2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17170
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by ChZ »

Aswajr wrote: Tue Nov 04, 2025 10:21
akhirnya manggil orang dari luar yang biasa service head unit, mereka bongkar dari jok bawah bangku (ga tau apa yah diganti) supaya bener lagi. makan 4.5 juta baru bisa kerja lagi. di lexus pun ga mau ngecek masalahnya di mana, hanya solusi ganti head unit baru.

berdasarkan pengalaman ini bedanya apa yah?
justru inilah khas engineering jepang jaman dulu. ngga perlu rocket science buat bongkar. sekarang mobil tuh merek apapun ya software kalo bisa disuruh selalu ke service center.

ya kita orang ga mau sebut mocin lah tar dikira sentimen ma mocin (pdhl gue cukup suka sama GWM)... tp software itu lebih nggak jelas dan serba salah kayak HP. mau di jailbreak nanti warranty hangus, tp software update iya kalo lbh baik, kalo malah lemot karena hardware gak mendukung macem update OS di hp?

ini tuh another planned obsolescence attempt, bukan cuma pasang part plastik di bagian yang terpapar panas macem yurop car.

klo cuma urusan kabel dan modul itu orang ngerti elektronik dikit aja udah bisa repair. ECU panggang mersi ML350 temen ga usah ganti dulu bisa ke tukang repair. skrg ganti parts aja blom tentu jalan, harus ke bengkel resmi coding lagi. miara mobil entry level kayak mobil BMW aja ganti lampu harus coding.

inilah kenapa gue dah males liat mobil baru sekarang kl bengkel resmi nyerah gue kemana wkwkwk. tukang repair luaran benerin hardwarenya blom tentu nyala krn harus update ini itu. mobil tua yaelah udah lewat masa masanya drama skrg bengkel BMW kelas pinggir jalan aja udah proper kerjain bangsanya E36 E46.

klo harus ganti head unit baru ya itu matic klo rusak disuruh ganti segelondong padahal bisa aja cuma ganti body valve. namanya bengkel resmi SOPnya ganti gelondongan gak ada opsi repair. downtime harus seminimal mungkin. namanya barang slow moving pasti inden lama.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Aswajr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Wed Dec 07, 2022 7:47
Location: Jakarta

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by Aswajr »

ChZ wrote: Thu Nov 06, 2025 2:14
Aswajr wrote: Tue Nov 04, 2025 10:21
akhirnya manggil orang dari luar yang biasa service head unit, mereka bongkar dari jok bawah bangku (ga tau apa yah diganti) supaya bener lagi. makan 4.5 juta baru bisa kerja lagi. di lexus pun ga mau ngecek masalahnya di mana, hanya solusi ganti head unit baru.

berdasarkan pengalaman ini bedanya apa yah?
justru inilah khas engineering jepang jaman dulu. ngga perlu rocket science buat bongkar. sekarang mobil tuh merek apapun ya software kalo bisa disuruh selalu ke service center.

ya kita orang ga mau sebut mocin lah tar dikira sentimen ma mocin (pdhl gue cukup suka sama GWM)... tp software itu lebih nggak jelas dan serba salah kayak HP. mau di jailbreak nanti warranty hangus, tp software update iya kalo lbh baik, kalo malah lemot karena hardware gak mendukung macem update OS di hp?

ini tuh another planned obsolescence attempt, bukan cuma pasang part plastik di bagian yang terpapar panas macem yurop car.

klo cuma urusan kabel dan modul itu orang ngerti elektronik dikit aja udah bisa repair. ECU panggang mersi ML350 temen ga usah ganti dulu bisa ke tukang repair. skrg ganti parts aja blom tentu jalan, harus ke bengkel resmi coding lagi. miara mobil entry level kayak mobil BMW aja ganti lampu harus coding.

inilah kenapa gue dah males liat mobil baru sekarang kl bengkel resmi nyerah gue kemana wkwkwk. tukang repair luaran benerin hardwarenya blom tentu nyala krn harus update ini itu. mobil tua yaelah udah lewat masa masanya drama skrg bengkel BMW kelas pinggir jalan aja udah proper kerjain bangsanya E36 E46.

klo harus ganti head unit baru ya itu matic klo rusak disuruh ganti segelondong padahal bisa aja cuma ganti body valve. namanya bengkel resmi SOPnya ganti gelondongan gak ada opsi repair. downtime harus seminimal mungkin. namanya barang slow moving pasti inden lama.
Tapi bukannya kalo begini hanya karena masalah experience aja berarti? Karena belum berani bongkar dan ketakutan user menghilangkan garansi saja? Bukan karena masalah atpm inden lama donk berarti yah? Karena inden sama2 lama hanya karena mobil yang 1 tidak ada garansi lagi sehingga bongkar2 rusak yah sudah, yang 1 lagi belum banyak yang pegang karena masih banyak yang ada garansinya..tapi kalo sama2 mesti ganti head unit sama2 lama..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17170
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by ChZ »

Aswajr wrote: Thu Nov 06, 2025 6:55

Tapi bukannya kalo begini hanya karena masalah experience aja berarti? Karena belum berani bongkar dan ketakutan user menghilangkan garansi saja? Bukan karena masalah atpm inden lama donk berarti yah? Karena inden sama2 lama hanya karena mobil yang 1 tidak ada garansi lagi sehingga bongkar2 rusak yah sudah, yang 1 lagi belum banyak yang pegang karena masih banyak yang ada garansinya..tapi kalo sama2 mesti ganti head unit sama2 lama..
sbenernya mocin ini meniru eropa kayaknya. sy gak tau ya kalo specified misal HU mobil beda VIN ga bisa buat mobil lain krn eropa harus di coding ulang.

isunya lebih ke software based vs hardware based. sayangnya mbl sekarang rata rata dikendalikan software apalagi mocin EV dan tesla teslaan. software based tuh lebih dependent ke authorized service center krn updates kan pasti via dealer resmi.

dan kl mobilnya sistemnya mayoritas by software yakin mau meresikokan diri dengan jailbreak sistem dgn resiko terlepas dari ecosystemnya, misalnya? (ya kalo bisa di jailbreak). ECU mobil lama itu jauh lebih simple, skrg output powernya mau berapa aja diatur sama software dan bisa loh diatur atur via updates.

dan inden part lama berbulan bulan kl mobil masih baru itu aneh krn mobil masih ada di production line parts harusnya masih diproduksi. gak usah cina ini hyundai aja mobil recall ngga ada partnya.

kl lexusnya om kan udah nggak baru bisa dimengerti kalo lama.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
neodx
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Sun Aug 05, 2018 6:55
Location: Surabaya
Daily Vehicle: roda 4

Re: 2025 Chery Tiggo8 CSH Test Drive

Post by neodx »

Aswajr wrote: Wed Nov 05, 2025 9:41
IGedeAmat wrote: Wed Nov 05, 2025 6:17
Aswajr wrote: Tue Nov 04, 2025 10:21

ini bukannya semua service center sama aja yah? bahkan sekelas lexus pun mau inden Head unit lama koq, kemaren sempet deg2an waktu make lexus head unit rusak karena setelah service copot aki bengkel tidak nunggu reset system, alhasil semua system tidak bekerja (AC, Radio, dll dll). pas nanya ke lexus boleh di inden 2-3 bulan..dengan harga yang sangat luar biasa...

akhirnya manggil orang dari luar yang biasa service head unit, mereka bongkar dari jok bawah bangku (ga tau apa yah diganti) supaya bener lagi. makan 4.5 juta baru bisa kerja lagi. di lexus pun ga mau ngecek masalahnya di mana, hanya solusi ganti head unit baru.

berdasarkan pengalaman ini bedanya apa yah?
Saya belum pernah naik Lexus sih, cuma di LMPV Jepang saya, kalau head unit rusak ya cuma gak bisa dengerin musik aja sambil nyetir.
dan kamera mundurnya gak nyala.
Jadi inden 2-3 bulan buat nunggu head unit, levelnya cuma annoying aja, gak fatal.
nah itu, ane kira juga begitu, tapi ternyata kenyataan tidak seindah itu, begitu HUD rusak Ac segala ga bisa nyala.. jadi apa bedanya dengan mobcin sekarang.. pusing juga kan...
awal2 saya jg merasa wah ni mocin kaya fitur, enak nih harga 500jtan dapet nya sekleas 700-800jt an fitur nya ...

tp pandanga saya berubah pas TD t8csh...la ini kok berasa PC masuk mobil ya, emang dashboard jd keliatan clean, gak banyak tombol, tp krn saya ini org yg agak konvensional minded, tombol2 fisik esesial is a must... klo semua di control dr HU , gimana nasib klo amit2 si layar kegampar sampe gak bisa nyala, secara anak gue yg tingkahnya lg kayak helikopter keliling komplek ... :big_biglaugh:

akir nya balik lg ke selera asal, ambil mopang jinik iprit :big_biglaugh: