Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Senargitar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by Senargitar »

Perpres Mobil Listrik Terganjal Perdebatan Menteri yang Tak Kunjung Usai

Suara.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan buka suara terkait Peraturan Presiden (Perpres) soal mobil listrik yang belum selesai.

Menurut Jonan, banyak perdebatan antar menteri terkait pembuatan beleid tersebut yang belum rampung hingga saat ini.

"Perdebatan menteri nggak selesai-selesai. Ada yang pro mobil listrik, ada yang melawan. Jadi, ini ya mestinya harus selesai," kata Jonan, saat ditemui di Halaman Monas, Jakarta, Minggu (28/7/2019).

Selain itu, Mantan Menteri Perhubungan ini juga meminta ada aturan turunan dari Menteri Keuangan untuk mengatur insentif yang diberikan kepada pelaku usaha.

"Kalau nanti Perpres mobil listrik selesai, mestinya ada turunan dari pmk untuk memberikan insentif. Tanyakan ke Menkeu insentifnya apa, karena kendaraan listrik dampaknya lebih besar untuk mengurangi impor minyak. Karena energi kendaraan listrik ini yang besar itu batubara, gas, angin, atau matahari dan sebagainya ini mestinya harus di produksi di dalam negeri, jadi enggak usah impor," jelas dia.

Jonan menuturkan, salah satu insentif yang bisa diatur yaitu Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM). Ia menambahkan, insentif ini bisa diberikan selagi menunggu Perpres selesai.

"Orang tanya mengurangi impor, mobil listriknya didorong dan diberi insentif dan sebagainya. Khususnya perpajakan? Ya PPnBM dengan bea masuk. Kalau nunggu sampai 100 persen untuk bisa komponen lokal dibangun, nanti saya pensiun juga enggak jadi. Jadi sambil nunggu lembaga industri nasional, tapi juga sambil dikasih insentif," pungkas dia.

https://m.suara.com/bisnis/2019/07/28/1 ... njung-usai


Sepertinya tidak akan dlm waktu dekat :mky_04:
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by mpvlover »

Wkwkwkkwk

Inilah Indon

NATO
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by mpvlover »

And in other news

Citilink tutup tiga rute di kertajati

Ada sehari cuman ada satu rute yaitu si lion air (siapa lagi ?)

Pemerintah sekarang memang top bikin planning kerjanya
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by ilhami »

Kalau banyak mobil listrik, bisnis spbu sepi.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by ak4ng »

:big_deal:
ilhami wrote: Sun Jul 28, 2019 10:14 Kalau banyak mobil listrik, bisnis spbu sepi.
Alih fungsi jadi pangkalan charger mobil listrik om :big_biglaugh:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
demonicorchestra
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Wed May 03, 2017 6:33
Location: Bandung
Daily Vehicle: Jazz

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by demonicorchestra »

Jokowi Sudah Teken Aturan Mobil Listrik
Mochamad Zhacky - detikFinance

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya telah menandatangani peraturan presiden mengenai mobil listrik. Hal ini disampaikan langsung oleh Jokowi usai meresmikan Gedung Sekretariat ASEAN, di Jakarta, Kamis (8/8/2019).

"Sudah, sudah. Sudah saya tanda tangan senin pagi," katanya.

Jokowi berharap aturan yang sudah dirancang bisa mendorong industri otomotif bergerak ke arah yang lebih ramah terhadap lingkungan. Mobil listrik menjadi salah satu dorongan yang diharapkan mampu mewujudkan visi ini.

Namun dia bilang hal ini butuh waktu karena perkara membangun sebuah industri yang baru bukanlah sesuatu yang dapat diraih dengan cepat.

"Membangun sebuah industri seperti ini tidak mungkin satu atau dua tahun, pasti juga akan melihat pasar. Melihat pembeli. Apakah membuatnya bisa, yang beli ada? Karena 40% harganya lebih mahal dari mobil biasa," kataya.

