Review Mazda6 2012

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Review Mazda6 2012

Post by AD74YA »

Saya ingin mereview mengenai Mazda6 2012 berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan. Sebelumnya review model tahun 2010 sudah dilakukan oleh mr. evolution
di tret http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=250 , bukan bermaksud lancang kepada mr evo, tapi biar lebih rapig ane buat di tret yang berbeda..
:mky_01:
Produk yang saya review ini adalah model rangka 2012, berwarna putih. Sebelum review, ada baiknya kita lihat latar belakang model ini.

Background
Mazda6 awalnya digadang sebagai pengganti 626 yang legendaris.. 626 sendiri terkenal dengan nick name Capella atau Chronos. Seperti yang kita tahu bahwa populasi Chronos sendiri masih banyak di Indonesia karena model ini dulu sempat merajalela di tanah air. Chronos terkenal dengan sedan di kelas premium entry yang bisa diulik dan digunakan untuk balapan karena kemampuan mesin dan transmisi yang secara standar sudah bagus. Ternyata bukan cuma di Indonesia, di negara lain Chronos juga jamak dibangun untuk mobil street racing, hal ini yang menjadi dasar konsep Mazda membuat Mazda6.

2002 tahun dimana Mazda melakukan perubahan nama line up menjadi lebih simpel. Dari 3 angka menjadi 1 angka dibelakang nama Mazda (contoh: dari 626 menjadi Mazda6). Dan produk yang paling pertama keluar dengan nama baru adalah Mazda6 (JDM = Atenza), yang langsung booming di seluruh dunia, lalu diikuti oleh Mazda2 di akhir 2002, Mazda3 di 2004, Mazda5 di 2005 dan seterusnya.

Mazda6 sendiri dihitung dari varian awal tahun 2002, sudah masuk 2 generasi, dengan generasi ketiga di proyeksikan akan keluar tahun 2013. Tapi karena masalah tertentu dikatakan kemungkinan baru keluar model baru tahun 2014 dengan basis produksi model ini di North America bersama varian CX yang diproduksi khusus untuk pasar global luar Jepang. Sedangkan untuk model yang saya review ini masih basis produksi Jepang.

Mazda6 generasi kedua ini masih memiliki DNA Chronos sebagai sedan keluarga mewah dan sporty, bahkan mendapatkan prestasi yang sangat baik dalam berbagai ajang lomba balap seperti Indycar Series, Pirelli challenge, dll dsb dan menang car of the year berkali-kali dari berbagai negara pada tahun 2003-2004, dan generasi kedua ini banyak mengantongi penghargaan sebagai mobil teraman.

