[News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Post Reply
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by darrelund »

peterming77 wrote: 17 May 2023, 13:09
quyquy wrote: 17 May 2023, 11:08 Yaris cross lokal ini pake DNGA.
kalo yang versi non lokal pake TNGA (cmmiw)

Sebenernya DNGA dibandingkan dengan TNGA beda jauh nggak sih kalo fokus berbicara pada nyaman berkendaranya?

Penasaran aja perbedaan DNGA sama TNGA.
Karena masih satu grup jadi di Indonesia TNGA dan DNGA ga bertabrakan kelasnya, susah membandingkan apple to apple. Kelas A dan B dikasih ke DNGA: DNGA-A (Rocky, Raize, Ayla, Agya), DNGA-B (Avanza, Xenia, Veloz, new Vioz, Yaris Cross). Toyota masuk di kelas C, D dan F: TNGA-C (Corolla, CHR, Innova Zenix, Voxy, Lexus UX), TNGA-D (Camry, Harrier, Lexus ES NX RX LM), TNGA-F (Land Cruiser, Lexus LX).

All new Sienta yg TNGA-B belum ada kabar masuk ke Indonesia. IMHO ga mungkin membandingkan DNGA-B dengan TNGA-C krn pasti kelas C diatasnya dari semua sisi. Kecuali nanti Sienta baru masuk baru kita bisa bandingkan.
problemnya mobil GA-B dimari itu positioning um

100-450jt DNGA-B, 400-600 TNGA-C

terus TNGA-B mau ditaro dimana, spread harganya DNGA-B udah kegedean :big_biglaugh:

sienta GA-B pun klo tar dimasukin pasti diatas 400jt, yg mana ud teritori zenix dgn TNGA-C. jelas dong lebi worth GA-C :big_biglaugh:
Last edited by darrelund on 17 May 2023, 18:36, edited 1 time in total.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: 17 May 2023, 18:27
Suryaputra wrote: 17 May 2023, 09:32
AbdulHakim wrote: 17 May 2023, 09:15
kalo di luar negri, CRV dibanding-bandingin sama RAV4 mbah
cuma RAV4 khan ga masuk ke Indonesia
iya klo di sini RAV4 gak masuk
jd platform terdekat sekelas ya itu
wakakakaka

klo RAV4 masuk, blunder, karena bisa ngebuat pie-nya forti geser :big_biglaugh:
kaga bakal geser, percaya dah

itu 2 mobil ada pasarnya masing" um :big_biglaugh:

yg pasti kabar kuatnya itu RAV4 GR yg dipamerin bakal masuk di taun ini

dan RAV4 karena GA-K pastinya harga setara atau lebih dari camry

toyota pinter um klo pricing mah, ud tau soalnya market sini gabisa mepet/ overlap harganya :big_biglaugh:

karena POV pembeli disini sama diluar itu beda, diluar liat segmen, dimari liat harga. makanya klo tau sekelas pasti gap harganya gila"an

kek ada yg bilang, fortuner 4x4 klo pake sunroof bisa ambil pasar LC. kek mana logika saling makan ini :big_biglaugh:

au ah oe mau nungguin CX60 ajah :big_biglaugh:
bener juga :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: 17 May 2023, 18:36 bener juga :big_biglaugh:
jadi tar tinggal pilih um

mau hiluk dibagusin/ camry ditinggiin :big_biglaugh:

disel 200hp / hibrid 300hp

mau 0-100 10 detik / 5 detik

mau oprud di mall / oprud beneran?

choose your weapon :big_biglaugh:
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 489
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Chr1stm1 »

Prediksi mbl ini bakal lebih kenceng dr HRV SE yg super lemot.
Cuma utk sat set pasti enak HRV SE...
Galau...

Udah ke BRV aja deh aing tahun depan 😅
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

Chr1stm1 wrote: 17 May 2023, 18:45 Prediksi mbl ini bakal lebih kenceng dr HRV SE yg super lemot.
Cuma utk sat set pasti enak HRV SE...
Galau...

Udah ke BRV aja deh aing tahun depan 😅
HRV RV 1.5 ini lemotnya ketika start dr 0
Karena keberatan body dan setting throttle nya ngejaga spy irit bbm :mky_03:

Klo dah jalan, rasa2nya spt umumnya mbl 1.5 liter lain nya lahh
Last edited by Suryaputra on 17 May 2023, 19:58, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by peterming77 »

Suryaputra wrote: 17 May 2023, 17:48

Kurang RAV4 :mky_03:
Isi lah price range 700-800 dng RAV4 :big_love:
Haiqalesha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 131
Joined: 30 Apr 2017, 22:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Haiqalesha »

Bicara sasis emang iya si, honda pasti lebih unggul. Ane agak oot, tapi avanza baru 3 dnga sama mobilio rs ane aja, enakan mobilio buat jalan garut tasik. Apalagi sama platform baru honda. Cuma ya orang beli mobil bukan buat sat set sat set si, apalagi positioningnya ini emang pas bgt toyota.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by b0ku »

Chr1stm1 wrote: 17 May 2023, 18:45 Prediksi mbl ini bakal lebih kenceng dr HRV SE yg super lemot.
Cuma utk sat set pasti enak HRV SE...
Galau...

Udah ke BRV aja deh aing tahun depan 😅
HRV KALO masih 1.5 bagusan BRV kemana2x headroom lebih enak mesin lebih rapi kolong pun lebih rapi, mesin pun di setel lebih galak low RPMnya :big_bored:
bungle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 28 Jan 2016, 01:17

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by bungle »

peterming77 wrote: 17 May 2023, 13:09
quyquy wrote: 17 May 2023, 11:08 Yaris cross lokal ini pake DNGA.
kalo yang versi non lokal pake TNGA (cmmiw)

Sebenernya DNGA dibandingkan dengan TNGA beda jauh nggak sih kalo fokus berbicara pada nyaman berkendaranya?

Penasaran aja perbedaan DNGA sama TNGA.
Karena masih satu grup jadi di Indonesia TNGA dan DNGA ga bertabrakan kelasnya, susah membandingkan apple to apple. Kelas A dan B dikasih ke DNGA: DNGA-A (Rocky, Raize, Ayla, Agya), DNGA-B (Avanza, Xenia, Veloz, new Vioz, Yaris Cross). Toyota masuk di kelas C, D dan F: TNGA-C (Corolla, CHR, Innova Zenix, Voxy, Lexus UX), TNGA-D (Camry, Harrier, Lexus ES NX RX LM), TNGA-F (Land Cruiser, Lexus LX).

All new Sienta yg TNGA-B belum ada kabar masuk ke Indonesia. IMHO ga mungkin membandingkan DNGA-B dengan TNGA-C krn pasti kelas C diatasnya dari semua sisi. Kecuali nanti Sienta baru masuk baru kita bisa bandingkan.
Saya sih pesimis All New Sienta gen 3 bakal masuk pasar Indo.
Paling model yang sekarang nanti hanya dapat minor facelift atau disuntik mati kalau penjualan tidak bagus.
Kalau nanti Toyota ngeluarin Sienta versi all new kemungkinan besar sasisnya pasti pakai DNGA-B. Bukan TNGA-B.
bungle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 28 Jan 2016, 01:17

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by bungle »

AbdulHakim wrote: 17 May 2023, 09:15
Suryaputra wrote: 17 May 2023, 09:05
peterming77 wrote: 17 May 2023, 08:41

Platform B mau lawan platform C. :big_bored:

Harusnya CorCross itu saingan CRV sama2 platform C, meski memang dibanding CRV si CorCross ini kepolosan fiturnya. Skrg Toyota terbitkan Yaris Cross utk frontal HRV di platform B, dan sepertinya di sisi safety akan tiru strategi HRV yg udah sensing di semua varian (Zenix Hybrid V menangis kalo bener).

Dan karena Yaris hybrid ini udah DNGA, gampang buat Toyota diversifikasi hybrid di kelas 7-seater MPV Rush/Avanza/Veloz, dan pricingnya bisa menarik karena mana mungkin lebih mahal dari Yaris Cross? Tapi ini Toyota ya, anything is possible :big_biglaugh:

CRV lbh pas dicompare sama CHR sebetulnya
platform sekelas dan full independent depan belakang.

meskipun scr dimensi lbh panjang CRV, dibanding CHR
tapi platform dan konstruksi kaki betul2 sekelas :big_peace:
kalo di luar negri, CRV dibanding-bandingin sama RAV4 mbah
cuma RAV4 khan ga masuk ke Indonesia
RAV4 gosipnya mungkin bakal masuk ke Indo.
Kemarin kan sempat dipamerin RAV4 versi EU.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by KielConstantine »

Cuman seru ya ada shifting tren otomotif di indo dm. Segment yg tadinya LMPV pindah ke Compact crossover yg jadi berdarah-darah gini.

Mulai dari fans garis kerasnya pada betingkah bagus2in mobil punya sendiri (the famous cretoudZ , mungkin si omodo bakal nyusul muncul fans garis keras jg); blom lg salesnya pada berantem rebutan customer :mky_07:

Keknya gegara faktor user / calon usernya generasi milenial seh yg ud mulai berkluarga beranjak umur kepala 3 awal. Baru rintis usaha / kerja . Mereka cendrung melek teknologi informasi, mau mobil yg modern terdepan a.k.a kg ketinggalan jaman; ada hal unik, blom faktor FOMO pada kg mau kalah sama generasi seangkatannya :mrgreen:

LMPV yg dulu segmentnya berdarah2 (gen X yg hobi berantem urusan lmpv) jdi pindah medan perang nya ke nih compact crossover (gen Y / milenial) .

Kebukti seh hampir 90% temen gw (gen Y) tiap ditanya mau ganti mobil apa pasti pada jawab ya bginian smua (hrv, cretods, cx3 and so on). LMPV udah kg masuk radar mereka ditambah skrang mulai naek tren kg nikah & kg punya anak alias childfree :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by fl4b1e »

Mnrt saya, Yaris Cross ini lumayan oke sih.

setuju mengenai DNGA B, tapi krn ada mesin 2NR-VEX, mnrt saya sih bakalan jadi game changer. Begitu ntar produk ini diproduksi masal dan di test, ada review konsumsi BBM misalnya diatas 1:16 kpl, bakalan boom deh produk ini.

Dan kalau dah diproduksi masal disini, liat saja tahun depan bakalan rilis Veloz Hybrid pakai 2NR -VEX juga.

Ya artinya, investasinya ga percuma, baik dari chasis (Veloz, Avanza, Xenia) maupun engine, yang harusnya produk ini bakal sustain dalam jangka panjang.

Raynard22
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: 22 Feb 2016, 14:57

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Raynard22 »

ariswp wrote: 16 May 2023, 10:05
ChZ wrote: 16 May 2023, 09:09
ariswp wrote: 15 May 2023, 22:08 DNGA harga TNGA :big_weee:
Untung HRV masi platform global :mky_03:

Udah bolak balik nyetir all new avanza sama raize DNGA rasanya selalu ada yg kurang :big_bored:

Untuk serial hybrid serupa prinsip nissan kicks epower, tapi motor elektrik di kicks jauh lebih powerful ya baik power dan torque
Tapi sebaliknya, mesin 2NR sbg genset di yaris cross "emerging market" ini lebih gede ketimbang HR12 di kicks
Apa secara teori artinya performa bakal lebih kenceng di kicks tapi mesin genset lebih jarang hidup di yaris cross? :big_think:
Oh iya sistem genset yah. Kl gensetnya jarang idup bagus deh. Itu kicks batre dikit2 nyala. Kl luar kota banyakan nyalanya jd malah boros dan ngebunuh batrenya sendiri :mky_07:
Secara teori hybrid serial ini kayaknya bakal lebih pendek umur baterenya ya om?
Disatu sisi batere lagi diisi tapi disatu sisi juga sambil disedot sama motor listrik

Logika awam saya, mirip batere hp ketika di cas tapi sambil dimainin, beban batere berat dan jadi lebih panas, sementara musuh besar batere ya panas ini
Dapat info Dari mana Om kalo Hybridnya serial?

Kalo buat saya sih, Yaris Cross ini dampak positifnya bisa nahan Honda buat ga ngasih harga semaunya di HRV E-HEV :big_biglaugh:
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by ariswp »

Raynard22 wrote: 18 May 2023, 09:02
ariswp wrote: 16 May 2023, 10:05
ChZ wrote: 16 May 2023, 09:09

Oh iya sistem genset yah. Kl gensetnya jarang idup bagus deh. Itu kicks batre dikit2 nyala. Kl luar kota banyakan nyalanya jd malah boros dan ngebunuh batrenya sendiri :mky_07:
Secara teori hybrid serial ini kayaknya bakal lebih pendek umur baterenya ya om?
Disatu sisi batere lagi diisi tapi disatu sisi juga sambil disedot sama motor listrik

Logika awam saya, mirip batere hp ketika di cas tapi sambil dimainin, beban batere berat dan jadi lebih panas, sementara musuh besar batere ya panas ini
Dapat info Dari mana Om kalo Hybridnya serial?

Kalo buat saya sih, Yaris Cross ini dampak positifnya bisa nahan Honda buat ga ngasih harga semaunya di HRV E-HEV :big_biglaugh:
Dapet dari video impressionnya CVT indonesia om, serial hybrid dan mirip hybridnya nissan kicks


HPM mah uda ga bisa semaunya ngasi harga, HRV RS sepi dan makin sepi dengan hype HEV skrg ini
HPM udah ketinggalan 2-3 langkah sih klo urusan HEV, terlalu lama ngandelin dan ngebanggain L15Z series jadinya terjebak nostalgia :big_dunno:
Berat ngasi harga untuk bisa bersaing dibanding kompetitor,
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

ariswp wrote: 18 May 2023, 09:53
Raynard22 wrote: 18 May 2023, 09:02
ariswp wrote: 16 May 2023, 10:05

Secara teori hybrid serial ini kayaknya bakal lebih pendek umur baterenya ya om?
Disatu sisi batere lagi diisi tapi disatu sisi juga sambil disedot sama motor listrik

Logika awam saya, mirip batere hp ketika di cas tapi sambil dimainin, beban batere berat dan jadi lebih panas, sementara musuh besar batere ya panas ini
Dapat info Dari mana Om kalo Hybridnya serial?

Kalo buat saya sih, Yaris Cross ini dampak positifnya bisa nahan Honda buat ga ngasih harga semaunya di HRV E-HEV :big_biglaugh:
Dapet dari video impressionnya CVT indonesia om, serial hybrid dan mirip hybridnya nissan kicks


HPM mah uda ga bisa semaunya ngasi harga, HRV RS sepi dan makin sepi dengan hype HEV skrg ini
HPM udah ketinggalan 2-3 langkah sih klo urusan HEV, terlalu lama ngandelin dan ngebanggain L15Z series jadinya terjebak nostalgia :big_dunno:
Berat ngasi harga untuk bisa bersaing dibanding kompetitor,
Cocoknya dikasih nama Veloz Cross :mky_03:

Tp klo scr strategi marketing, lbh ngejual nama "Yaris" untuk market harga segitu :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DLM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: 24 Sep 2021, 23:29
Location: BUMI
Daily Vehicle: Vios G

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by DLM »

Serious question:
1. DNGA-B vs TNGA-B sebetulnya secara objective dan subjective, mana yang lebih baik?
2. Kalau pake TNGA-B, apakah akan lebih mahal? Mengingat harga Yaris Cross versi regional sudah mepet dengan Zenix yang TNGA-C.
3. Apakah selama ini mobil berplatform DNGA-B "terdiskriminasi" di mata car enthusiast, karena tidak dianggap platform Toyota betulan?
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by quyquy »

DLM wrote: 18 May 2023, 20:11 Serious question:
1. DNGA-B vs TNGA-B sebetulnya secara objective dan subjective, mana yang lebih baik?
2. Kalau pake TNGA-B, apakah akan lebih mahal? Mengingat harga Yaris Cross versi regional sudah mepet dengan Zenix yang TNGA-C.
3. Apakah selama ini mobil berplatform DNGA-B "terdiskriminasi" di mata car enthusiast, karena tidak dianggap platform Toyota betulan?
mmm....
ini my oppinion sederhana ane ya Om..
Sementara kita buang dulu fitur2.
Fokus berbicara ttg platformnya doank.

Nah menurut ane, DNGA ini platform ekonomis daripada TNGA.
Ibarat mie instant,
Indomie dan supermi itu satu pabrik namun supermi utk second produknya sehingga racikan bumbunya tidak 'seharum' indomie.
Nah si DNGA ini supermi, TNGA itu indomie nya.

DNGA,karena platform ekonomis, pasti ada suatu bumbu2 yang dikurangi daripada si TNGAnya. Apa bumbu yang kurang itu rahasianya si toyota dan akan susah kita lacak karena itu bukan sesuatu yang langsung nampak di mata tapi bakal berasasa beda di feel driving terutama driving yg berjam2 lamanya. Hal ini yng menjawab pertanyaan2 kenapa mobil pure toyota yg tipe terondol fiturnya kok masih lebih nyaman nyetir berjam2 daripada nyetir mobil cap toyota produk daihatsu tapi full fitur.

Nah karena platformnya ekonomis, maka memberikan ruang si toyota utk bisa kasih fitur jor2an. Kasih fitur yg jor2an pasti mengkerek harga namun tidak berlebihan. Ini yg ngobrolin point nomer 2. Harga yaris cross versi regional mepet dengan zenix yg TNGA-C -> iya kalau si yaris cross dikasih full fitur. Tpi kalo sama2 'terondol' fiturnya, misal zenix tipe G dengan yariss cross tipe G (kalau ada) maka gap harganya jaaauh Om, masih jauh lebih mahal yg TNGAnya dengan kondisi sama2 terondolnya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

DLM wrote: 18 May 2023, 20:11 Serious question:
1. DNGA-B vs TNGA-B sebetulnya secara objective dan subjective, mana yang lebih baik?
2. Kalau pake TNGA-B, apakah akan lebih mahal? Mengingat harga Yaris Cross versi regional sudah mepet dengan Zenix yang TNGA-C.
3. Apakah selama ini mobil berplatform DNGA-B "terdiskriminasi" di mata car enthusiast, karena tidak dianggap platform Toyota betulan?
Artikel ini mungkin bisa ngejawab dikit2

https://www.autoindustriya.com/features ... -tnga.html

Intinya, bicara teknis tidak bisa lepas dr Harga.
Tapi sbrp better sih?
Ya Hanya Product Development TMC yg bisa jawab dan ini confidential info pastinya

Knp pakai DNGA?
Karena memang built-in Indonesia (udah tau dong kelebihannya dr POV bisnis apa?)

Knp gak pakai TNGA?
Karena platform ini belum diproduksi di sini atau negara tetangga, dan harus impor dr jepang (udah tau dong dr sisi bisnis why?)

Makanya klo jinik harga 400an & udah pakai TNGA-C?
itu sangat sangat worth the money sih :big_peace:
Dan super user diuntungkan Karena belum ada platform mirip TNGA-C dari DNGA sendiri :big_peace:
Last edited by Suryaputra on 18 May 2023, 22:52, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DLM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: 24 Sep 2021, 23:29
Location: BUMI
Daily Vehicle: Vios G

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by DLM »

Suryaputra wrote: 18 May 2023, 22:41
DLM wrote: 18 May 2023, 20:11 Serious question:
1. DNGA-B vs TNGA-B sebetulnya secara objective dan subjective, mana yang lebih baik?
2. Kalau pake TNGA-B, apakah akan lebih mahal? Mengingat harga Yaris Cross versi regional sudah mepet dengan Zenix yang TNGA-C.
3. Apakah selama ini mobil berplatform DNGA-B "terdiskriminasi" di mata car enthusiast, karena tidak dianggap platform Toyota betulan?
Artikel ini mungkin bisa ngejawab dikit2

https://www.autoindustriya.com/features ... -tnga.html

Intinya, bicara teknis tidak bisa lepas dr Harga.
Tapi sbrp better sih?
Ya Hanya Product Development TMC yg bisa jawab dan ini confidential info pastinya

Knp pakai DNGA?
Karena memang built-in Indonesia (udah tau dong kelebihannya dr POV bisnis apa?)

Knp gak pakai TNGA?
Karena platform ini belum diproduksi di sini atau negara tetangga, dan harus impor dr jepang (udah tau dong dr sisi bisnis why?)

Makanya klo jinik harga 400an & udah pakai TNGA-C?
itu sangat sangat worth the money sih :big_peace:
Ya memang kemungkinan amortisation dan cost-effectiveness termasuk utama. Cuma memang tinggal stigma "anak haram" yang harus dilawan produk-produk toyota berplatform DNGA. Padahal, di luar negeri beberapa kali kejadian mobil yang pake platform versi lebih "pahe" malah lebih laku, contohnya seperti pabrikan Dacia yang termasuk laku di Eropa sana.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

So.. jika kita ada di sepatu TMC
Anggap kita adalah shareholdernya deh, mikirnya secara bisnis yg sustainable dan gak semua orang paham DNGA dan TNGA

Hanya segelintir orang 0 koma 0 sekian persen yg concern platform mobil. :big_biglaugh:

Mau pilih produksi city car dengan DNGA-B atau TNGA-B ? :big_grin:


Kenapa Platform pahe lbh laku?
Ya jelas, jadi bisa maximize di cost lain nya
Terutama marketing costnya untuk diskon, bayar influencer, iklan, review, dsb :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
cruising
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: 13 May 2016, 09:22
Location: Bekasi

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by cruising »

Mantab Toyota, mudah mudahan dgn dijualnya Yaris Cross ini terutama yg hybrid bikin diskon HRV RS jadi tambah besar.
Yg untung calon konsumen, jadi banyak pilihan
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by peterming77 »

bungle wrote: 17 May 2023, 23:56
peterming77 wrote: 17 May 2023, 13:09
quyquy wrote: 17 May 2023, 11:08 Yaris cross lokal ini pake DNGA.
kalo yang versi non lokal pake TNGA (cmmiw)

Sebenernya DNGA dibandingkan dengan TNGA beda jauh nggak sih kalo fokus berbicara pada nyaman berkendaranya?

Penasaran aja perbedaan DNGA sama TNGA.
Karena masih satu grup jadi di Indonesia TNGA dan DNGA ga bertabrakan kelasnya, susah membandingkan apple to apple. Kelas A dan B dikasih ke DNGA: DNGA-A (Rocky, Raize, Ayla, Agya), DNGA-B (Avanza, Xenia, Veloz, new Vioz, Yaris Cross). Toyota masuk di kelas C, D dan F: TNGA-C (Corolla, CHR, Innova Zenix, Voxy, Lexus UX), TNGA-D (Camry, Harrier, Lexus ES NX RX LM), TNGA-F (Land Cruiser, Lexus LX).

All new Sienta yg TNGA-B belum ada kabar masuk ke Indonesia. IMHO ga mungkin membandingkan DNGA-B dengan TNGA-C krn pasti kelas C diatasnya dari semua sisi. Kecuali nanti Sienta baru masuk baru kita bisa bandingkan.
Saya sih pesimis All New Sienta gen 3 bakal masuk pasar Indo.
Paling model yang sekarang nanti hanya dapat minor facelift atau disuntik mati kalau penjualan tidak bagus.
Kalau nanti Toyota ngeluarin Sienta versi all new kemungkinan besar sasisnya pasti pakai DNGA-B. Bukan TNGA-B.
Sienta udah disuntik mati kok, di web Toyota udah ga ada lagi namanya. Dan rasanya ga mungkin Toyota bakalan bikin Sienta DNGA-B hanya krn Indonesia, krn secara regional All New Sienta TNGA-B udah dijual kok.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by darrelund »

DLM wrote: 18 May 2023, 20:11 Serious question:
1. DNGA-B vs TNGA-B sebetulnya secara objective dan subjective, mana yang lebih baik?
2. Kalau pake TNGA-B, apakah akan lebih mahal? Mengingat harga Yaris Cross versi regional sudah mepet dengan Zenix yang TNGA-C.
3. Apakah selama ini mobil berplatform DNGA-B "terdiskriminasi" di mata car enthusiast, karena tidak dianggap platform Toyota betulan?
gada jawaban yang pasti, cuma klo oe lihat di bbrp artikel jepun

secara teknologi dia mirip", toh induk toyota juga

cuma beda di approach, fokus & use-case saja, ini contoh segmennya

DNGA : kei - A - B

TNGA : B - C - D - E

https://minkara.carview.co.jp/smart/use ... /44857034/

keliatan DNGA ga terlalu emphasis di handling & fun to drive, tapi fokus di akomodasi, efficient, affordable. biar bisa ngejar nyaman & murah

sementara yg bisa terlihat TNGA scope focus mereka jauh lebih lebar, include faktor handling (fun to drive) juga harus akomodasi luxury model di lexus. makanya TNGA entry price nya lebih tinggi dibanding DNGA (setidaknya di ASEAN)

