Alphard ANH20 2012 pre-facelift
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
Alphard ANH20 2012 pre-facelift
Krn udah banyak dapet ilmu dimari, mau coba sharing User Experience mobil keluarga usia 12 tahun yang saya beli bekas di tahun 2024 ini.
Toyota Alphard 2nd Gen ANH20 tahun 2012 pre-facelift trim X
(pake velg & ban Trim X memang terlihat katro)
Sept 2024 beli dari user di harga Rp158 juta namun perlu BBN & utang PKB 2 tahun, di tahun 2024 cek di website https://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_NJKB NJKB masih di angka Rp263 juta sehingga setor ke dispenda Jakarta via biro jasa sekitar 15 juta
Trim X dari Importir Umum ini udah dijahitin faux leather (entah dari showroom atau user sblmnya) yang kalau ketemu jalan jelek krn saling bergesek leathernya jadi ada backsound kriyet-kriyet.
Harga relative miring karena trim X ini kurang populer dengan spec:
- jok driver; recline, maju mundur, naik turun, tuas manual
- jok penumpang depan; recline, maju mundur, tuas manual
- jok baris kedua; bench seat 2:1 dengan arm rest di kanan kiri dan di bagian tengah, recline, maju mundur, dudukan jok bisa lipat atas, tuas manual
(utamanya harga, tapi memang ngincer bench seat untuk bawa anak bocah duduk sama maminya di tengah, jadi ya captain seat atau pilot seat ala bos -krn memang blm jadi bos- kalah dulu dengan kenyamanan anak)
- jok baris ketiga; idem kayak trim G, V, Premium Sound, dll yang lebih mahal dan populer
- audioless
- setir dengan audio steering switch, display button & mode button utk MID
- tidak ada bluetooth telephony
- tidak ada cruise control
(lingkar setir juga tidak terbungkus apapun, tapi mayan sih bisa naek turun volume & toggle MID)
- double moonroof
- double Power Sliding Door (tapi yg kanan udah rusak) > ndilalah ANH20 ini tombol power utk PSD satu tombol utk kanan kiri, jadinya sliding full manual deh macam Luxio, tapi untungnya ada system vacuum yg masih bekerja
- all auto power window (sisi driver udah rusak)
- power retract side mirror
- sunvisor dengan vanity mirror driver & passenger dengan lampu (penting buat nyonya pake make-up di mobil, -tapi yg driver udah rusak, harus ganti-)
- 4 airbags
- ABS & Vehicle Stability Control (VSC)
- parking sensor 4 titik (depan belakang)
- velg R16
- ban 215/65 R16
(R16 di body gambot ini emang bikin keliatan katro)
mesin: 2AZ-FE yang katanya sih udah ada improvement post-2010/2011 (tapi blm ada referensi lagi selain tulisan orang di forum) > issuenya perkara desain ring piston yang bikin mesin diatas 80 rb km mulai boros konmsumsi oli
transmisi: 7-speed Super CVT-i buatan Aisin (K112) https://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_K_ ... ssion#K112
=================================
Jajan Pertama:
- Aki GS Calcium 65 Ampere - Rp1,6 juta
- repair Dinamo Starter - Rp1,3 juta
- ganti Oli Pertamina Fastron Gold 5W-30 API SN - 4 liter Rp380 rb (Viskositas sesuai masukan di thread Oli + incer harga diskon)
- home service mekanik Plaza Toyota Rp3,2 juta
> ganti filter CVT
> ganti gasket karter CVT
(masih lumayan gram besi tidak terlalu banyak)
> carbon clean ruang bakar & cleaning Throttle Body (T/B & ruang busi disemprot pake DCS Engine Conditioner, lalu disedot)
> CVT-F Toyota FE 1 galon
> instalasi bohlam2 LED aftermarket
- lampu nopol T10
- lampu senja brakelamp T10 merah
- lampu mundur T16
(modif yg lumayan bikin color temp di malam hari terkesan modern meski mobil lawas)
- lampu senja headlamp T10
- lampu foglamp H11
- lampu hi-beam HB3
- lampu lo-beam (projector HID, bohlam DS4) > sayangnya udah diganti LED cungko sama user sblmnya, mau jajan ballast OEM + bohlam DS4 lumayan juga atau nekat retrofit Bi-LED aftermarket dengan bobok2 headlamp mengandalkan skill teknisi lampu retrofit
Jajan Kedua:
- pasang setir ANH20 Premium Sound Rp4 juta
> cruise control
> bluetooth telephony
