[NEWS] Harus Terbuka, Ini Aturan Recall Kendaraan di Indonesia

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
WiraSoenaryo
Administrator
Administrator
Posts: 2491
Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Toyota Rush TRD

[NEWS] Harus Terbuka, Ini Aturan Recall Kendaraan di Indonesia

Post by WiraSoenaryo »

Jakarta - Produsen otomotif tak boleh diam-diam jika produk yang dihasilkannya bermasalah. Ada aturannya yang menentukan bahwa produsen kendaraan bermotor harus terbuka kepada konsumennya jika produknya mengalami masalah.

Kini, Indonesia sudah punya payung hukum soal aturan recall kendaraan di Indonesia. Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor.

Dalam Pasal 79 tertulis, kendaraan bermotor yang telah memiliki SUT (Sertifikat Uji Tipe) atau Surat Keputusan Rancang Bangun yang ditemukan cacat produksi, mempengaruhi aspek keselamatan, dan bersifat massal, wajib dilakukan penarikan kembali untuk dilakukan perbaikan.

Cacat produksi dan mempengaruhi aspek keselamatan serta bersifat massal yang harus di-recall adalah cacat desain atau kesalahan produksi. Kalau ditemukan cacat produksi, perusahaan pembuat, perakit, pengimpor kendaraan wajib melaporkan kepada Menteri sebelum dilakukan penarikan kembali untuk dilakukan perbaikan.

Perusahaan pembuat, perakit, pengimpor kendaraan wajib bertanggung jawab untuk melakukan perbaikan terhadap kendaraan bermotor yang ditemukan cacat produksi dan mempengaruhi keselamatan serta bersifat massal. Kendaraan bermotor yang telah dilakukan perbaikan harus dilaporkan kembali kepada Menteri.

Lebih lanjut diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM. 53 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Penarikan Kembali Kendaraan Bermotor, jika terdapat indikasi cacat produksi pada kendaraan bermotor harus dilakukan pemeriksaan dan/atau perbaikan kendaraan bermotor.

Dalam Pasal 8 PM 53/2019 disebutkan, perakit, pembuat, pengimpor, distributor, atau pemegang merek kendaraan bermotor wajib melakukan pemberitahuan kepada pemilik kendaraan untuk dilakukan penarikan kembali.

Pemberitahuan kepada pemilik kendaraan bermotor dapat disampaikan melalui telepon, surat, media cetak, dan/atau media elektronik.

Recall atau penarikan kembali ini merupakan bentuk tanggung jawab pabrikan otomotif. Ketua Komunitas Konsumen Indonesia (KKI), David Tobing mengatakan, recall termasuk salah satu layanan purnajual.

"Lebih baik produsen itu inisiatif memperbaiki daripada terjadi kecelakaan akibat tidak diinformasikannya kekurangsempurnaan part atau produk tertentu di mobilnya. Jadi (recall) bukan suatu hal yang tabu," kata David saat berbincang dengan detikcom.

David menyebut, meski tidak ada laporan kerusakan dari konsumen, produsen otomotif harus terus melakukan penelitian terhadap produk yang dijualnya. Dengan begitu, produsen akan mengetahui di mana letak kendala atau masalah yang dialami konsumen.

"Jadi kalau ada masalah berdasarkan temuan mereka, ya mereka harus berani recall atau mengumumkan ke konsumen-konsumen untuk mobilnya diperiksakan kembali," sebut David.

Sumber : https://oto.detik.com/berita/d-5287091/ ... -indonesia
Our other services
SerayaMotor - SerayaHost - SerayaShop - PakaiNota
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: [NEWS] Harus Terbuka, Ini Aturan Recall Kendaraan di Indonesia

Post by rakyatwkwkland »

Perusahaan pembuat, perakit, pengimpor kendaraan wajib bertanggung jawab untuk melakukan perbaikan terhadap kendaraan bermotor yang ditemukan cacat produksi dan mempengaruhi keselamatan serta bersifat massal.
Kenyataannya, beberapa oknum pabrikan tertentu malah ada yg tetep bersikeras tidak mau recall meski masalahnya udah banyak dan berulangkali dikeluhkan konsumen. Bahkan yg paling parah sampe ada yg 'mengedukasi' konsumennya... :big_dunno: :frm_bang_head:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] Harus Terbuka, Ini Aturan Recall Kendaraan di Indonesia

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: Wed Dec 09, 2020 4:44
Perusahaan pembuat, perakit, pengimpor kendaraan wajib bertanggung jawab untuk melakukan perbaikan terhadap kendaraan bermotor yang ditemukan cacat produksi dan mempengaruhi keselamatan serta bersifat massal.
Kenyataannya, beberapa oknum pabrikan tertentu malah ada yg tetep bersikeras tidak mau recall meski masalahnya udah banyak dan berulangkali dikeluhkan konsumen. Bahkan yg paling parah sampe ada yg 'mengedukasi' konsumennya... :big_dunno: :frm_bang_head:
Yang sulit : recall emang butuh pembuktian om... Dan ini big money. Takata aja ampe bangkrut.