TNGA-B sampe TNGA-K pun scr platform sebenernya cuma masalah ukuran aja mau di scale berapa gede utk segmen apa :big_biglaugh:


https://bestcarweb.jp/bodychikarada

comparison:

XP210
artikel bahas chassis :
https://car.motor-fan.jp/article/10011968
https://car.motor-fan.jp/tech/10012989
Image

rocky
artikel bahas chassis :https://car.motor-fan.jp/tech/10012270
Image

klo ada yg bisa temuin interview dgn enjinir / slide technical mereka mungkin bisa lebi akurat :big_exellent:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: 19 May 2023, 10:01
DLM wrote: 18 May 2023, 20:11 Serious question:
1. DNGA-B vs TNGA-B sebetulnya secara objective dan subjective, mana yang lebih baik?
2. Kalau pake TNGA-B, apakah akan lebih mahal? Mengingat harga Yaris Cross versi regional sudah mepet dengan Zenix yang TNGA-C.
3. Apakah selama ini mobil berplatform DNGA-B "terdiskriminasi" di mata car enthusiast, karena tidak dianggap platform Toyota betulan?
gada jawaban yang pasti, cuma klo oe lihat di bbrp artikel jepun

secara teknologi dia mirip", toh induk toyota juga

cuma beda di approach, fokus & use-case saja, ini contoh segmennya

DNGA : kei - A - B

TNGA : B - C - D - E

https://minkara.carview.co.jp/smart/use ... /44857034/

keliatan DNGA ga terlalu emphasis di handling & fun to drive, tapi fokus di akomodasi, efficient, affordable. biar bisa ngejar nyaman & murah

sementara yg bisa terlihat TNGA scope focus mereka jauh lebih lebar, include faktor handling (fun to drive) juga harus akomodasi luxury model di lexus. makanya TNGA entry price nya lebih tinggi dibanding DNGA (setidaknya di ASEAN)

TNGA-B sampe TNGA-K pun scr platform sebenernya cuma masalah ukuran aja mau di scale berapa gede utk segmen apa :big_biglaugh:


https://bestcarweb.jp/bodychikarada

comparison:

XP210
artikel bahas chassis :
https://car.motor-fan.jp/article/10011968
https://car.motor-fan.jp/tech/10012989
Image

rocky
artikel bahas chassis :https://car.motor-fan.jp/tech/10012270
Image

klo ada yg bisa temuin interview dgn enjinir / slide technical mereka mungkin bisa lebi akurat :big_exellent:
kayanya hal hal teknis spt ini adalah info rahasia, gak mungkin dibuka (disclose) oleh mereka
biar satu suara dgn Marketing nya :big_peace:

krn orang kan bawa mobil gak dipush to limit,
fungsinya org beli mobil ngincer fitur, comfort dan yg penting fungsional

hanya bbrp pabrikan yg masih mempertahankan driving dynamics, spt mazda, biem, dan sejenis :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: 19 May 2023, 10:36
kayanya hal hal teknis spt ini adalah info rahasia, gak mungkin dibuka (disclose) oleh mereka
biar satu suara dgn Marketing nya :big_peace:

krn orang kan bawa mobil gak dipush to limit,
fungsinya org beli mobil ngincer fitur, comfort dan yg penting fungsional

hanya bbrp pabrikan yg masih mempertahankan driving dynamics, spt mazda, biem, dan sejenis :upss:
tergantung nanya apa dan ke siapa um :big_biglaugh: , cuma klo yg udah" sih pabrikan biasanya cukup terbuka dalam know-how mereka bikin mobil. bahkan biasanya dikasih resources terkait spt PPT, foto & video.

itu di artikel kan pake material toyodai semua :big_biglaugh:

cuma di indo jarang ada yg gitu kyknya emg pada males nanya aja / emg "rahasia". padahal diluar sana open" aja soalnya :big_biglaugh:

klo dibilang jarang push limit, oe rasa 99% user mobil jg gitu um

itu yg pakai mazda "jinba ittai" seberapa sering usernya bawa nekuk" di tikungan? oe rasa hanya segelintir saja

dan toyota jg sebenernya masi perhatiin fun to drive klo oe liat, itu marketing TNGA aja yg dibahas body & chassis rigidity terus :big_biglaugh:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post