> pasang + coding cruise control di Up JDM Garage, Kelapa Gading - Rp1,5 jt (lumayan sih nih, utamanya Cruise Control krn emang niat utk road trip tol Jawa)
Jajan Ketiga:
- Inti Speed Jl. Raya Bogor - Rp1,2 jt
> injector cleaning bypass cairan ke fuel rail
> ganti gasket Catalytic Converter to Centre Pipe
> ganti gasket Exhaust Manifold
(service ini krn ada bunyi kretek2 pas lagi idle masuk ke R atau D yg dari analisa mekanik home service dari area gasket besi beradu, untungnya tidak terdengar dari CVT, yg mana pas ganti filter CVT, gram2 besi di 3 magnet di carter CVT tidak terlalu banyak)
- service sliding door (ganti dinamo actuator) di spesialis Nissan Jl. Raya Bogor - Rp600 rb (eh tapi ternyata motor PSD yang udah rusak juga) jadi sia-sia deh service Actuator, jajan PSD bisa sampe 11 jt jadi skip lah, saat ini cukup content dengan sliding manual aja gpp, yg penting vacuum masih fungsi normal
non-jajan:
- dapet lungsuran tuas matic Premium Sound 2009 (ada wood panelnya)
- dapet lungsuran Power Window Switch merk Becker (led nya emang beda sama ori, mirip kayak Kijang SGX tahun 1995 punya bokap)
- dapet pinjeman velg Premium Sound 2009 R17 + ban 215/60 R17 GT Radial Savero SUV
(hoki punya kawan meliara ANH20 juga tapi doyan modif, jadi bisa dapet lungsuran velg OEM dengan ban anyar, minimal emang kudu pake R17 dengan profile diatas, paling cakep ya tentu trim S dgn profil ban 235/50 R18 yaa)
dari hasil riset:
- oli 5W-30 atau kalau nekat mau encer 0W-20 (ini kayaknya next OCI mau coba 0W-20 sambil cek penguapannya compare sama 5W-30)
- CVT-F type FE (belum cek yg comply apa aja, asumsi Aisin CFT-V CFEx comply krn CVT nya juga buatan Aisin)
- kompresi 9,8:1 harusnya cukup pake RON 90, saat ini lagi coba full to full Vivo 95, next kalau gak Vivo 90 di weekend atau cukup Pertalite sulfur 500 ppm murmercrot aja buat weekdays jemput anak jadi genset
common issue:
- check engine nyala + VSC Off kedap kedip, udah 3x coba reset scan gak berhasil, sementara bisa hilang ketika copot Catalytic harus lepas O2 Sensor di Exhaust Manifold, mudah2an gak muncul lagi
- balancer shaft di atas 100 rb km biasanya udah bikin suara krrrkkk krrkkk saat masuk R atau D > estimasi di Rp4 juta sudah termasuk jasa
- weather strip / pelipit sudah minta jajan
- karet2 pintu mulai getas / robek
(ini yg emang jadi budget concern utk meliara unit CBU harga miring, jajannya ya mayan tapi harusnya ini slow moving parts sehingga jajan sekali ya bisa tahan 5-8 tahun)
penggunaan 2 minggu:
- konsumsi bensin macet dalkot jadi genset di MID 1:5
- konsumsi bensin tol cruising 90-100 km/h di MID 1:14
- konsumsi bensin extra urban saat ini di MID 1:8,6
hasil full to full:
- isi full RON95 di Vivo Pasteur
(ternyata overkill pake RON95, gpp lah ngincer fuel system cleaning aja dulu pake bensin sulfur mudah2an under 50 ppm, gak kayak Pertamax yg mirip2 kayak Pertalite kandungan sulfurnya 500 ppm)
- muter2 bandung
- tol turunan Bandung - Jakarta + cruising santai di MBZ 100 km/jam
- dalkot macet2 Jakarta jadi genset jemput anak
tripmeter 380 km
isi sampe luber di 39 liter RON90 di Vivo Pancoran = 1:9.7 untuk rute di atas
verdict:
- DC kurang lebih Rp186 juta-an, PKB Jakarta non-progresif per tahun Rp5 jt, asuransi all risk per tahun Rp5 jt
(dan krn tahun 2012 masih bisa "sekolah" buat sy yg masih ngandelin financing utk beli mobil)
- mobil 12 tahun, trim terbawah, modif OEM plus
bini + 3 anak under 9 tahun duduk sangat nyaman & lega
(meski buat tinggi 175 cm keatas, berasa sih bedanya bench seat sama pilot seat)
panjang dudukan pantat secara kasat mata lebih pendek dibanding jok 2nd row Serena C26)
2nd row bench seat bisa jadi tempat tidur bini mangku anak usia 3 tahun & 6 tahun
3rd row bisa angkut 2 bedinde cukup nyaman, tinggal majuin 2nd row dikit aja tapi tetep lega di 2nd row
bagasi bisa bawa stroller & gembolan dengan lega + pulang dari mall masih bisa masukin belanjaan (tapi emang kalah sama C26 yg punya kompartemen tambahan di area bagasi) > ini krn area ini dipake Alphard buat naroh ban serep space saver, C26 tarohnya di area tengah
- mode ngangkut 5 pax, 2nd row luar biasa lega dengan dimundurin mentok, 3rd row juga masih masuk akal gak sempit2 bgt kayak SUV yg dipaksain punya 3rd row
- krn bench seat 2:1, gesekan antara bangku 2 seater + 1 seater apalagi udah pake faux leather mayan ganggu
- anak2 gak bisa leluasa pindah dari 2nd row ke 3rd row
- cukup 1 tuas utk majuin 1 seater / 2 seater guna akses ke 3rd row, ada juga tuas injekan kaki dari 3rd row kalau mau majuin bangku 2nd row
- unit 2012 non-facelift ini hanya ada MID yg masih sangat simple, dan hanya pake bahasa kanji jepang, hasil asumsi yg bisa diliat adalah:
range bensin
konsumsi km/l actual
konsumsi average km/l per reset manual pencet tombol display
konsumsi average km/l (kayaknya per reset copot aki)
semoga membantu yang lagi cari referensi family car..
Toyota Alphard 2nd Gen ANH20 tahun 2012 pre-facelift trim X
(pake velg & ban Trim X memang terlihat katro)
Sept 2024 beli dari user di harga Rp158 juta namun perlu BBN & utang PKB 2 tahun, di tahun 2024 cek di website https://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_NJKB NJKB masih di angka Rp263 juta sehingga setor ke dispenda Jakarta via biro jasa sekitar 15 juta
Trim X dari Importir Umum ini udah dijahitin faux leather (entah dari showroom atau user sblmnya) yang kalau ketemu jalan jelek krn saling bergesek leathernya jadi ada backsound kriyet-kriyet.
Harga relative miring karena trim X ini kurang populer dengan spec:
- jok driver; recline, maju mundur, naik turun, tuas manual
- jok penumpang depan; recline, maju mundur, tuas manual
- jok baris kedua; bench seat 2:1 dengan arm rest di kanan kiri dan di bagian tengah, recline, maju mundur, dudukan jok bisa lipat atas, tuas manual
(utamanya harga, tapi memang ngincer bench seat untuk bawa anak bocah duduk sama maminya di tengah, jadi ya captain seat atau pilot seat ala bos -krn memang blm jadi bos- kalah dulu dengan kenyamanan anak)
- jok baris ketiga; idem kayak trim G, V, Premium Sound, dll yang lebih mahal dan populer
- audioless
- setir dengan audio steering switch, display button & mode button utk MID
- tidak ada bluetooth telephony
- tidak ada cruise control
(lingkar setir juga tidak terbungkus apapun, tapi mayan sih bisa naek turun volume & toggle MID)
- double moonroof
- double Power Sliding Door (tapi yg kanan udah rusak) > ndilalah ANH20 ini tombol power utk PSD satu tombol utk kanan kiri, jadinya sliding full manual deh macam Luxio, tapi untungnya ada system vacuum yg masih bekerja
- all auto power window (sisi driver udah rusak)
- power retract side mirror
- sunvisor dengan vanity mirror driver & passenger dengan lampu (penting buat nyonya pake make-up di mobil, -tapi yg driver udah rusak, harus ganti-)
- 4 airbags
- ABS & Vehicle Stability Control (VSC)
- parking sensor 4 titik (depan belakang)
- velg R16
- ban 215/65 R16
(R16 di body gambot ini emang bikin keliatan katro)
mesin: 2AZ-FE yang katanya sih udah ada improvement post-2010/2011 (tapi blm ada referensi lagi selain tulisan orang di forum) > issuenya perkara desain ring piston yang bikin mesin diatas 80 rb km mulai boros konmsumsi oli
transmisi: 7-speed Super CVT-i buatan Aisin (K112) https://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_K_ ... ssion#K112
=================================
Jajan Pertama:
- Aki GS Calcium 65 Ampere - Rp1,6 juta
- repair Dinamo Starter - Rp1,3 juta
- ganti Oli Pertamina Fastron Gold 5W-30 API SN - 4 liter Rp380 rb (Viskositas sesuai masukan di thread Oli + incer harga diskon)
- home service mekanik Plaza Toyota Rp3,2 juta
> ganti filter CVT
> ganti gasket karter CVT
(masih lumayan gram besi tidak terlalu banyak)
> carbon clean ruang bakar & cleaning Throttle Body (T/B & ruang busi disemprot pake DCS Engine Conditioner, lalu disedot)
