Review Suzuki All New Swift GX 2013
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
err.. orang bandung silahkan bersuara... ane nggak ngerti kondisi traffic di bandung seperti apa....
yg jelas, FC 14 km/l itu sangat bombastis di kota manapun di Indonesia... ane blm pernah nemu klaim real se bombastis ini...
jarang-jarang ada mobil internal combustion engine 1400cc bensin dengan teknologi bukaan katup sederhana (VVT) non-hybrid yang bisa tembus segitu... 1 : 11 aja udah sangat bagus.... even untuk mobil 1200cc kebawah...
dan setau ane bahkan mobil diesel pun sangat sulit dapet segitu dengan kondisi traffic Indonesia...
kalopun bisa segitu, bisa share teknik nyetirnya seperti apa?.... sooo wonderful
yg jelas, FC 14 km/l itu sangat bombastis di kota manapun di Indonesia... ane blm pernah nemu klaim real se bombastis ini...
jarang-jarang ada mobil internal combustion engine 1400cc bensin dengan teknologi bukaan katup sederhana (VVT) non-hybrid yang bisa tembus segitu... 1 : 11 aja udah sangat bagus.... even untuk mobil 1200cc kebawah...
dan setau ane bahkan mobil diesel pun sangat sulit dapet segitu dengan kondisi traffic Indonesia...
kalopun bisa segitu, bisa share teknik nyetirnya seperti apa?.... sooo wonderful
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
hmm, ternyata diatas jam 7 udah kosong melompong ya? terakhir saya main ke daerah sana stgh 8 masih macet di dekat miko mallnya karena penyempitan dan lain lain. Diatas jam 9 baru enak walaupun ga kosong kosong amat. Sayangnya walaupun kosongnya saya sulit terapkan pulse and glide disana...bukan salah lagi karena angkot yang seenak bokong ngetem dadakan, dan motor alay yang ngabret minta jalan
nb: definisi macet saya mungkin berbeda dengan penduduk Kopo dsk.
nb: definisi macet saya mungkin berbeda dengan penduduk Kopo dsk.
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
Berhubung kapal ane ga punya MID, jadi full to full...
Tangki sekarat, ke SPBU, isi penuh, catat trip, kemudian bagi dengan liter...
Metode yg sama juga ane gunakan di SX-4 yg AVG nya ga pernah ane reset, kecuali aki kaput. Diam di 1:10.2km setelah ngehajar pantura berbulan2.
Toh aktual dalkot cuman dapat 1:8-1:9, full to full...
Ane pernah gliding pake swift lama, GL CBU. Kemudian ane tekan tombol reset AVG. Dapat 1:30km. begitu dua minggu dalam kota surabaya, melorot ke 1:8.9km. Dan ga jauh dengan full to full, 1:8.5km
FC is a goddamn very super sensitive issue... Nissan has learned the bitter pill of this FC issue.
Cmiiiaaaauuwww..
Tangki sekarat, ke SPBU, isi penuh, catat trip, kemudian bagi dengan liter...
Metode yg sama juga ane gunakan di SX-4 yg AVG nya ga pernah ane reset, kecuali aki kaput. Diam di 1:10.2km setelah ngehajar pantura berbulan2.
Toh aktual dalkot cuman dapat 1:8-1:9, full to full...
Ane pernah gliding pake swift lama, GL CBU. Kemudian ane tekan tombol reset AVG. Dapat 1:30km. begitu dua minggu dalam kota surabaya, melorot ke 1:8.9km. Dan ga jauh dengan full to full, 1:8.5km
FC is a goddamn very super sensitive issue... Nissan has learned the bitter pill of this FC issue.
Cmiiiaaaauuwww..
Obey the mahakitteh.
-
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
lah sama kayak SX-4 ane mod.... sebelum di reset manteng di 9,9 km/l....madcat015 wrote:Berhubung kapal ane ga punya MID, jadi full to full...
Tangki sekarat, ke SPBU, isi penuh, catat trip, kemudian bagi dengan liter...
Metode yg sama juga ane gunakan di SX-4 yg AVG nya ga pernah ane reset, kecuali aki kaput. Diam di 1:10.2km setelah ngehajar pantura berbulan2.
Toh aktual dalkot cuman dapat 1:8-1:9, full to full...
Ane pernah gliding pake swift lama, GL CBU. Kemudian ane tekan tombol reset AVG. Dapat 1:30km. begitu dua minggu dalam kota surabaya, melorot ke 1:8.9km. Dan ga jauh dengan full to full, 1:8.5km
FC is a goddamn very super sensitive issue... Nissan has learned the bitter pill of this FC issue.
Cmiiiaaaauuwww..
setelah ane reset... awal-awal pulse and glide masih dapet tuh AVG 9,9.... lama-lama jadi 9,0.... aktual 8,5
dicoba lagi dengan style driving nyantai.... 8,5 juga.... nothing could save this FC padahal udah berusaha ngilangin nafsu flat-out
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
Iyh macetnya daerah situ, sma yg keluar dari tol jg kn biasanya bnyk om .imingwahyudi wrote: hmm, ternyata diatas jam 7 udah kosong melompong ya? terakhir saya main ke daerah sana stgh 8 masih macet di dekat miko mallnya karena penyempitan dan lain lain. Diatas jam 9 baru enak walaupun ga kosong kosong amat. Sayangnya walaupun kosongnya saya sulit terapkan pulse and glide disana...bukan salah lagi karena angkot yang seenak bokong ngetem dadakan, dan motor alay yang ngabret minta jalan
nb: definisi macet saya mungkin berbeda dengan penduduk Kopo dsk.
Untung di jalan rajawali bisa di glide hahahha .billyd1773dz wrote:
memang nasib di bdg sedih sih.. pendek2 banyak stopan, susah gliding... apalagi yang tinggal di selatan mau ke utara *jln merdeka* itu relatif nanjak, makin sulit gliding.
Klw disitu udh jelas om, ad perempatan dket binbak yg bkin macet. Makanya ane gmw jmput tmen" ane klw blum diatas jam 8 .Outlander Sport wrote:Macet 5.30-6.00 ? Ane perasaan nganter anak jam 6 kurang 15 ke merdeka gak macet ahh, kopo tuh macet di TK(Kompleknya Binbak3).. Ya kopo susah ditebak sih, waktu ane pindah ke kopo sih masih sepi jalannya.. Kopo macet biasanya dipengaruhi oleh pendatang yg ingin ke ciwidey...
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
^^
rajawali cibeureum,cimahi ya?.... mayan daerah situ uda 4 jalur tengahnya di bagi... jam tertentu atw nyelip2 angkot bisa curi2 glide masih bisa meski ga kosong/bebas hambatan jg jalannya... klw perlu di terusin soetha 6jalur klw lagi lancar jg bisa glide ..... hehehe
ya kopo sih 2 jalur trafficnya padet banyak perumahan angkot ngetem.... jd ya gtu deh
rajawali cibeureum,cimahi ya?.... mayan daerah situ uda 4 jalur tengahnya di bagi... jam tertentu atw nyelip2 angkot bisa curi2 glide masih bisa meski ga kosong/bebas hambatan jg jalannya... klw perlu di terusin soetha 6jalur klw lagi lancar jg bisa glide ..... hehehe
ya kopo sih 2 jalur trafficnya padet banyak perumahan angkot ngetem.... jd ya gtu deh
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 189
- Joined: Sun Feb 23, 2014 4:16
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
Test ecodrive Ertiga yg pny mesin sama dgn new swift bbrp waktu lalu dgn jarak tempuh 63km dpt KPL sesuai di MID ... tp ya kaki kanan gak tahan mau bejek gas melulu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Sun May 19, 2013 10:00
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
"Pabrikan mobil macam toyot dll, melakukan investasi sia2 ke mesin hybrid, dimana SIJUKI sudah bisa SEIRIT hybrid with conventional engine...and its not DI engine"
benernya...MID itu kadang PHP dan PLP (Pemberi Harapan Palsu dan Pemberi Laporan Palsu)...mungkin gini metodenya yg salah.
di CX5 2.5 ane isa loh 4l/100km aka 1:25km...2500cc loh bok! di MODE AVERAGE loh! caranya gampang :
1. masuk jalan tol dan sepi..jalan konstan
2. reset MID
3. Habis tercipta angka yg diinginkan di MID..foto! yak jadi!
benernya average itu rata2, dimana yg namanya rata2 itu butuh data yg banyak, jangan cuman beberapa KILOMETER, BUKAN PULUHAN KILOMETER PULA, tapi RATUSAN misalnya 150km...atau dari tangki full sampai setengah mungkin sudah tembus 200KM..nah itulah yg namanya AVERAGE.
AVERAGE JUGA BISA LEBIH BOROS DARI KENYATAAN..misalnya dari AVERAGE GAK PERNAH DIRESET SAMPAI BBRP RIBU KILOMETER. Dimana datanya udah campuran sekali. Jadi cara paling oke ya hitung manual full-to full.
Kalau MID sudah memberikan PHP berlebihan, mohon segera lapor ke bengkel resmi terdekat. Kesalahan ada defact di MIDnya. PHP dapat menyebabkan kegalauan, miss-persepsi, dan jangka lama dapat menyebabkan susah tidur.
------------------------------------------------------
mobil di garasi ane yg 1500cc belum ada yg bisa 1:14, baik dari merk lain maupun merk yg sama . Even prius hybrid mungkin susah di indo bisa kayak gt .
benernya...MID itu kadang PHP dan PLP (Pemberi Harapan Palsu dan Pemberi Laporan Palsu)...mungkin gini metodenya yg salah.
di CX5 2.5 ane isa loh 4l/100km aka 1:25km...2500cc loh bok! di MODE AVERAGE loh! caranya gampang :
1. masuk jalan tol dan sepi..jalan konstan
2. reset MID
3. Habis tercipta angka yg diinginkan di MID..foto! yak jadi!
benernya average itu rata2, dimana yg namanya rata2 itu butuh data yg banyak, jangan cuman beberapa KILOMETER, BUKAN PULUHAN KILOMETER PULA, tapi RATUSAN misalnya 150km...atau dari tangki full sampai setengah mungkin sudah tembus 200KM..nah itulah yg namanya AVERAGE.
AVERAGE JUGA BISA LEBIH BOROS DARI KENYATAAN..misalnya dari AVERAGE GAK PERNAH DIRESET SAMPAI BBRP RIBU KILOMETER. Dimana datanya udah campuran sekali. Jadi cara paling oke ya hitung manual full-to full.
Kalau MID sudah memberikan PHP berlebihan, mohon segera lapor ke bengkel resmi terdekat. Kesalahan ada defact di MIDnya. PHP dapat menyebabkan kegalauan, miss-persepsi, dan jangka lama dapat menyebabkan susah tidur.
------------------------------------------------------
mobil di garasi ane yg 1500cc belum ada yg bisa 1:14, baik dari merk lain maupun merk yg sama . Even prius hybrid mungkin susah di indo bisa kayak gt .
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
tpi soetta bnyk jlan bolong" euy jdi kagok. Tpi mantep tuh klw bner" pngen glide mobil .billyd1773dz wrote:^^
rajawali cibeureum,cimahi ya?.... mayan daerah situ uda 4 jalur tengahnya di bagi... jam tertentu atw nyelip2 angkot bisa curi2 glide masih bisa meski ga kosong/bebas hambatan jg jalannya... klw perlu di terusin soetha 6jalur klw lagi lancar jg bisa glide ..... hehehe
ya kopo sih 2 jalur trafficnya padet banyak perumahan angkot ngetem.... jd ya gtu deh
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
setuju bro olaola_comoesta wrote:"Pabrikan mobil macam toyot dll, melakukan investasi sia2 ke mesin hybrid, dimana SIJUKI sudah bisa SEIRIT hybrid with conventional engine...and its not DI engine"
benernya...MID itu kadang PHP dan PLP (Pemberi Harapan Palsu dan Pemberi Laporan Palsu)...mungkin gini metodenya yg salah.
di CX5 2.5 ane isa loh 4l/100km aka 1:25km...2500cc loh bok! di MODE AVERAGE loh! caranya gampang :
1. masuk jalan tol dan sepi..jalan konstan
2. reset MID
3. Habis tercipta angka yg diinginkan di MID..foto! yak jadi!
benernya average itu rata2, dimana yg namanya rata2 itu butuh data yg banyak, jangan cuman beberapa KILOMETER, BUKAN PULUHAN KILOMETER PULA, tapi RATUSAN misalnya 150km...atau dari tangki full sampai setengah mungkin sudah tembus 200KM..nah itulah yg namanya AVERAGE.
AVERAGE JUGA BISA LEBIH BOROS DARI KENYATAAN..misalnya dari AVERAGE GAK PERNAH DIRESET SAMPAI BBRP RIBU KILOMETER. Dimana datanya udah campuran sekali. Jadi cara paling oke ya hitung manual full-to full.
Kalau MID sudah memberikan PHP berlebihan, mohon segera lapor ke bengkel resmi terdekat. Kesalahan ada defact di MIDnya. PHP dapat menyebabkan kegalauan, miss-persepsi, dan jangka lama dapat menyebabkan susah tidur.
------------------------------------------------------
mobil di garasi ane yg 1500cc belum ada yg bisa 1:14, baik dari merk lain maupun merk yg sama . Even prius hybrid mungkin susah di indo bisa kayak gt .
gw juga bisa loh Grand Cherokee V8 4700cc mode AVG ...
1. GB AT pindahin ke 3
2. Ankat gas let it glide
3. Reset MID
4. Foto
5. ???
6. Profit
here goes 0L/100km from a thirst beast of V8 4.7ltr AWD................... magic of DFCO...
konon mbl jaman skrng agresifitas ecu utk masuk ke mode dfco punya peranan penting bwat dapat fc dewa. ya iyalah running without fuel.. tinggal seberapa jauh dia bisa gliding di mode dfco.... ini hubunganya ke desain low rolling resistant dan traffic itu sendiri, so seperti yg om ola bilang, ini tidak nunjukin fc sebenarnya/cara yg salah utk tahu fc....
mungkin klw di tanya "fc rekor teririt berapa?" ga salah bilang seperti itu.. karna memang terjadi saat dfco td.
jd ganti pertanyaanya jgn mencari rekor teririt... tp konsistensi fc itu selama kepemilikan klw perlu ditambah cari terboros /worst case dgn nyiksa abis2an, atau sering2 idling..
memang sulit jika hanya memakai mbl itu sekali-kali atau sedang pinjam TD.
full to full bisa jadi galau juga, jika berpatokan odometer mesin di mbl yang di ketahui speedometernya tidak akurat, atau jadi tidak akurat karna perubahan ukuran rims.
cmiiw
Last edited by billyd1773dz on Wed Apr 23, 2014 17:42, edited 2 times in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
wkwk nasib bandung di tambah bolong2 ye.... lama2 cape hajar aja.... biarin lobang yg ngerem wkw... mbl jgn direm let it glide wkwkwkWongZo wrote:tpi soetta bnyk jlan bolong" euy jdi kagok. Tpi mantep tuh klw bner" pngen glide mobil .billyd1773dz wrote:^^
rajawali cibeureum,cimahi ya?.... mayan daerah situ uda 4 jalur tengahnya di bagi... jam tertentu atw nyelip2 angkot bisa curi2 glide masih bisa meski ga kosong/bebas hambatan jg jalannya... klw perlu di terusin soetha 6jalur klw lagi lancar jg bisa glide ..... hehehe
ya kopo sih 2 jalur trafficnya padet banyak perumahan angkot ngetem.... jd ya gtu deh
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Sun May 19, 2013 10:00
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
profit?? tul2 tul...apalagi mode real time, lepas throttle aja 0.0 liter/100kmbillyd1773dz wrote: setuju bro ola
gw juga bisa loh Grand Cherokee V8 4700cc mode AVG ...
1. GB AT pindahin ke 3
2. Ankat gas let it glide
3. Reset MID
4. Foto
5. ???
6. Profit
here goes 0L/100km from a thirst beast of V8 4.7ltr AWD................... magic of DFCO...
konon mbl jaman skrng agresifitas ecu utk masuk ke mode dfco punya peranan penting bwat dapat fc dewa. ya iyalah running without fuel.. tinggal seberapa jauh dia bisa gliding di mode dfco.... ini hubunganya ke desain low rolling resistant dan traffic itu sendiri
full to full bisa jadi galau juga, jika berpatokan odometer mesin di mbl yang di ketahui speedometernya tidak akurat, atau jadi tidak akurat karna perubahan ukuran rims.
cmiiw
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
paling kocak ketika MID malah memberikan data average FC yang lebih boros dari hitungan manual..udah beberapa kali kejadian soalnya walaupun missnya belom melebihi 1km/l
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
^^
sering gtu ane bro... terutama klw di jalan macet/banyak idle... hehehe
sering gtu ane bro... terutama klw di jalan macet/banyak idle... hehehe
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
Kopo ya? emang daerah padat sih. setau ane biasanya macet parah di jam berangkat/pulang kerja, dibawah jam 8 pagi dan terutama jam 4 sore s/d 7 ataw 8 malam. diluar itu relatif lancar tapi cukup padat soalnya jalannya kurang lebar tapi sepanjang jalan kopo banyak perumahan jadi banyak penduduknya, belum lagi yg dari daerah selatan seperti soreang yg kerja jg di bandung kota, plus angkot huhuhu perfect!
kalo sabtu malah bisa sepanjang hari macetnya, soalnya banyak tempat wisata di selatan bandung.
----------
btw, 30 kpl & 14 kpl macet hmm.. kalo dari mid sih, kayanya bisa aja ya keluar angka segitu? kan r3 nya om goodwill yg basisnya sama tapi lebih berat bisa 24 kpl, pun CX5 nya bung ola yg 2500 cc bisa 25 kpl. tp ya itu tadi, banyak faktor yg membuat komputer membaca dan mengeluarkan angka tertentu. jangan2 om outlander memang gaya mengemudinya ecodrive banget? atau konteks "macet" nya beda?
dan seperti yg dikatakan bung ola, kalo data 14 kpl cuma muncul sekali, ga bisa juga disebut "average", jangan2 cuma "kebetulan"? apalagi angka di mid kerap berbeda dg FC real.
jadi sepertinya bung outlander ga salah, yg ga percaya juga ga salah, tergantung dari sudut pandang mana melihatnya, dan sejauh mana sebuah metodologi sebuah pengukuran bisa dikatakan memiliki tingkat kepercayaan yg tinggi untuk diklaim sbg FC real? metode full to full jg ada margin error kan sebenarnya, apalagi mid, apalagi midnya suzuki yg (katanya) kontroversial?
au ah gelap
kalo sabtu malah bisa sepanjang hari macetnya, soalnya banyak tempat wisata di selatan bandung.
kalo pagi pas daerah pasar andir masih bisa di glide ga bro?WongZo wrote: Untung di jalan rajawali bisa di glide hahahha .
----------
btw, 30 kpl & 14 kpl macet hmm.. kalo dari mid sih, kayanya bisa aja ya keluar angka segitu? kan r3 nya om goodwill yg basisnya sama tapi lebih berat bisa 24 kpl, pun CX5 nya bung ola yg 2500 cc bisa 25 kpl. tp ya itu tadi, banyak faktor yg membuat komputer membaca dan mengeluarkan angka tertentu. jangan2 om outlander memang gaya mengemudinya ecodrive banget? atau konteks "macet" nya beda?
dan seperti yg dikatakan bung ola, kalo data 14 kpl cuma muncul sekali, ga bisa juga disebut "average", jangan2 cuma "kebetulan"? apalagi angka di mid kerap berbeda dg FC real.
jadi sepertinya bung outlander ga salah, yg ga percaya juga ga salah, tergantung dari sudut pandang mana melihatnya, dan sejauh mana sebuah metodologi sebuah pengukuran bisa dikatakan memiliki tingkat kepercayaan yg tinggi untuk diklaim sbg FC real? metode full to full jg ada margin error kan sebenarnya, apalagi mid, apalagi midnya suzuki yg (katanya) kontroversial?
au ah gelap
"The Power of ren-Dreams"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 673
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
Saya kalau pakai Ertiga MT untuk di Bandung, FC real dalkotnya berkisar di 10-12Kpl.. Kalau di MID sih tampilnya antara 12-13an Kpl.. itu juga udah campur jalur tol, lumayan boros juga ya
karena rumah di Cimahi dan Kampus di Ciumbuleuit, FCnya jadi campur aduk
Perginya:
- via tol Baros ke Pasteur : bisa gliding jadi lumayan ngirit
- exit pasteur: sering macet ngantri traffic light, jadi lebih boros
- cipaganti-ciumbuleuit: nanjak terus, boross
Pulangnya:
- kalau lancar bisa full gliding dari Ciumbuleuit-Cihampelas-Djundjunan kalau macet ya pasti boros jadinya
- kolong Pasupati ke pintu tol Pasteur: kalau jam pulang kerja, makasih deh macetnya.. mending pulang diatas jam 7 malem deh..
- tol Pasteur ke Baros : kebanyakan jalurnya nanjak, jadi agak susah untuk banyak gliding
solusi: Pakai motor aja, Bandung masih nyaman untuk naik motor
selain itu juga ada switch di pedal kopling yang konon kalau kopling diinjak langsung ke mode DFCO, karena pernah ada pengguna ertiga yg switchnya rusak menyebabkan jalannya mobil jadi tersendat..
karena rumah di Cimahi dan Kampus di Ciumbuleuit, FCnya jadi campur aduk
Perginya:
- via tol Baros ke Pasteur : bisa gliding jadi lumayan ngirit
- exit pasteur: sering macet ngantri traffic light, jadi lebih boros
- cipaganti-ciumbuleuit: nanjak terus, boross
Pulangnya:
- kalau lancar bisa full gliding dari Ciumbuleuit-Cihampelas-Djundjunan kalau macet ya pasti boros jadinya
- kolong Pasupati ke pintu tol Pasteur: kalau jam pulang kerja, makasih deh macetnya.. mending pulang diatas jam 7 malem deh..
- tol Pasteur ke Baros : kebanyakan jalurnya nanjak, jadi agak susah untuk banyak gliding
solusi: Pakai motor aja, Bandung masih nyaman untuk naik motor
oiya untuk Ertiga (dan nampaknya Swift juga), nampaknya cukup agresif untuuk masuk ke mode DFCO terutama di gigi 3 ke atas.. kalau di gigi 2 lepas gas, real time FC di MID paling banter di 10Kpl, tapi kalau di gigi 3 ke atas begitu lepas gas umumnya diatas 14Kpl.. mungkin untuk gigi 1 dan 2 tidak masuk mode DFCO agar tidak terlalu endut-endutanbillyd1773dz wrote:
konon mbl jaman skrng agresifitas ecu utk masuk ke mode dfco punya peranan penting bwat dapat fc dewa. ya iyalah running without fuel.. tinggal seberapa jauh dia bisa gliding di mode dfco.... ini hubunganya ke desain low rolling resistant dan traffic itu sendiri, so seperti yg om ola bilang, ini tidak nunjukin fc sebenarnya/cara yg salah utk tahu fc....
selain itu juga ada switch di pedal kopling yang konon kalau kopling diinjak langsung ke mode DFCO, karena pernah ada pengguna ertiga yg switchnya rusak menyebabkan jalannya mobil jadi tersendat..
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
-
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
quote of the dayola_comoesta wrote:"Pabrikan mobil macam toyot dll, melakukan investasi sia2 ke mesin hybrid, dimana SIJUKI sudah bisa SEIRIT hybrid with conventional engine...and its not DI engine"
makanya ane bilang bro, even mobil diesel secanggih apapun udah dikasih DEX dari SPBU terbaik pun tetep aja kalo udah ketemu macetnya indonesia.... hopeless
kalok dah berhasil racunin bokap buat tuker Harrier ke CX-9... mau bikin CX-9 20 km/l ah....
20 Km/L di mobil 3700cc V6.... reset MID, bawa ke tol terdekat, glide... voila! 20 km/l on a 3.7L V6 Mustang enjin, dan bikin klaim "FC CX-9 20 km/l"
ane pernah AVG 11 km/l di CR-V.... cuma bertahan beberapa menit... seterusnya? turun jadi 9,sekian... 8,sekian.... dan horrible traffic jam... jadi 6,6 km/l
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Sun May 19, 2013 10:00
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
Jangakan diesel...hybrid di indonesia aja bisa jadi cupu iklim dan traffic urban indonesia yg buat epic!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
Nganter anak? Bukannya ente yg dianter ke SD binbak 3...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
Nganter Chatime
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
Dianterin bekel chatime ama mamah
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
om, salah satu ciri masuk ke mode DFCO adalah di realtime fc nunjukin angka maksimun teririt seperti 99kml atau 0L/100km, DFCO Decelerate Fuel Cut Out.. jadi jika blm dapat angka itu blm masuk dfco dan masih menggunakan fuel, nah ada yg bilang MID suzuki mentok 30kml jadi gtw nih. cara lain bisa pakai OBDII untuk liat kondisi Fuel Loop nya.azu wrote:Saya kalau pakai Ertiga MT untuk di Bandung, FC real dalkotnya berkisar di 10-12Kpl.. Kalau di MID sih tampilnya antara 12-13an Kpl.. itu juga udah campur jalur tol, lumayan boros juga ya
karena rumah di Cimahi dan Kampus di Ciumbuleuit, FCnya jadi campur aduk
Perginya:
- via tol Baros ke Pasteur : bisa gliding jadi lumayan ngirit
- exit pasteur: sering macet ngantri traffic light, jadi lebih boros
- cipaganti-ciumbuleuit: nanjak terus, boross
Pulangnya:
- kalau lancar bisa full gliding dari Ciumbuleuit-Cihampelas-Djundjunan kalau macet ya pasti boros jadinya
- kolong Pasupati ke pintu tol Pasteur: kalau jam pulang kerja, makasih deh macetnya.. mending pulang diatas jam 7 malem deh..
- tol Pasteur ke Baros : kebanyakan jalurnya nanjak, jadi agak susah untuk banyak gliding
solusi: Pakai motor aja, Bandung masih nyaman untuk naik motor
oiya untuk Ertiga (dan nampaknya Swift juga), nampaknya cukup agresif untuuk masuk ke mode DFCO terutama di gigi 3 ke atas.. kalau di gigi 2 lepas gas, real time FC di MID paling banter di 10Kpl, tapi kalau di gigi 3 ke atas begitu lepas gas umumnya diatas 14Kpl.. mungkin untuk gigi 1 dan 2 tidak masuk mode DFCO agar tidak terlalu endut-endutanbillyd1773dz wrote:
konon mbl jaman skrng agresifitas ecu utk masuk ke mode dfco punya peranan penting bwat dapat fc dewa. ya iyalah running without fuel.. tinggal seberapa jauh dia bisa gliding di mode dfco.... ini hubunganya ke desain low rolling resistant dan traffic itu sendiri, so seperti yg om ola bilang, ini tidak nunjukin fc sebenarnya/cara yg salah utk tahu fc....
selain itu juga ada switch di pedal kopling yang konon kalau kopling diinjak langsung ke mode DFCO, karena pernah ada pengguna ertiga yg switchnya rusak menyebabkan jalannya mobil jadi tersendat..
paling sering mbl masuk DFCO saat sedang engine brake. mobil injeksi lama, harus heavy engine brake d turunan. sedangkan yang modern seperti mirage cukup angkat gas di kecepatan >15kmh selama terjadi engine brake ringan thx to cvt, sudah masuk dfco.
nah kalau di tekan kopling/ di pindah ke netral. biasanya mesin masuk ke mode idle. mbl saat cruise normal memiliki AFR 14.7:1. yang saya tau di mirage *oleh2 dyno kemarin* saat idle AFR jadi 21:1, fungsinya ya agar lebih irit saat idle. dan ini bukan dfco.... dfco harus terjadi saat enginebrake yang muterin mesin saat fuel di putus. jika saat netral fuel di putus mesin tentu akan mati.
cmiiw hehe
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Fri Jan 24, 2014 5:06
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
Sundul dulu. Di sebelah jg banyak yg poto2 pamer dapet 30 an f/c nyaola_comoesta wrote:benernya average itu rata2, dimana yg namanya rata2 itu butuh data yg banyak, jangan cuman beberapa KILOMETER, BUKAN PULUHAN KILOMETER PULA, tapi RATUSAN misalnya 150km...atau dari tangki full sampai setengah mungkin sudah tembus 200KM..nah itulah yg namanya AVERAGE.
AVERAGE JUGA BISA LEBIH BOROS DARI KENYATAAN..misalnya dari AVERAGE GAK PERNAH DIRESET SAMPAI BBRP RIBU KILOMETER. Dimana datanya udah campuran sekali. Jadi cara paling oke ya hitung manual full-to full.
Percaya banget sama f/c avg MID. Padahal average yg bener itu persis seperti yg bro bilang
Ane CR-V RM pernah 0.1 km/l, abis isi bensin iseng reset avg. Keluar pom baru bbrp meter tau2nya kena macet total ga bergerakChZ wrote:ane pernah AVG 11 km/l di CR-V.... cuma bertahan beberapa menit... seterusnya? turun jadi 9,sekian... 8,sekian.... dan horrible traffic jam... jadi 6,6 km/l
Last edited by loadeddiapers on Thu Apr 24, 2014 6:31, edited 2 times in total.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 192
- Joined: Sun Nov 17, 2013 10:25
- Location: Buahbatu - Ciwastra
- Daily Vehicle: Toyota Veloz
Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013
ajaib bangetlah di bandung fc segitu mah, K24AZ ane aja cuma 6.5km/l
btw ane sering liat mobil om outlander di daerah merdeka jam 2-3an, salken om
btw ane sering liat mobil om outlander di daerah merdeka jam 2-3an, salken om
continuously-variable