Salah satu komponen industri mobil listrik yang ingin dibangun di Indonesia adalah produksi baterai. Diproduksinya baterai untuk mobil listrik di dalam negeri diharapkan mampu menekan biaya pembuatan mobil ramah lingkungan ini.

"Kita tahu 60% mobil listrik itu kuncinya ada di baterainya. Dan bahan untuk buat baterai dan lain-lain ada di negara kita. Sehingga strategi bisnis negara ini bisa kita rancang agar kita bisa mendahului membangun mobil listrik yang murah, kompetitif karena bahan-bahan ada di sini," kata Jokowi.
https://m.detik.com/finance/energi/d-46 ... il-listrik
Chester Bennington 1976-2017, gone but not forgotten
"I've become so numb, I can't feel you there. Become so tired, so much more aware"
Sonzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Sat Dec 02, 2017 11:37
Location: BTH-CGK
Daily Vehicle: Veloz 3SZ-VE Brio L12

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by Sonzz »

demonicorchestra wrote: Thu Aug 08, 2019 3:16
Jokowi Sudah Teken Aturan Mobil Listrik
Mochamad Zhacky - detikFinance

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya telah menandatangani peraturan presiden mengenai mobil listrik. Hal ini disampaikan langsung oleh Jokowi usai meresmikan Gedung Sekretariat ASEAN, di Jakarta, Kamis (8/8/2019).

"Sudah, sudah. Sudah saya tanda tangan senin pagi," katanya.

Jokowi berharap aturan yang sudah dirancang bisa mendorong industri otomotif bergerak ke arah yang lebih ramah terhadap lingkungan. Mobil listrik menjadi salah satu dorongan yang diharapkan mampu mewujudkan visi ini.

Namun dia bilang hal ini butuh waktu karena perkara membangun sebuah industri yang baru bukanlah sesuatu yang dapat diraih dengan cepat.

"Membangun sebuah industri seperti ini tidak mungkin satu atau dua tahun, pasti juga akan melihat pasar. Melihat pembeli. Apakah membuatnya bisa, yang beli ada? Karena 40% harganya lebih mahal dari mobil biasa," kataya.

Salah satu komponen industri mobil listrik yang ingin dibangun di Indonesia adalah produksi baterai. Diproduksinya baterai untuk mobil listrik di dalam negeri diharapkan mampu menekan biaya pembuatan mobil ramah lingkungan ini.

"Kita tahu 60% mobil listrik itu kuncinya ada di baterainya. Dan bahan untuk buat baterai dan lain-lain ada di negara kita. Sehingga strategi bisnis negara ini bisa kita rancang agar kita bisa mendahului membangun mobil listrik yang murah, kompetitif karena bahan-bahan ada di sini," kata Jokowi.
https://m.detik.com/finance/energi/d-46 ... il-listrik
Good news, konon ada sedikit revisi peraturan LCEV nya, ad yg pnya data terupdate ga?? Lalu untuk aturan Sedan atau SUV, trus sistem penggerak mobil, jga udah diteken blm ya? Lumayn kan klo Sedan AWD pajaknya udah ga "gila" lagi, bsa jdi pertimbangan untuk dibeli
Bean06
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Thunder

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by Bean06 »

Nanti bisa muncul LMPV kelaas nanggung 1.8 kompensasi pembengkakan model body akhir ini.
picker83
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Sep 25, 2018 6:03
Location: jakarta
Daily Vehicle: ford fiesta

