[News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4195
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by b0ku »

FR6 wrote: Wed May 31, 2023 10:37
makin sempit itu si HRV kah Umz?
Atau headroom CT HB? :big_think:
iya om 2 itu makin parah city hb ud sempit blindspot pula bahkan saya kaget pas liat engine bay HRV gila itu kolong mesin keliatan banget gak di tutup :mky_07:

malah rapian engine baynya BRV di banding HRV ud gitu mungkin HRV karena designya buat hybrid jd dia kapnya kepanjangan buat 1.5 parah banget itu mesin ud kayak di gantung di tengah toh di tutup kek kolongnya orang tutup kolong juga harganya cuma 250-300rb doank :big_bored:

saya kalo beli next honda cuma antara 2 old HRV atau WRV keknya berat ke old HRV FL type e biasa karena naksir sama lampu projienya ganteng :mky_03:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Bibieight »

Balik urusan Moose Test, desin mobil 30 tahun yg lalu meskipun chassis rata2 asal suspensinya diluar rata2 ya masih tetep lulus, ndak pakai ESC, ban profil cuma 205.

Citroen Xantia Activa, chassis share platform sama 405 (enak, tapi ndak exceptional, belum jaman waktu itu high tensile strength), hidropneumatiknya ditambahin anti roll bar aktif, selain bola2 di masing2 roda, ada lagi di roll barnya, jadi buat tahan-lepas roll bar :big_peace: :big_peace: :big_peace: … Sayang industri otomotif isinya akuntan semua, ndak bakal ada barang kayak gini dibuat lagi :big_cry: :big_cry: :big_cry:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9616
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: Wed May 31, 2023 14:21 Balik urusan Moose Test, desin mobil 30 tahun yg lalu meskipun chassis rata2 asal suspensinya diluar rata2 ya masih tetep lulus, ndak pakai ESC, ban profil cuma 205.

Citroen Xantia Activa, chassis share platform sama 405 (enak, tapi ndak exceptional, belum jaman waktu itu high tensile strength), hidropneumatiknya ditambahin anti roll bar aktif, selain bola2 di masing2 roda, ada lagi di roll barnya, jadi buat tahan-lepas roll bar :big_peace: :big_peace: :big_peace: … Sayang industri otomotif isinya akuntan semua, ndak bakal ada barang kayak gini dibuat lagi :big_cry: :big_cry: :big_cry:
Sekarang dah dibantu sama kontrol stabilitas / ESC / ESP/ you name it... (in a way) untuk ngakalin chassis flexing dan suspensi empuk dan kemampuan ban rata2 :mky_03:

klo semua mbl OEM tyrenya dikasih micin PS4,
apalagi ditambah sasis rigid, suspensi active body control, dsb.. bisa teriak divisi cost control otomotif nya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Wed May 31, 2023 15:17 klo semua mbl OEM tyrenya dikasih micin PS4,
apalagi ditambah sasis rigid, suspensi active body control, dsb.. bisa teriak divisi cost control otomotif nya :big_biglaugh:
Jgn lupa shrinkflation is real :mky_03:

Dulu honda accord itu mobil ekonomis (ya di amrik masih sih) sekarang civicnya aja udah jadi mobil mevvah secara price point. :mky_03:

Front rear independent suspension itu dulu ada di city type Z, sekarang? :mky_03: dikasih belakang multilink aja ud seneng
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9616
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Fri Jun 02, 2023 0:10
Suryaputra wrote: Wed May 31, 2023 15:17 klo semua mbl OEM tyrenya dikasih micin PS4,
apalagi ditambah sasis rigid, suspensi active body control, dsb.. bisa teriak divisi cost control otomotif nya :big_biglaugh:
Jgn lupa shrinkflation is real :mky_03:

Dulu honda accord itu mobil ekonomis (ya di amrik masih sih) sekarang civicnya aja udah jadi mobil mevvah secara price point. :mky_03:

Front rear independent suspension itu dulu ada di city type Z, sekarang? :mky_03: dikasih belakang multilink aja ud seneng
Ntar lama2, city car 1.5L suspensi depan pk batang torsi jg
Jd full TB :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Fri Jun 02, 2023 0:26
Ntar lama2, city car 1.5L suspensi depan pk batang torsi jg
Jd full TB :mky_03:
jadi balik ke mobil jadul lagi full rigid axle depan belakang :big_biglaugh: apalagi ngeliat mobil sekarang front suspension bushing / bushing arm nya lemah syahwat. pasti approachnya utk mobil ekonomis makin ngilangin moving parts. yg lucu malah maunya nambahin batre ma motor yg technically malah mekanisme lbh rumit dan lbh mahal :big_biglaugh:

handling makin kacrut makin reliant ke electronics. mobil2 urban di masa depan under 400juta keknya model2 wuling air ev semua wakakkakaka :big_biglaugh: trs legal di jalan tol pula. makin banyak rollover accident
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by quyquy »