Apakah itu murni hanya minor issue atau memang product defect massal. Biasanya yang prioritas dilakukan recall kalau terkait dengan safety misal resiko kebakar atau melukai user.

Mslhnya tidak bisa ketahuan pada itungan 1-2hari juga. Makanya ada product yang sudah keluar 10 thn yang lalu tp recallnya lama sekali...

Mrk harus verifikasi dari atpm, sounding ke pusat, lalu ke supplier part bersangkutan. Bisa bayangin betapa ribetnya kalau ternyata defectnya ada pada manufacturing process spt fracture tidak kelihatan di metal metal...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: [NEWS] Harus Terbuka, Ini Aturan Recall Kendaraan di Indonesia

Post by qushay20019 »

Jadi inget adegan penjelasan recall kendaraan di film Fight Club
Intinya susah ngarepin goodwill kalo gak sampe nyata2 mengancam nyawa. Kalo sekedar jedug putu sih ya “masuk akal” kalo cuma edukasi aja. Manufacturer raksasa aja macem T kek gitu apalagi yg baru muncul macem T (juga)
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [NEWS] Harus Terbuka, Ini Aturan Recall Kendaraan di Indonesia

Post by kunaskun »

kalau di indo yang mana banyak faktor emosional ketika jualan barang "mahal" ya sulit untuk terbuka, karena urusan dengan image akan panjang. seperti gimana buruknya NMI dulu atau Korean brand yg kayanya masuk kategori hanya akan tetep selama2nya jadi penghuni 2nd atau 3rd tier brand di Indo.
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: [NEWS] Harus Terbuka, Ini Aturan Recall Kendaraan di Indonesia

Post by Tampanman »

rakyatwkwkland wrote: Wed Dec 09, 2020 4:44
Perusahaan pembuat, perakit, pengimpor kendaraan wajib bertanggung jawab untuk melakukan perbaikan terhadap kendaraan bermotor yang ditemukan cacat produksi dan mempengaruhi keselamatan serta bersifat massal.
Kenyataannya, beberapa oknum pabrikan tertentu malah ada yg tetep bersikeras tidak mau recall meski masalahnya udah banyak dan berulangkali dikeluhkan konsumen. Bahkan yg paling parah sampe ada yg 'mengedukasi' konsumennya... :big_dunno: :frm_bang_head:
Masalahnya kalau ada kendaraan yang bermasalah, trus di post di media sosial banyak fansboynya yang malah bully orang yang punya mobil yang bermasalah. Dibilang ga bisa rawat lah, driver masih newbie lah, dibilang laler lah, dibilang sales merk sebelah lah. Ya makin dapet angin segar lah pabrikan yang punya konsumen model begini....
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1477
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: [NEWS] Harus Terbuka, Ini Aturan Recall Kendaraan di Indonesia

Post by MSU »

mestinya di indo ada 1 lembaga yg meneliti mobil2 apakah layak recall / tidak..
misal kasus turbo putu...perlu diputuskan ini salah penggunaan atau memang salah principal
ada lg kasus sokbeker bocor, kehujanan water hammer dll dll
spy konsumen juga ga dirugikan & principal jg ga dirugikan apabila ternyata memang salah pengunaan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] Harus Terbuka, Ini Aturan Recall Kendaraan di Indonesia

Post by ChZ »

MSU wrote: Thu Dec 10, 2020 5:39 mestinya di indo ada 1 lembaga yg meneliti mobil2 apakah layak recall / tidak..
misal kasus turbo putu...perlu diputuskan ini salah penggunaan atau memang salah principal
ada lg kasus sokbeker bocor, kehujanan water hammer dll dll
spy konsumen juga ga dirugikan & principal jg ga dirugikan apabila ternyata memang salah pengunaan
sebenarnya recall ini complex nya... bahwa lembaga teknis seperti NHTSA di amerika pun tidak punya kuasa untuk memberi standar mobil perlu recall atau tidak... mereka hanya membuka hasil pengujian ke publik dan kebijakan recall atau tidak kembali pada principal.

yang berhasil adalah revisi traction control pada toyota hilux dan mercedes A-Class lama...

nah sayangnya itu, di indonesia tidak ada lembaga yang independently menguji setiap mobil keluaran baru dan dibuka secara gamblang di publik sehingga konsumen bisa mengerti mana yang aman dan tidak... selama ini investigasi soal recall hanyalah di tim internal dari merk bersangkutan... mengingat beberapa kejadian seperti turbo putu di fortuner yang kita sampe sekarang gak tau juga kenapa cuma tau-tau udah gak putuan aja...

dan kembali lagi ada beberapa kasus recall yang sebenarnya tidak bisa dilihat dari pengujian seperti ini. misalnya : resiko kebakaran.

tapi kalaupun ada juga saya rasa akan banyak drama nya sih... paling dituduh black campaign merk sebelah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: [NEWS] Harus Terbuka, Ini Aturan Recall Kendaraan di Indonesia

Post by dsign1990 »

di dunia motor parah bgt recall jadi bahan gorengan sampai sukses hancurin 1 produk
efek dari netizen2 terbelakang ditambah gerombolan blogger binaan wkwkwkwk
BotolKecap
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sat May 06, 2017 14:22
Location: Kebumen
Daily Vehicle: HondaBoledwantufaif

Re: [NEWS] Harus Terbuka, Ini Aturan Recall Kendaraan di Indonesia

Post by BotolKecap »

dsign1990 wrote: Thu Dec 10, 2020 6:17 di dunia motor parah bgt recall jadi bahan gorengan sampai sukses hancurin 1 produk
efek dari netizen2 terbelakang ditambah gerombolan blogger binaan wkwkwkwk
Sepertinya sy paham apa yg bapak maksud wkwkwkwk
User mobil yg suka ngebully konsumen lain yg kebetulan ada cacat di mobilnya kemungkinan pernah jd user sepeda motor seperti yg bapak sebut
:big_peace:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: [NEWS] Harus Terbuka, Ini Aturan Recall Kendaraan di Indonesia

Post by rakyatwkwkland »

ChZ wrote: Thu Dec 10, 2020 5:54
MSU wrote: Thu Dec 10, 2020 5:39 mestinya di indo ada 1 lembaga yg meneliti mobil2 apakah layak recall / tidak..
misal kasus turbo putu...perlu diputuskan ini salah penggunaan atau memang salah principal
ada lg kasus sokbeker bocor, kehujanan water hammer dll dll
spy konsumen juga ga dirugikan & principal jg ga dirugikan apabila ternyata memang salah pengunaan
sebenarnya recall ini complex nya... bahwa lembaga teknis seperti NHTSA di amerika pun tidak punya kuasa untuk memberi standar mobil perlu recall atau tidak... mereka hanya membuka hasil pengujian ke publik dan kebijakan recall atau tidak kembali pada principal.

yang berhasil adalah revisi traction control pada toyota hilux dan mercedes A-Class lama...

nah sayangnya itu, di indonesia tidak ada lembaga yang independently menguji setiap mobil keluaran baru dan dibuka secara gamblang di publik sehingga konsumen bisa mengerti mana yang aman dan tidak... selama ini investigasi soal recall hanyalah di tim internal dari merk bersangkutan... mengingat beberapa kejadian seperti turbo putu di fortuner yang kita sampe sekarang gak tau juga kenapa cuma tau-tau udah gak putuan aja...

dan kembali lagi ada beberapa kasus recall yang sebenarnya tidak bisa dilihat dari pengujian seperti ini. misalnya : resiko kebakaran.

tapi kalaupun ada juga saya rasa akan banyak drama nya sih... paling dituduh black campaign merk sebelah.
Wah kalau ane pribadi ga sampe berharap ke lembaga penguji macam NHTSA deh oom. Kalo ada lembaga macam itu sih, bukan cuma black campaign yg jadi masalah, nanti dikasih pelicin sikit yg harusnya tak bole lulus uji bisa jadi di lulus uji. Haraplah maklum, namanya juga negara kita tercintah ini :ungg:

Lah wong kir aja yang udah berlaku selama ini terbukti banyak mainan sama oknumnya, gimana kalo ada lembaga pengujian macam itu... wkwkwkwk... :upss:
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue May 09, 2017 3:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas

Re: [NEWS] Harus Terbuka, Ini Aturan Recall Kendaraan di Indonesia

Post by jessboy »

MSU wrote: Thu Dec 10, 2020 5:39 mestinya di indo ada 1 lembaga yg meneliti mobil2 apakah layak recall / tidak..
misal kasus turbo putu...perlu diputuskan ini salah penggunaan atau memang salah principal
ada lg kasus sokbeker bocor, kehujanan water hammer dll dll
spy konsumen juga ga dirugikan & principal jg ga dirugikan apabila ternyata memang salah pengunaan
kalo YLKI menangani hal kayak gini gak sih :big_think:
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1477
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: [NEWS] Harus Terbuka, Ini Aturan Recall Kendaraan di Indonesia

