[News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Post Reply
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: 19 May 2023, 11:13
Suryaputra wrote: 19 May 2023, 10:36
kayanya hal hal teknis spt ini adalah info rahasia, gak mungkin dibuka (disclose) oleh mereka
biar satu suara dgn Marketing nya :big_peace:

krn orang kan bawa mobil gak dipush to limit,
fungsinya org beli mobil ngincer fitur, comfort dan yg penting fungsional

hanya bbrp pabrikan yg masih mempertahankan driving dynamics, spt mazda, biem, dan sejenis :upss:
tergantung nanya apa dan ke siapa um :big_biglaugh: , cuma klo yg udah" sih pabrikan biasanya cukup terbuka dalam know-how mereka bikin mobil. bahkan biasanya dikasih resources terkait spt PPT, foto & video.

itu di artikel kan pake material toyodai semua :big_biglaugh:

cuma di indo jarang ada yg gitu kyknya emg pada males nanya aja / emg "rahasia". padahal diluar sana open" aja soalnya :big_biglaugh:

klo dibilang jarang push limit, oe rasa 99% user mobil jg gitu um

itu yg pakai mazda "jinba ittai" seberapa sering usernya bawa nekuk" di tikungan? oe rasa hanya segelintir saja

dan toyota jg sebenernya masi perhatiin fun to drive klo oe liat, itu marketing TNGA aja yg dibahas body & chassis rigidity terus :big_biglaugh:
wakakakaka
iya 99 koma sekian persen lah bawa mobil moderat or push and glide mayoritas
krn bbm mahal, blml lagi mikir liquid kemudian hari :mky_03:

klo TNGA saya sih no komen,
standard dunia soalnya, dan dipakai sampai ke Lexus soalnya :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by peterming77 »

darrelund wrote: 19 May 2023, 11:13
Suryaputra wrote: 19 May 2023, 10:36
kayanya hal hal teknis spt ini adalah info rahasia, gak mungkin dibuka (disclose) oleh mereka
biar satu suara dgn Marketing nya :big_peace:

krn orang kan bawa mobil gak dipush to limit,
fungsinya org beli mobil ngincer fitur, comfort dan yg penting fungsional

hanya bbrp pabrikan yg masih mempertahankan driving dynamics, spt mazda, biem, dan sejenis :upss:
tergantung nanya apa dan ke siapa um :big_biglaugh: , cuma klo yg udah" sih pabrikan biasanya cukup terbuka dalam know-how mereka bikin mobil. bahkan biasanya dikasih resources terkait spt PPT, foto & video.

itu di artikel kan pake material toyodai semua :big_biglaugh:

cuma di indo jarang ada yg gitu kyknya emg pada males nanya aja / emg "rahasia". padahal diluar sana open" aja soalnya :big_biglaugh:

klo dibilang jarang push limit, oe rasa 99% user mobil jg gitu um

itu yg pakai mazda "jinba ittai" seberapa sering usernya bawa nekuk" di tikungan? oe rasa hanya segelintir saja

dan toyota jg sebenernya masi perhatiin fun to drive klo oe liat, itu marketing TNGA aja yg dibahas body & chassis rigidity terus :big_biglaugh:
Penginnya bawa nekuk2 di tol, tapi begitu masuk pintu tol langsung merambat :ungg: :big_biglaugh: :big_weee:

Begitu bisa bejek dikit ingat Pertamax mahal, akhirnya cukup injak pelan2 :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: 25 May 2018, 15:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by XMTdeluxe »

DLM wrote: 18 May 2023, 20:11 Serious question:
1. DNGA-B vs TNGA-B sebetulnya secara objective dan subjective, mana yang lebih baik?
2. Kalau pake TNGA-B, apakah akan lebih mahal? Mengingat harga Yaris Cross versi regional sudah mepet dengan Zenix yang TNGA-C.
3. Apakah selama ini mobil berplatform DNGA-B "terdiskriminasi" di mata car enthusiast, karena tidak dianggap platform Toyota betulan?
Kalau penjelasan dari toyota sih, bilangnya sama saja Om

https://otodriver.com/berita/2022/toyot ... oycjacgaja

Tapi kalau sama, kenapa DNGA yang dikeluarkan? Kok gak pakai TNGA saja?
Balik ke pre-DNGA dengan DNGA, perbedaan yang paling kelihatan di struktur tulangannya. DNGA sudah mengakomodir desain utk mobil bensin, hybrid, bahkan katanya EV. Model nya juga modular, bisa digedein dikecilin, jadi memudahkan dalam manufakturingnya.
Daihatsu-New-Global-Architecture-DNGA-Pics-7.jpg
Rasa2nya TNGA untuk segmen yg sama (misal sama2 B), struktur tulangannya juga akan sama. Secara mereka 1 company, agak aneh jg bikin beda2 gitu konstruksinya. Terus dimana bedanya? Baru dugaan sih, tapi perkiraan saya kemungkinan dibedakan dijumlah high tensile steel nya.
Daihatsu-New-Global-Architecture-DNGA-Pics-9.jpg
Daihatsu-New-Global-Architecture-DNGA-Pics-9.jpg (29.53 KiB) Viewed 810 times
Gambar di atas ditunjukkan plat mana2 saja yang pakai high tensile spek apa saja. Kemungkinan (karena saya bukan engineer nya ya, Just for discussion) TNGA pakai spek high tensile lebih banyak di strukturnya. Satu2nya yg bikin lebih mahal salah satunya mungkin itu. Spek baja lebih tinggi --> lebih ringan --> tapi lebih kuat/rigid. Dari sisi handling/center of gravity dan vibrasi mgkn itu juga membuat TNGA lebih baik. Berapa persen bedanya, spek baja nya apa saja, hanya toyota yg tahu rahasia dapurnya.

Kembali ke DNGA, salah satu blessing in disguise yang saya lihat di Yarcross ini adalah 1) Engine-nya 2) TKDN-nya yang sampai 80% (Zenix hanya 65%)
1. Engine 2NR-VE memang membosankan, terkenal sebagai engine sapujagad di Daitoyo. Tapi di satu sisi keunggulannya sdh combat proven, terutama soal pemakaian pertalite siapa yang ragu? Dibanding M15-FKS yang recommended pertamax, dual injector, hidih. Belum lagi sparepartnya bejibun, jangan khawatir gak kebagian sparepart.
2. TKDN 80% masih ada pengaruh ke pajak tdk ya? kalau iya, bisa utk menekan harga jual jadi bisa dijejali fitur2 yg gak biasanya lengkap di toyota.
TKDN 80% ini faktor terbesarnya adalah di engine. 2NR-VE sdh full dirakit disini, tinggal batrenya saja yg import. Dibanding M20-FKS zenix yang full import.

Soal TNGA dan DNGA kembali ke perspektif aktual berkendara sehari-hari. Mobil 5 penumpang yang bisa menikmati platform TNGA/DNGA cuma 1 orang : driver. Penumpang yang lain saya yakin akan menikmati layarnya yg besar, panoramic di atas, joknya yang tebal, sandarannya empuk semua, dan ada lampu kelap kelip bisa ganti warna di doortrim. Kalau limbung atau terasa glodak2? Yang 4 lainnya tinggal bilang : "Pir, pelan2 pir... ini yang di belakang orang, bukan beras".
User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: 08 Dec 2012, 17:14

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Harchi »

Sorry oot, apa ya pertimbangan pabrikan2 bikin versi model buat emerging market? Masalah selera atau gmn ya? Bukankah orang2 emerging market bakalan lebih happy klo dikasih model buat negara maju? Atau alasan biaya? Klo alasan biaya, bukankah develop banyak model itu nambah cost jg?
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by darrelund »

Harchi wrote: 19 May 2023, 15:26 Sorry oot, apa ya pertimbangan pabrikan2 bikin versi model buat emerging market? Masalah selera atau gmn ya? Bukankah orang2 emerging market bakalan lebih happy klo dikasih model buat negara maju? Atau alasan biaya? Klo alasan biaya, bukankah develop banyak model itu nambah cost jg?
harga, selera, kebutuhan om

model utk emerging market dibuat krn ada kebutuhan spesifik, liat aja om mobil utk ASEAN di segmen yg sama selalu lebih besar dan refinement sedikit berkurang.

klo mau contoh pemaksaan platform global utk murah ya oe rasa contohnya zenix :big_biglaugh: . BQ ga karuan tapi sasis & mesin negara maju punya. ujungnya ttp lebi mahal dari reborn kan :big_biglaugh:

aplg skrg oe lihat ASEAN lebih nyari fitur dibanding mantengin mesin. jadi ya buat apa dikasih mesin bagus" klo ujungnya nyari cooler seat

mending uangnya di spend buat naro yg emg konsumen cari

running cost (short/long term) jg harus reasonable, makanya pakai mesin yg itu" aja. parts melimpah, ga harus rombak pabrik lagi

klo dibilang happy apa ga, utk liat B segment liat aja mazda 2 :big_biglaugh: . isinya protes sempit terus
Last edited by darrelund on 19 May 2023, 17:18, edited 1 time in total.
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by peterming77 »

Harchi wrote: 19 May 2023, 15:26 Sorry oot, apa ya pertimbangan pabrikan2 bikin versi model buat emerging market? Masalah selera atau gmn ya? Bukankah orang2 emerging market bakalan lebih happy klo dikasih model buat negara maju? Atau alasan biaya? Klo alasan biaya, bukankah develop banyak model itu nambah cost jg?
No 1 pasti cost, krn DNGA ini development nya modular jadi bisa dibesarin dikecilin. Jadi sekali develop bisa pake buat beberapa model, volume yg banyak dng berbagai model pasti pengaruh juga ke cost produksi. Ambil contoh Yaris MK2, sudah sejak kapan itu design dan sasisnya dipake, terakhir cuma dikasih embel2 ganti HU + emblem GR Sport, stir masih tilt non telescopic dijual terus aja, udah cuan banyak itu duit development nya. Kalo mau pake sasis TNGA yg global dng harga emerging market nanti fitur dan teknologi yg disunat kebanyakan juga, serba salah dng netizen mendang mending.