> CVT-F Toyota FE 1 galon
> instalasi bohlam2 LED aftermarket
- lampu nopol T10
- lampu senja brakelamp T10 merah
- lampu mundur T16
(modif yg lumayan bikin color temp di malam hari terkesan modern meski mobil lawas)
- lampu senja headlamp T10
- lampu foglamp H11
- lampu hi-beam HB3
- lampu lo-beam (projector HID, bohlam DS4) > sayangnya udah diganti LED cungko sama user sblmnya, mau jajan ballast OEM + bohlam DS4 lumayan juga atau nekat retrofit Bi-LED aftermarket dengan bobok2 headlamp mengandalkan skill teknisi lampu retrofit
Jajan Kedua:
- pasang setir ANH20 Premium Sound Rp4 juta
> cruise control
> bluetooth telephony
> pasang + coding cruise control di Up JDM Garage, Kelapa Gading - Rp1,5 jt (lumayan sih nih, utamanya Cruise Control krn emang niat utk road trip tol Jawa)
Jajan Ketiga:
- Inti Speed Jl. Raya Bogor - Rp1,2 jt
> injector cleaning bypass cairan ke fuel rail
> ganti gasket Catalytic Converter to Centre Pipe
> ganti gasket Exhaust Manifold
(service ini krn ada bunyi kretek2 pas lagi idle masuk ke R atau D yg dari analisa mekanik home service dari area gasket besi beradu, untungnya tidak terdengar dari CVT, yg mana pas ganti filter CVT, gram2 besi di 3 magnet di carter CVT tidak terlalu banyak)
- service sliding door (ganti dinamo actuator) di spesialis Nissan Jl. Raya Bogor - Rp600 rb (eh tapi ternyata motor PSD yang udah rusak juga) jadi sia-sia deh service Actuator, jajan PSD bisa sampe 11 jt jadi skip lah, saat ini cukup content dengan sliding manual aja gpp, yg penting vacuum masih fungsi normal
non-jajan:
- dapet lungsuran tuas matic Premium Sound 2009 (ada wood panelnya)
- dapet lungsuran Power Window Switch merk Becker (led nya emang beda sama ori, mirip kayak Kijang SGX tahun 1995 punya bokap)
- dapet pinjeman velg Premium Sound 2009 R17 + ban 215/60 R17 GT Radial Savero SUV
(hoki punya kawan meliara ANH20 juga tapi doyan modif, jadi bisa dapet lungsuran velg OEM dengan ban anyar, minimal emang kudu pake R17 dengan profile diatas, paling cakep ya tentu trim S dgn profil ban 235/50 R18 yaa)
dari hasil riset:
- oli 5W-30 atau kalau nekat mau encer 0W-20 (ini kayaknya next OCI mau coba 0W-20 sambil cek penguapannya compare sama 5W-30)
- CVT-F type FE (belum cek yg comply apa aja, asumsi Aisin CFT-V CFEx comply krn CVT nya juga buatan Aisin)
- kompresi 9,8:1 harusnya cukup pake RON 90, saat ini lagi coba full to full Vivo 95, next kalau gak Vivo 90 di weekend atau cukup Pertalite sulfur 500 ppm murmercrot aja buat weekdays jemput anak jadi genset
common issue:
- check engine nyala + VSC Off kedap kedip, udah 3x coba reset scan gak berhasil, sementara bisa hilang ketika copot Catalytic harus lepas O2 Sensor di Exhaust Manifold, mudah2an gak muncul lagi
- balancer shaft di atas 100 rb km biasanya udah bikin suara krrrkkk krrkkk saat masuk R atau D > estimasi di Rp4 juta sudah termasuk jasa
- weather strip / pelipit sudah minta jajan
- karet2 pintu mulai getas / robek
(ini yg emang jadi budget concern utk meliara unit CBU harga miring, jajannya ya mayan tapi harusnya ini slow moving parts sehingga jajan sekali ya bisa tahan 5-8 tahun)
penggunaan 2 minggu:
- konsumsi bensin macet dalkot jadi genset di MID 1:5
- konsumsi bensin tol cruising 90-100 km/h di MID 1:14
- konsumsi bensin extra urban saat ini di MID 1:8,6
hasil full to full:
- isi full RON95 di Vivo Pasteur
(ternyata overkill pake RON95, gpp lah ngincer fuel system cleaning aja dulu pake bensin sulfur mudah2an under 50 ppm, gak kayak Pertamax yg mirip2 kayak Pertalite kandungan sulfurnya 500 ppm)
- muter2 bandung
- tol turunan Bandung - Jakarta + cruising santai di MBZ 100 km/jam
- dalkot macet2 Jakarta jadi genset jemput anak
tripmeter 380 km
isi sampe luber di 39 liter RON90 di Vivo Pancoran = 1:9.7 untuk rute di atas
verdict:
- DC kurang lebih Rp186 juta-an, PKB Jakarta non-progresif per tahun Rp5 jt, asuransi all risk per tahun Rp5 jt