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by picker83 »

gambaran aja aturan baru sudah menghapus jenis penggerak, penentu ppnbm ada bbrp kriteria mis mbl penumpang dari tingkat konsumsi bbm dan tingkat emisi ,
Diesel and Gasoline:
• ≤ 3000 cc --> rate dari 15%,20%,25%, 40% (based on fuel consumption & emisi) yg 10% otomatis naek kelas yg boros jg otomatis naek,
• 3000 cc to 4000 cc rate 40%,50%,60%,70%
• > 4000 cc (super car) -->95%
lcgc 3%
hybrid/mild hybrid 2-8%/8-12%
flexy engine (E100 / B100) ini yg etanol atau biodiesel 100% kena ppnbm 8%
phev ,ev/fc 0%
overall sih rata rata untuk mbl yg beredar mayoritas di jlnn ke depan naek ppnbmnya.
ericksip
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Sun Jul 14, 2019 13:51
Daily Vehicle: X3 BMW

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by ericksip »

akankah berarti CRV dan CX-5 AWD akan masuk 1-2thn kedepan?

Simplenya dari berapa yang lama dan berapa yang baru persentase pajaknya?
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by mobilover »

picker83 wrote: Thu Aug 08, 2019 8:17 gambaran aja aturan baru sudah menghapus jenis penggerak, penentu ppnbm ada bbrp kriteria mis mbl penumpang dari tingkat konsumsi bbm dan tingkat emisi ,
Diesel and Gasoline:
• ≤ 3000 cc --> rate dari 15%,20%,25%, 40% (based on fuel consumption & emisi) yg 10% otomatis naek kelas yg boros jg otomatis naek,
• 3000 cc to 4000 cc rate 40%,50%,60%,70%
• > 4000 cc (super car) -->95%
lcgc 3%
hybrid/mild hybrid 2-8%/8-12%
flexy engine (E100 / B100) ini yg etanol atau biodiesel 100% kena ppnbm 8%
phev ,ev/fc 0%
overall sih rata rata untuk mbl yg beredar mayoritas di jlnn ke depan naek ppnbmnya.
Kl bener skema pajaknya kayak gini, yg bakal banyak beredar di jalan jakarta ke depannya mobil hybridnya toyota / honda, phev / ev toyota-mitsubishi, dan bus listrik. Secara pajak bakal lbh murah dr mobil bensin / diesel biasa, plus bakal dapat insentif non fiskal seperti bebas ganjil genap, subsidi parkir, dll

Baguslah biar lbh bersih jakarta dr polusi mobil. Semoga bisa segera terealisasikan dalam 1 - 2 tahun ke depan. Pengen nyoba punya mobil hybrid / phev / ev juga hehe
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by Bulgogi »

mobilover wrote:
picker83 wrote: Thu Aug 08, 2019 8:17 gambaran aja aturan baru sudah menghapus jenis penggerak, penentu ppnbm ada bbrp kriteria mis mbl penumpang dari tingkat konsumsi bbm dan tingkat emisi ,
Diesel and Gasoline:
• ≤ 3000 cc --> rate dari 15%,20%,25%, 40% (based on fuel consumption & emisi) yg 10% otomatis naek kelas yg boros jg otomatis naek,
• 3000 cc to 4000 cc rate 40%,50%,60%,70%
• > 4000 cc (super car) -->95%
lcgc 3%
hybrid/mild hybrid 2-8%/8-12%
flexy engine (E100 / B100) ini yg etanol atau biodiesel 100% kena ppnbm 8%
phev ,ev/fc 0%
overall sih rata rata untuk mbl yg beredar mayoritas di jlnn ke depan naek ppnbmnya.
Kl bener skema pajaknya kayak gini, yg bakal banyak beredar di jalan jakarta ke depannya mobil hybridnya toyota / honda, phev / ev toyota-mitsubishi, dan bus listrik. Secara pajak bakal lbh murah dr mobil bensin / diesel biasa, plus bakal dapat insentif non fiskal seperti bebas ganjil genap, subsidi parkir, dll

Baguslah biar lbh bersih jakarta dr polusi mobil. Semoga bisa segera terealisasikan dalam 1 - 2 tahun ke depan. Pengen nyoba punya mobil hybrid / phev / ev juga hehe
Belum ada ev / hybrid yg ramah kantong um.. dr astra jg belum ada tanda2 mau keluarin hybrid seharga avanza.. ini yg bikin berat msy beralih ke listrik..
User avatar
demonicorchestra
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Wed May 03, 2017 6:33
Location: Bandung
Daily Vehicle: Jazz

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by demonicorchestra »

Sonzz wrote: Thu Aug 08, 2019 6:08
demonicorchestra wrote: Thu Aug 08, 2019 3:16
Jokowi Sudah Teken Aturan Mobil Listrik
Mochamad Zhacky - detikFinance

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya telah menandatangani peraturan presiden mengenai mobil listrik. Hal ini disampaikan langsung oleh Jokowi usai meresmikan Gedung Sekretariat ASEAN, di Jakarta, Kamis (8/8/2019).

"Sudah, sudah. Sudah saya tanda tangan senin pagi," katanya.

Jokowi berharap aturan yang sudah dirancang bisa mendorong industri otomotif bergerak ke arah yang lebih ramah terhadap lingkungan. Mobil listrik menjadi salah satu dorongan yang diharapkan mampu mewujudkan visi ini.

Namun dia bilang hal ini butuh waktu karena perkara membangun sebuah industri yang baru bukanlah sesuatu yang dapat diraih dengan cepat.

"Membangun sebuah industri seperti ini tidak mungkin satu atau dua tahun, pasti juga akan melihat pasar. Melihat pembeli. Apakah membuatnya bisa, yang beli ada? Karena 40% harganya lebih mahal dari mobil biasa," kataya.

Salah satu komponen industri mobil listrik yang ingin dibangun di Indonesia adalah produksi baterai. Diproduksinya baterai untuk mobil listrik di dalam negeri diharapkan mampu menekan biaya pembuatan mobil ramah lingkungan ini.

"Kita tahu 60% mobil listrik itu kuncinya ada di baterainya. Dan bahan untuk buat baterai dan lain-lain ada di negara kita. Sehingga strategi bisnis negara ini bisa kita rancang agar kita bisa mendahului membangun mobil listrik yang murah, kompetitif karena bahan-bahan ada di sini," kata Jokowi.
https://m.detik.com/finance/energi/d-46 ... il-listrik
Good news, konon ada sedikit revisi peraturan LCEV nya, ad yg pnya data terupdate ga?? Lalu untuk aturan Sedan atau SUV, trus sistem penggerak mobil, jga udah diteken blm ya? Lumayn kan klo Sedan AWD pajaknya udah ga "gila" lagi, bsa jdi pertimbangan untuk dibeli
Keknya udh sepaket itu
Bulgogi wrote: Thu Aug 08, 2019 13:24
mobilover wrote:
picker83 wrote: Thu Aug 08, 2019 8:17 gambaran aja aturan baru sudah menghapus jenis penggerak, penentu ppnbm ada bbrp kriteria mis mbl penumpang dari tingkat konsumsi bbm dan tingkat emisi ,
Diesel and Gasoline:
• ≤ 3000 cc --> rate dari 15%,20%,25%, 40% (based on fuel consumption & emisi) yg 10% otomatis naek kelas yg boros jg otomatis naek,
• 3000 cc to 4000 cc rate 40%,50%,60%,70%
• > 4000 cc (super car) -->95%
lcgc 3%
hybrid/mild hybrid 2-8%/8-12%
flexy engine (E100 / B100) ini yg etanol atau biodiesel 100% kena ppnbm 8%
phev ,ev/fc 0%
overall sih rata rata untuk mbl yg beredar mayoritas di jlnn ke depan naek ppnbmnya.
Kl bener skema pajaknya kayak gini, yg bakal banyak beredar di jalan jakarta ke depannya mobil hybridnya toyota / honda, phev / ev toyota-mitsubishi, dan bus listrik. Secara pajak bakal lbh murah dr mobil bensin / diesel biasa, plus bakal dapat insentif non fiskal seperti bebas ganjil genap, subsidi parkir, dll