ChZ wrote: Fri Jun 02, 2023 2:21
jadi balik ke mobil jadul lagi full rigid axle depan belakang :big_biglaugh: apalagi ngeliat mobil sekarang front suspension bushing / bushing arm nya lemah syahwat. pasti approachnya utk mobil ekonomis makin ngilangin moving parts. yg lucu malah maunya nambahin batre ma motor yg technically malah mekanisme lbh rumit dan lbh mahal :big_biglaugh:

handling makin kacrut makin reliant ke electronics. mobil2 urban di masa depan under 400juta keknya model2 wuling air ev semua wakakkakaka :big_biglaugh: trs legal di jalan tol pula. makin banyak rollover accident
Yah begitulah Om kondisi sekarang..

Semua gara2 generasi anak muda gen Z (dan gen2 berikutnya) yang sangat mendewakan fitur2 daripada driving experience.

Semasa bodo gak enak pengendaliannya yang penting banyak fitur (yg padahal bisa jadi kenyataan dilapangan nggak banyak dipake).

Nah kebiasaan itu yang di adopt pertama kali sama mobil2 tiongkok lalu dijual dng harga lebih murah.

Kebakaran jengotlah si pabrikan jepang. Nah buat winning the war, ya sudah akhirnya mereka ikut2an juga. Full fitur tapi semasa bodo ama driving experience..
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4195
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by b0ku »

quyquy wrote: Fri Jun 02, 2023 4:22
Yah begitulah Om kondisi sekarang..

Semua gara2 generasi anak muda gen Z (dan gen2 berikutnya) yang sangat mendewakan fitur2 daripada driving experience.

Semasa bodo gak enak pengendaliannya yang penting banyak fitur (yg padahal bisa jadi kenyataan dilapangan nggak banyak dipake).

Nah kebiasaan itu yang di adopt pertama kali sama mobil2 tiongkok lalu dijual dng harga lebih murah.

Kebakaran jengotlah si pabrikan jepang. Nah buat winning the war, ya sudah akhirnya mereka ikut2an juga. Full fitur tapi semasa bodo ama driving experience..
padahal experience itu lebih kepake dan banyak berasa loh om mobil saya abis banyak di chasis kaki2x rem itu beneran kepake even cuma nyetir hari2x di traffic biasa daripada fitur kagak jelas makannya sampe kapapun gak bakalan saya jual ni mobil exeperiencenya beneran kek mimpi :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by ChZ »

quyquy wrote: Fri Jun 02, 2023 4:22 Yah begitulah Om kondisi sekarang..

Semua gara2 generasi anak muda gen Z (dan gen2 berikutnya) yang sangat mendewakan fitur2 daripada driving experience.

Semasa bodo gak enak pengendaliannya yang penting banyak fitur (yg padahal bisa jadi kenyataan dilapangan nggak banyak dipake).

Nah kebiasaan itu yang di adopt pertama kali sama mobil2 tiongkok lalu dijual dng harga lebih murah.

Kebakaran jengotlah si pabrikan jepang. Nah buat winning the war, ya sudah akhirnya mereka ikut2an juga. Full fitur tapi semasa bodo ama driving experience..
Krn emang aktivitas nyetir buat gen Z itu gak menarik wkwkwkwk. Kalo gak terpaksa aja gak pake mobil mungkin. Hanya sekedar transport from A to B. Makanya gadgets over everything else.

Low operating cost krn toh akan dijual di thn ke-5 alias disposable. Makanya tren ke arah listrik krn batre baru akan degrade thn ke 5. Owner 1 ya nikmatin hemat op costnya.

Sebagai penikmat nyetir makany stress kl bawa mobil hybrid/listrik. Tipis tipis serem ga ada mechanical feel nya. Malah ga berasa safe nyetirnya. Dipaksa granny drive 40 kmh dan liat konsumsi bbm.. wakakakaka.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9616
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Fri Jun 02, 2023 6:01
quyquy wrote: Fri Jun 02, 2023 4:22 Yah begitulah Om kondisi sekarang..

Semua gara2 generasi anak muda gen Z (dan gen2 berikutnya) yang sangat mendewakan fitur2 daripada driving experience.

