor pusat dibangun mentereng di tengah mamakota. pabriknya dibangun di daerah terpencil biar UMRnya bisa dapet yg rendah ahahahaha.

antara lucu & miris sih mslh buruh pabrik ini. dasarnya, semua orang gk ada yg mau jdi buruh pabrik. mslhnya kemampuan orangnya terbatas & kemauan utk belajar hal barunya kurang :big_bored: . jdi opsi pekerjaannya jga berkutat di kerjaan yg butuh tenaga kasar. lucunya, udh kerjaannya kyk bgtu kadang produktivitasnya jga jelek. blm lg yg udh gabung ke ormas, psti dimintain setoran sama ormasnya. :big_bored:

mau balik jdi negara agraris? lha skrg aja dipaksa maem nasi semua. di jawa mngkin beli beras msh gmpng, lha klo di daerah lain kyk nusa tenggara ato papua? tanahnya tandus bgtu mau ditanami padi, siap2 ongkos produksinya mihil.

IMO dgn berubah jdi DKJ, ini bisa jdi momentum utk perbaiki tata kelola kota. sayang kebijakan2nya cenderung asal ketok palu, short term solutions, dan gk betul2 dipikirin root cause nya. akhirnya cuma nyentuh permukaannya doang, akar masalahnya msh blm beres :mky_01:
wkwkwk kalo ane bilang negara FOMO wakanda mah. dulu tren industrialisasi ngikut industrialisasi tapi gak sanggup.

sok sok an ikut trend tapi permukaan doang makanya ngejer keuntungan jangka pendek.

roadmap pembangunan manusia kaga ada. yg ada roadmap duit ngalir kemana dan petinggi parte atau oligark yang mana :big_weee: dr jaman orba gak berubah begini2 terus.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4262
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

Zaxis wrote: Tue May 07, 2024 6:54 Yang bikin aturan kan pemerintah
Kita warga cuma kasih saran jalan tengah
Dari dulu debat ngalor ngidul kemana2 kan si om sendiri
Selalu ga nyambung,kalo dibalikin malah tantrum
lah kan saya cuma kasih tau kenapa gak bisa di implementasikan karena ya variablenya banyak saya kasih contohnya satu2x, lagian bakalan keteteran juga :big_bored:

tantrum darimana??? u sendiri tiap bales nyerangnya personal :mky_03:

bilangnya saya makin lucu lah emang ud lucu gimana donk :big_weee:












awas abis ini bilang gw gak lucu............. :ngacir:
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by lexnic »

Suryaputra wrote: Tue May 07, 2024 4:44 Sulit mbah.
klo segala sesuatu sudah dibangun masif dan terstruktur.
mau diubah? ya complexitynya tinggi.

build from scratch lbh mudah.
that's why IKN dibangun untuk kepentingan rakyat menuju negara maju 2045 :mky_03:
nnti kita liat gmana kelanjutan IKN setelah pakde turun & diganti sama om gemoy, mudah2an gk salah arah pembangunannya :big_smile]

riisesky wrote: Tue May 07, 2024 5:14
lexnic wrote: Tue May 07, 2024 3:39
riisesky wrote: Tue May 07, 2024 1:26

iyes sebenernya kan percuma pake EV kalo sumber listrik nya dari batu bara, inilah kalo semua kebijakan cuma mikirin yang diatas, warga biasanya mah terima aja gausah berisik ntar disuruh keluar dari indonesia sama yang (merasa paling) punya indonesah, :big_childish:
ibarat cuma mindahin polusi dri jalan raya ke daerah sekitar pembangkit listrik. cuma mau gmana lg, udh telanjur jor2an promosiin EV & bikin kebijakan2 yg memudahkan EV, masa tiba2 distop? jilat ludah sndiri dong. udh bgtu pejabat2 dsini gengsinya tinggi2, mosok mau disuruh ngaku klo kebijakannya kurang tepat :big_biglaugh:

gengsi mah kaga, rasa malu aja dah pada kaga punya, lebih ke udah invest bikin usaha yang berhubungan sama mobilan setrum makanya ga mungkin backdown lagi lah, kaga cuan ntar :big_biglaugh:
maklum, urat malunya udh putus om. kan termasuk salah satu syarat jdi pejabat dsini. yg ketangkep kasus korupsi aja msh dadah2 sambil senyum tipis2 :big_grin:

ChZ wrote: Tue May 07, 2024 7:16
lexnic wrote: Tue May 07, 2024 4:24 pokok e perusahaan2 manufaktur di wakanda itu polanya mirip2. kantor pusat dibangun mentereng di tengah mamakota. pabriknya dibangun di daerah terpencil biar UMRnya bisa dapet yg rendah ahahahaha.

antara lucu & miris sih mslh buruh pabrik ini. dasarnya, semua orang gk ada yg mau jdi buruh pabrik. mslhnya kemampuan orangnya terbatas & kemauan utk belajar hal barunya kurang :big_bored: . jdi opsi pekerjaannya jga berkutat di kerjaan yg butuh tenaga kasar. lucunya, udh kerjaannya kyk bgtu kadang produktivitasnya jga jelek. blm lg yg udh gabung ke ormas, psti dimintain setoran sama ormasnya. :big_bored:

mau balik jdi negara agraris? lha skrg aja dipaksa maem nasi semua. di jawa mngkin beli beras msh gmpng, lha klo di daerah lain kyk nusa tenggara ato papua? tanahnya tandus bgtu mau ditanami padi, siap2 ongkos produksinya mihil.

IMO dgn berubah jdi DKJ, ini bisa jdi momentum utk perbaiki tata kelola kota. sayang kebijakan2nya cenderung asal ketok palu, short term solutions, dan gk betul2 dipikirin root cause nya. akhirnya cuma nyentuh permukaannya doang, akar masalahnya msh blm beres :mky_01:
wkwkwk kalo ane bilang negara FOMO wakanda mah. dulu tren industrialisasi ngikut industrialisasi tapi gak sanggup.

sok sok an ikut trend tapi permukaan doang makanya ngejer keuntungan jangka pendek.

roadmap pembangunan manusia kaga ada. yg ada roadmap duit ngalir kemana dan petinggi parte atau oligark yang mana :big_weee: dr jaman orba gak berubah begini2 terus.
paling bener emg gk usah ikut campur sama pemerintah dan oknum2nya. diem2 kumpulin duit yg bnyk (sambil jalanin hobi masing2), nnti klo udh kekumpul bru cabut dri sini.. :big_grin:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4427
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by Ryan Steele »

mobilover wrote: Mon May 06, 2024 13:28 Tangsel yg polusi kebanyakan dari yg suka bakar sampah sembarangan dan dari PLTU PLN. Mobil mah gak signifikan efeknya.

Solusi berbasis kendaraan umum yang terbaik ngatasin macet. Contohlah singapur kendaraan umumnya dibagusin dulu baru dorong masyarakatnya utk gak punya mobil (pajak tinggi gila, ERP, parkir mahal). Kalau di sini gak punya mobil susah mau kemana2. Gak connected antara rumah tinggal dan tempat tujuan entah kantor, sekolah, rumah sakit, dll
Tahu nggak kalau ada 2 rute atau lebih Mikrotrans & TJ non BRT lewat di jalan yang sama, titik berhentinya beda semua? :big_weee:
no signature