Baguslah biar lbh bersih jakarta dr polusi mobil. Semoga bisa segera terealisasikan dalam 1 - 2 tahun ke depan. Pengen nyoba punya mobil hybrid / phev / ev juga hehe
Belum ada ev / hybrid yg ramah kantong um.. dr astra jg belum ada tanda2 mau keluarin hybrid seharga avanza.. ini yg bikin berat msy beralih ke listrik..
Mungkin klo tingkat lokalisasinya udh lumayan tinggi, harganya jga bs ikut ditekan, apalg pabrik baterai EV di Morowali baru2 ini sedang dlm proses pembangunan. Menarik utk diliat perkembangan industri mobil listrik di Indonesia kedepannya terutama bila sarana pendukungnya baik dari hulu di industri komponen hingga hilir seperti EV charging station dan pabrik pengolahan limbah baterai udh matang
Chester Bennington 1976-2017, gone but not forgotten
"I've become so numb, I can't feel you there. Become so tired, so much more aware"
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by kunaskun »

picker83 wrote: Thu Aug 08, 2019 8:17 gambaran aja aturan baru sudah menghapus jenis penggerak, penentu ppnbm ada bbrp kriteria mis mbl penumpang dari tingkat konsumsi bbm dan tingkat emisi ,
Diesel and Gasoline:
• ≤ 3000 cc --> rate dari 15%,20%,25%, 40% (based on fuel consumption & emisi) yg 10% otomatis naek kelas yg boros jg otomatis naek,
• 3000 cc to 4000 cc rate 40%,50%,60%,70%
• > 4000 cc (super car) -->95%
lcgc 3%
hybrid/mild hybrid 2-8%/8-12%
flexy engine (E100 / B100) ini yg etanol atau biodiesel 100% kena ppnbm 8%
phev ,ev/fc 0%
overall sih rata rata untuk mbl yg beredar mayoritas di jlnn ke depan naek ppnbmnya.
ini baru soal pajak ya belum dihitung dari local content? tapi gini saja sudah good news d walau konsumen ketiban harga mobil naik lagi tapi bisa ngerasain mobil2 modern yang irit2 karena entah itu mild hybrid atau hybrid beneran. kalau EV belum lah, kecuali di rumah sudah standby Solarcell grid untuk bantuan isi daya (masa depan yang jauh)
Bulgogi wrote: Thu Aug 08, 2019 13:24Belum ada ev / hybrid yg ramah kantong um.. dr astra jg belum ada tanda2 mau keluarin hybrid seharga avanza.. ini yg bikin berat msy beralih ke listrik..
kalau kaya gini si langkah Nissan buat stop pabrik Indo bakalan mulus, tinggal import semua dari Thailand saja yg sudah duluan konsep pajak emisi dan hybrid, begitu juga Mitsu. Suzuki juga ketiban pulung, mild hybrid rakitan india bakalan murah. tinggal daitoyo gimana buat amunisi perang, walau sudah ready secara teknologi tapi kan dari sebelum2nya "ogah rugi" kalau ga rakit di indo semua, dan karena merek terbesar otomatis mesti siapin labor force lagi untuk service dan spare part.

EV atau mild hybrid murah ya ala suzuki, ISG dulu. nanti pelan2 EV. sembari tungguin batere yang sampe sekarang belum ada satu teknologi pamungkas, terutama soal recycling.
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by Astargea »

ericksip wrote: Thu Aug 08, 2019 10:34 akankah berarti CRV dan CX-5 AWD akan masuk 1-2thn kedepan?

Simplenya dari berapa yang lama dan berapa yang baru persentase pajaknya?
Ini solusi tepat buat orang yang ngeluh ''sayangnya FWD"
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2526
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by KielConstantine »

Dengan dihapusnya pajak penggerak 4 roda.

Berharap Subaru jualan lagi di sini. All wheel drive + boxer horizontal engine... Mobil bagus itu.