(dan krn tahun 2012 masih bisa "sekolah" buat sy yg masih ngandelin financing utk beli mobil)
- mobil 12 tahun, trim terbawah, modif OEM plus
bini + 3 anak under 9 tahun duduk sangat nyaman & lega
(meski buat tinggi 175 cm keatas, berasa sih bedanya bench seat sama pilot seat)
panjang dudukan pantat secara kasat mata lebih pendek dibanding jok 2nd row Serena C26)
2nd row bench seat bisa jadi tempat tidur bini mangku anak usia 3 tahun & 6 tahun
3rd row bisa angkut 2 bedinde cukup nyaman, tinggal majuin 2nd row dikit aja tapi tetep lega di 2nd row
bagasi bisa bawa stroller & gembolan dengan lega + pulang dari mall masih bisa masukin belanjaan (tapi emang kalah sama C26 yg punya kompartemen tambahan di area bagasi) > ini krn area ini dipake Alphard buat naroh ban serep space saver, C26 tarohnya di area tengah
- mode ngangkut 5 pax, 2nd row luar biasa lega dengan dimundurin mentok, 3rd row juga masih masuk akal gak sempit2 bgt kayak SUV yg dipaksain punya 3rd row
- krn bench seat 2:1, gesekan antara bangku 2 seater + 1 seater apalagi udah pake faux leather mayan ganggu
- anak2 gak bisa leluasa pindah dari 2nd row ke 3rd row
- cukup 1 tuas utk majuin 1 seater / 2 seater guna akses ke 3rd row, ada juga tuas injekan kaki dari 3rd row kalau mau majuin bangku 2nd row
- unit 2012 non-facelift ini hanya ada MID yg masih sangat simple, dan hanya pake bahasa kanji jepang, hasil asumsi yg bisa diliat adalah:
range bensin
konsumsi km/l actual
konsumsi average km/l per reset manual pencet tombol display
konsumsi average km/l (kayaknya per reset copot aki)
semoga membantu yang lagi cari referensi family car..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 605
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
aduh cakep om, malah bagus tipe std gini. gak banyak elektrik aneh2
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
wah nice review om, akhirnya ada yg review alphard unik ini. Dulu lumayan kepikiran mau ambil yg tipe X ini tp yg non moonroof tp capt seat, harganya ekonomis sih tipe ini memang, tinggal ganti velg udah mirip sama tipe atasnya. Mesin sama durable, suspensi jg sama nikmat, cuman masalah dibensin aja sih kayanya agak nangis klo dipake tiap hari ke kantor di jakarta. Btw pintu psdnya rattling kriyet kriyet khas sliding door ga om ?
dulu saya pny freed udh kenyang bener dengerinnya, apakah berlaku jg di mobil premium kriyet psd
dulu saya pny freed udh kenyang bener dengerinnya, apakah berlaku jg di mobil premium kriyet psd
- yang kenceng kalah sama yang wet look
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
elektriknya sih sama hampir sama om, krn dari temen yg punya Premium Sound kalau buat jok elektrik sih jarang trouble. Mungkin di lcd premium sound aja suka sun burn ya. Kalau modul juga kayaknya sih awet2 aja tuh, suara sih mantep banget 18 speaker gak bo'ong.satriakarisma wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 10:09 aduh cakep om, malah bagus tipe std gini. gak banyak elektrik aneh2
oia lupa tambahin, trim X ini belum power back door..
tapi ya kalau masuk hotel dibuka tutupnya sama security jadi sedikit lebih cepet aja sih
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
awal2 ada rattle kirain dari PSD, gak taunya dari moonroof belakang, solusi saat ini dibersihkan frame sunroof lalu semprot silicon spray, so far trouble shooting berhasil.carlzeiss wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 10:34 wah nice review om, akhirnya ada yg review alphard unik ini. Dulu lumayan kepikiran mau ambil yg tipe X ini tp yg non moonroof tp capt seat, harganya ekonomis sih tipe ini memang, tinggal ganti velg udah mirip sama tipe atasnya. Mesin sama durable, suspensi jg sama nikmat, cuman masalah dibensin aja sih kayanya agak nangis klo dipake tiap hari ke kantor di jakarta. Btw pintu psdnya rattling kriyet kriyet khas sliding door ga om ?
dulu saya pny freed udh kenyang bener dengerinnya, apakah berlaku jg di mobil premium kriyet psd
cuman ya emang sih dapet unit PSD kanan ternyata udah rusak, saat ini sih ya udah lah buka tutup manual aja, yg penting vacuum jalan buat mastiin ketutup. (dan yg utama itu modul PSD ampun mehong bener, mentok2 manfaatin yahoo auction aja deh tapi ya untung2an juga kalo dapet parts masih ok)
betul feel bawanya ya mirip2 aja sama trim-trim diatasnya, dapet unit juga kaki-kaki masih cukup adem, apalagi dapet lungsuran ban anyar mayan membantu banget, krn udah compare bawa ke Jagorawi ban bawaan produksi 2020 yg udah mulai mepet ke Treadwear Indicator dan minggu depannya pake ban lungsuran produksi 2023 akhir & baru dipake gelinding under 500 km.
bensin kalau banyak tol dan bukan karyawan 9-to-5 sih mungkin masih ok om, tapi kalau macet jakarta sih bisa 1:5. untungnya sih spec kompresi emang aman utk RON90 dan berhasil juga sy daftar QR codenya. meski emang ini mobil rencana cuman jemput anak sekolah (PP under 4 km) dan weekend ke arah Ciawi aja (sehari2 hindarin macet & bayar parkir dgn pake LRT)
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1748
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
odometernya masih 100rb-an km om?
btw dari foto apa dashboard-nya terlihat udh kurang mulus om?
btw dari foto apa dashboard-nya terlihat udh kurang mulus om?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4804
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
nice review om
alphard ini memang gen favorit saya. desainnya keliatan timeless & ga kemakan jaman. walaupun desain interiornya udh agak keliatan outdated, tp exteriornya kalo disandingin sm yg gen 3 even gen 4 sekalipun ngga berasa tua samsek + kalo ambil yg IU versinya cukup banyak + beda fiturnya jg lumayan banyak sm versi ATPM setau saya. salah 1 wishlist saya juga dulu pas lg nyari mobil pintu geser agar ibu & nenek saya gampang masuk karena sliding door. tp berhubung keluarga saya mau yg worry free jdnya ambil voxy baru tahun lalu yg masih dipake sampe skrg hehe
alphard ini memang gen favorit saya. desainnya keliatan timeless & ga kemakan jaman. walaupun desain interiornya udh agak keliatan outdated, tp exteriornya kalo disandingin sm yg gen 3 even gen 4 sekalipun ngga berasa tua samsek + kalo ambil yg IU versinya cukup banyak + beda fiturnya jg lumayan banyak sm versi ATPM setau saya. salah 1 wishlist saya juga dulu pas lg nyari mobil pintu geser agar ibu & nenek saya gampang masuk karena sliding door. tp berhubung keluarga saya mau yg worry free jdnya ambil voxy baru tahun lalu yg masih dipake sampe skrg hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
mobil 12 tahun odo pas ambil 117 rb om, skrg nambah jadi 118.[cencored]...
iya dashboard udah penyakit Alphard, lengket2, mungkin dulu gak parkir di garasi cuman di carport atau bahkan kejemur kali ya
mau restorasi tapi lagi mau nabung Jajan Ke-empat ganti HU Android + camera 360 dulu
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
sama nyonya sih pas GIIAS udah test drive C28 (biar worry free), tapi pas tau harga, PKB tahunan, & cicilan mundur teratur omPboyz97 wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 2:01 nice review om
alphard ini memang gen favorit saya. desainnya keliatan timeless & ga kemakan jaman. walaupun desain interiornya udh agak keliatan outdated, tp exteriornya kalo disandingin sm yg gen 3 even gen 4 sekalipun ngga berasa tua samsek + kalo ambil yg IU versinya cukup banyak + beda fiturnya jg lumayan banyak sm versi ATPM setau saya. salah 1 wishlist saya juga dulu pas lg nyari mobil pintu geser agar ibu & nenek saya gampang masuk karena sliding door. tp berhubung keluarga saya mau yg worry free jdnya ambil voxy baru tahun lalu yg masih dipake sampe skrg hehe
so far content sesuai budget & manfaatin networking + internet utk bebenah mobil "remaja" 12 tahun ini
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1660
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
alphard 3.5G ATPM velgnya jg kayak gini
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1748
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
noted om...berarti ni penyakit alphard & camry ya..alim ulama wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 2:34mobil 12 tahun odo pas ambil 117 rb om, skrg nambah jadi 118.[cencored]...
iya dashboard udah penyakit Alphard, lengket2, mungkin dulu gak parkir di garasi cuman di carport atau bahkan kejemur kali ya
mau restorasi tapi lagi mau nabung Jajan Ke-empat ganti HU Android + camera 360 dulu
mungkin solusi terjangkau-nya dibungkus kulit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 414
- Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
Solusi paling gampang dikasih talc powder atau bubuk bedak bayi. Senyawa bubuk itu akan mengikat dengan melted dashboard terus tidak lengket lagi. Setelah ditaburkan, tunggu beberapa jam terus usapkan dengan microfiber basah.alim ulama wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 2:34mobil 12 tahun odo pas ambil 117 rb om, skrg nambah jadi 118.[cencored]...
iya dashboard udah penyakit Alphard, lengket2, mungkin dulu gak parkir di garasi cuman di carport atau bahkan kejemur kali ya
mau restorasi tapi lagi mau nabung Jajan Ke-empat ganti HU Android + camera 360 dulu
Solusi lainnya yang bisa dicoba pakai sodium bicarbonat atau baking soda yg dicampur air.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 605
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
Dari satu kalimat nya, ini masih bisa dicicil ya om kl di leasing? sama pkb berapaan / tahun Om?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1359
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
btw engine mounting, shockbreaker+support shock, link stabilizer, bushing2, tie rod, racksteer, masih aman semua kah om kondisi? apa sudah pernah diganti dari user sebelumnya atau masih ori dari 2012?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
tadinya mau ambil ini, eh nemu ada yg jual trim X jauh lebih murah + hoki dapet lungsuran velg + ban
kalau 3.5 V6 sih asoy ya om bawa body gambot ini
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
repair / restorasi sekitar 2-3 jt an omMSU wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 4:37noted om...berarti ni penyakit alphard & camry ya..alim ulama wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 2:34mobil 12 tahun odo pas ambil 117 rb om, skrg nambah jadi 118.[cencored]...
iya dashboard udah penyakit Alphard, lengket2, mungkin dulu gak parkir di garasi cuman di carport atau bahkan kejemur kali ya
mau restorasi tapi lagi mau nabung Jajan Ke-empat ganti HU Android + camera 360 dulu
mungkin solusi terjangkau-nya dibungkus kulit
mulai yg bisa home service sampe yg udah punya nama ada workshop, yg lagi ngincer di RR Restorasi BSD
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
nice info om, nanti coba jajal...Andhyka wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 8:07Solusi paling gampang dikasih talc powder atau bubuk bedak bayi. Senyawa bubuk itu akan mengikat dengan melted dashboard terus tidak lengket lagi. Setelah ditaburkan, tunggu beberapa jam terus usapkan dengan microfiber basah.alim ulama wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 2:34mobil 12 tahun odo pas ambil 117 rb om, skrg nambah jadi 118.[cencored]...
iya dashboard udah penyakit Alphard, lengket2, mungkin dulu gak parkir di garasi cuman di carport atau bahkan kejemur kali ya
mau restorasi tapi lagi mau nabung Jajan Ke-empat ganti HU Android + camera 360 dulu
Solusi lainnya yang bisa dicoba pakai sodium bicarbonat atau baking soda yg dicampur air.
ekses baby talc nya apa jadi putih2 atau itu yg perlu dilap dengan MF lembab?
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
yes, utk 2012 sama lembaga pembiayaan tier B masih bisa omsatriakarisma wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 8:24 Dari satu kalimat nya, ini masih bisa dicicil ya om kl di leasing? sama pkb berapaan / tahun Om?
tadinya ngincer yg 2008 agar PKB 3 jt doang, cuman kudu sama tier C yg mana bunga makin gak karuan
kalau tier A macam BCA Finance / Mandiri Tunas Finance / Adira dll refinance min di 2018 terakhir chat sama RM nya
untuk NJKB 2024 di 263 jt, PKB 2024 kena di Rp5,523 jt non-progresif Jakarta
kebetulan mobil nyonya pake COP jadi STNK masih nama PT, walhasil ANH20 hoki deh keitung mobil ke-1
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
blm cek keseluruhan, tapi dari dipake minggu ke-3 ini masih adem sih, mudah2an masih lama sampe perlu jajan...krniawnhdr wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 8:45 btw engine mounting, shockbreaker+support shock, link stabilizer, bushing2, tie rod, racksteer, masih aman semua kah om kondisi? apa sudah pernah diganti dari user sebelumnya atau masih ori dari 2012?
