justru inilah khas engineering jepang jaman dulu. ngga perlu rocket science buat bongkar. sekarang mobil tuh merek apapun ya software kalo bisa disuruh selalu ke service center.Aswajr wrote: Tue Nov 04, 2025 10:21
akhirnya manggil orang dari luar yang biasa service head unit, mereka bongkar dari jok bawah bangku (ga tau apa yah diganti) supaya bener lagi. makan 4.5 juta baru bisa kerja lagi. di lexus pun ga mau ngecek masalahnya di mana, hanya solusi ganti head unit baru.
berdasarkan pengalaman ini bedanya apa yah?
ya kita orang ga mau sebut mocin lah tar dikira sentimen ma mocin (pdhl gue cukup suka sama GWM)... tp software itu lebih nggak jelas dan serba salah kayak HP. mau di jailbreak nanti warranty hangus, tp software update iya kalo lbh baik, kalo malah lemot karena hardware gak mendukung macem update OS di hp?
ini tuh another planned obsolescence attempt, bukan cuma pasang part plastik di bagian yang terpapar panas macem yurop car.
klo cuma urusan kabel dan modul itu orang ngerti elektronik dikit aja udah bisa repair. ECU panggang mersi ML350 temen ga usah ganti dulu bisa ke tukang repair. skrg ganti parts aja blom tentu jalan, harus ke bengkel resmi coding lagi. miara mobil entry level kayak mobil BMW aja ganti lampu harus coding.
inilah kenapa gue dah males liat mobil baru sekarang kl bengkel resmi nyerah gue kemana wkwkwk. tukang repair luaran benerin hardwarenya blom tentu nyala krn harus update ini itu. mobil tua yaelah udah lewat masa masanya drama skrg bengkel BMW kelas pinggir jalan aja udah proper kerjain bangsanya E36 E46.
klo harus ganti head unit baru ya itu matic klo rusak disuruh ganti segelondong padahal bisa aja cuma ganti body valve. namanya bengkel resmi SOPnya ganti gelondongan gak ada opsi repair. downtime harus seminimal mungkin. namanya barang slow moving pasti inden lama.