Semasa bodo gak enak pengendaliannya yang penting banyak fitur (yg padahal bisa jadi kenyataan dilapangan nggak banyak dipake).

Nah kebiasaan itu yang di adopt pertama kali sama mobil2 tiongkok lalu dijual dng harga lebih murah.

Kebakaran jengotlah si pabrikan jepang. Nah buat winning the war, ya sudah akhirnya mereka ikut2an juga. Full fitur tapi semasa bodo ama driving experience..
Krn emang aktivitas nyetir buat gen Z itu gak menarik wkwkwkwk. Kalo gak terpaksa aja gak pake mobil mungkin. Hanya sekedar transport from A to B. Makanya gadgets over everything else.

Low operating cost krn toh akan dijual di thn ke-5 alias disposable. Makanya tren ke arah listrik krn batre baru akan degrade thn ke 5. Owner 1 ya nikmatin hemat op costnya.

Sebagai penikmat nyetir makany stress kl bawa mobil hybrid/listrik. Tipis tipis serem ga ada mechanical feel nya. Malah ga berasa safe nyetirnya. Dipaksa granny drive 40 kmh dan liat konsumsi bbm.. wakakakaka.
Dual Shock :big_weee:

Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by peterming77 »

Suryaputra wrote: Fri Jun 02, 2023 6:14
Dual Shock :big_weee:

Trus sinyal dari setir ke roda error, ada intervensi, atau apalah elektrikal ngaco.

DISASTER? :ungg:

Mungkin kalo gini emang mending DNGA deh akhirnya ya :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9616
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

peterming77 wrote: Fri Jun 02, 2023 7:31
Suryaputra wrote: Fri Jun 02, 2023 6:14
Dual Shock :big_weee:

Trus sinyal dari setir ke roda error, ada intervensi, atau apalah elektrikal ngaco.

DISASTER? :ungg:

Mungkin kalo gini emang mending DNGA deh akhirnya ya :ngacir:
Sebelum Error... masuk Limp mode dulu

- hazard lamp on
- auto brake aktif
- melipir kiri
- Call 112
- engine off

Emg ujung2nya DNGA yg bisa diandalkan :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4195
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Fri Jun 02, 2023 7:47
Sebelum Error... masuk Limp mode dulu

- hazard lamp on
- auto brake aktif
- melipir kiri
- Call 112
- engine off

Emg ujung2nya DNGA yg bisa diandalkan :ngacir:
mendingan juga ngandelin IMV 0 :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Fri Jun 02, 2023 7:47
Sebelum Error... masuk Limp mode dulu

- hazard lamp on
- auto brake aktif
- melipir kiri
- Call 112
- engine off

Emg ujung2nya DNGA yg bisa diandalkan :ngacir:
makin lama becandaan orang amrik yang bilang manual transmission itu = anti theft device kok makin deket ke kita :big_biglaugh: gw mo tau berapa banyak gen Z di jakarta yang udah gak bisa pegang manual :big_biglaugh:

gen Z pegang manual nanti kena mental health anxiety bipolar dll nya kumat :big_weee: jenis2 yang bingung kale kenapa civic mahal 1.4M kok transmisi manual padahal yang 600juta matic :big_biglaugh:

tar anak anaknya gen Z pada bingung kok mobil mesin bensin 2 miliar tp mobil listrik 500 juta :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by FR6 »

Nggg anu, agak oot sih, tapi berhubung sama2 DNGA, mau sharing TD Agya GR..
Sebagai benchmark, ane bawa mobil cukup lama sbb:
1. 2012 GL L11 1.5 Ultimate AT (2012-2015)
2. 2013 Fiesta 1.4 MT tipe S jadi2an (per & shock pake tipe S, aslinya Trend) 2013-2019
3. 2012 Ertiga 1.4 GL MT (2016-now)
4. 2011 Yaris J MT (2016-now)
5. 2013 City GM2 AT 2013-2015
6. 2015 City GM6 CVT (2015-2022)
7. 2019 Xpander Sport AT (2019-now)
8. 2020 Avanza G 1.3 MT (2021-now)
9. 2019 Innova 2.0 G MT (2021-now)
10. 2022 Hilux E 6MT (2021-now)

Berawal dari mau cari mobil perang kecil, irit, baru, maka mulai lah nyari2, mengkerucut ke Agya G CVT.
coba hubungi di A2K kota ane ga ada tipe G, adanya GR, nanya Yaris cross jg blm ada, padahal pengen coba juga sekalian..
akhirnya tetep lanjut dah, biar ga penasaran walaupun cuma TD di sekitaran A2K mereka ada trek buat TD yg cukup luas.

Impresi pertama, setir cukup enak di pegang, kayanya faktor lapis kulit.
Posisi jok asli peningkatan banget, kalo dibanding mobil2 yg pernah saya pegang, ini cukup mirip dengan Fiesta Trend tapi versi posisi duduk tinggi.
Support paha gak se-panjang Fiesta, tapi lebih panjang dari City GM2/GM6.
sudut pandang Spion samping cukup kecil, lebih kecil dibanding City GM6 yg menurut ane agak kecil dibanding Fiesta yg sudut pandang di ujungnya melebar.
Starter mesin, start awal berasa lebih getar, tapi masih tolerable, mirip2 dengan getar2 di Livina L11 atau Avanza.
Mulai jalan, berasa bgt pavling block di setir, entah krn suspensi atau over inflate, atau karena faktor ban kali ya? :big_think:
Tarikan awal cukup galak, lebih responsif dari City GM6, mungkin faktor 3 silinder & settingan gas Toyota yg kuat di bawah.
Coba tes stop & go di tanjakan, diisi 4 orang masih oke, gak ada gejala lemot atau gmn, menurut saya sih oke juga nih buat mobil perang wkwkw
Nah berikutnya tes kaki2, ada poldur cukup tinggi yg dibuat mepet 5 baris.
Surprisingly, bantingan & peredaman gak se parah Avanza RWD last FL!! lebih enak dari Rush juga, apalagi Agya gen sebelumnya..
Cukup meredam, walaupun gak se meredam Fiesta.
hampir mendekati Yaris bapau, tapi gak se-empuk bapau.
Sasis juga ga ada bunyi kriyet2 kaya Avanza/Rush, temen ane punya Rush masih baru udh kriyet2 kalo sasis flexing wkwkwkw
sasis cukup kaku lah, tapi gak se kaku Fiesta/City GM6, bener2 seperti penerus spiritual Yaris bapau, mungkin ini versi shrinkflation nya wkwkwkw
Kalo di banding Brio? belom nnyoba brio Ass-lift sih wkwk tapi kalo dibanding setrika, ini much better..

Hemat saya, untuk segmen A, DNGA bagus sih, 85/100 lah kalo sasis/platform..
nah masalahnya, ini platform kan dipake juga di segmen B macem Avanza, Veloz atau YarCross..
Kalo compare ke Xpander, ini masih jauh banget sih, DNGA-A 70, Xpander 85.
Kayanya YarCross kalo soal ride quality pasti kalah dibanding Mitsu XFC..

apalagi di atas2 di jelasin, TNGA-B sama Honda B segment aja kekuatan high tensile steel nya lebih rendah dibanding Honda B segment.
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by rajapb »

quyquy wrote: Fri Jun 02, 2023 4:22
ChZ wrote: Fri Jun 02, 2023 2:21
jadi balik ke mobil jadul lagi full rigid axle depan belakang :big_biglaugh: apalagi ngeliat mobil sekarang front suspension bushing / bushing arm nya lemah syahwat. pasti approachnya utk mobil ekonomis makin ngilangin moving parts. yg lucu malah maunya nambahin batre ma motor yg technically malah mekanisme lbh rumit dan lbh mahal :big_biglaugh:

handling makin kacrut makin reliant ke electronics. mobil2 urban di masa depan under 400juta keknya model2 wuling air ev semua wakakkakaka :big_biglaugh: trs legal di jalan tol pula. makin banyak rollover accident
Yah begitulah Om kondisi sekarang..

Semua gara2 generasi anak muda gen Z (dan gen2 berikutnya) yang sangat mendewakan fitur2 daripada driving experience.

Semasa bodo gak enak pengendaliannya yang penting banyak fitur (yg padahal bisa jadi kenyataan dilapangan nggak banyak dipake).

Nah kebiasaan itu yang di adopt pertama kali sama mobil2 tiongkok lalu dijual dng harga lebih murah.

Kebakaran jengotlah si pabrikan jepang. Nah buat winning the war, ya sudah akhirnya mereka ikut2an juga. Full fitur tapi semasa bodo ama driving experience..
kayaknya saya termasuk gen z tapi outlier, tetep seneng nyetir manual dan mobil yg pure dibanding mobil yg banyak gimmick. BTW kayaknya emang didesain seperti itu karena gen z dan gen alpha di masa depan emang banyak yang makin gak butuh mobil dan pada prefer naik kendaraan umum. Liat aja yang paling banyak kampanye naik kendaraan umum dan paling anti sama kendaraan pribadi ya pasti gen Z
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9616
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

