Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
AR93 wrote: ↑Fri May 10, 2024 12:00
.... mana ada di negara lain toyota bisa punya hulu ke hilir
Hihihi HPM gaada bedanya, tau kan 51% dari HPM itu grup Prospect Motor? Nah dia yg pegang dealer Imora, HJC, HBC, Pradana etc. Sama tuh hulu ke hilir.
[/quote]
kan sy bilangnya "....mana ada di negara lain toyota bisa ..." blm bicara merek lain n lg bicara grup nya astra
ilhami wrote: ↑Fri May 10, 2024 12:42
Itu karena kebijakan TKDN nggak ya. Tapi TKDN di mobil, mobil impor jadi mahal banget.
Kalau di elektronik, barang TKDN malah harganya mahal sekali.
barang tkdn elektronik jadi mahal karena permainan komisi fee proyek ke pemerintah. Mereka biasa minta fee di awal. itu laptop tkdn aja harga 30 juta tapi spek mirip kaya laptop harga belasan juta.
kalau mobil agak susah ya, masa ada proyek pemerintah yang perlu mobil. Yang ada mereka terang2an minta anggaran untuk mobil dinas baru kaya bz4x /nmax kemarin.
ilhami wrote: ↑Fri May 10, 2024 12:42
Itu karena kebijakan TKDN nggak ya. Tapi TKDN di mobil, mobil impor jadi mahal banget.
Kalau di elektronik, barang TKDN malah harganya mahal sekali.
barang tkdn elektronik jadi mahal karena permainan komisi fee proyek ke pemerintah. Mereka biasa minta fee di awal. itu laptop tkdn aja harga 30 juta tapi spek mirip kaya laptop harga belasan juta.
kalau mobil agak susah ya, masa ada proyek pemerintah yang perlu mobil. Yang ada mereka terang2an minta anggaran untuk mobil dinas baru kaya bz4x /nmax kemarin.
Untuk elektronik sebenernya bisa dapet lebih value for money malah dengan yang berTKDN, dengan catetan beli brand lokal dan beli secara bulk atau konsolidasi... kalau dibilang bisa dapet harga di bawah harga merek luar, bisa banget... tapi balik lagi ke yang punya kerjaan mau atau engga
Saya amati dari tahun 2021 di e-katalog dan di web Kemenperin mobil Toyota yang dibuat di Indo kok ga ada TKDNnya ya, malah Hyundai Ioniq 5 udah duluan dari 2022. Padahal penjualan paling banyak (di Pemkot saya) ga jauh2 dari Toyo/Dai, apa karena terlalu laku jadi PD tanpa harus sertifikasi TKDN kali ya, padahal secara persentase nilai komponen dalam negerinya mungkin bisa lebih tinggi dari Hyundai yang cuma kisaran 40%, atau mungkin ada prospek lain yang diincer kedepan.
Untuk mobil di instansi pemerintah udah jarang beli unit Om... sekarang lagi gencar untuk pindah jadi sewa, nanti dapet plat item/putih, jadi nanti bisa isi BBM goceng
Wah lama login hehe. Cerita dikit Om-om.
2 thn kemarin saya dapat info dari Dir salah satu leasing Company subsidiary perusahaan gede di Jepang.
Dir ini ikut diundang di Head Office di sana. Petinggi sana sdh ngakui bahwa Jepang sudah ketinggalan 10 thn dibanding China dalam hal otomotif.
patrickstar wrote: ↑Sun May 19, 2024 1:32
Wah lama login hehe. Cerita dikit Om-om.
2 thn kemarin saya dapat info dari Dir salah satu leasing Company subsidiary perusahaan gede di Jepang.
Dir ini ikut diundang di Head Office di sana. Petinggi sana sdh ngakui bahwa Jepang sudah ketinggalan 10 thn dibanding China dalam hal otomotif.
Udh keliat sebetulnya koq om
Sama aja kayak dulu mobil jepang mgkn dianggap ringkih dibanding mobil mamarika...tp irit bensin & gampang diperbaiki
Sekarang yang dari cina secara teknologi jauh loncatnya...mungkin paling gampang cek aja dulu ceri qq gimana kualitasnya vs sekarang mrk bawa omoda...walau mgkn secara qc ada perlu perbaikan
patrickstar wrote: ↑Sun May 19, 2024 1:32
Wah lama login hehe. Cerita dikit Om-om.
2 thn kemarin saya dapat info dari Dir salah satu leasing Company subsidiary perusahaan gede di Jepang.
Dir ini ikut diundang di Head Office di sana. Petinggi sana sdh ngakui bahwa Jepang sudah ketinggalan 10 thn dibanding China dalam hal otomotif.
Udh keliat sebetulnya koq om
Sama aja kayak dulu mobil jepang mgkn dianggap ringkih dibanding mobil mamarika...tp irit bensin & gampang diperbaiki
Sekarang yang dari cina secara teknologi jauh loncatnya...mungkin paling gampang cek aja dulu ceri qq gimana kualitasnya vs sekarang mrk bawa omoda...walau mgkn secara qc ada perlu perbaikan
betul Om, sudah kayak HP, kedepannya mungkin brand Korea vs China yg nonjol
patrickstar wrote: ↑Sun May 19, 2024 1:32
Wah lama login hehe. Cerita dikit Om-om.
2 thn kemarin saya dapat info dari Dir salah satu leasing Company subsidiary perusahaan gede di Jepang.
Dir ini ikut diundang di Head Office di sana. Petinggi sana sdh ngakui bahwa Jepang sudah ketinggalan 10 thn dibanding China dalam hal otomotif.
woooow tertinggal 10 tahun??? klaim yg bikin sangat kaget. dibidang apa ya tertinggalnya? apa spesifik di mobil listrik?