Back to my review, unit ini di dapat dari Mazda Jakarta Selatan, buatan 2012, CBU Jepang. Hampir semua option yang berasal dari Atenza Jepang dibuat sebagai standar Mazda6 sini hanya ada beberapa fitur yang dipotong seperti front seat heater, navigasi, dan kamera mundur. Mendapatkan unit ini setelah diberikan diskon 40 juta dari price list yang ada, ditambah lagi mendapatkan bonus Vkool (tawaran awal adalah 3M), lalu ban bawaan Bridgestone Potenza RE050 diganti Michelin Primacy LC sebagai bonus, dan terakhir karpet optional Mazda6.
IMG_0787.JPG
Ban Michelin Primacy LC 215/55/17, Jenis dan ukuran merupakan request pribadi berdasar survey global ban yang paling nyaman dan silent.
IMG_0789.JPG
Eksterior
Yah.. Mau dibilang apa ya.. secara desain eksterior, menurut saya sangat proporsional. Simple and clean. Tarikan garis menyerupai coupe. Lampu yang didesain dengan cantik. Bumper yang agresif menyiratkan semangat mobil ini. Secara desain, meskipun memiliki ukuran body keseluruhan yang mirip dengan Camry, tetapi terkesan lebih kompak dan sangat sporty. Mungkin bagi banyak orang, kurang menyukai desainnya karena dengan harga yang menyerupai Accord atau Camry terlihat kurang mewah. Hampir semua orang Indonesia dengan harga yang diusung mobil ini mencari "prestise" dengan ke eleganan desain mobil. Atau dalam bahasa halusnya "Mirip mobil yang dipakai Pejabat"..... :mrgreen: ......................... :ngacir:
IMG_0764.JPG
IMG_0763.JPG
IMG_0762.JPG
IMG_0770.JPG
Ada satu design flaw yang saya masih keberatan sampai sekarang mengenai Mazda6, yaitu desain rumah sein di spakbor depan. Bener-bener gak ada tarikan garis dari manapun desain rumah sein ini.. Ada yang bilang garis lampu sein ngikut tarikan garis lampu belakang, kalau diperhatikan, nggak juga.. lampu belakang naik keatas sedangkan lampu sein cenderung lurus.... Seakan-akan asal tempel waktu assembling... Mungkin ada desainernya lupa memberikan fitur yang satu ini terus ketika sudah siap masuk line produksi mereka nyomot lampu sein dari junkyard dan ditempel ke body Mazda6.
IMG_0790.JPG
Interior
Disini semuanya mulai membingungkan buat saya. Karena entah saya suka atau tidak suka dengan beberapa desain interior ini. Yang pasti posisi duduk sebagai driver sempurna, desain dashboard, setir dan tombol-tombol disekitarnya mudah untuk diraih, dan tactile ketika dipencet. Jahitan jok cukup bagus, desain speedo bagus, ruang kaki dan kepala di depan luas, dibelakang ruang kaki luas, hanya untuk kepala kurang luas. :shrug: Tapi ketika berbicara kemewahan, nggak perlu saya jelasin lagi kualitas fit and finish dari material yang terpasang di dalam interior Mazda6 ini.... Beda level dengan Accord dan Camry.
IMG_0767.JPG
IMG_0769.JPG
IMG_0770.JPG
IMG_0780.JPG
IMG_0779.JPG
Beberapa desain yang membuat saya bingung antara lain desain arm rest depan, okelah kreatif karena itu dari tutup konsol yang bisa di slide, tetapi posisinya terlalu rendah, dan ketika arm rest di slide, maka otomatis kita ga bisa nyimpan minuman di sebelah handbrake.Tetapi saya suka juga desain arm rest seperti ini, karena jarak antara penumpang depan tidak terpisah jauh, sehingga akses untuk komunikasi lebih nyaman atau kalau nyimpan barang di kursi penumpang depan lebih mudah diraih.
IMG_0784.JPG
IMG_0785.JPG
Hal kedua adalah posisi handbrake. Posisinya berada di konsol tengah tapi disisi penumpang depan. Jadi misalkan yang duduk di kursi penumpang depan itu Asmiranda, dengan letak handbrake yang seperti ini, maka mau nggak mau tangan saya secara nggak sengaja bisa menyenggol *uhuk* paha Asmiranda ketika mau ngangkat atau menurunkan handbrake. Hal ini walhasil membuat saya bingung, antara suka dan tidak suka.. (nggak suka kalau yang duduk si mr. Nightster Gay di depan bisa-bisa dia ke-GR-an.. hiiiiii.... Seremm...) :ngacir: :ngacir: :ngacir:
IMG_0783.JPG
Ketiga adalah desain tombol head unit. Kalau malam menyala warna merah, keren sih... tapi kesannya buanyak buanget tombol di dashboard.

Keempat yang saya notice adalah; Mazda secara pintar melakukan blend pada fit dan finish antara material interior dengan bahan yang bagus dan butut. Dibagian dasbor tengah misalnya.. Piano finish dan plastik yang mengelilingi panel ini terasa mewah, tetapi bagian tengahnya terasa murahan, hal seperti ini juga saya temui di bagian setir, dan doortrim. Jeleknya adalah kesan mewah terasa berkurang.

Hal terakhir, untuk jok penumpang depan memiliki kantong penyimpanan majalah di bagian belakang jok nya, tapi untuk driver tidak ada...

Lalu berikutnya adalah flaw yang menurut ane sangat fatal. Yaitu minimnya tempat penyimpanan barang untuk penumpang belakang, Bahkan doortrim ga ada ruang sidikitpun. Buat meletakkan gelas nggak ada. Buat majalah nggak ada. Satu-satunya tempat penyimpanan untuk penumpang belakang hanya di bagian punggung jok penumpang depan (tidak ada kantong di punggung jok driver), itupun hanya muat untuk majalah. Ada sih tempat minuman di handrest jok belakang, tapi kalau itu dibuka artinya ga bisa duduk bertiga dibelakang. :frm_bang_head:

Fitur
Ane gak usah ngomong deh, Secara value to feature, mobil ini perfect. Saya sebutkan saja:
Entertainment + Equipment:
• 6 CD's changer
• 9 BOSE Speaker + 1 BOSE active Subwoofer
• Monroof (motorized slide-in)
• Motorized adjusment front seats w/ memory seat for driver
• Paddleshift gearbox
• Cruise control
• Audio control steering wheel
• Leather seats
Security:
• AFS (lampu depan belok mengikuti arah setir)
• DSC (stability control)
• ABS+EBD+BA
• Double pretensioner seatbelt-front, 3 seatbelts rear
• Active head-rest (front)
• Sensor jarak sekeliling kendaraan (8 titik)
• 6 airbag = 2 front, 2 seat airbags, 2 curtain airbags
• Side impact bars, strong chassis
• Ignition disable
IMG_0777.JPG

Dan mungkin ada beberapa hal lain yang saya lupa jabarkan. Yang jelas sewaktu menyetir mobil ini, saya merasa sangat sangat sangat aman.. Chassis nya yang kaku membuat mobil terkendali dengan mudah, setirnya menjadi berat di kecepatan tinggi, mesin responsif tapi disertai rem yang sangat pakem... Saya merasa sangat confident ngebut dengan mobil ini.


Ride and Handling
Jok driver nya cukup empuk, dengan side support yang bagus membuat seperti duduk di jok semi-bucket. Sayang support untuk punggungnya kurang, jadi waktu pertama naik terasa kurang nyaman di depan. Pun foam yang kurang empuk membuat bagian dasar jok ini terasa agak keras. Harus terbiasa terlebih dahulu seblum bener-bener nyaman di mobil ini, apalagi biasanya menyetir honda yang biasanya memiiliki desain jok supportive.

Viewing angle perfect, panjang moncong dan bagasi mudah diprediksi apalagi dibantu sensor jarak. Mesin dinyalakan, raungan mesin 4 silindernya halus. Towel gas sedikit, wuss... Gile respon mesinnya luar biasa... Setir juga komunikatif sekali.. dibantu dengan suspensi yang kaku dan ban yang empuk (Michelin Primacy LC), bener-benar nikmat mengendarai Mazda6,..

Jika di komparasi, performa mesin Accord dan Camry 2400cc nggak ada apa-apanya dibanding Mazda6. Body terasa kecil, dan gesit setirnya, akurasi sangat baik, body roll kecil. :off_good:

Tapi beda ceritanya ketika kita menjadi passenger dan duduk di belakang. Menjadi penumpang di Mazda6 tidak terasa spesial. Berbeda dengan rival sekelasnya, meskipun legroom terasa lebih lega dari Camry tetapi kenyamanan Mazda6 kalah dibanding Camry dan Accord. Terutama untuk headroom yang minim, dan hampir tidak ada tempat penyimpanan. :e-wall:

Conclusion
Mobil ini buat orang yang sangat concern dengan security dan value for money, suka nyetir, berjiwa muda, suka eksklusifitas dan tampil beda. Jatuhnya ketika dipasarkan di Indonesia adalah untuk niche market, karena budaya kita yang terlalu peduli terhadap image dan harga jual balik. Buat saya pribadi yang concern terhadap keamanan dan kualitas buatan, mohon maaf saya katakan Accord dan Camry levelnya dibawah mobil ini..
Sebelum memilih mobil ini sanya test drive Honda Accord, Toyota Camry, dan Nissan Teana.

Resale value
Setelah survey, saya mendapatkan depresiasi tahun pertama model ini sebesar 70 juta, tahun kedua sekitar 60 juta, dst

Score
IMO mobil ini mendapatkan score 8/10. Mobil yang sangat bagus, tapi masih banyak sekali yang harus diperbaiki, terutama kenyamanan penumpang belakang.

Rival:
Berdasar harga:
Honda Accord VTI-L, Toyota Camry V, Nissan Teana
Berdasar bentuk:
KIA Optima, Hyundai Sonata, Subaru Legacy, Suzuki Kizashi, VW Passat.

Mejeng bersama Merc E300 Avantgard orang lain:
IMG_0786.JPG
IMG_0795.JPG
Next Project:
-Ganti HU 2din DVD dengan fitur GPS
-PPS

Sekian... Masih banyak kayaknya yang belum saya review, mohon diingatkan.. terima kasih... :thanks:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9503
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Review Mazda6 2012

Post by doq »

kesimpulan: kalo pake mazda6 suruh mr. nightster gay duduk dibelakang........................gitu go?? :e-think: :e-think:

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Review Mazda6 2012

Post by poeticmind »

interiornya coklat...? wah...
Image
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: 14 Jul 2008, 17:02

Re: Review Mazda6 2012

Post by bivanos88 »

AD74YA wrote:Ban Michelin Primacy LC 215/55/17, Jenis dan ukuran merupakan request pribadi berdasar survey global ban yang paling nyaman dan silent.
wah berarti ban ini lebih nyaman + silent dari Continental ComfortContact 5 dan Michelin Pilot Sport 3 ya? apakah perbedaanya terasa cukup signifikan?
mohon bimbingannya.. :mky_01:
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3043
Joined: 02 Apr 2007, 08:45
Location: Indonesia
Contact:

Re: Review Mazda6 2012

Post by solar_kerosen »

dari semua review buat saya pribadi yg paling penting jelas Behind the hood , mesin kok gak ada penampakan apa masih model lama
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: 17 Oct 2002, 17:44
Location: surabaya rek
Contact:

Re: Review Mazda6 2012

Post by campoeran »

Review helm putih selalu membuat saya orgasme :frm_tumbright: :frm_tumbleft:

Dulu wkt testdrive cx7 sempet masuk doank di mazda6 , mmg impresinya mewah banget interiornya . cx7 aja lewat jauh :) . Utk tampilan luar mmg kurang mewah apalagi tampilan belakangnya .
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda6 2012

Post by AD74YA »

doq wrote:kesimpulan: kalo pake mazda6 suruh mr. nightster gay duduk dibelakang........................gitu go?? :e-think: :e-think:

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Hiiii sereeemmmm.... Ini juga serem dog:
campoeran wrote:Review helm putih selalu membuat saya orgasme :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
....................... :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
bivanos88 wrote:
AD74YA wrote:Ban Michelin Primacy LC 215/55/17, Jenis dan ukuran merupakan request pribadi berdasar survey global ban yang paling nyaman dan silent.
wah berarti ban ini lebih nyaman + silent dari Continental ComfortContact 5 dan Michelin Pilot Sport 3 ya? apakah perbedaanya terasa cukup signifikan?
mohon bimbingannya.. :mky_01:
Saya kurang tau karena belum pernah coba Conti ComfortContact 5, Yang saya pernah coba Conti CC 2 atau 3 gitu... Di Mercedes E320 jadul... Dan kurang puas setelah pasang karena terasa keras, padahal itu mobil temen yang ane instalin.. Beliau juga merasakan ban sebelumnya (Pirelli) jauh lebih nyaman daripada Conti CC yang ane pasang.. No offense... Kalau Pilot Sport 3 beda kelas dong dengan Primacy LC, ane pernah coba itu ban di Civic, gripnya oke banget, bantingan empuk, tapi suara ban seinget ane masih masuk.. Wajar karena alurnya untuk grip, pastinya kurang silent.. Mungkin kalau dibandingkan dengan ban sekelasnya seperti Potenza atau Proxes T1R sih menang PilotSport3 dibidang keempukan..