FR6 wrote: Fri Jun 02, 2023 10:31 Nggg anu, agak oot sih, tapi berhubung sama2 DNGA, mau sharing TD Agya GR..
Sebagai benchmark, ane bawa mobil cukup lama sbb:
1. 2012 GL L11 1.5 Ultimate AT (2012-2015)
2. 2013 Fiesta 1.4 MT tipe S jadi2an (per & shock pake tipe S, aslinya Trend) 2013-2019
3. 2012 Ertiga 1.4 GL MT (2016-now)
4. 2011 Yaris J MT (2016-now)
5. 2013 City GM2 AT 2013-2015
6. 2015 City GM6 CVT (2015-2022)
7. 2019 Xpander Sport AT (2019-now)
8. 2020 Avanza G 1.3 MT (2021-now)
9. 2019 Innova 2.0 G MT (2021-now)
10. 2022 Hilux E 6MT (2021-now)

Berawal dari mau cari mobil perang kecil, irit, baru, maka mulai lah nyari2, mengkerucut ke Agya G CVT.
coba hubungi di A2K kota ane ga ada tipe G, adanya GR, nanya Yaris cross jg blm ada, padahal pengen coba juga sekalian..
akhirnya tetep lanjut dah, biar ga penasaran walaupun cuma TD di sekitaran A2K mereka ada trek buat TD yg cukup luas.

Impresi pertama, setir cukup enak di pegang, kayanya faktor lapis kulit.
Posisi jok asli peningkatan banget, kalo dibanding mobil2 yg pernah saya pegang, ini cukup mirip dengan Fiesta Trend tapi versi posisi duduk tinggi.
Support paha gak se-panjang Fiesta, tapi lebih panjang dari City GM2/GM6.
sudut pandang Spion samping cukup kecil, lebih kecil dibanding City GM6 yg menurut ane agak kecil dibanding Fiesta yg sudut pandang di ujungnya melebar.
Starter mesin, start awal berasa lebih getar, tapi masih tolerable, mirip2 dengan getar2 di Livina L11 atau Avanza.
Mulai jalan, berasa bgt pavling block di setir, entah krn suspensi atau over inflate, atau karena faktor ban kali ya? :big_think:
Tarikan awal cukup galak, lebih responsif dari City GM6, mungkin faktor 3 silinder & settingan gas Toyota yg kuat di bawah.
Coba tes stop & go di tanjakan, diisi 4 orang masih oke, gak ada gejala lemot atau gmn, menurut saya sih oke juga nih buat mobil perang wkwkw
Nah berikutnya tes kaki2, ada poldur cukup tinggi yg dibuat mepet 5 baris.
Surprisingly, bantingan & peredaman gak se parah Avanza RWD last FL!! lebih enak dari Rush juga, apalagi Agya gen sebelumnya..
Cukup meredam, walaupun gak se meredam Fiesta.
hampir mendekati Yaris bapau, tapi gak se-empuk bapau.
Sasis juga ga ada bunyi kriyet2 kaya Avanza/Rush, temen ane punya Rush masih baru udh kriyet2 kalo sasis flexing wkwkwkw
sasis cukup kaku lah, tapi gak se kaku Fiesta/City GM6, bener2 seperti penerus spiritual Yaris bapau, mungkin ini versi shrinkflation nya wkwkwkw
Kalo di banding Brio? belom nnyoba brio Ass-lift sih wkwk tapi kalo dibanding setrika, ini much better..

Hemat saya, untuk segmen A, DNGA bagus sih, 85/100 lah kalo sasis/platform..
nah masalahnya, ini platform kan dipake juga di segmen B macem Avanza, Veloz atau YarCross..
Kalo compare ke Xpander, ini masih jauh banget sih, DNGA-A 70, Xpander 85.
Kayanya YarCross kalo soal ride quality pasti kalah dibanding Mitsu XFC..

apalagi di atas2 di jelasin, TNGA-B sama Honda B segment aja kekuatan high tensile steel nya lebih rendah dibanding Honda B segment.
Btw untuk Platfrom DNGA

DNGA-A
- Rocky Raize
- Ayla Agya

DNGA-B
- Sinia Avanza
- Vios Yaris
- Yaris Cross
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by FR6 »

Suryaputra wrote: Fri Jun 02, 2023 14:03 Btw untuk Platfrom DNGA

DNGA-A
- Rocky Raize
- Ayla Agya

DNGA-B
- Sinia Avanza
- Vios Yaris
- Yaris Cross
Paham kok Om hehe cuma entah knp saya ngerasa DNGA B sama A sama aja, cuma beda ukuran. Belom nyoba langsung sih, tapi udah skeptis kaya gitu :big_childish:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9616
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

FR6 wrote: Fri Jun 02, 2023 14:48
Suryaputra wrote: Fri Jun 02, 2023 14:03 Btw untuk Platfrom DNGA

DNGA-A
- Rocky Raize
- Ayla Agya

DNGA-B
- Sinia Avanza
- Vios Yaris
- Yaris Cross
Paham kok Om hehe cuma entah knp saya ngerasa DNGA B sama A sama aja, cuma beda ukuran. Belom nyoba langsung sih, tapi udah skeptis kaya gitu :big_childish:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by ChZ »

FR6 wrote: Fri Jun 02, 2023 10:31
Hemat saya, untuk segmen A, DNGA bagus sih, 85/100 lah kalo sasis/platform..
nah masalahnya, ini platform kan dipake juga di segmen B macem Avanza, Veloz atau YarCross..
Kalo compare ke Xpander, ini masih jauh banget sih, DNGA-A 70, Xpander 85.
Kayanya YarCross kalo soal ride quality pasti kalah dibanding Mitsu XFC..

apalagi di atas2 di jelasin, TNGA-B sama Honda B segment aja kekuatan high tensile steel nya lebih rendah dibanding Honda B segment.
pernah coba veloz raize dan pegang BRV WRV xpander....

utk price point sama BRV dan xpander rasanya lebih kayak mobil kelas di atasnya veloz/avanza... emang gimmicksnya kalah itu 2 tapi klo yang utamain rasa bawa "mobil" sih xpander dan BRV. tinggal suka yang setnya empuk apa yang lincah buat selap-selip.

mau dibilang WRV mobil emerging market vs raize DNGA itu JDM ya gimana dong rasa bawanya aja tetep enakan WRV wkwkkw. bilang raize "standar japun" itu lebih ke bragging nya owner duo RR wakakkaka.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by ChZ »

rajapb wrote: Fri Jun 02, 2023 13:32 kayaknya saya termasuk gen z tapi outlier, tetep seneng nyetir manual dan mobil yg pure dibanding mobil yg banyak gimmick. BTW kayaknya emang didesain seperti itu karena gen z dan gen alpha di masa depan emang banyak yang makin gak butuh mobil dan pada prefer naik kendaraan umum. Liat aja yang paling banyak kampanye naik kendaraan umum dan paling anti sama kendaraan pribadi ya pasti gen Z
tapi sebenernya liat ginian saya jadi mikir andai nih nantinya demand mobil ke gen Z dan alpha dan seterusnya menurun... plus kan ya gak bisa tuh di brainwash mobil listrik terus lama lama jg nyadar klo mobil listrik bikin masalah baru doank. ada sdikit harapan mobil harganya bisa agak waras.

meski kecil sih.

krn keknya malah ujungnya niche market aja buat orang kaya. ya gpp jadi macem spore seleksi alam yang mampu beli-rawat-simpen mobil dan enggak mampu. muak jg kan orang gak bisa bangun garasi tp parkir pinggir jalan. di jakarta udah bisa diterapkan kayak spore harga mobil mahal dan tax nya gila supaya gak macet.

mau se ngotot apapun govt isi kapitalis boomer rakus pada akhirnya akan nyerah juga wkwkwkkw.

buat kita petrolheads malah enak, udah biarin aja 90% populasi naek trem atau KRL toh emang idealnya begitu, petrolheads nikmatin jalan raya. kita merasakan lagi bangkitnya mobil analog dan manual wkwkwkkwkw. zaman dulu orang bawa mobil mesin V6 V8 jg gak pada protes karna kendaraan dikit.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by ariswp »

Bibieight wrote: Wed May 31, 2023 14:21 Balik urusan Moose Test, desin mobil 30 tahun yg lalu meskipun chassis rata2 asal suspensinya diluar rata2 ya masih tetep lulus, ndak pakai ESC, ban profil cuma 205.

Citroen Xantia Activa, chassis share platform sama 405 (enak, tapi ndak exceptional, belum jaman waktu itu high tensile strength), hidropneumatiknya ditambahin anti roll bar aktif, selain bola2 di masing2 roda, ada lagi di roll barnya, jadi buat tahan-lepas roll bar :big_peace: :big_peace: :big_peace: … Sayang industri otomotif isinya akuntan semua, ndak bakal ada barang kayak gini dibuat lagi :big_cry: :big_cry: :big_cry:
Bapak saya pernah pelihara citroen BX 16 TRS mk 2.5 (facelift dan dashlift terakhir tahun 1994 ex fleet total indonesie)
Betapa ribetnya pelihara hydropneumatik, rentan bocor selang cumi sentralnya
Bola2 ada 5 (1 sentral + 4 masing2 roda), selalu sedia oli LHM ijo, mesin 171C/XU5 karbu yg rentan ngelitik, dikasi premix94 beda jauh tarikannya sama premium88, dicekokin cairan fuel additive STP malah batuk2 itu karburator webber nya :big_biglaugh:
Tapi memang pas sehat ini mobil enak, mobil lain mau empuk tapi limbung, ini BX empuk pake banget tapi gak limbung, jalur kelak kelok jahanam bukit soeharto tahun 1999-2000an dilahap tanpa mabuk, hajar poldur kayak nginjek kaleng coca cola, kli banjir tinggal naikin level ketinggian
Tenaga 94hp nya juga mayan, maen putaran atas enak
Sisi kenyamanan : ac dingin pake banget, peredaman bagus, kaca bawaan tinted kecoklatan juga tebal (made by saint gobain) jadi kedap banget, kampas rem bawaan bendix, instrument serba lengkap by veglia italia, foglamp bawaan by searcher dll
Tapi ya itu, dashboard gampang pecah dan ambrol, kualitas plastiknya gak kuat dihajar panas sini, knalpot belakang gampang kropos juga
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Bibieight »

Nah ini, jaman dulu itu kalo sharing platform tetep bisa ngirit tapi produknya bener2 beda karakter, ndak cuma ganti logo tripel elips harganya bisa nambah 20 juta :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: .
405 SRi sama BX 19 TRS itu kan sodara kandung, chassis sama, mesin sama (XU9) hasilnya 2 barang yg bener2 beda karakteristik, bandingin coba Rocky vs Raize, sama2 trim paling tinggi selisih 20 juta ndak kerasa bedanya :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Jangan2 ntar 5 taun lg tren begini pas era EV beli mobil kayak beli Tamiya, keluar showroom barebones, upgrade apapun hrs dari pabrikan, soalnya harus bisa komunikasi ama VCUnya, naaah cuan dari sini.
Inget Tamiya beli 15.000 (ketauan umur saya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ), pasang motor 20.000, kurang puas ban 4 pasang 20.000, beli pemberat 5.000, pake batere NiMh 30.000... mobil ama modif mahal modifnya kemana2 kaan :big_peace: :big_peace: :big_peace:
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 413
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by fl4b1e »

Sebenernya, kalau saya coba dr kaca mata Toyota, pikiran saya pendek begini.. kalau bawa Yaris Cross europe TNGA: dimensi nya kekecilan. panjang hanya 4.18 meter, wheelbase 2.56 meter.

kalau coba liat kompetitor kayak HRV, panjang 4,33m, wheelbase 2.61 meter. Yaris Cross Europe jelas pasti kalah bersaing kalau pakai TNGA-B.. karena CHR saja punya dimensi yang lebih gede, ga terlalu laku di Indo dibanding Corolla Cross.

Dengan adanya platform yg dah dipakai di Veloz dan Avanza, sama halnya DNGA-B dipakai Vios di Thailand, mungkin menurut Toyota lebih pas tuk pakai DNGA-B saja.. Ya, bagaimanapun juga kalau pakai DNGA-B, dapat dimensi panjang 4.31m dan wheelbase 2.62 yang lebih diminati pasar Asia Tenggara..

Dari logika tersebut ya make sense tuk saya.. Pandangan saya pribadi, kalau mau pilih compact SUV, Cross over pesaing HRV, saya juga ga akan milih yang jauh lebih kecil dari HRV (asumsi bandingin sama Yaris Cross Europe yang TNGA).

sebenernya ada pabrikan lain yg melakukan ha yg sama yakni Hyundai. Sebelum Creta, Hyundai punya Kona yg punya chassis yg lebih mantap dibanding Creta. Sayangnya kona itu sempit dan ga lega didalam, meski fun to drive. Alih-alih lanjutin Kona, dibawalah Creta yg lebih lega. Dan kalau dibanding Kona, apakah lebih laku? jelas.. Sebagai pemilik Creta Apakah kecewa? yaa.. niatan hati pengennya punya mobil sekelas Tucson tapi ada bluelink.. Tapi yg ada Creta dengan 1.5 smartstream.. Kehilangan keasyikan fun to drive dibanding Kona atau Tucson? Jelas. Tapi apakah puas dengan keleaan, harga, dan bluelink? iya.. karena pada akhirnya harus berdamai..