SUV ladder 4x4 jg banyak dibutuhin di area pedalaman, luar pulau.

Toyota jualan Land cruiser harganya moga2 turun tuhh... manteng aja di 2.2M.. buset dah.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
picker83
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Sep 25, 2018 6:03
Location: jakarta
Daily Vehicle: ford fiesta

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by picker83 »

untuk insentif buat konsumen terkait mbl listrik:
tuh bank bumn bri ditunjuk kasih rate khusus 3,6% atau 3.8% lupa saya tenor 6 tahun,
free insurance 1 tahun
bebas lewat jalanan tertentu yg dibatasi ( yg ganjil genap) --> jd mang arahan dari pusat bkn kebijakan si anies.

almaz bs naek hrg krn berat di body trus fuel consnya mgkn masuk range yg 20-25% (ppnbm)
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by mobilover »

picker83 wrote: Fri Aug 09, 2019 3:43 untuk insentif buat konsumen terkait mbl listrik:
tuh bank bumn bri ditunjuk kasih rate khusus 3,6% atau 3.8% lupa saya tenor 6 tahun,
free insurance 1 tahun
bebas lewat jalanan tertentu yg dibatasi ( yg ganjil genap) --> jd mang arahan dari pusat bkn kebijakan si anies.

almaz bs naek hrg krn berat di body trus fuel consnya mgkn masuk range yg 20-25% (ppnbm)
Kira2 kapan peraturan berlakunya om? Soalnya bakal ngubah struktur harga banyak tipe mobil di indonesia krn pajak baru berdasarkan emisi. Kayaknya kl gak dikasih periode penyesuaian bakal bingung konsumen harga mendadak berubah. Mgkn 1 - 2 tahun ke depan untuk penyesuaian?
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by Bulgogi »

demonicorchestra wrote:
Mungkin klo tingkat lokalisasinya udh lumayan tinggi, harganya jga bs ikut ditekan, apalg pabrik baterai EV di Morowali baru2 ini sedang dlm proses pembangunan. Menarik utk diliat perkembangan industri mobil listrik di Indonesia kedepannya terutama bila sarana pendukungnya baik dari hulu di industri komponen hingga hilir seperti EV charging station dan pabrik pengolahan limbah baterai udh matang
Kalopun battery morowali sdh siap, belum ada desain hybrid murah dr toyo-dai.. hybrid termurahnya masih seharga CHR.. ini yg buat kita sulit beralih ke EV..

Pure EV yg paling menjanjikan dr japan cuma leaf.. paling murah & sudah teruji juga.. tapi itupun masih terhitung ga murah..
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by Bulgogi »

kunaskun wrote:
Bulgogi wrote: Thu Aug 08, 2019 13:24Belum ada ev / hybrid yg ramah kantong um.. dr astra jg belum ada tanda2 mau keluarin hybrid seharga avanza.. ini yg bikin berat msy beralih ke listrik..
kalau kaya gini si langkah Nissan buat stop pabrik Indo bakalan mulus, tinggal import semua dari Thailand saja yg sudah duluan konsep pajak emisi dan hybrid, begitu juga Mitsu. Suzuki juga ketiban pulung, mild hybrid rakitan india bakalan murah. tinggal daitoyo gimana buat amunisi perang, walau sudah ready secara teknologi tapi kan dari sebelum2nya "ogah rugi" kalau ga rakit di indo semua, dan karena merek terbesar otomatis mesti siapin labor force lagi untuk service dan spare part.

EV atau mild hybrid murah ya ala suzuki, ISG dulu. nanti pelan2 EV. sembari tungguin batere yang sampe sekarang belum ada satu teknologi pamungkas, terutama soal recycling.
Aturan yg baru kalo ga salah juga mensyaratkan lokalisasi.. full cbu persenan pajaknya ga segitu sptnya um..

Lagipula kemenperin bakal naik darah kalo tau nissan & suzuki banyakan impor.. kemarin trio citycar dr indihe aja kena tegur.. apalagi ini [emoji1]
picker83
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Sep 25, 2018 6:03
Location: jakarta
Daily Vehicle: ford fiesta

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by picker83 »

mobilover wrote: Fri Aug 09, 2019 5:35
picker83 wrote: Fri Aug 09, 2019 3:43 untuk insentif buat konsumen terkait mbl listrik:
tuh bank bumn bri ditunjuk kasih rate khusus 3,6% atau 3.8% lupa saya tenor 6 tahun,
free insurance 1 tahun
bebas lewat jalanan tertentu yg dibatasi ( yg ganjil genap) --> jd mang arahan dari pusat bkn kebijakan si anies.

almaz bs naek hrg krn berat di body trus fuel consnya mgkn masuk range yg 20-25% (ppnbm)
Kira2 kapan peraturan berlakunya om? Soalnya bakal ngubah struktur harga banyak tipe mobil di indonesia krn pajak baru berdasarkan emisi. Kayaknya kl gak dikasih periode penyesuaian bakal bingung konsumen harga mendadak berubah. Mgkn 1 - 2 tahun ke depan untuk penyesuaian?
2021 efektiv berlaku, 2 tahun buat sosialisasi n persiapan industri dr hili ke hulu.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by kunaskun »

Bulgogi wrote: Fri Aug 09, 2019 6:28 Aturan yg baru kalo ga salah juga mensyaratkan lokalisasi.. full cbu persenan pajaknya ga segitu sptnya um..

Lagipula kemenperin bakal naik darah kalo tau nissan & suzuki banyakan impor.. kemarin trio citycar dr indihe aja kena tegur.. apalagi ini [emoji1]
oohhh masuk akal, untuk memacu industri ya, tapi menurut saya rumitnya EV atau hybrid kan ujungnya di sektor batere. okelah motor penggerak bisa dibikin, tapi battery assy yang repot mulai dari pengolahan, sampai recycling. makanya jadi mahal di baterai.

ya kalau daitoyo yang mulai impor menurut saya bisalah nego2 dikti dengan govt :mky_01:
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by Bulgogi »

kunaskun wrote:
Bulgogi wrote: Fri Aug 09, 2019 6:28 Aturan yg baru kalo ga salah juga mensyaratkan lokalisasi.. full cbu persenan pajaknya ga segitu sptnya um..

Lagipula kemenperin bakal naik darah kalo tau nissan & suzuki banyakan impor.. kemarin trio citycar dr indihe aja kena tegur.. apalagi ini [emoji1]
oohhh masuk akal, untuk memacu industri ya, tapi menurut saya rumitnya EV atau hybrid kan ujungnya di sektor batere. okelah motor penggerak bisa dibikin, tapi battery assy yang repot mulai dari pengolahan, sampai recycling. makanya jadi mahal di baterai.

ya kalau daitoyo yang mulai impor menurut saya bisalah nego2 dikti dengan govt :mky_01:
Nah itu um, kok blm ada info portofolio assy EV di indo gmn ya.. cm ada aturannya ttg pajak saja.. jd terkesan govt cm peduli duitnya saja.. hanya govt & org2 di gaikindo yg tau..
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by kunaskun »

Bulgogi wrote: Fri Aug 09, 2019 15:35 Nah itu um, kok blm ada info portofolio assy EV di indo gmn ya.. cm ada aturannya ttg pajak saja.. jd terkesan govt cm peduli duitnya saja.. hanya govt & org2 di gaikindo yg tau..
ya paling kaya LCGC, ujung2nya ruwet sendiri :mky_08:
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: Peraturan LCEV diteken Presiden RI Jumat ini?

Post by Tats »

Pas baca pajak mobil hybrid turun sy seneng
Eh pajak mobil non hybrid malah naik lumayan tinggi
Sama aja dong gimana sih bwambaaaaaang huahahahah