Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
Posted: Thu Feb 04, 2021 12:46
Rame juga ini diskusi powerbank ada rodanya. Heheheh..
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
Nyetir 2GD kecepatan 80-90 itu butuh kesabaran biksu Tong om ..sintoni wrote: ↑Tue Feb 02, 2021 5:50 Enak bawa ANKI 2GD aja sih, ga bingung cas.
Kalau nyetir lulusan dokter UI maks 80-90, angin ban 33++ bisa dapat 1:20 mungkin.
Isi Biosolar + aditif ga sampe 6 ribu buat jalan 20km.
Anggap aja jarak Jakarta - Banyuwangi 1080 km butuh 54 liter x 6rb: 324rb.
Ga perlu isi solar lg dong ya secara ANKI kan kapasitas tangki 55 liter.
itu yang gw gak suka dari EV diluar masa pakai batre itu mobil ud bisa dibilang jadi sampah belom motor listriknya juga ternyata bisa tiba2x rusak ngeluarin suara aneh2x kalo ud ngaco yang ada cuma sisa chasis beda sama ICE loe gak pake 10 taon ya dia gitu2x aja paling yang jebol aki, ban sama komponen karetnya akhirnya yang ada EV 10taon pake gak pake antara dijual murah atau di scrap coba ICE 10th low km masih ada valuenyablack2345 wrote: ↑Thu Feb 04, 2021 12:37Setuju banget sama pendapat yg ini..dsign1990 wrote: ↑Tue Feb 02, 2021 5:01 musti diitung juga biaya penyusutan batre nya per KM
batre camry hybrid aja waktu ada yg ngereview disini 50jutaan untuk rata2 5th / 100.000km ***CMIIW
waktu pertengahan tahun pernah liat di marketplace prius 2011 katanya gak bisa hidup krn batrenya udah jelek dan stater katanya ngambil daya dari batre utama gak dari aki terpisah.... ditawarin cuma 110jt aja dan ikalnnya disundul terus selama 2 minggu
Harusnya penyusutan batrai jg dimasukkan dalam komponen perhitungan biaya konsumsi rupiah/km, jgn lupa biaya tambah daya/pasang baru pln yg khusus buat ngecharge mobil..
Tp so far menurut saya mobil tipe hybrid sih yg paling masuk akal, mengingat infrastruktur per kota/daerah masih berbeda-beda..
ya tech makin canggih pzt improve and solve problem, tp per sekarang tech ini masih mahal.b0ku wrote: ↑Sat Feb 06, 2021 9:48itu yang gw gak suka dari EV diluar masa pakai batre itu mobil ud bisa dibilang jadi sampah belom motor listriknya juga ternyata bisa tiba2x rusak ngeluarin suara aneh2x kalo ud ngaco yang ada cuma sisa chasis beda sama ICE loe gak pake 10 taon ya dia gitu2x aja paling yang jebol aki, ban sama komponen karetnya akhirnya yang ada EV 10taon pake gak pake antara dijual murah atau di scrap coba ICE 10th low km masih ada valuenyablack2345 wrote: ↑Thu Feb 04, 2021 12:37Setuju banget sama pendapat yg ini..dsign1990 wrote: ↑Tue Feb 02, 2021 5:01 musti diitung juga biaya penyusutan batre nya per KM
batre camry hybrid aja waktu ada yg ngereview disini 50jutaan untuk rata2 5th / 100.000km ***CMIIW
waktu pertengahan tahun pernah liat di marketplace prius 2011 katanya gak bisa hidup krn batrenya udah jelek dan stater katanya ngambil daya dari batre utama gak dari aki terpisah.... ditawarin cuma 110jt aja dan ikalnnya disundul terus selama 2 minggu
Harusnya penyusutan batrai jg dimasukkan dalam komponen perhitungan biaya konsumsi rupiah/km, jgn lupa biaya tambah daya/pasang baru pln yg khusus buat ngecharge mobil..
Tp so far menurut saya mobil tipe hybrid sih yg paling masuk akal, mengingat infrastruktur per kota/daerah masih berbeda-beda..
di mata saya yang suka mobil second beli EV second harga miring tapi resiko kelaurin duit kayak beli mobil baru buat benerin batre ujung2xnya mendingan beli mobil baru juga yang murah sekalian kalo harus EV, kan ujung2xnya malah jd lebih konsumtif
Ngeremehin gmn om?
gak cukup boss mau berapa lama??? listrik rumah aja kadang kagak kuat.....
tolong dibaca baik-baik yg di-bold, dan coba mikir dulu sebelum ngomong dan ngetawain orang, emang ngecharge harus penuh?
cost pasang X hasilnya gak sebanding makanya gak ad yang pake solar panel mending colok aja sekalianr1409 wrote: ↑Mon Feb 08, 2021 3:09tolong dibaca baik-baik yg di-bold, dan coba mikir dulu sebelum ngomong dan ngetawain orang, emang ngecharge harus penuh?
kalo parkir bbrp jam saja dapet sekian persen kan lumayan, free energy. toh namanya juga charge gratis. ini berguna buat orang yg tiap hari mobilnya diparkir lama waktu siang (misal orang kantoran), kalau misal 8 jam tiap hari kan harusnya lumayan tuh dapet 40 jam ngecharge, kalau conversion rate solar chargingnya bagus harusnya bisa dapet lumayan banyak untuk charging selama itu.
kalau buat yg jalan siang (misal taksi, sales keliling dll), lumayan setidaknya memperlama abisnya batere karena berjam-jam ngecharge sambil jalan.
solar panel itu cukup kalo kebutuhan listriknya tidak besar spt rumah. jangan bayangin rumah-rumah gedong ya ini rumah kecil rata-rata aja... yang paling nyalain 2 AC dan beberapa lampu sama kompor / kulkas kecil.
memang rate penurunan pasti lebih besar dari chargingnya, tapi kan setidaknya bisa mengurangi. apalagi yg suka parkir dijemur berjam-jam, apakah dijemur 8 jam 10% aja ga bisa ngisi? sekecil itukah charging rate nya?ChZ wrote: ↑Mon Feb 08, 2021 3:24 solar panel itu cukup kalo kebutuhan listriknya tidak besar spt rumah. jangan bayangin rumah-rumah gedong ya ini rumah kecil rata-rata aja... yang paling nyalain 2 AC dan beberapa lampu sama kompor / kulkas kecil.
tp kalo besar spt mobil ya susah. sambil jalan tidak akan optimal. rate penurunan ama chargingnya gak sebanding. inilah knp EV walau punya regenerative braking tetep tidak bisa di-charge sambil jalan krn gak akan optimal.
kedua selain tidak optimal : tidak estetik, dan bikin berat mobil.
ini saya cite dari salah 1 sumber yar1409 wrote: ↑Mon Feb 08, 2021 3:32memang rate penurunan pasti lebih besar dari chargingnya, tapi kan setidaknya bisa mengurangi. apalagi yg suka parkir dijemur berjam-jam, apakah dijemur 8 jam 10% aja ga bisa ngisi? sekecil itukah charging rate nya?ChZ wrote: ↑Mon Feb 08, 2021 3:24 solar panel itu cukup kalo kebutuhan listriknya tidak besar spt rumah. jangan bayangin rumah-rumah gedong ya ini rumah kecil rata-rata aja... yang paling nyalain 2 AC dan beberapa lampu sama kompor / kulkas kecil.
tp kalo besar spt mobil ya susah. sambil jalan tidak akan optimal. rate penurunan ama chargingnya gak sebanding. inilah knp EV walau punya regenerative braking tetep tidak bisa di-charge sambil jalan krn gak akan optimal.
kedua selain tidak optimal : tidak estetik, dan bikin berat mobil.
possible ? ya bisa. tapi rasanya 10% tidak sampai. tergantung mobilnya sih. klo kayak kona EV rasanya tidak bisa. kecuali nanti mobil EV kecil yang range nya cuma 100-150 kilometer khusus buat city driving aja. atau mungkin motor listrik macem gesit ya lumayan buat mamang gojek sambil ngetem nunggu orderan...
Solar panels work by converting energy from the sun into electric power. Modern solar panels are very efficient, with many capable of turning more than 60 percent of the sun’s power into electricity. However, they still have some significant limitations.
On average, a 10 square foot solar panel can generate approximately 50 watts with direct sunlight. This is the equivalent of a single lightbulb. Since most cars only have 10 to 25 square feet of space on their roof, the maximum amount of power they can generate is 50 to 150 watts.
In comparison, most electric vehicles use a 240-volt outlet when parked at home. On average, these 240-volt outlets can provide approximately 30 miles of range for each hour they are charged. With solar power, a vehicle would only be able to attain approximately one to three miles of range for each hour charged.
menarik ini. btw adakah info kalo sampe ev 600jtan itu ganti batre pack gitu abis berapa duit yak?dsign1990 wrote: ↑Tue Feb 02, 2021 5:01 musti diitung juga biaya penyusutan batre nya per KM
batre camry hybrid aja waktu ada yg ngereview disini 50jutaan untuk rata2 5th / 100.000km ***CMIIW
waktu pertengahan tahun pernah liat di marketplace prius 2011 katanya gak bisa hidup krn batrenya udah jelek dan stater katanya ngambil daya dari batre utama gak dari aki terpisah.... ditawarin cuma 110jt aja dan ikalnnya disundul terus selama 2 minggu
ya balik lagi sih 200-300jt kalo yang keluar modelan agya sama aja boong pada beli HRV yang adaMaddMaxx wrote: ↑Mon Feb 08, 2021 4:48menarik ini. btw adakah info kalo sampe ev 600jtan itu ganti batre pack gitu abis berapa duit yak?dsign1990 wrote: ↑Tue Feb 02, 2021 5:01 musti diitung juga biaya penyusutan batre nya per KM
batre camry hybrid aja waktu ada yg ngereview disini 50jutaan untuk rata2 5th / 100.000km ***CMIIW
waktu pertengahan tahun pernah liat di marketplace prius 2011 katanya gak bisa hidup krn batrenya udah jelek dan stater katanya ngambil daya dari batre utama gak dari aki terpisah.... ditawarin cuma 110jt aja dan ikalnnya disundul terus selama 2 minggu
kayaknya jni yg bakal jd semacam game changernya ev emang ya. cuma kapan hari sempet liat wawancara wadirut PLN di tv, katanya pemerintah lg minta produsen mobil bikin EV range 200-300jt biar makin affordable. kalo beneran ada, entah apa yg akan terjadi.
harusnya bisa bisa aja bahkan buat saat ini jugaMaddMaxx wrote: ↑Mon Feb 08, 2021 4:48menarik ini. btw adakah info kalo sampe ev 600jtan itu ganti batre pack gitu abis berapa duit yak?dsign1990 wrote: ↑Tue Feb 02, 2021 5:01 musti diitung juga biaya penyusutan batre nya per KM
batre camry hybrid aja waktu ada yg ngereview disini 50jutaan untuk rata2 5th / 100.000km ***CMIIW
waktu pertengahan tahun pernah liat di marketplace prius 2011 katanya gak bisa hidup krn batrenya udah jelek dan stater katanya ngambil daya dari batre utama gak dari aki terpisah.... ditawarin cuma 110jt aja dan ikalnnya disundul terus selama 2 minggu
kayaknya jni yg bakal jd semacam game changernya ev emang ya. cuma kapan hari sempet liat wawancara wadirut PLN di tv, katanya pemerintah lg minta produsen mobil bikin EV range 200-300jt biar makin affordable. kalo beneran ada, entah apa yg akan terjadi.
soalnya gak nutup kemungkinan benerin mobil ev ganti batre nya ibarat benerin tv ganti panel LCD nya heheheheblack2345 wrote: ↑Thu Feb 04, 2021 12:37Setuju banget sama pendapat yg ini..dsign1990 wrote: ↑Tue Feb 02, 2021 5:01 musti diitung juga biaya penyusutan batre nya per KM
batre camry hybrid aja waktu ada yg ngereview disini 50jutaan untuk rata2 5th / 100.000km ***CMIIW
waktu pertengahan tahun pernah liat di marketplace prius 2011 katanya gak bisa hidup krn batrenya udah jelek dan stater katanya ngambil daya dari batre utama gak dari aki terpisah.... ditawarin cuma 110jt aja dan ikalnnya disundul terus selama 2 minggu
Harusnya penyusutan batrai jg dimasukkan dalam komponen perhitungan biaya konsumsi rupiah/km, jgn lupa biaya tambah daya/pasang baru pln yg khusus buat ngecharge mobil..
Tp so far menurut saya mobil tipe hybrid sih yg paling masuk akal, mengingat infrastruktur per kota/daerah masih berbeda-beda..
kalo sy malah kepikiran ide gila nih om, gimana kalo nanti konsep ev itu gak charging tp battery swap? jadi nanti ada semacam spbu yg nyediain batre dalam kondisi 100% charged, tinggal tuker aja. bisa2 waktu swap nya 10 menit jg. gmn tuh om hahamarr wrote: ↑Sun Feb 07, 2021 6:38Ngeremehin gmn om?
Well for me, mobil listrik kalo dipake daily dalkot mah enak2 aja kok , range sekitar 300-400km buat pp rumah kntr jabodetabek dah cukup , dicharge tinggal tidur besoknya dah penuh lg
Cuma ya kl mau buat jalan jauh ya lucu aja, gak kebayang bangun infrastrukturnya mau segila apa wkwkwkwkwk
Coba kalo dari jkt surabaya pake fortuner 2gd tangki nya 80 L fc 1:13-1:15 ya secara teoritis gak perlu isi bahan bakar, range nya tembus 1200km bahkan bs lebih kalo kaki sekolah
Mungkin saya bakal beli mobil listrik kalau rangenya bisa tembus >500km dan sekali ngecasnya gak sampe 10 menit wkwkwkwkwkwkkwkwkw
ini yang sebenarnya paradoks dari komponen makin dikit = justru utk biaya perbaikan 1 komponen harus ganti full setnya. ini yang terjadi dengan smartphone kan. makin kesini iya makin sedikit komponennya tapi giliran LCD retak atawa batre hamil mah buset deh biaya repairnya mending di lembiru sekalian setara hape baru...
Teorinya sih di recycle cuma kebayang gak sih di luar sana ada kebiasaan mobil2x scrap cuma di taro gitu aja di tanah kosong sampe busuk, lama2x membusuk terus batrenya apa gak nempel tuh sama tanah???
Ohhh tenang om. Orang kita paling jago urusan kek gini..r1409 wrote: ↑Mon Feb 08, 2021 3:32memang rate penurunan pasti lebih besar dari chargingnya, tapi kan setidaknya bisa mengurangi. apalagi yg suka parkir dijemur berjam-jam, apakah dijemur 8 jam 10% aja ga bisa ngisi? sekecil itukah charging rate nya?ChZ wrote: ↑Mon Feb 08, 2021 3:24 solar panel itu cukup kalo kebutuhan listriknya tidak besar spt rumah. jangan bayangin rumah-rumah gedong ya ini rumah kecil rata-rata aja... yang paling nyalain 2 AC dan beberapa lampu sama kompor / kulkas kecil.
tp kalo besar spt mobil ya susah. sambil jalan tidak akan optimal. rate penurunan ama chargingnya gak sebanding. inilah knp EV walau punya regenerative braking tetep tidak bisa di-charge sambil jalan krn gak akan optimal.
kedua selain tidak optimal : tidak estetik, dan bikin berat mobil.
ini sebenarnya yg bikin penasaran seberapa bertahannya booming EV disiniChZ wrote: ↑Mon Feb 08, 2021 7:43ini yang sebenarnya paradoks dari komponen makin dikit = justru utk biaya perbaikan 1 komponen harus ganti full setnya. ini yang terjadi dengan smartphone kan. makin kesini iya makin sedikit komponennya tapi giliran LCD retak atawa batre hamil mah buset deh biaya repairnya mending di lembiru sekalian setara hape baru...