Sama om Turbo, dulu aki bawaan ipah gak sampai 2thn udah kembung n tewasTurboman wrote:GS Hybrid di Ipah D4 D bertahan hampir 3 tahun, itupun karena bbrp bulan terakhir di doping pakai EDTA
Tapi yg heran dr GS Hybrid ini yg ane en teman2 ane alami : di atas 2 tahun rata2 jadi "kembung", bahkan ada yg baru 1,5 tahun udah kembung.
Kalo Delkor dulu di Panthi LS AT en ToKiDies rentang waktu antara 22 - 26 bulan.
Konon kalo aki MF sebaiknya pilih yg stock baru / tahun produksi muda, jangan yg stock lama.
INCOE (basah) di ToKiDies juga bertahan hampir 3 tahun, walau daerah kepala aki sudah penuh dgn garam, itupun juga bbrp bulan sebelum diganti dah di-doping EDTA. Tapi jeleknya efek endapan garam yg tebal = membuat pelat konektor kabel starter ke aki jadi tertutup garam en sempat start jadi berat, sesudah konektor dibersihkan dgn amplas halus start lgs Jrengg kembali.
Bad experience : Massiv MF di R20A, cuman setahun dah KO
Demikian sharing
Kejadiannya tiba2 pula, langsung tewas tanpa ada gejala susah start pagi hari ato starter lebih panjang.
Setelah itu ganti dgn Gforce udah hampir 2 taon aki masih tokcer.
Aki M*ss*v kurang recommend sih bagi saya, apalagi harganya termasuk murah di kelasnya.
Kalo untuk mobil niaga oke-lah, tp untuk mbl pribadi kyk nya mending pake yg udah teruji ketahanannya.
Inc*e termasuk bagus dgn harga yg ekonomis mampu bersaing dgn aki di atasnya yg lebih mahal. Hanya kekurangannya adalah penguapannya lebih tinggi drpd aki2 macam G*, Y*as*, Gf*rce, etc.