ChZ wrote: ↑Mon Jan 13, 2025 8:31
gw nggak pahamnya itu.
di rentang harga sama ada civic turbo lebih enak kalo mau ngebut2an, pada milihnya gajah diesel.
ya iya sih ngisinya harus pertabo tapi modifan mahal masa nggak modal isi bensin.
Kalau bisa disubdisi kenapa harus bayar lebih? pola pikir orang indo ga yg miskin ga yang mampu sebenernya sama aja kok maunya tetep disuapin duitnya dipake buat yang lain karena buat mereka mobil cuma buat dipandang dan dipake dari titik A ke B aja, belum tentu cari kenyamanan
Temen saya ada yg beli pajero sport dakar baru di tahun 2022 dipake 2 taun ngisinya juga pake solbus, pernah saya tanya kenapa ga mau jawabnya lha kalo bisa bayar murah kenapa bayar mahal?
Kenapa civic turbo ga difavoritkan? Karena ga ada influencer yang pake, jadi brand imagenya tidak menunjukkan pemiliknya "punya kuasa" Beda sama duo gajah
Image civic kan mobilnya anak muda dibeliin bapaknya buat kuliah bedanya yang pake civic cowok kalo cewek paling hrv/jazz/brio
Ga ada kompetisi balap/drag racenya pula beda lho sama honda jazz ge, gk yang dipromosikan di balap issom, mana yang make pembalap yang bisa dibilang influencer otomotif juga
Bahkan mobil tua macam bmw e36 e46 aja bisa naik pamor karena dipromosikan buat mobil drifting
Disini yang punya civic Type R mana pernah dipake buat race? Paling cuma buat sunmori aja ga ada kompetisinya sama sekali berasa cuma buat kosmetik
Dulu civic jaman wonder, nouva, estilo itu jadi favorit karena kerap dipake balap
slapnuts wrote: ↑Mon Jan 13, 2025 4:41
Nah, tau kan om kenapa Mobilio dan BRV ga laku di pasaran dan kegilas pesaingnya? Karena MAYORITAS warga negara Indonesia beli mobil KELUARGA ga dipakai untuk manuver ekstrim seperti om. Nyatanya BRV/Mobilio dibantai Avanza Xenia FWD bahkan sampai XP/XP Cross pun masih lebih laris dibanding BRV. Dan again, mayoritas orang Indo pasti bakal bilang kalau Reborn yang handling floaty ngayun seperti kapal itu jauh lebih nyaman dibanding BRV/Mobilio yang gedubrakan, road noise berisik dan atap klontang-klontang kalau hujan. Kebanyakan orang ga peduli chasis rigid bla bla bla, yang penting empuk senyap kedap irit.
Prinsip orang Indo, mau manuver ektrsim ya beli mobil sport, mau bawa keluarga santai ya beli saja mobil keluarga yang nyaman.
Pemilik mobil di indonesia yang paham otomotif ga sampe 5% menurut saya jadi rata2 mereka akan ikut arus saja, ditambah mobil buat sebagian orang itu investasi mrk ga mau rugi banyak2 bila perlu harga beli dan jualnya sama
95% orang yang make mobil berpersepsi isi bensin ganti oli jalan
Kalo 20ribu kaki2 mulai bunyi dibilang mobilnya ga robust
Itulah kenapa disini mobil bagus cuma ada di Importir umum
Saya ketika ambil jazz saya aja udah jalan 11 tahun coolant ga pernah diganti cuma ditambah air biasa kelihatan kok dari warna coolantnya yg terlalu pudar dan kerak2 coolant spt jelly di plastik reservoir,tutup radiator masih asli bawaan yg ada plastiknya yang udah rembes halus,radiator belom ada sealant bekas dibongkar untuk dikorok,brake fluid ga pernah di bleeding dari baru sampe coklat warnanya gila ga tuh, untung km baru 55ribu waktu dapat jadi belom ada kerusakan parah
Pelihara mobil sport lebih detail lagi setahu saya perawatannya
Ditambah lihat aja orang2 baru yg post minta saran mobil bekas di forum ini rata2 mintanya mobil bekas bawah 150juta mana bisa dapat unit layak pakai,tapi saya maklum daya belinya saat ini memang ga ada, kelas menengah banyak yang kurangin beban dengan jual mobil 100-200jtnya buat dapat kembalian untuk modal usaha dan dituker mobil yang lebih murah makannya mobil2 tua jadi kegoreng lagi