Ya, mungkin itulah analogi yg sama dengan calon pemilik Yaris Cross nanti..

pertanyaan terakhir: apabila saya belum membeli Creta, apakah mungkin saya beli Yaris Cross..? mungkin

yg jelas, saya tertarik sama jok Yaris Cross yg terlihat lebih nyaman dari Creta, tertarik krn ada TSS dengan adaptive cruise, kurang tertarik sama mesin 2NR yg 0erkiraan saya akan boyo, tapi tertarik kalau ada teknologi hybridnya yg mudah2an irit tuk jalanan jakarta.

Kalau beneran hybridnya bisa dapet efisiensi di atas 1:15 di jalanan macet Jakarta, pasti buat saya sangat tertarik.

Mungkin, inilah ambaran menapa Toyota pilih DNGA-B. Plus minuslah, mungkin ga dapet TNGA B.. Tapi kalau harga Yaris Cross pakai platform TNGA B dapet di harga 500juta.. saya pribadi akan milih tuk ambil Corolla Cross kalau mau 5 seater atau Zenix hybrid tipe G saja kalau butuh yg bongsor 7 seterusnya.

semoga mencerahkan
DLM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
Location: BUMI
Daily Vehicle: Vios G

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by DLM »

fl4b1e wrote: Sat Jun 03, 2023 13:26 Sebenernya, kalau saya coba dr kaca mata Toyota, pikiran saya pendek begini.. kalau bawa Yaris Cross europe TNGA: dimensi nya kekecilan. panjang hanya 4.18 meter, wheelbase 2.56 meter.

kalau coba liat kompetitor kayak HRV, panjang 4,33m, wheelbase 2.61 meter. Yaris Cross Europe jelas pasti kalah bersaing kalau pakai TNGA-B.. karena CHR saja punya dimensi yang lebih gede, ga terlalu laku di Indo dibanding Corolla Cross.

Dengan adanya platform yg dah dipakai di Veloz dan Avanza, sama halnya DNGA-B dipakai Vios di Thailand, mungkin menurut Toyota lebih pas tuk pakai DNGA-B saja.. Ya, bagaimanapun juga kalau pakai DNGA-B, dapat dimensi panjang 4.31m dan wheelbase 2.62 yang lebih diminati pasar Asia Tenggara..

Dari logika tersebut ya make sense tuk saya.. Pandangan saya pribadi, kalau mau pilih compact SUV, Cross over pesaing HRV, saya juga ga akan milih yang jauh lebih kecil dari HRV (asumsi bandingin sama Yaris Cross Europe yang TNGA).

sebenernya ada pabrikan lain yg melakukan ha yg sama yakni Hyundai. Sebelum Creta, Hyundai punya Kona yg punya chassis yg lebih mantap dibanding Creta. Sayangnya kona itu sempit dan ga lega didalam, meski fun to drive. Alih-alih lanjutin Kona, dibawalah Creta yg lebih lega. Dan kalau dibanding Kona, apakah lebih laku? jelas.. Sebagai pemilik Creta Apakah kecewa? yaa.. niatan hati pengennya punya mobil sekelas Tucson tapi ada bluelink.. Tapi yg ada Creta dengan 1.5 smartstream.. Kehilangan keasyikan fun to drive dibanding Kona atau Tucson? Jelas. Tapi apakah puas dengan keleaan, harga, dan bluelink? iya.. karena pada akhirnya harus berdamai..

Ya, mungkin itulah analogi yg sama dengan calon pemilik Yaris Cross nanti..

pertanyaan terakhir: apabila saya belum membeli Creta, apakah mungkin saya beli Yaris Cross..? mungkin

yg jelas, saya tertarik sama jok Yaris Cross yg terlihat lebih nyaman dari Creta, tertarik krn ada TSS dengan adaptive cruise, kurang tertarik sama mesin 2NR yg 0erkiraan saya akan boyo, tapi tertarik kalau ada teknologi hybridnya yg mudah2an irit tuk jalanan jakarta.

Kalau beneran hybridnya bisa dapet efisiensi di atas 1:15 di jalanan macet Jakarta, pasti buat saya sangat tertarik.

Mungkin, inilah ambaran menapa Toyota pilih DNGA-B. Plus minuslah, mungkin ga dapet TNGA B.. Tapi kalau harga Yaris Cross pakai platform TNGA B dapet di harga 500juta.. saya pribadi akan milih tuk ambil Corolla Cross kalau mau 5 seater atau Zenix hybrid tipe G saja kalau butuh yg bongsor 7 seterusnya.

semoga mencerahkan
Creta masih pake platform global om, satu platform sama i30 dan i20