So far ane puas dengan Primacy LC, empuk sekali dan silent sekali.. Survey ane dr review forum2 ban di internet, dan group test di internet, dan nanya2 temen yang koleksi mobil premium... Kekurangannya LC, grip terasa dibawah potenza..
solar_kerosen wrote:dari semua review buat saya pribadi yg paling penting jelas Behind the hood , mesin kok gak ada penampakan apa masih model lama
Beda oom solar, kalau dulu MZR 2.0L sama 2.2L... Ini versi 2.5L MZR, model paling tinggi varian inline 4.. Diatas ini kalau di Jepang ada V6 3.7L persis yang dipake di CX9... (ga kebayang gimana lajunya...)
campoeran wrote:
Dulu wkt testdrive cx7 sempet masuk doank di mazda6 , mmg impresinya mewah banget interiornya . cx7 aja lewat jauh :) . Utk tampilan luar mmg kurang mewah apalagi tampilan belakangnya .
Ga level lah master lirik2 mobil ginian... wong master udah ada Teana, FX37, Alphy.. :oops:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: 17 Oct 2002, 17:44
Location: surabaya rek
Contact:

Re: Review Mazda6 2012

Post by campoeran »

lah tuh tuh salah lagi ama bos everester wkwkwkwk .
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda6 2012

Post by AD74YA »

Alamak salah lagi urang...

:frm_bang_head:

Keingetnya bos campoeran melulu yang review.. asemm..... :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16498
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: Review Mazda6 2012

Post by Hansen »

emang kalo udah orgasme suka asal sambar sampe salah orang :mky_07:


................. :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11506
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: Review Mazda6 2012

Post by ZombiEE »

[cencored] kamu bayangkan go....pakai v6 3.7 liter...harga mahalan cepektiau, airbag curtain hilang.....klo ane mah ane sambar nyang itu, trus cr*t dah...‎​ªkªkªkªkª =)) ªkªkªkªkª™
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda6 2012

Post by AD74YA »

Ngilerrr....
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5808
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: Review Mazda6 2012

Post by evolution21 »

perasaan jadi lebih bagus drpd aslinya...
yg bikin makin keren cameranya ato pps teflonnya ni...
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: 14 Jul 2008, 17:02

Re: Review Mazda6 2012

Post by bivanos88 »

AD74YA wrote:
bivanos88 wrote:
AD74YA wrote:Ban Michelin Primacy LC 215/55/17, Jenis dan ukuran merupakan request pribadi berdasar survey global ban yang paling nyaman dan silent.
wah berarti ban ini lebih nyaman + silent dari Continental ComfortContact 5 dan Michelin Pilot Sport 3 ya? apakah perbedaanya terasa cukup signifikan?
mohon bimbingannya.. :mky_01:
Saya kurang tau karena belum pernah coba Conti ComfortContact 5, Yang saya pernah coba Conti CC 2 atau 3 gitu... Di Mercedes E320 jadul... Dan kurang puas setelah pasang karena terasa keras, padahal itu mobil temen yang ane instalin.. Beliau juga merasakan ban sebelumnya (Pirelli) jauh lebih nyaman daripada Conti CC yang ane pasang.. No offense... Kalau Pilot Sport 3 beda kelas dong dengan Primacy LC, ane pernah coba itu ban di Civic, gripnya oke banget, bantingan empuk, tapi suara ban seinget ane masih masuk.. Wajar karena alurnya untuk grip, pastinya kurang silent.. Mungkin kalau dibandingkan dengan ban sekelasnya seperti Potenza atau Proxes T1R sih menang PilotSport3 dibidang keempukan..

So far ane puas dengan Primacy LC, empuk sekali dan silent sekali.. Survey ane dr review forum2 ban di internet, dan group test di internet, dan nanya2 temen yang koleksi mobil premium... Kekurangannya LC, grip terasa dibawah potenza..
saya membandingkan 3 tipe ban tersebut karena harganya dekat dan mereka bilang ban tersebut nyaman dan silent juga..

berarti primacy LC ini bener"fokus ke kenyamanan ya.. kl begini biasanya cenderung cepat habis ya? CMIIW

untuk masalah grip apakah terasa banget bedanya dengan potenza?

mohon info juga mengenai performa LC ini di jalan basah..

thanks
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5808
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: Review Mazda6 2012

Post by evolution21 »

potenza gripnya tergolong hebat toh, pantesan
ane berasa buat nikung tajem, jalan basah, sampe genangan air masih stabil banget
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda6 2012

Post by AD74YA »

@bang evo: cuman pake ipon bang... Sama blom di pps.. Masi nabung... Hiks...

@bivanos: kalau LC itu pure buat comfort and silence, yg mungkin 1 aliran tuh turanza, toyo spec X, kalau conti ane minim pengalaman... Ga berani komen..

Mengenai traksi, yes terasa beda antara LC dan Potenza.. Dan yes, kompon LC empuk pastinya lebih cepat habis...

Kenapa ane ganti ban comfort, karena ane berpikir kenikmatan berkendara itu paling besar berperan adalah ban. Dan ane suka ride yg empuk dan silent.. Mengenai grip dan aquaplanning, tinggal research ban mana yang mengklaim alur airnya bagus sehingga traksi tetap tejaga.. Toh ane ga akan pernah macu mobil nikung kecepatan 80.. Kasian yg dibelakang.. Palingan butuh untuk ngerem aja, dan menurut ane lebih dari cukup.. Tentunya lebih aman menggunakan ban comfort branded..

Beberapa yg ane pernah coba dan ane suka: michelin LC, michelin Latitude Tour, Yokohama Spec X. Ban comfort silent yg ane pernah coba dan gak suka: Turanza, Yoko DRB.

CMIIW

Boleh juga coba continental oom... Sepertinya dari award, conti ban yg sangat baik.. Dan claim ban comfort dan sport nya juga bagus..

Happy hunting
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
FortunerMan
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11146
Joined: 02 Mar 2007, 21:05
Location: Indonesia

Re: Review Mazda6 2012

Post by FortunerMan »

Muantab reviewnya...dan info bannya :frm_tumbleft:
The Ultimate Driving Machine
CATCH IT IN MOTION. IF YOU CAN.
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: 14 Jul 2008, 17:02

Re: Review Mazda6 2012

Post by bivanos88 »

AD74YA wrote:@bang evo: cuman pake ipon bang... Sama blom di pps.. Masi nabung... Hiks...

@bivanos: kalau LC itu pure buat comfort and silence, yg mungkin 1 aliran tuh turanza, toyo spec X, kalau conti ane minim pengalaman... Ga berani komen..

Mengenai traksi, yes terasa beda antara LC dan Potenza.. Dan yes, kompon LC empuk pastinya lebih cepat habis...

Kenapa ane ganti ban comfort, karena ane berpikir kenikmatan berkendara itu paling besar berperan adalah ban. Dan ane suka ride yg empuk dan silent.. Mengenai grip dan aquaplanning, tinggal research ban mana yang mengklaim alur airnya bagus sehingga traksi tetap tejaga.. Toh ane ga akan pernah macu mobil nikung kecepatan 80.. Kasian yg dibelakang.. Palingan butuh untuk ngerem aja, dan menurut ane lebih dari cukup.. Tentunya lebih aman menggunakan ban comfort branded..

Beberapa yg ane pernah coba dan ane suka: michelin LC, michelin Latitude Tour, Yokohama Spec X. Ban comfort silent yg ane pernah coba dan gak suka: Turanza, Yoko DRB.

CMIIW

Boleh juga coba continental oom... Sepertinya dari award, conti ban yg sangat baik.. Dan claim ban comfort dan sport nya juga bagus..

Happy hunting
walaupun mazda6 itu sporty, tapi kenyamanan tidak boleh dilupakan ya.. hehehe.. :off_good_job:
masalahnya review luar untuk continental comfort contact 5 masih belum ketemu.. kayaknya ini ban khusus untuk pasar asia tenggara (CMIIW).. jadi blm dapet review lengkapnya.. :ungg:
btw, thanks atas infonya ya.. :thanks:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda6 2012

Post by AD74YA »

@om FM: tengs bang

@om bivanos: ho oh bang.. Pake Potenza RE050 bisa patah tulang kalau bawa ortu dibelakang.. Kasian.. Ride nya beda banget setelah ganti ke LC.. Smooth dan jauh lebih soft

Betul itu, ane juga mengalami hal yang sama ketika cari referensi review pengguna continental.. Agak jarang.. Mungkin bisa di cek di tirerack.com atau tirereview.com.

Atau kalau mau aman, kontak pak amzas dan konsultasi face to face sama beliau.. Siapa tau dikasih test drive ban nya.. Hehe
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda6 2012

Post by AD74YA »

Oya kalau mau ban yang netral antara performance dan comfort boleh coba Toyo Proxes4 atau Falken Ziex (lupa tipe)
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1481
Joined: 23 Dec 2009, 11:16

Re: Review Mazda6 2012

Post by grandscenic »

campoeran wrote:lah tuh tuh salah lagi ama bos everester wkwkwkwk .
bener bgt om campoeran, momod yg atu ini keliru melulu,, stig yg atu ini kyknya punya ikatan batin ya ama om campoeran.. :mky_03: :mky_03:

AD74YA wrote:Saya ingin mereview mengenai Mazda6 2012 berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan. Sebelumnya review model tahun 2010 sudah dilakukan oleh mr. evolution
di tret http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=250 , bukan bermaksud lancang kepada mr evo, tapi biar lebih rapig ane buat di tret yang berbeda..
:mky_01:
being Low Profile, malu malu kucing, atau ngeledek neh... :big_slap: :big_slap: :big_slap:
AD74YA wrote:Buat saya pribadi yang concern terhadap keamanan dan kualitas buatan, mohon maaf saya katakan Accord dan Camry levelnya dibawah mobil ini..
Sebelum memilih mobil ini sanya test drive Honda Accord, Toyota Camry, dan Nissan Teana.
Klo gitu sekalian dong review Accord, Camry, dan Teana nya disini,, klo cerita jgn digantung gitu, kasian om Zombiee,, nti gak ampe cr*t dah...‎​ªkªkªkªkª =)) ªkªkªkªkª™ :mky_07: :mky_07: :mky_07:

AD74YA wrote:Tapi ketika berbicara kemewahan, nggak perlu saya jelasin lagi kualitas fit and finish dari material yang terpasang di dalam interior Mazda6 ini.... Beda level dengan Accord dan Camry.
does it mean accord dan camry dibawah mazda kelasnya according to kemewahan, kualitas fit and finish dari material ?
krn diatas sdh disebutkan yg concern terhadap keamanan dan kualitas buatan, mohon maaf saya katakan Accord dan Camry levelnya dibawah mobil ini..

conclusion : Mazda (compare to accord, camry) lebih diatas klo ukurannya..
-keamanan
-kualitas buatan, fit n finish material
-kemewahan


Image
kyknya interior coklat lg trend ya, 6series coupe pake interior coklat jg bukan ya??

Image
Msh lbh bright "putih"nya si 6 ya drpd E300 nya, yg ane liat fakta difotonya begitu,, :mrgreen: :mrgreen:

thanks buat info ban nya..
Etme Bulma Dünyası
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda6 2012

Post by AD74YA »

grandscenic wrote:
AD74YA wrote:Saya ingin mereview mengenai Mazda6 2012 berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan. Sebelumnya review model tahun 2010 sudah dilakukan oleh mr. evolution
di tret http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=250 , bukan bermaksud lancang kepada mr evo, tapi biar lebih rapig ane buat di tret yang berbeda..
:mky_01:
being Low Profile, malu malu kucing, atau ngeledek neh... :big_slap: :big_slap: :big_slap:
AD74YA wrote:Buat saya pribadi yang concern terhadap keamanan dan kualitas buatan, mohon maaf saya katakan Accord dan Camry levelnya dibawah mobil ini..
Sebelum memilih mobil ini sanya test drive Honda Accord, Toyota Camry, dan Nissan Teana.
Klo gitu sekalian dong review Accord, Camry, dan Teana nya disini,, klo cerita jgn digantung gitu, kasian om Zombiee,, nti gak ampe cr*t dah...‎​ªkªkªkªkª =)) ªkªkªkªkª™ :mky_07: :mky_07: :mky_07:

AD74YA wrote:Tapi ketika berbicara kemewahan, nggak perlu saya jelasin lagi kualitas fit and finish dari material yang terpasang di dalam interior Mazda6 ini.... Beda level dengan Accord dan Camry.
does it mean accord dan camry dibawah mazda kelasnya according to kemewahan, kualitas fit and finish dari material ?
krn diatas sdh disebutkan yg concern terhadap keamanan dan kualitas buatan, mohon maaf saya katakan Accord dan Camry levelnya dibawah mobil ini..

conclusion : Mazda (compare to accord, camry) lebih diatas klo ukurannya..
-keamanan
-kualitas buatan, fit n finish material
-kemewahan


Image
kyknya interior coklat lg trend ya, 6series coupe pake interior coklat jg bukan ya??

Image
Msh lbh bright "putih"nya si 6 ya drpd E300 nya, yg ane liat fakta difotonya begitu,, :mrgreen: :mrgreen:

thanks buat info ban nya..
Mengenai yg sama oom evo itu ane beneran hormat... Karena tanpa beliau posting mengenai mazda6 saya akan buta produk ini... Istilahnya beliau mak comblang saya... Hormat pada oom evo...

Lalu mengenai "kemewahan" saya merasa;
Desain: kelas ini accord yg paling bagus
Durability: camry
Kualitas panel keseluruhan: teana terasa lebih mewah, tapi ane melihat teana itu seperti terlalu banyak kosmetik sehingga kurang efisien desainnya..

Mazda6 menang karena fit and finish nya yang top notch sehingga kesan mewahnya dapet banget...

Hanya secara desain lebih simpel dr yang lain.

Mengenai review beberapa video review ada di tret Camry 3.5 hehehe...

Makasi masukannya oom scenic
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11506
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: Review Mazda6 2012

Post by ZombiEE »

Sabar ya oom scenic...bntr lagi ane cr*t dah..bruakakakaa
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5808
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: Review Mazda6 2012

Post by evolution21 »

ais hormat jg ama mr stig, bikin review lebih bagus jd orang lebih tertarik, smoga ni mobil jd bs makin laku hehe
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14296
Joined: 11 Apr 2008, 10:18
Location: jakarta

Re: Review Mazda6 2012

Post by nescafe »

poeticmind wrote:interiornya coklat...? wah...
dulu sebelum facelift, model ini interiornya hitam seingatku :e-think:

@ad74ya: masih seneng di teflon? hehehehe.. :ngacir:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
Post Reply