[NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: 08 Dec 2019, 12:50
- Location: In the middle of nowhere
- Daily Vehicle: Yamaha 2DP
[NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
Jakarta, Beritasatu.com - Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara mengungkapkan, rasio kepemilikan kendaraan di Indonesia saat ini masih tertinggal dari negara-negara di Asia Tenggara, yaitu mencapai 99 unit per 1.000 penduduk. Kondisi ini tidak terlepas dari harga kendaraan roda empat yang tinggi lantaran banyaknya pajak yang harus dibayarkan.
Sebagai perbandingan, rasio kepemilikan kendaraan di Malaysia mencapai 490 unit per 1.000 penduduk, sedangkan Thailand rasionya 240 unit per 1.000 penduduk.
Menurut Kukuh, masih rendahnya rasio kepemilikan kendaraan di Indonesia ini sebenarnya menjadi potensi yang harus dijaga. Karenanya, perlu ada insentif untuk lebih menggairahkan industri otomotif Indonesia. Apalagi ekosistem industri ini mempekerjakan sekitar 1,5 juta pekerja.
"Mobil baru itu sampai diterima oleh konsumen pajaknya kurang lebih ada sekitar 40 persen, mulai dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM), Biaya Pemilik Nama Kendaraan Bermotor (BPNKB), dan lainnya yang kurang lebih totalnya 40 persen. Sehingga kita harapkan terjadi relaksasi pajak,” papar Kukuh Kumara dalam acara Zooming with Primus bertajuk 'Menunggu Stimulus Otomotif' yang disiarkan langsung Beritasatu TV, Kamis (3/12/2020).
Kukuh menyampaikan, relaksasi yang diharapkan oleh pelaku industri otomotif bukan berarti seluruh pajaknya dihilangkan atau menjadi 0 persen. Di masa pandemi Covid-19 yang penuh tekanan ini, harapannya pajak tersebut bisa berkurang separuhnya dari total 40 persen menjadi 20 persen.
"Kalau dengan pajak 40 persen yang terjual misalnya 100 unit, dengan total pajak 20 persen harapannya yang terjual bisa sampai ke 150 unit atau 200 unit. Akhirnya kan pemerintah juga mendapatkan revenue yang hampir sama,” ujarnya.
Saat ini, kapasitas produksi mobil di Indonesia mencapai sekitar 2,35 juta unit per tahun, namun yang baru diproduksi sebelum era pandemi Covid-19 sekitar 1,28 juta unit. Sedangkan Thailand dengan penduduk sekitar 77 juta, produksi mobilnya sudah mencapai lebih dari 2 juta unit per tahun.
“Kita tidak ingin kapasitas yang ada semakin turun terus. Ini yang menjadi tantangan bagi kita. Kalau utilisasi pabriknya terlalu rendah, sementara di Asean sedang ada peningkatan kapasitas, maka principal akan berpikir untuk memfokuskan produksi di satu negara tertentu saja, misalnya di Thailand, Malaysia atau Vietnam, ini yang tidak kita inginkan,” kata Kukuh.
sumber: https://www.beritasatu.com/ekonomi/7055 ... 0-penduduk
Gimana nih pendapat suhu2 SM?
apakah karena pemerintah terlalu serakah dengan pajaknya?
atau memang ketimpangan ekonomi di negeri ini sangat tinggi?
atau karena apa?
semoga pemerintah bisa waspada. jika tidak, bisa2 kedepan kita hanya bisa gigit jari jadi penonton saja
Sebagai perbandingan, rasio kepemilikan kendaraan di Malaysia mencapai 490 unit per 1.000 penduduk, sedangkan Thailand rasionya 240 unit per 1.000 penduduk.
Menurut Kukuh, masih rendahnya rasio kepemilikan kendaraan di Indonesia ini sebenarnya menjadi potensi yang harus dijaga. Karenanya, perlu ada insentif untuk lebih menggairahkan industri otomotif Indonesia. Apalagi ekosistem industri ini mempekerjakan sekitar 1,5 juta pekerja.
"Mobil baru itu sampai diterima oleh konsumen pajaknya kurang lebih ada sekitar 40 persen, mulai dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM), Biaya Pemilik Nama Kendaraan Bermotor (BPNKB), dan lainnya yang kurang lebih totalnya 40 persen. Sehingga kita harapkan terjadi relaksasi pajak,” papar Kukuh Kumara dalam acara Zooming with Primus bertajuk 'Menunggu Stimulus Otomotif' yang disiarkan langsung Beritasatu TV, Kamis (3/12/2020).
Kukuh menyampaikan, relaksasi yang diharapkan oleh pelaku industri otomotif bukan berarti seluruh pajaknya dihilangkan atau menjadi 0 persen. Di masa pandemi Covid-19 yang penuh tekanan ini, harapannya pajak tersebut bisa berkurang separuhnya dari total 40 persen menjadi 20 persen.
"Kalau dengan pajak 40 persen yang terjual misalnya 100 unit, dengan total pajak 20 persen harapannya yang terjual bisa sampai ke 150 unit atau 200 unit. Akhirnya kan pemerintah juga mendapatkan revenue yang hampir sama,” ujarnya.
Saat ini, kapasitas produksi mobil di Indonesia mencapai sekitar 2,35 juta unit per tahun, namun yang baru diproduksi sebelum era pandemi Covid-19 sekitar 1,28 juta unit. Sedangkan Thailand dengan penduduk sekitar 77 juta, produksi mobilnya sudah mencapai lebih dari 2 juta unit per tahun.
“Kita tidak ingin kapasitas yang ada semakin turun terus. Ini yang menjadi tantangan bagi kita. Kalau utilisasi pabriknya terlalu rendah, sementara di Asean sedang ada peningkatan kapasitas, maka principal akan berpikir untuk memfokuskan produksi di satu negara tertentu saja, misalnya di Thailand, Malaysia atau Vietnam, ini yang tidak kita inginkan,” kata Kukuh.
sumber: https://www.beritasatu.com/ekonomi/7055 ... 0-penduduk
Gimana nih pendapat suhu2 SM?
apakah karena pemerintah terlalu serakah dengan pajaknya?
atau memang ketimpangan ekonomi di negeri ini sangat tinggi?
atau karena apa?
semoga pemerintah bisa waspada. jika tidak, bisa2 kedepan kita hanya bisa gigit jari jadi penonton saja
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: 08 Dec 2013, 23:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
- Contact:
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
MaddMaxx wrote: ↑28 Jan 2021, 12:19 Jakarta, Beritasatu.com - Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara mengungkapkan, rasio kepemilikan kendaraan di Indonesia saat ini masih tertinggal dari negara-negara di Asia Tenggara, yaitu mencapai 99 unit per 1.000 penduduk. Kondisi ini tidak terlepas dari harga kendaraan roda empat yang tinggi lantaran banyaknya pajak yang harus dibayarkan.
Sebagai perbandingan, rasio kepemilikan kendaraan di Malaysia mencapai 490 unit per 1.000 penduduk, sedangkan Thailand rasionya 240 unit per 1.000 penduduk.
Menurut Kukuh, masih rendahnya rasio kepemilikan kendaraan di Indonesia ini sebenarnya menjadi potensi yang harus dijaga. Karenanya, perlu ada insentif untuk lebih menggairahkan industri otomotif Indonesia. Apalagi ekosistem industri ini mempekerjakan sekitar 1,5 juta pekerja.
"Mobil baru itu sampai diterima oleh konsumen pajaknya kurang lebih ada sekitar 40 persen, mulai dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM), Biaya Pemilik Nama Kendaraan Bermotor (BPNKB), dan lainnya yang kurang lebih totalnya 40 persen. Sehingga kita harapkan terjadi relaksasi pajak,” papar Kukuh Kumara dalam acara Zooming with Primus bertajuk 'Menunggu Stimulus Otomotif' yang disiarkan langsung Beritasatu TV, Kamis (3/12/2020).
Kukuh menyampaikan, relaksasi yang diharapkan oleh pelaku industri otomotif bukan berarti seluruh pajaknya dihilangkan atau menjadi 0 persen. Di masa pandemi Covid-19 yang penuh tekanan ini, harapannya pajak tersebut bisa berkurang separuhnya dari total 40 persen menjadi 20 persen.