Selain itu ukuran juga bisa jadi alasan, krn setau saya utk Yaris ini global vs regional beda ukuran, lebih kecil yg global. Tau sendiri konsumen Indonesia sukanya kabin lega isi banyak, bagasi luas, begitu dikasih kabin agak sempit bagasi agak kecil nyacatnya panjang x lebar x tinggi.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by farizfsa »

Kemarin saya dpt grab di sg, yaris cross yg global version, ga ada spesial2nya ah. Bantingannya mayan keras. Untuk model bagusan yg versi indo
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Venturtle »

hmmm.. semuanya tampak cukup menjanjikan sih.. cuma desain interiornya yang gak semenarik pas dulu ANKI dan ANF pertama kali keluar :big_childish:
Kervey
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 26 May 2022, 07:52
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Kervey »

peterming77 wrote: 19 May 2023, 17:17
Harchi wrote: 19 May 2023, 15:26 Sorry oot, apa ya pertimbangan pabrikan2 bikin versi model buat emerging market? Masalah selera atau gmn ya? Bukankah orang2 emerging market bakalan lebih happy klo dikasih model buat negara maju? Atau alasan biaya? Klo alasan biaya, bukankah develop banyak model itu nambah cost jg?
No 1 pasti cost, krn DNGA ini development nya modular jadi bisa dibesarin dikecilin. Jadi sekali develop bisa pake buat beberapa model, volume yg banyak dng berbagai model pasti pengaruh juga ke cost produksi. Ambil contoh Yaris MK2, sudah sejak kapan itu design dan sasisnya dipake, terakhir cuma dikasih embel2 ganti HU + emblem GR Sport, stir masih tilt non telescopic dijual terus aja, udah cuan banyak itu duit development nya. Kalo mau pake sasis TNGA yg global dng harga emerging market nanti fitur dan teknologi yg disunat kebanyakan juga, serba salah dng netizen mendang mending.

Selain itu ukuran juga bisa jadi alasan, krn setau saya utk Yaris ini global vs regional beda ukuran, lebih kecil yg global. Tau sendiri konsumen Indonesia sukanya kabin lega isi banyak, bagasi luas, begitu dikasih kabin agak sempit bagasi agak kecil nyacatnya panjang x lebar x tinggi.
Kwkwkw jdi inget masa muda saya yg pecinta fitur & ga peduli besarnya interior

Stelah tua malah kalo interiotnya kecil udah bad mood :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Apalagi klo luarnya gede dalemnya sempit macem fortuner
Sumpar serapah semua
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by AbdulHakim »

luar biasa emang Yaris Cross ini, tumben2nya orang2 jadi memperbincangkan masalah sasis :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

farizfsa wrote: 19 May 2023, 17:21 Kemarin saya dpt grab di sg, yaris cross yg global version, ga ada spesial2nya ah. Bantingannya mayan keras. Untuk model bagusan yg versi indo
nggg anu mbah
sblm pakai grab di sg
biasanya pakai mobil apa aja?

krn klo sy lihat yg dipakai mbah fariz kan premium car semua yaa
medium - big size pula :big_biglaugh:

jd scr alam bawah sadar, benchmark minimal ya kyk gtu
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: 19 May 2023, 20:44 luar biasa emang Yaris Cross ini, tumben2nya orang2 jadi memperbincangkan masalah sasis :big_biglaugh:
warga di sini super user semua
pengen tau oroknya kyk gmn

ngarepnya pakai sasis global..
namun realitanya sasis daihatsu sinia fwd.. :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: 25 May 2018, 15:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by XMTdeluxe »

AbdulHakim wrote: 19 May 2023, 20:44 luar biasa emang Yaris Cross ini, tumben2nya orang2 jadi memperbincangkan masalah sasis :big_biglaugh:
Kadang bingung mbah, beda huruf depan D sama T aja langsung pada nyacat. Padahal nyoba aja jg blm.
Giliran ditanya dimana bedanya? Pokoknya lebih murah ajah = pasti lebih jelek lah.
Dijelasin detail sebenarnya hal "nothing" juga, gak ada efek. Toh ujung2nya : "Trus kenapa gitu kalau kayak gitu?"
Kalau mau bandingin ya TNGA-B vs DNGA-B, tapi yg ada disini DNGA-B vs TNGA-C. Dijustifikasi jg bingung kan? udah beda kelas. Toyota juga pinter, gak mau dia kasih peer to peer langsung. Kelas A - B dikasih ke daihatsu, kelas C ke atas dia garap sendiri.
Sebenarnya simple aja sih, itu yaris/sienta lama yang pakai platform toyota beneran, meskipun belum GA-GA, sama Avanza/Veloz yg sdh DNGA enakan mana sih Om2? Saya jujur belum pernah nyoba yaris sienta. Kalau Xenia udah pernah bawa, Veloz udah pernah TD. Kalau masih lebih enak Avxenloz, ya artinya DNGA bisa dibilang improvement --> Yarcross bisa dipertimbangkan. Kalau masih lebih enak Sienta, artinya DNGA ini ampas ---> pertimbangkan yg lain.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

XMTdeluxe wrote: 19 May 2023, 23:13
AbdulHakim wrote: 19 May 2023, 20:44 luar biasa emang Yaris Cross ini, tumben2nya orang2 jadi memperbincangkan masalah sasis :big_biglaugh:
Kadang bingung mbah, beda huruf depan D sama T aja langsung pada nyacat. Padahal nyoba aja jg blm.
Giliran ditanya dimana bedanya? Pokoknya lebih murah ajah = pasti lebih jelek lah.
Dijelasin detail sebenarnya hal "nothing" juga, gak ada efek. Toh ujung2nya : "Trus kenapa gitu kalau kayak gitu?"
Kalau mau bandingin ya TNGA-B vs DNGA-B, tapi yg ada disini DNGA-B vs TNGA-C. Dijustifikasi jg bingung kan? udah beda kelas. Toyota juga pinter, gak mau dia kasih peer to peer langsung. Kelas A - B dikasih ke daihatsu, kelas C ke atas dia garap sendiri.
Sebenarnya simple aja sih, itu yaris/sienta lama yang pakai platform toyota beneran, meskipun belum GA-GA, sama Avanza/Veloz yg sdh DNGA enakan mana sih Om2? Saya jujur belum pernah nyoba yaris sienta. Kalau Xenia udah pernah bawa, Veloz udah pernah TD. Kalau masih lebih enak Avxenloz, ya artinya DNGA bisa dibilang improvement --> Yarcross bisa dipertimbangkan. Kalau masih lebih enak Sienta, artinya DNGA ini ampas ---> pertimbangkan yg lain.
Nyoba jd penumpang; Veloz fwd vs Sienta?
- lbh enak sienta
- Sienta terasa firm, bantingan gak mental mentul dan less vibrasi sasisnya
- overall gak terlalu bikin mual klo sambil main gadget
(Compare to veloz fwd)

Veloz fwd, dibanding avanza rwd, jelas lbh enak veloz fwd

Bahkan dibanding xpander pre-FL sekalipun, Sienta lbh mantep bantingannya.

Emang platform global bukan cuma marketing gimmick, tapi ya begitu adanya dr butt o meter.
Padahal sienta pakai Toyota B platform (generasi sblm TNGA) :big_peace:

Mau lbh extreme lagi?..
Veloz fwd, dibanding yaris bakpao, juga masih lbh mantep yaris bakpao :big_peace:

Itu sy hapal betul gmn rasanya bakpao, karena bbrp tahun miara :mky_03:

Tapi ya balik lg...
Hanya 0 koma 0 sekian persen user spt saya
Yg lebih menikmati sasis dibanding fitur :big_biglaugh:

Jadi klo ngerasain sasis dan bantingan suspensinya, urutan mini MPV paling mantep:

Sienta > Xpander Pre-FL > Veloz Fwd / Ertiga FL > Veloz Rwd
Last edited by Suryaputra on 19 May 2023, 23:59, edited 3 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by kunaskun »

XMTdeluxe wrote: 19 May 2023, 23:13 Kalau mau bandingin ya TNGA-B vs DNGA-B, tapi yg ada disini DNGA-B vs TNGA-C. Dijustifikasi jg bingung kan? udah beda kelas. Toyota juga pinter, gak mau dia kasih peer to peer langsung. Kelas A - B dikasih ke daihatsu, kelas C ke atas dia garap sendiri.
si cross kalau dibilang ada kelas tersendiri bikin bingung si, karena setelah perhatiin videonya salah satu youtuber yang paling jago urusan fitur, ada beberapa hal menarik yang nunjukin kalau ini benda emang seperti bukan Toyota ASEAN:
- terakhir kapan ada Toyota lokal pake PBD asli Toyota yang integrated dengan Head Unit.
- ada tombol Central lock Toyota tapi tombol lainnya pake daihatsu punya, padahal ciri khas Daihatsu dari dulu tidak ada Centrol Lock button
- speedometer sejuta umat tapi font Toyota.
- interior lamp assy pake toyota
- Panoramic roof control pake toyota

jadi ini sepertinya: Toyota beli kit car Daihatsu terus diupgrade dengan fitur Toyota. ibarat kata Toyota Z4... :mky_02:
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by quyquy »

Suryaputra wrote: 19 May 2023, 23:18

Nyoba jd penumpang; Veloz fwd vs Sienta?
enak sienta
Dr sisi nvh yah

Sienta terasa firm, bantingan gak mental mentul dan less vibrasi sasisnya.

Veloz fwd yah not bad.
Dibanding avanza rwd, jelas lbh enak veloz.

Jadi Sienta itu, tetap lbh tenang, firm dan overall gak terlalu bikin mual klo sambil main gadget
(Compare to veloz fwd)

Bahkan dibanding xpander sekalipun, Sienta lbh mantep bantingannya.

Emang platform global bukan cuma marketing gimmick, tapi ya begitu adanya dr butt o meter
Padahal sienta pakai Toyota B platform (generasi sblm TNGA) :big_peace:

Mau lbh extreme dan jadul lagi?..
Dibanding yaris bakpao jg masih lbh mantep yaris bakpao (dibanding veloz fwd) :big_peace:

Itu sy hapal betul gmn rasanya bakpao
Karena mayan bbrp tahun miara :mky_03:

Tapi ya balik lg...
Hanya 0 koma 0 sekian persen user spt saya
Yg lebih menikmati sasis dibanding fitur :big_biglaugh:
OOT dikit tentang sienta. Sienta ini memang bener2 undervalue padahal kalo udah nyoba beeeeuh... Dibawa nyetir longtrip ajib badan kagak capek. Ya mungkin karena chasisnya jg ikut berperan kalik ya..

Nanh ngomongin chasis ini bener Om, orang2 dimari hanya ngeliat dari fiturnya doank.. Tapi feel berkendara nomer sekian. Misalnya mobil terasa lebih ngayun goyang berlebihan dan suara dalam kabin kriet2 termaafkan karena sajen2 fitur yang diberikan.

Mobil tajam bermanuver tp tetap empuk itu pasti mahal platformnya. Atau dibawa longtrip si supir kagak cepak lelah, pasti platformnya ciamik. Dan hal beginian nomer ke 1000 buat oraang2 dimari.

Saya dulu juga nggak peduli apa itu platform. Tp begitu sering longtrip dengan mobil yang berbeda baru kerasa platform chassis itu berpengaruh juga.

Anyway disini sudah ada yang nyicip vios terbaru? vios terbaru kan pake DNGA juga. Nah barangkali bisa di compare tuh vios terbaru 2023 ini dibandingkan vios satu generasi sebelumnya. Rasa berkendaranya enakan mana? (fitur dikesampingkan dulu).
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by darrelund »

farizfsa wrote: 19 May 2023, 17:21 Kemarin saya dpt grab di sg, yaris cross yg global version, ga ada spesial2nya ah. Bantingannya mayan keras. Untuk model bagusan yg versi indo
bantingan utk kaum 1st world country (merk non-lux) bukannya gtu ya um

stiff tapi compliant, gak mendayu kyk umumnya dimari

ya maklum seh, mesti stabil pas geber 160-170 di autobahn :big_biglaugh:

buat dimari kyknya paling mendekati ke karakter itu oonda kali ya.....
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by b0ku »

XMTdeluxe wrote: 19 May 2023, 15:18
DLM wrote: 18 May 2023, 20:11 Serious question:
1. DNGA-B vs TNGA-B sebetulnya secara objective dan subjective, mana yang lebih baik?
2. Kalau pake TNGA-B, apakah akan lebih mahal? Mengingat harga Yaris Cross versi regional sudah mepet dengan Zenix yang TNGA-C.
3. Apakah selama ini mobil berplatform DNGA-B "terdiskriminasi" di mata car enthusiast, karena tidak dianggap platform Toyota betulan?
Kalau penjelasan dari toyota sih, bilangnya sama saja Om

https://otodriver.com/berita/2022/toyot ... oycjacgaja

Tapi kalau sama, kenapa DNGA yang dikeluarkan? Kok gak pakai TNGA saja?
Balik ke pre-DNGA dengan DNGA, perbedaan yang paling kelihatan di struktur tulangannya. DNGA sudah mengakomodir desain utk mobil bensin, hybrid, bahkan katanya EV. Model nya juga modular, bisa digedein dikecilin, jadi memudahkan dalam manufakturingnya.

Daihatsu-New-Global-Architecture-DNGA-Pics-7.jpg

Rasa2nya TNGA untuk segmen yg sama (misal sama2 B), struktur tulangannya juga akan sama. Secara mereka 1 company, agak aneh jg bikin beda2 gitu konstruksinya. Terus dimana bedanya? Baru dugaan sih, tapi perkiraan saya kemungkinan dibedakan dijumlah high tensile steel nya.

Daihatsu-New-Global-Architecture-DNGA-Pics-9.jpg

Gambar di atas ditunjukkan plat mana2 saja yang pakai high tensile spek apa saja. Kemungkinan (karena saya bukan engineer nya ya, Just for discussion) TNGA pakai spek high tensile lebih banyak di strukturnya. Satu2nya yg bikin lebih mahal salah satunya mungkin itu. Spek baja lebih tinggi --> lebih ringan --> tapi lebih kuat/rigid. Dari sisi handling/center of gravity dan vibrasi mgkn itu juga membuat TNGA lebih baik. Berapa persen bedanya, spek baja nya apa saja, hanya toyota yg tahu rahasia dapurnya.

Kembali ke DNGA, salah satu blessing in disguise yang saya lihat di Yarcross ini adalah 1) Engine-nya 2) TKDN-nya yang sampai 80% (Zenix hanya 65%)
1. Engine 2NR-VE memang membosankan, terkenal sebagai engine sapujagad di Daitoyo. Tapi di satu sisi keunggulannya sdh combat proven, terutama soal pemakaian pertalite siapa yang ragu? Dibanding M15-FKS yang recommended pertamax, dual injector, hidih. Belum lagi sparepartnya bejibun, jangan khawatir gak kebagian sparepart.
2. TKDN 80% masih ada pengaruh ke pajak tdk ya? kalau iya, bisa utk menekan harga jual jadi bisa dijejali fitur2 yg gak biasanya lengkap di toyota.
TKDN 80% ini faktor terbesarnya adalah di engine. 2NR-VE sdh full dirakit disini, tinggal batrenya saja yg import. Dibanding M20-FKS zenix yang full import.

Soal TNGA dan DNGA kembali ke perspektif aktual berkendara sehari-hari. Mobil 5 penumpang yang bisa menikmati platform TNGA/DNGA cuma 1 orang : driver. Penumpang yang lain saya yakin akan menikmati layarnya yg besar, panoramic di atas, joknya yang tebal, sandarannya empuk semua, dan ada lampu kelap kelip bisa ganti warna di doortrim. Kalau limbung atau terasa glodak2? Yang 4 lainnya tinggal bilang : "Pir, pelan2 pir... ini yang di belakang orang, bukan beras".
paling kuat cuma 980 mpa??? :big_biglaugh:

hrv lama aja pake 1500 mpa di bagian trisplang sama pilar a :big_biglaugh:

pantesan kalo nubruk remuk semua kecuali 2 bagian itu :big_biglaugh:

gak heran lah toyota jd inget dulu lexus RX pernah revisi nambah titik las doank biar makin kuat :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

quyquy wrote: 20 May 2023, 00:01
OOT dikit tentang sienta. Sienta ini memang bener2 undervalue padahal kalo udah nyoba beeeeuh... Dibawa nyetir longtrip ajib badan kagak capek. Ya mungkin karena chasisnya jg ikut berperan kalik ya..

Nanh ngomongin chasis ini bener Om, orang2 dimari hanya ngeliat dari fiturnya doank.. Tapi feel berkendara nomer sekian. Misalnya mobil terasa lebih ngayun goyang berlebihan dan suara dalam kabin kriet2 termaafkan karena sajen2 fitur yang diberikan.

Mobil tajam bermanuver tp tetap empuk itu pasti mahal platformnya. Atau dibawa longtrip si supir kagak cepak lelah, pasti platformnya ciamik. Dan hal beginian nomer ke 1000 buat oraang2 dimari.

Saya dulu juga nggak peduli apa itu platform. Tp begitu sering longtrip dengan mobil yang berbeda baru kerasa platform chassis itu berpengaruh juga.

Anyway disini sudah ada yang nyicip vios terbaru? vios terbaru kan pake DNGA juga. Nah barangkali bisa di compare tuh vios terbaru 2023 ini dibandingkan vios satu generasi sebelumnya. Rasa berkendaranya enakan mana? (fitur dikesampingkan dulu).
Itu dia mbah
Berasa klo dah dibawa cukup di tol dalkot dgn kecepatan constant

Atau Gak usah jauh2 testnya buat warga dki
Pdk Gede Jaktim - Bekasi Barat udah cukup koq.
:big_biglaugh:

Mbl jaman now ngeliat inflasi harganya ngerii.

Ditambah mayoritas orang asean, lbh pilih fitur automation dan electric, dibanding driving dynamics yg berkaitan dgn kekuatan sasis jg sebetulnya :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

Kayanya admin sono, jangan2 warga sini juga 🤣

Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Bibieight »

Berarti dimari Toyota rakitan lokal yg sisa pake T-NGA tinggal Jinik doang ya ?, berarti bener oom NR dong kalo suatu saat nanti (kayaknya not in too distant future) manufacturingnya Toyota bakal cabut dari Indo ?… Membayangkan dunia dimana isinya Toyota rasa Daihatsu semua :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by rakyatwkwkland »

Suryaputra wrote: 19 May 2023, 23:18
Nyoba jd penumpang; Veloz fwd vs Sienta?
- lbh enak sienta
- Sienta terasa firm, bantingan gak mental mentul dan less vibrasi sasisnya
- overall gak terlalu bikin mual klo sambil main gadget
(Compare to veloz fwd)

Veloz fwd, dibanding avanza rwd, jelas lbh enak veloz fwd

Bahkan dibanding xpander pre-FL sekalipun, Sienta lbh mantep bantingannya.

Emang platform global bukan cuma marketing gimmick, tapi ya begitu adanya dr butt o meter.
Padahal sienta pakai Toyota B platform (generasi sblm TNGA) :big_peace:

Mau lbh extreme lagi?..
Veloz fwd, dibanding yaris bakpao, juga masih lbh mantep yaris bakpao :big_peace:

Itu sy hapal betul gmn rasanya bakpao, karena bbrp tahun miara :mky_03:

Tapi ya balik lg...
Hanya 0 koma 0 sekian persen user spt saya
Yg lebih menikmati sasis dibanding fitur :big_biglaugh:

Jadi klo ngerasain sasis dan bantingan suspensinya, urutan mini MPV paling mantep:

Sienta > Xpander Pre-FL > Veloz Fwd / Ertiga FL > Veloz Rwd
Hmmm... Mungkin beda orang, butt-o-meter nya beda juga kali ya... :big_think:

Soalnya kalo ane kok beda lagi komentarnya... Menurut ane masih enakan bantingannya apansah FWD. Rasanya sienta itu walaupun empuk masih ada getaran2 halus yg ngalir dr ban ke pantat kita. Kalo apansah menurut ane lebih minim. Makanya kalau ditanya sienta ya enak, tp tetep menurut ane bukan yg the best of the best. Masih kaya ada rasa2 getaran ala limo lelenya taksi bluebird gitu, cuma kayak dikompensasi dgn shockbreaker yg empuk. Tapi tetep enak sih sienta itu.

Apa feeling ane yg salah ya?

Jadi kalo disuruh ngurutin, menurut ane no. 1 itu xpander PFL/ertiga gen 2/avxen FWD itu kurleb setara, no. 2 baru sienta. Kenapa xpander PFL dan ertiga gen 2 ane bilang setara, soalnya menurut ane dua mobil ini punya perbedaan karakter. Xpander menang shocknya empuk, tp rasanya getaran2 halus itu masih naik ke pantat dan karena shock empuknya kalo jalanan bergelombang ya lebih ngayun, ertiga lebih kaku tp rasanya begitu ngehajar lobang peredam getarannya lebih main, plus jg kl lewat jalanan bergelombang rasanya gak sengayun xpander. Tinggal pilih sesuai selera aja jadinya mau yg ayun2an atau yg kaku2an. Nah kalo apansah ini IMO kayanya lebih deket ke ertiga.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by ChZ »

Harchi wrote: 19 May 2023, 15:26 Sorry oot, apa ya pertimbangan pabrikan2 bikin versi model buat emerging market? Masalah selera atau gmn ya? Bukankah orang2 emerging market bakalan lebih happy klo dikasih model buat negara maju? Atau alasan biaya? Klo alasan biaya, bukankah develop banyak model itu nambah cost jg?
Sederhananya : tingkat kemakmurannya beda.

Contoh nya di amrik tidak akan pikir bikin mobil kayak honda brio, di sono entry level car nya honda civic. Honda jazz aja ga laku. Income orang amrik mampu beli honda civic meskipun kelas kuli bangunan. Saking murahnya mobil, gembel pun banyak yg tidur di mobil.

Emerging market kebalik, di indo mobil harganya 2-3x lbh mahal dari amrik, udah gitu income penduduknya 2-3x lebih rendah :big_biglaugh:

Kenapa kok dibuat mobil khusus emerging market? Siapa gak tergiur om liat penduduk ratusan jt ampe miliaran china aja sampe dibuatin spec khusus saking padat penduduknya :mky_03: plus capitalizing on infrastruktur angkutan umum yang menyedihkan :upss: bikin orang pengen punya motor/mobil biar kualitas hidup membaik.

Caranya ya bikin se affordable mungkin, konstruksi se murah mungkin sampe cutting corners sana sini dan fraud sana sini :mky_03:

Itungan cost x benefit nya masuk :mky_03: mungkin risiko ketauan lawsuit juga udah diitung ga sebanding ama potensi profit :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: 20 May 2023, 09:10 Berarti dimari Toyota rakitan lokal yg sisa pake T-NGA tinggal Jinik doang ya ?, berarti bener oom NR dong kalo suatu saat nanti (kayaknya not in too distant future) manufacturingnya Toyota bakal cabut dari Indo ?… Membayangkan dunia dimana isinya Toyota rasa Daihatsu semua :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
Sy dapat info dari Kawan yg kerja sbg manager cost control salah satu produsen mobcin, dan bbrp kawan yg kerja di otomotif..

