bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 718
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by timbermaniac123 »

slapnuts wrote: Mon Jan 13, 2025 4:41

Nah, tau kan om kenapa Mobilio dan BRV ga laku di pasaran dan kegilas pesaingnya? Karena MAYORITAS warga negara Indonesia beli mobil KELUARGA ga dipakai untuk manuver ekstrim seperti om. Nyatanya BRV/Mobilio dibantai Avanza Xenia FWD bahkan sampai XP/XP Cross pun masih lebih laris dibanding BRV. Dan again, mayoritas orang Indo pasti bakal bilang kalau Reborn yang handling floaty ngayun seperti kapal itu jauh lebih nyaman dibanding BRV/Mobilio yang gedubrakan, road noise berisik dan atap klontang-klontang kalau hujan. Kebanyakan orang ga peduli chasis rigid bla bla bla, yang penting empuk senyap kedap irit.

Prinsip orang Indo, mau manuver ektrsim ya beli mobil sport, mau bawa keluarga santai ya beli saja mobil keluarga yang nyaman.
Ironi nya, innova, fortuner, pajero yang dipake buat ngebut2an di jalan. Jadi saya bingung sama generasi gen z sekarang ini otaknya :big_slap:

Jaman sekarang orang cuma tau nya mobil makin banyak fitur makin worth untuk dibeli. Padahal hrv itu udah paling oke di kelasnya loh. Cuma orang sini udah dicuci otaknya aja sama dokter2an itu kalau cvt honda semengerikan itu.

Dibanding cx3 yang handlingnya juga sama bagus + udah radar sensingnya, tapi row belakang sempit.
Dibanding xforce yang lebih lega row belakangnya, tapi mesin dan handling kalah dari hrv.
Dibanding yarcoss, dari segi harga aja udah beda 40 juta setelah disc. Udah lebih mahal, BQ setara raize. Mending beda 40 juta itu dipake buat dipake isi bensin, ga perlu pusingin soal rv dan harga batre ke depannya. Atau 40 juta itu dipake buat upgrade HU + cam360 + audio + PBD + ambient light.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16480
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by ChZ »

timbermaniac123 wrote: Mon Jan 13, 2025 5:20
Ironi nya, innova, fortuner, pajero yang dipake buat ngebut2an di jalan. Jadi saya bingung sama generasi gen z sekarang ini otaknya :big_slap:
gw nggak pahamnya itu.

di rentang harga sama ada civic turbo lebih enak kalo mau ngebut2an, pada milihnya gajah diesel.

ya iya sih ngisinya harus pertabo tapi modifan mahal masa nggak modal isi bensin.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by zonepublic »

ChZ wrote: Mon Jan 13, 2025 8:31
gw nggak pahamnya itu.

di rentang harga sama ada civic turbo lebih enak kalo mau ngebut2an, pada milihnya gajah diesel.

ya iya sih ngisinya harus pertabo tapi modifan mahal masa nggak modal isi bensin.
Kalau bisa disubdisi kenapa harus bayar lebih? pola pikir orang indo ga yg miskin ga yang mampu sebenernya sama aja kok maunya tetep disuapin duitnya dipake buat yang lain karena buat mereka mobil cuma buat dipandang dan dipake dari titik A ke B aja, belum tentu cari kenyamanan
Temen saya ada yg beli pajero sport dakar baru di tahun 2022 dipake 2 taun ngisinya juga pake solbus, pernah saya tanya kenapa ga mau jawabnya lha kalo bisa bayar murah kenapa bayar mahal?
Kenapa civic turbo ga difavoritkan? Karena ga ada influencer yang pake, jadi brand imagenya tidak menunjukkan pemiliknya "punya kuasa" Beda sama duo gajah
Image civic kan mobilnya anak muda dibeliin bapaknya buat kuliah bedanya yang pake civic cowok kalo cewek paling hrv/jazz/brio
Ga ada kompetisi balap/drag racenya pula beda lho sama honda jazz ge, gk yang dipromosikan di balap issom, mana yang make pembalap yang bisa dibilang influencer otomotif juga
Bahkan mobil tua macam bmw e36 e46 aja bisa naik pamor karena dipromosikan buat mobil drifting
Disini yang punya civic Type R mana pernah dipake buat race? Paling cuma buat sunmori aja ga ada kompetisinya sama sekali berasa cuma buat kosmetik
Dulu civic jaman wonder, nouva, estilo itu jadi favorit karena kerap dipake balap
slapnuts wrote: Mon Jan 13, 2025 4:41
Nah, tau kan om kenapa Mobilio dan BRV ga laku di pasaran dan kegilas pesaingnya? Karena MAYORITAS warga negara Indonesia beli mobil KELUARGA ga dipakai untuk manuver ekstrim seperti om. Nyatanya BRV/Mobilio dibantai Avanza Xenia FWD bahkan sampai XP/XP Cross pun masih lebih laris dibanding BRV. Dan again, mayoritas orang Indo pasti bakal bilang kalau Reborn yang handling floaty ngayun seperti kapal itu jauh lebih nyaman dibanding BRV/Mobilio yang gedubrakan, road noise berisik dan atap klontang-klontang kalau hujan. Kebanyakan orang ga peduli chasis rigid bla bla bla, yang penting empuk senyap kedap irit.

Prinsip orang Indo, mau manuver ektrsim ya beli mobil sport, mau bawa keluarga santai ya beli saja mobil keluarga yang nyaman.
Pemilik mobil di indonesia yang paham otomotif ga sampe 5% menurut saya jadi rata2 mereka akan ikut arus saja, ditambah mobil buat sebagian orang itu investasi mrk ga mau rugi banyak2 bila perlu harga beli dan jualnya sama
95% orang yang make mobil berpersepsi isi bensin ganti oli jalan
Kalo 20ribu kaki2 mulai bunyi dibilang mobilnya ga robust
Itulah kenapa disini mobil bagus cuma ada di Importir umum
Saya ketika ambil jazz saya aja udah jalan 11 tahun coolant ga pernah diganti cuma ditambah air biasa kelihatan kok dari warna coolantnya yg terlalu pudar dan kerak2 coolant spt jelly di plastik reservoir,tutup radiator masih asli bawaan yg ada plastiknya yang udah rembes halus,radiator belom ada sealant bekas dibongkar untuk dikorok,brake fluid ga pernah di bleeding dari baru sampe coklat warnanya gila ga tuh, untung km baru 55ribu waktu dapat jadi belom ada kerusakan parah
Pelihara mobil sport lebih detail lagi setahu saya perawatannya

Ditambah lihat aja orang2 baru yg post minta saran mobil bekas di forum ini rata2 mintanya mobil bekas bawah 150juta mana bisa dapat unit layak pakai,tapi saya maklum daya belinya saat ini memang ga ada, kelas menengah banyak yang kurangin beban dengan jual mobil 100-200jtnya buat dapat kembalian untuk modal usaha dan dituker mobil yang lebih murah makannya mobil2 tua jadi kegoreng lagi
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5358
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by b0ku »

ChZ wrote: Mon Jan 13, 2025 8:31
gw nggak pahamnya itu.

di rentang harga sama ada civic turbo lebih enak kalo mau ngebut2an, pada milihnya gajah diesel.

ya iya sih ngisinya harus pertabo tapi modifan mahal masa nggak modal isi bensin.
sama lah kayak ipar saya saya suruh beli HRV E bekas yang 200jtan malah beli creta 360jtan abis itu setahun rugi ampir 100jt dpresiasi terus isi pertalite.......... :big_bored:

saya sekarang lagi pake xtrail jual 160jt aja isinya super kemaren baru isi setengah tenk 500rb sempet awal beli isi fulltenk 700rb :big_slap:
kayukayuthe5th
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Sat Jan 11, 2025 2:50
krniawnhdr wrote: Sat Jan 11, 2025 1:30
Suryaputra wrote: Fri Jan 10, 2025 8:24

Suzuki rata2 bushingnya lbh fluffy.
Kenyal kyk marshmallow.

Tapi Giliran goyangin setir dikit ngiri nganan, lgs kyk kapal oleng,
Gak usah manuver extreme.

Klo aliran siksa diri, jalan lurus aja, ya cocok aja pakai fluffy car :upss:
normal daily use dalam kota aja berasa sih annoyingnya, apalagi dibawa road trip jarak jauh waktu lama..
toh mobil 1500 cc mau seekstrim apa sih manuver kebut2annya :big_peace:
meliuk2 ke subang atau ke arah pantai selatan, or puncak paling deket klo dari jabo,
itu jauh lbh pede pk mobilio dibanding xpander :mky_03:

klo pk xpander, meliuk2 agak eneg, body roll dan goyangannya itu, sukses bikin penumpang 2nd-3rd row hoek2.
fluffy car

gak usah kenceng2, itu jg paling 40-50 kmh

Honda itu udh rahasia umum, juara di handling dan sasis,
walau bushing keras dan rada gedubrakan :big_grin:
Nganu om fitur kaki2 kan andalan honda hehe. Sepakat sih walaupun aged platform tapi kategori masih ok.
b0ku wrote: Fri Jan 10, 2025 21:26
zonepublic wrote: Fri Jan 10, 2025 13:37 barusan nyoba tes drive creta NLine ini,mesin ada peningkatan,turbo ga bohong,perpindahan gigi cukup oke,respon setir sigap,kabin kedap
kekurangannya bantingan keras tapi ngayun2 ga bisa rigid entah masalah di sasis atau pegas kayanya kalo beli creta NLine no 1 yg harus diperbaiki di kaki2 dan ruang kaki sesak,berasa seperti naik Raize yang busuk
sayang mesin dan fitur oke tapi ruang sempit dan bantingan ga enak jadi kekurangan menurut saya tidak bisa dinaikkan sekelas CRV meskipun fitur melimpah sekian first drive impression dari saya :big_smile]
chasisnya emang kurang om bahkan di adu sama elevante aja kalah disitu driving dynamicsnya jauh sama elevante :mky_03:

Wrv jepang ini emang jempolan bahkan insider jepun aja bingung kok gini dinasukin telat malah bikin suv gede tanggung ala zrv wkwkwk ditambah murah lagi. Ini katanya minus hybrid system sih.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5358
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Tue Jan 14, 2025 0:44
Wrv jepang ini emang jempolan bahkan insider jepun aja bingung kok gini dinasukin telat malah bikin suv gede tanggung ala zrv wkwkwk ditambah murah lagi. Ini katanya minus hybrid system sih.
karena kalo ud crash test bakalan kaleng kek creta :big_biglaugh:

tapi beneran dah ini elevante kalo masuk keknya jualannya bisa lebih kenceng dari hrv karena punya yang HRV gak ada kabin gede persetan sama panoramic :big_biglaugh:
kayukayuthe5th
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Tue Jan 14, 2025 0:52
kayukayuthe5th wrote: Tue Jan 14, 2025 0:44
Wrv jepang ini emang jempolan bahkan insider jepun aja bingung kok gini dinasukin telat malah bikin suv gede tanggung ala zrv wkwkwk ditambah murah lagi. Ini katanya minus hybrid system sih.
karena kalo ud crash test bakalan kaleng kek creta :big_biglaugh:

tapi beneran dah ini elevante kalo masuk keknya jualannya bisa lebih kenceng dari hrv karena punya yang HRV gak ada kabin gede persetan sama panoramic :big_biglaugh:
Creta emang kaleng? Belum pernh naik atp nyetir sih kata incluencer bantingan ma kekedapanya serasa mobil eropa :big_chicken:

Ini menurutku mirip2 strategi latest mercedes final facelift dibikin bpmbastis dibanding audi ma bmw. Overall exterior sih better dibanding skrg yang lampu belakang kaianya desainer lagi ngantum , wlaupun tetep ga suka desin matrix ala2 ev kaia gini wkwkw
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5358
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Tue Jan 14, 2025 1:00 Creta emang kaleng? Belum pernh naik atp nyetir sih kata incluencer bantingan ma kekedapanya serasa mobil eropa :big_chicken:

Ini menurutku mirip2 strategi latest mercedes final facelift dibikin bpmbastis dibanding audi ma bmw. Overall exterior sih better dibanding skrg yang lampu belakang kaianya desainer lagi ngantum , wlaupun tetep ga suka desin matrix ala2 ev kaia gini wkwkw
strukturnya gak stabil om kalo di crashtest cuma lolos doank tapi gak kuat2x banget :mky_03:

beda sama honda mau bintang 2 atau satu strukturnya stabil, karena hasil crashtest kan tergantung dari damagenya si dummy kalo ada balonnya banyak ya pasti hasilnya bagus biarpun strukturnya jelek kalo honda mobilio yang bintang jelek pun strukturnya stabil dapet ranting jelek karena kurang balon aja dummynya mampus
kayukayuthe5th
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Tue Jan 14, 2025 1:05
kayukayuthe5th wrote: Tue Jan 14, 2025 1:00 Creta emang kaleng? Belum pernh naik atp nyetir sih kata incluencer bantingan ma kekedapanya serasa mobil eropa :big_chicken:

Ini menurutku mirip2 strategi latest mercedes final facelift dibikin bpmbastis dibanding audi ma bmw. Overall exterior sih better dibanding skrg yang lampu belakang kaianya desainer lagi ngantum , wlaupun tetep ga suka desin matrix ala2 ev kaia gini wkwkw
strukturnya gak stabil om kalo di crashtest cuma lolos doank tapi gak kuat2x banget :mky_03:

beda sama honda mau bintang 2 atau satu strukturnya stabil, karena hasil crashtest kan tergantung dari damagenya si dummy kalo ada balonnya banyak ya pasti hasilnya bagus biarpun strukturnya jelek kalo honda mobilio yang bintang jelek pun strukturnya stabil dapet ranting jelek karena kurang balon aja dummynya mampus
Oh maksudnya casis toh.
Gwa juga ga nyangka sih gmp yondei kaen ini ternyta ga rigid2 banget.
Berarri Kalah ama susuki yang walaupun desire baru dihujat masih bisa lolos euro ncap bntang 4 lagi. Heartect emang juara sih prindapan tech ga kaleng baru inget fronx juga mayan dan dah masuk njkb terendah 168 mt semua mild hybrid (12 to 48v belum 48 to 48v kaia eqboost terbaru)
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5358
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Tue Jan 14, 2025 1:10
Oh maksudnya casis toh.
Gwa juga ga nyangka sih gmp yondei kaen ini ternyta ga rigid2 banget.
Berarri Kalah ama susuki yang walaupun desire baru dihujat masih bisa lolos euro ncap bntang 4 lagi. Heartect emang juara sih prindapan tech ga kaleng baru inget fronx juga mayan dan dah masuk njkb terendah 168 mt semua mild hybrid (12 to 48v belum 48 to 48v kaia eqboost terbaru)
kebanyakan mobil korea spek Jaiphur strukturnya gak stabil semua hasil crash testnya, kebalikan sama honda mau bintangnya cuma 1 atau kosong strukturnya stabil semua...... :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16480
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Mon Jan 13, 2025 10:32
Kalau bisa disubdisi kenapa harus bayar lebih? pola pikir orang indo ga yg miskin ga yang mampu sebenernya sama aja kok maunya tetep disuapin duitnya dipake buat yang lain karena buat mereka mobil cuma buat dipandang dan dipake dari titik A ke B aja, belum tentu cari kenyamanan
Temen saya ada yg beli pajero sport dakar baru di tahun 2022 dipake 2 taun ngisinya juga pake solbus, pernah saya tanya kenapa ga mau jawabnya lha kalo bisa bayar murah kenapa bayar mahal?
bbm maunya subsidi

padahal tetep bayar PKB,
bayar cicilan,
servis
modif dll (ini yang paling bikin heran, velg dan ban bisa 20 juta sendiri, belum remap upgrade turbo dll)

ngirit selisih solbus dan dex itu gak ada artinya kalo dibandingin sama biaya2 di atas.

solbus paling selisih fulltank 300rb dan 600 ribu anggep ngisi 2 minggu sekali (kan tank nya pajero dkk besar), apalah arti ngirit 600 ribu perbulan dikali 12 aja masih 7.2juta. ketutup biaya2 lain udah nggak masuk.

tapi ya mobil dibeliin babeh sih jadi ngertinya isi bensin doang, gak nanggung biaya lain2.

sama kyk yang bilang mobil listrik ngirit. padahal nyicil mobilnya sudah berapa.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed May 18, 2016 3:48

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by inobody »

ikutan ngeramein ah,. maaf OOT dikit.
Abis angkut Stargazer Prime cpt seat buat kantor.. diskon sadis 70++

nih mobil enak juga ternyata dalkot, legaa nyaman dan ga perlu di sayang2 ky gmn.. keluar masuk mbl nyaman, baris kedua lega, tinggi ane 179cm.

dan fatalnya, ank2 lebih dmen naik ini, nganggur dah Civic FC ama SantaFe TM FL :(
tp positifnya jadi low profile , negatifnya hilang sudah rasa turbo..
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1760
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by MSU »

ChZ wrote: Mon Jan 13, 2025 8:31
timbermaniac123 wrote: Mon Jan 13, 2025 5:20
Ironi nya, innova, fortuner, pajero yang dipake buat ngebut2an di jalan. Jadi saya bingung sama generasi gen z sekarang ini otaknya :big_slap:
gw nggak pahamnya itu.

di rentang harga sama ada civic turbo lebih enak kalo mau ngebut2an, pada milihnya gajah diesel.

ya iya sih ngisinya harus pertabo tapi modifan mahal masa nggak modal isi bensin.
civic ga ada kesan arogannya om
gen Z kan kepingin "tampil"...kalo perlu plus plat nomor ala2 aparat