"Kalau dengan pajak 40 persen yang terjual misalnya 100 unit, dengan total pajak 20 persen harapannya yang terjual bisa sampai ke 150 unit atau 200 unit. Akhirnya kan pemerintah juga mendapatkan revenue yang hampir sama,” ujarnya.
Saat ini, kapasitas produksi mobil di Indonesia mencapai sekitar 2,35 juta unit per tahun, namun yang baru diproduksi sebelum era pandemi Covid-19 sekitar 1,28 juta unit. Sedangkan Thailand dengan penduduk sekitar 77 juta, produksi mobilnya sudah mencapai lebih dari 2 juta unit per tahun.
“Kita tidak ingin kapasitas yang ada semakin turun terus. Ini yang menjadi tantangan bagi kita. Kalau utilisasi pabriknya terlalu rendah, sementara di Asean sedang ada peningkatan kapasitas, maka principal akan berpikir untuk memfokuskan produksi di satu negara tertentu saja, misalnya di Thailand, Malaysia atau Vietnam, ini yang tidak kita inginkan,” kata Kukuh.
sumber: https://www.beritasatu.com/ekonomi/7055 ... 0-penduduk
Gimana nih pendapat suhu2 SM?
apakah karena pemerintah terlalu serakah dengan pajaknya?
atau memang ketimpangan ekonomi di negeri ini sangat tinggi?
atau karena apa?
semoga pemerintah bisa waspada. jika tidak, bisa2 kedepan kita hanya bisa gigit jari jadi penonton saja
saya melihat kedua duanya…
1. pajak masih tinggi, sehingga tidak semua orang mampu beli mobil.
kalau upah hanya 2x UMP maka jangan harap mampu beli (afford) mobil
2. Ketimpangan
Mungkin ini juga berpengaruh akan hal itu.
tapi saya cukup terkejut juga melihat bahwa sudah ada 9% mobil berbanding jumlah manusia.
artinya kalau dianggap 1 keluarga 4 orang, maka jumlah mobil itu udah 36% dari jumlah keluarga.
artinya ada 1 mobil tiap 3 keluarga
udah mayan juga penetrasi mobil di Indo kalau demikian adanya.
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
pajak tinggi sgp pajak tinggi juga penduduknya byk yang punya mobil...
roots nya ketimpangan masif bukan hanya soal ekonomi... infrastructure juga.
tdk hanya dari 1% richest dengan kaum proletar tapi juga pulau jawa dengan non-jawa...
hanya 99 unit per 1000 penduduk, kenapa dengan rasio yang masih sangat rendah jabodetabek macetnya ampun-ampunan. mau argumennya di jalan tidak hanya mobil tp motornya padat ya tetap saja... jalan tol isinya mobil doang jg tetap macet kan?
ini belum kita bicara persebaran mobil nya... klo lihat bahwa ada 1 keluarga atau 1 orang bisa punya lebih dari 2-3 mobil berarti angkanya lebih memprihatinkan lagi.
melihat statistics rasio per jumlah penduduk indonesia total ya pasti rendah penduduknya 270 juta tersebar dari kota metro hingga pedalaman. tp distribusinya yang tidak merata. ya sama spt covid lah. kliatannya 1jt orang rendah padahal ya kalau dilihat case by case, kota per kota ya positive rate nya tinggi juga.
mungkin lebih dari 50% jumlah mobil beredar itu ada di pulau jawa.
roots nya ketimpangan masif bukan hanya soal ekonomi... infrastructure juga.
tdk hanya dari 1% richest dengan kaum proletar tapi juga pulau jawa dengan non-jawa...
hanya 99 unit per 1000 penduduk, kenapa dengan rasio yang masih sangat rendah jabodetabek macetnya ampun-ampunan. mau argumennya di jalan tidak hanya mobil tp motornya padat ya tetap saja... jalan tol isinya mobil doang jg tetap macet kan?