kalau cek record di 2021 odo 90 rb an sih terakhir cuman flushing CVT-F type FE aja di Plaza Toyota
setelah itu kayaknya udah pindah tangan & perawatan di bengkel umum jadi gak ada record yg rapih
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: Mon Jan 11, 2016 5:09
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
mantap om, dulu sempet kepikiran alpardh remaja ini, cuman di pikir2 nyonya refot nyetir body besar, jd ngambil voxy yg lebih ramping, dan panjang
tapi kenyamaan dan kelegaan gak bohong dah klo alphard nih,
harganya pun dah mantaps, drpd beli yg sejuta umat, untuk urusan nyaman dan menikmati idup
tapi kenyamaan dan kelegaan gak bohong dah klo alphard nih,
harganya pun dah mantaps, drpd beli yg sejuta umat, untuk urusan nyaman dan menikmati idup
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7607
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
mobil bginian kalo salah ambil bukan resiko ancur mekanikal / elektrikal / kakikaki ... tapi ex mobil mayat (banyak loh yg ga ubah bpkb saat bertugas krn mrk beli nya juga bekas) ... sy ada kenalan yg pas sy tunjukin unit dia bekas fleet anter mayat baru percaya (odo wkt dia beli skitar 97ribuan)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
Betul om, buat yg blm bisa nebus brand new C28 / R90 atau bahkan ANH20 facelift mint condition yg extra kempling low odo, ada opsi bekas seperti ini sih sangat menarik buat yg butuh bawa 3 anak kayak sayamastom wrote: ↑Sun Oct 06, 2024 8:57 mantap om, dulu sempet kepikiran alpardh remaja ini, cuman di pikir2 nyonya refot nyetir body besar, jd ngambil voxy yg lebih ramping, dan panjang
tapi kenyamaan dan kelegaan gak bohong dah klo alphard nih,
harganya pun dah mantaps, drpd beli yg sejuta umat, untuk urusan nyaman dan menikmati idup
Hasil review di minggu ke-3, abis full tank Vivo 90
Pemakaian dalkot macet pake banget di MID after reset 1:5 gelinding kurang lebih 80 km
Weekend tol Jagorawi + nanjak2 dikit di MID after reset 1:12 gelinding kurang lebih 140 km
Rute kombinasi tadi isi full lagi, tripmeter 220 km butuh 30 liter sampe luber atau sekitar 1:7,3
Lumayan mirip sama angka di display MID ketiga yg pas cek pake App Translate = Fuel Consumption Average after Refueling = 7,6 km/l
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
viewtopic.php?p=1308738#p1308738
postingan dari thread Oli, utk referensi mesin 2AZ-FE
ini lagi dapet pinjeman kitab, nanti akan share hasil jepretan App Translate.
postingan dari thread Oli, utk referensi mesin 2AZ-FE
ini lagi dapet pinjeman kitab, nanti akan share hasil jepretan App Translate.
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 979
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
Bisa cek disini om utk spek fluida ANH20 https://toyota-club.net/files/techdata/ ... ard_20.htmalim ulama wrote: ↑Wed Oct 09, 2024 5:02 viewtopic.php?p=1308738#p1308738
postingan dari thread Oli, utk referensi mesin 2AZ-FE
ini lagi dapet pinjeman kitab, nanti akan share hasil jepretan App Translate.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
Re: Alphard ANH20 2012 pre-facelift
wah mantep referensinya om, thank you. barusan cek di kitab ternyata aman pake 0W-20 API SMazu wrote: ↑Wed Oct 09, 2024 5:23Bisa cek disini om utk spek fluida ANH20 https://toyota-club.net/files/techdata/ ... ard_20.htmalim ulama wrote: ↑Wed Oct 09, 2024 5:02 viewtopic.php?p=1308738#p1308738
postingan dari thread Oli, utk referensi mesin 2AZ-FE
ini lagi dapet pinjeman kitab, nanti akan share hasil jepretan App Translate.
jadi 0W-20 API SN aja juga udah comply harusnya, Pertamina Fastron Gold khan juga udah sampe API SP.
next OCI nanti akan info hasil penguapan (if any) seperti apa.
kmrn baru install HU Android, selama install pas setting2, mobil nyala idle sekitar 45-60 menit. dari 1:5,5 km/l di after refueling avg consumption, langsung drop jadi 4,4 km/l
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit