Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
imingwahyudi wrote:hmm, ternyata diatas jam 7 udah kosong melompong ya? terakhir saya main ke daerah sana stgh 8 masih macet di dekat miko mallnya karena penyempitan dan lain lain. Diatas jam 9 baru enak walaupun ga kosong kosong amat. Sayangnya walaupun kosongnya saya sulit terapkan pulse and glide disana...bukan salah lagi karena angkot yang seenak bokong ngetem dadakan, dan motor alay yang ngabret minta jalan
nb: definisi macet saya mungkin berbeda dengan penduduk Kopo dsk.
di bandung sih mau jam kosong (1-2pm) juga susah mau gliding, banyak lampu merah
katanya dulu bandung banyak dapet hibah traffic light dari australia, makanya di pertigaan gak penting juga dipasang traffic light
billyd1773dz wrote:[
om, salah satu ciri masuk ke mode DFCO adalah di realtime fc nunjukin angka maksimun teririt seperti 99kml atau 0L/100km, DFCO Decelerate Fuel Cut Out.. jadi jika blm dapat angka itu blm masuk dfco dan masih menggunakan fuel, nah ada yg bilang MID suzuki mentok 30kml jadi gtw nih. cara lain bisa pakai OBDII untuk liat kondisi Fuel Loop nya.
paling sering mbl masuk DFCO saat sedang engine brake. mobil injeksi lama, harus heavy engine brake d turunan. sedangkan yang modern seperti mirage cukup angkat gas di kecepatan >15kmh selama terjadi engine brake ringan thx to cvt, sudah masuk dfco.
nah kalau di tekan kopling/ di pindah ke netral. biasanya mesin masuk ke mode idle. mbl saat cruise normal memiliki AFR 14.7:1. yang saya tau di mirage *oleh2 dyno kemarin* saat idle AFR jadi 21:1, fungsinya ya agar lebih irit saat idle. dan ini bukan dfco.... dfco harus terjadi saat enginebrake yang muterin mesin saat fuel di putus. jika saat netral fuel di putus mesin tentu akan mati.
cmiiw hehe
Sayangnya Ertiga ga support OBDII, jadi gabisa cek pakai ELM
Saat posisi transmisi di gigi 3-4-5 dan speed >20Kph, kalau lepas gas setelah 3 detik atau langsung engine break di RPM >2500, realtime FC menunjukkan 30 Km/L om.. Jadi kalau kecepatannya tidak terlalu tinggi dan tidak heavy engine break, MID tampilannya 20 -> 25 -> 30, pokoknya tidak langsung ke 30 Km/l.. mID ertiga sendiri sepertinya ada jeda sekitar 1 detikan untuk tampilan FCnya
Bener om billy, kalau injek kopling bukan cut-off tapi dimiskinkan campuran bensin-udaranya, my bad berarti ertiga yg endut-endutan karena switch koplingnya rusak karena campuran bensinnya terlalu miskin ya
Mobil jaman sekarang wajar juga ya bisa irit, bensinnya bener2 dicekek, kalau ga butuh bensin ya ga dikasih sama ECU
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
imingwahyudi wrote:hmm, ternyata diatas jam 7 udah kosong melompong ya? terakhir saya main ke daerah sana stgh 8 masih macet di dekat miko mallnya karena penyempitan dan lain lain. Diatas jam 9 baru enak walaupun ga kosong kosong amat. Sayangnya walaupun kosongnya saya sulit terapkan pulse and glide disana...bukan salah lagi karena angkot yang seenak bokong ngetem dadakan, dan motor alay yang ngabret minta jalan
nb: definisi macet saya mungkin berbeda dengan penduduk Kopo dsk.
di bandung sih mau jam kosong (1-2pm) juga susah mau gliding, banyak lampu merah
katanya dulu bandung banyak dapet hibah traffic light dari australia, makanya di pertigaan gak penting juga dipasang traffic light
Hibah TL (ca. 1996/1997 kl tdk salah, vendor AWA Plessey) tsb justru awalnya bertujuan untuk mempersingkat waktu tempuh loh om
Sistem TL tsb adalah ATCS-SCATS (Area Traffic Control System - Sydney Coordinative-Adaptive Traffic System), dimana dengan sistem tersebut TL dalam satu area akan dikoordinasikan agar terjadi "green wave".. Misalnya di jalan Sumatra-tamblong ada 4 TL yang berdekatan (simpang Lembong/Veteran, simpang Naripan, Simpang AsiaAfrika, Simpang Lengkong Kecil). dengan ATCS, maka keempat TL tsb dikoordinasikan lampu hijaunya agar kita dari arah Jalan Sumatra simpang Lembong/Veteran sampai ke Simpang Lengkong Kecil selalu mendapatkan sinyal hijau (ini yang disebut Green Wave), sehingga waktu tempuh untuk melewati 4 TL tsb dapat dikurangi..
Sayangnya namanya hibah, sistem ini tidak dirawat.. Akhirnya malah tidak berfungsi' yang ada malah setiap ketemu TL dapetnya merah melulu dan malah jadi macet..
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
ribut amat soal irit doang... gak penting lah... klo memang mau bener2 irit, jgn pake ac, dijamin pasti irit 20-30% .. emang klo makin irit makin hebat gitu? biasa aja kaleeee
imingwahyudi wrote:hmm, ternyata diatas jam 7 udah kosong melompong ya? terakhir saya main ke daerah sana stgh 8 masih macet di dekat miko mallnya karena penyempitan dan lain lain. Diatas jam 9 baru enak walaupun ga kosong kosong amat. Sayangnya walaupun kosongnya saya sulit terapkan pulse and glide disana...bukan salah lagi karena angkot yang seenak bokong ngetem dadakan, dan motor alay yang ngabret minta jalan
nb: definisi macet saya mungkin berbeda dengan penduduk Kopo dsk.
di bandung sih mau jam kosong (1-2pm) juga susah mau gliding, banyak lampu merah
katanya dulu bandung banyak dapet hibah traffic light dari australia, makanya di pertigaan gak penting juga dipasang traffic light
Hibah TL (ca. 1996/1997 kl tdk salah, vendor AWA Plessey) tsb justru awalnya bertujuan untuk mempersingkat waktu tempuh loh om
Sistem TL tsb adalah ATCS-SCATS (Area Traffic Control System - Sydney Coordinative-Adaptive Traffic System), dimana dengan sistem tersebut TL dalam satu area akan dikoordinasikan agar terjadi "green wave".. Misalnya di jalan Sumatra-tamblong ada 4 TL yang berdekatan (simpang Lembong/Veteran, simpang Naripan, Simpang AsiaAfrika, Simpang Lengkong Kecil). dengan ATCS, maka keempat TL tsb dikoordinasikan lampu hijaunya agar kita dari arah Jalan Sumatra simpang Lembong/Veteran sampai ke Simpang Lengkong Kecil selalu mendapatkan sinyal hijau (ini yang disebut Green Wave), sehingga waktu tempuh untuk melewati 4 TL tsb dapat dikurangi..
Sayangnya namanya hibah, sistem ini tidak dirawat.. Akhirnya malah tidak berfungsi' yang ada malah setiap ketemu TL dapetnya merah melulu dan malah jadi macet..
Wohooo..
Terimakasih pencerahannya, om..
Ngomongin soal irit, All New Swift ini emang irit kok.
Terlepas dari itungan MID-nya yang suka lebay, diitung manual full-to-full, bisa lebih irit dari Brio 1.3
Entah emang lebih irit atau Brio lebih mengundang buat digas dan bikin boros.
Tapi seirit2nya hatchback berteknologi injeksi dan katup variable ya segitu-segitu aja..
Gak akan bikin koprol sambil bilang wow.
Suhu-suhu sm yang baik, ane mau ambil swift gx mt. Nah sama seorang sales salah satu dealer di sby, ane ditawari swift dg akta 2014... Kira2 apa aja yang perlu ane cek mengingat tu swift pasti ngendon lama dari gudang? Ada rasa khawatir tu unit baru yg brmasalah... Mohon pencerahannya suhu....
Mau share sedikit mengenai ANS 2013 GX AT
KM tempuh sudah 62.000km..
Pengalaman awal sama terima ANS seperti bro OS, mobil ini sunyi banget hampir ga kedengeran suara mesin nya.. Akan tetapi sekarang sdh lebih berisik, dan tarikan agak berat.. Mungkin krn pemakaian oli SG*.
Namun, sejak ganti oli di luar merk SG*, mesin lbh sunyi dan getaran agak kurang.. Tapi ANS ini emang enak dibawa ngebut, stabil dan setirnya pas ga terlalu enteng/berat..
Kekurangan dr ANS ini, ada bunyi2an di sekitar dashboard sebelah kiri + getaran di kap mesin, dan juga setir pernah bunyi dug dug saat setir geser sedikit ke kiri/kanan(terutama saat macet)..
Untuk konsumsi BBM sangat2 irit.. MID menunjukkan AVG 17,5km/l.. Akan tetapi jika hitung ful to full bisa 15-15.5km/l.. Ini dengan rute rumah (gading serpong) to ancol dan kemayoran via tol kebun jeruk dan dalkot jakarta (latumenten & pluit).. Kondisi jalan tol kebun jeruk tiap pagi dan malam = macet parah..
@ redzdevil
Bunyi duk duk pas geser setir itu mungkin steer racknya, emang penyakit umum di swift. Langsung aj dibawa ke beres om. Ertiga sy dulu jg pernag gitu, claim ke beres langsung diganti.