Saya gak bisa sebut brand untuk jaga confidentiality.
- Beberapa Brand di indonesia, & (clue) gak cuma brand jepang yah: Produsen jaga kesehatan arus kas-nya dengan melakukan expor ke negara lain spt arab, afrika, dsb yg belum punya fasilitas manufaktur
- Salah satu strategi untuk melakukan go-to-market, prioritasnya memang menggunakan buzzer (untuk counter negative sentimen di socmed) dan menggunakan jasa influencer
- Setelah go-to-market strategy berjalan sesuai kebutuhan shareholder, baru mereka gedein lagi budget buat Sales, service dan spares experience

Jadi memang klo kita mikir sbg business owner, you can't please everyone.

Nah strategi tsb besar opportunitynya untuk Future Market... karena Market masa depan adalah Gen-Z,
Gen-Z ini secara alamiah adalah early adopter yg suka fitur.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

rakyatwkwkland wrote: 20 May 2023, 09:17
Suryaputra wrote: 19 May 2023, 23:18
Nyoba jd penumpang; Veloz fwd vs Sienta?
- lbh enak sienta
- Sienta terasa firm, bantingan gak mental mentul dan less vibrasi sasisnya
- overall gak terlalu bikin mual klo sambil main gadget
(Compare to veloz fwd)

Veloz fwd, dibanding avanza rwd, jelas lbh enak veloz fwd

Bahkan dibanding xpander pre-FL sekalipun, Sienta lbh mantep bantingannya.

Emang platform global bukan cuma marketing gimmick, tapi ya begitu adanya dr butt o meter.
Padahal sienta pakai Toyota B platform (generasi sblm TNGA) :big_peace:

Mau lbh extreme lagi?..
Veloz fwd, dibanding yaris bakpao, juga masih lbh mantep yaris bakpao :big_peace:

Itu sy hapal betul gmn rasanya bakpao, karena bbrp tahun miara :mky_03:

Tapi ya balik lg...
Hanya 0 koma 0 sekian persen user spt saya
Yg lebih menikmati sasis dibanding fitur :big_biglaugh:

Jadi klo ngerasain sasis dan bantingan suspensinya, urutan mini MPV paling mantep:

Sienta > Xpander Pre-FL > Veloz Fwd / Ertiga FL > Veloz Rwd
Hmmm... Mungkin beda orang, butt-o-meter nya beda juga kali ya... :big_think:

Soalnya kalo ane kok beda lagi komentarnya... Menurut ane masih enakan bantingannya apansah FWD. Rasanya sienta itu walaupun empuk masih ada getaran2 halus yg ngalir dr ban ke pantat kita. Kalo apansah menurut ane lebih minim. Makanya kalau ditanya sienta ya enak, tp tetep menurut ane bukan yg the best of the best. Masih kaya ada rasa2 getaran ala limo lelenya taksi bluebird gitu, cuma kayak dikompensasi dgn shockbreaker yg empuk. Tapi tetep enak sih sienta itu.

Apa feeling ane yg salah ya?

Jadi kalo disuruh ngurutin, menurut ane no. 1 itu xpander PFL/ertiga gen 2/avxen FWD itu kurleb setara, no. 2 baru sienta. Kenapa xpander PFL dan ertiga gen 2 ane bilang setara, soalnya menurut ane dua mobil ini punya perbedaan karakter. Xpander menang shocknya empuk, tp rasanya getaran2 halus itu masih naik ke pantat dan karena shock empuknya kalo jalanan bergelombang ya lebih ngayun, ertiga lebih kaku tp rasanya begitu ngehajar lobang peredam getarannya lebih main, plus jg kl lewat jalanan bergelombang rasanya gak sengayun xpander. Tinggal pilih sesuai selera aja jadinya mau yg ayun2an atau yg kaku2an. Nah kalo apansah ini IMO kayanya lebih deket ke ertiga.
Gak ada yg salah,
cuman kadang2 kondisi barang yg ditest beda2.
Spy gak bias, harus coba naik dulu bbrp contoh mobil yg sama :big_biglaugh:

Kebetulan adek ipar pakai sienta, baru peremajaan kaki2.. jadi sering nyoba.
dan bbrp kali waktu masih kerja di Dki, dapat grab-car sienta juga.
impresi awal itu yg saya ingat sampai skrg.

Sementara sy sudah coba veloz fwd, nothing special, Karena expektasi saya, komparasinya dgn sienta.
Pernah dapat grab-car juga sinia fwd, ya mirip2 + road noise di row ke-2 cukup mengganggu.

klo lalin dalkot sih mirip2 ya.
cuman begitu dibawa ke tol (tol dalkot aja), beda cerita :big_biglaugh:

Xpander?
- Xpander yg Pre-FL 4AT: agak bouncy (ngayun).
- Xpander FL dgn CVT much better dan lbh solid, tapi memang terasa lbh keras klo kecepatan rendah (klo mnrt mitsu memang ada upgrade di bagian shock-abs)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post