ini belum kita bicara persebaran mobil nya... klo lihat bahwa ada 1 keluarga atau 1 orang bisa punya lebih dari 2-3 mobil berarti angkanya lebih memprihatinkan lagi.
melihat statistics rasio per jumlah penduduk indonesia total ya pasti rendah penduduknya 270 juta tersebar dari kota metro hingga pedalaman. tp distribusinya yang tidak merata. ya sama spt covid lah. kliatannya 1jt orang rendah padahal ya kalau dilihat case by case, kota per kota ya positive rate nya tinggi juga.
mungkin lebih dari 50% jumlah mobil beredar itu ada di pulau jawa.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: 09 May 2017, 10:09
- Location: jabodetabek
- Daily Vehicle: mobil bekas
- Contact:
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
dengan rasio 99 unit per 1.000 penduduk aja udah ampun2an macetnya
stategi pajak kendaraan tinggi selama ini cukup efektif untuk menekan jumlah kendaraan
infrastruktur jalan tol udah dikebut tapi jalan di daerah masih kurang dan kesadaran akan aturan berkendara juga masih minim
bayangkan kalo di jalan ketemu emak2 atau abg bawa kendaraan yg gak punya sim atau sim nembak
stategi pajak kendaraan tinggi selama ini cukup efektif untuk menekan jumlah kendaraan
infrastruktur jalan tol udah dikebut tapi jalan di daerah masih kurang dan kesadaran akan aturan berkendara juga masih minim
bayangkan kalo di jalan ketemu emak2 atau abg bawa kendaraan yg gak punya sim atau sim nembak
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
- aspsilver
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1073
- Joined: 28 Oct 2004, 15:38
- Location: Jakarta
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
menjerat banyak rakyat kecil dengan utang.
beli mobil kan pakai uang , karena uangnya gak punya jadi kredit. kredit bayar bunga, gak kuat bayar nanti mobil disita. malah tambah gak punya duit.
mobil kan gak cukup dibeli doang. harus dikasi makan.
perawatan, parkir, bensin, pajak tahunan, dsb.
beli mobil kan pakai uang , karena uangnya gak punya jadi kredit. kredit bayar bunga, gak kuat bayar nanti mobil disita. malah tambah gak punya duit.
mobil kan gak cukup dibeli doang. harus dikasi makan.
perawatan, parkir, bensin, pajak tahunan, dsb.
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
sy dulu pernah piknik nyempal dikit ke luar jawa-bali... ke lombok.jessboy wrote: ↑28 Jan 2021, 12:58 dengan rasio 99 unit per 1.000 penduduk aja udah ampun2an macetnya
stategi pajak kendaraan tinggi selama ini cukup efektif untuk menekan jumlah kendaraan
infrastruktur jalan tol udah dikebut tapi jalan di daerah masih kurang dan kesadaran akan aturan berkendara juga masih minim
bayangkan kalo di jalan ketemu emak2 atau abg bawa kendaraan yg gak punya sim atau sim nembak
di kota mataramnya sih ramai, dan bener smakin kecil daerahnya smakin ngaco pula attitude nyetirnya. nyetir di kota mataram itu butuh ekstra kesabaran.
saya gak ngerti lagi gimana di medan krn katanya itu neraka jalanan beneran klo kata orang yang tinggal di sana jakarta ga ada apa-apanya.
jangankan sejauh mataram ama medan... surabaya dan semarang aja beda jauh attitude nyetirnya. di semarang saya harus menyesuaikan diri dengan motor yang enak enakan klo jalan slonongboy aja. surabaya sih relatif "sedikit" lebih teratur...
tp coba lah jalanan luar kota di luar pulau jawa... di lombok luar kota mataram itu jalannya udah mulus-mulus lancar jaya lagi. tuh jalan non-tol tapi buat ngebut kayaknya lebih layak drpd mayoritas tol di pulau jawa yg penuh gelombang dan lubang.
pemandangannya jauh beda dengan jawa-bali yang penuh kendaraan dimana-mana... mungkin ngga usah ke luar jawa ya, ke jawa yang masih rural area belum tersentuh so called "pembangunan" pun dikit skali kendaraan. ramai hanya waktu piknik aja.
jadi kendaraan kita di indonesia itu dikit... tapi yang punya kendaraan ya itu-itu aja dan disitu-situ aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 625
- Joined: 14 Jun 2020, 13:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
ini kan cuma indikator. bukan hasil atau target
yg mau capai nilai rate kepemilikan mobil per 1000 penduduk setinggi2nya kan cuma produsen mobil
angka 99 kendaraan per 1000 penduduk tak berdampak apa2 buat saya
demikian.
yg mau capai nilai rate kepemilikan mobil per 1000 penduduk setinggi2nya kan cuma produsen mobil
angka 99 kendaraan per 1000 penduduk tak berdampak apa2 buat saya
demikian.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: 06 Sep 2020, 19:49
- Location: Tangerang
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
Disparitas pendapatan penduduk terlalu besar antara di kota dan di daerah (desa). atau memang tingkat penduduk kita yang besar?
- bensinsolar
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 734
- Joined: 27 Sep 2016, 15:34
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
Ya karena incomenya lbh rendah dibanding negara2 tsb & karena pajak yg tinggi jd makin timpang. Income lbh kecil, harga mobil lbh mahal.
Penjualan mobil OZ yg bwt saya amazed, penduduk cm 20jt, penjualan per year >1.1jt pdhl harga mobil sana ga murah2 amat cm income top 5 in the world sih
Penjualan mobil OZ yg bwt saya amazed, penduduk cm 20jt, penjualan per year >1.1jt pdhl harga mobil sana ga murah2 amat cm income top 5 in the world sih
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
mobil bahkan di bbrp negara itu bkn barang mewah. sesuatu yang everyone can afford. ditambah makin mudah dengan sistem lease.bensinsolar wrote: ↑28 Jan 2021, 15:11 Ya karena incomenya lbh rendah dibanding negara2 tsb & karena pajak yg tinggi jd makin timpang. Income lbh kecil, harga mobil lbh mahal.
Penjualan mobil OZ yg bwt saya amazed, penduduk cm 18jt, penjualan per year >1.1jt pdhl harga mobil sana ga murah2 amat cm income top 5 in the world sih
kelas "buruh" di amrik atau oz mungkin bawaannya mobil yang menurut kita "mewah" di sini, camry misalnya
chevrolet corvette aja dibilang blue collar (= buruh) hero... lah bused blue collar aja naiknya sebangsa corvette. di sini mandor aja blom tentu pake motor nopekgo sese...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: 27 Feb 2018, 05:50
- Daily Vehicle: RU1
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
soak dikit jadi besi tua kali yah? daripada ngebenerin murahan beli baru kalibensinsolar wrote: ↑28 Jan 2021, 15:11 Ya karena incomenya lbh rendah dibanding negara2 tsb & karena pajak yg tinggi jd makin timpang. Income lbh kecil, harga mobil lbh mahal.
Penjualan mobil OZ yg bwt saya amazed, penduduk cm 20jt, penjualan per year >1.1jt pdhl harga mobil sana ga murah2 amat cm income top 5 in the world sih
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: 08 Dec 2019, 12:50
- Location: In the middle of nowhere
- Daily Vehicle: Yamaha 2DP
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
otomotif dan turunannya setau sy salah satu faktor besar penggerak perekonomian negara om (sekitar 10%an red: https://kemenperin.go.id/artikel/19008/ ... n-Nasional ).
pasti ada pihak-pihak yg bakal jadi korban kalau penjualan terus menerus tidak bagus. seperti disebutkan di berita td, bukan tdk mungkin kedepan mayoritas mobil yg dijual disini bakal CBU (kecuali toyota kali) sehingga tidak ada added value utk perekonomian negara. skrg udah mulai ada tanda2nya tuh banyak atpm pada kabur. mungkin itu sih yg perlu dimitigasi biar gak terjadi
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1475
- Joined: 06 Jan 2019, 09:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
rasio kepemilikan mobilnya memang kalah..tp rasio kepemilikan motor kayaknya paling tinggi dah...
ga kebayang kl mobilnya nambah banyak...jalanan ga nampung lg-terutama di ibukota
mgkn ni sedikit lebih mending krn PPKM
ga kebayang kl mobilnya nambah banyak...jalanan ga nampung lg-terutama di ibukota
mgkn ni sedikit lebih mending krn PPKM
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
saya setuju klo buat mitigasi hal ini kita butuh relaksasi pajak... tapi buat semua sektor industri... di sini apa-apa pajak aturannya serba membingungkan. orang pengusaha kerja jujur yah lebih pusing ngurusin pajaknya drpd ngitungin cuan penghasilan.MaddMaxx wrote: ↑28 Jan 2021, 15:25otomotif dan turunannya setau sy salah satu faktor besar penggerak perekonomian negara om (sekitar 10%an red: https://kemenperin.go.id/artikel/19008/ ... n-Nasional ).
pasti ada pihak-pihak yg bakal jadi korban kalau penjualan terus menerus tidak bagus. seperti disebutkan di berita td, bukan tdk mungkin kedepan mayoritas mobil yg dijual disini bakal CBU (kecuali toyota kali) sehingga tidak ada added value utk perekonomian negara. skrg udah mulai ada tanda2nya tuh banyak atpm pada kabur. mungkin itu sih yg perlu dimitigasi biar gak terjadi
yang ngga perlu dipajakin malah dipajakin, yang perlu dipajakin malah dibiarin
wang pajaknya kemana? mboh, dudu urusanmu. pokoknya ya kewajiban elu harus bayar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3454
- Joined: 29 Nov 2005, 12:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
gak ada komparasi ratio kepemilikan motor ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: 14 Sep 2016, 18:20
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
kayaknya masih kalah sama vietnam.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: 25 Sep 2008, 08:20
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
rasio kepemilikan smartphone baru mending angkanya mungkin...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3454
- Joined: 29 Nov 2005, 12:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
dibanding negara2 yg jadi acuan di atas (Thailand & Malaysia)? kenapa cuma mobil yg dipermasalahkan?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 446
- Joined: 09 Jan 2018, 08:09
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
55% penduduk ada di Pulau Jawa... terjawab sudah dari situ...
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3454
- Joined: 29 Nov 2005, 12:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
pemberitaan itu khan maksudnya tetap pengen push pemerintah buat golkan pajak 0% untuk pembelian mobil.
pemerintah sekarang bangun jalan pake duit utangan. kalo dikasih 0% nambah utang lagi donk? pilih bangun jalan ato pilih banyakin mobil? ada jalan gak ada mobil, ato ada mobil gak ada jalan?
pemerintah sekarang bangun jalan pake duit utangan. kalo dikasih 0% nambah utang lagi donk? pilih bangun jalan ato pilih banyakin mobil? ada jalan gak ada mobil, ato ada mobil gak ada jalan?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26894
- Joined: 01 Feb 2009, 00:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
bagus jg sebenernya kaya gt, mobil dsini ga usa banyak2.. sgini aj ud macet ga keurus
numpang lewat aja....
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: 08 Dec 2019, 12:50
- Location: In the middle of nowhere
- Daily Vehicle: Yamaha 2DP
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
Sy belum ada data berapa % sumbangsih pajak mobil di pendapatan negara om. Cuma kalo sy daripada majekin 40% tapi cuma dapet dari 1jt unit sold, mending majekin 20% tapi dapet dari 2jt unit sold ky yg diusulin produsen mobil. Nominal sama tp multiplier effectnya beda jauhTUFF Stough wrote: ↑28 Jan 2021, 17:16 pemberitaan itu khan maksudnya tetap pengen push pemerintah buat golkan pajak 0% untuk pembelian mobil.
pemerintah sekarang bangun jalan pake duit utangan. kalo dikasih 0% nambah utang lagi donk? pilih bangun jalan ato pilih banyakin mobil? ada jalan gak ada mobil, ato ada mobil gak ada jalan?
Kalo soal jalan, kota besar emang lebih cocok dibagusin public transport nya. Jd yg tetep mau pake mobil pribadi macet2an ya biarin aja. Tapi daripada jalan tol kosong melompong mending macet sih jadi tetep ada pemasukan buat bayar utangnya tadi
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1299
- Joined: 20 Apr 2009, 13:17
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
Sama om, saya jg merasa ada udang di balik batu dari artikel ini. Lagian narasumbernya sekjend gaikindo.TUFF Stough wrote: ↑28 Jan 2021, 17:16 pemberitaan itu khan maksudnya tetap pengen push pemerintah buat golkan pajak 0% untuk pembelian mobil.
pemerintah sekarang bangun jalan pake duit utangan. kalo dikasih 0% nambah utang lagi donk? pilih bangun jalan ato pilih banyakin mobil? ada jalan gak ada mobil, ato ada mobil gak ada jalan?
Coba kl misalnya untuk menaikkan jumlah rasio kepemilikan mobil pemerintah memutuskan untuk mensubsidi mobkas di bawah 100jt kan ttp aja protes dia.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1299
- Joined: 20 Apr 2009, 13:17
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
apa dasarnya teori pajak 40% kejual 1jt, kemudian kl diturunkan pajaknya jadi 20% maka penjualan mobil bisa meningkat jadi 2jt?MaddMaxx wrote: ↑28 Jan 2021, 17:45Sy belum ada data berapa % sumbangsih pajak mobil di pendapatan negara om. Cuma kalo sy daripada majekin 40% tapi cuma dapet dari 1jt unit sold, mending majekin 20% tapi dapet dari 2jt unit sold ky yg diusulin produsen mobil. Nominal sama tp multiplier effectnya beda jauhTUFF Stough wrote: ↑28 Jan 2021, 17:16 pemberitaan itu khan maksudnya tetap pengen push pemerintah buat golkan pajak 0% untuk pembelian mobil.
pemerintah sekarang bangun jalan pake duit utangan. kalo dikasih 0% nambah utang lagi donk? pilih bangun jalan ato pilih banyakin mobil? ada jalan gak ada mobil, ato ada mobil gak ada jalan?
Kalo soal jalan, kota besar emang lebih cocok dibagusin public transport nya. Jd yg tetep mau pake mobil pribadi macet2an ya biarin aja. Tapi daripada jalan tol kosong melompong mending macet sih jadi tetep ada pemasukan buat bayar utangnya tadi
Menurut saya hal itu tidak bisa dipastikan.
Memangnya seberapa besar pengaruh penurunan pajak ini terhadap dp dan angsuran. Kan mobil harga 200jt sama mobil 220 jt itu dp dan angsurannya mirip2.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: 08 Apr 2020, 07:37
- Location: Jember
- Daily Vehicle: Honda Scoopy
Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!
Tapi kira2 jika ditotal banyak mana ya
99/1000 tapi jumlah penduduk keseluruhannya 270jt
Sedangkan Malaysia 490/1000 tapi jumlah penduduknya 32jt
Atau Thailand 240/1000 & jumlah penduduknya 77jt, terlepas hal memang produksi di Thailand lebih banyak karna mungkin untuk kebutuhan ekspor juga
99/1000 tapi jumlah penduduk keseluruhannya 270jt
Sedangkan Malaysia 490/1000 tapi jumlah penduduknya 32jt
Atau Thailand 240/1000 & jumlah penduduknya 77jt, terlepas hal memang produksi di Thailand lebih banyak karna mungkin untuk kebutuhan ekspor juga
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 77 Replies
- 5262 Views
-
Last post by ctopher7
-
- 21 Replies
- 3115 Views
-
Last post by newrubble
-
- 31 Replies
- 2979 Views
-
Last post by noire
-
- 37 Replies
- 2180 Views
-
Last post by rdee
-
- 20 Replies
- 1476 Views
-
Last post by ChZ
-
- 653 Replies
- 25342 Views
-
Last post by AbdulHakim
-
- 10 Replies
- 721 Views
-
Last post by ChZ
-
- 3 Replies
- 696 Views
-
Last post by marmut
-
- 52 Replies
- 1980 Views
-
Last post by Pboyz97
-
- 2 Replies
- 314 Views
-
Last post by banyakbantal