Post by MSU »

jessboy wrote: Fri Dec 11, 2020 1:48
MSU wrote: Thu Dec 10, 2020 5:39 mestinya di indo ada 1 lembaga yg meneliti mobil2 apakah layak recall / tidak..
misal kasus turbo putu...perlu diputuskan ini salah penggunaan atau memang salah principal
ada lg kasus sokbeker bocor, kehujanan water hammer dll dll
spy konsumen juga ga dirugikan & principal jg ga dirugikan apabila ternyata memang salah pengunaan
kalo YLKI menangani hal kayak gini gak sih :big_think:
feeling saya bukan bidangnya om..
harus lembaga pemerintah yang punya kompetensi biar adil
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: [NEWS] Harus Terbuka, Ini Aturan Recall Kendaraan di Indonesia

Post by Poporing »

dsign1990 wrote: Thu Dec 10, 2020 6:17 di dunia motor parah bgt recall jadi bahan gorengan sampai sukses hancurin 1 produk
efek dari netizen2 terbelakang ditambah gerombolan blogger binaan wkwkwkwk
Itu dunia yg lebih kejam dbanding roda4
Sadis2 fans berat masing2 merek..
Tp skrg kyknya ud dikit om blogger amplopan?
Paling ya ada tinggal 1 fby garis keras.. TP/PT...

Btw, ini contoh kasus yg mn? R25?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] Harus Terbuka, Ini Aturan Recall Kendaraan di Indonesia

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: Thu Dec 10, 2020 15:27 Wah kalau ane pribadi ga sampe berharap ke lembaga penguji macam NHTSA deh oom. Kalo ada lembaga macam itu sih, bukan cuma black campaign yg jadi masalah, nanti dikasih pelicin sikit yg harusnya tak bole lulus uji bisa jadi di lulus uji. Haraplah maklum, namanya juga negara kita tercintah ini :ungg:

Lah wong kir aja yang udah berlaku selama ini terbukti banyak mainan sama oknumnya, gimana kalo ada lembaga pengujian macam itu... wkwkwkwk... :upss:
Nahh makanya mau ga mau emang lembaga spt ini harus fully independent. Tidak boleh dekat ke policy maker.

Tapi kembali lg... Testing procedure dan biaya fasilitas pasti sangat mahil. Yang sanggup biayain kalo gak konglo besar ya govt... Nonprofit spt univ juga pembiayaan research lab pasti kerjasama dgn sektor swasta atau govt.

Dibiayain grup swasta besar ga yakin netral, dibiayain govt terkendala kepentingan ntar dan sering dimain mainin.

Jd serba salah ya oom :ungg:
jessboy wrote: Fri Dec 11, 2020 1:48
kalo YLKI menangani hal kayak gini gak sih :big_think:
YLKI mungkin perannya lbh ke pendampingan hukumnya kalau ada lawsuit... Tp tidak bisa mempengaruhi policy pabrikan urusan recall
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: [NEWS] Harus Terbuka, Ini Aturan Recall Kendaraan di Indonesia

Post by andyez86 »

putu jedug adalah kisah lama yg ga jelas endingnya gmna...wkwkwkwkwwkw
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: [NEWS] Harus Terbuka, Ini Aturan Recall Kendaraan di Indonesia

Post by rakyatwkwkland »

andyez86 wrote: Fri Dec 11, 2020 7:14 putu jedug adalah kisah lama yg ga jelas endingnya gmna...wkwkwkwkwwkw
Untungnya sekarang kasus ini nampaknya dah gak berlanjut lagi ya oom, batch 2017 up sepertinya dah sehat katanya...

Dan sayangnya masih ada makhluk yg menganggap wajar kalau kasus 'putu jedug' ini cukup di'edukasi'. Wkokawkaokakoakwkwkwkwk..... :mky_07: :mky_07: :mky_07: :ngacir: :ngacir: :ngacir:

Sayangnya lagi, kasus serupa di luaran sana ternyata tidak hanya kasus ini sendiri, masih banyak kasus lain yg mirip2. Kalo katanya proses investigasi kasusnya memakan waktu lama dan baru di recall beberapa tahun kemudian sih menurut nubie ya masih sah2 aja, toh atpm masih ada itikad baik ye kan. Atau at least claim garansi bisa lah, jgn malah ngatain itu case yg normal. Lah ini, atpmnya disalahin aja kaga mau, apalagi recall...
Malah dibalikin ke customer yg katanya perlu diedukasi... :mky_07: :frm_bang_head:
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50

Re: [NEWS] Harus Terbuka, Ini Aturan Recall Kendaraan di Indonesia

Post by patrickstar »

Yang punya AN Ertiga generasi awal sekitar 2018, coba mintol Beres untuk cek Intermediate ( tepatnya apalah ).
Kalo bocor/ada oli rembes, minta ganti & gratis, kayanya recall diem2 mereka.
Santai dijalan, nikmati hidup.
Mkresnap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57

Re: [NEWS] Harus Terbuka, Ini Aturan Recall Kendaraan di Indonesia

Post by Mkresnap »

Kenytaannya banyak yang diem diem aja